TikTok Keluarkan Fitur AR yang Terhubung LiDAR di IPhone 12, Sudah coba?

tiktok

Sudah tau Fitur AR di Tiktok? TikTok merupakan aplikasi jejaring sosial untuk konten video pendek yang memungkinkan user bisa membuat…

tiktok
source : pexels

TikTok sendiri merupakan aplikasi jejaring sosial dengan berbagi dalam bentuk video pendek yang memungkinkan pengguna dapat membuat video menyanyi dan menari dan sedang trend di era ini. Dan baru-baru ini TikTok mengambil langkah lain dengan alat ARnya yaitu dengan menambahkan efek berkemampuan LiDAR baru untuk berdering di tahun baru.

Tetapi kamu tahu nggak sih tentang efek Fitur AR di TIktok ini?

Efek AR atau biasa disebut dengan Augmented Reality merupakan teknologi dimana seorang dapat menggunakannya dalam bentuk video dan audio 3D. AR juga bisa di temukan di aplikasi Instagram juga.

Iya di Instagram. Terus di fitur bagian mana dong efek AR ini berada?

Jawabannya di fitur story Instagram. Di fitur story Instagram kamu dapat melakukan selfie dengan berbagai macam bingkai atau disebut biasa disebut dengan filter.

Memang di tahun 2021 ini efek AR memang sudah diatur untuk fokus sebagai kemajuan teknologi, perangkat baru, dan mendorong pengembangan alat digital teknologi ketingkat yang berikutnya.

Seperti contoh video yang diatas, Teknologi LiDAR merespon ke lingkungan dunia nyata. Glitter atau kilauan tersebut jatuh ke sofa, lantai, dan jatuh di tepat di kepala dan bahu cowok yang ada didalam video pendek tersebut.

Nah, LiDAR singkatan dari “Light Detection and Ranging” merupakan jangkauan cahaya mengukur berapa waktu lama yang di butuhkan cahaya untuk mencapai suatu objek dan dipantulkannya kembali sehingga akan memfasilitasi AR sehingga dapat berinteraksi serta merespon isyarat dan objek dunia nyata.

Bingkai atau filter baru ini, merupakan salah satu yang menggunakan LiDAR untuk pertama kalinya dan telah terpasang di iPhone 12 Pro, tetapi akan lebih meluas lagi.

Efek ini spesifik diciptakan oleh Garret Fuselier yang mempartinjau efeknya dari LinkedIn minggu lalu.

AR diatur untuk mendapatkan momentum yang signifikan pada tahun 2021, berdasarkan tren penggunaan sebelum dan selama pandemi, alat seperti LiDAR ini akan memungkinkan pengenalan objek tingkat lanjut dan opsi responsif, yang dapat memiliki manfaat khusus dalam aplikasi seperti eCommerce.

Contohnya, IKEA yang meluncurkan aplikasi Place AR pada tahun 2019, yang memungkinkan penggunanya untuk mencoba berbagai item secara virtual untuk melihat seperti apa tampilan di rumah mereka.

ikea ar
source : google.com

LiDAR sendiri akan meningkatkan akurasi dan kapasitas tampilan alat tersebut secara signifikan dan yang nantinya akan juga terkait dengan opsi AR “Try on” (coba) dan alat penguji lainnya yang dapat membantu pengguna meniru pengalaman di dalam toko dengan lebih baik saat mereka belanja di online.

Bagaimana? Sudah siap ingin mencoba fitur LiDAR yang ada di TikTok dengan IPhone 12 pro Anda?

Baca juga Cara membaca Analytic Tiktok di sini ya!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts