instagram interface with mobile phone wooden table 1

Mengenal Fitur FAQ di Instagram

Salah satu tantangan saat kita punya banyak pengikut di Instagram adalah menjawab pertanyaan yang berulang. Namun, sejak adanya fitur FAQ di Instagram ini, Kamu sebenarnya tidak perlu khawatir lagi.

Fitur ini akan memudahkan Kamu membalas pesan dan menjawab pertanyaan yang selalu ditanyakan followers Instagram Kamu. Entah itu untuk menjual sesuatu, memberikan edukasi, atau apa pun itu.

faq di instagram
Source : Freepik.com

FAQ di Instagram atau biasa dikenal dengan frequently asked question (pertanyaan yang sering ditanyakan) ini adalah fitur yang biasanya muncul di website atau landing page.

Tujuannya untuk memudahkan konsumen yang punya pertanyaan tentang topik tersebut. Selain itu, ini juga akan memudahkan Kamu atau customer service Kamu untuk menjawab pertanyaan mereka.

Menariknya, ternyata fitur ini juga sudah dirilis oleh Instagram sejak 2020 kemarin.

Namun, fitur ini tidak bisa digunakan oleh akun Instagram personal, ya. Jadi, Kamu harus mengubah akun Instagram Kamu menjadi Instagram bisnis atau creator terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana kita bisa menggunakan faq di Instagram ini?

kelas instagram organik

Cara Menggunakan Fitur FAQ di Instagram

Setelah kamu mengubah akun Instagram Kamu menjadi akun creator atau akun bisnis, Kamu bisa klik bagian pengaturan seperti gambar di bawah ini.

IMG 8785 3

Lalu, klik bagian creator atau bisnis seperti gambar di bawah ini.

instagram setting

Setelah Kamu klik, nanti akan muncul fitur frequently asked questions seperti gambar yang ada di bawah ini.

instagram faq

Fitur tersebut akan otomatis mati, jika Kamu belum pernah menggunakannya. Untuk mengaktifkannya, Kamu bisa klik tombol set up dan Kamu ikut aja panduannya.

instagram faq

Jika sudah, Kamu pasti menemukan beberapa pilihan dan pertanyaan seperti gambar di bawah ini.

Karena maksimal hanya 4 pertanyaan saja, pastikan Kamu mengoptimalkan dan hanya menuliskan pertanyaan yang sering ditanyakan, ya.

instagram faq

Misalnya, Kamu menjual produk skincare, tentu ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan, seperti:

  • Harganya berapa?
  • Apa saja manfaatnya?
  • Cara pesannya bagaimana?

Pertanyaan itulah yang Kamu bisa tuliskan di fitur FAQ ini.

instagram faq

Setelah Kamu sudah menuliskan pertanyaannya, pastikan Kamu klik tombol show questions ini, ya.

Jadi, saat ada yang DM Kamu di Instagram, FAQ ini akan muncul otomatis seperti gambar di bawah ini.

instagram faq

Fitur ini akan memberikan respon otomatis sesuai apa yang Kamu sudah atur sebelumnya. Tentunya ini akan membantu untuk menjawab pertanyaan yang berulang.

kelas instagram organik

Hal yang perlu Kamu ketahui adalah, fitur ini tidak akan muncul jika Kamu sudah pernah DM akun tersebut, contohnya seperti gambar di bawah ini.

IMG 8789 1

Jika Kamu perhatikan, fitur FAQ akun ini sudah aktif, tapi fiturnya tidak bisa muncul. Hal ini terjadi karena Kamu sudah melakukan DM ke akun ini.

Namun, setelah DM-nya dihapus, fiturnya akan muncul otomatis seperti gambar di bawah ini.

IMG 8790 1

Saat Kamu klik tombol FAQ di Instagram tersebut, tombol ini akan menjawab secara otomatis seperti gambar di bawah.

IMG 8791

Cukup membantu, ‘kan? Cuma sayangnya, FAQ ini hanya dibatasi sampai 4 pertanyaan saja. Jadi, jika Kamu sedang mengembangkan akun Instagram untuk jualan atau menjawab pertanyaan berulang seperti ini, Kamu wajib maksimalkan fitur yang satu ini.

Lantas, bagaimana jika kita menghadapi pertanyaan berulang lainnya?

Nah, Kamu bisa menggunakan fitur saved reply untuk mengakalinya.

Apa Itu Fitur Saved Reply di Instagram

Fitur saved reply adalah fitur yang jarang digunakan pengguna akun Instagram. Sebenarnya, fitur ini mirip seperti fitur di Whatsapp yang cukup sering digunakan pebisnis online.

Jadi, saat Kamu melihat fitur ini, pasti Kamu tidak asing dengan fitur ini. Khususnya buat Kamu yang sudah sering menggunakan Whatsapp bisnis setiap hari.

Cara Menggunakan Fitur Saved Reply di Instagram

Untuk menemukan fitur ini, caranya juga sama. Kamu tinggal klik bagian bisnis/kreator yang tadi, lalu Kamu klik bagian saved reply.

IMG 8792

Jika sudah dan Kamu belum pernah menggunakannya, Kamu akan menemukan tampilan seperti ini:

IMG 8793

Di bagian sini Kamu bisa menuliskan, pesan apa yang Kamu ingin simpan dan gunakan nantinya. Contohnya seperti penjelasan tentang produk atau jasa Kamu.

Dengan menggunakan fitur ini, Kamu tidak perlu menulis dan menjawab pertanyaan berulang tersebut, contonhya seperti ini:

IMG 8794

Berbeda dengan FAQ, Kamu bisa menambahkan banyak saved reply atau pesan tersimpan di sini. Fitur ini pastinya sangat membantu buat Kamu yang terus menjawab pertanyaan berulang.

Untuk menggunakannya, Kamu tinggal masuk ke bagian DM Instagram, lalu Kamu klik tombol atau icon seperti gambar di bawah ini.

IMG 8795

Di sinilah Kamu bisa menggunakan fitur ini. Kamu tinggal klik icon tersebut dan voilah, Kamu bisa menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan seperti gambar di bawah ini.

IMG 8796

Bagiamana, cukup mudah, ‘kan?

Agar tidak terlalu kaku, Kamu bisa gunakan emoticon tertentu. Jadi, orang tidak akan merasa kalau itu tulisan copy paste.

Fitur saved reply dan FAQ di Instagram memang sangat memudahkan kita. Khususnya bagi pebisnis online yang sering mengalami refund, menjawab prosedur pembelian, fitur produk dan meyakinkan calon pembeli.

Jadi, Kamu bisa mulai petakan terlebih dahulu. Dengan menggunakan fitur ini, apa saja yang Kamu ingin komunikasikan? Pertanyaan apa yang sering ditanyakan?

kelas instagram organik

Kekurangan dari pemanfaatan FAQ di Instagram adalah notifikasi yang tidak didapatkan dari Instagram. Karena DM kita sudah terjawab secara otomatis.

Jadi, Kamu harus melalukan cek satu persatu untuk memastikan, DM seperti apa yang masuk di Instagram Kamu.

Namun, dari segi efisiensi dan kecepatan, faq di Instagram tentu lebih memudahkan Kamu untuk menjawab pertanyaan.

Jika Kamu ingin mengembangkan Instagram secara organik, tanpa beli followers, giveaway, follow unfollow atau metode lainnya, Kamu bisa nonton webinar gratis yang dibawakan langsung oleh Niko Julius, ya.

Segera klik banner yang ada di artikel ini.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.