Download 50+ Font Keren untuk Desain Anda

Download 50+ Font Keren untuk Desain Anda (100% Gratis!)

Download font keren untuk desain Anda di artikel ini! Jenis font dapat berpengaruh terhadap desain Anda. Yuk simak di sini!

Apa saja font keren yang bisa dipakai untuk desain? Ada ratusan, bahkan ribuan font yang bisa mendukung tampilan desain Anda menjadi lebih baik.

Namun, dengan melimpahnya pilihan yang tersedia, seseorang kadang justru bingung memilih mana font yang tepat untuk desain yang diinginkan.

Perlu Anda ketahui, font adalah ukuran dan berat karakter yang digunakan dalam jenis huruf. Sedangkan jenis huruf adalah desain aktual dari huruf yang sedang diketik.

Saat ini, kebanyakan orang menggunakan istilah font yang pada dasarnya berarti hal yang sama dengan jenis huruf.

Kata font itu sendiri berasal dari bahasa Prancis kuno. Font merujuk pada sesuatu yang tela meleleh. Dahulu, orang biasa melelehkan logan untuk membuat font.

Mereka kemudian membentuk logam untuk membentuk karakter font. Hal inilah yang kemudian digunakan dalam mesin cetak untuk membuat huruf dan kata-kata di atas kertas.

Johan Gutenberg mendesain font pertama untuk jenis pers yang dapat dipindahkan. Ketika toko percetakan lain dibuka, printer mulai mengembangkan font tambahan untuk membuat produk mereka unik.

Hingga kini, font mulai berkembang dalam bentuk digital. Dengan bantuan program komputer, kini siapa pun dapat merancang bentuk font mereka sendiri.

Font adalah kombinasi dari jenis huruf dan kualitas lainnya, seperti ukuran, tebal, dan jarak. Misalnya pada font Times New Roman yang sudah kita kenal.

Pada font Times New Roman, ada banyak variasi yang bisa kita pilih seperti ukuran yang berbeda, miring, tebal, dan masih banyak lagi.

Program perangkat lunak seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan WordPad memungkinkan pengguna untuk mengubah font yang digunakan saat mengetik teks dalam dokumen atau spreadsheet, seperti halnya perancang web.

Selain untuk keperluan dokumen, font juga sering digunakan sebagai salah satu komponen dalam desain. Mulai dari desain poster, iklan, website, hingga buku atau novel.

Penggunaan font ini sangat berpengaruh terhadap nilai estetika dan fungsi dari suatu desain. Dengan menggunakan font yang tepat, maka desain yang dihasilkan tentu akan nyaman di lihat.

Nah, kali ini kami akan membahas seputar font keren yang bisa Anda gunakan untuk melengkapi desain Anda.

font keren

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Font Keren

Sebelum mengunduh font keren untuk digunakan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu font bagaimana yang ideal dipakai.

Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih font keren. Berikut pembahasannya.

Lisensi

Lisensi adalah pemberian izin untuk memproduksi atau menggunakan suatu produk barang atau jasa tertentu, dimana produk tersebut sebelumnya sudah dipatenkan oleh pihak yang menciptakannya pertama kali.

Sering pula lisensi diartikan sebagai suatu bentuk pemberian izin untuk memanfaatkan hak atas kekayaan intelektual, dimana dapat diberikan oleh pemilik lisensi kepada pengguna.

Tujuannya adalah agar pengguna dapat melakukan kegiatan usaha atau memproduksi produk tertentu dengan menggunakan hak atas kekayaan intelektual yang dilisensikan tersebut.

Setiap font punya batasan penggunaan, seperti personal, komersial, digital, dan lainnya. Gunakan font sesuai aturan lisensi tersebut. Kalau pakai yang gratis, pastikan bebas digunakan untuk berbagai keperluan.

Tema

Dalam membuat suatu desain, pasti memiliki tema tertentu. Memilih font juga harus mempertimbangkan tema desain. Pastikan font yang Anda pilih selaras dengan tema desain Anda.

Setiap font juga memiliki bentuk yang berbeda, dan akan memunculkan kesan yang berbeda pula. Misalkan tema desain yang digunakan adalah tentang Halloween, maka font yang digunakan adalah font yang casual.

Font sama pentingnya dengan komponen desain lainnya seperti warna dan bentuk grafis, sehingga dengan menggunakan font yang tepat akan membantu membangun keselarasan dalam desain.

Lengkap

Dalam satu jenis font biasanya tidak hanya terdiri dari satu variasi saja. Misalkan font dengan bentuk yang sama namun dengan ukuran ketebalan berbeda.

Selain itu, terkadang ada pembuat font yang tidak mencantumkan beberapa karakter khusus atau hanya menyediakan sedikit variasi dari font tersebut.

Font yang tidak lengkap akan menyulitkan Anda dalam memberikan informasi yang jelas. Pilihlah font yang memiliki versi thin, bold, reguler, angka, simbol, karakter spesial, angka pecahan, rumus ilmiah, dan lain sebagainya.

Semakin lengkap suatu font, maka Anda tidak perlu khawatir teks yang ditulis rumpang atau tidak lengkap

Kombinasi Font

Biasanya dalam suatu desain, lebih dari satu jenis font bisa digunakan. Selain karena menggunakan satu jenis font akan terlihat membosankan, penggunaan jenis font yang berbeda memiliki tujuannya masing-masing.

Misalkan font yang tebal dan besar ditujukan untuk menarik perhatian orang, biasanya digunakan sebagai judul atau seruan. Sedangkan font reguler biasanya digunakan untuk memberi informasi lebih detail atau penjelas.

Itulah mengapa mengombinasikan dua atau tiga font keren sangat direkomendasikan. Namun, untuk menggabungkan font yang berbeda ini pastikan keduanya tepat dan selaras.

2

Jenis Font Keren untuk Desain

Membicarakan tentang jenis font keren , tentu saja ada banyak sekali jenisnya. Mungkin bagi sebagian orang, mempelajari jenis-jenis font tidaklah penting.

Tetapi, bagi sebagian orang, terutama yang suka dengan desain grafis, mempelajari jenis font sangat penting loh. Atau bagi redaksi yang mengurus masalah cover majalah atau tabloid juga penting mempelajari macam-macam font. 

Beda jenis font, beda pula gaya serta fungsi penggunaannya. Ada font yang lebih cocok jika digunakan untuk keperluan formal, santai, dan ada pula yang casual.

Penggunaan jenis font yang berbeda akan mempengaruhi tone atau sifat yang dihasilkan pada karya tersebut. Itulah mengapa jenis font perlu diketahui sebelum mengunduh font keren untuk desain Anda.

Ada beragam jenis font yang bisa Anda temukan di internet. Terlebih, seiring dengan perkembangan zaman, jenis font semakin bervariasi dan kreatif.

Kali ini kami akan membahas beberapa jenis font yang biasa atau sering digunakan oleh para desainer grafis untuk membuat sebuah desain. Selain jenis font yang kami sebutkan, masih banyak lagi jenis font lainnya.

3

Serif

Jenis font yang satu ini adalah yang paling populer. Jenis font serif adalah font yang memiliki kaki atau garis di bagian sudut bawah, dimana bagian kaki dibawah tersebut disebut serif bracketed atau counter strike.

Serif berasal dari bangsa Romawi yang zaman dahulu menulis dengan kuas. Biasanya, mereka memperpanjang bagian atas dan bawah setiap huruf. Jenis font yang satu ini mulai populer pada abad ke-15.

Font serif sering digunakan dalam desain karena dianggap lebih mudah dibaca. Jenis font ini cocok digunakan dalam berbagai keperluan seperti menulis teks, artikel, berita, dan lain lain.

Dari semua jenis font yang ada, Serif dianggap sebagai font yang paling normal atau basic. Tingkat keterbacaannya pun sangat baik karena adanya bantuan dari serif bracketed atau counter stroke.

Adapun yang termasuk dalam jenis font Serif adalah Noto Serif, PT Serif, Times New Roman, Perpetua, Cambria, Georgia, Rockwell, Trajan Pro, Source Serif Pro, dan masih banyak lagi

4

Sans Serif

Dalam bahasa Perancis, ‘sans’ berarti tanpa. Maka, Sans Serif berarti jenis font yang tidak memiliki garis kecil di setiap ujung hurufnya. Jenis font satu ini kebalikan dari Serif.

Jika pada font Serif memiliki kaki, maka pada San Serif tidak memiliki kaki di tiap sudut hurufnya. Awalnya Sans Serif diciptakan oleh William Caslon IV pada tahun 1816.

Kehadiran font yang satu ini dianggap aneh karena mendobrak tradisi di Eropa saat itu. Kemudian pada awal abad ke-20, Sans Serif mulai dikenal di seluruh dunia.

Jenis font Sans Serif jauh dari kata formal. Jenis font ini cenderung menggambarkan kesederhanaan, efisien, modern, dan kemurnian.

Contoh font yang termasuk dalam jenis Sans Serif yaitu Arial, Calibiri, Segoe UI, Helvetica, Gill Sans MT, Lucida Sans, dan masih banyak lagi. Arial dan Calibri banyak ditemukan bahkan digunakan dalam kehidupan sehari-hari saat mengetik teks dokumen.

Selain itu, jenis font Sans Serif juga banyak digunakan sebagai logo perusahaan besar seperti Gojek, Google, Spotify, Netflix, dan masih banyak lagi.

5

Script dan Handwriting

Jenis font yang satu ini mungkin jarang Anda dengar, terutama bagi yang tidak terbiasa mengeksplor dunia font. Ternyata selain Serif dan San Serif juga ada font Script atau Handwritten.

Nah, saat mendengar Script, Apa hal pertama yang Anda pikirkan? Mungkin teks naskah skenario yang ditulis dengan mesin tik bukan? Ternyata font Script merupakan font yang mirip dengan tulisan tangan.

Script adalah font yang bentuknya menyerupai tulisan tegak bersambung. Jenis font yang satu ini menggambarkan sesuatu yang elegan, natural, dan personal.

Namun karena mengandung banyak lekukan, penggunaan font Script cukup terbatas jika dibandingkan dengan jenis font lainnya.

Umumnya font ini digunakan pada tulisan yang singkat, bukan tulisan panjang seperti dalam paragraf. Selain itu, Anda juga tidak bisa menggunakan Serif dalam huruf kapital semua.

Anda harus mengombinasikannya dengan huruf kecil agar tulisan yang Anda buat tetap tersambung.

Seperti namanya, jenis font Handwritten ini mirip dengan tulisan tangan manusia. Jadi sangat identik dengan penulisan-penulisan manual tangan.

Serupa dengan Script, penggunaan Handwritten juga terbilang cukup terbatas. Biasanya Handwritten banyak digunakan untuk sampul buku, poster, dan logo.

Jenis font yang satu ini memberikan sentuhan kreatif dan unik dalam setiap penggunaannya. Jadi jika Anda yang ingin mengetik di komputer dengan aksen atau penulisan yang kesannya personal, bisa menggunakan font ini.

Dekoratif

Jenis font keren selanjutnya yaitu font Dekoratif. Font Dekoratif adalah huruf yang dikembangkan dari huruf-huruf yang sudah ada, hanya saja ada bagian-bagian yang ditambah ornament atau garis-garis.

Biasanya, memiliki gaya yang unik dan menonjol. Cocok sebagai penambah aksen atau mempercantik website pada judul, heading, ataupun quotes. 

Karena hurufnya terlalu banyak dekor atau garis-garis, jenis font ini tidak banyak diminati. Karena dari tingkat keterbacaannya pun juga sangat rendah.

Dari segi bentuknya pun juga tampak lebih rumit dan sulit. Jadi untuk desain yang menuntut keterbacaan tinggi, tidak pernah menggunakan jenis font ini.

7

Rekomendasi Font Keren Gratis

Setelah mengetahui beberapa jenis font, kami telah merangkum beberapa opsi font keren yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu komponen desain Anda.

Rekomendasi font keren yang kami sediakan bisa Anda download secara gratis pada situs penyedia font tertentu. Simak pembahasannya berikut ini.

1

Zen Antique

Rekomendasi font keren yang pertama yaitu Zen Antique. Font ini termasuk dalam jenis font Serif karena memiliki garis di bagian bawah hurufnya. Zen Antique dapat Anda temukan di situs penyedia font Google Fonts.

Font jenis ini menampilkan dua jenis sisi antik Jepang dalam bentuk Kanji. Kesan berat yang berasal dari ketebalan hurufnya berbeda di setiap karakternya.

Huruf Hiragana dan dan Latin terlihat lebih ringan karena goresan garisnya lebih tipis. Sedangkan huruf Katakana dan Kanji lebih berat atau tebal karena garis yang membentuk hurufnya juga tebal.

Perbedaan kesan pada garis huruf ini memberikan keunikan tersendiri dari ritme dan tone yang diberikan oleh bentuk font ini.

Berikut ini adalah tautan untuk mengunduh dan memasang font ini di perangkat Anda Font Zen Antique

2

Roboto Slab

Jika Anda melakukan pencarian di Google Font dengan filter Serif font terpopuler, maka Roboto Slab berada pada daftar pertama. Ya, font ini memang cukup dikenal.

Bukan hanya “kaki” kecil di setiap hurufnya, Roboto Slab juga memiliki gaya lengkungan font yang sederhana dan terkesan tidak kaku.  Font ini memiliki kerangka mekanis dan bentuknya sebagian besar geometris.

Dengan karakteristik tersebut, font ini sangat nyaman untuk dibaca. Jadi, cocok Anda gunakan di website, baik untuk judul, heading, hingga body text.

Roboto Slab sangat tepat jika dikombinasikan dengan font seperti Open Sans, Lato, Montserrat, dan Poppins. Untuk mengunduh font ini, silahkan mengunjungi tautan berikut ini Font Roboto Slab

3

Merriweather

Font keren selanjutnya adalah Merriweather. Sekilas terlihat, Merriweather seperti font Roboto Slab dengan versi lebih lebar. Bedanya, Merriweather memiliki “kaki” lebih tegas dan lengkungan yang bulat.

Tujuannya, membuat font gratis ini lebih nyaman dibaca. Font buatan Sorkin Type ini memiliki lisensi Open Font Licence, jadi Anda bisa menggunakannya untuk keperluan personal ataupun komersial.

Font Merriweather dirancang untuk menjadi tulisan teks yang nyaman dibaca di layar. Font ini memiliki tinggi x yang sangat besar, bentuk huruf yang sedikit kental, tegangan diagonal ringan, serif yang kokoh, dan bentuk yang terbuka.

Anda dapat mengunduh font Merriweather pada tautan berikut ini Merriweather

5

Playfair Display

Selanjutnya, masih dalam jenis font Serif, kami merekomendasikan Playfair Display. Anda ingin font dengan gaya klasik dan vintage? Mungkin font Playfair Display bisa jadi pilihan Anda.

Playfair Display didesain oleh Claus Eggers Sørensen yang terinspirasi dari hasil tulisan pena besi pada abad ke-18 di Eropa. Itu mengapa font ini memiliki ciri khas garis lembut yang berpadu dengan bulatan tebal.

Meskipun desain font ini bukan merupakan kebangkitan dari desain tertentu, tetapi dapat diketahui bahwa font ini mengambil pengaruh dari desain John Baskerville dan dari desain ‘Scotch Roman’.

Untuk mengunduh font Playfair Display, Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini Playfair Display

6

Lora

Font keren yang bisa digunakan pada desain Anda secara fleksibel selanjutnya adalah Lora. Lora merupakan font gratis yang cocok untuk segala jenis teks di website Anda, mulai dari judul hingga isi teks.

Hal itu karena Lora memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dibaca. Dengan kaki yang terkesan kokoh, sebaiknya Anda memadukan Lora dengan font tanpa kaki, seperti Lato, Poppins, Open Sans, Source Sans Pro, dan lainnya.

Lora merupakan font yang didesain oleh Cyreal dengan lisensi Open Font License sehingga Anda bisa menggunakannya secara bebas untuk keperluan pribadi maupun komersial.

Font ini cocok apabila digunakan sebagai teks isi atau penjelasan sesuatu. Sebuah paragraf yang menggunakan font Lora akan membuat penampilan yang mengesankan

Secara teknis Lora dioptimalkan untuk tampilan layar, dan bekerja sama baiknya dalam percetakan. Untuk mengunduh font yang satu ini, silahkan klik tautan berikut Font Lora

PT Serif

Selanjutnya ada PT Serif. PT Serif adalah produk font pan-Cyrillic kedua yang dikembangkan untuk proyek “Public Types of the Russian Federation.” Produk pertama dari proyek tersebut yaitu PT Sans, dirilis pada tahun 2009.

PT Serif adalah jenis huruf serif dengan terminal humanistik. Font ini dirancang untuk digunakan bersama dengan PT Sans, dan diselaraskan di seluruh metrik, proporsi, bobot, dan desain.

Family font PT Serif terdiri dari enam variasi: bobot reguler dan tebal dengan huruf miring yang sesuai membentuk keluarga font standar untuk pengaturan teks dasar; dua gaya teks reguler dan miring untuk digunakan dalam ukuran titik kecil.

Berikut ini adalah tautan untuk mengunduh font ini Font PT Serif

7

Bitter

Font Bitter merupakan salah satu jenis font Serif yang dirilis oleh Huerta Tipografica dengan lisensi Open Font License sehingga Anda dapat menggunakannya secara bebas untuk keperluan pribadi maupun komersil.

Jenis font ini dirancang khusus untuk dibaca dengan nyaman di komputer atau perangkat apa pun. Desain yang kuat dimulai dari penghematan grid piksel, berdasarkan prinsip-prinsip rasional daripada emosional.

Bitter memiliki sedikit variasi dalam bobot goresan dan variasi Regular-nya lebih tebal daripada gaya ‘Reguler’ yang normal untuk desain cetak.

Dengan desain font ini, warna yang dihasilkan lebih intens dalam paragraf, ditekankan oleh serif yang setebal goresan dengan terminal persegi.

Jenis huruf diseimbangkan dan ditempatkan secara manual. Hal ini penting untuk penggunaan font web karena sebagian besar browser saat ini tidak mendukung fitur ini.

Font Bitter

EB Garamond

Selanjutnya ada EB Garamond. Font ini dimaksudkan untuk menjadi versi Garamond yang lebih baik dan klasik.

Font ini merupakan proyek komunitas yang bertujuan untuk menghidupkan kembali tipografi humanis terkenal Claude Garamont dari pertengahan abad ke-16.

Versi digital font ini mereproduksi desain asli oleh Claude Garamont dengan cermat. Dasar dari bentuk huruf font ini merupakan pindaian spesimen yang dikenal sebagai “spesimen Berner”.

Spesimen tersebut disusun pada tahun 1592 oleh Conrad Berner, menantu Christian Egenolff dan penggantinya di kantor percetakan Egenolff.

Spesimen ini menunjukkan jenis roman dan miring Granjon Garamont pada ukuran yang berbeda. Karenanya nama proyek ini: Egenolff-Berner Garamond. Berikut ini tautannya untuk Anda Font EB Garamond

Arvo

Font keren selanjutnya adalah Arvo. Font ini merupakan jenis huruf Slab Serif geometris yang cocok untuk layar dan cetak. Variasinya mencakup 4 bagian: Roman, Italic, Roman Bold, Bold Italic.

Font Arvo berbentuk seperti monolinear secara keseluruhan, tetapi memiliki sedikit kontras yang meningkatkan keterbacaan sedikit di Mac OS X.

Nama Arvo adalah nama khas pria Estonia, tetapi tidak banyak digunakan saat ini. Dalam bahasa Finlandia, Arvo berarti “angka, nilai, kelayakan.”

Pada bulan Desember 2013 Arvo 2.0.1 dirilis, dengan dukungan untuk bahasa yang lebih banyak dan petunjuk truetype ditingkatkan terutama untuk ukuran yang lebih kecil. Untuk mengunduh font ini silahkan klik tautan berikut Font Arvo

Noto Serif Display

Font keren selanjutnya adalah Noto Serif Display. Noto adalah koleksi font global untuk menulis dalam semua bahasa modern dan kuno.

Noto Serif Display adalah desain jenis Serif yang termodulasi untuk teks dalam ukuran font yang lebih besar dalam skrip Latin Eropa dan dalam Cyrillic, Yunani.

Anda dapat menggunakan font ini secara gratis karena memiliki lisensi Open Font License. Bentuk font ini sendiri cenderung didominasi oleh bentuk bulat dengan garis kaki yang lebih tipis dari Serif pada umumnya.

Ketebalan font ini tidak merata dan berbeda pada setiap karakternya, sehingga memunculkan kesan yang lebih fleksibel dan trendy. Anda dapat mengunduhnya di tautan berikut Noto Serif Display

Arapey

Arapey adalah rekomendasi font Serif selanjutnya dari kami. Font ini memiliki dua variasi yaitu regular dan regular italic. Anda dapat menggunakan font ini secara bebas untuk keperluan pribadi maupun komersil.

Arapey adalah bentuk font modern kontemporer dengan beberapa fitur yang dimiliki font Bodoni, tetapi struktur, garis lembut, dan sentuhan akhir yang berkesan tenang dan istimewa.

Alasan penamaan font ini adalah karena sketsa pertama font ini dibuat selama liburan di Arapey, sebuah kota kecil di utara Uruguay.

Bentuk font italic pada font ini miringnya lembut, berirama, dan membawa pesona khusus untuk penggunaan teks dan judul. Download di tautan berikut ini Font Arapey

New York

Jika Anda sedang memikirkan font keren untuk dipakai sebagai desain sampul majalah, Anda mungkin harus mempertimbangkan font yang satu ini.

New York adalah salah satu jenis font Serif dengan bentuk dasar yang cenderung bulat, terutama pada karakter huruf kecilnya. Ketebalan pada setiap karakter hurufnya pun bervariasi.

Font ini membawa kesan yang elegan dan menggambarkan mode atau fashion kelas atas. Selain itu, bentuk font ini juga terbilang timeless sehingga Anda bisa menggunakannya pada periode waktu kapan pun. Font New York

Optimus Princeps

Optimus Princeps adalah salah satu font yang membawa kesan vintage pada desain Anda. Font ini memiliki struktur karakter yang tajam dan tebal hampir pada semua sisi.

Font jenis ini akan lebih optimal jika digunakan sebagai teks judul atau headline karena struktur huruf kapitalnya yang gagah.

Jika menggunakan font ini, Anda akan teringat pada masa periode Yunani karena bentuknya yang identik dengan masa lampau. Anda dapat mengunduhnya di tautan berikut ini Font Optimus Princeps

Bodoni XT

Font yang satu ini cukup populer digunakan dan sering dijadikan referensi atau rujukan dari beberapa font baru. Desain Bodoni XT yang khas yaitu dengan ketebalan karakter hurufnya yang bervariasi.

Selain itu, font ini memiliki bentuk dasar yang cenderung melengkung dengan jarak agak rapat. Secara keseluruhan, font ini akan memberikan kesan modern namun elegan. Untuk mengunduhnya Anda dapat menggunakan tautan berikut ini Font Bodoni XT

Timeless

Sama seperti namanya, font Timeless dapat Anda gunakan tanpa perlu memusingkan waktu atau tren. Font ini termasuk dalam jenis font Serif, dapat dilihat dari garis yang ada pada kaki huruf.

Namun, ciri khas font ini adalah garis yang ada pada kaki huruf cenderung tipis, kecil, dan minimalis. Hampir seperti karakteristik font Sans Serif. Hal tersebut memberikan kesan modern, elegan, dan juga fleksibel.

Font ini dapat digunakan pada keperluan pribadi maupun komersil. Selain itu, Timeless tersedia dalam versi regular dan bold. Untuk mengunduhnya, klik tautan berikut ini Font Timeless

Day Roman

Font keren selanjutnya adalah Day Roman. Berbeda dengan tipikal font Serif pada umumnya, Day Roman memiliki detail karakter huruf yang cenderung lebih melengkung.

Serif bracketed bisa ditemukan pada font ini, yang merupakan ciri umum pada font jenis Serif. Sama seperti font sebelumnya, Day Roman dapat Anda gunakan secara bebas untuk keperluan pribadi maupun komersil. Font Day Roman

Sanchez

Sánchez adalah produk pertama dari kumpulan font Latinotype. Font ini adalah jenis font Serif yang diklasifikasikan pada Slab Serif, atau Mesir, yang memiliki kemiripan yang kuat dengan Rockwell yang ikonik.

Perbedaannya terletak pada tepi yang membulat— menawarkan kontras dan keseimbangan pada struktur persegi.

Sánchez terdiri dari 12 varian, mulai dari ekstra terang hingga hitam, masing-masing memiliki tinggi x yang sama. Varian reguler dan miring tersedia secara gratis. Font Sanchez

Imperator

Selanjutnya ada font keren yang bernama Imperator. Font ini merupakan salah satu jenis font Serif dengan keunikan tersendiri. Kombinasi dari huruf kapital dan kecilnya menghasilkan kesan vintage.

Selain itu, Anda dapat menggunakan font ini untuk keperluan pribadi maupun komersil secara bebas. Berikut ini tautan untuk mengunduh Font Imperator

IM Fell Types

Jika Anda mencari font dengan variasi yang banyak dan bisa Anda eksplor, IM Fell Types mungkin bisa Anda pertimbangkan. Font ini memiliki 16 variasi yang bisa Anda gunakan secara bebas.

Pada bentuk regularnya, font ini memiliki ketebalan yang berbeda sehingga menciptakan kesan modern dan timeless. Anda bisa mengunduhnya di Font IM Fell Types

Roman Serif

Font selanjutnya adalah Roman Serif. Jika Anda ingin menggunakan font dengan jenis Serif namun tidak ingin terlalu formal, Anda dapat menggunakan font yang satu ini.

Roman Serif memiliki serif bracketed yang tidak begitu menonjol. Garis pada setiap kaki hurufnya cenderung tipis dan kecil sehingga memunculkan kesan fleksibel dan kasual. Roman Serif

Typography Times

Typography Times memilik 4 variasi yaitu regular, italic, bold, dan bold italic. Variasi tersebut cukup untuk kebutuhan basic atau dasar dalam desain Anda.

Bentuk huruf pada font ini cenderung rendah dan lebar ke samping. Selain itu, serif bracketed yang terdapat pada font ini lebih panjang dan tajam. Typography Times

Derivia

Selanjutnya ada font Derivia. Tampilan regular pada font ini cenderung lebih tipis dari pada ukuran regular normal pada font lain. Selain itu, bentuk dasar font ini juga cenderung bulat atau melengkung.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin memunculkan kesan minimalis dan terlihat memiliki banyak ruang kosong, Anda bisa menggunakan font keren yang satu ini. Font Derivia

10

Dongle

Apabila Anda mencari font dengan gaya yang lebih kasual atau informal, maka Anda bisa mencoba font Dongle. Font yang satu ini termasuk dalam jenis font Sans Serif.

Dongle adalah jenis huruf Sans Serif dengan tampilan bulat. Nama Dongle(동글) berasal dari onomatopoeia Korea, yang berarti ‘bentuk bulat atau melengkung (dengan kesan menggemaskan)’. Font Dongle

Lato

Selanjutnya ada Lato yang merupakan font keren rancangan Łukasz Dziedzic pada 2010. Lato dalam bahasa Polandia berarti “musim panas”. 

Sama seperti namanya, detail font ini didesain untuk menggambarkan kesan “hangat”. Font ini menampilkan kesan “transparan” saat digunakan sebagai body text.

Namun, akan semakin tebal jika digunakan dengan ukuran besar. Font Lato

Montserrat

Montserrat merupakan font rancangan Julieta Ulanovsky, yang terinspirasi dari keindahan tipografi perkotaan Montserrat di Argentina pada awal abad ke-20.

Sekilas, font terbaru Montserrat terkesan modern, tetapi juga klasik di saat yang bersamaan. Bentuk font Montserrat pun didesain ringan, sehingga tetap nyaman dibaca pada teks panjang. Font Montserrat

Zen Kaku Gothic Antique

Zen Kaku Gothic N adalah keluarga San Serif (Gothic) dasar Jepang. Dengan font ini, Anda dapat mengekspresikan pengaturan huruf yang bagus tanpa perlu pengaturan detail profesional.

Karena desainnya yang unik namun sederhana, ini memberikan keterbacaan yang tinggi secara alami. Mudah digunakan dan dibaca.

Zen Kaku Gothic A adalah keluarga sans serif klasik namun sederhana dan bergaya. Sangat mudah dibaca karena desain bentuk huruf ortodoks.

Bagus untuk berbagai penggunaan, dari judul hingga teks, dan bahkan keterangan. Font Zen Kaku Gothic Antique

Poppins

Jenis huruf Sans Serif geometris telah menjadi desain yang populer sejak para aktor naik ke panggung dunia. Poppins adalah salah satu pendatang baru dalam tradisi panjang ini.

Setiap bentuk huruf hampir monolinear, dengan koreksi optik diterapkan pada sambungan guratan yang diperlukan untuk mempertahankan warna tipografi yang merata.

Tinggi karakter dasar Devanagari dan tinggi ascender Latin adalah sama; Huruf kapital Latin lebih pendek dari karakter Devanagari, dan tinggi x Latin diatur agak tinggi. Font Poppins

Raleway

Font sans serif selanjutnya yaitu Raleway. Font populer ini cocok untuk desain Anda yang memiliki tema simpel, minimalis, dan bersih. 

Hal itu karena potongan atau gaya Raleway yang memberikan kesan elegan, tetapi tetap sederhana. Dengan begitu, Anda bisa mendownload font gratis ini dan menggunakannya sebagai teks isi. Font Raleway

Nunito

Nunito adalah family font jenis huruf Sans Serif yang seimbang, dengan 2 versi. Produk pertama dimulai dengan Nunito, dibuat oleh Vernon Adams sebagai Sans Serif bulat untuk tipografi tampilan.

Kemudian dikembangkan oleh Jacques le Bailly dengan versi Serif yaitu bentuk non-bulat regulernya. Font Nunito

Titillium Web

Titillium Web merupakan hasil dari project di Accademia, Urbino, yang dirancang dan dikembangkan oleh para mahasiswanya. 

Meski begitu, dengan mendownload font gratis ini, dapat menampilkan kesan profesional dan formal. Jadi, sangat pas Anda gunakan pada website bisnis ataupun toko online. Font Titillum Web

Quicksand

Quicksand adalah tampilan font keren Sans Serif dengan bentuk bulat. Proyek ini digagas oleh Andrew Paglinawan pada tahun 2008 dengan menggunakan bentuk geometris sebagai pondasi inti.

Font ini dirancang untuk tujuan penampilan tetapi tetap cukup terbaca untuk digunakan dalam ukuran kecil. Pada tahun 2016, font ini direvisi secara menyeluruh oleh Thomas Jockin untuk meningkatkan kualitas. Font Quicksand

Josefin Sans

Ide dari font ini adalah untuk menjadi font dengan bentuk geometris, elegan, dengan perasaan vintage, untuk digunakan pada ukuran yang lebih besar.

Josefin Sans terinspirasi oleh desain geometris Sans Serif dari tahun 1920-an. Tinggi x adalah setengah jalan dari garis dasar ke tinggi topi, proporsi yang tidak biasa. Josefin Sans

Dancing Script

Dancing Script adalah bentuk font kasual yang memberi kesan hidup di mana huruf-hurufnya memantul dan ukuran yang berbeda-beda. Huruf kapitalnya besar, dan berada di bawah baseline.

Dancing Script merujuk pada tipografi font populer dari tahun 50-an. Anda dapat menggunakan font ini jika menginginkan tampilan yang ramah, informal, dan spontan. Font Dancing Script

Pacifico

Mirip dengan namanya, Pacifico dibuat oleh Vernon Adams karena terinspirasi oleh budaya berselancar di Amerika. 

Maka dari itu, jika dilihat seksama font script ini memiliki aksen khas lengkungan bersambung layaknya ombak. Font Pacifio

Patrick Hand

Patrick Hand adalah font keren berdasarkan tulisan tangan desainer itu sendiri. Font ini dikembangkan untuk menghadirkan efek tulisan tangan yang mengesankan pada teks Anda.

Font ini memiliki semua karakter latin dasar serta sebagian besar karakter latin yang diperluas. Selain itu, mencakup pula beberapa karakter spesial seperti tanda kutip, hati, dan bunga! Font Patrick Hand

Caveat

Peringatan adalah salah satu jenis font Handwriting yang dirancang oleh Pablo Impallari. Font ini dirancang untuk anotasi pendek dan penggunaan teks isi.

Font memiliki fitur OpenType yang memungkinkan huruf memiliki sedikit variasi sesuai dengan kemunculannya dalam sebuah kata, untuk nuansa tulisan tangan yang alami. Font Caveat

Satisfy

Apakah Anda mencari bentuk font Handwritten menggunakan kuas dengan sedikit pizazz? Mungkin Anda bisa mencoba font yang satu ini.

Satisfy memberi Anda tampilan klasik yang tak lekang oleh waktu dengan sentuhan modern yang unik. Font Satisfy

Cookie

Font Cookie didesain oleh Ania Kruk dengan ciri khas seperti sapuan kuas kaligrafi. Cookie sangat cocok untuk website yang ingin menonjolkan kesan natural dengan huruf tegak bersambung.

Namun, agar tetap nyaman dibaca, sebaiknya font gratis ini digunakan pada body text yang tidak terlalu panjang. Font Cookie

Amatic SC

Amatic SC (Small Caps) adalah webfont gambar tangan yang sederhana namun efektif. Font ini dapat digunakan untuk memberi judul dan teks kecil.

Awalnya dirancang oleh Vernon Adams, dan dirancang untuk digunakan secara bebas di internet oleh browser web di komputer desktop, laptop, dan perangkat seluler. Font Amatic SC

pari

Parisienne

Parisienne adalah font tegak bersambung dengan tema kasual yang terinspirasi oleh iklan pakaian dalam tahun 1960-an. Font ini memiliki sedikit pantulan dan ketidakteraturan yang disengaja.

Sehingga membuat tampilan font ini sedikit lebih formal. Klasik, namun berjiwa bebas, ini adalah gaya huruf untuk berbagai macam penggunaan. Font Parisienne

Sacramento

Jenis huruf Sacramento berbentuk monoline, dengan tulisan semi tegak bersambung yang terinspirasi oleh karya brosur seniman tulisan tangan tahun 1950-an dan 1960-an.

Font ini berada di garis tipis antara gaya huruf formal dan kasual, namun memiliki kesan yang kuat untuk headline dan judul. Font Sacramento

Handlee

Handlee didasarkan pada tulisan tangan tipografer Joe Prince. Bentuk lengkungannya yang tidak konsisten memberikan kesan tulisan tangan manusia yang tercermin dalam karakternya.

Handlee adalah font yang bagus untuk halaman web mana pun yang ingin menambahkan kepribadian dan karisma. Font ini memungkinkan untuk diperkecil ke ukuran yang sangat kecil sambil tetap mempertahankan keterbacaan.

Semua detail kecil dan pertimbangan cermat di Handlee menjadikannya font yang sempurna untuk proyek apa pun. Font Handlee

Niconne

Nicone didasarkan pada desain tipografer Stephenson Blake, Madonna, yang pertama kali dirilis pada tahun 1925. Madonna sendiri didasarkan pada tampilan sebelumnya yang dikenal sebagai ‘Bernhard Cursive’.

Nicone telah didesain ulang dan dibentuk untuk membuat versi baru dari jenis huruf tahun 1925 yang sekarang dapat digunakan secara bebas sebagai font web di seluruh internet oleh browser web pada komputer desktop, laptop, dan perangkat seluler. Font Niconne

Press Start 2P

Press Start 2P adalah font bitmap yang didasarkan pada desain font dari game arcade Namco tahun 1980-an. Font keren ini bekerja paling baik pada ukuran 8px, 16px dan kelipatan 8.

Meskipun desain huruf besar dan angka berasal dari “Sprint” Atari (1977), bentuk karakter lain pada font ini ini didasarkan pada yang dari “Return of Ishtar” (1986), salah satu game pertama yang menyertakan dan secara teratur menggunakan huruf kecil serta huruf besar dalam font layarnya.

Berbeda dengan font asli dari “Return of Ishtar”, Press Start 2P menyertakan berbagai macam karakter Unicode non-ASCII untuk penggunaan pan-Eropa, termasuk Yunani dan Cyrillic. Font Press Start 2P

Gluten

Gluten adalah font yang lezat! Font ini akan memberikan kesan ramai, berbentuk dasar bulat, dan 100% menyenangkan. Font Gluten

Lobster

Font Lobster sangat populer dengan ciri khasnya yaitu, kombinasi tebal, tipis, dan aksen melengkungnya.

Lobster memang sangat mudah untuk dibaca, tetapi karena memiliki karakter yang unik, maka font ini cocok untuk judul ataupun heading di website. Font Lobster

Righteous

Righteous awalnya terinspirasi oleh bentuk huruf kapital dari poster deco seniman Hungaria Robert Berény untuk Modiano.

Berbasis grid dan geometris dalam eksekusinya, sehingga memudahkan untuk dibaca pada berbagai ukuran titik.

Berbeda dengan sumber inspirasi, Righteous memiliki huruf kecil penuh untuk meningkatkan fleksibilitas penggunaan. Font Righteous

Fredoka One

Jika Anda ingin mencari font dengan tampilan yang tebal namun memunculkan kesan kasual dan menyenangkan, Anda dapat mencoba Fredoka One.

Fredoka One adalah font dengan bentuk yang besar, bulat, tebal, dan sempurna untuk menambahkan sedikit kesenangan pada judul atau teks besar apa pun. Font Fredoka One

Rubik Beastly

Jika Anda sedang mencari font keren dekoratif dengan bentuk yang unik namun tetap bisa terbaca, Rubik Beastly adalah salah satu alternatif yang Anda punya.

Font ini memiliki bentuk yang besar dengan ujung tumpul. Selain itu, Anda akan menemukan ornamen atau detail yang menyerupai duri tajam di sekeliling huruf.

Rubik Beastly adalah desain asli yang dihasilkan skrip berdasarkan Google Font Rubik oleh Hubert dan Fischer, Meir Sadan dan Cyreal. Font Rubik Beastly

Monoton

Tidak seperti namanya, font Monoton justru menghadirkan kesan unik ketika digunakan. Fokus desainnya yaitu pada tiga hingga empat garis yang membentuk sebuah font.

Nah, karena keunikannya tersebut, disarankan menggunakan font ini di-setting pada ukuran minimal 30. Jika terlalu kecil, maka akan mengurangi kenyamanan. Font Monoton

9

Creepster

Apabila Anda ingin membuat desain dengan tema menyeramkan, Creepster adalah salah satu font yang bisa Anda gunakan untuk tema tersebut. Font ini memiliki bentuk cenderung lebih kecil di bagian bawah.

Jika Anda melihatnya sekilas, font ini akan identik dengan berbagai acara seram seperti Halloween, Hantu, dan sejenisnya.

Creepster adalah font yang menakutkan, cocok untuk semua kebutuhan grafis Anda yang mengerikan! Font Creepster

Fredericka the Great

Berdasarkan informasi dari desainer font ini, Fredericka mengingatkannya akan hari-hari kuliah dan menghabiskan malam membuat presentasi yang digambar tangan di papan, sketsa arsitektur dan poster serikat mahasiswa.

Font ini akan memunculkan kesan menyenangkan, santai, rapi, dan klasik. Dirancang oleh Crystal Kluge of Tart Workshop. Font Fredericka the Great

Rye

Font gratis buatan Nicole Fally ini, memiliki ciri khas tebal, ruang kosong di bagian vertikal, dan efek cubitan horizontal. Sungguh unik! Rye sering kali digunakan sebagai iklan, poster, ataupun papan nama.

Padahal, font ini khusus dibuat untuk website, lho. Penggunaan Rye di website sangat cocok untuk posisi menonjol seperti heading, judul blog, dan lainnya. Font Rye

Wallpoet

Wallpoet terinspirasi oleh pesan yang seringkali politis, pendek, terkadang provokatif, terkadang lucu atau keduanya, yang ditemukan di tembok kota, yang disemprotkan oleh beberapa agen anonim.

Ide dibalik font keren ini adalah membuat font dengan sedikit terobosan, tapi tetap mudah digunakan untuk template graffiti.

Cetak, potong & semprot – menjadi konsep utama. Itu sebabnya ia tidak memiliki lengkungan dan tentu saja adalah font stensil.

Dengan font ini, Lars ingin menghormati adegan gerilya perkotaan, yang telah mengilhami dia begitu sering. Font Wallpoet

8

Short Stack

Jenis font Short Stack adalah jenis huruf yang memiliki bentuk semi-geometris dengan kontras rendah yang terinspirasi oleh huruf tulis kekanak-kanakan.

Font ini akan memunculkan kesan kokoh, jelas tetapi juga aneh dan menyenangkan. Selain itu font ini berfungsi dengan baik dari ukuran teks sedang hingga ukuran tampilan yang lebih besar. Font Short Stack

Nah, itu dia rekomendasi font keren dari kami. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *