Apa Itu Brand Awareness dan Cara Membangunnya

Apa Itu Brand Awareness dan 11 Cara Membangunnya

Brand awareness mungkin istilah yang sering terdengar dalam dunia bisnis. Kenali brand awareness lebih jauh dan cara membangunnya di sini.

Apa Itu Brand Awareness?

brand awareness

Dalam dunia bisnis, warna, simbol, maupun logo dapat mengasosiasikan ingatan perspektif seseorang terhadap suatu merek pada produk atau jasa tertentu.

Hal tersebut merupakan aset penting yang dapat mempengaruhi penjualan suatu produk atau jasa.

Brand Awareness atau kesadaran merek dapat menjadi langkah pertama bagi para pelaku bisnis untuk memposisikan merek produk barang atau jasa.

Seperti menjadi gerbang pintu utama yang memperkenalkan konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan.

Untuk mempromosikan atau membangun kembali sebuah bisnis, metode ini dapat dengan efektif membantu merek produk muncul dan diketahui oleh para calon konsumen.

Cara ini dapat digunakan secara efektif sebagai media mempromosikan bisnis Anda. Brand awareness sendiri adalah istilah marketing yang dapat dideskripsikan sebagai tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu produk atau jasa berdasarkan mereknya.

Ketika konsumen dapat mengingat atau mengenali suatu produk atau jasa dalam kondisi apapun, maka merek tersebut dapat dikatakan telah berhasil menerapkan konsep brand awareness.

Kemampuan dari suatu produk dalam membangun dan menjaga nama perusahaan di tengah konsumen termasuk ke dalam salah satu tujuan menerapkan konsep ini.

Seperti strategi marketing lainnya, brand awareness didasarkan pada pengetahuan akan tujuan dan strategi masing-masing yang dipilih. Memahami konsep ini sudah seharusnya dibarengi dengan mempelajari bagaimana caranya meningkatkannya dalam bisnis Anda.T

ujuan brand awareness dalam sebuah bisnis adalah untuk membuat konsumen mengingat dan ingin sekali punya produk atau jasa yang dijual.

Dengan menggunakan berbagai cara, Anda bisa menjadikan iklan produk atau jasa yang telah Anda miliki sebagai pengingat untuk konsumen terhadap suatu produk atau jasa.

Untuk mencapai brand awareness yang baik, Anda harus menggunakan strategi yang tepat. Salah satunya adalah dengan membangunnya berdasarkan kepada tujuan dan strategi yang dipilih.

Konsep ini penting apabila Anda ingin mengembangkan bisnis Anda.

Mengapa Brand Awareness Penting?

importance

Konsep brand awareness selain untuk memperkenalkan merek, juga penting dipelajari untuk meningkatkan strategi bisnis Anda. Beberapa hal yang dapat Anda raih dengan menerapkan konsep ini adalah:

Menciptakan Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan pelanggan terhadap merek adalah persyaratan mutlak untuk pengembangan bisnis. Hal ini karena kepercayaan pelanggan terhadap suatu merek adalah investasi yang akan menghasilkan keuntungan bagi bisnis Anda.

Untuk memunculkan rasa kepercayaan pelanggan, Anda dapat menggunakan strategi brand awareness. Dalam strategi ini, sebuah merek akan membagikan sharing knowledge yang membuat pelanggan lebih mengenal merek tersebut.

Ketika pelanggan memiliki pengetahuan yang luas terhadap suatu produk atau jasa, maka mereka akan punya kecenderungan terhadap merek tersebut.

Apabila pelanggan merasa nilai-nilai yang ditawarkan oleh sebuah merek sesuai dengan mereka, maka akan tercipta kepercayaan terhadap merek tersebut.

Selain itu, konsistensi kualitas produk atau jasa yang ditawarkan juga turut berperan serta dalam mempertahankan kepercayaan yang telah diperoleh sebelumnya.

Memudahkan Menjaring Konsumen Baru

Salah satu strategi dalam brand awareness adalah promosi yang dilakukan pada banyak media, baik media sosial maupun cetak. Dalam promosi tersebut, sebuah merek akan memberitahukan value atau nilai yang mereka tawarkan terhadap konsumen.

Untuk menjaring konsumen baru , sebuah merek bisa mencapainya melalui promosi yang dilakukan oleh penjual dan distributor mereka. Misalnya, mereka bisa memberikan bonus kepada pembeli sehingga konsumen tertarik untuk membelinya.

Banyaknya jumlah media yang digunakan dalam mempromosikan produk atau jasa, akan mempengaruhi pula jangkauan sebuah merek untuk diketahui oleh calon konsumen.

Luasnya jangkauan promosi suatu merek akan memperluas pula kesempatan konsumen baru menemukan produk atau jasa Anda.

Meningkatkan “Brand Equity”

Brand Equity atau kekuatan merek adalah pengaruh dari sebuah merek terhadap tingkat kesediaan pembeli untuk membeli produk dan jasa mereka. Terdapat proses panjang yang harus dilalui oleh sebuah brand untuk mencapai tingkat brand equity tertentu.

Kekuatan brand dapat dibangun salah satu caranya dengan meningkatkan brand awareness. Ketika pelanggan sadar atau mengenal suatu merek, maka kepercayaan akan muncul terhadap merek tersebut.

Kepercayaan yang muncul kemudian berpengaruh pada tingkat pembelian konsumen terhadap suatu produk atau jasa.

Apabila sebuah brand telah mencapai tingkat penjualan tertentu, dengan media promosi dan jangkauan produk atau jasa yang luas, maka dapat dikatakan bahwa brand awareness merek tersebut telah tercapai.

Luasnya jangkauan masyarakat yang sadar akan brand tertentu, dapat mengindikasikan bahwa brand tersebut memiliki brand equity yang baik. Masyarakat dapat dengan mudah mengenali brand dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Mendorong Konsumen Supaya Loyal

Loyalitas konsumen dapat dilihat dari pola pikir mereka. Mereka akan membayar harga yang lebih tinggi ataupun berbelanja produk lainnya jika mereka menganggap bahwa produk tersebut akan membuatnya lebih percaya diri.

Kesetian konsumen terhadap suatu brand dapat diperoleh dengan cara membangun brand awareness. Brand awareness yang dihasilkan dengan cara-cara paling mudah adalah melakukan kampanye promosi, membuat produk yang mempunyai nilai tinggi, mengiklankan produk tersebut dalam media sosial dan sebagainya.

Dampak lanjutan dari kepercayaan yang diperoleh suatu brand dari konsumen yaitu loyalitas mereka terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Mereka akan menjadikan suatu merek sebagai tujuan pertama atau referensi apabila mencari produk atau jasa tertentu.

Konsumen yang loyal tidak hanya menguntungkan bisnis dalam jangka pendek, namun juga jangka panjang. Untuk jangka pendeknya, konsumen akan meningkatkan jumlah penjualan brand.

Sedangkan jangka panjangnya, konsumen yang loyal akan membantu suatu brand untuk tetap bertahan.

Dampak dari Brand Awareness bagi Produk atau Perusahaan

consider

Beberapa dampak positif dari brand awareness yaitu :

  • Konsumen akan menghargai produk atau jasa yang ditawarkan karena mereka memiliki loyalty terhadap suatu merek tertentu.
  • Brand awareness akan meningkatkan jumlah penjualan produk atau perusahaan, karena dari banyaknya pasar yang mau membeli produk atau perusahaan, mereka akan mencari brand tertentu.
  • Brand awareness dapat meningkatkan kepercayaan dari konsumen, sehingga mereka akan lebih terus menggunakan produk atau jasa dari perusahaan tersebut.
  • Brand awareness dapat meningkatkan kepuasan konsumen dengan produk atau perusahaan, sehingga mereka akan menjadi loyal konsumen.

Beberapa dampak negatif dari brand awareness yaitu

  • Penggunaan brand awareness seperti iklan, distribusi dan promosi produk atau perusahaan tidak terbatas dapat mengabaikan kepentingan konsumen dengan produk atau perusahaan, terutama seluruh pengelola di perusahaan.
  • Supply dan demand produk yang tidak seimbang. Banyaknya orang yang mau membeli produk atau perusahaan tersebut sedangkan produk atau jasa yang disediakan terbatas. Konsumen yang loyal tidak akan mengundurkan diri jika mereka tidak bisa membeli produk atau perusahaan itu.
  • Brand awareness yang beredar di masyarakat tidak memiliki produk atau jasa yang diterima oleh konsumen.
  • Perusahaan yang tidak memiliki brand awareness akan tercecer di pasar, banyaknya perusahaan dengan produk atau jasa yang sama yang berjualan.

Bagian Penting dari Brand Awareness

Setelah mengetahui apa itu brand awareness dan pentingnya meningkatkan brand awareness dalam membangun bisnis, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mempelajari lebih jauh tentang konsep ini.

Brand Recognition

brand recognition

Brand Recognition adalah proses membuat seseorang atau sekelompok orang mengetahui tentang produk anda. Sekelompok orang dapat mengenali produk Anda diantara jajaran produk kompetitor lainnya.

Selain itu, produk Anda dipertimbangkan atau dilihat kembali oleh calon konsumen.

Hal lain yang dapat digunakan sebagai indikator brand recognition adalah ketika seseorang memasukkan produk atau jasa anda menjadi salah satu pertimbangan dengan produk atau jasa lain yang serupa.

Brand Recognition diperoleh dengan cara membuat orang-orang yang berpengaruh mengetahui produk Anda, membangun hubungan positif pada mereka terhadap produk Anda, membuat iklan- iklan produk Anda sehingga mereka menjadi populer atau terkenal dan berpengaruh.

Saat seseorang dapat mengidentifikasi produk Anda dengan ciri khasnya di atas produk lainnya, maka brand recognity produk Anda telah berhasil dicapai.

Brand Dominance

dominance

Brand dominance adalah kondisi dimana produk atau jasa suatu brand mendominasi pasar. Dominasi dalam hal ini artinya produk atau jasa dari brand tertentu menjadi pilihan pertama dan yang paling banyak digunakan oleh konsumen.

Ketika suatu brand memiliki kepercayaan yang kuat dengan konsumen hingga pada tingkat tidak hanya membeli produk, tetapi juga mendukung brand tersebut, maka dapat dikatakan suatu brand telah mendominasi pasar.

Kesadaran merek berkaitan dengan brand dominance. Produk atau jasa yang telah dikenal dan digunakan secara luas di masyarakat, merupakan salah satu hasil dari menerapkan konsep brand awareness terhadap brand.

Brand Recall

brand recall

Brand Recall adalah proses mengingat dan memikirkan kembali suatu nama atau merek, setelah itu melakukan transaksi dengan konsumen. Brand recall merupakan ukuran kualitatif tentang seberapa baik nama brand dikaitkan dengan produk atau jasa tertentu oleh konsumen.

Makin lama makin banyak orang yang mengingat brand tersebut, semakin baik ia dapat memenuhi kebutuhan. Tingkat brand recall yang tinggi dapat mengindikasikan bahwa masyarakat mengingat brand tersebut dan terdapat kemungkinan mempertimbangkannya dalam membeli produk atau jasa tertentu.

Selain itu, untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa juga dapat memanfaatkan informasi yang didapat dari perhitungan brand recall. Hal ini berguna untuk menghadapi persaingan bisnis dalam industri.

Top-of-Mind Awareness

top of mind awareness

Top-of-Mind Awareness adalah salah satu tujuan yang diraih dalam menerapkan brand awareness. Definisi dari top-of-mind awareness sendiri merupakan kondisi dimana konsumen dapat langsung menyebutkan atau merekomendasikan tertentu ketika berkaitan dengan kategori produk atau jasa tertentu.

Pada top-of-mind awareness yang lebih lanjut, sering kali bahkan nama brand justru digunakan sebagai pengganti sebutan dari produk atau jasa tertentu. Contohnya pada produk air mineral di Indonesia, sebagian besar masyarakat akan menyebutnya dengan Aqua, yang sebenarnya adalah sebuah nama brand.

Ketika sebuah brand dari produk atau jasa tertentu sudah mendominasi dan bertahan cukup lama di masyarakat, mereka dapat meraih top-of-mind awareness ini.

Cara Membangun Brand Awareness Bisnis

cara membangun

Setelah mengetahui pentingnya membangun brand awareness dalam dunia bisnis, berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk membangun brand awareness:

Membuat Akun Bisnis di Media Sosial

Brand awareness dapat dibangun dengan salah satunya promosi. Terdapat berbagai cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa. Salah satu caranya yaitu membuat akun bisnis di media sosial.

Meningkatnya penggunaan media sosial belakangan ini dapat dimanfaatkan sebagai media promosi produk. Beberapa platform media sosial seperti Whatsapp, Instagram, dan TikTok bahkan telah menyediakan fitur yang mendukung pelaku bisnis mempromosikan brandnya.

Media promosi melalui media sosial dapat menjangkau calon konsumen lebih jauh dengan rentang usia yang luas. Selain itu, terdapat banyak peluang dan celah untuk membranding perusahaan Anda semenarik mungkin untuk mendapatkan brand awareness dari masyarakat.

Fokus Pada Produk

Hal yang mendasar sebelum mengenalkan produk atau jasa kepada calon konsumen adalah proses developing produk itu sendiri yang matang. Apabila produk atau jasa yang ditawarkan telah mengandung nilai yang sesuai dan berkualitas, maka ekspektasi calon konsumen dan kenyataan produk sesuai.

Selain itu, dalam mempromosikan produk atau jasa, fokuslah pada value yang ada pada hal tersebut. Value yang dimaksud dapat berupa kelebihan, keunikan, karakteristik, maupun kualitas yang ditawarkan oleh produk atau jasa tersebut.

Tonjolkan aspek-aspek tersebut untuk membuat produk atau jasa dari brand Anda lebih unggul dari kompetitor lain.

Menjalankan Content Marketing

Produk atau jasa yang berkualitas saja tidak cukup, dibutuhkan faktor pendukung lain supaya calon konsumen mempertimbangkan brand Anda untuk dibeli. Sebuah brand harus terlihat menarik agar dapat dilirik oleh calon konsumen.

Menjalankan content marketing secara menyeluruh bisa membuat brand Anda terlihat lebih hidup dan segar. Konten yang menarik dapat berupa foto, video, ataupun deskripsi yang menggambarkan produk atau jasa Anda.

Content marketing juga dapat membangun image brand tertentu, sehingga membantu memperkenalkan identitas brand Anda kepada masyarakat. Hal inilah yang membuat seseorang mengingat brand Anda nantinya.

Bekerja Sama dengan Influencer

Influencer adalah mereka yang memiliki kontribusi besar terhadap sebuah produk atau bisnis. Membangun brand awareness adalah mengaitkan produk dan bisnis dengan mereka yang memiliki influence atau pengaruh.

Strategi ini bisa dilakukan melalui berbagai cara, seperti melalui media sosial dan iklan. Influencer akan mempromosikan produk Anda terhadap audience mereka, sehingga produk tersebut dikenal oleh mereka.

Apabila menggunakan cara ini, Anda butuh mempertimbangkan apakah target produk anda sudah sesuai dengan audience influencer.

Menghadiri Event dalam Industri

Event-event seperti pameran atau lainnya dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan produk Anda ke masyarakat. Mengadakan event-event yang dapat dimana orang bisa mengalami experince langsung dan membeli produk akan sangat membantu promosi produk.

Selain itu, penting untuk menjadi mencolok dan berbeda dengan produk kompetitor lain agar konsumen mudah mengingat produk Anda. Hal ini karena di beberapa event dihadiri oleh produk atau jasa yang serupa.

Memberikan Sponsorship untuk Event

Sponsorship adalah salah satu cara yang dapat digunakan oleh produsen untuk membangun brand awareness.

Biasanya dalam beberapa event, terdapat kesempatan untuk mempromosikan produk Anda dengan timbal balik hal yang dibutuhkan oleh pihak pengadaan event.

Bentuk promosi yang dilakukan tergantung dengan kesepakatan bersama, beberapa diantaranya berupa pemasangan logo di beberapa tempat pada event, mendapat exposure produk yang ditawarkan, disebutkan ketika event berlangsung, dan sebagainya.

Berbagi Merchandise Gratis untuk Pelanggan

Cara membangun brand awareness tidak hanya melalui promosi iklan, tetapi juga dapat berupa reward atau hadiah. Misalnya, bonus produk, diskon, atau voucher untuk jumlah pembelian minimal tertentu.

Strategi ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Pelanggan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan brand, dengan begitu kemungkinan mereka akan kembali membeli produk dari brand yang sama.

Mengoptimalkan search engine optimization (SEO)

Meningkatkan brand awareness dapat dengan cara mengoptimalkan search engine optimization (SEO). SEO memanfaatkan penggunaan kata kunci untuk memunculkan hasil tertentu. Dalam menggunakan SEO, Anda harus mengetahui kata kunci yang tepat agar produk Anda muncul dalam list teratas hasil pencarian.

Menggunakan kemasan khusus yang mencerminkan brand

Aspek yang paling mencolok dan mudah meninggalkan kesan adalah visual. Kemasan dapat secara eksplisit menunjukkan identitas brand Anda. Buatlah kemasan yang menggambarkan brand Anda serta memiliki ciri khas.

Kemasan yang unik dan berkarakter memiliki kemungkinan untuk menangkap perhatian masyarakat dan mengingatnya. Hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk membentuk image brand Anda.

Menjaga kesetiaan konsumen terhadap produk

Setelah berhasil menarik perhatian konsumen, tugas sebuah brand selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan hal tersebut. Dalam hal ini, kualitas produk atau jasa berperan besar dalam mempertahankan kesetiaan konsumen terhadap produk atau jasa tersebut.

Produk atau jasa yang berkualitas akan membuat konsumen merasa puas. Selain itu, pelayanan dari brand yang baik juga memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen.

Apabila brand terus mempertahankan hal-hal tersebut, maka brand awareness dari produk atau jasa dapat tercapai.

Menjalin kolaborasi dengan brand yang lebih besar

Cara lain yang dapat digunakan untuk membangun brand awareness yaitu dengan menjalin kolaborasi dengan brand lain yang lebih besar dan terkenal.

Brand yang lebih besar memiliki jangkauan masyarakat yang lebih luas dan lebih dikenal. Menjalin kolaborasi dengan brand tersebut dapat membuka peluang agar produk anda lebih dikenal.

Frekuensi publikasi yang dimiliki oleh brand besar akan membantu bisnis Anda menerima publikasi yang serupa. Masyarakat yang belum mengenal brand Anda akan tertarik mengetahui tentang brand tersebut.

Nah, dari penjelasan tersebut, kini Anda mengetahui apa itu brand awareness, pentingnya, dampak positif dan negatif, serta apa saja yang bisa dilakukan agar bisnis Anda dikenal oleh masyarakat.

Anda bisa mengetahui lebih banyak tips-tips bisnis melalui media sosial di artikel kami yang lain.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.