Cara Membaca Tiktok Analitik (Analytics)
Jika sekarang Kamu sedang mengembangkan akun Tiktok, Tiktok Analitik adalah hal yang wajib Kamu pelajari.
Ada satu kalimat yang cukup menarik dan sangat penting untuk Kamu yang bermain media sosial, “sesuatu yang tidak bisa diukur, tidak akan bisa ditingkatkan.”
Itu kenapa sangat penting buat Kamu untuk bisa membaca “data” yang ada di Tiktok kamu.
Apa Itu Tiktok Analitik?
Sebenarnya, Tiktok Analytic adalah kunci untuk mengembangkan akun Tiktok Kamu. Apalagi fitur ini bisa Kamu akses secara gratis.
Dengan membaca Analytic di Tiktok, Kamu bisa tahu, konten apa yang harus saya buat, berapa usia audiens saya, di mana mereka dan apa yang bisa dioptimalkan.
Dulu, sebelum Kamu bisa mendapatkan data Analytic di Tiktok, Kamu wajib mengubah akun Tiktok Kamu menjadi Pro Akun terlebih dahulu. Namun, sekarang, akun Tiktok kita otomatis akan jadi akun kreator.
Bagaimana Mengubah Akun Tiktok Menjadi Pro Akun.
- Klik bagian titik 3 pojok kanan atas.
- Pilih Manage my Account.
- Klik Switch to Pro Account.
- Pilih kategori/industri yang kamu mau. (untuk kategori tidak akan dimunculkan di akun kamu kok)
Nah selanjutnya, ada 2 cara untuk melihat data analytic di Tiktok.
1. Analytic Tiktok Berdasarkan Konten
Untuk bisa melihat analytic di bagian konten, Kamu bisa langsung ke konten Tiktok kamu, dan klik titik 3 di pojok bawah kanan seperti ini.
Setelah itu, akan ada beberapa analytic di Tiktok Kamu seperti ini.
Pada bagian paling atas, ada beberapa metrik yang bisa Kamu baca, seperti:
- Berapa kali video Kamu diputar.
- Berapa kali video Kamu disukai/di-like.
- Berapa banyak Komentar di video kamu.
- Berapa kali video Kamu dibagikan.
Total Play time adalah berapa jumlah total durasi video Kamu diputar. Average watch time adalah rata-rata durasi video Kamu ditonton oleh mereka.
Traffic Source Types:
Traffic source types ini adalah, bagaimana orang-orang bisa menemukan konten Kamu. Entah itu melalui For you page (Tiktok merekomendasikan konten Kamu ke banyak orang), personal profile (orang-orang yang mengunjungi akun Kamu dan melihat konten Kamu), following (orang yang sudah follow akun kamu).
Audience Territories
Metrik ini berfungsi agar kamu bisa melihat mereka yang menonton video Kamu itu dari lokasi mana saja.
2. Membaca Analitik di Tiktok Berdasarkan Data dari Dashboard
Cara yang kedua untuk melihat analytic konten Kamu di Tiktok adalah dengan langsung cek di bagian dashboard Tiktok kamu.
Caranya cukup mudah, Kamu bisa langsung ke bagian pengatur/setting, creator tool, lalu ke analytic.
Ada 3 kolom yang bisa Kamu lihat di analytic dashboard Tiktok Kamu.
Overview
Di kolom Overview, Kamu bisa melihat 3 data di akun Tiktok kamu, berdasarkan waktu tertentu, seperti:
- Video views, perkembangan berapa kali konten Kamu dilihat berdasarkan waktu tertentu.
- Followers, perkembangan pengikut/followers di akun tiktok Kamu.
- Profie views, perkembangan orang-orang yang mengunjungi dan melihat akun tiktok Kamu.
Content
Pada kolom konten, Kamu bisa melihat berapa konten yang Kamu buat dalam waktu tertentu, dan konten-konten Kamu yang sedang tren.
Followers
Pada kolom Followers, Kamu bisa lihat demografi, jenis kelamin followers Kamu dan jam berapa mereka paling aktif.
Namun, untuk membuka fitur ini, Kamu harus punya minimal 100 Followers terlebih dahulu.
Cara Download Report Tiktok Analitik
Menariknya, Kamu bisa langsung download data report analytic di Tiktok Kamu. Namun, akses ini bisa Kamu dapatkan jika Kamu membuka Tiktok lewat komputer/laptop, ya.
Caranya cukup mudah, kok. Kamu langsung saja login melalui website tiktok, lalu ke bagian pojok kanan akun Kamu, klik lihat analisis dan download report seperti gambar di bawah ini:
Nah, ini tadi panduan lengkap agar Kamu bisa membaca Data Analitik di Tiktok kamu. Tertarik untuk mengembangkan dan meledakkan Followers kamu di Tiktok?
Kamu bisa baca 7 Tips untuk Bikin Video Tiktok auto FYP di sini ya.
Fyp
[…] dan mengambil tindakan untuk meningkatkan eksposur dan engagement Anda. Gunakan informasi dari panduan lengkap TikTok Analytics untuk membuat konten yang lebih tepat untuk audience Anda dan terus bereksperimen untuk […]