11 Ide Konten Instagram Bisnis yang Menarik dan Kreatif
Berbagai jenis konten instagram bisnis berikut dapat membantu untuk meningkatkan followers, engagement dengan konsumen, serta promosi produk.
Mau memulai promosi di social media? instagram menjadi salah satu media sosial yang cocok untuk promosi produk dengan cepat dan efektif.
Di tambah lagi, social media satu ini memiliki banyak pengguna serta fitur yang mendukung untuk membuat konten instagram bisnis menjadi lebih menarik.
Namun, sebelum memulai membuat konten instagram bisnis, ada baiknya mengetahui beberapa ide konten yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan di instagram.
6 Ide Konten Instagram Bisnis
Kehabisan ide konten untuk akun instagram bisnis yang dimiliki? beberapa ide konten instagram bisnis yang general ini bisa dimanfaatkan sebagai ide konten yang bermanfaat dan bisa digunakan dengan memanfaatkan fitur instagram.
Instagram Carousel Untuk Konten Edukasi
Dalam melakukan promosi di instagram, kreator tidak hanya mengunggah konten promosi pada akun instagram namun memberikan edukasi pada konsumen yang dimiliki.
Hal ini dilakukan untuk meningkatkan brand awareness sehingga konsumen tertarik pada produk yang anda jual sehingga efektif untuk meningkatkan penjualan produk.
Instagram merupakan platform untuk membagikan informasi dengan cara yang mudah, namun dalam membagikan konten seputar edukasi produk maka pastikan dahulu untuk mengetahui pesan yang akan disampaikan ke konsumen yang diinginkan.
Misalnya, anda ingin menampilkan kandungan dari produk yang dimiliki atau menyampaikan keuntungan dari bahan dasar yang di kandung oleh produk tertentu.
Kemudian anda bisa menjelaskan benefit yang akan di dapatkan dalam beberapa foto dalam satu konten pada akun instagram anda.
Instagram carousel menjadi salah satu fitur yang ideal untuk konten edukasi karena dapat menyampaikan pesan ke konsumen secara langsung melalui beberapa gambar yang diunggah dan membuat mereka terus menggulir konten yang berisi beberapa video atau gambar.
Algoritma instagram juga bisa menempatkan dua variasi konten di instagram carousel yang dapat meningkatkan impresi dan interaksi dengan pengguna instagram.
Salah satu contohnya adalah konten edukasi dari @bynikojulius yang menempatkan konten edukasi dalam bentuk carousel sehingga mudah dibaca oleh pengguna dan pengikutnya di instagram dengan penjelasan yang relevan dan menarik.
Dengan konten edukasi pada instagram carousel, pembaca juga akan lebih mudah memahami informasi yang diberikan dengan variasi konten gambar dan video.
Berikan Konsumen Informasi yang Bermanfaat
Setelah kreator menawarkan konten edukasi ke pengikut instagram yang dimiliki maka tidak ada salahnya untuk memberikan informasi mengenai penggunaan produk yang dimiliki.
Informasi bermanfaat bagi pembeli untuk memaksimalkan penggunaan produk yang telah dibeli sehingga mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Tidak hanya itu, konten informasi juga berguna bagi pelanggan yang telah membeli produk dengan packaging lama kemudian melakukan adaptasi dengan kemasan baru.
Konten infromasi produk ini juga jamak ditemui di akun instagram bisnis yang baru meluncurkan produk tertentu dan tengah melakukan promosi di instagram.
Anda juga bisa menyajikan tips untuk membantu konsumen dalam memilih produk pertama yang ingin dibeli atau mennjukkan langkah-langkah menggunakan produk tertentu.
Bingung memilih konten edukasi informasi yang sesuai dengan konsumen? anda bisa mencarinya pada pertanaan yang sering ditanyakan oleh konsumen di website, ulasan di halaman market place, komentar, atau direct message, dan juga menanyakan sevara langsung ke konsumen melalui konten instagram story.
Salah satu konten informasi yang ada di instagram adalah foto tutorial dari @azarinecosmeticofficial yang menunjukkan langkah-langkah menghempas jerawat dengan berbagai produk yang diberikan.
Konten informasi tersebut juga berguna pada konsumen untuk menambah minat menyelesaikan masalah jerwat yang dimiliki dengan menggunakan produk yang direkomendasikan oleh azarine.
Bagikan Konten Tutorial atau Do It Yourself
Salah satu fitur instagram yang bisa digunakan sebagai ide konten instagram bisnis adalah instagram live.
Melalui konten satu ini, kreator bisa memperlihatkan bagaimana produk anda bekerja dengan menggunakan konten demo produk dimana anda bisa memperlihatkan tutorial menggunakan produk secara langsung.
Karenanya, dengan menggunakan konten instagram live maka kreator bisa melakukan interaksi langsung dengan konsumen sembari memperlihatkan kegunaan dari produk yang dimiliki.
Saat siaran langsung diadakan maka kreator bisa menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh konsumen serta memberikan informasi yang mereka butuhkan.
Tujuan dari aacara siaran langsung ini untuk menarik minat calon pembeli untuk melakukan pembelian produk atau jasa yang anda tawarkan di siaran langsung.
Namun, jika kreator memiliki layanan instagram shops maka anda bisa memasukkan produk tertentu selama siaran langsung sehingga pembeli bisa langsung membeli produk yang dinilai bagus dan sesuai dengan masalah yang sedang di hadapi.
Konten tutroial atau do it yourself, juga cocok untuk berbagai tipe konsumen yang dimiliki sehingga anda dapat memberikan konsumen edukasi mengenai cara produk yang dimiliki serta membantu meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian produk.
Keuntungan lain dari mengembangkan konten tutorial untuk promosi produk adalah kemudahan untuk di dplikasikan di berbagai fitur instagram, seperti instagram carousel dengan menjelaskan tutorial produk melalui foto yang disajikan atau melakukan kombinasi melalui video atau foto.
Tiska hanya itu, konten instagram feed juga cocok untuk tutorial produk seperti yang dilakukan oleh akun @cosrxindonesia yang menyajikan tutorial produk sebagai konten untuk instagram bisnis yang mudah dipahami oleh pembaca.
Tampilkan Konten Behind the Scene
Saat meluncurkan sebuah produk terbaru yang akhirnya sukses di pasaran tentunya konsumen akhirnya penasaran mengenai perjalanan sebuah produk hingga akhirnya tiba di tangan konsumen.
Kreator bisa menjawab rasa penasaran konsumen yang menyukai produk yang anda luncurkan dengan merilis konten di balik layar,
Melalui konten satu ini, konsumen akan disajikan mengenai proses perjalanan produk hingga akhirnya sampai di tangan konsumen.
Dengan penyajian konten yang tepat menggunakan fitur instagram untuk bisnis maka penonton akan disuguhkan konten yang menarik sehingga bisa dibagikan oleh pengikut anda ke pengguna instagram yang lain.
Salah satu ide fitur instagram yang bisa digunakan sebagai konten behind the scene adalah instagram reels atau video dimana penonton akan disuguhkan proses terbentuknya produk yang disukai hingga akhirnya rilis di pasaran.
Tidak hanya itu, konten behind the scene juga bisa digunakan sebagai media promosi yang disebarkan melalui akun bisnis yang anda miliki.
Ide konten yang tepat dengan menggunakan fitur instagram yang sesuai dapat membantu menarik perhatian pengguna instagram yang melihat konten yang anda sajikan.
Sajikan Katalog Produk
Salah satu tujuan membuat akun instagram adalah mempromosikan produk yang dimiliki serta penggunaan instagram yang efektif untuk berbisnis.
Karenanya penggunaan konten instagram sebagai katalog produk juga bisa digunakan sebagai sarana promosi untuk menyasar konsumen yang diinginkan.
Kreator sendiri bisa menyajikan berbagai konten katalog produk dengan berbagai cara, diantaranya : instagram reels, carousel, atau highlight.
Melalui instagram reels, anda bisa menyajikan beberapa produk sekaligus dalam video singkat serta menyertakan backsound suara yang menarik sehingga membuat konsumen betah untuk melihat produk yang disajikan.
Tidak hanya itu, dengan penggunaan visual tambahan berupa model produk maka akan menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.
Namun dengan instagram carousel, kreator bisa menyajikan foto produk dengan lebih detail sehingga konsumen biisa mengetahui kecocokan produk dengan selera yang dimiliki.
Di sisi lain, agar konsumen baru anda tidak ketinggalaan katalog produk yang anda sajikan maka anda bisa menampilkannya di bagian instagram highlight sehingga bisa dilihat berulang kali tanpa perlu melakukan scrolling akun instagram lebih dahulu.
Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @prior.id yang menyajikan foto produk dalam bentuk konten instagram reels serta carousel sehingga memudahkan konsumen dalam melihat produk yang disajikan dalam berbagar bentuk konten yang`menarik,
Promosi Event Tertentu
Guna mempererat hubungan dan interaksi dengan konsumen yang dimiliki serta menarik minat pengguna instagram ke produk yang anda miliki maka melakukan event pada campaign tertentu bisa anda lakukan.
Salah satu ide event yang biasa digunakan oleh akun instagram bisnis adalah konten giveaway, dimana kreator mengajak konsumen atau pengguna instagram untuk berpartisipasi pada kegiatan tertentu yang tentunya memberikan hadiah sebagai imbalannya.
Tidak hanya itu, apabila kreator sedang mengikuti event pameran untuk mempromosikan produk secara langsung maka anda bisa mengundang konsumen yang dimiliki untuk berkunjung ke stand yang dimiliki dengan penawaran diskon yang menggiurkan.
Karenanya, anda bisa memanfaatkan fitur instagram sebagai konten promosi dengan cara membagikan poster event giveaway di konten instagram feed atau instagram story.
Dengan membagikan poster tersebut melalui instagram story maka anda bisa menjangkau pengguna instagram yang lebih luas dan biasa melihat konten story yang biasa anda unggah.
Namun, agar pengikut anda tidak ketinggalan event yang anda bagikan maka kreator bisa mengunggahnya di instagram feed beserta caption yang berisi persyaratan kontes giveaway yang diadakan.
Kreator juga bisa memanfaatkan konten instagram story untuk menyebarkan situasi secara langsung saat anda mengikuti event tertentu guna menarik perhatian konsumen untuk mengunjungi stand yang anda miliki.
5 Ide Konten Instagram Fashion
Instagram sendiri tidak hanya bisa digunakan sebagai sarana promosi berbagai produk salah satunya adalah brand fashion.
Promosi brand fashion di instagram sendiri sungguh menguntungkan mengingat social media satu ini terkenal dengan konten visual yang menarik perhatian pengguna instagram dengan penggunaan berbagai fitur yang dimiliki.
Namun, agar konten instagram bisnis fashion anda mendapatkan perhatian pengguna instagram serta target konsumen yang dituju maka penting untuk membuat perencanaan konten yang matang dalam merancang konten instagram.
Karenanya berikut beberapa ide konten instagram fashion yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan promosi dan interaksi dengan konsumen.
Brand Mission
Saat pertama kali mengunggah konten instagram bisnis di instagram maka penting bagi kreator untuk menjelaskan alasan anda meluncurkan produk dan brand tersebut di pasaran.
Sebuah visi misi brand produk yang visioner tentunya akan membuat calon konsumen tertarik untuk mengikuti perjalanan produk anda serta membeli produk yang anda jual
Tidak hanya itu, penggunaan brand mission juga akan memudahkan kreator dalam membuat strategi marketing yang sejalan dengan tujuan brand yang dimiliki.
Kreator bisa memulai membuat konten instagram bisnis fashion dengan menjelaskan brand mission di konten awal yang anda unggah guna menarik perhatian pengguna instagram.
Kreator juga bisa menyampaikan brand mission dengan menyampaikan pesan melalui cara yang kreatif, seperti mengunggah di instagram feed, instagram, story atau melakukan kolaborasi dengan influencer di instagram untuk memperluas koneksi dengan konsumen yang dimiliki.
Kreator juga bisa membangun hubungan dengan pengikut yang dimiliki dengan menggunakan berbagai fitur yang dimiliki oleh instagram sambil menyebarkan pesan yang ingin disampaikan.
Salah satu fitur instagram yang bisa digunakan untuk melakukan interaksi dengan konsumen adalah fitur tanya jawab di instagram story yang bisa menjawab pertanyaan konsumen secara langsung dan cepat.
Konten brand mission juga kerap kali digunaka oleh berbagai brand tertentu untuk mempromosikan campaign produk yang masih berkaitan dengan brand mission yang dimiliki.
Salah satunya adalah brand Nike yang membagikan konten instagram highlight yang berisi campaign untuk menyambut ulang tahun ke 50.
Konten story berupa kuis ini dapat menarik perhatian konsumen untuk melakukan interaksi di konten yang diunggah.
Katalog Produk
Instagram merupakan tempat yang tepat untuk menampilkan keunikan dari produk yang anda miliki dan membawa ke trend baru sehingga menampilkan keunikan produk yang di tawarkan ke konsumen.
Tidak hanya itu, kreator juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ditawarkan oleh instagram guna menghasilkan konten katalog produk yang menarik perhatian konsumen serta pengguna instagram.
Di sisi lain, dalam mengunggah konten promosi di instagram maka kreator bisa menggunakan strategi 80 : 20, yakni 80% konten instagram bisnis berisi interaksi dengan konsumen dengan konten cerita serta 20% bisa diguankan sebagai media promosi di instagram.
Tips ini bisa anda lakukan untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen di instagram yang dapat meningkatkan point algoritma instagram sehingga konten instagram anda bisa menjangkau pengguna instagram yang lebih luas.
Di sisi lain, dengan penggunaan konten promosi juga dapat membantu meningkatkan penjualan produk setelah berhasil meningkatkan kepercayaan konsumen dengan konten interaksi yang telah disajikan sebelumnya.
Kreator juga bisa memanfaatkan fitur instagram bisnis untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen serta promosi produk secara bersamaan.
Salah satunya adalah menggunakan fitur instagram live, dimana kreator bisa membangun kedekatan dengan konsumen yang dimiliki sembari memamerkan produk yang dijual di instagram.
Nevada sebagai brand baju juga menampilkan katalog produk yang dimiliki di instagram feed sehingga mudah dilihat oleh pengguna instagram yang mengunjungi akun instagram yang dimiliki.
Product Updates
Saat mengembangkan sebuah brand atau produk, tentunya pelaku usaha juga meluncurkan produk baru secara berkala guna memanjakan konsumen sehingga tidak bosan dengan produk yang disediakan.
Keberadaan platform instagram juga cocok untuk promosi produk baru yang diluncurkan guna menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang anda jual.
Kreator bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia di isntagram sebagai tempat promosi produk terbaru yang telah diluncurkan.
Salah satunya adalah instagram feed dimana kreator membagikan foto produk terbaru agar bisa dilihat oleh pengguna instagram atau konsumen yang dimiliki.
Tidak hanya itu, kreator juga bisa menampilkan foto produk secara detail dalam jumlah banyak dalam bentuk instagram carousel sehingga memudahkan pengguna instagram untuk melihat produk yang disukai dengan mudah dan cepat.
Selain itu, agar konten promosi anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas maka anda bisa mempromosikannya melalui iklan instagram atau mengadakan campaign promosi tertentu guna menambah rasa penasaran konsumen untuk membeli produk yang anda promosikan.
Promosi produk yang tepat dapat membantu meningkatkan rasa penasaran konsumen selama peluncuran produk berlangsung dengan memberikan teaser produk atau pembaruan terbaru mengenai produk yang akan anda luncurkan.
Dengan menggunakan instagram sebagai media pengumuman dan promosi produk maka anda akan memberikan alasan bagi pengikut anda untuk terus menerus mengecek profil instagram anda agar tidak ketinggalan informasi terbaru.
Adidas juga menampilkan berbagai produk terbaru yang diluncurkan di pasaran dalam bentuk instagram feed dan reels dengan ciri khas yang dimiliki.
Konten Gaya Hidup
Bicara mengenai fashion tentunya tidak akan lengkap apabila berkaitan dengan gaya hidup yang biasa digunakan oleh pengikut yang anda miliki.
Hal ini dikarenakan fashion juga menjadi indikator gaya hidup yang anda jalani serta yang ingin ditampilkan ke khalayak luas.
Karenanya dalam membuat konten instagram bisnis fashion maka kreator juga bisa membuat konten gaya hidup guna merepresentasikan produk saat digunakan dalam kegiatan sehari-hari.
Hal ini juga memudahkan pembeli dalam membayangkan saat menggunakan produk tersebut dalam kegiatan sehari-hari sehingga meningkatkan minat untuk membeli produk yang dipromosikan.
Keuntungan lain dari menggunakan konten gaya hidup adalah kemudahan menemukan konten tersebut di instagram apablagi saat konten tersebut berkaitan dengan industri fashion.
Faktanya, The Guardian sendiri menyatakan strategi promosi melalui konten instagram bisnis fashion lebih efektif dilakukan di instagram dibandingkan promosi melalaui market place.
Tidak hanya itu, keberadaa influencers instagram yang kerap kali membagikan konten gaya hidup dengan fashion yang menarik di instagram juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna instagram untuk mengikuti gaya berbusana yang disajikan.
Tidak mengherankan apabila berbagai style berbusana muncul dari instagram yang berawal dari trend yang diciptakan oleh influencer instagram.
Keberadaan influencer sendiri juga bisa digunakan sebagai media promosi brand yang dimiliki guna menjangkau konsumen yang dimiliki.
Sebagai salah brand fashion muslim yang disukai banyak wanita, Prior menyajikan foto produk dalam bentuk konten gaya hidup yang bisa menjadi inspirasi konsumen dalam menggunakan produk yang dimiliki.
Konten Ulasan Pelanggan
Salah satu daya tarik dalam membeli produk di instagram adalah banyaknya ulasan yang diberikan oleh konsumen yang selalu berlangganan produk sebelumnya.
Semakin banyak ulasan konsumen yang dicantumkan di instagram maka akan menarik minat konsumen untuk membeli produk yang dijual.
Selain itu keberadaan testimoni juga meningkatkan kepercayaan pengguna instagram yang baru melihat produk anda di instagram.
Dengan membagikan ulasan pelanggan, maka anda tidak hanya memberitahukan kepada pengikut anda mengenai produk yang banyak dicari di pasaran namun juga membagikan testimoni konsumen yang tentunya membantu calon pembeli untuk memilih produk yang seuai.
Cara memilih ulasan konsumen pun cukup mudah, kreator bisa mulai mengecek instagram tag post dimana anda akan melihat berbagai foto yang diunggah oleh konsumen saat menggunakan produk anda.
Selain itu, kreator juga bisa mengecek instagram tag post di instagram story yang lebih mudah untuk diunggah kembali di akun instagram.
Apabila kreator melihat foto yang disajikan terlihat menarik maka anda bisa mengunggahnya kembali di akun instagram anda guna menarik perhatian konsumen lain yang bingung mencari inspirasi busana menggunakan produk yang anda miliki.
Tidak hanya itu, kreator juga bisa memperhatikan direct message yang masuk, apabila anda menemukan ulasan konsumen yang menarik dan positif maka anda bisa mengunggah kembali di instagram untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.
Kreator juga bisa membagikan konten khusus mengenai produk yang anda luncurkan serta meminta testimoni konsumen di kolom caption.
Berbagai ulasan positif yang masuk juga bisa diguankan sebagai konten testimoni yang dapat meningkatkan kepercayaan pengguna instagram lain yang membacanya.
Di sisi lain, apabila anda memiliki akun market place sebagai tempat jual beli produk maka anda bisa memanfaatkan kolom ulasan yang tersedia untuk merangkum testimoni yang diberikan pelanggan setelah menerima produk yang dibeli.
Agar tampilan konten testimoni semakin menarik maka anda bisa merangkum menjadi satu di instagram highlight sehingga mudah dibaca oleh pengguna instagram yang mengunjungi akun instagram anda.
Penggunaan instagram highlight juga memudahkan kretaor untuk menambahkan ulasan baru yang masuk.
Sumber :
14 Instagram Post Ideas for Business : Social Media Examiner
Ultimate Guide to Instagram For Fashion: Content, Analytics, Influencers, & More! (later.com)
Responses