mengenal apa itu podcast dan cara membuatnya

Mengenal Apa Itu Podcast dan Cara Membuatnya

Sebenarnya, apa itu podcast? Anda mungkin pernah mendengar istilah podcast ketika berselancar di internet. Istilah podcast mungkin Anda temukan ketika melihat suatu konten di media sosial.

Dalam rentang dua sampai tiga tahun terakhir, Anda akan banyak menemukan content creator atau influencer yang membuat konten berbasis siaran radio atau sering disebut dengan istilah podcast.

Tidak dipungkiri bahwa media podcast memang sedang naik daun beberapa tahun terakhir. Terlebih podcast identik dengan salah satu aplikasi pemutar audio, Spotify.

Kepopuleran podcast di kalangan masyarakat bukan tanpa alasan. Mayoritas tertarik dengan konten podcast karena terdapat proses diskusi yang menarik namun tetap terkesan santai.

Salah satu daya tarik podcast adalah pembahasan yang dibawakan lebih intens namun tetap fleksibel bagi para pendengar. Tapi, tahukah Anda bahwa podcast tidak hanya bisa digunakan sebagai media untuk berdiskusi atau berbagi?

Media satu ini bisa dimanfaatkan juga sebagai media pemasaran untuk usaha atau bisnis Anda. Ingin tahu lebih dalam tentang apa itu podcast?

Kami telah merangkum informasi yang perlu Anda tahu untuk belajar tentang apa itu podcast. Simak pembahasannya di bawah ini.

apa itu podcast

Apa Itu Podcast?

Hal pertama yang harus diketahui ketika ingin belajar tentang podcast adalah mengetahui terlebih dahulu, apa itu podcast?

Podcast adalah hasil rekaman suara dari host atau orang yang berbicara dalam sebuah podcast yang membahas suatu topik tertentu. Podcast berupa audio yang dapat didengarkan oleh siapapun melalui media internet.

Radio dan podcast pada dasarnya memiliki konsep yang hampir serupa. Perbedaannya terdapat pada aksesibilitas podcast dan radio. Anda dapat mendengarkan podcast kapanpun dan dimanapun.

Sedangkan radio ditayangkan dan dilakukan secara langsung pada frekuensi tertentu, sehingga tidak fleksibel secara waktu. Podcast dapat didengarkan melalui aplikasi pihak ketiga seperti Anchor.

Selain itu, podcast bersifat on demand. Artinya, Anda dapat mendengarkan podcast kapanpun, dimanapun, dan fleksibel sesuai keinginan Anda.

Hal tersebut merupakan salah satu alasan mengapa podcast lebih digandrungi. Bila dibandingkan dengan radio yang memiliki keterbatasan akses, waktu, dan frekuensi.

Semakin maraknya pendengar podcast, maka terbentuklah industri dimana beberapa orang menyediakan kanal dengan topik tertentu sesuai segmen pasarnya masing-masing.

Anda dapat menemukan beragam topik, mulai dari obrolan sehari-hari, bisnis, cerita horror, hubungan, dan lain sebagainya. Keberagaman topik ini pula lah yang membuat podcast begitu populer.

Sejarah Podcast

Setelah mengetahui apa itu podcast, maka tidak lengkap apabila tidak membahas tentang bagaimana podcast bisa terbentuk. Perkembangan tentang apa itu podcast tidak serta merta terjadi begitu saja.

Awalnya, siaran audio ini hanya tersedia bagi pengguna iPod saja. Beberapa orang mengatakan dari situlah istilah apa itu podcast berasal. Berasal dari kata iPod dan broadcast.

Artinya podcast adalah siaran audio yang dimiliki oleh iPod. Namun, ada pula yang miliki pendapat berbeda. Beberapa mengatakan bahwa kata pod dalam podcast merupakan singkatan dari play on demand, personal on demand, dan portable on demand.

Salah satu jurnalis The Guardian, Ben Hammersley pada tahun 2004 mengusulkan istilah podcast yang merupakan kepanjangan dari play on demand dan broadcast. Kemudian istilah tersebut diadopsi oleh perusahaan Apple.

Perusahaan Apple menggunakan istilah podcast pada produk iPod dan Apple Podcasts. Lalu, pada tahun 2005 Apple merilis fitur podcast. Sejak saat itu, siaran audio tersebut mulai menyebar dan bermunculan di berbagai jaringan radio yang ada.

Jaringan radio seperti BBC, NPR, CBC Radio One, dan lain sebagainya turut membantu mengangkat kepopuleran podcast. Hingga akhirnya saat ini, tidak hanya perusahaan besar saja yang bisa membuat podcast.

Anda pun dapat membuat dan menayangkan podcast milik Anda sendiri.

Jenis–jenis Podcast

Setelah mengetahui apa itu podcast, kini kami akan membahas tentang jenis-jenis podcast. Jenis rekaman audio pada podcast terbagi menjadi 3.

Pembagian ini didasarkan pada metode yang diterapkan oleh host saat melakukan rekaman. Berikut jenis-jenis podcast.

apa itu podcast

Solo Podcast

Jenis podcast yang pertama adalah solo podcast. Sesuai namanya, rekaman audio ini dibawakan oleh satu orang host. Topik solo podcast biasanya disampaikan dengan cara monolog.

Host akan berbicara satu arah, tanpa lawan bicara. Umumnya, topik solo podcast berisi pembahasan tentang pendapat seorang host terhadap suatu hal.

Solo podcast bisa membicarakan tentang suatu tren tertentu, membacakan cerita yang dikirim pendengar, menceritakan pengalaman atau motivasi, dan lain sebagainya.

Tujuan solo podcast adalah untuk menyampaikan pendapat atau opini, berbagi informasi, atau melakukan tanya jawab yang dilakukan oleh host dengan pendengar.

interviews

Interview Podcast

Jenis podcast selanjutnya yaitu interview podcast. Jika pada jenis podcast sebelumnya berisi satu host saja, interview podcast berisi dua atau lebih orang dalam konteks wawancara.

Interview podcast berisi satu orang host dan narasumber atau orang yang diwawancara. Narasumber yang diundang tidak harus satu orang saja, tetapi bisa berupa grup.

Pada jenis podcast ini, host akan berdialog dengan narasumber dengan melontarkan pertanyaan atau berdiskusi tentang suatu topik.

Narasumber ini nantinya akan berbeda-beda di setiap episodenya, begitu pula dengan topik pembahasannya. Selain menawarkan topik atau tema berbeda, jenis podcast ini juga menawarkan narasumber atau guest yang berbeda di tiap episode.

Multi Host Podcast

Terakhir ada jenis podcast multi host podcast. Seperti namanya, multiple host podcast atau multi host podcast adalah rekaman audio yang dibawakan oleh lebih dari satu host.

Biasanya podcast ini berupa diskusi atau pembahasan mengenai suatu topik dari beberapa sudut pandang host.

Tujuan multi host podcast adalah untuk menawarkan diskusi dan menyampaikan pendapat serta sudut pandang yang berbeda untuk menciptakan diskusi yang lebih menarik.

Hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pendengar. Mereka akan mengetahui berbagai sudut pandang orang dalam satu topik, hingga adanya perdebatan.

Selain itu, topik pembahasan yang mendalam juga akan menarik perhatian pendengar dan meningkatkan trafik podcast.

kelebihan podcast

Keunggulan Podcast

Untuk mengetahui apa itu podcast secara lebih mendalam, perlu diketahui apa saja manfaat yang akan didapatkan ketika membuat podcast.

Kami telah merangkum beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dari membuat podcast.

Variasi Pilihan Kategori

Kelebihan podcast yang pertama yaitu terdapat beragam topik yang bisa Anda pilih. Hal tersebut adalah dampak meningkatnya popularitas podcast.

Sehingga, masing-masing orang membuat podcast berdasarkan topik atau bidang yang mereka kuasai atau gemari. Selain itu, dengan banyaknya variasi topik yang ada di podcast, setiap orang bisa menemukan apapun topik yang ia sukai.

Anda pun bisa memanfaatkan hal ini dengan membuat topik yang mungkin akan mendukung strategi pemasaran bisnis Anda. Anda bisa membuat podcast dengan topik tips dalam berusaha atau ilmu pemasaran lainnya.

Anda dapat menyesuaikan topik kanal Anda sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Minim Iklan

Dalam rekaman audio podcast, Anda tidak akan menemukan iklan yang mengganggu meskipun tidak berlangganan. Berbeda dengan radio yang selalu menyelipkan iklan di dalam siaran langsung setiap sesinya.

Anda dapat mendengarkan podcast dengan nyaman tanpa terganggu iklan yang tidak relevan dengan isi atau topik yang sedang didengarkan.

Meskipun begitu, Anda tetap bisa menggunakan podcast sebagai media iklan dengan cara soft selling. Bentuk iklan yang dimasukkan dalam rekaman podcast bukan seperti kalimat promosi pada umumnya.

Anda dapat menawarkan atau mengiklankan produk Anda dalam sebuah podcast dengan cara yang natural dan relevan dengan topik podcast. Dengan begitu, pendengar tidak akan merasa terganggu saat mendengarkan.

Fleksibel

Selain itu, keunggulan podcast yang paling penting adalah fleksibilitasnya. Podcast adalah rekaman audio yang dapat Anda dengarkan tanpa batasan waktu dan tempat.

Podcast mudah diakses melalui aplikasi pemutar audio seperti Spotify, Soundcloud, dan lain sebagainya. Anda dapat mendengarkan podcast saat dalam perjalanan, sebelum tidur, bahkan sambil mengerjakan pekerjaan rumah lainnya.

Beberapa platform bahkan menyediakan fitur download, sehingga lebih mempermudah akses pendengar dalam menikmati podcast. Anda dapat mengunduh episode yang diinginkan dan mendengarkannya tanpa koneksi internet.

cara membuat podcast

Cara Membuat Podcast

Nah, apakah Anda tertarik membuat podcast? Setelah mempelajari keunggulan dan apa itu podcast, kini langkah selanjutnya adalah mempelajari bagaimana cara membuat podcast.

Tentu butuh persiapan dan pemikiran yang matang untuk membuat podcast yang menarik dan berkualitas. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat podcast.

Menentukan Tema

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat podcast adalah menentukan tema. Pilihlah tema atau topik yang akan Anda bahas di podcast nantinya.

Beberapa pertimbangan dalam memilih topik pembahasan podcast adalah pilihlah tema atau topik yang Anda kuasai. Pembahasan dengan materi yang dikuasai tentu akan lebih mudah.

Selain itu, pertimbangkan pula podcast dengan tema yang sama. Saat ini, podcast yang dipublikasikan melalui layanan musik digital jumlahnya meningkat. Anda dapat melakukan riset dengan mendengarkan podcast tersebut.

Beberapa kanal podcast juga menyediakan lebih dari satu kategori seperti olahraga, musik, komedi, film, musik, dan lain sebagainya.

Pastikan topik atau tema dan niche yang Anda pilih sudah sesuai dengan minat dan ketertarikan Anda.

mempersiapkan alat

Mempersiapkan Alat

Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan alat untuk membuat podcast. Anda perlu menyediakan alat dan kebutuhan lain dalam proses membuat podcast.

Persiapan ini bertujuan agar podcast yang Anda produksi memiliki kualitas audio yang baik dan nyaman di dengar oleh para audiens.

Tipsnya adalah dengan tidak menggunakan mikrofon built-in atau yang sudah terpasang di perangkat laptop Anda. Gunakanlah mikrofon secara terpisah dengan kualitas profesional.

Anda dapat memilih mikrofon dengan fitur peredam suara yang baik agar ketika melakukan rekaman, suara-suara yang mengganggu tidak ikut terekam.

Selain itu, lakukanlah rekaman di tempat yang kondusif. Tempat yang tenang, jauh dari kebisingan, atau ruangan dengan peredam suara adalah pilihan yang bagus untuk melakukan rekaman.

Membuat Konten

Setelah menentukan tema dan mempersiapkan alat, langkah selanjutnya adalah membuat konten. Untuk itu, pastikan konten yang Anda buat sesuai dengan tema dan fokus pada topik itu saja.

Anda dapat membuat naskah atau script terlebih dahulu untuk dipakai sebagai panduan dalam membawakan topik pembahasan. Anda dapat merancang perkenalan, transisi ke inti pembahasan, dan penutup.

Menggunakan naskah akan membuat podcast yang Anda buat lebih tertata dan pembahasannya sistematis, sehingga pendengar tidak kebingungan dengan alur pembicaraan.

Selain itu, Anda dapat membuat naskah untuk podcast sesuai durasi yang Anda inginkan. Pada umumnya, durasi untuk setiap episode berkisar antara 20 sampai 60 menit.

Kemudian, tentukan pula bagaimana cara Anda membawakan isi podcast. Tentukan gaya bahasa dan penyampaian yang akan dipakai, apakah dengan bahasa formal, santai, dan lain lain.

Ketika membawakan isi podcast, usahakan menggunakan bahasa yang informatif, padat, jelas, dan interaktif baik dengan narasumber maupun dengan pendengar.

Anda dapat mengaturnya sesuai dengan topik podcast dan kebutuhan Anda.

tahap editing

Tahap Editing

Tahap ini dibutuhkan untuk memoles konten yang sudah Anda buat. Konten podcast yang sudah direkam, tidak terhindarkan dari beberapa gangguan minor.

Nah, pada tahap editing ini lah Anda merapikan konten yang sudah direkam. Mungkin Anda ingin memotong beberapa bagian yang kurang relevan, atau terdapat kesalahan minor karena gangguan dari luar.

Untuk melakukan hal itu, Anda memerlukan aplikasi editing. Selain memotong bagian yang kurang bagus, Anda dapat meningkatkan kualitas audio yang tidak merata.

Misalkan ada beberapa bagian dimana suara host tidak terdengar, atau justru suara terlalu tinggi. Anda dapat menyamakan volume audio sehingga lebih nyaman didengar.

Dengan aplikasi editing ini, Anda juga bisa menambahkan intro berupa musik atau slogan yang sudah dibuat sebelumnya sebagai bentuk identitas.

Anda dapat menggunakan aplikasi editing Audacity atau Adobe Audition. Jika Anda membutuhkan aplikasi yang dapat digunakan secara gratis, Anda bisa mencoba Audacity.

Apabila Anda membutuhkan aplikasi editing dengan fitur yang lebih kompleks, Anda bisa menggunakan Adobe Audacity.

Upload

Nah, kini podcast Anda sudah siap. Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengunggah podcast tersebut.

Jangan lupa untuk menambahkan judul, deskripsi, seri, dan kategori, dan lain sebagainya sebagai detail keterangan agar podcast Anda dikenali.

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunggah podcast Anda ke berbagai platform media yang diinginkan.

Beberapa platform digital yang bisa Anda gunakan untuk mendengarkan podcast contohnya seperti Spotify, Soundcloud, dan lain lain.

Aplikasi Podcast Indonesia

Pada pembahasan tentang apa itu podcast, telah disebutkan bahwa rekaman audio ini berawal dari perusahaan Apple pada perangkat iPod.

Namun, dengan berkembangnya zaman, semakin banyak platform untuk mendengarkan podcast yang tersedia. Berikut adalah beberapa aplikasi podcast yang banyak digunakan di Indonesia.

spotify

Spotify

Pada peringkat pertama ditempati oleh Spotify. Aplikasi ini sangat populer dan banyak digunakan sebagai aplikasi untuk mendengarkan musik. Tidak hanya itu saja, Spotify juga menyediakan podcast untuk dinikmati oleh pendengar.

Musik dan podcast yang tersedia pun beragam. Anda dapat mendengarkan konten dari Indonesia maupun luar negeri.

Untuk kategori podcast, terdapat berbagai macam topik yang bisa Anda pilih untuk dengarkan. Kanal yang tersedia juga beragam, karena aplikasi ini bisa diakses oleh seluruh orang di dunia.

Spotify dapat diakses melalu smartphone dengan mengunduh aplikasi atau melalu perangkat PC dan laptop melalu website dan aplikasi. Anda dapat mengunduh aplikasinya secara gratis di Playstore maupun App Store.

Anda dapat menggunakan Spotify secara gratis untuk mendengarkan podcast atau musik. Namun, untuk fitur download dan bebas iklan, Anda perlu membayar biaya berlangganan.

Google Podcast

Aplikasi selanjutnya adalah Google Podcast. Aplikasi ini merupakan produk resmi dari Google yang khusus untuk mendengarkan dan menambahkan podcast.

Seperti namanya, Google Podcast hanya menyediakan podcast saja, tidak ada lagu untuk didengarkan. Topik yang tersedia juga beragam, mulai dari komedi, politik, hingga bisnis.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu membayar biaya berlangganan. Anda tidak akan terganggu dengan iklan. Selain itu, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis pula.

soundcloud

Soundcloud

Soundcloud adalah platform berbagi audio selanjutnya. Platform ini menyediakan lagu dan podcast yang bisa Anda dengarkan dari seluruh dunia.

Platform ini mirip dengan Spotify, perbedaannya ada pada fitur import dan export, serta web hosting untuk podcaster. Fitur tersebut akan memudahkan Anda untuk mengunggah podcast tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, Soundcloud lebih dulu populer dari pada Spotify untuk digunakan mengunggah lagu indie dan lagu cover oleh beberapa pemusik.

Anchor

Aplikasi yang terakhir yaitu Anchor. Aplikasi ini cukup terkenal di Indonesia karena memiliki fitur lengkap all in one dan khusus ditujukan untuk podcaster.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat podcast dengan mudah. Tersedia fitur mulai dari merekam, mengedit, memberi background suara, hingga menampilkan data insight dari podcast yang dirilis Spotify.

Anchor juga sering digunakan sebagai aplikasi pihak ketiga untuk membantu mengunggah podcast ke platform lain.

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu podcast dan hal-hal yang perlu Anda pelajari sebelum memulai membuat podcast.

Media satu ini dapat Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan Anda seperti diskusi, membangun brand, hingga menjalin komunikasi dengan audiens.

Apakah Anda tertarik untuk membuat podcast?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.