instagram

Cara Mengamankan Akun Instagram Dari Hacker

Masalah tentang hacker/peretas memang lagi naik daun belakangan ini. Khususnya buat Kamu yang punya aset digital, seperti akun Instagram. Lantas, bagaimana cara mengamankan akun Instagram agar terhindar dari hacker?

Apalagi jika literasi tentang cara mengamankan akun Instagram juga kurang dipahami oleh beberapa pengguna akun Instagram.

Jangan sampai, Kamu sudah mengumpulkan banyak pengikut dan sudah menjadikan akun Instagram Kamu aset, tapi tiba-tiba diretas oleh hacker.

Di artikel ini, Kamu akan belajar bagaimana cara mengamankan akun Instagram Kamu.

Mengenal Copyright atau Phising di Instagram

cara mengamankan akun instagram

Apakah Kamu pernah dapat DM di Instagram seperti ini? Jika Kamu punya akun yang pengikutnya cukup banyak (di atas 10.000 followers), biasanya akun Kamu akan jadi sasaran bagi hacker di luar sana.

Phising atau pengelabuan adalah salah satu kejahatan online yang sering dialami oleh beberapa pengguna Instagram. Tidak heran jika banyak pengguna akun Instagram yang akunnya berhasil diretas oleh hacker.

Jika kita perhatikan DM di atas, terlihat sangat meyakinkan, ‘kan? Seolah-olah seperti akun Instagram official. Bahkan tidak heran, akun hacker tersebut bisa mendapatkan verified/centang biru di akun tersebut.

Apalagi buat orang-orang awam yang belum mengerti tentang hal ini, mereka cenderung panik dan mengklik tautan tersebut.

Dari sanalah hacker ini berhasil mengelabui Kamu. Karena saat Kamu mengklik tautan tersebut dan memasukkan user dan password Instagram Kamu, Instagram Kamu sudah tidak bisa Kamu akses lagi.

Tidak hanya via DM Instagram, terkadang penipuan ini juga mereka kirimkan melalui chat Whatsapp atau via email. Contonhya seperti gambar di bawah ini:

instagram phising

Maka dari itu, Kamu perlu berhati-hati tentang hal ini. Memang ada baiknya Kamu ikut komunitas tentang Instagram dan menanyakan hal seperti ini. Karena saat Kamu mengklik tautan tersebut dan memasukkan id Instagram Kamu, akun Kamu sangat sulit untuk dipulihkan kembali.

Kejahatan seperti ini tidak hanya terjadi di Instagram saja, pada banyak kasus, motif seperti ini juga digunakan untuk membobol rekening orang lain.

Memang kita harus semakin jeli dan berhati-hati dengan hal seperti ini, ya.

Selain tidak asal klik tautan sembarangan, ada beberapa hal lain yang bisa Kamu lakukan. Salah satunya dengan mengaktifkan fitur 2 faktor autentikasi.

Saat artikel ini dibuat, ini adalah fitur keamanan yang paling sering digunakan platform media sosial apa pun. Lantas, apa itu fitur 2 faktor autentikasi?

Amankan Akun dengan Mengaktifkan 2 Factor Authentication di Instagram

2 faktor autentikasi ini berfungsi sebagai pengamanan ganda. Jadi, siapa pun yang mencoba masuk ke akun Instagram Kamu, mereka harus memasukkan kode verifikasi yang sudah dikirimkan ke nomor handphone atau email Kamu.

Tentu Kamu sudah tidak asing dengan hal ini, ‘kan? Aplikasi sekelas Gojek atau BCA pun juga menggunakan cara ini untuk keamanan mereka.

Untuk mengaktifkan fitur ini di Instagram, caranya juga cukup mudah. Kamu tinggal masuk ke bagian pengaturan Instagram Kamu, seperti gambar di bawah ini:

IMG 8785

Setelah itu, Kamu bisa pilih bagian security atau keamanan seperti gambar di bawah ini, ya:

IMG 8786

Jika sudah, Kamu bisa pilih bagian 2 faktor autentikasi dan klik saja fitur tersebut.

IMG 8787

Jika sudah, Kamu sudah bisa mulai aktifkan fitur tersebut dengan cara klik tombol biru seperti gambar di bawah ini:

instagram security

Langkah selanjutnya, Kamu tinggal ikuti saja langkah-langkahnya. Cukup mudah, kok.

Utuk mengatur 2 faktor autentikasi ini, Kamu bisa mengaturnya dengan 2 cara. Cara pertama adalah menggunakan Google Authenticator (Instagram lebih merekomendasikan hal ini), karena kode tersebut selalu berubah-ubah.

Cara yang kedua adalah menggunakan kode yang dikirimkan ke nomor handphone Kamu.

instagram security

Jika Kamu memilih cara yang kedua (menggunakan kode yang dikirimkan nomor handphone), nanti akan muncul tampilan seperti ini:

instagram security

Pastikan Kamu menggunakan nomor handphone yang selalu aktif, ya. Jangan sampai nomor tersebut hangus, karena kode verifikasinya akan dikirimkan ke sana.

instagram security

Jika Kamu menggunakan cara yang pertama, tampilannya akan seperti ini:

instagram security

Sebenarnya caranya juga cukup mudah, Kamu tinggal mengklik bagian next/selanjutnya dan ikuti informasi apa yang diinginkan Instagram.

Jika Kamu ingin akun Instagram Kamu lebih aman, Kamu bisa mengaktifkan keduanya, kok. Apalagi ini juga fitur gratis yang bisa Kamu gunakan.

Setelah Kamu selesai mengatur semua, Instagram juga menyediakan recovery codes yang bisa Kamu pakai sewaktu-waktu.

Recovery codes ini akan membantu Kamu untuk masuk ke akun Instagram jika Kamu tidak bisa login menggunakan kode verifikasi.

Misalnya, Kamu kehilangan handphone Kamu, Kamu masih bisa masuk ke akun Instagram Kamu menggunakan recovery codes ini. Contohnya seperti gambar di bawah ini:

Menariknya, setiap kode yang tertera di sini hanya bisa Kamu gunakan 1 kali saja. Jadi, Kamu tidak perlu khawatir jika kode Kamu dicuri oleh orang lain. Kamu juga bisa membarui kode Kamu dengan cara klik get new codes, seperti yang tertera di gambar ini.

Pastikan Kamu juga menyimpan kode di akun Instagram ini, ya. Hanya untuk jaga-jaga saja.

Untuk akun profesional dan akun personal juga bisa mengakses fitur ini, kok.

Cara Mengamankan Akun Instagram dengan Check Aktivitas Login Harian kamu

Ini adalah salah satu fitur yang jarang digunakan oleh beberapa pengguna Instagram. Mungkin memang fitur ini jarang dikomunikasikan beberapa orang.

Padahal, dengan fitur ini, Kamu bisa melihat, siapa saja yang sedang masuk ke akun Instagram Kamu.

Untuk mengakses fitur ini, caranya juga sama seperti tadi. Kamu bisa mengklik bagian pengaturan:

IMG 8785 2

Klik bagian keamanan dan masuk ke bagian login activity seperti gambar di bawah ini:

IMG 8787 copy 1

Fitur ini sebenarnya cukup menarik. Karena di fitur ini, Kamu bisa melihat, siapa saja yang masuk ke akun Instagram Kamu, device apa yang mereka gunakan, tanggal mereka masuk dan lokasi mereka ada di mana.

instagram login

Jadi, jika Kamu sudah melihat ada yang mencurigakan, Kamu bisa mengeluarkan mereka dari akun Instagram Kamu.

Caranya juga cukup mudah, Kamu bisa klik titik 3 di bagian kanan, lalu klik log out, seperti gambar di bawah ini:

instagram login

Ini tadi tutorial cara mengamankan akun Instagram Kamu. Biasanya, akun yang berpotensi diretas adalah akun bisnis/akun creator.

Jadi, setelah Kamu membaca artikel ini, pastikan Kamu segera mengaktifkan fitur tersebut, ya.

Kamu juga bisa membagikan artikel cara mengamankan akun Instagram Kamu ini ke beberapa teman-teman Kamu, ya.

Jangan sampai Kamu sudah mengumpulkan banyak followers dan menjadikan Instagram Kamu sebagai ladang cuan, tapi tiba-tiba akun Kamu hilang dan diretas.

Kamu juga bisa belajar di Webinar Gratis bersama Niko Julius, Instagram expert, dengan cara mengklik banner yang ada di bawah ini, ya.

Kamu akan belajar, gimana cara mengembangkan Instagram dan mendapatkan followers, tanpa:

  • Beli followers,
  • Menggunakan iklan,
  • Tanpa metode follow unfollow,
  • Tanpa metode giveaway.
  • Dan cara spam lainnya.

Segera klik banner yang ada di bawah ini, ya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.