6 cara mudah promosikan diri di jobstreet

3 Cara Mudah Promosikan Diri di Jobstreet

Setelah lulus dari sekolah ataupun universitas, banyak lulusan baru yang kebingungan dalam mencari pekerjaan yang sesuai. Hal ini bisa disebabkan kurangnya informasi atau tidak mengetahui tempat mencari pekerjaan yang mudah dan gratis.

Selain melalui social media seperti Facebook, Instagram, ataupun Telegram. Saat ini banyak sekali portal pencari pekerja yang bisa diakses oleh pencari kerja atau perusahaan yang membutuhkan karyawan yang sesuai dengan kemampuan yang diminta.

Melamar melalui job portal juga memiliki berbagai keuntungan, diantaranya tersedia berbagai lowongan pekerjaan sesuai dengan minat dan gaji yang diinginkan, pilihan perusahaan yang beragam, serta lokasi yang bisa dipilih.

Keuntungan lain mencari pekerjaan di job portal dibandingkan melalui social media adalah pelamar bisa saja dipanggil duluan oleh perusahaan apabila resume dan juga kemampuan yang dimiliki sesuai.

Selain itu, terdapat berbagai tes kemampuan diri yang bisa dikerjakan untuk dijadikan nilai tambah pelamar di mata recruiter. Beberapa perusahaan juga bisanya menggunakan tes tersebut untuk dijadikan tolok ukur dalam mencari kandidat karyawan yang sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya itu, dengan melamar melalui job portal maka pelamar dapat memperoleh pekerjaan di luar negeri hanya dengan mencantumkan curriculum vitae yang diisi sekali saat mendaftar dan bisa dirubah sesuai kemampuan dan keinginan.

Sebagian besar fitur job portal sendiri juga bisa diakses melalui ponsel sehingga pelamar dapat membalas pesan dari recruiter dengan cepat di mana saja dan kapan saja. Sehingga potensi mendapatkan pekerjaan idela bisa dicapai dengan cepat.

Apa Itu JobStreet

Salah satu job portal terbesar yang diakses oleh banyak orang adalah Jobstreet. Situs pencarian kerja terbesar yang berasal dari Malaysia ini mulai berdiri sejak tahun 1997 dan saat ini sudah mencakup beberapa negara terbesar di Asia Tenggara seperti Singapura, Indonesia, Filipina, dan Malaysia sendiri.

Kemudahan dalam mengisi berbagai berkas yang dibutuhkan menjadikan situs ini favorit banyak orang dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Tak hanya itu, Jobstreet juga menyediakan fitur khusus bagi perusahaan memilih karyawan yang cocok sesuai dengan kriteria dalam waktu yang cepat.

Recruiter juga bisa membuat profil perusahaan di halaman website yang berisi alamat, deskripsi perusahaaan, dan juga pilihan pekerjaan yang sedang dibuka. Hal ini akan membuat karyawan yakin untuk memilih pekerjaan di perusahaan anda.

Sedangkan bagi calon pelamar, terdapat deskripsi kemampuan, pekerjaan, benefit, lokasi penempatan dan pengalaman yang diminta sehingga dapat menentukan apakah pekerjaan tersebut cocok ataupun bisa mencari pilihan lainnya.

fitur-fitur yang ada di jobstreet

Fitur-Fitur yang Ada di Jobstreet

Tidak hanya menyediakan tempat bertemunya perusahaan dan juga pelamar dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan kriteria. Jobstreet sendiri juga menyediakan berbagai fitur yang dapat memudahkan pelamar dalam mencari pekerjaan.

Beberapa fitur ini sebaiknya diketahui dan dimanfaatkan oleh pelamar agar bisa menemukan pekerjaan impian dengan mudah dan cepat.

Company Reviews

Sebagian besar pelamar baru terkadang tidak mengetahui perusahaan yang dipilih dan hanya melihat dari lamaran yang dibuka. Hal ini akan menimbulkan keterkejutan bagi pelamar yang tidak mengetahui latar belakang perusahaan sehingga merasa terjebak dan menyesal setelahnya.

Guna mengurangi resiko tersebut, pelamar bisa menggunakan salah satu fasilitas dari Jobstreet yang bernama Company Reviews.

Melalui fitur ini pelamar bisa mengetahui bagaimana suasana kerja, benefit dan gaji, gaya manajemen, budaya perusahaan, prosepek karir, keseimbangan kehidupan bekerja dan sosial, serta beban kerja yang diberikan oleh perusahaan yang dituju.

Pelamar pun bisa menilai apakah perusahaan tersebut sesuai dengan keinginan dan cocok untuk perkembangan karir ke depannya.

Fitur ini diisi oleh karyawan perusahaan atau seseorang yang pernah bekerja di perusahaan tersebut dalam bentuk anonim sehingga komentar dan kondisi pekerjaan biasanya sesuai.

Berbagai review dan juga testimoni di fitur Company Reviews bisa mengurangi rasa khawatir dan juga menyemangati pelamar untuk mendaftar di perusahaan yang dituju atau sebagai pertimbangan dalam menerima pekerjaan dari perusahaan tersebut.

Tagar #LangsungKerja

Seorang pelamar kerja tentu saja memiliki keinginan untuk mendapatkan pekerjaan secara cepat. Sayangnya hal ini jarang sekali bisa dilakukan karena lamaran yang dituju tidak kunjung dilirik oleh perusahaan.

Untungnya saat ini Jobstreet menyediakan fitur tagar #LangsungKerja. Melalui fitur ini perusahaan yang sedang membutuhkan pegawai bisa menemukan profil pelamar lebih cepat. Tagar ini juga membantu menghubungkan dengan pelamar yang membutuhkan pekerjaan secara cepat.

Pelamar bisa menggunakan fitur ini dengan cara masuk ke kolom Info tambahan kemudian pilih gambar foto, pada kolom informasi lainnya ketikkan #LangsungKerja kemudian simpan dan selesai.

Dalam menggunakan fitur ini, pastikan pengaturan privasi profil mu diubah agar perusahaan bisa memperoleh infromasi pelamar secara langsung. Jangan lupa untuk melengkapi biodata dan resume agar pihak recruiter bisa mengetahui data diri dan informasi anda dengan jelas.

Pastikan juga untuk mengisi kolom nomor telepon dengan nomor yang aktif agar perusahaan bisa langsung menghubungimu setelah melihat profil yang dimiliki cocok dengan kriteria karyawan yang dminta.

Kolom Promosikan Diri Anda

Memiliki resume yang sesuai dan juga informasi lengkap di Jobstreet tidak cukup dalam melamar pekerjaan. Pelamar juga harus melakukan hal lebih dengan cara mempromosikan kemampuan diri dengan baik di hadapan recruiter.

Pelamar bisa menggunakan fitur Promsikan Diri Anda di Jobstreet. Fasilitas ini biasanya tersedia saat mengirimkan lamaran kerja di perusahaan. Dengan fitur ini recruiter bisa mengetahui kemampuan diri anda secara singkat yang kemudian dilanjut dengan memeriksa informasi profil dan resume pelamar.

Saat menggunakan fasilitas ini pelamar sebaiknya menggunakan bahasa yang resmi dan juga sopan karena akan dilihat oleh pihak recruiter. Jangan lupa juga sebutkan bahwa anda tertarik pada pekerjaan yang ditawarkan.

Tuliskan juga secara singkat pengalaman kerja dan juga kemampuan yang dimiliki di kolom ini agar recruiter tertarik pada anda. Ucapkan terima kasih dan harapan di bagian penutup untuk menunjukkan kesopanan yang berkesan kepada recruiter.

Curriculum Vitae yang Lengkap

Seorang pelamar baru bisanya memiliki kebingungan dalam membuat CV yang sesuai agar dilirik oleh perusahaan. Selain menggunakan contoh di internet, pelamar juga bisa menggunakan fasilitas Curriculum Vitae yang disediakan oleh Jobstreet.

Pada fitur ini tersedia beberapa kolom yang harus pelamar isi, diantaranya adalah biodata singkat, informasi pribadi, pengalaman kerja dan kemampuan yang dimiliki, serta gaji yang diinginkan oleh pelamar.

Pada kolom biodata singkat dan informasi pribadi isilah kolom sesuai dengan informasi pribadi yang dimiliki. Pelamar juga bisa menggunakan Kartu Tanda Penduduk untuk mencocokaan data yang akan diisi. Pastikan data lengkap agar informasi profil semakin valid.

Sedangkan di kolom pengalaman kerja tuliskan pekerjaan yang pernah dilakukan oleh pelamar disertai dengan deskripsi pekerjaan yang telah dilakukan. Tuliskan secara singkat dan padat agar recruiter mengetahui apa saja pekerjaan yang telah anda lakukan dan kuasai selama bekerja.

Jangan lupa tuliskan juga tahun bekerja dan nama perusahaan agar recruiter bisa mengecek keaslian data yang dicantumkan oleh pelamar serta konfirmasi ulang ke HRD yang bersangkutan.

Kolom yang paling penting dan wajib diisi oleh pelamar adaalah pendidikan terakhir. Isilah dengan nama tempat penddiikan terakhir anda disertai dengan jurusan serta tahun masuk dan lulus. Kolom ini juga bisa menarik minat recruiter dalam melihat kesungguhan belajar pelamar selama ini.

Tidak hanya itu, kolom gaji juga harus diisi untuk mengetahui apakah penawaran anda sesuai dengan gaji yang ditawarkan oleh perusahaan yang dilamar. Dalam penerapan gaji, sesuaikan juga dengan kemampuan serta pengalaman kerja yang dimiliki selama ini. .

Semakin banyak pengalaman dan juga lamanya tahun kerja di perusahaan yang sama dengan pekerjaan yang dilamar maka akan meningkatkan daya tarik pelamar di mata recruiter.

Di dalam curriculum vitae yang akan di tulis di Jobstreet pastikan juga untuk menyebutkan kemampuan apa saja yang dimiliki dan berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar.

Pelamar juga bisa memiliih kemampuan yang ditawarkan di Jobstreet apabila mengalami kebingungan dalam menantukan skill yang dimiliki.

Cari Lowongan

Banyaknya lowongan pekerjaan yang ditawarkan oleh Jobstreet terkadang membuat pelamar bingung untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan kriteria dan kemampuan yang dimiliki.

Karenanya Jobstreet menyediakan fitur cari lowongan dimana pelamar bisa memilih gaji yang diinginkan, jenis pekerjaan yang akan dilamar, serta tanggal pekerjaan ditayangkan.

Selain itu ada juga filter untuk memilih spesialisasi pekerjaan yang diinginkan. Hal ini akan mempermudah pelamar memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Jobstreet juga biasanya mengirimkan pemberitahuan lowongan pekerjaan baru yang relevan dengan filter yang dipilih ke email yang anda daftarkan. Dengan ini pelamar tidak perlu membuka website Jobstreet setiap hari dan memilih lowongan pekerjaan dari pemberiahuan ini.

Namun pelamar bisa menghentikan notifikasi email apabila dirasa mengganggu dan pelamar sudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Fitur Test Untuk Mengukur Kemampuan

Bagi pelamar yang belum memiliki pengalaman kerja bisa memulai dengan mengikuti berbagai tes kemampuan dasar yang ditawarkan oleh Jobstreet. Tes ini dapat berupa kemampuan bahasa dan keahlian dalam menggunakan berbagai software.

Hasil dari tes tersebut juga bisa digunakan dan dicantumkan di dalam Curriculum Vitae sebagai nilai tambah. Semakin tinggi ukuran kelengkapan berkas maka kesempatan untuk dipilih oleh recruiter semakin tinggi.

Tips Karir

Bagi pelamar yang baru saja memasuki dunia kerja biasanya akan mengalami kebingungan untuk mengalami adaptasi dan juga berbagai peraturan menyangkut pekerjaan dan juga kontrak kerja di antara pegawai dan karyawan.

Jobstreet membantu pelamar keluar dari permasalahan ini dengan menyediakan fitur Tips Karir. Pada layanan ini pelamar bisa membaca berbagai artikel mengenai tips melamar kerja seperti cara membuat CV dan juga saran pekerjaan dan juga saran industri yang bisa menjadi inspirasi.

Berbagai tips yang disediakan pun selalu diperbarui setiap harinya sehingga pelamar dapat mendapatkan info baru yang bermanfaat. Fitur ini juga sebaiknya digunakan sebaik mungkin agar pelamar tidak salah langkah dalam memilih karir pekerjaan yang diinginkan.

keuntungan promosi di jobstreet

Keuntungan Promosi Diri di Jobstreet

Banyaknya perusahaan yang menggunakan jasa di platform ini menjadikan Jobstreet sebagai pilihan utama dalam memilih pekerjaan yang diinginkan. Tidak hanya itu, berbagai keuntungan juga di dapatkan ketika mencari kerja di website Jobstreet.

Mengurangi Biaya dalam Mencari Kerja

Beberapa tahun yang lalu, para pelamar kerja biasanya mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan tertentu melalui pos atau mengantarkannya langsung ke perusahaan yang dituju.

Hal ini tentu saja akan menambah biaya ditambah lagi surat lamaran yang dikirimkan tidak hanya satu bahkan bisa ratusan lamaran kerja dan belum uang transportasi yang harus disiapkan.

Dengan adanya portal kerja Jobstreet, pelamar tidak perlu terus mencetak CV dan surat lamaran yang diminta melainkan hanya butuh satu berkas untuk semua lamaran kerja yang dilamar.

Isi dari surat lamaran dan curriculum vitae pun bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan juga tambahan kompetensi yang dimiliki. Hal ini akan menghemat pengeluaran dari pelamar kerja sehingga tidak menghabiskan banyak biaya.

Memilih Kualifikasi yang Tepat

Banyaknya lowongan pekerjaan yang beredar di berbagai social media dan juga portal lowongan kerja akhinya membuat pelamar bingung untuk memilih pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan kemampuannya.

Namun pelamar yang memakai job portal khususnya Jobstreet bisa mengatasi hal ini dengan mudah karena bisa memilih kualifikasi pekerjaan yang tepat dengan fitur cari lowongan.

Tidak hanya itu, pelamar bisa melihat profil perusahaan dan juga fasilitas yang ditawarkan sehingga lebih meyakinkan diri dalam melamar pekerjaan yang dituju.

Memiliki Ratusan Ribu Lowongan Pekerjaan

Sebagai salah satu job portal terbesar di Asia tentu saja Jobstreet memiliki banyak lowongan baru di berbagai wilayah dengan berbagai spesialisasi setiap harinya dengan begitu pelamar tidak perlu ketakutan atau ketinggalan lowongan pekerjaan baru.

Tidak hanya itu, fokusnya yang luas memungkinkan pelamar memilih pekerjaan baru tidak hanya di dalam negeri melainkan juga luar negeri. Dengan begini akan memperluas jalan karir pelamar baru.

Dalam melamar pekerjaan di luar negeri melalui Jobstreet, jangan lupakan untuk konfirmasikan lowongan pekerjaan tersebut ke perusahaan yang bersangkutan. Pelamar bisa menanyakan hal tersebut melalui email atau social media perusahaan.

Cek juga nama perusahaan dan juga review di internet untuk meyakinkan diri. Hal ini berguna untuk mengurangi resiko penipuan apabila pelamar diterima di perusahaan tersebut

cara membuat akun jobstreet

Cara Membuat Akun Jobstreet

Setelah mengetahui berbagai manfaat yang ditawarkan oleh Jobstreet. Inilah saatnya bagi pelamar untuk menunjukkan potensi diri secara maksimal dengan memilih berbagai pekerjaan yang tersedia. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Jobstreet yang bisa dilakukan secara gratis.

Berikut beberapa tahapan dalam membuat akun Jobstreet dengan mudah dan cepat.

Lakukan Registrasi

Hal pertama yang harus dilakukan oleh calon pelamar adalah dengan melakukan pendaftaran akun. Pelamar bisa mencari nama website Jobstreet di mesin pencari Google yang ada di PC ataupun ponsel.

Selain membuka website melalui mesin pencari di internet. Situs Jobstreet sendiri juga sudah tersedia di aplikasi Google Play Store atau Apple Store secara gratis sehingga pelamar juga dapat melamar melalui handphone.

Dalam proses registrasi ini pelamar bisa menggunakan email khusus untuk melamar pekerjaan sehingga tidak tercampur dengan email pribadi. Hal ini akan memudahkan pelamar dalam membaca berbagai pemberitahuan email penting dari Jobstreet.

Setelah masuk ke website Jobstreet, pilihlah tombol Daftar Sekarang yang selanjutnya pelamar harus mengisi dengan nama depan dan belakang, email yang akan digunakan, serta kata sandi. Setelah itu pilihkan tombol mendaftar.

Verifikasi Email

Setelah melakukan pendaftaran biasanya pelamar akan mendapatkan veriifikasi email yang dikirimkan oleh Jobstreet ke akun email yang di daftarkan. Setelah itu pelamar bisa mengecek kode konfirmasi dan akun Jobstreet pun sudah selesai dibuat.

Lengkapi Biodata dan Unggah Resume

Salah satu hal yang paling penting agar lowongan pelamar dilihat oleh pihak perusahaan adalah melengkapi bergai biodata yang diminta. Kelengkapan data ini biasanya terdiri dari identitas diri, pendidikan terakhir, serta kemampuan yang dimiliki.

Cantumkan juga foto profil menggunakan baju formal yang bebas dan rapih. Pelamar tidak diperkenankan untuk menggunakan baju bebas atau dengan gaya foto yang alay. Cukup menggunakan foto setengah badan dan juga pakaian yang rapih.

Pastikan juga ukuran foto sudah sesuai dengan ukuran yang diminta sehingga fpto profil bisa diunggah lebih cepat.

Apabila pelamar sudah memiliki pengalaman kerja di perusahaan lain maka bisa dicantumkan di kolom pengalaman kerja disertai dengan deskripsi pekerjaan yang lengkap. Gunakan juga pemilihan kata yang tepat dan menarik agar HRD tertarik dalam melihat pengalaman kerja yang dicantumlkan.

Jangan lupa juga unggah resume yang berisi perkenalan singkat, pendidikan, sertifikat, dan kemampuan yang dimiliki. Pelamar juga bisa mencantumkan link Linkedin atau akun social media yang dimiliki sebagai portofolio yang bisa dilihat oleh perusahaan.

Disarankan untuk tidak mencantumkan social media pribadi yang tidak relevan dengan pekerjaaan yang diminta. Selalu perbarui akun portofolio untuk memberikan nilai tambah di mata recruiter.

Pilih Pekerjaan yand Diinginkan

Apabila pelamar sudah menyelesaikan semua kolom biodata dan juga mengunggah resume yang diminta. Inilah saatnya petualangan untuk mencari pekerjaan yang diinginkan di Jobstreet.

Pada awalnya pelamar mungkin merasa kebingungan memilih pekerjaan yang diinginkan namun Jobstreet juga menyediakan rekomendasi pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan juga kualifikasi yang dimiliki.

Pelamar juga bisa memilih sendiri pekerjaan yang diinginkan dengan menggunakan fitur filter pekerjaan. Sehingga pelamar bisa memilih pekerjaan sesuai dengan gaji, lokasi, dan juga pengalaman pekerjaan yang dimiliki.

Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur relevansi sehingga pelamar dapat memilih berbagai pekerjaan terbaru setiap harinya dalam jangka waktu tertentu.

Lamar Pekerjaan yang Diinginkan

Petualangan mencari pekerjaan di Jobstreet belum selesai ketika pelamar menggunakan pekerjaan yang tepat. Bacalah juga kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan dan sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

Dengan membaca kualifikasi yang sesuai maka kesempatan untuk dipanggil ke dalam proses wawancara menjadi lebih besar. Perhatikan juga benefit yang dimiliki dan sesuaikan dengan keinginan bekerja yang diinginkan.

Tuliskan juga alasan mengapa anda melamar di tempat tersebut dengan singkat, padat, dan jelas. Hal yang penting adalah mencantumkan kompetensi yang dimiliki serta pengalaman kerja yang relevan sehingga pelamar berniat dengan lamaran kerja yang dikirimkan.

Tunggu Perusahaan Merespon Lamaran

Setelah mengirimkan lamaran pekerjaan yang diinginkan kini saatnya untuk menunggu balasan dari perusahaan. Terkadang ada perusahaan memberikan pemberitahuan mengenai kejelasan lamaran atau hanya membiarkan begitu saja.

Karenanya berikan waktu dua minggu setelah mengirim lamaran kerja untuk mengetahui apakah pekerjaan yang dilamar sudah diterima atau belum mendapatkan kejelasan pemberitahuan. Teruslah mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan juga manfaat yang diinginkan.

tips promosi diri di jobstreet

Tips Promosi Diri di Jobstreet

Pelamar tentunya ingin mendapatkan pekerjaan secara cepat dengan pekerjaan impian. Sayangnya beberapa kesalahan mengganjal saat melamar sehingga lamaran pun tidak dilanjutkan oleh pihak recruiter.

Beberapa tips berikut bisa digunakan untuk promosikan diri di Jobstreet sehingga lebih cepat untuk dipanggail oleh pelamar.

Tuliskan dengan Bahasa yang Formal dan Benar

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam menulis kolom Promosikan Diri Anda adalah menggunakan bahasa yang formal dan benar untuk menunjukkan profesionalitas dan minat dalam pekerjaan yang dilamar.

Apabila menggunakan bahasa asing maka pastikan pilihan kata yang dipilih sesuai dan diikuti dengan tata bahasa yang tepat. Pelamar bisa menggunakan website Grammarly untuk mengecek apakah pemilihan kata dan tatanan bahasa yang dipih dalam bahasa Inggris sudah tepat dan benar.

Dalam penulisan di kolom ini, urutkan melalui salam pembuka, perkenalkan diri secara singkat, pengalaman pekerjaan dan kemampuan yang dimiliki selama ini.

Penggunaan tanda baca dan dan kapitalisasi kata yang tepat akan membantu surat promosi diri lebih mudah di baca oleh recruiter akan menunjukkan tingkat kemampuan dan karakter pelamar sehingga menjadi nilai tambah dalam melamar pekerjaan.

Tutuplah dengan salam penutup sehingga terkesan sopan. Perhatikan juga tata bahasa yang sesuai agar lamaran tidak terkesan berbelit dan langsung ke intinya.

Sesuaikan Kemampuan dengan Pekerjaan yang Dilamar

Banyak HRD yang sebal ketika pelamar tidak melamar di posisi yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Hal ini dikarenakan pelamar asal dalam memilih pekerjaan dengan harapan memperoleh pekerjaan yang lebih cepat.

Karenanya sebelum melamar sebuah pekerjaan pastikan kemampuan sesuai dengan kompetensi yang diminta perusahaa dengan begitu pelamar tidak kaget saat memulai pekerjaan tersebut dan pihak HRD pun merasa senang dengan kualifikasi yang dimiliki.

Yakinkan HRD dengan menulis kompetensi serta prestasi yang diperoleh selama bekerja. Hal ini bisa berupa terget pekerjaan yang telah dicapai serta berbagai sertifikat pendukung lainnya.

Hindari Kalimat Umum

Dalam proses menulis untuk promosi diri terkadang pelamar tanpa sadar menggunakan kalimat umum yang sering digunakan. Sayangnya HRD sudah kebal dengan berbagai kalimat umum tersebut sehingga pelamar bisa menggunkan variasi pilihan kalimat yang unik namun tetap berkesan.

Tuliskan secara langsung pendidikan terakhir serta kompetensi dan kemampuan yang dimiliki disertai dengan pengalaman kerja yang telah dilalui. Dengan begitu, recruiter dapat mengetahui potensi dan kemampuan yang telah dimiliki pelamar.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.