fungsi-bisnis-plan

Contoh Bisnis Plan yang bisa Anda coba agar Bisnis dapat berkembang dengan Baik!

Dalam merintis sebuah bisnis maka sudah seharusnya diperlukan contoh bisnis plan agar bisa membantu Anda dalam merencanakan bisnis yang tepat dan terstruktur dengan baik. Sehingga bisa membuat bisnis Anda semakin berkembang.

Jika sudah berkembang maka omset pendapatan Anda akan semakin besar.

Dalam membuat perencanaan bisnis tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena jika dilakukan secara asal-asalan, maka bisa jadi bisnis Anda tidak berjalan dengan baik. Untuk itu sebelum Anda melakukan bisnis harus dilakukan riset pasar terlebih dahulu.

perencanaan bisnis plan

Hal ini sangat penting agar bisnis Anda bisa bersaing dengan kompetitor secara benar.

Contoh Bisnis Plan yang Bisa Anda Dilakukan Beserta Fungsinya

Bisnis merupakan suatu hal yang bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari pelajar, ibu rumah tangga. Hal ini karena bisnis merupakan salah satu hal yang memiliki banyak manfaat.

Oleh karena itu agar bisnis bisa berjalan dengan lancar, maka sudah seharusnya memiliki bisnis plan.

Bisnis plan merupakan suatu rencana yang harus dilakukan agar bisnis bisa berjalan secara terarah dengan baik. Dengan adanya bisnis plan tentunya bisa bisnis Anda lebih terencana. Sehingga bisa memperkirakan strategi yang tepat untuk bisnis Anda.

Dengan demikian Anda juga bisa mengalokasikan budget Anda dengan baik.

Selain itu ada beberapa fungsi bisnis plan yang bisa menguntungkan bagi Anda. Tentunya dengan dibuat perencanaan bisnis bisa membuat bisnis Anda semakin berkembang. Oleh karena itu bisnis plan harus dilakukan dengan benar.

Dengan demikian berikut ini terdapat beberapa fungsi dari bisnis plan yang perlu untuk Anda ketahui.

Dapat Menjadi Awal Merintis Bisnis

Fungsi utama dibuatnya bisnis plan adalah untuk merencanakan sebuah bisnis. Hal ini bisa juga untuk membuat strategi tertentu ataupun membuat rencana untuk bisnis Anda.

Tentunya adanya bisnis plan sangatlah penting bagi Anda yang akan memulai untuk merintis bisnis. Hal ini bisa membuat bisnis Anda dapat terarah dengan baik.

Pastinya saat merintis bisnis pada awalnya akan terasa susah karena belum memiliki pengalaman dalam dunia bisnis. Jika pada saat mengawali bisnis dilakukan dengan cara yang kurang tepat. Maka hal tersebut bisa membuat bisnis sulit untuk berkembang.

Maka sudah seharusnya Anda merintis bisnis dengan pertimbangan yang tepat.

Dengan demikian pastikan Anda membuat bisnis plan sebelum membuka sebuah bisnis. Jangan sampai Anda membuat rencana yang terburu-buru. Karena hal ini bisa membuat contoh bisnis plan Anda tidak terencana dengan baik.

Oleh karena itu pastikan untuk membuat bisnis plan dengan cermat dengan pertimbangan yang matang.

Mampu Menentukan Prioritas Penting

Saat Anda membuat bisnis plan, maka Anda akan menentukan prioritas bisnis yang harus didahulukan. Prioritas yang penting mulai dari pertumbuhan bisnis, manajemen bisnis hingga keuangan bisnis Anda. Oleh sebab itu prioritas ini haruslah didahulukan dan dipertimbangkan secara matang.

Dengan mendahulukan hal yang menjadi prioritas bisa membuat bisnis Anda menjadi lebih berkembang. Karena Anda dari awal sudah bisa berfokus pada prioritas yang penting terlebih dahulu.

Untuk menentukan prioritas bisnis, pastikan Anda sudah mencari informasi mengenai hal-hal yang dapat menjadikan bisnis bisa berkembang dengan baik

Dapat Meminimalisir Adanya Resiko Kegagalan

Saat merintis sebuah bisnis maka bisa saja terjadi beberapa hal yang tidak terduga di tengah jalan. Hal ini memang sering terjadi saat membuka sebuah bisnis. Dengan adanya bisnis plan, maka kegagalan bisa saja diminimalisir.

Karena Anda bisa melakukan persiapan untuk membangun sebuah bisnis dengan benar dan serius.

Sehingga saat Anda membuat bisnis plan, maka Anda bisa memprediksi masalah apa saja yang memungkinkan terjadi pada Anda. Dengan demikian Anda bisa mencari solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut. Sehingga Anda bisa mempersiapkan segalanya dengan baik.

Oleh karena itu adanya bisnis plan ini bisa meminimalisir kegagalan yang terjadi pada bisnis Anda.

Mampu Memperkirakan Waktu yang Akan Datang

Karena fungsi utama dari membuat bisnis plan adalah untuk merencanakan suatu bisnis. Maka sudah pasti Anda bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada bisnis Anda pada waktu yang akan datang nantinya. Tentunya hal ini bisa terjadi jika contoh bisnis plan yang dibuat telah diprediksi dengan matang.

Dalam memprediksi bisnis plan tentunya dibutuhkan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini tentu saja diperlukan agar rencana bisnis dapat terealisasi dengan baik.

Anda juga bisa membuat bisnis plan dalam jangka waktu pendek, menengah hingga jangka waktu yang panjang. Dengan demikian, nantinya akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis Anda.

bisnis-plan

Rencana yang Harus Dilakukan Saat Membuat Contoh Bisnis Plan

Dalam membuat bisnis plan, tentunya harus dilakukan dengan baik. Sehingga dengan rencana tersebut bisnis Anda bisa semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Membuat perencanaan bisnis tentunya tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Melainkan harus dilakukan riset pasar terlebih dahulu.

Sehingga perencanaan yang dibuat bisa sesuai dengan bisnis yang Anda rintis tersebut. Oleh sebab itu Anda harus mengetahui apa saja rencana yang harus dilakukan saat akan membuat bisnis plan.

Berikut ini terdapat rencana bisnis yang perlu Anda pertimbangkan.

Melakukan Persiapan

Hal yang perlu Anda lakukan adalah melakukan persiapan terlebih dahulu. Dengan demikian pada saat mulai berbisnis maka bisa berjalan dengan baik jika persiapannya sudah matang. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan persiapan dengan baik. Ada contoh bisnis plan yang bisa Anda tiru.

Misalnya jika Anda ingin berbisnis pada bidang makanan, maka sudah seharusnya Anda mempersiapkan jenis makanan apa yang Anda pilih. Anda juga harus mengetahui bahan dan cara membuat makanan yang benar.

Pastikan untuk membuat makanan dengan rasa yang enak. Sehingga memungkinkan pembeli datang kembali.

Anda juga perlu memastikan bahwa bahan makanan yang akan dipakai tidak sulit ditemukan. Sehingga jika sewaktu-waktu membutuhkanya, maka tidak kesulitan untuk mencarinya.

Pertimbangkan juga bahan makanan dengan kualitas yang baik agar membuat banyak konsumen merasa senang jika membeli makanan dari Anda.

Dalam melakukan persiapan tidak hanya membuat makanan saja, namun juga harus mempersiapkan tempat untuk berjualan. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa dengan nyaman saat melakukan bisnis.

Tentunya hal seperti ini harus dipersiapkan dengan matang agar saat membuka bisnis tidak terdapat hal yang tertinggal

Selain itu Anda juga harus menentukan target pasar yang cocok untuk mengonsumsi makanan Anda. Setelah melakukan persiapan bisnis Anda terencana dengan baik, maka Anda bisa melakukan hal yang lainnya.

Pastikan Memilih Strategi Pemasaran yang Tepat

Setelah Anda membuat rencana persiapan yang baik, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan strategi pemasaran. Hal ini sangat penting dilakukan agar bisnis Anda bisa dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga nantinya banyak orang yang membeli di tempat bisnis Anda.

Jika banyak orang yang membeli produk Anda, maka bisnis Anda bisa berkembang dengan cepat. Strategi pemasaran yang harus Anda lakukan adalah menuliskan metode pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda.

Mulai dari pemasaran melalui media online, maupun media offline. Hal ini harus dipertimbangkan dan direncanakan dengan benar.

Saat ini media pemasaran yang dapat membawa nama bisnis Anda semakin tersebar adalah menggunakan sosial media. Dengan adanya ini maka Anda bisa memposting produk Anda secara online.

Sehingga bisa dikenal lebih banyak orang. Mengingat saat ini hampir semua orang memiliki sosial media.

Dalam menggunakan strategi pemasaran, maka sudah seharusnya Anda sudah menentukan target pasar untuk bisnis Anda. Karena tanpa mengetahui target pasar menjadikan bisnis Anda akan kehilangan arah.

Oleh sebab itu pastikan untuk menentukan target pasar terlebih dahulu sebelum mencari strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda.

Melakukan Pencatatan Anggaran

Hal yang tidak kalah pentingnya saat membuat bisnis plan adalah melakukan pencatatan anggaran. Dalam merencanakan anggaran sudah seharusnya Anda mengetahui sumber anggaran Anda. Karena untuk memulai sebuah bisnis tentunya dibutuhkan sebuah modal agar bisnis bisa berjalan dengan baik.

Adanya modal ini harus dilakukan perencanaan anggaran yang tepat. Sehingga modal yang Anda keluarkan tidak terbuang sia-sia. Untuk membuat perencanaan untuk sumber anggaran bisnis Anda adalah dengan menuliskan bahan baku yang akan digunakan.

Dengan demikian Anda bisa merencanakan anggaran yang tepat untuk bahan baku bisnis Anda.

Selain itu Anda harus merencanakan biaya penyewaan tempat untuk Anda berbisnis. Jika Anda sudah memiliki tempat tersendiri, maka tidak memerlukan rencana untuk menyewa tempat.

Dengan demikian perencanaan anggaran bisa dibuat secara detail. Selain itu untuk mendapatkan anggaran bisnis Anda haruslah sudah terencana.

Apabila Anda sudah memiliki modal yang cukup maka bisa langsung menggunakannya untuk berbisnis. Namun jika belum mencukupi anggaran dana yang dibutuhkan, maka Anda bisa mencari rencana lain untuk mendapatkan modal.

Hal ini tentunya perlu dilakukan secara matang, agar Anda tidak merasa kebingungan pada nantinya.

rencana-bisnis

Contoh Bisnis Plan yang Bagus dan Cara Membuatnya

Bisnis plan memang sangatlah penting dilakukan bagi Anda yang akan memulai merintis sebuah bisnis. Tidak hanya bisnis yang besar, namun juga bisnis rumahan perlu Anda persiapkan rencana bisnisnya dengan matang. Karena bisnis plan sangatlah penting untuk perkembangan bisnis Anda di waktu yang akan mendatang.

Dalam membuat bisnis plan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Karena hal ini bisa saja menjadikan rencana yang Anda susun menjadi gagal. Oleh sebab itu pastikan untuk membuat bisnis plan dengan baik.

Ada juga bisnis plan yang dijadikan sebuah proposal untuk sebuah perusahaan tertentu. Jika Anda ingin merintis bisnis menggunakan sebuah proposal, maka sudah seharusnya Anda mengikuti beberapa langkah ini. Berikut ini contoh bisnis plan berupa strukturnya yang bisa Anda tiru :

Latar Belakang dari Bisnis Anda

Pada bagian latar belakang Anda harus menjelaskan mengapa Anda menginginkan untuk memulai bisnis Anda. Hal ini juga bisa Anda jadikan ringkasan singkat mengenai penjelas bisnis Anda. Bisa juga mengenai keunggulan bisnis Anda, potensi yang dimiliki bisnis Anda dan lain sebagainya.

Beberapa hal tersebut sudah seharusnya dijelaskan dengan baik. Sehingga nantinya bisnis Anda bisa berkembang dengan baik jika rencana ini bisa berjalan dengan lancar.

Pastikan Anda menjabarkan segala sesuatu dengan detail. Dengan begitu maka bisnis plan yang Anda buat semakin bagus.

Pada bagian latar belakang ini pastikan Anda bisa menjelaskan segala hal mengenai bisnis Anda. Karena hal ini sangatlah penting agar Anda bisa memahami bisnis yang nantinya akan Anda rintis dengan baik.

Selain itu Anda juga nantinya juga bisa mengetahui masalah apa saja yang memungkin terjadi pada bisnis Anda.

Analisis Pasar

Hal yang tidak kalah pentingnya saat membuat bisnis plan adalah menganalisis pasar. Ini dilakukan agar produk Anda bisa diterima di pasar dengan baik dan bisa bersaing dengan produk lainnya secara sehat. Dalam menganalisis pasar pastikan Anda telah melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Hal ini sangat diperlukan untuk mengetahui seberapa bagus bisnis Anda agar diterima oleh masyarakat. Selain itu Anda juga bisa menentukan target pasar Anda yang sesuai dengan bisnis Anda nantinya.

Hal ini juga bisa bisa mengetahui potensi dan antusiasme dari masyarakat mengenai produk Anda.

Selain itu diperlukan juga menentukan strategi pemasaran yang tepat agar bisnis Anda bisa dikenal oleh masyarakat. Anda bisa menggunakan strategi pemasaran melalui media online.

Karena media online memiliki banyak penggunanya. Sehingga Anda hanya perlu mengatakan orang yang berpotensi untuk membeli produk Anda.

Analisis Produk

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan saat membuat bisnis plan adalah menganalisis produk Anda. Setiap produk harus dibuat semnerik mungkin agar banyak pembeli yang akan membeli produk dari Anda.

Pada saat menganalisis produk tidak hanya dari kemasan produk saja, namun juga kualitas produk Anda juga.

Karena semakin bagus kualitas produknya, maka semakin banyak pula orang yang akan membeli produk Anda.

Oleh karena itu pastikan untuk menganalisis produk dengan benar. Anda bisa menuliskan apa saja keunggulan produk Anda dibandingkan dengan produk yang lainnya.

Analisis Keuangan Bisnis

Untuk membuat sebuah bisnis maka diperlukan anggaran keuangan yang cukup agar bisnis bisa tetap berjalan. Oleh sebab itu Anda harus bisa menganalisis keuangan untuk bisnis Anda.

Mulai dari berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli bahan baku, hingga menyiapkan dana darurat yang sewaktu-waktu bisa digunakan.

Dalam merencanakan keuangan bisnis, pengusaha sudah seharusnya memiliki anggaran dana tertentu. Hal ini bisa didapatkan melalui dana pribadi Anda sendiri atau melakukan pinjaman dan lain sebagainya.

Pastikan Anda juga menganggarkan dana untuk menyewa ataupun membeli tempat untuk dijadikan tempat bisnis Anda.

Tentunya hal ini perlu dilakukan secara terencana dengan baik dan matang. Sehingga nantinya tidak ada hal yang bisa terjadi di luar kendali Anda. Pastikan Anda memperkirakan anggaran dana yang masuk dan keluar saat membuka bisnis Anda.

Dengan demikian maka rencana keuangan Anda bisa terstruktur dengan rapi dan sudah terencana dengan baik.

contoh-bisnis-plan

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat menerapkan contoh bisnis plan. Tentunya perencanaan bisnis harus dilakukan dengan benar dan sudah dilakukan riset sebelumnya. Dengan demikian, maka rencana bisnis Anda akan semakin detail dan nantinya bisa meminimalisir terjadinya suatu hal yang tidak terduga. 

Selanjutnya Anda bisa mengkonsultasikan masalah bisnis plan kepada kami. Semoga artikel ini membantu Anda dalam membuat perencanaan bisnis yang baik.

Selamat mencoba.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.