perbedaan jpg dan jpeg

Perbedaan JPG dan JPEG yang Wajib Anda Ketahui!

Perbedaan JPG dan JPEG memang tidak banyak yang tahu. Namun, Anda harus mengetahui perbedaan antara kedua file tersebut sejak dini!

Untuk Anda yang berkiprah di sekeliling dunia fotografi maupun mengedit berbagai macam foto agar tampil menarik dan estetik, pastinya Anda familiar dengan format gambar JPG dan JPEG. Anda harus tahu perbedaan JPG dan JPEG.

Tahukah Anda selain dibaca mirip antara keduanya, pernahkah Anda terbesit juga apakah keduanya memiliki kualitas yang sama baiknya? Atau dari segi ukurang yang akan diupload di media sosial atau website ada yang lebih unggul dari salah satunya yaitu JPG dan JPEG?

Untuk Anda yang bingung dengan berbagai macam pertanyaan yang terbesit di kepala Anda, untuk mendapat jawaban itu semua, silahkan simak pembahasan lanjut di bawah ini.

Dijamin semua rasa kebingungan Anda akan hilang setelah membaca informasi mengenai perbedaan JPG dan JPEG berikut!

perbedaan jpg dan jpeg

Mengenal Perbedaan JPG dan JPEG

Ketika Anda menyimpan format file gambar di software apakah Anda memperhatikan memiliki ekstensi file Anda? Hal itu perlu Anda ketahui untuk mengetahui terkait dengan support software yang sedang Anda pakai.

Dari banyaknya file yang dikenal dengan ekstensi, yang paling umum adalah JPG dan JPEG.

Disini Anda perlu tahu apa perbedaan JPG dan JPEG,dimana dengan mengetahui pastinya akan menambah wawasan Anda mengenai kedua format tersebut yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam menggunakan format file tersebut.

Namun, sebelum jauh membahas mengenai perbedaan JPG dan JPEG, Apakah Anda tahu ekstensi file?

Pada dasarnya, setiap dokumen pasti memiliki format file yang berbeda-beda menyesuaikan dengan fungsinya, tidak terkecuali juga pada dokumen yang berisi foto maupun gambar.

Ketika Anda ingin menyimpan foto melalui aplikasi terkait penyimpanan gambar, Anda dapat merubah format file gambar menjadi .jpeg ataupun .jpg.

Hal tersebutlah yang disebut sebagai ekstensi file. Bahkan ada beberapa aplikasi yang enggan menerima file gambar karena tidak didukung oleh format file tertentu.

Sebelum membahas lebih jauh apa perbedaan JPG dan JPEG, Anda bisa lebih dulu mengetahui darimana usul JPEG dan JPG dan apa itu JPEG dan JPG. Berikut penjelasannya:

asal usul

Asal Usul JPEG dan JPG

File gambar yang pertama kali muncul pada tahun 1992 sebagai standar ISO dan banyak digunakan oleh orang-orang yaitu JPEG dimana memiliki kepanjangan berupa Joint Photographic Experts Group.

Bahkan pada saat itu, setiap hasil potret yang keluar akan memiliki output berupa format JPEG sehingga pada file-file gambar juga mengikuti format JPEG.

Hal itu tentunya sudah tak heran lagi ketika orang-orang menggunakan format file gambar berupa JPEG untuk setiap hasil foto yang keluar.

Apalagi saat itu format JPEG mempunyai keunggulan yang cukup bagus dalam menunjang gambar yang memiliki warna, sehingga dapat terkesan lebih tajam dan detail ketika anda membukanya dari software seperti photoshop dan lainnya.

Namun, karena terdapat metode lossy compression yang digunakan dalam JPEG menyebabkan warna yang didapatkan dari gambar JPEG sedikit kabur di dalam gambarnya.

Lossy compression merupakan teknik yang dipakai oleh khalayak kebanyakan untuk memperkecil ukuran file seperti gambar, audio, video dan lainnya sehingga setelah melakukan teknik ini maka ukuran file akan menurun.

Hal ini juga menyebabkan kualitas dari file sedikit mengalami penurunan.

Lalu, pada sekitar tahun 90-an di saat kemunculan JPEG, terdapat dua sistem operasi pada komputer yang banyak orang gunakan seperti sistem operasi Macintosh maupun sistem operasi Windows.

Ternyata pada saat itu hanya sistem Macintosh saja yang bisa membaca format gambar JPEG, untuk sistem window dinyatakan belum bisa membaca format gambar JPEG.

Pada saat itu Windows tidak bisa membuka file dengan ekstensi 4 huruf seperti JPEG dan hanya bisa membuka file dengan ekstensi 3 huruf.

Akhirnya dengan alasan tersebut format gambar yang awalnya memiliki format JPEG diubah menjadi JPG hingga berlanjut sampai saat ini.

Sementara untuk operasi sistem Macintosh tidak memiliki kendala saat perubahan nama format dari JPEG menjadi JPG. Namun, karena semakin canggih saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memikirkan akan menggunakan format yang mana.

Sebab versi Windows terbaru sudah bisa membaca format gambar keduanya.

jpeg

Apa Itu JPEG

Format file yang dirilis pada tahun 1992 dan salah satu format gambar yang terbilang populer karena digunakan oleh banyak perangkat seperti kamera digital dan sejenisnya yaitu JPEG yang memiliki kepanjangan dari Joint Photographic Experts Group.

Format gambar ini dapat Anda gunakan untuk mengirim maupun menyimpan foto di halaman web atau di internet pada umumnya.

Dengan rasio kompresi yang terdapat pada format file gambar ini Anda dapat menyeimbangkan antara ukuran dengan kualitas gambar atau penyimpanan ruang perangkat Anda .

Namun Anda perlu menyadarinya dengan mencapai kompresi kualitas gambar Anda akan berkurang.

Juga pada saat Anda melakukan edit dan penyimpanan secara berkala akan menghambat adanya kualitas gambar. Untuk menghindari hal tersebut adalah bekerja dengan RAW JPEG.

Sehingga file JPEG akan lebih terakomodir lebih bagus.

jpg

Apa Itu JPG

Yang menjadi pembeda antara JPG dan JPEG yaitu terlihat dari jumlah karakter yang ditampilkan. Berawal dari bersistem Windows/DOS yang hanya memerlukan ekstensi tiga huruf saja untuk penamaan file yaitu dengan menggunakan JPG.

Namun, seiring berjalannya waktu, Windows kini mendukung ekstensi dengan penamaan file yang terdiri dari empat karakter. Sehingga Anda dapat menggunakan file .JPG di Windows.

Untuk aplikasi pengeditan desain grafis seperti Adobe Photoshop yang mungkin sering Anda gunakan, menyimpan file foto ke JPEG yang diekstensikan kepada .JPG.

Disini Anda memiliki kebebasan dalam mengubah ekstensi file tersebut. Selain itu, JPG mampu mempertahankan kualitas file gambar foto Anda.

Namun, karena file JPG memiliki kualitas gambar yang bagus, sehingga membutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya, Anda bisa menurunkan ukuran file dengan menggunakan algoritma kompresi lossy tetapi disayangkan bahwa dengan penurunan ukuran file tersebut mampu menurunkan kualitas gambar.

Walaupun penurunan kualitas gambar hanya sedikit.

Selain itu, dengan format file JPG ada beberapa contoh gambar yang bisa Anda simpan di perangkat Anda, seperti berbagai gambar pemandangan, gambar detail wajah, juga gambar mengenai adanya perubahan warna secara bertahap yang biasa disebut sebagai gradasi.

Tentunya dengan hal itu, dapat disampaikan juga bahwa JPG mempunyai kualitas yang bagus, dimana dipengaruhi secara langsung oleh resolusi dari foto gambar tersebut.

Dalam mengenali JPG dan JPEG pastinya juga Anda perlu tahu apa saja yang menjadi keunggulan dan fungsi di antara keduanya.

Fungsi dan Keunggulan JPG dan JPEG

Terdapat banyak keunggulan dari JPG maupun JPEG yang bersamaan fungsinya, yaitu antara lain:

halaman web

Pada Halaman Web Menjadi Standar File Gambar

Seperti yang Anda ketahui, biasanya pada halaman web yang menggunakan format gambar standar yaitu JPEG maupun JPG. Dasarnya format file tersebut memang sangat cocok untuk merepresentasikan gambar dengan kualitas fotografi yang memadai.

Bahkan untuk video digital pun bisa menggunakan format JPEG, dimana untuk format yang dipakai nantinya berupa standar M-JPEG yang didukung oleh beberapa perangkat keras seperti jenis CODEC.

sisitem operasi

Dapat Dipakai Oleh Semua Sistem Operasi Komputer

Keunggulan yang menjadi point utama dalam JPEG dan JPG yaitu dapat dipakai oleh semua jenis sistem operasi pada program di komputer.

Tentunya ini bisa menunjang Anda dalam memenuhi kebutuhan akan lancarnya pengoperasian format gambar JPEG dengan baik dan maksimal.

Format ini dapat dibuka di beberapa aplikasi dengan mudah seperti pada Microsoft Word, Powerpoint, Excel dan beberapa jenis aplikasi lainnya.

Bahkan alat-alat cetak juga mengenali format JPG dan JPEG. Selain itu juga, Untuk Anda para pengguna sosial media pastinya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan foto profil, desain grafis hingga pengiriman gambar dan lainnya juga menggunakan format file ini.

Dari sinilah tanpa sadar Anda memiliki keakraban terhadap format file ini.

warna bervariasi

Tersedianya Warna yang Bervariasi

Dengan hal ini tentunya dapat menjadi alasan kenapa Anda menggunakan format JPG maupun JPEG. Sebab pada JPEG sendiri tersedia banyak warna yang bervariasi hingga mencapai 16 jutaan warna.

Tentunya dengan hal ini gambar fotografi yang Anda lihat akan terlihat tampak lebih nyata. Selain itu, kualitas foto pada saat pembesaran secara detail akan terlihat jelas dan tidak blur.

Menunjang Dunia Fotografi dengan Kualitas yang Unggul

Resolusi gambar yang diberikan sangat mendukung format file ini bila dikatakan format file gambar yang berkualitas. Hasil warna yang diberikan tampak nyata dan sejalan dengan pengambilan gambar detail saat memotret.

Bahkan sangat tampak nyata ketika dibandingkan dengan foto aslinya.

Itulah beberapa ulasan mengenai JPG dan JPEG dari asal-usulnya secara singkat hingga pengertian dan keunggulannya yang telah Anda pahami.

Melalui ulasan ini, tentunya Anda bisa menentukan sedikit banyaknya perbedaaan antara JPG dan JPEG. Untuk lebih pastinya Anda bisa memahami beberapa informasi singkat mengenai perbedaan JPG dan JPEG, berikut ini,

perbedaan

Perbedaan JPG dan JPEG

Format gambar yang seringkali digunakan banyak orang untuk menyimpan gambar maupun hasil potret yaitu format JPG dan JPEG di dunia digital dan fotografi.

Misal saja Ketika Anda membaca artikel yang berjudul Kumpulan Gambar Pemandangan, Anda dapat melihat gambar tersebut dengan format file foto JPG atau JPEG.

Nah, apakah Anda tahu perbedaan JPG dan JPEG? Daripada bingung dan penasaran, berikut penjelasannya!

Sistem Operasi pada JPG dan JPEG

Seperti yang telah dibahas sebelumnya di asal-usul JPEG bahwa pada versi sistem operasi sebelumnya yaitu MS DOS dan juga Windows hanya bisa membaca ekstensi tiga huruf saja pada format file gambar, sehingga JPEG perlu adanya perbaikan penamaan untuk menunjang proses operasi sistem.

Dengan membuang kata “E” pada penamaan JPEG sehingga didapat kata JPG. Namun, untuk penggunaan JPEG tidak terdapat kendala di Macintosh. Sehingga untuk penggunaan JPEG aman untuk pengguna Macintosh

Jumlah Karakter yang Berbeda

Perbedaan JPG dan JPEGutama terlihat jelas diantara keduanya yaitu pada jumlah karakter yang dipakai di tiap ekstensinya. Untuk JPG terdiri dari tiga jumlah huruf sementara pada JPEG terdiri dari empat jumlah huruf.

Walaupun JPG dan JPEG hampir sama dan sering digunakan secara bergantian tetap saja perbedaan JPG dan JPEG pastinya ada. Padahal keduanya sama-sama dikembangkan sejak lama oleh Joint Photographic Experts Group.

Ukuran Format Gambar pada JPG dan JPEG

Untuk ukuran file gambar JPG mengoptimalkan penggunaan dengan metode kompresi dalam menjaga kualitas file gambar melalui redundansi data yang tidak banyak atau tidak berlebihan.

Sebaliknya, ukuran file gambar JPEG relative tidak besar karena algoritma kompresi yang menggunakan lossy akan menyebabkan data yang hilang secara signifikan.

Penyimpanan Aplikasi File Gambar

Banyak dari Anda yang mengedit maupun melakukan proses gambar dengan aplikasi seperti Adobe photoshop yang memerlukan ekstensi “.jpg” dalam menyimpan file gambar ataupun foto.

Sementara untuk JPEG bisa digunakan pula oleh para pengguna Windows dan Mac. Keduanya memiliki keidealan fotografi digital dengan warna maupun tampilan yang akan membuat gambar terlihat tampak lebih nyata.

Keunggulan Maupun Kelemahan yang Berbeda dari JPG dan JPEG

Dari keunggulan JPG dan JPEG yang menjadi point utama yaitu adanya tingkat kompresi yang tidak rendah, namun yang perlu diperhatikan juga pada penggunaan warna true colour (24 bit).

Sehingga, walaupun ukuran file yang kecil namun warna yang ditampilkan akan tetap jelas dan terlihat akurat. Alhasil, kualitas pada gambar tersebut akan tetap terjaga dengan baik dan maksimal.

Nah tentunya dari kedua format file gambar yaitu JPG dan JPEG merupakan format kompresi bitmap, dimana ketika dipergunakan untuk kompresi lossy dengan rasio sekitar 10:1 hingga 20:1.

Dengan kompresi rasio tersebut, ketika gambar akan diperkecil maupun diperbesar dari aspek ukuran file. Anda dapat mengartikannya dengan barisan piksel yang hilang ketika proses kompresi tadi selesai.

Dimana secara tidak langsung, hal ini menunjukkan adanya pengurangan kualitas gambar Anda yang tengah di kompres.

Itulah yang menjadi sebab bahwa Anda perlu memiliki berbagai macam aplikasi kompres gambar terbaik dan berkualitas untuk menjaga kejernihan pada kualitas gambar biarpun ukuran file gambar Anda dan bentuknya dimodifikasi.

Dari hal tersebut tentunya Anda telah mengetahui apa sajaperbedaan JPG dan JPEG, dimana pada halnya memiliki kesamaan yang cukup banyak, sebab keduanya masih dalam satu format file gambar yang sama.

Untuk memperjelas lebih ringkas lagi, yaitu perbedaan JPG dan JPEG hanya terletak pada bagian jumlah karakter huruf. Untuk JPG sendiri memiliki total tiga huruf saja, sementara pada JPEG mempunyai total jumlah empat huruf.

Pada dasarnya pun dari segi operasi perbedaan JPG dan JPEG tidak ada yang signifikan, kecuali jumlah karakter huruf.

Dengan kesamaan keduanya yaitu sama-sama digunakan untuk fotografi, berasal dari joint photographic experts group serta format gambar yang raster.

Namun, memang penggunaan format file JPG sudah banyak orang gunakan untuk segala hal yang berkaitan dengan foto maupun gambar.

Untuk segi kualitas foto di antara keduanya tidak adaperbedaan JPG dan JPEG dan bergantung pada besar piksel dari hasil foto yang didapatkan selepas memotret.

Jadi, setelah mendapat berbagai informasi di atas tentunya Anda tak perlu bingung lagi untuk menggunakan format file yang mana saat memotret atau mengedit gambar di aplikasi.

Keduanya sama-sama bagus dan memiliki keunggulan maupun kelemahannya masing-masing. Nah, untuk informasi menarik lainnya dapat Anda jumpai di halaman Social Media Marketer lainnya melalui website ini.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.