durasi video tiktok

Fitur belanja di Instagram yang wajib Kamu maksimalkan!

Instagram mengeluarkan perubahan besar terhadap aplikasinya. Dan fitur belanja di Instagram tersebut adalah Shop & Reels. Apa itu?

fitur belanja di instagram
Source: Google.com

Dari perubahan tersebut fitur Shop dan Reels memudahkan Anda dalam berbelanja dan hiburan seperti layaknya anda bermain TikTok.

Tombol fitur ini berada di bawah di bagian layar depan.

Tombol Post dan Likes dibagian atas layar bagian kanan, tepat berada di sebelah ikon Mesenger.

“Sekarang, kami meluncurkan tab khusus bagi Reels, tempat pengguna dapat berbagi kreativitas dengan dunia dan memiliki kesempatan menemukan penonton,” tulis perusahaan sebagaimana menjelaskan kehadiran perubahan ini.

Instagram Luncurkan Reels, TikTok Punya Kompetitor Baru

Instagram Reels resmi hadir pada bulan Agustus 2020 lalu.

Instagram Reels memungkinkan pengunanya untuk membuat video berdurasi 15 detik dengan tambahan efek audio dan visual, yang dapat dibagikan melalui Instagram.

Shop & Reels
Source: Google.com

Bisa dibilang, kehadiran Instagram Reels membuat TikTok mempunyai kompetitor baru karena kemiripannya.

Pengguna dapat membuat Reels di bagian bawah kamera Instagram.

Pengguna akan mendapati beberapa menu untuk menambah efek audio, efek AR, timer, kecepatan video, dan lain-lain. Mereka yang merupakan pengguna TikTok pasti familiar dengan menu-menu tersebut.

Untuk efek audio, Instagram menyediakan perpustakaan musik. Namun pengguna juga dapat memakai audio sendiri dengan merekamnya.

Nah, audio di Reels yang pengguna buat sendiri kelak dapat dipakai oleh pengguna lainnya bila ia menyetel akunnya sebagai akun publik.

Namun bila akun disetel privat, audio Reels itu tidak akan tersedia dan tidak dapat dipakai oleh pengguna lain, serta Reels itu tidak akan dapat dibagikan dengan mereka yang tidak ada di daftar followers si pemilik Reels.

CEO Instagram, Adam Mosseri juga pernah mengumumkan uji coba ini di akun Instagram pribadinya.

Shop & Reels
Source: Instagram.com

Fitur Reels sempat muncul di India, Brazil, Jerman dan Perancis, Namun di Indonesia sendiri belum kebagian fitur Reels yang mirip dengan TikTok ini.

Fitur Belanja di Instagram/ Fitur Shop

Mosseri juga menambahkan, dengan tab Shop, Instagram berharap dapat membantu pembeli mendapatkan inspirasi dari kreator favorit mereka dan mendukung bisnis kecil.

Terlebih, ia juga meyakinkan desain baru ini memberikan penyegaran penting pada aplikasi.

Tombol Navigasi Yang Berubah

Ada tiga desain yang di ujicobakan.

Sekilas ketiganya mirip, hanya beda di beberapa penempatan tombol menu navigasi.

Desain kedua, tombol explore masih tetap berada di sisi bawah, namun tombol notifikasi dan menu untuk unggah kiriman dipindah ke atas.

Tombol unggah berada di pojok kiri atas, sementara notifikasi bersebelahan dengan DM.

Bagi sebagian orang, layout tersebut mungkin tampak membingungkan karena terlalu banyak tombol navigasi.

Dulu, layout dengan banyak tombol navigasi juga pernah hadir,

Tetapi agaknya kurang diminati. Saat itu, Instagram membubuhkan tombol IGTV di sebelah tombol DM.

 Kini, tombol itu tidak muncul saat membuka beranda dan dipindah ke bagian profil pengguna.

Fitur belanja di Instagram ini memang memudahkan penggunanya agar bisa menikmati apa saja yang ada didalam fitur tersebut.

Semoga hadirnya Reels bisa menumbuhkan fitur kebutuhan kita dalam hal apapun yah.

Tertarik untuk berjualan di Instagram? Yuk belajar juga Konten Marketing untuk Jualan di Instagram. Klik di sini ya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *