6 cara merekam layar pc dan laptop

6 Cara Merekam Layar PC dan Laptop dengan Mudah!

Apakah Anda pernah terpikirkan cara merekam layar PC atau Laptop seperti yang dilakukan Youtuber gaming?

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula teknologi. Salah satunya pada perangkat PC atau laptop. Perangkat tersebut semakin dilengkapi beragam fitur yang menarik.

PC dan laptop adalah perangkat yang biasa digunakan untuk bekerja maupun belajar. Salah satu fitur yang kini banyak dipakai adalah merekam layar PC atau laptop.

Aktivitas ini tidak hanya dapat dilakukan di ponsel. Anda dapat melakukan aktivitas merekam layar di PC atau laptop juga.

Fitur rekam layar dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan atau tujuan. Salah satu contohnya adalah profesi Youtuber. Beberapa Youtuber memanfaatkan fitur ini untuk keperluan konten mereka.

Youtuber gaming misalnya. Mereka membuat konten dengan cara merekam layar PC atau laptop yang sedang memainkan suatu game. Beberapa juga menyematkan kotak layar kecil yang menampilkan reaksi pemain.

Selain itu, terdapat beberapa kanal Youtube yang menyediakan tutorial atau petunjuk dalam menggunakan fitur pada suatu gadget. Misalkan, video tutorial cara mengoperasikan Microsoft Excel.

Profesi tersebut dipermudah dengan adanya fitur rekam layar di PC atau laptop ini. Selain untuk kebutuhan konten, cara merekam layar PC dan laptop ini bermanfaat untuk pekerjaan atau pembelajaran dari rumah.

Misalnya saat Anda sedang rapat secara daring menggunakan Zoom atau Google Meet, Anda dapat merekam rapat tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan melewatkan suatu pembahasan, karena dapat menontonnya lagi nanti.

Selain itu, ketika melakukan webinar atau pembelajaran secara daring, Anda juga bisa memanfaatkan cara merekam layar PC atau laptop ini.

Dampaknya adalah, Anda bisa meninjau ulang pembelajaran atau materi yang disampaikan. Dengan begitu, proses pembelajaran Anda menjadi lebih maksimal.

Lalu, bagaimana cara merekam layar PC atau laptop yang mudah? Kami telah merangkum berbagai cara yang bisa Anda coba di perangkat PC atau laptop.

Ada dua alternatif cara merekam layar PC atau laptop yang bisa Anda coba. Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi bawaan pada sistem operasi perangkat Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi untuk merekam layar yang banyak tersedia secara gratis dengan kelebihannya masing-masing.

Cara Merekam Layar PC & Laptop Tanpa Aplikasi

Cara merekam layar PC dan laptop yang pertama adalah tanpa menggunakan aplikasi. Cara ini hanya memanfaatkan aplikasi atau alat bawaan yang sudah tersedia di PC atau laptop Anda.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan. Tentu cara ini akan sangat praktis dan mudah bagi Anda yang butuh merekam layar PC atau laptop dengan sederhana dan tidak perlu fitur tambahan lainnya.

Berikut cara merekam layar PC dan laptop tanpa aplikasi yang bisa Anda coba.

Windows 10 Game Bar

Cara merekam layar PC dan laptop tanpa aplikasi yang pertama dapat Anda lakukan jika sistem operasi yang Anda miliki adalah WIndows 10.

Fitur Game Bar hanya tersedia pada Windows 10 ke atas, sehingga pastikan sistem operasimu sudah sesuai agar bisa menjalankan fitur Game Bar ini.

Game Bar adalah fitur baru yang banyak digunakan oleh gamer untuk mengoptimalkan kerja PC. Meskipun nama fitur ini adalah Game Bar, namun fungsinya tidak hanya terbatas pada optimasi komputer saja.

Fungsi lain yang bisa Anda gunakan dalam Game Bar adalah screen recorder PC atau merekam layar PC atau laptop Anda. Kelebihan Game Bar salah satunya adalah menu Game DVR.

Menu ini dapat digunakan untuk merekam layar PC atau laptop dengan hasil rekaman yang halus sehingga kualitas video yang dihasilkan lebih baik.

Selain itu, hasil rekaman menggunakan Game Bar akan menghasilkan ukuran file video yang tidak terlalu besar. Sehingga tidak akan membebani ruang penyimpanan PC atau laptop Anda.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk cara merekam layar PC dan laptop menggunakan Windows 10 Game Bar.

Buka menu “Settings” kemudian pilih “Gaming”. Pada menu Game Bar paling atas, aktifkan fitur tersebut dan gulir ke bawah untuk menemukan shortcut untuk merekam layar bertuliskan “Start/Stop Recording”.

cara merekam layar pc 1

Untuk merekam layar sekaligus audio, pada menu “Game DVR” aktifkan menu “Recorded Audio”.

2

Nah, Anda telah berhasil mengaktifkan fitur Game Bar di PC atau laptop Anda. Selanjutnya, cara merekam layar PC atau laptop menggunakan Game Bar adalah Anda tinggal menekan shortcut yang tadi Anda temukan yaitu Win + Alt + R.

Setelah menekan shortcut tersebut, akan muncul notifikasi bertuliskan “Would you like to open Game bar?” kemudian centang kotak di bawahnya.

3

Fitur perekam layar akan aktif. Anda akan melihat tombol berwarna merah di pojok atas layar yang menandakan proses perekaman layar sedang berjalan.

Jika sudah, tekan tombol “Stop Recording” berbentuk bulatan dengan kotak di dalamnya. Kemudian, rekaman akan otomatis tersimpan di folder Videos > Captures.

4

Quicktime Player untuk Mac

Selanjutnya, cara ini bisa Anda gunakan untuk sistem operasi Mac. Meskipun pengguna Windows bisa mengunduh dan menginstalnya, tetapi pengguna Mac lebih diuntungkan karena aplikasi ini sudah tersedia.

Jika PC atau laptop Anda adalah Mac, maka tidak perlu mengunduh aplikasi Quicktime Player ini. Berikut langkah-langkahnya.

Buka aplikasi Quicktime Player di PC atau laptop Anda. Kemudian pilih menu “File”. Pilih opsi “Rekaman Layar Baru”.

Untuk merekam layar sekaligus suara yang dikeluarkan oleh PC atau laptop, jangan lupa untuk mengaktifkan audio. Anda sudah bisa merekam PC atau laptop dengan beberapa langkah mudah saja.

Selain mudah, keunggulan Quicktime Player adalah Anda dapat merekam layar pada satu sudut tertentu, sehingga Anda tidak perlu merekam keseluruhan layar.

Namun, file video rekaman yang dihasilkan Quicktime Player memiliki ukuran yang cukup besar. Selain itu, format file videonya adalah M4V.

Cara Merekam Layar PC & Laptop dengan Aplikasi

Ada alternatif lain selain menggunakan aplikasi bawaan, yaitu memanfaatkan pihak ketiga. Cara merekam layar PC dan laptop selanjutnya adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan.

Biasanya, aplikasi ini menyediakan beberapa fitur tambahan untuk melengkapi video rekaman layar Anda. Berikut beberapa aplikasi screen recorder yang dapat Anda gunakan untuk merekam layar PC dan laptop.

OBS Studio

Aplikasi screen recorder yang pertama yaitu Open Broadcaster Software atau OBS Studio. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis.

OBS Studio atau Open Broadcaster Software adalah aplikasi perekam layar yang bersifat open source dan multi platform. Artinya, aplikasi OBS Studio dapat digunakan pada sistem operasi manapun secara bebas.

Selain itu, tampilan aplikasi ini tergolong sederhana, sehingga akan mudah digunakan bagi pemula sekalipun. Beberapa kelebihan lain yang dapat Anda pertimbangkan selain yang telah disebutkan adalah adanya fitur filter video.

Tersedia beragam pilihan filter video yang dapat Anda pakai untuk video rekaman layar Anda. Sehingga, video Anda akan terlihat lebih menarik.

Ditambah lagi, aplikasi OBS Studio mendukung fitur streaming atau live broadcast. Sehingga, Anda yang ingin melakukan streaming atau live broadcast dapat merekam layar sekaligus.

Namun, bagi Anda yang tertarik menggunakan aplikasi ini, Anda harus mempelajari fitur dan menu yang tersedia secara otodidak. Hal tersebut karena kurangnya panduan di aplikasi ini untuk memberikan instruksi secara lengkap.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk cara merekam layar PC dan laptop menggunakan OBS Studio.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstall aplikasi OBS Studio. Untuk memaksimalkan kualitas video ketika proses merekam layar, masuk ke tab “Auto Configuration”. Pilih opsi “Optimize just for Recording, I will not be Streaming”.

Lanjutkan dengan klik “Next”. Kemudian Anda akan diminta untuk mengatur FPS dan resolusi video. Atur sesuai kebutuhan Anda. Klik “Next”, kemudian “Apply”.

Setelah selesai mengatur pengaturan video, tekan tanda “+” yang ada di aplikasi, kemudian pilih “Display Picture”. Anda akan diminta menuliskan judul video, kemudian klik “OK”.

Nah, Anda sudah berhasil merekam layar PC atau laptop Anda dengan menekan tombol “Start Recording” di pojok kanan bawah layar. Jika sudah selesai, klik “Stop Recording” di kolom kontrol.

Sebuah tips agar hasil video Anda tidak patah-patah, Anda dapat menekan tombol “Disable Preview”. Video hasil rekaman layar dapat dilihat di folder Videos.

VLC

Mungkin Anda sudah familiar dengan aplikasi yang satu ini. VLC biasanya digunakan sebagai aplikasi pemutar media atau media player audio maupun video dalam berbagai format.

Namun, di samping kegunaannya sebagai media player, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk merekam layar, lho. VLC adalah aplikasi yang bersifat open source.

Artinya, Anda dapat menggunakan aplikasi ini pada sistem operasi apapun tanpa perlu membayar biaya berlangganan atau gratis.

Cara merekam layar PC atau laptop menggunakan aplikasi VLC juga cukup mudah, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal aplikasi ini di PC atau laptop Anda.

Jika sudah, buka aplikasi tersebut kemudian pilih menu “Media”. Selanjutnya, pilih opsi “Open Capture Device”.

1

Pada tab “Capture Device”, pilih opsi “Desktop” pada menu “Capture Mode”.

Pilih tanda panah ke bawah yang ada di sebelah tombol “Play”. Kemudian klik “Convert”

2

Atur direktori tempat file hasil video rekaman akan disimpan. Setelah itu, Anda dapat langsung memulai rekaman layar dengan menekan tombol “Start”.

3

Jika proses merekam layar sudah selesai, klik “Stop Recording”. File video hasil rekaman layar Anda akan tersimpan di direktori yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

4

Screenpresso

Cara merekam layar PC dan laptop selanjutnya adalah menggunakan aplikasi perekam layar Screepresso. Aplikasi ini tergolong sering digunakan oleh orang-orang.

Alasannya adalah karena salah satu keunggulan aplikasi Screenpresso yang dapat merekam audio dan video dalam waktu yang bersamaan. Jika Anda seorang Youtuber, aplikasi ini mungkin cocok bagi Anda.

Screenpresso dapat merekam audio, layar, serta webcam dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, hasil video rekaman layar dari aplikasi ini tidak berat.

Fitur lainnya yang terdapat pada aplikasi perekam layar Screenpresso adalah Quick Acces. Fungsinya adalah untuk melihat hasil rekaman layar yang telah dibuat sebelumnya.

Anda juga dapat membagikan hasil rekaman secara langsung ke beberapa media sosial. Berikut langkah-langkah cara merekam layar PC dan laptop menggunakan Screenpresso.

Sebelumnya, pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi Screenpresso di PC atau laptop Anda. Buka aplikasi Screenpresso, kemudian pilih menu “Capture” yang berada di bagian bawah layar.

Pilih “Record Video”. Nah, Anda sudah langsung merekam layar di PC atau laptop.

Namun, aplikasi ini memiliki durasi perekaman yang terbatas. Untuk versi gratis dari Screenpresso, Anda hanya bisa merekam maksimal selama 3 menit.

Selain itu, Anda juga tidak bisa menghapus watermark yang ada pada hasil video. Untuk bisa menikmati fitur secara penuh, Anda harus membayar biaya berlangganan pada aplikasi ini.

BB Flashback

BB Flashback adalah cara merekam layar PC dan laptop selanjutnya. Aplikasi perekam layar ini memiliki dua versi, yaitu versi express dan professional. Pada versi express, Anda dapat menggunakan fiturnya secara gratis.

Sedangkan untuk BB Flashback versi professional, Anda harus membayar biaya langganan untuk bisa memakai aplikasi tersebut. Langkah pertama menggunakan aplikasi ini tentu menginstal aplikasinya terlebih dahulu.

Buka aplikasi BB Flashback, kemudian pilih “Record Your Screen”. Terdapat beberapa opsi perekaman yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Untuk merekam satu layar penuh, pilih “Record” kemudian “Full Screen”. Jika ingin merekam setengah bagian layar saja, klik “Windows” kemudian “Record”. Lalu, jika ingin merekam area tertentu, klik “Record” kemudian “Region”.

Selain itu, aplikasi ini bisa digunakan untuk merekam layar laptop webcam. Anda dapat mengaksesnya di menu “Record Webcam”.

Untuk memulai perekaman, klik “Recording” yang berwarna merah. Jika sudah selesai, pilih opsi “Button Stop” atau Anda bisa menggunakan shortcut Shift + Ctrl + S. Kemudian klik “Save” untuk menyimpan video hasil rekaman.

Nah, itulah 6 cara merekam layar PC dan laptop yang mudah dan bisa Anda coba. Setiap aplikasi memiliki kelebihannya masing-masing. Anda dapat mencocokkannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda tertarik untuk membaca artikel kami yang lain, silahkan kunjungi Social Media Marketer. Kami menyediakan artikel yang berkaitan dengan pemasaran media sosial.

Semoga artikel ini membantu!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.