Brand Manager

Brand Manager: Tugas, Kualifikasi, Gaji, dan Prospek Kerja

Seorang brand manager (BM) sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Hal ini karena perannya yang sangat penting dalam kelancaran bisnis. Lalu, apa itu sebenarnya tugas dari BM? Bagaimana cara untuk menjadi BM? Jika kamu penasaran, berikut ulasan lengkap tentang tugas, cara menjadi BM, dll.

Apa Tugas Brand Manager?  

Brand Manager

Seorang BM bertanggung jawab menjaga citra keseluruhan produk atau perusahaan. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah meneliti pasar untuk menentukan target pasar dan mengembangkan strategi pemasaran. Hal ini termasuk dalam mengatur visi merek, proposisi nilai jangka pendek dan panjang, dll.

Seorang BM juga bertugas untuk mengelola periklanan, mengelola anggaran untuk barang promosi dan iklan, membantu membuat desain dan tata letak konsep periklanan (baik cetak maupun digital).

Selain itu, seorang BM juga bertanggung jawab dalam menganalisis harga dan penjualan, mengawasi kegiatan promosi, dan mengevaluasi kembali bagaimana merek dapat menjangkau basis konsumen yang lebih luas. Dengan kata lain, seorang BM bertugas untuk mengembangkan produk atau jasa perusahaan.

Tidak hanya itu, seorang manajer senior juga pernah mengatakan bahwa tugas BM juga membangun hubungan dengan media dan pihak yang berpengaruh lainnya. Selain itu, BM juga bertugas untuk memantau tren terkini dan media sosial.

Kemudian, seorang brand manager juga bertanggung jawab dalam menyampaikan berita kepada jurnalis atau media di semua saluran, termasuk media online.

BM juga bertugas untuk melakukan analisis wawasan pelanggan dan pesaing. Selain itu, BM juga berperan dalam melakukan analisis tentang perkiraan penjualan serta keuangan. Seorang BM juga bertugas untuk mengembangkan potensi bisnis baru.

Kualifikasi yang Dibutuhkan untuk Menjadi Brand Manager

Brand Manager

Keterampilan menulis dan kreativitas adalah kunci utama jika ingin menjadi seorang brand manager. Anda harus menjadi penulis yang baik untuk menyampaikan pesan. Selain itu, kreatifitas yang tinggi juga diperlukan untuk mendefinisikan dan mengekspresikan esensi sebuah merek produk.

Manajemen hubungan dan komunikasi juga penting dimiliki oleh seorang BM.  Seorang BM perlu membangun serta memelihara kepercayaan dan hubungan yang kohesif dengan semua pihak yang berpengaruh.

Kamu juga perlu memiliki keterampilan analitis yang bai, dan keahlian dalam manajemen anggaran jika ingin menjadi seorang BM. Memiliki pemahaman yang mendalam tentang produk yang akan dipromosikan juga sangat penting.

Kualifikasi lainnya yang dibutuhkan untuk menjadi seorang BM adalah memiliki pengalaman pemasaran yang dapat dibuktikan selama beberapa tahun di lingkungan yang serupa.

Selain itu, untuk mencapai posisi ini, perusahaan membutuhkan seseorang yang memiliki gelar dalam bidang ilmu bisnis, ekonomi, periklanan dan pemasaran. Fasih berbahasa Inggris dan juga menjadi nilai plus. Selain itu, memiliki kualifikasi pasca sarjana atau MBA juga diutamakan.

Seorang BM juga hrus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat dan perlu menjaga hubungan yang baik dengan rekan kerja dan kontak eksternal. Dengan memiliki semua kualifikasi tersebut, maka akan membantu kamu untuk mendapatkan posisi sebagai brand manager.

Apakah Ada Posisi Lain Dengan Tanggung Jawab Seperti Brand Manager?

Brand Manager

Jawabannya adalah ada. Contoh posisi pekerjaan lainnya yang serupa dengan brand manager yaitu humas, direktur, manajer pemasaran, dan manajer media sosial.  Posisi-posisi tersebut kemungkinan memiliki tanggung jawab pekerjaan yang mirip, namun deskripsi pekerjaan bisa jadi bereda tergantung dari  setiap.

Lalu, bagaimana cara untuk bisa menjadi seorang brand manager? Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil jurusan kuliah yang relevan, seperti jurusan manajemen, pemasaran, atau hubungan masyarakat.

Selain itu, sejumlah kemampuan lainnya seperti jurnalisme, bisnis, dan komunikasi juga sangat membantu untuk menjadi seorang BM.

Ini 4 Kunci Sukses Menjadi Brand Manager

Brand Manager

Nah, bagi kamu yang ingin menjadi seorang BM yang sukses, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Keunikan

Tips yang pertama yang milikilah keunikan. Kamu harus bisa membuat sesuatu yang berbeda ke pasaran agar produk perusahaan kamu menjadi unggul dibandingkan dengan yang lain.

Koherensi

Untuk menjadi seorang brand manager, kamu harus menetapkan batasan, tantangan dan tujuan kamu kedepannya. Buatlah koherensi dengan para audiens atau pelanggan.

Karena jika visi misi kau berubah di tengah jalan, maka ada kemungkian terjadi konflik dan perpecahan kepercayaan pelanggan kepada perusahaan kamu. Dampak yang lebih serius yaitu saham perusahaan bisa saja turun karena hal ini.

Visibilitas

Saat ini, adanya internet memungkinkan perusahaan tidak memerlukan anggaran dana yang terlalu besar untuk membuat iklan yang mencapai target. Dengan menggunakan internet dan media sosial, maka seorang BM bisa saja mendapatkan pelanggan secara virtual jika menggunakan strategi yang tepat.

Visibilitas ini sangat penting untuk melakukan promosi dan membangun citra merek. Oleh karena itu, seorang BM harus punya kemampuan ini dengan sangat baik.

Kepemimpinan

Memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik juga menjadi salah satu kunci sukses menjadi seorang brand manager. Anda harus tetap waspada dan terus belajar dari waktu ke waktu karena kondisi pasar  dan merek selalu berubah-ubah.

Selalu jadilah selangkah lebih maju dari konsumen dan berikan konsumen layani apa yang mereka butuhkan sebelum mereka menyadari bahwa ini adalah strategi merek.

Dengan demikian, para konsumen akan merasa senang dan berterima kasih, bahkan setia dengan merek kamu, dan memposisikan merek kamu sebagai pemimpin pasar.

Jika kamu mempertimbangkan hal-hal tersebut, maka strategi merek kamu mungkin akan menjangkau pelanggan dengan pesan yang jelas serta bisa memotivasi mereka untuk membeli produk atau jasa kamu. Identitas atau citra perusahaan pun akan semakin baik dan menonjol di pasar.

Sifat Yang Harus Dimiliki Oleh Brand Manager

Jika Anda ingin menjadi seorang BM yang sukses, ada beberapa sifat atau karakteristik utama yang harus kamu miliki. Pertama, kamu harus memiliki kesadaran merek. Maksudnya adalah kamu harus punya pemahaman yang jelas tentang merek dan bauran pemasaran.

Memiliki tekad dan dan ketekunan yang tinggi juga sangat penting. Selain itu, memiliki keterampilan manajemen hubungan juga sangat dibutuhkan untuk membangun relasi yang baik.

Kamu juga harus memiliki sifat goal-oriented serta ketajaman bisnis tingkat tinggi. Semua ini harus kamu miliki jika ingin menjadi seorang brand manager yang sukses.

Gaji Brand Manager

Brand Manager

Untuk gaji sendiri tentu sangat bervariasi. Variasi gaj ini tergantung dari tempat kamu bekerja, lamanya pekerjaan, tugas yang harus dikerjakan, dan banyak faktor lainnya. Jadi, tidak bisa menentukan secara paten berapa gaji seorang BM. Namun, rata-rata untuk gaji BM yaitu sekitar Rp. 10-20 juta rupiah.

Prospek Kerja

Prospek kerja brand manager sangatlah bagus. jika kamu adalah seorang BM, maka kedepannya bisa menjadi seorang manajer pemasaran atau direktur pemasaran. Selain itu, kebutuhan akan posisi BM sangat tinggi saat ini, khususnya bagi orang yang memiliki pengalaman FMCG.

Nah, itulah ulasan lengkap tentang BM, mulai dari tugasnya, kualifikasi yang dibutuhkan, kunci sukses menjadi BM, gaji, serta prospek kerjanya.

Brand Manager: Tugas, Kualifikasi, Gaji, dan Prospek Kerja

Leave a Reply

33 views
Copy link