aplikasi pengolah kata dan perannya

Aplikasi Pengolah Kata dan Perannya Pada Berbagai Profesi

Aplikasi pengolah kata merupakan salah satu aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Baca informasinya berikut!

Aplikasi pengolah kata menjadi salah satu aplikasi yang dibutuhkan di berbagai kalangan hingga anak-anak di sekolah sampai profesional di bidangnya, sehingga cara pemakaiannya harus dipahami oleh banyak orang.

Aplikasi ini sudah dikembangkan sejak bahasa pemrograman ditemukan.

Ragam Aplikasi Pengolah Kata Terbaik

Aplikasi untuk mengolah kata adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat kalimat, kata, dan juga pengolahan dokumen, selain itu aplikasi ini juga digunakan untuk penyuntingan.

Karena fungsinya yang sangat global, aplikasi ini dipakai oleh banyak orang, meski demikian ada beberapa profesi yang wajib memerlukan aplikasi ini. Berikut akan kami jelaskan contoh dan peran aplikasi tersebut dalam berbagai profesi!

mic words

Microsoft Word

Siapa yang tidak kenal aplikasi ini? Microsoft word sudah ada sejak tahun 1983 dengan nama Multi-Tool word untuk Xenix.

Pelopor versi pertama dari Microsoft word tersebut adalah Charles Simonyi dan Richard Brodie yang merupakan mantan programer Xerox.

Karena Bill Gates tertarik, akhirnya dia menyewa jasa kedua programmer tersebut hingga aplikasinya terus berkembang sampai sekarang.

Microsoft terus mengupdate aplikasi Microsoft Word mereka untuk beradaptasi dan juga agar para pengguna merasa lebih praktis untuk memakai produk tersebut dan tidak terbatas hanya pada Windows, tetapi juga pada Mac.

Diketahui bahwa microsoft word mengalami perubahan di tahun 1985, 1986, 1989, 1991, 1993, 1995, 1997, 2000, 2002, 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, and 2019.

Pada tahun 1989, terjadi dua kali perubahan Microsoft word, yaitu Microsoft word 5.0 for MS-DOS dan Microsoft word for Windows 2.0.

Aplikasi ini menjadi salah satu branding yang berhasil atau bisa dibilang tulang punggung dari perusahaan Microsoft. Jika Anda bertanya tentang aplikasi untuk mengolah kata atau mengolah dokumen, orang-orang pasti akan menyebutkan Microsoft word.

Tampilannya yang simpel dan fungsional membuat para penggunanya setia untuk memakai aplikasi ini sejak dulu. Hal ini dibuktikan dengan pernyataan dari groovy post bahwa aplikasi ini sudah didownload lebih dari 1 miliar kali.

Atau tepatnya lebih dari satu milyar perangkat di dunia.

Konsep dari aplikasi ini adalah WYSIWYG yang berarti what you see is what you get. Maknanya adalah apa yang konten yang sudah diedit akan sama persis dengan hasil keluaran akhir (output).

Microsoft word banyak digunakan di berbagai bisnis dan keperluan pribadi.

Pada keperluan bisnis, produk unggulan Microsoft ini digunakan untuk membuat:

  • Invoice
  • Surat
  • Newsletter
  • Proposal
  • Laporan

Pada keperluan pribadi, aplikasi ini digunakan untuk:

  • Membuat laporan penjualan bisnis pribadi
  • Pembuatan dan pengeditan dokumen pekerjaan
  • Membuat tugas dari sekolah
  • Membuat laporan eksperimen/praktikum
  • Membuat skripsi untuk kelulusan
wordstar

Wordstar

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi untuk mengolah katatertua selain Microsoft word dan sempat terkenal di tahun 1980-an.

Sejarahnya, aplikasi ini dibuat oleh MicroPro International dengan tujuan untuk sistem operasi CP/M.

Wordstar dibuat pertama kali pada tahun 1978 dan mengalami update pertama tahun 1981 dengan versi 2.26, dan wordstar for DOS versi 3.0 yang dirilis pada tahun 1982.

Wordstar sempat mendominasi dan menjadi aplikasi pengolah dokumen terpopuler pada tahun 1980-an. Tetapi, dibalik itu semua, sebenarnya IBM yang merupakan rajanya.

Saat IBM mengungumkan akan membuat aplikasi display write ke pasar, MicroPro segera membuat aplikasi Wordstar 2000 yang ternyata mengecewakan dan tidak sesuai harapan pengembangnya.

Kelemahan dari Wordstar 2000 adalah karena kurang diperhatikan oleh MicroPro, dan kurangnya dukungan terhadap format dokumen, sehingga membuat para kompetitor bisa mengalahkan mereka.

Saat ini wordstar sudah tidak lagi dikembangkan layaknya di era 80-an, tetapi hanya dirawat atau dijual oleh pemilik aplikasinya. Bisa dibilang aplikasinya menjadi abandonware. Pemilik Wordstar saat ini adalah Riverdeep, Inc. yang merupakan perusahaan retail dan Pendidikan dengan pusat di San Fransisco, Amerika Serikat.

Wordstar masih sering dipakai oleh sebagian anggota milis Wordstar Users Group. Mereka masih mendukung wordstar dari tahun 1996 hingga hari ini.

Beberapa fakta menarik untuk wordstar antara lain:

  • File Wordstar versi DOS umumnya tidak memiliki standar
  • Ekstensi file Wordstar di Windows adalah WSD
  • Ekstensi template Wordstar adalah WST
  • Wordstar tidak mempunyai versi Wordstar 2000 for Windows
  • Wordstar membedakan file dokumen dan non-dokumen
  • Wordstar 5 memperkenalkan fitur print preview yang membuat penggunanya bisa melihat dokumen sebelum dicetak
libreoffice

Libreoffice

Aplikasi yang dirilis pada tahun 2011 ini adalah salah satuaplikasi untuk mengolah kata termuda karena baru berjalan 10 tahun.

Aplikasi ini adalah turunan dari Openoffice. Fitur dari Openoffice ada di Libreoffice dan dikembangkan di bawah pengembang nirlaba.

Libreoffice menggunakan ekstensi ODF atau opendocument untuk menyimpan dokumen di seluruh aplikasinya.

Fitur unggulan dari libre office antara lain:

  • Format ODF
  • Bisa menyimpan dengan format PDF
  • Aplikasi untuk mengontrol presentasi dengan remot kontrol
  • Bisa berkolaborasi secara online
  • Bisa menambahkan komentar pada dokumen

Libreoffice bisa diunduh secara gratis, bebas digunakan dan didistribusikan sejak awal tahun 2011.

Libreoffice writer berukuran kurang lebih 200 MB dan memiliki lisensi GPL.

focuswriter

Focuswriter

Focuswriter muncul pada Oktober 2008 dengan nama new project. Enam bulan kemudian, fitur-fitur seperti daily goals, find and replace, dan juga memperbaiki bug pada aplikasi.

Sampai saat ini aplikasinya terus diupdate oleh pengembang dan terakhir kali di update pada April 2020.

Aplikasi ini adalah salah satu program pengolah kata selain Microsoft Word, Libreoffice, Wordstar, dll. dengan keunikan mengambil layar penuh atau full screen untuk aplikasinya.

Kelebihan aplikasi ini adalah ekstensi file RTF (Rich Text Format) yang memungkinkan untuk membuat tulisan khusus seperti huruf tebal (bold), huruf miring (italic), dll.

Karena salah satu kelebihannya adalah bisa menulis dengan bebas, terdapat fitur seperti multi-document support, daily goals, timers and alarms, sound effects, dll. yang bisa menambah suasana saat menulis. Selain itu, Focuswriter juga bisa mentranslasikan tulisan ke lebih dari 20 bahasa.

notepad

Notepad

Aplikasi ini juga mirip dengan Microsoft word. Perbedaannya Notepad jauh lebih simpel dan lebih ringan.

Aplikasi ini juga termasuk para sesepuh aplikasi untuk mengolah kata seperti Wordstar dan Microsoft Word. Notepad sudah ada sejak Windows 1.0 pada tahun 1985 dan terus bertahan di berbagai Windows seperti XP, vista, dsb.

Aplikasi Notepad adalah aplikasi untuk menulis dan mengedit teks. Keunggulan dari aplikasi ini adalah Anda bisa menulis coding atau pemrograman.

Cara untuk memulai pemrogramannya adalah mengganti format .txt menjadi format bahasa pemrograman seperti .cpp untuk C++.

Selain pemrograman, Notepad bisa digunakan untuk membuat blog, mengetik HTML, dan membuat virus berbahaya.

Kelemahan Notepad adalah desainnya yang terlalu simpel, sehingga sangat membosankan untuk memakai aplikasi ini.

Notepad memiliki versi terbaru dengan nama Notepad++.

Notepad++ memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Lebih simpel, ringan, dan simpel dibanding editor teks lainnya
  • Bracket matching
  • Syntax highlighting
  • Syntax folding
  • Quick Color picker++
  • Fingertext

Intinya adalah Notepad++ memiliki keunggulan yang dibutuhkan para programer dibanding dengan editor teks yang lain.

KWord

Kword adalah aplikasi untuk mengolah kata yang dikembangkan oleh KDE komunitas, dan dirilis pada tahun 2005.

Aplikasi ini memiliki keunggulan berupa content base document yang memudahkan Anda untuk menyunting konten seperti teks, gambar, dll. Selain itu ada fitur Embedded document yang berfungsi untuk menempelkan document office lain dengan mudah.

Peran Aplikasi Pengolah Kata untuk Masyarakat

Setelah contoh aplikasi, berikut peran-peran aplikasi pengolah kata untuk berbagai profesi.

Peran Aplikasi Pengolah Kata untuk Penulis

Tidak bisa dipungkiri, tentunya aplikasi untuk mengolah kata sangat dibutuhkan oleh para penulis di era digital. Dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi membuat para penulis harus bisa menggunakan aplikasi ini.

Penulis yang masih menggunakan kertas sebagai wadah untuk menulis kemungkinan akan tertinggal karena jauh lebih mudah dan aman menggunakan aplikasi untuk mengolah kata dibandingkan dengan menulis di kertas.

Jika Anda menulis di kertas, bisa ada kemungkinan kertasnya akan kusut, robek, basah, bahkan hilang entah kertas atau tulisannya. Sebaliknya, dengan menggunakan aplikasi tersebut, pekerjaan Anda akan lebih mudah karena tidak harus repot menghapus dengan karet penghapus dan ada fitur simpan otomatis.

Penulis yang handal bisa beradaptasi dengan berbagai topik, tentunya bisa beradaptasi dari penulisan di kertas dengan penulisan di aplikasi.

writer

Peran Aplikasi Pengolah Kata untuk Peneliti

Peneliti memerlukan aplikasi untuk mengolah kata seperti Microsoft word untuk membuat laporan tentang hasil riset mereka yang sudah dilakukan baik di lapangan maupun di laboratorium.

Intinya adalah kegunaan aplikasi ini adalah untuk melaporkan hal-hal yang sudah diobservasi selama penelitian (eksperimental) untuk dibandingkan dengan teori yang sudah ada, sehingga bisa disimpulkan apa ada teori baru, atau ada kesalahan penanganan dalam penelitian.

Selain membuat laporan, mereka juga membuat paper dan jurnal ilmiah menggunakan aplikasi ini untuk membantu mereka untuk menembus publikasi dan jurnal ilmiah yang elit seperti scopus,

Peran Aplikasi Pengolah Kata untuk Jurnalis

Selain turun ke lapangan, jurnalis juga menulis berita dari reportasenya di lapangan sehingga memerlukan aplikasi untuk mengolah kata, terutama untuk di bagian redaksi.

Perbedaan jurnalis dengan penulis konten dan profesi menulis lain adalah mereka terikat dan dibatasi dengan etika jurnalis, sehingga penulisan artikelnya lebih netral dan hati-hati.

Penulisan artikel berita sudah tidak memakai mesin tik seperti di jaman dahulu kala, tetapi lebih praktis dengan aplikasi menulis di komputer.

journalist

Peran Aplikasi Pengolah Kata untuk Editor

Editor jika dikomparasikan, maka mirip dengan gerbang bagi para konten sebelum dipublikasikan kepada khalayak ramai.

Intinya editor menjadi penanggung jawab untuk menilai apakah sebuah tulisan layak untuk dipublikasikan atau tidak.

Aplikasi untuk mengolah kata berperan untuk menyunting naskah kotor yang sudah ditulis oleh penulis untuk disunting untuk editor.

Di zaman sekarang, fitur-fiturnya sudah cukup canggih untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan dalam penulisan seperti salah ketik, huruf kapital, translasi otomatis, dll. yang memudahkan pekerjaan editor untuk menyunting tulisan yang sudah diberikan.

Peran Aplikasi Pengolah Kata untuk Insinyur atau Konsultan Teknik

Meski insinyur atau konsultan teknik banyak bermain dengan gambar teknik yang menggunakan program seperti AutoCAD, profesi tersebut masih memerlukan aplikasi mengolah kata.

Aplikasi tersebut berguna untuk membuat tabel laporan data yang sudah dimasukkan ke Microsoft excel untuk dipindahkan ke aplikasi untuk mengolah kata agar laporannya bisa dibaca dengan baik oleh pihak manajemen atau klien yang memakai jasa mereka.

Peran Aplikasi Pengolah Kata untuk Sekretaris

Sekretaris adalah profesi yang identik dengan surat menyurat seperti penyusunan proposal.

Pekerjaan ini membutuhkan keahlian menulis yang tinggi karena seluruh dokumen yang keluar masuk merupakan tanggung jawab sekretaris.

Keahlian menggunakan Microsoft word sangat bermanfaat untuk memajukan perusahaan tempat dimana sekretaris bekerja karena salah satu fungsi keahlian penulisan digital adalah untuk menggaet sponsor atau-pun investor.

Peran Aplikasi Pengolah kata untuk HRD

HRD memerlukan aplikasi ini untuk membuat surat peringatan, kontrak kerja, paklaring, pengangkatan karyawan, dan dokumen-dokumen penunjang lainnya.

Peran Aplikasi Pengolah Kata untuk Legal

Legal erat kaitannya dengan hal-hal yang berkaitan dengan perizinan baik usaha ataupun hal lain.

Pekerjaan ini menggunakan aplikasi tersebut untuk mengolah kata dalam membuat dan mengolah dokumen yang akan digunakan untuk legalitas. Contoh dari dokumen tersebut adalah surat izin usaha.

Peran Aplikasi Pengolah Kata untuk Guru

Guru membuat soal ujian pilihan ganda atau esai kepada muridnya menggunakan aplikasi ini.

Soal ujian sebenarnya bisa ditulis di kertas, tetapi karena sekarang pemerintah masih belum banyak menggunakan pembelajaran tatap muka, para guru harus membuat soal lebih banyak di aplikasi untuk mengolah kata.

guru

Peran Aplikasi Pengolah Kata untuk Doubt Solver

Doubt solver adalah profesi di edtech untuk memecahkan soal-soal yang kompleks dan sulit.

Banyak freelancer yang sekarang memiliki profesi ini karena modalnya hanya cukup bisa menjawab soal di tingkat sekolah.

Aplikasi penulisan di pekerjaan ini adalah latex yang lebih sulit penggunaannya dari microsoft word, sehingga dibutuhkan kemampuan penulisan lebih bagus.

Banyak profesi yang sangat membutuhkan, bahkan wajib menggunakan aplikasi pengolah kata untuk menunjang pekerjaannya.

Peran Aplikasi Pengolah Kata untuk Public Relation

Public relation bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat pengumuman kepada pelanggan dan juga klarifikasi andai ada suatu masalah yang viral menimpa perusahaan mereka.

Selain itu public relation pemerintah menggunakan aplikasi ini untuk membuat pernyataan dan sebagai wakil/juru bicara dari pemerintah secara tidak langsung.

Peran Aplikasi Pengolah Kata untuk Programer

Programer biasanya menulis kodingan mereka di aplikasi editor teks seperti notepad. Setelah menulis kodingan, mereka akan mengompilasikan kodingan yang sudah dibuat agar diketahui sudah sukses atau belum.

programer

Peran Aplikasi Pengolah Kata untuk Digital Marketing

Seorang dengan keahlian digital marketing harus paham akan SEO dan tentunya memerlukan aplikasi untuk menulis sebelum akhirnya dipublikasikan di blog atau website perusahaan.

Mungkin bisa menggunakan blog atau website langsung untuk memasarkan, tetapi lebih baik menggunakan aplikasi seperti Microsoft word, dll. untuk draf kotor.

Terdapat berbagai aplikasi pengolah katayang ternyata sudah digunakan sejak jaman dahulu kala seperti Microsoft word, wordstar, dan notepad.

Aplikasi tersebut memudahkan manusia di berbagai pekerjaan mulai dari penulis, guru, programer, hingga pekerjaan yang sedang tren seperti pemasar digital.

Kalau Anda ingin belajar menjadi pemasar digital dengan cara memanfaatkan aplikasi pengolah kata. Mari kunjungi website utama kami sekarang juga!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.