cara mengecilkan pdf

Website dan Aplikasi Mengecilkan PDF, Mudah dan Cepat

Mau kirimkan berkas dengan PDF namun ukurannya terlalu besar? Anda bisa dengan mudah mengecilkan PDF dengan beberapa website dan aplikasi berikut.

Saat membuat berbagai dokumen di software seperti Microsoft word, excel, atau power point terkadang beberapa pengguna mengalami kendala seperti format isi dokumen yang berubah sehingga membuat berkas yang dibuat terlihat berantakan.

Hal ini tentu saja akan mempengaruhi profesionalitas dalam bekerja karena dipandang tidak mampu membuat format dokumen dengan baik.

Karenanya agar format dokumen yang dibuat tidak berubah saat dikirim ke orang lain maka bisa mengubah dokumen asli ke bentuk PDF.

Sayangnya beberapa dokumen yang diubah dalam bentuk PDF terkadang memiliki ukuran yang cukup besar sehingga tidak bisa dikirim ke aplikasi komunikasi lain seperti WhatsApp yang memiliki maksimal ukuran tersendiri.

Selain itu, format file PDF yang terlalu besar terkadang membuat dokumen sulit dibuka atau membutuhkan waktu lama untuk membukanya sehinggga membuat waktu untuk menunggu sebuah berkas terbuka dengan sempurna.

Karenanya agar sebuah dokumen bisa dibuka dan diakses oleh siapa saja maka penting bagi anda untuk mengecilkan pdf terlebih dahulu dengan menggunakan website dan aplikasi berikut.

kegunaan pdf di kehidupan sehari-hari

Kegunaan PDF di Kehidupan Sehari-Hari

Disaat membuka dokumen yang dikirimkan oleh seseorang baik secara pribadi atau lewat grup seringkali kita menemukan berkas yang disebar melalui format PDF.

Hal ini dilakukan dokumen yang menggunakan format PDF lebih mudah dibuka menggunakan berbagai jenis gadget yang dimiliki selain itu format dokumen yang dikirim pun menjadi lebih rapih sehingga lebih mudah dilihat dan dipahami.

Tak hanya itu, ternyata dokumen menggunakan file PDF ini juga memiliki keuntungan yang jarang ditemui sehari-hari

Menyebarkan Dokumen Tanpa Merubah Formatnya

Format dokumen berubah saat dikirim ke gagdet lain dan  sering membuat salah paham orang lain?

Situasi ini jamak dan wajar sekali ditemui karena berbagai macam gadget saat ini terkadang memiliki format yang berbeda khususnya laptop dan personal computer keluaran terbaru yang tentunya menggunakan jenis Windows terbaru.

Perbedaan format Windows ini akhirnya membuat isi berkas yang dikirimkan berubah karena file tersebut akan diubah ke format gadget penerimanya.

Karenanya agar hal ini tidak terjadi saat mengirimkan dokumen ke orang lain maka anda bisa mengubah berkas yang dimiliki ke dalam bentuk PDF.

Cara mengubahnya pun sangat mudah, anda bisa mengubah format dokumen ke bentuk PDF saat menyimpan berkas tersebut atau menggunakan website dan aplikasi yang bisa diakses secara gratis di internet atau aplikasi.

Dokumen PDF Bisa Diakses di Berbagai Gadget

Tidak hanya komputer yang memiliki perubahan format saat membeli produk keluaran terbaru namun handphone sendiri terkadang memiliki format berbeda yang mengikuti perkembangan teknologi.

Hal ini bisa terlihat dari banyaknya handphone keluaran lama yang tidak bisa mengakses berbagai jenis dokumen karena tidak tersedianya aplikasi Microsoft Word, Excel, atau Power Point yang ada di Handphone yang dimiliki.

Mau tak mau, pengguna yang tidak memiliki aplikasi tersebut tidak bisa membuka dokumen yang dikirim atau menunggu bocoran isi dokumen dari orang lain.

Untung saja, saat ini banyak dokumen yang sudah bisa dikirim melalui format PDF sehingga berbagai macam dokumen bisa dibuka lebih mudah dan cepat.

Selain itu, aplikasi pembaca PDF pun juga bisa diunduh di Google Play Store sehingga memudahkan anda yang tidak memiliki pembaca dokumen PDF.

Ukuran Dokumen PDF Bisa Diatur

Salah satu hal yang membuat banyak orang sebal saat menerima dokumen adalah ukuran file yang dikirim cukup besar sehingga sulit diakses oleh gadget atau memerlukan waktu lama untuk membukanya.

Hal ini tentu saja merugikan bagi seseorang yang sedang menunggu kabar penting atau menanti revisi pekerjaan yang telah dikirimkan.

Karenanya apabila dokumen yang akan dikirimkan dirasa memiliki ukuran yang besar maka pengguna bisa mengecilkan PDF tersebut sehingga lebih mudah diakses dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mengirimnya.

Cara mengecilkan PDF pun sangat mudah hanya dengan menggunakan website atau aplikasi mengecilkan PDF maka sebuah dokumen pun bisa memiliki ukuran yang lebih ringan tanpa perlu mengubah formatnya.

Berbagai macam platform mengecilkan PDF pun bisa diakses secara gratis sehingga penggunanya tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk mengecilkan PDF yang diinginkan.

Mengumpulkan Berkas Dalam Satu Dokumen

Bagi seseorang yang sedang melamar kerja atau menyiapkan diri untuk persiapan mendaftar sekolah terkadang dibutuhkan banyak dokumen yang harus disertakan saat proses registrasi berlangsung.

Banyaknya dokumen dan berkas yang dibutuhkan terkadang membuat bingung penggunanya untuk menjadikan berbagai file tersebut menjadi satu.

Padahal format berkas yang rapih bisa memudahkan kerja HRD atau recruiter serta memberikan nilai tambah di mata perusahaan yang merasa bahwa anda bisa bekerja secara rapih dan profesional.

Karenanya agar kesempatan anda mendapatkan pekerjaan menjadi lebih besar maka anda bisa mengumpulkan jadi satu berbagai berkas tersebut ke dalam bentuk PDF.

Cara menyatukannya pun sangat mudah hanya dengan menggunakan website yang ada di internet maka anda bisa mengubah dokumen tersebut ke dalam bentuk PDF dan mengumpulkannya menjadi satu.

Digunakan Untuk Membuat Media Pembelajaran

Saat proses belajar mengajar menjadi lebih mudah dan murah karena hadirnya internet yang sudah tersebar luas di berbagai tempat.

Dengan kemudahan akses internet, seseorang bisa mendapatkan ilmu baru dengan mengikuti course yang diadakan oleh univeristas terkenal atau lembaga belajar tertentu, sehingga anda tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan ilmu baru.

Bagi seseorang yang mengikuti kursus tertentu biasanya mendapatkan buku panduan atau model belajar yang bisa di dapatkan dalam bentu E-Book yang bisa dikirimkan oleh penyelenggara.

Adanya electronic book ini tentunya memudahkan proses belajar sehingga membuat peserta lebih mudah paham, selain itu anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih guna membayar biaya pengiriman.

Berbagai electronik book yang dikirimkan pun biasanya dibuat dalam bentuk PDF sehingga isi dokumen tidak berubah meskipun dibuka di berbagai gadget yang berbeda.

Dengan menggunakan PDF, pengguna juga bisa mengakses modul pembelajaran dimana saja dan kapan saja dan dapat mempelajari modulnya dengan mudah.

Dokumen Lebih Aman dan Tidak Bisa Diubah

Saat mengirimkan berbagai tugas atau dokumen penting ke pimpinan atau dosen terkadang ada rasa takut bahwa berkas anda dirubah oleh orang lain atau dicontek teman sendiri.

Apabila hal ini terjadi kepada anda tentunya akan merugikan karena kita sudah menyediakan waktu luang untuk mengerjakan berbagai tugas tersebut namun diubah oleh perbuatan orang lain.

Karenanya untuk mengantisipasi masalah ini maka anda bisa mengunci dokumen PDF yang dimiliki agar sulit diedit oleh orang lain atau disalin orang-orang yang tidak bertanggun jawab.

Dengan mengunci dokumen PDF dengan kata sandi tertentu maka seseorang hanya bisa melihat isi dari dokumen anda tanpa mengubah isi dokumen tersebut.

Katalog Produk Untuk Promosi Bisnis

Bagi penjual yang baru saja membuka usaha baru tentunya membutuhkan tempat yang cocok untuk memamerkan berbagai produk yang dijual.

Salah satu cara untuk mengelompokkan menu tersebut adalah dengan membuat katalog yang berisi ilustrasi produk, deskripsi, serta haraga barang tersebut.

Adanya katalog sendiri juga memudahkan pembeli untuk menentukan pilihannya sebelum membeli berbagai produk yang ditawarkan.

Keberadaan katalog juyga memudahkan penjual untuk menjelaskan produk yang dijualnya sehingga konsumen yang disasar bisa mengetahui gambaran produk yang dijual.

Agar katalog yang ditawarkan menjadi lebih rapih maka pengguna bisa membuat electronic book dalam bentuk PDF agar bisa diakses oleh konsumen dengan mudah.

Sayangnya, banyaknya konten yang ada di suatu katalog terkadang membuat ukuran electronic book yang dibuat menjadi besar sehingga sulit diakses oleh pembeli.

Karenanya agar katalog anda mudah dibuka maka bisa mengecilkan PDF yang dimiliki melalui situs website atau aplikasi yang bisa diunduh di internet.

Berikut cara mudah mengecilkan PDF di layanan microsoft atau website dan aplikasi yang tersedia di internet

tutorial membuat dan mengecilkan pdf

Tutorial Membuat dan Mengecilkan File PDF

Sebuah electronic book yang memiliki konten bagus namun memiliki ukuran yang besar tentunya akan sia-sia karena akan membuat pembacanya membutuhkan waktu lama hanya untuk sekedar membuka isinya dan membuat minat mempelajarinya pun berkurang.

Tak hanya berbagai dokumen pembelajaran yang dibuat menggunakan microsoft word pun sebaiknya diubah terlebih dahulu ke bentuk PDF agar bisa dibuka di berbagai jenis gadget.

Karenanya berikut cara mudah membuat file PDF dan juga tutorial mengecilkan PDF melalui program microsoft.

Cara Membuat PDF Melalui Program Microsoft

Salah satu korporasi yang menguasai dunia digital adalah Microsoft Corporation, Perusahaan yang memiliki banyak produk di bidang software ini telah menguasai pasar barang-barang digital mulai dari laptop hingga personal computer.

Berbagai produk yang telah dikeluarkan oleh perusahaan ini telah membantu jutaan orang untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan mulai dari tugas sekolah, bisnis, hingga pemberkasan data dan dokumen menjadi lebih lebih mudah.

Selain bisa menyimpan dokumen dengan format asli ternyata software microsoft juga berguna untuk menyimpan data dalam bentuk PDF.

Berikut beberapa langkah mudah dalam menyimpan dokumen dengan format PDF.

  • Pertama, buka dokumen yang ingin dirubah ke bentuk PDF. Anda bisa mencari dokumen tersebut di Data D atau media penyimpanan lainnya.
  • Kedua, klik kolom file yang ada di pojok kiri kemudian pilih Save As
  • Ketiga, anda akan diarahkan untuk memilih tempat penyimpanan dokumen anda namun sebelum itu, coba klik kolom Save As Type dan pilih tipe PDF
  • Keempat, setelah klik tipe file menjadi PDF maka klik Save As maka file anda akan tersimpan ke bentuk PDF.

Rekomendasi Aplikasi dan Website Pengecil PDF

Beberapa media komunikasi seperti email atau WhatsApp biasanya menerapkan batasan tertentu mengenai ukuran file yang dikirim.

Hal ini dilakukan agar sebuah dokumen bisa cepat dikirim ke pengguna lain dan tidak menghabiskan banyak kuota internet.

Karenanya jika dokumen anda masih memiliki ukuran yang cukup besar maka anda bisa mengecilkan PDF menggunakan website dan juga aplikasi berikut.

Website Pengecil PDF

Apabila pengguna ingin mengecilkan PDF yang dimiliki di laptop atau personal computer maka langkah paling mudah adalah dengan menggunakan website tertentu yang menyediakan layanan tersebut.

Dengan adanya website mengecilkan PDF maka seorang pengguna bisa menurunkan ukuran dokumen dalam waktu cepat dan jumlah yang banyak.

Berikut beberapa website mengecilkan PDF yang bisa diakses secara gratis di internet:

i love pdf

I Love PDF

Website pertama yang bisa digunakan untuk menurunkan ukuran dokumen adalah I Love PDF

Platform ini menjadi salah satu website terkenal yang sering digunakan banyak penggunanya untuk mengecilkan PDF secara cepat dan gratis.

Tidak hanya itu, I Love PDF juga dapat digunakan untuk mengubah berbagai format dokumen ke dalam bentuk PDF, menggabungkan dokumen PDF menjadi satu berkas,dan juga mengedit dokumen PDF yang dimiliki.

Namun jika anda hanya ingin mengecilkan ukuran dokumen yang dimiliki berikut cara mudah mengecilkan PDF menggunkan website I Love PDF:

  • Pertama, masuk ke halaman pencarian dan ketikkan I Love PDF
  • Kedua, pilih website teratas di kolom pencarian agar anda masuk ke website tersebut.
  • Ketiga, cari fitur Select PDF dan unggah dokumen yang ingin dikurangi ukurannya. Pengguna bisa mengambil dokumen dari media penyimpanan di laptop.
  • Keempat, jika dokumen sudah masuk maka pengguna akan diberikan dua opsi kompresi yakni kompresi tingkat tinggi atau kompresi tingkat rendah. Pilihlah opsi yang sesuai dengan keinginan anda.
  • Kelima, jika sudah memilih opsi yang sesuai maka klik tulisan Compress PDF kemudian tunggu hingga proses mengecilkan PDF selesai.
  • Keenam, setelah selesai maka dokumen yang telah dikecilkan ukurannya akan masuk ke media penyimpanan di laptop dan anda bisa langsung membukanya.
small pdf

Small PDF

Rekomendasi website mengecilkan PDF kedua yang juga sering digunakan oleh banyak orang di internet adalah Small PDF.

Dengan menggunakan website ini anda bisa mengecilkan PDF sekali dalam sehari dan jika ingin memakainya lagi maka akan dikenakan biaya berlangganan.

Selain itu, anda juga bisa mengubah format PDF ke dalam bentuk lain seperti word atau excel, membuka dokumen PDF yang terkunci serta mengedit dokumen PDF.

Apabila anda tertarik menggunakan website ini untuk mengecilkan PDF yang dimiliki berikut tutorial mudahnya:

  • Pertama, masuk ke halaman pencarian kemudian ketikkan keyword Small PDF.
  • Kedua, tunggu beberapa saat hingga internet anda berhasil mengakses website tersebut
  • Ketiga, jika sudah maka anda bisa memilih kolom Compress PDF yang ada di pojok kiri
  • Keempat, pilihlah dokumen yang ingin dikecilkan ukurannya, anda bisa mengambil dokumen dari media penyimpaan atau dari platform penyimpanan data dan juga aplikasi komunikasi seperti WhatsApp dan Telegram
  • Kelima, jika sudah tunggu beberapa saat hingga website berhasil mengecilkan PDF yang dipilih.
  • Keenam, setelah dokumen berhasil dikecilkan ukurannya maka pengguna bisa memilih opsi Unduh File
  • Ketujuh, berkas anda berhasil diunduh dan anda bisa langsung membuka dokumen tersebut.
pdf compressor

PDF Compressor

Website lainnya yang bisa digunakan untuk mengecilkan PDF adalah PDF Compressor. Platform ini berguna untuk mengurangi ukuran dokumen namun tidak merusak resolusi yang dimiliki.

Sehingga tulisan atau gambar di PDF masih bisa terbaca dengan jelas walaupun ukuran dokumen sudah berkurang.

Platfrom ini juga menjadi salah satu website yang sering digunakan banyak orang untuk mengecilkan PDF.

Berikut beberapa cara mudah mengecilkan PDF menggunakan website PDF Compressor:

  • Pertama, masuk ke halaman pencarian dan ketikkan PDF Compressor di kolom pencarian
  • Kedua, jika sudah masuk ke website tersebut lanjutkan ke opsi Upload File dan pilih dokumen yang ingin dikecilkan ukurannya.
  • Ketiga, tunggu beberapa saat hingga proses mengecilkan PDF selesai dilakukan, proses ini biasanya tidak berlangsung lama tergantung dari besarnya dokumen dan kecepatan internet yang dimiliki.
  • Keempat, setelah selesai maka dokumen yang telah dikecilkan ukurannya bisa diunduh dan akan masuk ke memori penyimpanan.

Aplikasi Pengecil PDF

Apabila anda ingin mengecilkan dokumen yang ada di handphone maka anda bisa mengunduh aplikasi mengecilkan PDF yang ada di Google Play Store atau Appstore.

Beberapa aplikasi tersebut memiliki ukuran memori penyimpanan yang kecil namun dapat memberikan pelayanan maksimal dalam mengecilkan PDF yang diinginkan.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecilkan PDF

compress pdf

Compress PDF

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk mengecilkan PDF adalah Compress PDF dimana pengguna bisa mengunduh platform ini di Google Play Store atau App Store.

Dengan adanya aplikasi ini pengguna bisa mengecilkan PDF dengan mengmpor dokumen dari memori internal atau platform penyimpanan dokumen seperti Google Drive, Dropbox, dan lain sebagainya.

Ukuran memori penyimpanan aplikasi ini pun cukup kecil hanya berkisar 8.7 Mb namun bisa mengecilkan PDF dalam waktu cepat.

Sayangnya, dalam mengecilkan PDF tidak semua dokumen bisa dikompres dengan baik dan juga membutuhkan waktu lama untuk mengkonversikan berkas apabila anda tidak menggunakan pilihan berbayar

Namun, jika anda ingin menggunakan aplikasi ini untuk mengecilkan PDF yang ada di Handphone berikut langkah mudah mengecilkan dokumennya:

  • Pertama, masuk ke Google Play Store kemudian ketikkan aplikasi Compress PDF di kolom pencarian
  • Kedua, pilih dan unduh aplikasi yang sesuai dan tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil terpasang di handphone anda.
  • Ketiga, jika sudah selesai maka anda bisa pilih ikon di pojok kanan untuk memasukkan dokumen yang ingin dikecilkan ukurannya
  • Keempat, setelah memilih dokumen tersebut tunggu beberapa saat hingga berkas tersebut selesai dikonversikan.
  • Kelima, setelah proses konversi dokumen selesai maka pengguna bisa mengecilkan PDF tersebut dna hasilnya akan masuk ke dalam memori penyimpanan anda.
i love pdf

I Love PDF

Tidak hanya tersedia dalam bentuk website namun platform mengecilkan PDF ini juga sudah bisa ditemukan di Google Play Store dan AppStore.

Hal ini tentunya memudahkan anda yang ingin mengecilkan PDF melalui handphone sehingga tidak perlu membuka laptop atau personal computer.

Aplikasi ini tentunya bisa digunakan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun sehingga memudahkan untuk mengubah PDF dalam jumlah banyak dimana saja dan kapan saja.

Sayangnya aplikasi ini memakan memori penyimpanan yang cukup besar namun juga menyediakan berbagai fitur menarik yang tentunya memudahkan pekerjaan anda.

Namun jika anda ingin menggunakan lebih banyak fitur di aplikasi ini maka bisa menggunakan opsi berbabayar yang cukup murah.

Berikut beberapa langkah mudah mengecilkan PDF menggunakan aplikasi I Love PDF

  • Pertama, unduh aplikasi I Love PDF kemudian tunggu hingga proses pengunduhan selesai.
  • Kedua, jika sudah selesai bisa membuat akun di aplikasi ini menggunakan akun social media atau email yang dimiliki
  • Ketiga, setelah melakukan registrasi maka anda akan diberikan pilihan layanan dan pilih Compress PDF
  • Keempat, setelah memilih dokumen yang ingin dikecilkan maka klik Compress PDF dan tunggu beberapa saat hingga proses konversi file selesai
  • Kelima, dokumen yang telah dikecilkan ukurannya akan masuk ke media penyimpanan yang dimiliki.
small pdf

Small PDF

Small PDF kini tidak hanya bisa digunakan melalui website namun kini bisa diakses melalui aplikasi di handphone.

Dengan hadirnya platfrom ini maka pengguna bisa mengecilkan PDF dan juga menggunakan berbagai fitur yang disediakan di aplikasi Small PDF.

Aplikasi ini pun terbukti dicintai oleh banyak orang dengan jumlah unduhan sebanyak 1 juta pengguna dengan ranking ulasan yang tinggi sebanyak 4.8/5.

Meskipun memakan memori penyimpanan yang cukup besar namun aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan scan dokumen, membuat file PDF dari galeri, dan mengecilkan PDF.

Tidak perlu menunggu lama, berikut tutorial mengecilkan PDF menggunakan aplikasi Small PDF

  • Pertama, buka Google Play Store atau App Store kemudian cari aplikasi Small PDF di kolom pencarian
  • Kedua, jika sudah ketemu maka unduh aplikasi tersebut dan tunggu hingga platform ini terinstall di handphone.
  • Ketiga, anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu atau melewatinya dan langsung menggunakan berbagai fitur yang ada
  • Keempat, pilih dokumen yang akan dikecilkan dari penyimpanan kemudian klik tiga titik di kanan dan pilih Compress PDF
  • Kelima, anda bisa memilih kualitas dokumen yang ingin dikecilkan kemudian klik pilihan tersebut
  • Keenam, setelah selesai maka dokumen tersebut akan diubah ke ukuran yang diinginkan dan anda bisa langsung menggun berkas tersebut.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.