saved reply

Efektifkah Beli Followers Instagram Untuk Promosi Bisnis?

Semua kreator tentunya ingin memiliki followers instagram yang banyak dengan cepat salah satunya adalah dengan beli instagram followers, namun efektifkah cara ini untuk promosi bisnis di Instagram.

Promosi di social media saat ini menjadi jalan yang efektif untuk mengenalkan produk anda kepada banyak orang mengingat berbagai social media tentunya memiliki pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia.

Namun banyaknya pengguna aktif di social media juga menjadi tantangan sendiri bagi pebisnis atau kreator yang memulai karir di internet untuk mendapatkan perhatian dari pengguna social media lainnya.

Hal ini dikarenakan konten yang diunggah bisa saja kurang mendapat perhatian dari pengguna social media karena pengikut yang dimiliki masih sedikit sehingga engagement yang di dapatkan belum sesuai ekspekstasi.

Untuk mengatasi masalah ini akhirnya banyak kreator yang mulai membeli followers di internet dengan harapan dapat membantu menaikkan engagement konten sehingga akun yang dibuat bisa dikenal oleh pengguna social media lainnya.

Sehingga tidak heran apabila kita dapat menemukan dengan mudah menemukan jasa jual beli pengikut social media baik di website tersendiri atau marketplace dengan harga yang beragam sesuai dengan jumlah pengikut yang akan dibeli.

Sayangnya strategi beli followers ini dianggap kurang menguntungkan karena saat ini banyak social media seperti Instagram atau Tiktok mulai ketat terhadap followers palsu yang terlihat dari kenaikan pengikut yang secara cepat padahal konten yang dibuat masih sedikit.

Gebrakan dari Instagram ini sempat membuat heboh banyak public figure atau bahkan influencers karena pengikut yang dimiliki hilang dalam sekejap mata setelah Instagram melakukan patroli dadakan.

Tak hanya itu, Tiktok sendiri melakukan pengawasan yang ketat ke akun tiktok yang ketahuan membeli followers dengan memberikan peringatan pertama.

Di samping banyaknya pengawasan terhadap beli followers di social media, sebenarnya efektifkah membeli followers untuk instagram?

alasan beli followers instagran

Alasan Beli Followers Instagram

Bagi kreator atau pelaku usaha yang baru saja membuka akun di Instagram mungkin saja akan menemui kesulitan untuk mendapatkan followers instagram secara cepat.

Padahal memiliki followers instagram yang banyak tentunya akan memberikan banyak keuntungan seperti engagement konten yang meningkat dan akun lebih mudah dikenal oleh pengguna instagram lainnya.

Salah satu cara mudah untuk meningkatkan followers intagram adalah dengan membeli pengikut di berbagai jasa jual beli followers instagram yang tersebar di internet.

Pilihan harga yang beragam sesuai dengan pengikut yang dibeli tentunya membuat banyak orang tergiur untuk membeli followers instagram

Tak hanya dapat meningkatkan followers instagram dengan cepat dan mudah namun membeli pengikut ini juga memiliki keuntungan lain.

Meningkatkan Followers Instagram Secara Cepat

Meniti karir di dunia social media memanglah butuh kesabaran karena dibutuhkan waktu untuk mengenalkan akun anda ke pengguna social media lainnya dengan konten yang anda buat.

Tidak jarang pengguna social media seperti instagram membeli followers instagram untuk meningkatkan pengikut yang dimiliki dalam waktu singkat.

Dengan membeli followers instagram tentunya akun yang anda buat tidak terlihat kosong sehingga konsumen yang melihat akun anda pun tertarik untuk membeli produk anda atau melihat konten yang anda buat.

Hal ini tentunya akan membantu meningkatkan penjualan anda atau menaikkan personal branding yang dimiliki di mata pengguna instagram.

Menaikkan Impresi Konsumen

Saat membeli barang dari online shop tentu saja seorang pembeli akan melihat dulu keaslian dari akun yang dibuat untuk menghindari dari penipuan yang marak terjadi di internet.

Salah satu yang dilihat dari pembeli banyaknya followers instagram yang dimiliki di akun tersebut karena semakin banyak pengikut yang dimiliki maka mungkin saja akun tersebut memiliki banyak konsumen yang aktif setiap harinya.

Tak hanya itu ulasan dari konsumen berupa komentar dari marketplace atau tangkapan layar chat dengan konsumen juga bisa menjadi bukti kuat dan juga menjadi daya tarik untuk membeli produk dari tempat tersebut.

Pembeli juga bisa melihat interaksi antara konsumen dan juga pembeli yang ada di kolom komentar di setiap konten yang diunggah.

Ramainya interaksi ini juga menjadi daya tarik tersendiri dari konsumen baru untuk membeli produk anda meskipun sebelumnya belum pernah membeli barang dari penjual tersebut.

Sayangnya, saat ini baik followers atau interaksi berupa komentar atau likes ternyata bisa dibeli dengan mudah di internet.

Sehingga akun yang terlihat memiliki followers instagram yang sedikit bisa saja membeli likes untuk meningkatkan engagement dalam waktu cepat.

Tak hanya itu, anda bisa saja menemukan banyaknya komentar yang sama di suatu konten dan terkadang komentar yang dibuat pun terlihat berulang.

Hal ini bisa saja karena pemilik akun membeli komentar sehinggga isi dari kolom komentar terlihat templat dan sama meskipun anda melihat konten tersebut di kemudian hari.

Pengguna social media juga bisa mengecek apabila akun yang diikuti dicurigai membeli followers instagram dengan cara mengecek profile dari followers yang dimiliki.

Apabila followers instagram tersebut terlihat tidak aktif maka bisa saja akun tersebut berasal dari bot instagram atau berasal dari akun yang sudah tidak aktif lagi.

efektifkah beli followers instagram

Efektifkah Membeli Followers Instagram

Membeli followers mungkin saja bisa meningkatkan pengikut yang dimiliki dalam waktu cepat sehingga meningkatkan impresi konsumen yang melihat akun anda.

Sayangnya membeli followers instagram juga ternyata berdampak buruk bagi akun anda karena kurangnya engagement dari setiap konten yang diunggah.

Hal ini dikarenakan meskipun banyak komentar atau likes yang di dapatkan namun komentar dalam bentuk spam bisa saja dicurigai oleh Instagram sehingga mengganggu algoritma anda.

Jika hal ini terjadi kepada anda maka Instagram tidak segan-segan untuk memberikan peringatan kepada akun anda atau lebih parah lagi akun anda akan ditangguhkan dalam jangka waktu tertentu.

Peringatan ini tentu saja merugikan anda karena setelah akun anda berhasil dibuka maka kreator harus memulai dari awal lagi untuk meningkatkan eksistensi akun anda di mata pengguna social media.

Ditambah lagi Instagram saat ini sedang gencar mengawasi aktivitas dari pengguna instagram yang melakukan cara curang untuk menaikkan akun yang dimiliki.

Karenanya berikut beberapa kerugian apabila seorang pengguna instagram mencoba untuk membeli followers instagram yang tentunya berdampak pada interaksi anda dengan pengikut asli yang dimiliki dan juga performa akun instagram di waktu yang akan datang.

Beli Followers Instagram Merusak Kredibilitas

Memiliki pengikut yang banyak di Instagram tentunya akan membuat konsumen atau calon pembeli yang melihat akun anda tertarik untuk membeli barang di akun anda atau mengikuti social media anda karena banyaknya followers instagram yang dimiliki.

Meskipun begitu, memiliki followers instagram yang banyak namun tidak diiringi dengan jumlah engagement seperti likes atau komentar tentunya akan menilmbulkan kecurigaan konsumen.

Karena bagaimana bisa sebuah akun instagram yang memiliki 10.000 followers hanya mendapatkan jumlah likes dan juga komentar yang sedikit?

Hal ini tentu saja membuat pengikut asli anda tidak percaya kepada akun anda sehingga berhenti mengikuti akun anda.

Engagement yang kecil meskipun memiliki pengikut yang banyak tentunya akan menurunkan kredibilitas anda di mata konsumen atau pengguna instagram yang kebetulan melihat akun anda.

Apalagi saat ini pengguna instagram aktif sudah dapat dengan mudah mengetahui akun instagram yang memakai jasa followers instagram berbayar dilihat dari banyaknya komentar atau likes di setiap konten.

Hal ini tentunya akan membuat pembeli berfikir ulang untuk membeli produk di akun anda karena takut mengalami penipuan berkat engagement yang berbeda.

Tak hanya itu, bagi kreator atau influencers di Instagram yang mencoba membeli followers instagram bisa saja menurunkan kredibilitas di mata brand atau orang lain yang ingin mengadakan kerjasama dengan anda.

Sehingga peluang untuk mendapatkan endorsement atau paid promote bisa saja tertujud hanya karena membeli followers instagram.

Insight Instagram Sulit Untuk Meningkat

Pengguna instagram yang mencoba untuk membeli followers instagram, likes, atau comment berbayar mungkin saja bisa melihat tingginya jumlah engagement saat pertama kali membeli.

Namun apakah hasilnya akan bertahan lama? mungkin saja tidak mengingat pengguna harus terus menerus membeli engagement berbayar tersebut dalam waktu lama.

Tak hanya itu, komentar berbayar dalam bentuk spam tentunya tidak akan berpengaruh bagi engagement karena isi komentar yang sama malah membuat Instagram mencurigai adanya aktivitas yang tidak biasa di akun anda.

Isi komentar yang terus menerus sama tentunya akan membuat akun anda hanya berputar di tempat yang sama bahkan tidak bisa masuk ke explore instagram sehingga menyulitkan anda mendapatkan konsumen atau pengikut instagram baru.

Engagement instagram yang rendah tentunya akan berpengaruh pada jumlah penjualan yang menurun dikarenakan tidak banyak pengikut asli yang dimiliki dan bisa diubah menjadi konsumen atau pelanggan baru.

Padahal alasan untuk membuka akun social media adalah mengenalkan produk yang dimiliki ke pengguna instagram sehingga bisa membantu untuk meningkatkan keuntungan dibandingkan hanya melakukan promosi secara online.

Karenanya dibandingkan menghabiskan budget promosi untuk membeli followers instagram maka pengguna bisa memfokuskan diri untuk menmbangun hubungan dengan pengikut asli yang bisa diubah menjadi pembeli baru sehingga lebih menguntungkan.

Instagram Mengawasi Followers Instagram Palsu

Beru-baru ini, Instagram juga mengubah syarat dan ketentuan penguna instagram dimana platform ini secara berkalan menghapus akun yang sudah tidak aktif dan juga menghilangkan komentar likes dan juga komentar dari pihak ketiga selain provider yang bekerja sama dengan Instagram.

Tak hanya itu, dengan membeli followers instagram palsu tentunya akan melanggar syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh instagram dan disetujui oleh pengguna di awal pendaftaran meskipun sebagian besar anda tidak membaca peraturan tersebut dengan seksama.

Pengawasan instagram yang sangat ketat pada jumlah followers dan engagement palsu tentunya menjadikan kreator untuk berfikir ulang dalam membeli pengikut instagram berbayar.

Hal ini dikarenakan, instagram akan mengawasi kegiatan akun anda yang mendapatkan banyak followers instagram baru meskipun jarang sekali konten yang diunggah.

Peringatan pertama mungkin saja Instagram akan menegur anda karena membeli followers instagram berbayar.

Namun jika pengguna instagram tetap membeli followers instagram dalam jangka waktu lama mungkin saja Instagram akan menangguhkan akun anda untuk sementara waktu.

Penangguhan ini tentunya akan merugikan anda mengingat kreator harus memulai dari awal untuk menaikkan dan mengenalkan akun yang telah dibuat.

Tak hanya itu, jumlah engagement yang anjlok secara drastis tentunya akan menyulitkan kreator untuk membangun kembali interaksi dengan konsumen dari nol.

Meskipun akun instagram anda hilang sementara namun pengguna instagram juga bisa kehilangan konsumen potensial yang hendak membeli produk anda namun terhenti karena akun instagram anda telah hilang.

Berbagai kerugian ini tentunya hanya disebabkan karena membeli followers instagram tanpa menimbang kerugian yang akan didapatkan di waktu yang akan datang.

alternatif beli followers instagram

Alternatif Selain Membeli Followers Instagram

Jika kreator ingin membuat akun yang dibuat terkenal lebih cepat maka tidak perlu membeli followers instagram yang malah merusak engagement dan kredibilitas akun yang dikembangkan.

Namun, kreator bisa memulai dengan melakukan beberapa strategi instagram marketing yang bisa digunakan untuk meningkatkan interaksi dan pengikut akun instagram secara organik.

Meskipun memakan waktu yang cukup lama namun beberapa berikut bisa bertahan lama dan menjauhkan akun anda dari penanggunan instagram.

Jadikan Akun Instagram Menjadi Mode Business

Banyaknya pengguna instagram yang menjadikan platform ini sebagai media untuk promosi akhirnya menjadikan instagram membuat fitur baru yang dikhususkan untuk pelaku bisnis.

Salah satunya adalah layanan instagram business dimana kreator bisa lebih fokus untuk mempromosikan produk jualan melalui fitur yang disediakan oleh akun ini.

Beberapa fitur yang bisa ditemukan di akun business ini adalah bio instagram, insight instagram, instagram shopping, dan juga iklan berbayar.

Saat pertama kali pengguna instagram mengunjungi akun anda berkat melihat iklan berbayar yang dipajang tentunya konsumen akan melihat dulu profil singkat yang tercantum di akun anda.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui keaslian usaha anda dilihat dari posisi toko dan juga penjelasan singkat mengenai produk yang diperjualanbelikan.

Berbagai informasi tersebut tentunya membantu konsumen untuk meyakinkan diri sebelum membeli produk yang ditawarkan di toko anda.

Tak hanya itu, pada bagian profil ini konsumen juga bisa menemukan katalog produk yang dicantumkan di link bio instagram sehingga pembeli bisa melihat berbagai barang yang diperjualan belikan tanpa perlu susah payah stalking di akun instagram anda.

Kreator juga bisa mencantumkan link toko online yang dimiliki di market place sehingga konsumen bisa langsung memilih dan membeli barang tersebut secepatnya.

Fasilitas lainnya yang bisa di dapatkan ketika menggunakan instagram business adalah kreator bisa mengenalkan produk yang dikembangkan melalui layanan iklan berbayar.

Promosi ini dilakukan agar akun jualan anda bisa lebih dikenal oleh pengguna instagram lain sehingga bisa meningkatkan engagement dan juga followers instagram secara organik.

Meskipun berbayar namun kreator bisa menentukan budget promosi yang dikeluarkan sehingga kreator bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan pengeluaran yang minimal.

Pengguna pun bisa memilih jam tayang iklan yang sesuai dengan waktu konsumen aktif sehingga iklan yang disiarkan pun lebih efektif dan menjangkau target konsumen yang sesuai.

Setelah melakukan berbagai strategi marketing instagram tentunya kreator juga sebaiknya mengetahui keefektifan promosi yang dilakukan sehingga bisa mendapatkan hasil yang telah ditargetkan.

Mengetahui jumlah keberhasilan promosi dari naiknya jumlah likes, komentar, followers serta meningkatnya keuntungan tentu bisa dilakukan untuk melihat jumlah keberhasilan yang terlihat oleh mata.

Namun, guna mengathui tingkat kesuksesan yang lebih detail maka kreator bisa melihatnya di layanan insight instagram yang dihadikan khusus untuk pengguna instagram business.

Fasilitas spesial ini tentunya akan membantu kreator untuk melihat kenaikan jumlah engagement yang lebih detail sehingga bisa mengetahui kefektifan strategi promosi yang telah dijalankan dalam waktu tertentu.

Tak hanya itu, kreator juga bisa melihat konten yang paling banyak disukai oleh pengikut anda dengan melihat engagement tertinggi dalam satu postingan sehingga kreator bisa lebih banyak mengembangkan konten tersebut sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga.

Disisi lain, kreator yang menggunakan layanan iklan berbayar juga terbantu dengan adanya insight instagram ini karena pengguna bisa menyukai jenis promosi yang disukai oleh konsumen anda dan mampu mendatangkan banyak pengikut baru.

Beralihnya keinginan pengguna instagram yang tetap ingin melihat konten instagram sambil berbelanja menjadikan platform ini juga menghairkan layanan baru dengan nama instagram shopping.

Melalui fitur ini pengguna instagram bisa langsung membeli barang yang dilihat tanpa perlu susah payah masuk ke akun marketplace terlebih dahulu.

Kemudahan ini tentunya menguntungkan pengguna instagram yang tidak ingin meninggalkan akun instagramnya hanya untuk membeli barang di marketplace.

Konsumen pun bisa dengan mudah menemukan ikon instagram shopping yang terletak di bagian bawah instagram dan anda pun dapat menemukan akun mana saja yang membuka layanan instagram shopping.

Hadirnya Instagram shopping ini juga menguntungkan pelaku bisnis untuk mendaptkan kantong pendapatan baru di Instagram sehingga bisa meningkatkan keuntungan lebih banyak lagi.

Buat Konten yang Berkualitas

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan jumlah followers instagram adalah dengan melayani konsumen yang baru saja datang atau yang telah lama mengenal anda.

Pelayanan yang bisa dilakukan oleh kreator adalah menunjukkan berbagai konten yang menarik yang bisa membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang dijual.

Tidak hanya konten yang menarik namun kreator juga bisa meningkatkan kualitas konten menjadi lebih baik sehingga enak dipandang oleh pengguna instagram yang mampir ke akun anda.

Tentunya anda juga lebih suka melihat foto dengan resolusi yang tinggi dibandingkan gambar yang buram bukan?

Karenanya konten yang menarik juga bisa diimbangi dengan hasil foto dan video yang mampu memanjakan mata pengguna instagram yang mengunjungi akun anda.

Kerjasama Dengan Influencers

Tidak hanya menggunakan layanan iklan berbayar untuk mengenalkan akun anda ke pengguna instagram namun kreator juga bisa melakukan kerjasama dengan influencer guna menaikkan brand awareness produk anda.

Ulasan atau iklan yang dipromosikan oleh influencers seringkali mendapatkan hasil positif mengingat banyaknya pengikut yang dimiliki bisa saja tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Namun ada kalanya hasil dari endorsement ini tidak sesuai hasil karena target konsumen yang dimiliki berbeda sehingga pengikut influencer tersebut kurang tertarik untuk membelinya.

Karena sebelum melakukan kerjasama endorsement maka kreator bisa memulai dengan mencari tahu terlebih dahulu influencer yang memiliki minat yang sama dengan anda sehingga hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal.

Tak hanya itu, kreator juga bisa melihat engagement dari setiap konten yang diunggah melalui website penghitung engagement rate.

Jangan lupa juga untuk mendiskusikan konten yang akan diunggah sehingga hasil yang diinginkan sesuai dengan ekspekstasi anda.

Lakukan Interaksi dengan Pengguna Instagram

Agar pengikut anda tidak bosan dengan konten yang anda suguhkan dan juga meningkatkan kedekatan anda dengan konsumen maka kreator juga bisa membuat variasi konten yang lebih menarik.

Isi konten yang berupa edukasi produk juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk anda sehingg lebih tertarik untuk membeli produk tersebut.

Tak hanya itu, kreator juga bisa meningkatkan interaksi anda dengan konsumen melalui berbagai konten quiz yang bisa dijawab oleh pengikut anda.

Tingginya jumlah interaksi organik juga dapat membantu menaikkan point engagement akun anda sehingga bisa lebih mudah masuk ke explore instagram.

Kreator juga tidak hanya bisa melakukan interaksi dengan konsumen melalui konten yang diunggah di instagram feed namun juga bisa menggunakan fitur instagram story.

Layanan ini menjadi salah satu konten yang sering dikunjungi oleh pengguna instagram karena letaknya yang berada di bagian atas sehingga lebih mudah diakses dibandingkan fitur feed.

Instagram story juga menyediakan berbagai fitur menarik yang dapat membuat anda berkreasi dengan konten yang akan diunggah.

Anda juga bisa menggunakan instagram story sebagai pusat infrormasi tercepat bagi pengikut anda dengan membuat highlight di akun anda.

Penggunaan instagram highlight akan memudahkan konsumen anda untuk mendapatkan informasi mengenai produk yang dijual dan juga berbagai konten edukasi yang berkaitan dengan barang yang dijual.

Kreator juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen dengan memberikan ulasan konsumen mengenai produk yang anda jual di kolom highlight.

Semakin banyak testimoni yang di dapatkan tentunya akan membuat konsumen tertarik dan percaya pada barang yang anda tawarkan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.