Tips Membangun Akun Linkedin for Business Untuk Perusahaan
Perkenalkan brand dan produk secara profesional menggunakan akun linkedin in for business.
Siapa sih yang tidak mengenal platform Linkedin? social media stau ini dikenal dengan keampuhannya untuk mencari variasi pekerjaan yang sesuai selera.
Hal ini dikarenakan banyak recruiter yang mencari pelamar kerja yang memiliki kualitas terbaik di bidangnya.
Tidak hanya itu, banyak juga influencer yang secara cuma-cuma membagikan ilmunya mengenai bidang tertentu yang pastinya menguntungkan untuk menambah wawasan baru.
Saat anda aktif mencari pekerjaan di Linkedin, terkadang anda juga menemukan lowongan pekerjaan dari perusahaan tertentu yang mencari karyawan baru.
Dimana anda bisa menganalisa kualifikasi suatu pekerjaan dan lingkungan kerja melalui postingan yang diunggah secara rutin.
Sehingga, akun linkedin for business juga dapat membangun brand awareness mengenai perusahaan yang anda bangun di pandangan social media.
Selain itu, bagi perusahaan baru yang tengah berkembang maka anda mungkin menemukan relasi baru melalui postingan akun linkedin for busienss yang anda miliki.
Karenanya berikut beberapa cara untuk mengembangkan akun linkedin for business untuk perusahaan bagi pemula.
Keuntungan Memiliki Akun Linkedin for Business
Linkedin menjadi salah satu social media profesional aktif yang memiliki akun linkedin for business untuk 55 juta perusahaan yang bersaing untuk merebutkan lebih dari 720 juta pengguna yang terus bertambah hingga hari ini.
Jumlah pengguna yang banyak dan terus berkembang ini tentunya menguntungkan bagi perusahaan yang memiliki akun linkedin for business dan aktif mengunggah konten setiap harinya, sehingga membuka peluang bagi perusahaan anda untuk menjadi pemimpin di industri tertentu.
Tidak hanya itu, memiliki akun linkedin for business juga akan membantu anda memiliki keuntungan yang tidak terbatas.
Menjadi Pemimpin di Bidangnya
Saat mengikuti sebuah akun linkedin for business dari perusahaan tertentu, biasanya anda akan menemukan berbagai postingan rutin dari brand tersebut.
Mulai dari webinar bersama profesional di bidangnya atau informasi terbaru mengenai kegiatan perusahaan tertentu.
Cara ini juga dilakukan oleh akun linkedin for business brand perawatan tubuh Mustika Ratu yang mengunggah informasi mengenai event yang diikuti.
Tidak hanya itu, pada akun linkedin for business tertentu, anda juga akan menemukan unggahan mengenai wawasan atau informasi dari industri yang digeluti perusahaan tertentu.
Hal ini juga dilakukan oleh akun linkedin for business Socialmediaexaminer yang secara rutin mengunggah konten mengenai informasi dan wawasan baru mengenai social media.
Berbagai postingan di Linkedin juga akan nampak apik mengingat anda bisa memilih jenis konten yang sesuai dengan informasi yang disampaikan, mulai dari foto, video, atau pengumuman mengenai event daring yang akan dilaksanakan di platform lain.
Di sisi lain, dengan mengunggah konten linkedin secara rutin dan menarik dapat membantu meningkatkan penjualan hingga 33% dibandingkan sebelumnya, serta membuka peluang bagi anda untuk menjadi pemimpin di bidangnya.
Mendapatkan Karyawan Impian dengan Mudah
Bagi kreator yang tengah mengembangkan akun Linkedin for business tentunya menggunakan social media ini untuk mencari karyawan baru dengan kualifikasi yang diinginkan.
Dimana setelah anda mengunggah satu postingan pekerjaan di Linkedin maka anda akan diserbu oleh pelamar kerja yang memiliki kualifikasi yang sesuai dengan pekerjaan yang anda tawarkan.
Nah, keuntungan lainnya menggunakan akun Linkedin for business bagi perusahaan adalah anda dapat menemukan berbagai pencari kerja yang memiliki kualifikasi yang anda butuhkan.
Anda bisa melihatnya melalui berbagai curriculum vitae dan juga pengalaman yang dicantumkan di Linkedin.
Tidak hanya itu, anda juga mungkin menemukan influencer linkedin yang sering membagikan pendapat mengenai industri yang anda jalankan.
Sehingga bisa menjadi peluang bagus untuk menemukan calon karyawan baru yang sesuai dengan kualifikasi yang anda inginkan melalui postingan yang mereka unggah secara rutin.
Strategi ini juga dilakukan oleh akun Linkedin for Business Philip Morris yang membagikan lowongan pekerjaan terbaru yang bisa dilamar oleh seseorang yang berminat pada posisi yang ditawarkan serta memiliki kualifikasi yang sesuai.
Mudah Dijangkau Oleh Berbagai Kalangan
Sebagai sebuah perusahaan yang tengah berkembang, maka anda tentunya mendapatkan perhatian dari orang lain untuk meningkatkan popularitas brand yang anda miliki.
Apabila anda sudah melakukan peluncurkan produk baru atau telah mengikuti event dan bazaar tertentu maka anda bisa mengumumkannya di postingan Linkedin for business.
Kegiatan ini tentunya akan membantu anda terlihat aktif mempromosikan brand atau produk yang anda miliki.
Sehingga calon konsumen atau investor mengetahui aktivitas yang anda lakukan sebelum akhirnya tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.
Hal ini juga akan semakin menguntungkan apabila anda mengiringinya dengan mengunggah postingan mengenai informasi produk atau industri yang anda geluti.
Dimana unggahan ini akan membuat brand anda semakin profesional, sehingga menganggap anda layak untuk menjadi pemimpin di industri tersebut.
Rutinitas mengunggah kegiatan brand dan produk anda di Linkedin juga menguntungkan bagi media yang ingin meliput mengenai barang yang anda jual.
Sehingga informasi yang dihasilkan akan berkualitas dan membuat nama brand anda memiliki reputasi yang baik.
Cara ini juga dilakukan oleh akun Linkedin for Business Indofood yang membagikan postingan mengenai perkembangan brand yang dimiliki dengan teknologi terbaru.
Sehingga membuat konsumen meningkatkan kepercayaan mengenai brand tersebut menjadi lebih baik.
Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan
Perkembangan internet dan social media yang semakin pesat menjadikan seseroang mudah menemukan brand menggunakan kata kunci tertentu.
Kemajuan yang pesat ini tentunya menguntungkan bagi brand tertentu untuk meningkatkan ketenaran di dunia maya menggunakan sarana social media.
Salah satu caranya adalah mengunggah variasi postingan yang menjelaskan mengenai brand dan produk yang anda miliki.
Dalam proses pembuatan konten ini, anda tidak hanya menggunakan konten yang menarik, namun juga kata kunci yang mudah ditemukan di social media.
Sehingga konsumen dan calon investor akan lebih mudah menemukan produk anda saat mencari menggunakan keyword tertentu.
Penggunaan kata kunci yang tepat juga akan membantu kinerja algoritma Linkedin melalui strategi SEO yang tepat serta menggunakan akun Linkedin for Busienss yang terlihat profesional.
Cara Membuat Akun Linkedin for Business
Berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh platform Linkedin tentunya menguntungkan bagi sebuah brand untuk meningkatkan popularitas di mata calon konsumen dan investor.
Sehingga membuat akun Linkedin for business tentunya bisa dilakukan untuk menaikkan level promosi bisnis yang anda milliki.
Sebenarnya dalam pembuatan akun Linkedin for Business juga cukup mudah, asalkan anda telah memiliki akun Linkedin pribadi yang siap dirubah ke akun business.
Karenanya berikut beberapa cara membuat akun Linkedin for business secara cepat dan efektif.
Pertama, masuk ke akun Linkedin yang anda miliki kemudian di kolom Create a Linkedin Page lalu pilih kolom perusahaan.
Kedua, isi berbagai informasi yang dibutuhkan serta gunakan link yang memiliki kesamaan dengan nama akun Linkedin for Business yang anda miliki.
Ketiga, tambahkan juga tagline serta foto profil sehingga meningkatkan profesionalitas brand yang anda mliki serta meningkatkan kunjungan hingga 30% lebih banyak.
Keempat, klik create page untuk membuat halaman akun Linkedin for Business.
Kelima, lengkapi halaman anda dengan berbagai informasi tambahan seperti URL, deskripsi brand dengan lokasi dan kata kunci tertentu agar mudah ditemukan oleh orang lain.
Keenam, anda juga bisa menambahkan halaman anda dengan pilihan ikon tertentu, serta postingan dan hashtag yang relevan.
Ketujuh, tambahkan cover page untuk mempercantik halaman Linkedin for Business yang anda kembangkan.
Kedelapan, minta partner atau karyawan anda untuk mengikuti akun Linkedin for Business untuk memperluas koneksi tersebut serta mudah ditemukan oleh orang lain.
Bagaimana Cara Mengembangkan Akun Linkedin For Business
Agar akun Linkedin for business anda semakin dikenal oleh banyak orang maka anda tidak hanya mempercantik halaman profil business anda.
Namun dibutuhkan juga strategi yang tepat agar konten anda dapat memikat orang lain, sehingga mereka tertarik untuk mengikuti perkembangan brand dan produk yang anda miliki.
Karenanya berikut beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan akun Linkedin for business secara optimal.
Gunakan Photo Profil dan Banner yang Menarik
Saat melihat konten linkedin yang dirasa menarik dan berulang kali direkomendasikan oleh kenalan di Linkedin, maka anda akan tertarik untuk mengikuti halaman tersebut agar tidak ketinggalan unggahan terbaru.
Namun, profil akun Linkedin for Business yang kurang meyakinkan akhirnya membuat seseorang mengurungkan diri untuk mengikuti akun tersebut.
Di sisi lain, photo profil Linkedin for Business menjadi salah satu daya tarik bagi pengguna Linkedin untuk mengikuti akun brand yang anda miliki.
Begitu pula dengan banner profil yang membuat halaman anda terlihat lebih menarik di mata orang lain.
Guna pemilihan tampilan profil dan banner Linkedin maka anda bisa menggunakan simbol brand yang anda miliki, sehingga meningkatkan profesionalitas serta membuktikan bahwa akun tersebut merupakan milik perusahaan anda.
Sementara untuk bagian banner maka anda bisa menggunakan tagline brand anda sehingga membuat pengguna Linkedin memahami brand value yang anda tawarkan.
Tidak hanya itu, anda juga bisa mengunggah berbagai foto produk yang anda miliki untuk membuat konsumen memahami barang dan layanan yang anda tawarkan.
Penggunaan foto tersebut juga bisa menjadi sarana promosi tersirat dan dapat menaikkan brand awareness dari produk yang anda tawarkan.
Pastikan juga anda memilih ukuran banner yang sesuai sehingga gambar anda tidak terpotong yang membuat banner anda terlihat kurang menarik.
Penggunaan foto profil dan banner yang sesuai ini juga dilakukan oleh akun Linkedin Business Pertamina yang menggunakan foto profil berupa ikon perusahaan serta banner yang berisi produk yang digunakan oleh konsumen.
Manfaatkan Kolom Deskripsi dengan Baik
Setelah pemilihan foto profil dan banner yang sesuai maka langkah selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah mengisi deskripsi dengan lengkap dan mudah dipahami.
Pemilihan kata yang tepat serta penggunaan gaya bahasa yang sesuai tentunya akan membantu pengguna Linkedin mengenali brand anda dengan mudah.
Anda bisa memaksimalkan potensi kolom deskripsi melalui 2,000 kata yang disediakan oleh Linkedin, sehingga anda bisa menceritakan mengenai segala hal mengenai perusahaan anda.
Pastikan anda bisa menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh orang lain serta istilah yang biasa digunakan oleh banyak orang.
Penggunaan kata kunci yang tepat juga akan membantu akun anda mudah ditemukan di kolom pencarian
Tambahkan juga brand value dari brand anda sehingga membuat akun Linkedin for Business anda dapat menonjolkan produk anda dibandingkan kompetitor lain.
Anda juga dapat mengisi beberapa informasi mengenai perusahaan anda dengan detail yang mendukung, diantaranya adalah :
- Nama brand yang anda kembangkan
- Lokasi usaha anda
- Produk dan layanan yang ditawarkan
- Brand value yang ingin ditunjukkan ke konsumen
- Gaya komunikasi yang akan digunakan
- Saluran yang bisa dihubungi oleh konsumen atau investor apabila tertarik pada produk dan brand yang anda kembangkan, anda bisa mencatumkan akun social media serta alamat email perusahaan yang dimiliki, sehingga memudahkan mereka untuk mencari tahu lebih banyak mengenai produk yang anda miliki.
Apabila anda masih ragu mengenai penggunaan deskripsi yang dicantumkan maka anda bisa menengok ke akun Linkedin for Business lain yang lebih terkenal dan memiliki pengikut yang cukup banyak.
Contohnya adalah akun Linkedin for Business milik Unilever yang menjelaskan secara detail mengenai produk yang ditawarkan serta berbagai informasi tambahan yang menguntungkan bagi konsumen atau pelamar kerja yang ingin mengenal lebih dalam mengenai perusahaan tersebut.
Beberapa akun Linkedin brand tertentu bahkan mencantumkan lowongan pekerjaan yang bisa dibaca oleh pengunjung sehingga mereka bisa memilih lowongan kerja yang sesuai.
Unggah Konten Linkedin Secara Rutin
Informasi perusahaan yang sudah sesuai tentunya tidak akan lengkap apabila anda tidak memanfaatkanya dengan mengunggah konten secara rutin.
Kegiatan mengunggah konten Linkedin secara rutin ini tentunya akan membuat akun perusahaan anda mudah ditemukan oleh pengguna Linkedin yang memiliki minat dengan industri dan topik yang anda angkat setiap harinya.
Linkedin juga menyatakan bahwa akun business yang mengunggah konten secara rutin juga memiliki tingkat interaksi yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak melakukannya.
Sehingga anda perlu memastikan bahwa anda mengunggah konten Linkedin secara rutin.
Di Linkedin sendiri anda bisa menemukan berbagai jenis-jenis konten yang bisa anda kembangkan sesuai dengan target konsumen yang anda tuju.
Artikel
Linkedin memiliki jumlah kata yang lebih banyak dibandingkan Twitter, sehingga memudahkan anda untuk mengunggah konten artikel dengan jumlah kata yang lebih banyak.
Pada konten artikel ini, kreator bisa mengungkapkan pendapat anda mengenai topik yang sedang hangat diperbincangan konsumen seputar industri yang anda jalankan.
Pendapat dari profesional di bidangnya serta seseorang yang menjalankan brand di industri tersebut, tentunya akan lebih mudah di dengar karena memiliki pandangan yang lebih sesuai dengan kondisi di lapangan.
Jenis konten ini biasanya disukai oleh influencer Linkedin yang fokus pada topik dan minat tertentu.
Namun, dalam penulisan konten artikel anda perlu memastikan menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target konsumen namun mudah dipahami oleh berbagai kalangan.
Cara ini dilakukan agar konten anda dapat memikat pengguna Linkedin yang bukan merupakan target konsumen namun tertarik pada topik yang anda sampaikan.
Anda juga bisa memasang link tertentu yang bisa diakses oleh pengikut anda apabila tertarik mengenai topik yang dibahas.
Penggunaan konten artikel juga dilakukan oleh akun Linkedin for Business Kalbe Farma yang mengunggah informasi mengenai kesehatan yang bisa dibaca oleh pengikutnya.
Gambar
Konten gambar memiliki daya tarik sendiri di mata berbagai platform social media, apalagi ditambah dengan warna yang menarik serta gambar yang memikat pembacanya
Data dari Linkedin sendiri menyatakan bahwa konten gambar dapat membantu menaikkan interaksi hingga dua kali lipat, sehingga disarankan untuk menambahkan gambar di setiap social media yang diunggah untuk menaikkan jumlah engagement dengan pesat.
Di tambah lagi, Linkedin juga memiliki pilihan carousel dimana anda bisa mengunggah banyak gambar sehingga pengguna Linkedin bisa melihat berbagai postingan gambar dengan mudah dan variatif.
Cara ini juga dilakukan oleh akun Linkedin brand Bibit yang menggunakan konten carousel untuk menjelaskan konten edukasi yang disuguhkan.
Di sisi lain, apabila anda ingin mengembangkan konten gambar di Linkedin maka anda bisa menggunakan tampilan gambar yang menarik, sehingga membuat pengguna Linkedin tertarik untuk melihatnya.
Anda juga bisa mencantumkan caption pada gambar tersebut yang akan memudahkan pembaca memahami isi gambar dengan mudah dan cepat.
Video
Konten video telah memiliki popularitas yang tinggi di kalangan pengguna internet, sehingga tidak mengherankan apabila banyak kreator berlomba-lomba untuk membuat video yang menarik di akun social media yang dimiliki.
Di Linkedin sendiri, konten video sendiri terbukti mampu meningkatkan interaksi hingga 5x lebih banyak, sehingga membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan postingan video yang menarik.
Sehingga tidak mengherankan apabila banyak iklan Linkedin yang menggunakan video sebagai strategi untuk memikat banyak orang untuk mengunjungi akun Linkedin yang anda kembangkan.
Spotlight Employee
Salah satu kebiasana dari pengguna Linkedin adalah mengumumkan posisi pekerjaan baru yang telah diidamkan sebelumnya.
Biasanya pengguna Linkedin juga melakukan tag pada akun Linkedin perusahaan yang dimasuki sehingga memudahkan orang lain untuk memahami pekerjaan yang tengah dilakukan oleh kenalannya.
Linkedin sendiri memiliki fitur Spotlight employee dimana anda bisa menyambut pekerja yang baru bergabung di perusahaan anda, sehingga mereka lebih merasa diterima di tempat baru tersebut.
Tidak hanya itu, apabila pekerja anda berhasil mencetak pencapaian baru yang membanggakan maka anda bisa mengapresiasinya melalui konten Linkedin yang menarik.
Strategi ini nantinya akan membuat akun Linkedin for business anda terlihat lebih humanis sehingga mendapatkan perhatian dari orang lain.
Bagikan Konten Sebelumnya
Kebingungan memilih ide konten Linkedin yang menarik? maka anda bisa mengunggah kembali postingan yang telah anda unggah sebelumnya.
Cara ini dapat membantu mempromosikan konten yang memiliki interaksi yang lebih sedikit dibandingkan konten lainnya.
Dengan sedikit sentuhan yang menarik maka akan membantu konten anda mendapat perhatian lebih dari pengguna Linkedin yang menjadi pengikut anda.
Anda juga bisa menghubungkan dengan topik terbaru yang menjadi bahan perbincangan orang lain, sehingga konten anda dapat disebarkan ke banyak orang.
Pastikan juga untuk mengunggah konten Linkedin di waktu yang tepat agar dapat menjangkau pengguna Linkedin yang lebih luas.
Tingkatkan Audience Anda
Dalam pengembangan akun Linkedin, anda bisa menggunakan dua cara yang efektif dan biasa digunakan di social media lainnya.
Pertama adalah menggunakan pemasaran organik dimana anda mengunggah konten yang sesuai dengan minat dan topik yang disukai oleh konsumen anda.
Namun, cara tersebut akan lebih berhasil apabila digunakan di akun Linkedin for business yang telah memiliki banyak pengikut.
Sehingga apabila anda baru membuat akun Linkedin for Business untuk pertama kali maka penggunaan iklan berbayar lebih disarankan.
Hal ini dikarenakan anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas sesuai dengan budget yang dimiliki.
Akan tetapi, pastikan juga anda telah memiliki berbagai konten yang menarik dan mencerminkan personal brand anda, agar lebih memikat banyak orang.
Sumber :
https://later.com/blog/linkedin-business-page/
https://www.socialmediaexaminer.com/how-to-optimize-your-linkedin-company-page-for-2022/
https://www.socialmediatoday.com/news/10-tips-to-help-optimize-your-linkedin-company-page/559566/
Responses