Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Affiliate Marketing

Affiliate Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja

Kembangkan bisnis Anda dengan sistem Affiliate Marketing. Baca artikel kami untuk mengetahui selengkapnya.

Membahas tentang affiliate marketing selalu identik dengan ecommerce. Affiliate marketing ini, lebih dikenal sebagai program yang digunakan untuk model bisnis.

Prinsip sederhana dari affiliate marketing ini, adalah menjual barang dan jasa dengan basis komisi. Artinya Anda akan mendapatkan komisi, apabila ada pembeli yang membeli produk melalui link yang ada sebarkan.

Untuk lebih detail, pada artikel kali ini kami akan mengupas dengan tuntas tentang affiliate marketing.

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Affiliate Marketing

Mengenal Affiliate Marketing

Affiliate marketing didefinisikan sebagai salah satu metode pemasaran berbasis digital, yang digunakan sebagai model bisnis suatu ecommerce.

Dengan sistem memberikan komisi, kepada affiliater yang berhasil menjualkan produk atau jasa melalui internet.

Intinya, ketika Anda bergabung mengikuti program ini, maka untuk mendapatkan komisi, Anda harus membuat promosi di internet, dan ada pembeli yang membeli produk tersebut, melalui link produk yang Anda bagikan.

Affiliate marketing ini, bisa juga dikenal dengan istilah bisnis yang dapat menghasilkan komisi. Ketika Anda mengikuti dan bergabung dalam program ini, artinya Anda tidak mempunyai produk yang Anda jual.

Anda hanya membagikan, dan mempromosikan produk tersebut.

Jika dilihat dari ulasan sebelumnya, sebenarnya program ini hampir sama dengan bisnis makelar pada umumnya, namun perbedaannya kalau affiliate marketing ini melalui internet.

Program ini sangat cocok, dan bisa menjadi solusi terbaik buat Anda, yang tidak cukup mempunyai modal untuk membeli produk untuk dijual kembali. Artinya, Anda tetap bisa berbisnis tanpa modal melalui program affiliate marketing ini.

Dalam program bisnis tersebut, ada 3 hal penting yang saling berkaitan, dan mempengaruhi suksesnya bisnis, yaitu produk dan penjual, promosi atau iklan dan konsumen atau pembeli.

Untuk metode pembayaran komisi yang Anda dapatkan ada 2 yaitu ,pembayaran di awal atau bayar per produk yang terjual, dan pembayaran di akhir tiap bulan.

Anda tidak perlu khawatir, karena segala jejak Anda dalam melakukan promosi akan terekam secara otomatis sehingga aman terkendali.

Sekarang ada banyak orang yang telah mengikuti, dan bergabung program ini seperti blogger, youtuber, influencer dan masih banyak lagi.

Tentunya besar kecilnya komisi tergantung dari Anda sendiri, seberapa tekun dan kreatif dalam mengiklankan produk yang akan Anda jual.

Di era sekarang, telah banyak konten yang dimanfaatkan untuk promosi produk. Jadi, dengan mengikuti bisnis ini, Anda dituntut harus kreatif melakukaan promosi.

Promosi dapat dilakukan dengan membuat konten video sebagai ajang promosi untuk mengajak penonton membeli produk yang Anda tawarkan.

Affiliate marketing juga bisa dibilang memiliki jangkauan yang lebih besar dan luas. Hal ini, dikarenakan menggunakan internet sebagai media promosinya.

Kunci sukses menjalani bisnis ini, adalah seberapa sering Anda mempromosikannya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, agar banyak pembeli yang tertarik untuk membeli produk yang Anda jual.

Yang paling mudah adalah membuat video review produk. Review atau testimoni memang sangat jitu, dalam menarik konsumen untuk membeli.

Review produk inilah, yang membuat konsumen yakin, dan percaya akan kualitas produk yang Anda tawarkan. Hal penting lainnya, ketika Anda bergabung dalam affiliate marketing adalah Anda tidak perlu mencoba semua produk.

Melainkan Anda perlu melihat ulasan dari sebelumnya untuk bisa dijadikan konten promosi yang menarik.

2

Manfaat Affiliate Marketing

Ada beberapa manfaat affiliate marketing perlu Anda ketahui. Manfaat ini bisa didapatkan dari segi affiliater, maupun perusahan yang menjadi pemilik program ini.

Berikut beberapa manfaat untuk para affiliater yang perlu Anda ketahui :

Bisa Menjadi Passive Income untuk Anda

Anda bisa mendapatkan passive income, dengan bergabung dalam bisnis berbasis affiliate. Hal ini dikarenakan, Anda membuat list link produk yang Anda promosikan, yang mana list link ini, bisa Anda cantumkan di akun sosial media Anda.

Dengan begitu, Anda cukup membuat masking video di link yang Anda cantumkan, dan secara otomatis link ini akan berlaku seterusnya.

Dan ketika ada pembeli yang klik link tersebut, dan membeli produknya, maka Anda mendapatkan komisi. Affiliate marketing ini memang banyak diburu oleh masyarakat, karena banyak sekali manfaat yang didapatkan.

Tentunya jika program ini bisa Anda jalankan dengan tekun, ulet serta serius, maka income yang Anda dapatkan, juga akan sebanding dengan usaha Anda.

Anda bisa mendapatkan passive income yang lebih banyak lagi. Jika bisnis ini bisa berjalan stabil. Dan yang perlu Anda ketahui, dengan bergabung program ini, Anda harus konsisten, dan komitmen terhadap waktu.

Tidak Ada Batasan Bergabung Antar Program Affiliate Marketing

Tentunya, setiap ecommerce mempunyai program affiliate marketing ini. Artinya, Anda boleh mengikuti program tersebut, lebih dari 1 ecommerce atau perusahaan.

Anda tidak dibatasi harus mengikuti 1 program saja tidak. Hal ini tentunya menguntungkan, Anda bisa memiliki passive income lebih dari satu.

Jam Kerja yang Tidak Mengikat dan Fleksibel

Manfaat yang satu ini berlaku jika, bisnis affiliate marketing yang Anda jalani sudah berjalan stabil, dan sudah menjadi pendapatan utama.

Artinya jam kerja Anda sebagai affiliater tidak mengikat, dan fleksibel. Anda bisa menentukan sendiri, waktu untuk membuat konten promosi yang menarik.

Manfaat yang didapatkan dari ecommerce atau perusahaan sebagai pemilik affiliate marketing antara lain :

Tidak Membutuhkan Karyawan Tetap

Salah satu manfaat affiliate marketing bagi ecommerce atau perusahaan, adalah bisa memperkecil jumlah karyawan. Artinya, pihak perusahaan akan lebih menghemat budget.

Selain itu, pihak perusahaan juga bisa menghemat biaya, untuk pengeluaran marketing. Pihak perusahaan cukup memberikan komisi kepada masyarakat, yang telah menjadi affiliater.

Tentunya hal ini saling menguntungkan satu sama lain. Dalam ilmiah dikenal dengan simbiosis mutualisme.

Dapat Menjangkau Pasar Lebih Luas

Tidak bisa dipungkiri, hal yang berbasis online akan bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Seperti halnya bisnis dengan sistem affiliate, menggunakan internet dan sosial media sebagai media promosi.

Tentunya hal ini lebih menguntungkan daripada pasar offline. Dengan media online, peluang tepat sasaran target pasar lebih besar, daripada pasar offline.

Hal ini dikarenakan di era sekarang, hampir semua orang telah menggunakan media online.

Bisa Menjual Semua Jenis Produk

Mengingat affiliate marketing ini menggunakan media online, maka Anda bisa menjual semua jenis produk mulai dari kebutuhan sehari-hari, skincare, fashion dan lain lain.

Beda dengan pasar offline, Anda membutuhkan modal untuk stok produk yang ingin  dijual. Tentunya hal tersebut, banyak menjadi kendala orang-orang dalam berbisnis marketing.

Namun dengan Anda bergabung dengan bisnis dengan sistem affiliate,  Anda bisa tetap berbisnis tanpa perlu memiliki modal terlebih dahulu. 

3

Cara Kerja Affiliate Marketing

Pada dasarnya, cara kerja affiliate marketing adalah menjualkan produk atau jasa dengan menggunakan media digital, atau online seperti internet.

Oleh sebab itu, diperlukan tanggung jawab dari masing-masing pelaku affiliasi. Agar bisnis bisa berjalan secara maksimal, dan optimal.

Ada 3 pelaku affiliate marketing yaitu penjual produk, affiliate atau iklan atau promosi, dan konsumen atau calon pembeli.

Ketiga pelaku tersebut, tentunya harus bisa berjalan dengan optimal, artinya tidak bisa jika salah satu pelaku ini tidak bekerja dengan baik.

Sebagai penjual atau pembuat sebuah produk, tentunya penjual perlu memperhatikan produk apa saja dan jenis apa yang akan dijual.

Misal ingin menjual produk skincare. Tentunya penjual akan fokus ke skincare mulai dari manfaat, hingga harga yang bisa bersaing. Pelaku pertama ini, merupakan pondasi awal berjalannya bisnis.

Apabila penjual produk saja tidak tepat dalam mengatur produk, seperti tidak ada keterangan original produk, ataupun manfaat dari produk yang dijual. Maka, ini akan menghambat pada pelaku affiliasi selanjutnya.

Sebagai pelaku affiliate atau sering dikenal dengan affiliater, tentunya mempunyai tanggung jawab utama, yaitu promosi atau iklan.

Dalam bisnis affiliate, para affiliater membutuhkan media sosial, seperti akun instagram atau facebook, yang nantinya bisa digunakan untuk media promosi.

Biasanya, para affiliater membuat list link produk yang akan mereka promosikan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para konsumen, atau calon pembeli dalam mencari link tersebut.

Dalam mempromosikan produk, tentunya tiap affiliater memiliki cara dan strategi yang berbeda dalam proses periklanan.

Ada yang membeli produk kemudian di review secara langsung, namun ada yang tidak membeli produk, namun mampu membuat yang menarik.

Sebagai konsumen, ini juga menjadi aspek penting, bahkan bisa dibilang sebagai aspek pokok, dalam menentukan kesuksesan bisnis affiliasi.

Karena prinsip utama atau goal dari affiliate ini, adalah agar produk bisa terjual. Tentunya Anda harus cermat juga melihat permintaan para konsumen.

Hal ini perlu dilakukan, agar konsumen bisa tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Oleh sebab itu, diperlukan strategi periklanan yang tepat, agar peluang untuk konsumen membeli produk menjadi lebih besar.

4

Cara Sukses Menjalankan Bisnis Berbasis Affiliate Marketing

Menjalani bisnis affiliate marketing ini, bisa dibilang tidak sulit. Anda perlu mengetahui cara sukses menjadi affiliater, dengan menghasilkan income yang besar.

Agar sukses menjalani bisnis tersebut, Anda membutuhkan strategi yang tepat, dan benar dalam mempromosikan produk yang akan Anda jual, dan tawarkan kepada konsumen.

Berikut ini adalah strategi jitu, agar Anda sukses menjalani bisnis affiliasi, diantaranya sebagai berikut:

Jangan Hanya Fokus pada Komisi

Strategi pertama, adalah Anda perlu fokus kepada semua aspek yang mendukung suksesnya bisnis ini. Aspek tersebut salah satunya adalah review produk.

Banyak konsumen yang mencari produk tidak hanya melihat produk saja, namun mencari orang yang sudah pernah menggunakan produk tersebut.

Jadi, Anda perlu memperhatikan hal tersebut dengan cermat. Apabila Anda hanya fokus pada komisi saja. Tentunya, hal ini tidak akan memaksimalkan kerja Anda dalam berbisnis program ini.

Yang perlu Anda ingat ada 3 pelaku affiliasi yang sangat menentukan suksesnya bisnis ini.

Alangkah baiknya memperhatikan ketiga aspek tersebut, agar hasilnya bisa optimal, dan banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Membuat Video Review yang Menarik

Review sendiri sudah menjadi hal penting dalam dunia promosi. Selain itu, review bisa dijadikan sebuah sarana pokok, untuk mengantarkan konsumen, agar tertarik dan membeli produk yang Anda tawarkan.

Yang perlu Anda pahami juga, dalam membuat video review, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dalam pembuatan video review yang menarik ini, dibutuhkan tingkat kreatifitas dalam membuat konten.

Anda Perlu Memahami Target Pasar Produk yang Akan Dijual

Berbicara tentang target pasar, produk memang menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam mempromosikan produk.

Anda perlu memahami target pasar produk, karena ini menentukan peluang besar kecilnya pembeli yang akan membeli produk Anda.

Sebagai contoh, Anda ingin menjual produk skincare. Tentunya yang ada di benak pikiran Anda adalah wanita.

Hal ini karena yang paling banyak menggunakan skincare adalah kaum wanita. Skincare pun bermacam-macam, ada yang harga termurah hingga yang paling mahal.

Dari segi harga saja, memiliki target pasar yang berbeda. Tidak logis jika skincare harga mahal, Anda promosikan kepada perempuan yang masih sekolah atau pelajar.

Mungkin bisa saja ada pelajar yang mampu membeli, namun peluangnya tidak banyak. Untuk skincare dengan harga yang relatif mahal. Anda bisa mempromosikannya kepada wanita yang sudah memiliki penghasilan sendiri.

Inilah pentingnya mengapa harus tepat target pasar, dalam mempromosikan suatu produk.

Selain itu, Anda juga perlu memahami pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh konsumen, tentang produk yang akan dijual.

Anda perlu mengemas video promosi yang menarik, menggunakan kata-kata yang bersifat persuasif.

Anda Perlu Riset Keyword (SEO)

Strategi affiliate marketing yang keempat ini, juga tidak kalah penting untuk menunjang kunci sukses dalam menjalani bisnis.

Anda perlu melakukan riset keyword yang banyak dicari oleh orang. Tentunya, hal tersebut akan membuat video atau konten Anda, banyak dicari.

Jadi tujuan dari riset keyword tersebut, adalah agar Anda bisa tahu kata apa saja yang sering dicari oleh orang. Dari situ, Anda bisa menggunakan kata tersebut, untuk membuat promosi produk Anda.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kaidah SEO. Hal ini dilakukan agar konten atau promosi Anda, memiliki peluang muncul pertama lebih banyak, dan akhirnya konten Anda banyak diketahui oleh orang.

Dari pembahasan di atas, sebenarnya cukup sederhana tugas Anda, jika ingin bergabung menjadi affiliater dalam program affiliate marketing.

Namun, jika tidak dijalankan dengan serius dan baik, maka hasilnya pun juga tidak akan optimal. Bisnis dengan sistem affiliate ini, menjadi solusi terbaik untuk Anda jika tidak bisa bekerja di luar rumah.

Jika Anda seorang Ibu Rumah Tangga yang memiliki kesibukan dirumah, sehingga tidak memungkinkan untuk bekerja di luar. Bergabung menjadi bisnis affiliate bisa menjadi solusi terbaik.

Anda bisa tetap produksi menghasilkan uang, tanpa perlu keluar rumah. Karena Anda tak membutuhkan modal. Selain itu, jam kelebihan lainnya adalah jam bekerja yang fleksibel.

Karena bergabung menjadi affiliater tidak perlu membutuhkan modal. Tentunya tidak ada alasan lain lagi untuk Anda tidak menjalankan bisnis ini.

Artikel ini telah memberikan Anda, strategi handal agar sukses menjalani bisnis affiliate. Anda perlu mempraktikkan 4 tips diatas agar bisnis affiliasi Anda bisa berjalan stabil, dan optimal.

Sehingga, nantinya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang bersifat passive income. Jadi, tunggu apa lagi, yuk mulai pertimbangkan pentingnya affiliate marketing untuk perusahaan Anda.

Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya, hanya di www.socialmediamarketer.id sekarang juga.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.