Cara Mengecilkan Ukuran Foto

13 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Mudah dan Terlengkap!

Bagaimana cara mengecilkan ukuran foto online dan offline tanpa mengurangi kualitasnya? Temukan jawabannya di sini!

Cara mengecilkan ukuran foto mungkin perlu Anda ketahui untuk berbagai kebutuhan. Selain itu, cara mengecilkan ukuran foto juga sangat mudah dilakukan.

Anda dapat menggunakan perangkat apapun mulai dari komputer, laptop, tablet, hingga handphone. Selain itu terdapat berbagai cara yang bisa ditempuh, menggunakan aplikasi pihak ketiga atau pun secara online.

Foto merupakan gambar diam baik berwarna maupun hitam-putih yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu objek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu.

JPG atau JPEG adalah tipe file gambar yang biasanya digunakan untuk keperluan website karena ukurannya yang cenderung lebih kecil dari tipe-tipe lainnya. Akan tetapi, tidak jarang ada file JPG dengan ukuran yang masih terlalu besar.

Cara memperkecil ukuran foto diperlukan bagi berbagai kebutuhan. Biasanya, aktivitas ini diperlukan saat mengirim dokumen melalui email atau ketika mengisi formulir lamaran pekerjaan secara online.

Bahkan tidak jarang Anda diminta untuk mengupload ukuran foto dengan ukuran tertentu seperti 100 kb. Ketika akan mengecilkan ukuran foto, mungkin akan muncul kekhawatiran kualitas foto akan ikut menurun.

Namun, Anda bisa mencoba cara mengecilkan ukuran foto di bawah ini tanpa perlu khawatir mengurangi kualitasnya.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP

Cara mengecilkan ukuran foto yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda unduh melalui perangkat handphone.

Jika Anda mencari di Play Store, Anda bisa menemukan begitu banyak aplikasi untuk mengecilkan ukuran foto. Karena banyaknya pilihan, Anda mungkin kebingungan menentukan aplikasi mana yang akan digunakan.

Nah berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu alternatif cara mengecilkan ukuran foto di perangkat handphone.

Photo Compress 2.0

Rekomendasi aplikasi pertama adalah Photo Compress 2.0. Anda bisa menemukan aplikasi ini di Play Store. Keunggulan aplikasi ini adalah tampilannya yang user friendly sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, Photo Compress 2.0 juga memiliki ukuran yang relatif ringan, hanya 1,7 MB saja lho! Hal ini tentu tidak akan memberatkan ruang penyimpanan perangkat handphone Anda.

Aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk memperkecil ukuran foto yang besar menjadi foto berukuran lebih kecil dengan sangat signifikan tanpa mengurangi kualitas gambar. 

Tidak hanya memperkecil ukuran foto, aplikasi ini juga dilengkapi fitur Resize dan Crop foto. Selain itu, Anda dapat memperkecil atau memperbesar ukuran beberapa foto sekaligus.

Anda juga dapat menentukan ukuran foto yang akan diperkecil, sehingga sangat mempermudah Anda terutama jika ada ukuran tertentu yang diinginkan.

Aplikasi ini bisa Anda unduh melalui Play Store secara gratis, tanpa perlu membayar biaya berlangganan setiap bulannya. Berikut ini adalah cara mengecilkan ukuran foto menggunakan aplikasi Photo Compress 2.0

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstall aplikasi Photo Compress 2.0 di handphone Anda. Jika sudah, Anda bisa membuka aplikasi tersebut.

Pilih menu Gallery untuk memilih foto yang akan diperkecil ukurannya. Anda dapat memilih foto dengan meng-klik pada foto yang diinginkan. Jika sudah, foto akan muncul pada aplikasi berikut dengan beberapa opsi di bawahnya.

1

Pada menu Compress Image, Anda dapat memilih opsi Compress untuk memperkecil ukuran foto.

2

Setelah itu, Anda dapat menyesuaikan ukuran foto yang diinginkan dengan menggeser bilah yang tersedia. Semakin ke kanan, maka ukuran foto akan semakin kecil. Kemudian klik Compress untuk memulai proses.

3

Jika sudah, akan muncul menu Save & Exit. Jika Anda tidak ingin menghapus file asli dari foto, Anda dapat memilih opsi Exit. Namun jika Anda ingin menghapus file asli dari foto, cukup tekan Replace & Exit.

Nah, foto Anda yang sudah diperkecil ukurannya akan tersimpan secara otomatis di perangkat handphone Anda.

Compress Image Chitro

Rekomendasi aplikasi untuk cara mengecilkan ukuran foto selanjutnya adalah Compress Image Chitro. Aplikasi ini bisa Anda temukan di Play Store dan dapat diunduh secara gratis.

Compress Image Chitro akan membantu Anda dengan cepat mengurangi ukuran atau resolusi gambar. Anda dapat mengoptimalkan gambar Anda dengan menjaga keseimbangan sempurna antara kualitas dan ukuran file.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki opsi kompresi batch yang dapat mengompresi sejumlah file sekaligus. Compress Image Chitro mendukung file foto dengan format JPG, JPEG, PNG, dan WEBP.

Ukuran aplikasi ini masih tergolong cukup ringan, hanya sebesar 8,9 MB saja. Namun fitur yang disediakan cukup lengkap. Terdapat tiga mode kompresi foto yang bisa Anda pilih dan sesuaikan.

Anda dapat mengecilkan ukuran foto berdasarkan persentase secara default, sehingga menjaga keseimbangan antara kualitas dan resolusi. Mode kedua adalah Anda dapat menentukan ukuran hasil akhir file yang diinginkan.

Atau, Anda juga bisa mengkustom ukuran resolusi dan kualitas foto yang diinginkan. Dengan begitu, aplikasi ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda untuk cara memperkecil ukuran foto.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di perangkat handphone Anda. Jika sudah, Anda dapat membuka aplikasi yang sudah diunduh.

Jika Anda menggunakan aplikasi untuk pertama kali, Anda akan diminta untuk memberikan akses pada galeri dan kamera, klik Allow Acces.

Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman menu utama aplikasi. Untuk mengecilkan ukuran foto, Anda dapat memilih menu Compress. Setelah itu, pilih foto yang ingin Anda ubah ukurannya.

1

Klik pada foto yang diinginkan, kemudian klik Compress yang terletak pada pojok kanan bawah.

Pada menu Compress Mode, Anda dapat memilih bagaimana file foto Anda akan diperkecil. Pada opsi Make it smaller, foto akan dikompresi berdasarkan persentase tertentu agar kualitas dan resolusinya seimbang.

Pada opsi Fixed Size, Anda bisa memilih hasil akhir ukuran file foto nantinya. Opsi ini akan sangat membantu jika Anda ingin foto dengan ukuran tertentu, sehingga ukuran file Anda nantinya lebih spesifik.

Sedangkan opsi Resolution & Quality, Anda bisa menentukan reslousi yang diinginkan pada file sekaligus mempertahankan kualitas tertentu pada file tersebut.

2

Opsi ini bisa membuat Anda mendapatkan file dengan ukuran yang diinginkan namun tetap mempertahankan kualitas asli foto Anda. Anda dapat memilih salah satu opsi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika sudah menentukan opsi, klik ikon centang yang terletak pada pojok kanan atas. Aplikasi akan memproses foto dalam beberapa detik, kemudian hasil kompresi foto Anda akan muncul.

Anda dapat melihat perbandingan ukuran foto yang sudah dikompresi dan ukuran foto awal. Foto akan tersimpan secara otomatis di perangkat Anda.

3

Namun, Anda juga dapat membagikan foto yang sudah dikompresi dalam bentuk file gambar atau ZIP.

Photo & Picture Resizer

Cara mengecilkan ukuran foto selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Photo & Picture Resizer. Photo & Picture Resizer merupakan sebuah aplikasi untuk mengkompres foto atau gambar supaya mempunyai ukuran yang lebih kecil dari pada ukuran asli.

Selain mudah digunakan, lewat aplikasi ini Anda juga dapat mengirim foto melalui pesan telepon seluler, e-mails, Instagram, Facebook, web forms, dll. Pengiriman foto pun dapat dilakukan dengan cepat.

Aplikasi ini membantu Anda untuk mengubah ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya. Foto yang telah diubah pun secara otomatis akan tersimpan di berkas “Gambar/PhotoResizer”.

Anda tidak perlu perlu menghapus foto aslinya, dan hasil foto dapat diakses melalui aplikasi Galeri yang ada di handphone Anda. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Play Store secara gratis dengan ukuran 11 MB.

Download dan instal aplikasi Photo & Picture Resizer di Play Store. Setelah itu buka aplikasinya, seperti aplikasi sebelumnya Photo & Picture Resizer juga akan meminta izin untuk mengakses folder media pada perangkat Android Anda. Tap saja Izinkan.

Langkah selanjutnya tap tombol Pilih Foto untuk memilih foto yang ingin diperkecil. Kemudian setelah muncul foto, tap ikon Resize dan kemudian pilih Custom atau sesuaikan dalam satuan persen, masukkan 50% pada kolom lalu tap OK.

Anda juga bisa memilih salah satu ukuran yang telah tersedia. Selanjutnya setelah proses selesai, foto hasil kompres akan langsung terlihat berikut informasi mengenai ukuran foto.

Photoczip – compress resize

Selanjutnya ada Photoczip yang bisa digunakan untuk kompres foto 200kb dengan mudah dan cepat. Aplikasi yang dikembangkan Eson Yu ini bisa diunduh gratis melalui Play Store.

Keunggulan aplikasi ini adalah ukurannya yang sangat ringan, hanya 2,5 MB saja. Selain itu, Anda bisa mengubah ukuran foto menjadi lebih besar atau kecil dalam jumlah banyak sekaligus.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi Photoczip – compress resize untuk mengecilkan foto? Berikut ini langkah – langkahnya.

Download dan Instal aplikasi Photoczip – compress resize di smartphone Android. Saat pertama kali menjalankan aplikasi ini, Anda akan diminta untuk memberikan izin untuk Photoczip mengakses folder foto dan media lainnya yang ada di perangkat. Tap saja Allow.

1

Berikutnya pada tab album Anda akan melihat semua folder media yang berupa foto yang ada pada perangkat. Pilih salah satu folder lalu tandai foto yang akan dikecilkan ukurannya. Setelah foto terpilih maka Anda bisa langsung tap tombol Compress.

2

Selanjutnya akan muncul pop up yang meminta Anda untuk mengatur dimensi gambar dan kualitas gambar. Jika sudah diatur, tap tombol OK. Aplikasi akan memproses foto Anda dalam beberapa detik.

3

Jika sudah, Anda bisa menekan tombol Done dan hasil foto yang sudah dikompres akan berada pada menu Optimized.

4

Photo Resizer

Aplikasi kelima yang bisa memperkecil ukuran foto jadi 100kb atau 200kb hanya menggunakan smartphone adalah Photo Resizer. Aplikasi buatan pengembang bernama Xllusion memiliki banyak fitur pendukung lainnya seperti memotong foto dan memutar foto.

Tampilan dari aplikasi ini pun sangat user friendly, dan yang terpenting hasil kompres foto masih terbilang bagus. berikut ini cara menggunakan aplikasi Photo resizer:

Download dan Instal aplikasi Photo Resizer di Play Store . Kemudian seperti biasa, jalankan aplikasi. Anda akan melihat tiga pilihan menu, tap tombol Select Photo untuk menambahkan foto yang akan diubah ukuran fotonya.

2

Anda akan diminta untuk memberikan akses pada smartphone Anda, klik Allow. Kemudian pilih foto yang ingin Anda ubah ukurannya, klik pada foto tersebut.

Setelah foto ditambahkan, maka Anda akan diarahkan ke bagian mengubah ukuran. Anda bisa memilih salah satu dari 4 pilihan yang tersedia. Anda dapat memilih ukuran yang telah ditentukan atau memilih Custom Size untuk menyesuaikan ukuran sesuai kebutuhan.

3

Jika sudah, aplikasi akan memproses foto Anda. Selanjutnya, ketika foto sudah selesai diproses, Anda akan melihat informasi perbandingan ukuran file sebelum dan sesudahnya. File foto Anda akan disimpan secara otomatis di galeri Anda.

4

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop

Jika pada cara mengecilkan ukuran foto yang pertama menggunakan aplikasi pihak ketiga melalui perangkat handphone, maka di cara yang kedua ini Anda bisa mengecilkan ukuran foto di perangkat laptop atau komputer.

Berikut ini beberapa software untuk mengkompres ukuran foto secara offline di laptop atau komputer Anda.

Paint

Aplikasi yang satu ini bisa Anda temukan di komputer atau laptop tanpa harus mengunduh terlebih dahulu, jika perangkat Anda menggunakan sistem operasi Windows.

Aplikasi ini mungkin lebih dikenal untuk menggambar, namun ternyata Paint juga bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto lho! Yuk, simak langkah-langkahnya dalam cara mengecilkan file foto dengan Paint sebagai berikut.

Buka aplikasi Paint, kemudian klik menu File lalu pilih opsi Open . Setelah itu, pilih foto yang ingin dikompres. Foto yang Anda inginkan kemudian akan muncul pada halaman editing Paint.

cara kompres foto 1

Klik menu Resize pada jendela toolbar. Selanjutnya, pilih opsi Percentage atau Pixels sesuai kebutuhan Anda, lalu atur ukuran yang diinginkan.

2

Beri centang pada opsi Maintain aspect ratio, tujuannya adalah untuk mempertahankan ukuran rasio foto Anda. Jika sudah, klik OK.

3

Pada tahap ini, foto Anda sudah siap. Anda hanya perlu menyimpannya dengan menekan menu File lalu pilih opsi Save As dan pilih format foto JPEG Picture. Mudah bukan?

4

Adobe Photoshop

Sementara jika Anda punya keahlian dengan software Adobe Photoshop, Anda juga bisa menggunakan aplikasi desain profesional yang satu ini, lho.

Terlebih untuk para blogger, di sini Anda bisa memanfaatkan fitur bernama Save for Web untuk memperkecil ukuran foto sehingga lebih ringan saat diunggah ke blog atau situs Anda.

Untuk langkah-langkahnya, bisa Anda ikuti selengkapnya di bawah ini.

Buka software Photoshop di laptop, lalu Drag and drop foto yang hendak dikompres ke jendela Photoshop.

Jika sudah, Klik menu File kemudian pilih opsi Export dan klik Save for Web (Legacy). Anda juga bisa menggunakan tombol shortcut untuk mempermudah proses, cukup tekan tombol kombinasi Alt + Shift + Ctrl + S.

Pilih jenis preset JPEG Medium, dan atur Image Size sesuai ukuran yang diinginkan. Lihat pada bagian pojok kiri bawah untuk melihat preview ukuran hasil kompres.

Jika ukuran sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, klik tombol Save, pilih folder penyimpanan dan klik lagi tombol Save.

Fileminimizer Picture

Fileminimizer Picture adalah software berbasis Windows yang bisa Anda gunakan secara gratis. Software ini mampu mengecilkan ukuran foto hingga 85% dari ukuran file aslinya. dan tidak terlalu mengurangi kualitas foto itu sendiri.

Terdapat 4 preset yang diberikan oleh software ini, yaitu Strong Compression, Standard Compression, Low Compression, dan Custom Compression. Untuk hasil yang bagus cukup pilih Standard Compression. Berikut ini cara penggunaannya.

Pertama download dahulu software Fileminimizer Picture pada situs resminya balesio.com kemudian klik menu Download dan pilih Fileminimizer Picture.

Selanjutnya instal software tersebut seperti biasanya. Setelah selesai proses instalasi jalankan software Fileminimizer Picture. Klik menu Open Files untuk menambahkan foto yang akan dikecilkan ukurannya.

Langkah berikutnya setelah foto ditambahkan, pada bagian Compression Setting Anda bisa mengatur jenis atau kebutuhan hasil foto nantinya. Jika kebutuhan untuk dikirim ke email atau web maka Anda bisa geser slider ke bagian Web / E-Mail Compression.

Anda juga bisa menentukan sendiri ukuran yang diinginkan dengan cara mencontreng Custom Compression dan mengklik tombol setting. Di sana Anda bisa menyesuaikan ukuran dengan kebutuhan.

Jika semua sudah di setting klik tombol Optimize File untuk memulai proses. Setelah proses selesai maka Anda bisa langsung mengirimnya ke email atau melihat hasilnya dengan mengklik tombol View File.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online

Tanpa memiliki aplikasi-aplikasi di atas pun, Anda juga bisa menggunakan cara mengecilkan ukuran file JPG online. Ada beberapa tool yang dapat Anda gunakan dan bisa diakses baik melalui komputer maupun perangkat mobile.

Cara ini sangatlah efektif, Anda tidak perlu repot untuk menginstal software di komputer, laptop, atau pun handphone Anda. 

Imgonline

Imgonline merupakan web kompres foto yang sudah banyak digunakan untuk kebutuhan pengompresan file foto. Nah, di sini Anda diberikan beragam opsi pengaturan ukuran, bahkan Anda bisa menentukan sendiri ukuran yang dibutuhkan.

Pertama buka browser baik di pc atau smartphone lalu akses halaman website berikut ini https://www.imgonline.com.ua/eng/compress-image.php. Pada halaman utama akan terlihat beberapa fitur yang disediakan.

Untuk mengecilkan ukuran foto, Anda bisa klik menu Compress. Setelah berada di halaman Compress pilih Choose File. Akan muncul jendela baru dan cari foto yang akan dikecilkan pada perangkat Anda.

Langkah selanjutnya pada bagian Compression settings for JPG file, opsi Size reducing megapixels pilih 20% atau 30%, tapi jika Anda ingin ukuran file yang lebih kecil lagi pilih yang 60%.

1

Setelah semua diatur maka selanjutnya klik tombol OK agar proses kompres foto dimulai. Setelah proses selesai maka akan muncul halaman baru dan ukuran file sebelum di kompres dan setelah dikompres akan terlihat.

Terakhir, Anda bisa langsung mendownload foto tersebut dengan klik Download processed image.

2

Compress JPEG

Tools online yang kedua untuk mengecilkan ukuran foto adalah Compress JPEG, mirip dengan tools online sebelumnya Compress JPEG juga menawarkan antarmuka sederhana dan mudah digunakan.

Saat pertama kali membuka halaman webnya Anda akan langsung disuguhkan untuk mengecilkan ukuran foto. Cara menggunakan website ini adalah sebagai berikut:

Pertama buka website resminya di https://compressjpeg.com/. Setelah terbuka Anda akan melihat tiga tab yaitu JPEG , PNG dan PDF. Untuk cara mengecilkan ukuran foto pilih tab JPEG.

Kemudian untuk menambahkan file foto, Anda bisa klik tombol Upload Files atau Anda bisa juga menyeret file foto yang akan dikecilkan ke kotak yang tersedia.

1

Setelah file ditambahkan maka secara otomatis Compress JPEG akan memproses foto Anda. Sebelum Anda mendownload file hasil kompres, Anda juga bisa mengatur ingin berapa persen ukuran atau kualitas file foto nantinya.

Caranya dengan mengklik thumbnail foto, maka akan muncul opsi untuk mengatur ukuran kompresi seperti yang ada di bawah ini. Jika sudah sesuai, klik Apply.

2

Apabila Anda sudah puas dengan hasil foto, Anda bisa menekan tombol Download pada foto atau Download All.

TinyJPG.com

TinyJPG.com adalah website yang dapat megecilkan ukuran foto secara online tanpa harus menginstal apa pun. TinyJPG cukup banyak digunakan, terutama bagi para pengguna platform WordPress untuk mengecilkan foto pada artikel.

Kali ini kita hanya akan gunakan TinyJPG pada websitenya saja, berikut ini langkah – langkahnya.

Buka situs Tinyjpg.com di browser PC atau smartphone Android. Pada halaman utama situs tinyjpg.com, Anda akan langsung disuguhi fitur utama dari TinyJPG.

Untuk mengecilkan ukuran foto Anda bisa langsung klik pada area Drop your .png or .jpg file here! Lalu akan muncul jendela baru untuk mengambil foto yang ada pada PC atau smartphone Anda.

1

TinyJPG memungkinkan Anda untuk mengupload 20 foto sekaligus dengan masing masing foto berukuran maksimal 5 MB. Setelah foto terupload, maka otomatis foto tersebut akan dikompres.

Tunggu hingga proses kompres selesai maka Anda bisa langsung mendownload hasilnya dengan menekan tombol Download All.

2

Toolur.com

Tools online selanjutnya yang juga mempunyai fitur yang sama dengan sebelumnya adalah Toolur.com. Perbedaan yang cukup mencolok adalah dari ukuran dan kualitas dari kompres. Berikut cara menggunakannya :

Langkah pertama silahkan Anda buka halaman ini http://compressimage.toolur.com/ untuk mengkompres ukuran foto secara online. Selanjutnya klik tombol Upload Images, untuk mengupload foto yang akan dikecilkan ukurannya.

1

Setelah Upload Images berhasil, Anda bisa atur kualitas hasil kompres dengan cara mengatur dibagian Image Quality sesuai dengan kebutuhan ukuran foto yang Anda inginkan, biasanya kurang dari 70%.

Setelah mengatur kualitas, berikutnya pilih tombol Compress Images dan akan muncul keterangan foto yang telah dikompres.

2

Langkah terakhir setelah proses kompres foto selesai, Anda bisa klik tombol Download untuk menyimpan hasil kompresan foto tersebut.

3

iLoveIMG

iLoveIMG menawarkan beragam tool untuk mengedit gambar, termasuk compress dan resize. Begini langkah-langkahnya. Anda dapat mengunjungi situsnya untuk mengecilkan ukuran foto Anda https://www.iloveimg.com/ kemudian pilih menu Compress Image.

2

Langkah pertama adalah memilih file yang ingin dikecilkan. Anda dapat melakukannya dengan klik tombol Select Images. Perlu diketahui bahwa Anda dapat mengkompres sejumlah file bersamaan dengan iLoveIMG.

3

Setelah itu, tinggal klik Compress Images. File gambar Anda akan langsung diunduh ke komputer atau smartphone setelah prosesnya selesai. Mudah dan cepat bukan?

4

Nah itu dia berbagai cara mengecilkan ukuran foto yang bisa Anda coba melalui perangkat yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau menggunakan situs online.

Semoga bermanfaat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.