Mengenal Fitur baru FAQ di Instagram

instagram interface with mobile phone wooden table 1

Dalam mengembangkan Instagram, menjawab Fans yang Direct Message ke Instagram kita adalah satu hal yang sangat penting bukan? Namun, apakah kamu juga sering kewalahan karena pertanyaan mereka yang sama terus menerus? Nah, Itulah pentingnya FAQ di Instagram.

faq
Source : Freepik.com

FAQ (Frequently Asked Question) atau yang biasa kita kenal dengan pertanyaan yang sering ditanyakan, ini adalah Fitur yang biasanya muncul di Website/Landing page jualan.

Tujuannya mudah, Fitur ini membuat Calon Konsumen kamu tidak perlu repot-repot untuk Chat kamu. Mereka tinggal buka FAQ dan bisa menemukan jawaban dari pertanyaan mereka.

Menariknya, ternyata Fitur ini juga sudah di Rilis oleh Instagram sejak 2020 kemarin.

Tentunya, Fitur ini tidak bisa digunakan oleh Akun Instagram Personal ya. Jadi kamu harus mengubah Instagram kamu menjadi Instagram Bisnis / Creator terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana kita dapat menggunakan Fitur FAQ ini?

kelas instagram organik

Cara menggunakan Fitur FAQ di Instagram

Setelah kamu mengubah Akun Instagram kamu menjadi Akun Creator / Akun Bisnis, untuk mengaktifkan Fitur ini, kamu bisa langsung ke bagian Setting Instagram kamu.

instagram setting

Lalu kamu pilih Creator / Bisnis.

instagram setting

Nah, setelah kamu pilih Creator / Bisnis, nanti akan muncul Frequently Asked Question seperti gambar dibawah ini.

instagram faq

Tombol tersebut Akan Off jika kamu belum menyalahkan Fitur ini. Nah, setelah itu kamu tinggal ikutin saja Alurnya seperti gambar ini.

instagram faq

Setelah kamu Klik Set Up, nanti akan muncul Pertanyaan seperti apa yang ingin kamu tampilkan ketika Followers kamu ingin DM kamu di Instagram.

Oia, untuk Fitur FAQ ini, kamu hanya bisa menggunakan 4 Pertanyaan ya. Jadi, penting buat kamu untuk memaksimalkan Hal ini.

instagram faq
instagram faq

Setelah Selesai, pastikan kamu klik Show Questions / Munculkan pertanyaan ini ya. Jadi ketika ada yang DM kamu, mereka akan mendapatkan 4 Pertanyaan ini. Contohnya seperti ini :

instagram faq

Namun, Fitur ini tidak bisa menjawab pertanyaan secara Otomatis, jadi kamu perlu membalas mereka secara Manual.

Saran dari saya, kamu bisa buat beberapa Pertanyaan jawaban untuk FAQ ini dengan menggunakan Fitur Saved Replies.

kelas instagram organik

Caranya mudah, kamu tinggal ke bagian Setting lagi, ke bagian Bisnis dan pilih Saved Replies.

Kamu juga bisa membuat Shortcut, jadi ketika ada yang bertanya seputar Pertanyaan 1, kamu tidak perlu mengetik panjang-panjang / Copy Paste dari Note kamu. Cukup kamu masukkan Shortcut di Saved Replies kamu, dan hasilnya bakalan seperti ini.

instagram saved reply
Contoh Shortcut dan Saved Reply
instagram faq

Nantinya akan muncul Tombol Kotak kecil seperti ini, dan ketika kamu Klik, akan keluar kalimat balasan yang sudah kamu simpan di Saved Reply tadi.

instagram faq

Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Walaupun memang Fitur ini belum Otomatis sepenuhnya, tapi dengan hal ini, kamu bisa lebih efektif untuk mengarahkan Followers kamu yang DM di Instagram kamu.

Tentunya hal ini juga sangat efektif untuk kamu yang ingin Jualan di instagram kamu. Terlebih kalau kita melihat dari sudut pandang efisiensi kerja. Karena dengan adanya FAQ akan memperrmudah audience kamu untuk mengetahui informasi yang mereka tanyakan dan butuhkan.

FAQ bahkan bisa diatur untuk mempermudah proses Refund, Komplain dan hal-hal teknis bersifat repetitif. Misalnya, menjelaskan proses pengembalian barang, atau menjelaskan proses konfirmasi pembayaran.

Tidak hanya itu, FAQ di Instagram bisa membantu untuk menjelaskan penawaran tertentu. Misalnya, penawaran promosi tertentu atau bahkan penjelasan produk tertentu. Sayangnya, tidak bisa untuk banyak produk, karena jumlah maksimum FAQ di Instagram sekarang hanya bisa 4.

kelas instagram organik

Kekurangan dari pemanfaatan FAQ di Instagram adalah notifikasi yang tidak didapatkan dari Instagram. Karena sudah dijawab secara otomatis. Sehingga, harus melakukan penyesuaian jadwal untuk secara spesifik mengontrol folder DM / Direct Message di Instagram.

Untuk mengurangi kekurangan waktu respon pada Audience yang sudah mendapatkan informasi dari fitur FAQ di Instagram ini. Cobain deh, sangat bermanfaat kok.

Jika kamu suka dengan Artikel Instagram seperti ini, pastinya kamu juga ingin mengembangkan Followers di Instagram kamu bukan?

Kamu bisa langsung temukan Caranya dengan Ikutan Webinar Cara meningkatkan 10.000 Followers dengan Metode Organik. Silakan Klik Banner yang ada dibawah ini ya.

webinar kelas instagram organik
Total
1
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts