Pengertian Loyalty Program dan Cara Mengembangkannya

Pengertian Loyalty Program dan Cara Mengembangkannya

Memiliki banyak konsumen yang rutin membeli berbagai produk yang dikeluarkan tentunya menguntungkan bagi penjual. Ditambah lagi apabila pembeliannya sampai jutaan. Guna meningkatkan loyalitas pelanggan, penjual bisa menggunakan Customer Loyalty Program.

Banyaknya kompetitor yang menjual barang yang sama akhirnya membuat penjual tidak hanya melakukan inovasi pengembangan produk namun juga mencari cara untuk mempertahankan pelanggan yang dimiliki.

Selain mengadakan berbagai promosi yang menarik untuk mengikat konsumen baru, penjual juga bisa melakukan strategi untuk mengikat pelanggan yang telah berlangganan lama dan selalu membeli dengan jumlah banyak.

Hal ini dilakukan agar pelanggan tetap bertahan bersama untuk membeli produk sehingga hasil penjualan pun tetap aman. Salah satunya adalah dengan memberikan program layanan khusus untuk pelanggan yang biasa dinamakan customer loyalty program.

Dengan pemberian program layanan khusus ini juga mencegah agar pelanggan tidak dibajak oleh kompetitor lain.

Melaui customer loyalty program, penjual bisa mengikat pembeli dengan berbagai bonus yang diberikan mulai dari potongan harga hingga pemberian hadiah yang fantastis.

Akan tetapi sebelum memberikan customer loyalty program kepada pelanggan, ketahui dulu cara mengembangkannya agar anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

apa itu loyalty program

Apa Itu Loyalty Program

Tidak hanya melakukan berbagai inovasi produk untuk mengikat berbagai konsumen baru, penjual juga harus memikirkan cara mengikat pelanggan lama agar tidak lari dan berpaling ke kompettitor.

Karenanya, penjual bisa memberikan perlakuan special kepada pelanggan tersebut dengan berbagai penawaran menarik dan juga program-program yang menguntungkan.

Pemberian program-program kepada pelanggan ini dinamakan Customer Loyalty Program. Dengan pemberian perlakuan khusus ini diharapkan pelanggan bisa bertahan lama dan juga semakin rajin untuk membeli berbagai produk yang ditawarkan.

Berbagai program yang bisa diberikan adalah potongan harga, pemberian barang-barang khusus, dan juga voucher belanja atau menginap di hotel bintang lima yang tentu saja menggiurkan bagi pelanggan.

Tak hanya itu, penjual juga bisa menarik pembeli untuk menjadi pelangan tetap dengan memberikan kartu member yang dapat menghitung setiap pembelanjaan yang dilakukan. Hasil dari pembelanjaan tersebut bisa berupa point yang bisa ditukarkan pada periode waktu terbatas.

Pemberian pelayanan khusus ini tentu saja akan membuat pelanggan lebih setia dan juga memberikan keuntungan berlebih bagi penjual. Karenanya berikut keuntungan lain dari adanya Customer Loyalty Program

manfaat loyalty program untuk bisnis

Manfaat Loyalty Program Untuk Bisnis

Pelanggan yang selalu tertarik pada produk baru yang ditawarkan dan membeli barang dalam jumlah banyak tentu menjadi aset yang harus dijaga baik-baik.

Disisi lain, banyak juga kompetitor yang menawarkan produk yang sama dan pelayanan menarik terkadang bisa membuat pelanggan mencoba berbagai produk kompetitor yang ada.

Karenanya agar mengeratkan hubungan antara penjual dan customer serta membedakan diri dari kompetitor maka penjual bisa memberikan layanan khusus yang dinamakan customer loyalty program.

Dengan berbagai layanan ini penjual bisa membuat pelanggan bertahan lebih lama serta tidak berpaling ke produk lainnya.

Mengeratkan Hubungan Dengan Customer

Salah satu tujuan dibuatnya customer loyalty program tentu saja untuk mengeratkan hubungan antara penjual dengan konsumen. Dengan meningkatnya hubungan ini, tentu saja akan menaikkan brand awareness pembeli terhadap berbagai produk yang ada.

Pelanggan juga bisa diikutkan pada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengeratkan hubungan, beberapa kegiatan tersebut bisa berupa konsultasi produk bersama ahlinya dan juga influencer terkenal yang memiliki hubungan dengan produk yang dimiliki.

Tidak hanya itu, pelanggan juga bisa mendapatkan akses khusus untuk mencoba berbagai produk baru secara terbatas sehingga pelanggan akan merasa eksklusif dan juga istimewa dibandingkan pembeli lain.

Berbagai kegiatan bersama pelanggan ini juga bisa diungah di berbagai social media yang dimiliki sehingga akan menarik lebih banyak konsumen baru menjadi pelanggan dengan cara terus menerus membeli produk yang ada.

Selain itu, penjual juga bisa memberikan kado, potongan harga khusus, dan voucher makan atau menginap pada pelanggan yang tengah berulang tahun sehingga merasa dispesialkan. Pemberian kado ini bisa berupa produk baru yang diluncurkan atau produk incaran dari konsumen.

Adapaun untuk pembelian diskon, penjual bisa memberikan tenggat waktu untuk menebus diskon tersebut sehingga akan berdampak juga pada penjualan produk.

Perayaan ulang tahun yang spesial ini biasanya juga dirayakan dengan orang-orang terdekat. Karenanya penjual bisa memberikan hadiah berupa voucher makan di restoran atau menginap selama beberapa hari untuk menyenangkan hati pelanggan.

Tak hanya itu, penjual juga bisa memberikan parsel produk kepada konsumen yang merayakan berbagai hari-hari besar tertentu yang disertai dengan kartu ucapan untuk meningkatkan hubungan dengan konsumen.

Pemberian berbagai hadiah ini juga harus melallui tahap scanning apakah pelanggan sudah mencapai pembelian yang cukup untuk mendapatkan hadian tersebut.

Bersaing Dengan Kompetitor

Persaingan usaha yang ketat terkadang membuat kita bersaing dengan kompetitor lain untuk mendapatkan konsumen baru dan juga mempertahankan pelanggan lama.

Karenanya agar pelanggan dan konsumen tersebut tidak beralih ke kompetitor lain, penjual bisa memberikan berbagai layanan yang memanjakan pembeli yang baru mengenal produk kita ataupun pelanggan yang sudah lama mengenal produk kita melalui customer loyalty program.

Dalam pemberian customer loyalty program ini pengguna bisa melihat pelayanan apa saja yang diberikan kompetitor kepada pelanggan setianya.

Hal ini bisa dilakukan untuk menyontek program tersebut atau memberikan pelayanan yang berbeda kepada pelanggan sehingga menjadi nilai lebih di mata pelanggan.

Selain itu, apabila customer loyalty program yang dilihat terlihat menarik di mata pelanggan maka tanpa sadar, bisnis anda akan dipromosikan melalui strategi mulut ke mulut yang terbukti lebih dipercaya dibandingkan strategi promosi online dan offline.

Nama Bisnis Bisa Lebih Terkenal

Tidak hanya promosi melalui social media atau penggunaan iklan di berbagai media offline. Salah satu media promosi yang terbukti efektif untuk meningkatkan konsumen dan pelanggan adalah dengan melalui promosi mulut ke mulut.

Hal ini bisa terlihat dari banyaknya bisnis yang berdiri selama puluhan tahun namun masih berdiri dan dicari oleh banyak orang karena rekomendasi secara turun menurun sehingga meskipun penjual serta pelanggan telah berganti namun produknya masih tetap abadi.

Promosi ini bisa dijadikan patokan banyak orang karena biasanya promosi melalui testimoni berasal dari pendapat asli konsumen sehingga hasilnya pun lebih dipercaya. Begitu pula dengan memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan melalui customer loyalty program.

Begitu pelanggan merasakan pelayanan terbaik dari program customer loyalty program ini maka pelanggan akan menceritakan kepada teman sesamanya yang tentu saja memiliki status yang sama untuk mendaftar ke produk tersebut. Apabila tertarik maka konsumen baru pun bisa ditarik.

Selain itu, apabila konsumen banyak merekomendasikan produknya kepada orang lain maka bisa ditawarkan untuk menjadi bagian dari kemitraan perusahaan sebagai salah satu customer loyalty program.

Penawaran mitra ini tentunya akan menguntungkan bagi penjual untuk mendapatkan konsumen baru secara mudah dan juga pelanggan mendapatkan hasil berupa komisi dari setiap orang yang membeli barang melalui hasil rekomendasinya.

Hal ini tentu saja akan menguntungkan bagi penjual untuk menambah konsumen secara cepat dan terpercaya.

contoh loyalty program yang bisa digunakan

Contoh Loyalty Program yang Bisa Digunakan

Penjual tentu saja ingin memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya, tidak hanya berupa layanan saat penjualan namun berbagai penawaran setelah berbelanja pun bisa dilakukan untuk mendekatkan hubungan satu sama lain.

Salah satu pelayanan after purchasing yang bisa dilakukan kepada pelanggan setia adalah dengan melakukan customer loyalty program yang bisa diberikan pada konsumen yang memberli produk dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu lama.

Banyaknya konsumen yang membeli barang anda tidak menjadi masalah karena anda bisa menawarkan opsi berupa kartu member yang berguna untuk menghitung poin belanja yang dihabiskan.

Guna mengetahui program-program apa saja yang bisa dilakukan, berikut beberapa saran layanan yang bisa ditawarkan.

Potongan Harga, Giveaway, dan Cashback

Semua orang tentu saja menyukai yang namanya potongan harga atau diskon, apalagi jika sudah memberli barang yang banyak tentu saja pemberian dikon ini bisa menghemat pengeluaran dan juga semakin untung.

Hal ini juga bisa membuat konsumen untuk terus datang ke toko atau layanan tersebut untuk mendapatkan potongan harga sehingga mengubah konsumen menjadi pelanggan.

Dengan adanya pelanggan juga penjual bisa meningkatkan hasil keuntungan produknya meskipun ada banyak kompetitor baru yang mengeluarkan beragam barang baru.

Karenanya adanya pelanggan ini juga bisa dilestarikan dengan pemberian diskon yang khusus bagi konsumen yang memiliki kartu member khusus.

Strategi ini juga sudah digunakan oleh berbagai brand besar yang sudah memiliki jutaan konsumen atau anda sendiri sudah memiliki kartu member karena sering berlangganan di satu produk.

Pemberian kartu member sendiri juga memudahkan penjual untuk mempromosikan berbagai promosi produk yang bisa dikirimkan kepada emal dan juga nomor telepon yang diberikan saat pendaftaran kartu member.

Tidak hanya itu, penjual juga bisa mengadakan even khsusus pelanggan sebagai customer loyalty program salah satunya adalah memberikan giveaway kepada produk kepada konsumen yang telah mencapai point tertentu.

Pemberian event terbatas ini juga bisa memacu pelanggan untuk membeli produk dalam jangka waktu tertentu sehingga penjual bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu cepat.

Dalam pemberian hadiah, sebaiknya penjual pun memberikan bingkisan yang unik dan eksklusif serta bernilai tinggi agar pelanggan tidak menyesal dalam membeli produk dalam jangka waktu banyak.

Tidak hanya itu, saat ini ada salah satu customer loyalty program yang sedang naik daun dan digunakan oleh berbagai market place.

Program cashback sendiri biasanya diberikan dalam bentuk poin yang bisa ditukarkan apabila konsumen kembali membeli barang di tempat tersebut.

Penjual juga bisa menggunakan strategi ini dengan mengakumulasikan jumlah perbelanjaan tertentu untuk cashbask poin yang bisa dimaukkan ke akun pengguna.

Pelanggan bisa mengumpulkannya dan menukarnya di event akhir tahun yang diadakan untuk mendapatkan berbagai potongan harga atau produk menarik yang ditawarkan penjual.

Berbagai program ini tentu saja menguntungkan bagi pembeli dan juga penjual.

Pemberian Hadiah

Setiap orang tentu saja senang apabila diberikan hadiah, apabila jika kado tersebut diberi untuk menyambut event-event khusus sepeti perayaan ulang tahun atau hari raya keagamaan tertentu.

Penjual bisa memanfaatkan berbaai momen ini dengan memberikan hadiah kepada pembeli. Salah satunya adalah pemnerian voucher berupa makan gratis di tempat tertentu atau potongan harga pada produk yang diinginkan.

Akan tetapi, apabila penjual ingin lebih spesial bisa memberikan produk makanan tertentu yang sedang naik daun dan disertai berbagai ucapan dan doa agar pembeli bisa merasa diperhatikan.

Pemberian perhataian ini juga bisa membantu untuk meningkatkan kedektakan antar pembeli dan penjual.

Event Terbatas

Pemberian event juga bisa membantu dalam meramaikan promosi yang dilakukan sehingga konsumen terkarik untuk mengunjungi atau membeli produk.

Penjual juga bisa memberikan berbagai event terbatas di setiap musimnya sehingga pelanggan dapat berlomba-lomba untuk memenangkan reward atau menambah jumlah point yang dimiliki.

Pada saat inilah, penjual juga bisa memberikan timbal balik berupa diskon pada produk tertentu, pemberian free service berupa pemberian produk.

Event ini pun juga bisa dilakukan kepada konsumen umum atau kepada pelanggan khusus membership. Tentunya hasil dan hadiah yang diberikan pun bisa berbeda sesuai dengan status yang dimiliki.

Membership

Memiliki konsumen yang banyak dan tersebar di berbagai daerah terkadang membuat bingung penjual untuk menentukan pembeli mana yang cocok untuk dijadikan prioritas pembelian agar keuntungan yang diraih cepat dicapai.

Karenanya untuk mengtasi masalah ini penjual bisa menggunakan sistem membership. Dimana pembeli yang mendapatkan limit penjualan tertentu bisa mendapatlkan ditawarkan untuk menjadi membership.

Bagi pembeli sendiri, menjadi member sebuah produk tentu saja memberikan keuntungan. Selain mendapatkan potongan harga khusus maka pembeli juga bisa memperoleh akses khusus pada produk tertentu yang baru rilis.

Hal ini juga akan membuat pelanggan terus menerus membeli produk untuk mengincar berbagai potongan harga yang ditawarkan.

Sebagai member sendiri, pelangan bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai diskon atau perilisan barang terbaru melalui email yang dikirimkan oleh penjual sehingga pelanggan akan mendapatkan informasi beru lebih dahulu dibandingkan konsumen biasa.

Dengan mendapatkan informasi terbaru, pelanggan bisa memesan berbagai produk terbatas lebih dulu dibandingkan konsumen lainnya sehinga akan meningkatkan kepercayaan diri seorang konsumen.

Tak hanya itu, dari sisi penjual makan akan mengamankan keuntungan yang konstan sehingga angka penjualan pun tetap aman. Penjual pun bisa memberian berbagai consumen loyal program yang menarik sehingga pelanggan bisa ikut berpartisipasi.

Penjual pun juga bisa menerapkan membership berjenjang dimana setiap levelnya pun mendapatkan pelayanan dan keuntungan yang berbeda. Perbedaan layanan ini juga bisa membuat pembeli tertarik untuk mencoba berbagai penawaran yang diberikan.

Program Kemitraan

Customer loyalty program terakhir yang bisa dicoba oleh penjual adalah progam kemitraan. Dengan adanya layanan ini, konsumen bisa diajak untuk menjadi mitra kerja perusahaan sekaligus mendapatkan keuntungan mencoba berbagai produk terbaru dari perusahaan.

Pada program ini, pembeli akan ditawarkan untuk melakukan enodorsement atau paid promote pada produk yang dimiliki dan apabila yang dipromosikn mendapatkan hasil yang lumayan maka akan bisa dibagi dua.

Pelanggan pun bisa mendapatkan produknya di harga tertentu kemudian menyebarkannya di berbagai social media atau menawarkan ke orang-orang terdekat.

Program ini pun tentu saja menguntungkan bagi pembeli yang menginginkan penghasilan lebih dengan mengembangkan produk yang disukai.

idak hanya itu, pelanggan pun tidak perlu repot untuk melakukukan packingh sehingga proses kemitraan ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Tidak hanya itu, apabila pelanggan sudah mendapatkan penjualan dengan target tertentu maka bisa mendapatkan bonus yang fantastis.

Berbagai layanan customer loyalty program ini tentu saja harus dipilih seusai dengan minat pembeli agar hasilnya semakin menguntungkan dan hasilanya disukai oleh pelanggan.

cara mengembangkan loyalty program

Cara Mengembangkan Loyalty Program

Pembeli yang terus berhubungan dengan kita tentu saja menginkan hal lebih berupa customer loyalty program. Karenanya hal ini harus ditangkap baik oleh penjual agar meningkatkan hubungan dan mempertahankan omzet yang di dapatkan.

Dengan mengadakan berbagai customer loyalty program, penjual juga bisa menekan biaya promosi. Karena produk akan dipromosikan dengan sendirinya oleh konsumen melalui program kemitraan.

Selain itu dengan mempertahankan pelanggan yang ada, penjual juga bisa mendapatkan promosi gratis dan juga perlindungan berupa testimoni apabila produk yang dirancang mendadak diterpa berbagai isu yang ada.

Berbagai pemberian program customer loyalty program ini juga bisa membuat penjual merasa aman meskipun banyak kompetitor yang datang dan mencoba menawarkan produk.

Hal ini karena pelanggan telah setia dengan produk yang ada dan juga berbagai keuntungan yang di dapatkan.

Karenanya agar tidak salah pilih dalam menerapkan berbagai customer loyalty program, penjual sebaiknya mengetahui cara yang tepat untuk mengembangkan loyalty program yang dimiliki.

Melakukan Riset Pelanggan

Cara pertama yang bisa dilakukan dalam mengembangkan customer loyalty program adalah melakukan riset pelanggan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui program apa saja yang cocok bagi pelanggan.

Penjual bisa melakukannya dengan melakukan riset pelanggan, ketahui dulu berapa rata-rata pengeluaran setiap belanja sehingga bisa mengetahui range penghasilan yang dikeluarkan.

Riset ini dilakukan untuk mengetahui berapa limit pembelian yang bisa ditawarkan untuk membuat kartu member.

Beberapa pertanyaan mengenai pembeli juga sebaiknya bisa dijawab dengan mudah oleh penjual seperti, durasi waktu menjadi pemberli, keuntungan yang diperoleh, dan kepuasan setelah membeli produk.

Guna mengumpulkan data yang diperlukan, penjual bisa melakukan survei dengan meminta pelanggan mengisi kuisioner tertentu yang bisa ditukarkan dengan berbagai produk gratis.

Setelah berbagai data yang dikumpukan sudah siap maka penjual bisa mendiskusikannya dengan tim marketing untuk mengembangkan berbagai program yang ada.

Penjual juga bisa membuat program loyalty program yang sedang naik daun dan diminati pelanggan agar produk anda tidak ketinggalan dengan kompetitor lainnya.

Tentukan Budget

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah menentukan budget hadiah dan juga promosi kepada pelanggan yang mengikuti customer loyalty program.

Penentuan ini dilakukan agar pengeluaran dalam memberikan layanan kepada konsumen sesuai dengan perbelanjaan yang dilakukan oleh konsumen.

Selain itu, hadiah yang diberikan kepada konsumen pun biasanya bermacam-macam tergantung dari berapa lama konsumen menjadi pelanggan tetap.

Semakin lama menjadi pelanggan tentu saja hadiah yang di dapatkan semakin banyak sehinga harus ditentukan budget pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulan atau tahunnya untuk para konsumen.

Karenanya inilah fungsi dari memberikan level membership kepada pelanggan sehingga bisa menghitung biaya yang dikeluarkan untuk setiap tingkatan.

Sehingga apabila pelanggan di setiap level sudah memenuhi kuota, penjual bisa mengetatkan kembali peraturan atau menambah pelanggan baru di setiap levelnya.

Karenanya selalu melakukan evaluasi secara menyeluruh sangatlah penting untuk mengetahui apakah berbagai program yang ada sudah sesuai dengan anggaran yang ditetapkan.

Tentukan Kriteria Pelanggan

Hal yang paling penting dalam mementukan customer loyalty program yang tepat adalah menentukan kriteria pelanggan agar mengetahui apakah program yang akan diberikan cocok dengan pelanggan sehingga bisa digunakan dalam jangka watu lama.

Dalam menentukan kriteria pelanggan, sebaiknya mengetahui beberapa aspek terlebih dahulu “

Pertama adalah volume penjualan, seberapa sering konsumen melakukan pembelian di toko tersebut dan berapa banyak barang yang dibeli dalam satu kali kedatangan.

Kedua adalah alat pembayaran, bagaimana pembeli memberli barang-barang di toko anda? Apakah menggunakan tunai, debit, atau melalui berbagai alat pembayaran yang disediakan oleh marketplace seperti Shopee atau Tokopedia .

Hal ini dilakukan untuk mengetahui kerjasama dengan berbagai market place tersebut sehingga pelanggan bisa mendapatkan potongan tertentu apabila menggunakan jasa pembayaran yang ditentukan.

Ketiga adalah tingkat keloyalan konsumen, berapa lama konsumen bertahan dengan produk yang diberikan? Apakah sampai bertahun-tahun atau hanya bertahan beberapa bulan saja.

Keempat adalah kecepatan membayar, bagi penjual yang membuka jasanya di market place biasanya bisa mengetahui seberapa cepat konsumen membayar barang yang diinginkan.

Semakin cepat konsumen dalam membayar barang yang diinginkan maka semakin cepat keuntungan yang akan di dapatkan. Tidak hanya itu,penjual juga bisa memasang diskon khusus pada hari tertentu sehingga konsumen bisa langsung membayar saat itu juga.

Kelima adalah kemampuan dalam membeli produk dalam jumlah banyak, salah satu tujuan dalam membuat customer loyalty program adalah untuk mempertahankan konsumen yang membeli dalam jumlah banyak.

Karenanya penjual sebaiknya mengetahui kemampuan pembeli dalam memborong produk untuk menentukan limit penawaran cusomer loyalty program.

Beberapa kriteria tersebut sebaiknya dianalisa dengan baik dan dijadikan bahan evaluasi untuk program customer loyalty program.

Berbagai customer loyalty program tentu saja akan lebih menguntungkan apabila penjual ikut menyebarkan program ini ke berbagai social media yang dimiliki.

Hal ini dilakukan agar pelanggan tertarik menjadi member dan memanfaatkan berbagai customer loyalty program yang ditawarkan.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan berbagai manfaat program dan terus lakukan update pada setiap kegiatan customer loyalty program yang dilakuakn sehingga bisa menarik banyak kosnumen baru untuk menjadi pelanggan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.