cara mengubah file pdf ke microsoft excel

Tutorial Mengubah File PDF Ke Microsoft Excel

Kenali cara mudah mengubah dokumen ke microsoft excel dengan tutorial berikut.

Sepuluh tahun yang lalu, menyusun sebuah data ataupun menganalisa sebuah penjualan mungkin membutuhkan kemampuan analisa dan ketelitian yang tajam.

Belum adanya teknologi mengenai penyusunan data dan penghitungan secara cepat menjadikan segala pekerjaan yang berhubungan dengan akuntansi dan adminisitrasi dilakukan dengan teliti dan cermat,

Untungnya saat ini, berbagai pekerjaan tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan cepat dengan bantuan Microsoft Excel.

Software keluaran microsoft ini berguna untuk mengolah data serta menghitung berbagai kalkulasi dengan mudah, cepat, serta sesuai yang biasanya dikerjakan oleh sekretaris atau admin.

Tak hanya itu, microsoft excel juga menyediakan berbagai rumus yang membantu dalam setiap pekerjaan sehinga penggunanya tidak perlu mengerjakan secara manual.

Kadang kala, sebuah dokumen dari microsoft excel tidak hanya disimpan dalam bentul excel melainkan juga dalam bentuk PDF.

Hal ini dilakukan karena data yang disimpan melalui PDF tidak mudah disalin sehingga tidak bisa diubah oleh pihak-pihak tertentu yang akan melakukan perubahan data perusahaan atau instansi terkait.

Menyimpan sebuah dokumen melalui excel juga berfungsi agar penyusunan data terlihat lebih raih dan tidak berubah meskipun telah dikirim ke berbagai pembaca untuk berbagai keperluan.

Ukuran PDF yang bisa dikecilkan membuat dokumen ini tidak memberatka penerimanya sehingga tidak perlu khawatir apabila pembaca tidak bisa melihat.

Setelah berbagai proses audit data dan dokumen, kadang kala seorang asisten atau admin perlu mengubah data excel dalam bentuk PDF agar bisa diperbaiki sesuai saran dari auditor atau pimpinan.

Karenanya agar segala pencatatan anda bisa lebih mudah dan terorganisir, ketahui dulu beberapa kegunaan dari microsoft excel dan juga cara mudah mengubah PDF ke Excel.

kegunaan menggunakan microsoft excel

Keuntungan Menggunakan Microsoft Excel

Sebagai salah satu software yang sering digunakan oleh banyak pengguna khusunya yang bekerja di bidang administrasi tentunya microsoft excel menyediakan berbagai fitur yang berguma untuk mempermudah pekerjaan.

Tidak hanya berguna bagi seorang pekerja di bidang pencatatan dokumen namun adanya microsoft excel juga terbukti telah membantu pekerjaan banyak orang agar lebih efektif dan akurat.

Berikut beberapa kegunaan dan keuntungan dalam mengguankan microsoft Excel.

Memudahkan Pendataan Dokumen

Bagi seseorang yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil tentunya menjadi hal biasa untuk berhadapan dengan berbagai administrasi mengenai data masyarakat di suatu daerah.

Berbagai data ini nantinya akan digunakan untuk pengurusan berbagai dokumen penduduk seperti kartu tanda pengenal atau kartu keluarga.

Guna memudahkan berbagai pencatatan tentunya diperlukan software seperti microsoft word atau microsoft excel yang berguna untuk mencatat berbagai dokumen dan data sehingga tersusun secara rapih dan terorganisir.

Tak hanya itu, bagi petugas yang bekerja di daerah wisata seperti musium atau tempat wisata tentunya membutuhkan berbagai data kunjungan yang nantinya berguna untuk menyusun strategi pariwisata yang tepat sehingga semakin banyak pengunjung yang datang.

Kehadiran microsoft excel tentunya membantu berbagai macam pendataan sehingga petugas pun mengetahui kapan saja pengunjung paling banyak datang dan durasi saat berkunjung ke suatu tempat wisata.

Sementara bagi petinggi yang memiliki jadwal yang padat dengan berbagai pertemuan dan kerjasama tentunya memerlukan jadwal kunjungan yang tepat sehingga tidak ada satu pun kunjungan yang terlewatkan.

Dengan adanya microsoft excel maka seorang sekretaris bisa mnyusun jadwal yang tepat dengan durasi kunjungannya sehingga tidak bentrok satu sama lain.

Hal ini tentunya berguna untuk menyesuaikan waktu sehingga masih bisa berkumpul untuk mendekatkan diri dengan masyarakat untuk sekedar melakukan diskusi bagi kemajuan daerah ke depannya.

Menghitung Catatan Keuangan

Bagi sebuah perusahaan yang tengah berkembang atau sudah stabil tentunya memiliki banyak dana yang dikelola dengan baik sehingga bisa digunakan untuk mengembangkan berbagai kebutuhan pekerjaan.

Hal ini menjadi tugas berat bagi seorang akuntan untuk bisa mencatat berbagai pengeluaran dan pendapatan yang masuk sebelum diserahkan kepad auditor untuk diperiksa lebih lanjut.

Satu kesalahan kecil dalam proses penghitungan bisa saja dicurigai sehingga bisa berdampak bagi karir akuntan ke depannya.

Untungnya microsoft excel membantu untuk mencatat segala pengeluaran dengan akurat dan juga rapih sehingga resiko kesalahan penghitungan bisa dikurangi.

Sebuah perusahaan yang berkembang tentunya memiliki banyak pekerja yang bergerak di berbagai divisi dan berguna untuk mengembangkan suatu perusahaan menjadi lebih baik.

Tentunya seorang perusahaan juga perlu mencatat kinerja setiap karyawan untuk mengetahui upah yang tepat dan juga jenjang karir ke depannya.

Salah satu cara pencatatan kinerja yang tepat dan akurat adalah dengan menggunakan microsoft excel.

Dengan adanya software ini, HRD hanya tinggal memasukkan berbagai data yang dibutuhkan dan kemudian memasukkan rumus yang dibutuhkan dan dalam waktu sekejap segala hasil yang diinginkan pun muncul.

Berbagai data tersebut tentunya akan berpengaruh pada pengambilan keputusan ke depannya untuk mengetahui kejelasan apakah performa karyawan terus meningkat atau mengalami penurunan yang tentunya harus dievaluasi.

Digunakan Untuk Meneliti Suatu Masalah

Hobi meneliti dan menganalisa permasalahan social yang ditemui setiap harinya?

Jika anda tertarik menjadi peneliti atau dalam perjalanan menuju karir tersebut tentunya dibutuhkan berbagai aplikasi yang mendukung untuk pekerjaan anda ke depannya.

Salah satunya adalah microsoft excel yang berguna untuk menghitung berbagai data yang telah diambil yang hasilnya akan menjadi kesimpulan atau acuan dalam pengambilan keputusan hasil penelitian.

Dengan adanya software ini seorang peneliti tidak perlu mencatat berbagai data secara manual yang terntunya amat berisiko hilang, tercecer, atau bahkan rusak.

Penghitungan melalui microsoft excel pun dinilai akurat dan cepat sehingga tidak menghabiskan waktu untuk menghitung berbagai data.

Semakin sedikit waktu yang dihabiskan dalam menghitung dan analisa tentunya bisa digunakan untuk meneliti berbagai data atau fenomena sosial sleanjutnya.

Penganggaran Kebutuhan Bulanan dan Harian

Dalam membangun sebuah keluarga yang harmonis tentunya faktor utama yang dibutuhkan adanya ketersediaan dana untuk menjalani kegiatan rumah tangga sehari-hari.

Apalagi setiap individu dalam keluarga tentunya memiliki berbagai kebutuhan sendiri yang tentunya harus diesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Karenanya agar penghasilan yang di dapatkan bisa dimanfaatkan dengan baik maka diperlukan budgeting yang terarah dan juga seusai.

Microsoft excel dapat membantu anda untuk menghiung berbagai penganggaran rumah tangga sehingga bisa dijadikan evaluasi apabila penghasilan yang dimiliki tidak cukup untukk kebutuhan rumah tangga dalam jangka panjang dan pendek.

Pengguna juga bisa melihat berbagai pengeluaran dan pendapatan dalam satu dokumen dan tidak perlu membuat berbagai dokumen catatan pengeluaran yang berbeda setiap bulannya.

Hal ini tentunya mempermudah dalam evaluasi anggaran dan perancangan keuangan ke depannya. Sehingga anak-anak anda bisa hidup tenang meskipun anda sudah tidak lagi produktif.

Bisa Diakses Melalui Internet

Tidak hanya berguna untuk kegiatan analisa keungan dan juga pencatatan dokumen, microosft excel juga memiliki kelebihan lain yang memudahkan hidup anda.

Salah satunya adalah pengguna bisa mengakses berbagai dokumen microsoft excel atau bahkan mengeditnya melalui internet melalui platform spreadsheet.

Hal ini tentunya berguna bagi anda yang mendapatkan revisi dadakan namun tidak sedang di depan komputer.

Pengguna bisa mengguanakan Spreadsheet yang bisa diakses melalui aplikasi atau website yang telah terhubung melalui internet.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menyimpan berbagai dokumen microsoft excel yang dimiliki di penyimpanan awan sehigga tidak perlu khawatir apabila penyimpanan di komputer mengalami kerusakan.

Fitur yang dimiliki oleh Spreadsheet pun cukup lengkap dan menyerupai Microsoft excel sehingga tidak perlu waktu lama untuk menjalankan platform ini.

Dapat Digunakan di Berbagai Gadget

Kegunaan lain dari hadirnya Spreadsheet adalah platform ini bisa digunakan di berbagai gadget baik dari handphone, tablet, atau bahkan personal computer.

Cara mengakses Spreadsheet pun cukup mudah karena pengguna hanya perlu membukanya via website atau mengunduh terlebih dahulu aplikasi Spreadsheet melalui Google Playstore atau AppStore.

Penyimpanan awan yang terhubung dengan internet ini juga berguna agar tidak menghabiskan banyak memori penyimpanan di handphone sehingga tidak memberarkan kinerja gadget untuk ke depannya.

Adanya spreadsheet ini juga berguna bagi pemilik usaha untuk mengecek berbagai keuntungan atau kinerja karyawan dengan mudah dan cepat hanya dengan melalui handphone sehingga tidak perlu kerepotan membuka laptop atau menyalakan personal computer terlebih dahulu.

fitur yang dimiliki microsoft excel

Fitur yang Dimiliki Microsoft Excel

Sebagai sebuah aplikasi yang diguankan oleh banyak penggunanya untuk berbgai kebutuhan tentunya platform Microsoft excel terus mengembangkan diri untuk memanjakan pengguananya dalam mengerjakan berbagai pekerjaan yang dimiliki.

Sebelum menggunakan layanan ini untuk berbagai kebutuhan sehari-hari, berikut beberapa fitur yang dimiliki microsoft excel yang membantu anda dlam mengoperasikan layanan ini.

office button

Office Button

Fitur pertama yang dimiliki oleh Microsoft excel dan menjadi ciri khas dari setiap platform microsft adalah adanya Office Button.

Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa mengakses berbagai layanan yang berguna untuk mengolah dokumen yang dikerjakan.

Beberapa layanan yang dimiliki adalah membuat dokumen baru, membuka dokumen yang tengah dikerjakan, mengubah file ke jenis dokumen yang diinginkan, menyimpan pekerjaan yang telah selesai dan kemudian mencetaknya dalam bentuk hard copy.

quick access

Quick Access

Fitur kedua yakni Quick Access yang juga menjadi ciri khas microsoft adalah quick access dimana pengguna dapat menggunakan berbagai fitur yang ada untuk mempermudah pengerjaan data.

Layanan Quick Access yang dimiliki oleh Microsoft Excel tentunya berbeda dengan platfrom microsoft lainnya dimana aplikasi ini berfokus pada penghitungan data bahkan mengubah hasilnya ke dalam bentuk grafik dan diagram yang diinginkan.

Pengguna juga bsia memasukkan berbagai rumus hitungan sehingga tidak perlu lagi menghitung secara manual yang tentunya memakan banyak waktu dan tenaga untuk berfikir.

Persamaan fitur Quick Access yang dimiliki microsoft excel dengan software microsoft lainnya adalah adanya page layout, review, dan juga view.

Berbagai fitur tersebut berguna untuk mengatur ukuran kertas yang diinginkan dan juga melihat hasil pengerjaan sebelum akhirnya dicetak dalam bentuk hard copy.

size button

Size Button

Fitur ketiga yang juga ada di platfrom microsoft lainnya adalah size button dimana pengguna bisa mengecilkan ukuran dokumen sesuai dengan yang diinginkan. Berikut beberapa pilihan ukuran yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.

Maximize : pengguna bisa memaksimalkan ukuran kertas sebesar layar monitor sehingga mempermudah dalam pengerjaan data yang diinginkan.

Minimize : pengguna juga bisa mengeculkan ukuran layar dalam ukuran tertentu menggunakan fitur minimize, beberapa komputer bisa melakukan minimiize monitor yang kemudian dipasangkan dengan platform sehingga penggunanya bisa bekerja dengan multi tasking.

Close : Apabila pekerjaan sudah selesai dan telah disimpan di folder yang diinginkan maka pengguna bisa menutup dokumen yang dikerjakan.

akun

Akun

Seperti yang telah disinggung sebelumnya dimana platform microsoft excel bisa dibuka melalui penyimpanan awan yakni spreadsheet maka pengguna bisa menghubungkan akunnya terlebih dahulu dengan cara Sign In.

Dengan cara tersebut pengguna bisa menyimpan dokumen yang telah dikerjakan di Spreadsheet yang selanjutnya bisa dikerjakan atau dibuka kembali melalui spreadsheet.

Melalui aplikasi tersebut pengguna juga bisa mengirim dokumen microsoft excel dengan mudah ke pengguna lain tanpa melalui perantara flashdisk sehingga lebih aman dan juga efisien.

Pengguna juga bisa membuka spreadsheet melalui website sehingga apabila platfrom microsoft excel sulit dibuka karena lisensi yang telah habis maka bisa menggunakan spreadsheet terlebih dahulu untuk alternatif.

Layanan spreadsheet ini sendiri juga bisa dibuka melui Google Drive sehingga bisa dikerjakan bersama-sama dengan rekan kerja lain dan diawasi langsung oleh leader divisi,

Cara Sign In di Microsoft Excel pun cukup mudah karena pengguna hanya perlu mendaftarkan email yang digunakan di Google Drive atau komputer agar bsia terhubung satu sama lain.

title bar

Tittle Bar

Saat membuka dokumen microsoft excel terbaru atau mengerjakan kembali dokumen yang telah diselesaikan sebelumnya maka pengguna akan melihat judul dari dokumen yang tengah dikerjakan.

Pemberian nama dokumen ini dilakukan untuk mempermudah pengguna mencari data yang telah dikerjakan sebelumnya dan mengetahui dokumen yang tengah dikerjakan saat ini.

Dalam pembuatan nama dokumen sebaiknya pengguna menggunakan nama yang mudah diingat dan sesuai dengan data yang tengah dikerjakan untuk mempermudah pencarian di file manager.

Pemberian nama yang sesuai ini juga mempermudah pengguna saat mengirimkan dokumen ke rekan kerja lainnya sehingga tidak menjadi sumber salah paham ke depannya.

Sebaiknya jangan gunakan simbol seperti – atau + agar dokumen bisa tersimpan di data komputer.

menu bar

Menu bar juga menjadi salah satu fitur yang ada di Microsoft excel yang bisa ditemukan di platform microst lainnya.

Fitur ini juga memberikan berbagai pilihan tools yang berguna untuk pengerjaan dokumen sehingga hasil pekerjaan bisa lebih mudah dibaca dan dimengerti oleh pembacanya.

Beberapa tools yang ada di Menu Bar adalah File, Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, dan View.

Perbedaan tools yang ada di Microsoft Excel dengan platfrom lainnya adalah adanya fitur Formula dan Data dimana pengguna bisa memasukkan berbagai rumus yang berguna untuk penghitungan data.

Semakin anda menguasai berbagai tools yang ada di Menu Bar maka semakin mudah bagi anda untuk menggunakan Microsoft Excel.

ribbon menu

Ribbon Menu

Disaat pengguna melakukan klik pada tools di Menu tentunya ada berbagai pilihan fitur lain yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kinerja saat menyelesaikan perekapan dan penghitungan data.

Berbagai layanan yang ada di tools menu tersebut dinamakan Ribbon menu yang bisa pengguna pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

Penggunaan ribbon menu juga memudahkan tata letak dokumen agar lebih enak dibaca dan melakukan review lanjutan sebelum dicetak.

Pengguna juga bisa mengolah data mentah ke dalam bentuk diagram dan graphic sehingga lebih mudah dipahami orang awam yang membaca data anda.

Pastikan juga untuk mengecek posisi tabel atau diagram tersebut dengan sempurna mellaui fitur page layout sehingga dokumen terlihat lebih rapih.

rekomendasi aplikasi dan tutorial mengubah pdf ke excel

Rekomendasi Aplikasi dan Tutorial Mengubah PDF Ke Excel

Setelah mengerjakan berbagai dokumen di berbagai microsoft excel terkadang beberapa pekerja menyimpan dokumen yang telah dikerjakan ke dalam bentuk PDF.

Hal ini dilakukan agar layout dokumen yang dikerjakan tidak berubah saat dikirim ke orang lain dan bisa diakses dengan mudah oleh orang yang tidak memiliki aplikasi Spreadsheet atau Microsoft Excel.

Meskipun begitu, terkadang dokumen PDF yang dikirimkan juga harus diubah kembali ke dalam bentuk microsoft excel apabila ada revisi yang harus dikerjakan dan dirubah sebelum deadline.

Karenanya berikut beberpaa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah PDF ke dalam bentuk dokumen microsoft excel.

adobe acrobat

Adobe Acrobat

Aplikasi pertama yang bsia digunakan adalah Adobe Acrobat, melalui platform ini pengguna bisa mengubah dokumen PDF ke excel secara online sehingga membutuhkan jaringan internet yang kuat dan cepat.

Berbeda dengan aplikasi lainnya yang hanya mampu membaca dokumen PDF namun Adobe Acrobat juga bisa digunakan untuk mengedit dan mengubah format PDF ke dokumen lain.

Sayangnya untuk menggunakan seluruh layanan aplikasi ini secara maksimal pengguna diharuskan membayar biaya berlangganan sebesar Rp 202.300 per bulan.

Tentunya opsi ini bisa anda gunakan apabila terus menerus menggunakan aplkasi ini untuk berbagai kebutuhan pekerjaan.

Berikut tutorial mengubah dokumen PDF ke Excel menggunakan Adobe Acrobat :

  • Pertama, pengguna bisa masuk ke aplikasi Google Chrome untuk mengunduh Adobe Acrobat atau masuk ke akun Google Playstore guna mengunduh aplikasi ini.
  • Kedua, pilih export PDF yang ada di sebelah kanan lalu pilih Choose “Spreadsheet” sebagai format dan dilanjut dengan pilih Microsoft Excel Workbook
  • Ketiga, selanjutnya pengguna klik Export kemudia software akan melakukan screening pad dokumen ini dan mengubahnya ke dalam bentuk Spreedsheet
  • Keempat, jika proses ini sudah selesai maka pengguna bisa menyimpannya dengan nama baru.
wps office

WPS Office

Aplikasi kedua yang biasanya digunakan di berbagai handphone adalah WPS Office. Pengguna android atau Apple biasanya menggunakan platform ini untuk membuat berbagai dokumen berupa tulisan, presentasi, atau laporan keungan melalui handphone.

Adanya aplikasi ini juga memudahkan pengguna untuk membaca berbagai dokumen yang dikirimkan ke platfrom komunikasi seperti WhatsApp atau membuka dokumen yang telah diunduh di internet.

Tak hanya itu, ternyata aplikasi ini berguna untuk mengubah dokumen PDF ke excel secaara mudah dan cepat.

Sayangnya beberapa fitur di aplikasi ini hanya bisa diakses menggunakan biaya berbayar namun pengguna bisa menggunakan trial selama tujuh hari terlebih dahulu.

Berikut tutorial mengubah dokumen PDF ke Excel menggunakan WPS Office:

  • Pertama, pengguna bisa masuk ke aplikasi WPS Office kemudian pilih Tools dan masuk ke menu edit dan pilih PDF to Excel
  • Kedua, pengguna akan diarahkan ke file spreadsheet yang telah dibuat secara otomatis oleh sistem. Pengguna juga bisa mengeditnya apabila dokumen yang dimiliki terasa kurang sempurna.
  • Ketiga, jika sudah pengguna bisa mengunduh dokumen tersebut dan menyimpannya di file manager.
small pdf

SmallPDF.com

Apabila gadget yang dimiliki tidak memiliki cukup ruang untuk mengunduh aplikasi diatas atau ingin mengubah dokumen PDF melalui browser di personal computer maka pengguna bisa mengguankan website SmallPDF.com.

Melalui website ini pengguna bisa mengubah berbagai dokumen PDF ke bentuk format lain sehingga memudahkan pekerjaan.

Selain itu, website ini bisa diakses secara gratis secara berulang kali yang tentunya memdahkan penggunanya.

Berikut tutorial mengubah dokumen PDF ke Excel menggunakan SmallPDF.com:

  • Pertama, buka halaman pencari di personal computer kemudian ketikkan SmallPDF.Com
  • Kedua, setelah masuk ke halaman website tersebut maka pengguna bisa memasukkan dokumen yang ingin dirubah.
  • Ketiga, pilih convert to excel dan klik download.
  • Keempat, tunggu beberapa saat hingga dokumen diunduh dengan sempurna dan pengguna bisa menyimpannya di personal computer.
i love pdf

I Love PDF

Tidak hanya menggunakan website Smallpdf.com. pengguna juga bisa mengguanakn alternatif lain dengan platform I Love PDF.

Dengan website ini pengguna juga bisa mengubah file PDF ke berbagai format dokumen yang diinginkan begitu pun sebaliknya.

Website ini pun bisa diakses secara gratis dan hanya memerlukan jaringan internet yang kencang dan kuat.

Berikut tutroial mengubah dokumen PDF ke Excel mengunakan I Love PDF:

  • Pertama, masuk ke halaaman Google Chrome kemdian ketikkan I Love PDF
  • Kedua, setelah masuk maka pengguna tinggal memasukkan dokumen PDF yang diinginkan
  • Ketiga, pilih tombol Convert to Excel di pojok kanan bwah dan tunggu hingga dokumen selesai dirubah dengan sempurna
  • Keempat, setelah selesai maka dokumen bisa disimpan di file manager.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.