tutorial facebook businee manager

Tutorial Facebook Business Manager, Terbukti Ampuh!

Sudah gunakan berbagai macam strategi digital marketing namun hasilnya kurang memuaskan? Saatnya promosikan bisnis dengan mudah melalui Facebook Business Manager

Social media saat ini tidak hanya digunakan sebagai sarana sosialisasi dengan orang lain melalui dunia maya.

Bahkan lebih dari itu, sudah lama berbagai platform komunikasi ini menjadi tempat yang tepat untuk promosikan bisnis

Banyaknya orang yang menggunakan social media menjadikan penjual mulai mempromosikan barang dagangannya tak hanya melalui social media namun juga di market place seperti Shopee dan juga Tokopedia.

Tingginya tingkat persaingan untuk mempomosikan produk di social media membuat banyak penjual tidak hanya mengandalkan strategi marketing yang tepat namun juga mulai memasarkan produknya melalui iklan berbayar.

Fitur yang bisa ditemukan di berbagai social media ini tidak hanya digunakan oleh penjual baru untuk menjaring banyak konsumen namun juga berbagai brand besar untuk mengenalkan produk barunya kepada konsumen.

Salah satu social media yang memberikan fitur iklan berbayar adalah Facebook. Salah satu raksasa social media yang memiliki jutaan konsumen ini membuka layanan iklan berbayar dengan harapan banyak penjual yang mendapatkan konsumen dengan target yang tepat.

Guna memfasilitasi pengguna yang hendak beriklan di Facebook, platform ini menyediakan layanan khusus bernama Facebook Business Manager dimana pengguna dapat merancang iklannya sesuai dengan budget yang dimiliki.

Karenanya sebelum mulai pasarkan produk dengan beriklan di Facebook, ketahui dulu manfaat dan juga cara mendaftar di Facebook Business Manager.

Apa Itu Facebook Business Manager

Apa Itu Facebook Business Manager

Promosi produk saat ini tidak hanya bisa dilakukan secara offline melalui sebar flyer di pinggir jalan namun bisa dilakukan secara mudah melalui berbagai social media. Hasilnya pun lebih menguntungkan mengingat biaya yang dikeluarkan pun cenderung gratis.

Namun seiring dengan berjaannya waktu, tentu saja penjual ingin produknya diketahui lebih banyak orang dan tidak hanya melalui konten yang ada di social media.

Salah satu cara untuk memperbesar jangkauan konsumen adalah dengan beriklan di social media. Hal ini tentu sangat bisa dilakukan mengingat banyaknya pengguan platform komunikasi yang ada saat ini.

Facebook menjadi salah satu social media yang memiliki banyak pengguna dari berbagai umur dan tersebar di berbagai tempat. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi penjual yang ingin menyebarkan produknya hingga ke luar daerah.

Platform social media ini pun juga membantu penjual untuk beriklan lebih mudah melalaui layanan Facebook Business Manager.

Layanan ini menyediakan berbagai fitur yang membantu penjual untuk mengelola iklan yang akan disebarkan di Facebook.

Tidak hanya itu, apabila Facebook Business Manager yang dimiliki dikelola oleh banyak orang maka penjual pun bisa membatasi informasi mana yang bisa masuk dan bisa diakses oleh pengguna sehingga rahasia perusahaan pun tetap aman.

Banyaknya penjual di Facebook yang memperoleh hasil dari Iklan berbayar ini tentunya menjadi testimoni untuk memulai promosikan akun jualan melalui Facebook Business Manager.

Agar lebih meyakinkan penjual, berikut beberapa manfaat yang bisa diambil dari Facebook Business Manager :

Manfaat Facebook Business Manager

Manfaat Facebook Business Manager

Saat memulai beriklan tentunya penjual membutuhkan layanan yang mudah agar bisa diakses oleh banyak orang dan juga diatur seusai keinginan. Mengetahui masalah ini, Facebook mengeluarkan ftur Facebook Business Manager yang menawarkan berbagai manfaat saat beriklan :

Memiliki Akun Sendiri

Sebuah brand perusahaan yang telah maju atau tengah berkembang biasanya memiliki banyak personil tim marketing yang memiliki tugasnya masing-masing.

Tidak terkecuali bagi tim yang bergerak di bidang promosi social media yang berfokus pada pembuatan konten atau mengurus iklan berbayar.

Salah satu masalah yang bisa muncul apabila Facebook Business Manager dikelola bersama adalah timbulnya crash atau salah posting yang bisa berakibat fatal bagi bisnis ke depannya.

Karenanya untuk mengurangi hal ini, seorang social media manager bisa mengatur akun mana saja yang bisa mengakses Facebook Business Manager sehingga bisa melakukan tracking pengguna yang melakukan aktivitas di akun social media.

Hal ini tentunya berguna untuk mengurangi kesalahan dalam mengunggah postingan iklan di Facebook.  

Kelola Iklan dan Fanpage di Satu Tempat

Mengelola iklan di Facebook Business Manager bisa diibaratkan sebagai mengelola uang gaib. Pengguna tidak memegang uangnya secara langsung tapi bisa cepat habis apabila tidak mengelola limitnya secara tepat.

Karenanya agar uang yang dimiliki tidak habis dengan cepat maka pengguna bisa melakukan pengelolaan melalui Facebook Business Manager.

Tidak hanya itu, layanan ini juga berguna untuk menjalankan iklan yang diedarkan di Facebook sesuai dengan range umur yang diminta sehingga tiap kategori bisa berbeda iklan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kebosanan bagi pengguna Facebook yang melihat iklan secara berulang.

Dengan menggunakan Facebook Business Manager, pengguna juga bisa mengetahui iklan mana saja yang efektif dan terbukti bisa mendatangkan banyak konsumen lebih banyak sehingga bisa menjadi evaluasi ke depannya.

Bantuan dari Pihak Facebook

Iklan Facebook tiba-tiba terblokir? atau konten yang dimiliki tidak disetujui oleh Faebook? Tenang saja , hal ini bisa diselesaikan dengan mudah apabila penjual menggunakan Facebook Business Manager.

Dengan menggunakan layanan ini, penjual bisa mengadukan berbagai masalah saat beriklan dengan mudah dan akan direspon oleh Facebook dalam waktu cepat sehingga iklan akan kembali normal dan anda pun bisa kembali berjualan dengan tenang.

Kontrol Fanpage Lebih Mudah

Berbagai iklan di yang disiarkan di Facebook tentunya akan menuju ke akun fanpage jualan yang dikelola. Tentunya akan merepotkan apabila penjual harus mengelola dua akun di layanan yang berbeda.

Namun dengan adanya Facebook Business Manager, pengguna bisa mengelola iklan dan konten untuk Fanpage secara bersamaan sehingga lebih mudah di kontrol setiap harinya.

Kelebihan lainnya yaitu, Facebook Business Manager juga bisa digunakan untuk mengelola layanan iklan di Instagram sehingga pengguna tidak perlu membuat akun lagi apabila ingin beriklan di Instagram.

Berbagai manfaat yang dimiliki oleh Facebook Business Manager tentu akan sangat bermanfaat apabila penjual sudah mahir pengelolaannya.

Keamanan yang Terjamin

Memiliki akun Facebook Business Manager yang aktif dan takut dibobol oleh orang lain? Tenang saja, Facebook memiliki verifikasi dua faktor sehingga apabila ada orang asing yang masuk ke akun anda maka akan ada notifikasi yang masuk ke email pengguna.

Hal ini akan membuat pengguna bisa bertindak cepat dengan mengamankan akun sehingga hacker tidak bisa masuk ke akun Facebook Business Manager yang dimiliki.

Selain keamanan dan kenyaman yang ditawarkan, Facebook Business Manager juga menyediakan berbagai fitur yang bisa digunakan untuk menjalankan iklan serta evaluasi performa iklan yang dimiliki.

Fitur di Facebook Business Manager

Fitur di Facebook Business Manager

Guna mendukung penjual yang mengiklankan produknya melalui Facebook Busines Manager, layanan ini menyediakan berbagai fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan dalam proses mengunggah iklan, mengatur budget, dan analisa performa iklan.

Berikut beberapa fitur yang bisa ditemukan di Facebook Business Manager:

Commerce Manager

Penjual yang memiliki banyak produk tentunya membutuhkan sebuah tempat untuk mengumpulkan foto produknya sehingga pembeli bisa melihat barang dagangan sebelum melanjutkan ke pembelian.

Untungnya dengan fitur ini pengguna bise mengumpulkan koleksi foto produk dengan mudah di katalog yang dapat menampung berbagai barang yang dipasarkan.

Apabila pembeli tertarik pada barang yang dijual maka bisa lanjut ke metode pembayaran, diantaranya : melalui situs web, pembayaran secara langsung di Facebook dan Instagram, atau dengan pesan langsung yang akan direspon langsung oleh penjual.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan fitur Commerce Manager pengguna juga bisa mengelola produk unggulan yang dipasarkan serta mengetahui minat pembeli dengan melihat barang apa saja yang telah terjual sehingga penjual dapat melakukan strategi pemasaran yang tepat.

Keuntungan lainnya yakni aplikasi ini layanan ini bisa digunakan di Facebook dan Instagram sehingga memudahkan untuk mengelola dua akun sekaligus.

Pengelola Iklan

Tujuan utama dirilisnya Facebook Business Manager adalah mempermudah mengunggah dan mengelola iklan. Karenanya fitur ini dirilis guna mengelola semua kampanye dan setting iklan secara bersamaan.

Beberapa item yang digunakan di fitur ini adalah pembuatan iklan, duplikat iklan, edit iklan, dan berbagai item lainnya yang membantu dalam peluncuran iklan.

Apabila pengguna merasa tidak cocok dengan iklan yang disiarkan maka dapat dibatalkan dengan mudah melalui fitur ini.

Pengaturan Akun Iklan

Setelah menyiarkan iklan di Facebook tentunya pengguna harus membayar berbagai tagihan pembayaran melalui metode pembayaran yang bisa dipilih.

Pada fitur ini juga pengguna bisa menentukan berapa limit biaya yang dikeluarkan setiap bulannya dan mengedit informasi bisnis apabila ada berbagai tambahan yang harus dicantumkan.

Apabila penjual memutuskan untuk menambah admin baru atau menonaktifkan akun yang dimiliki maka fitur ini bisa digunakan dengan mudah.

Pemirsa

Banyaknya pengguna yang memakai Facebook tentunya bisa menjadi sasaran empuk untuk dijadikan target iklan Facebook yang dimiliki.

Akan tetapi bisa saja tidak semua pengguna tersebut menyukai produk yang disebarkan. Karenanya, agar promosi makin efektif maka penjual bisa mengatur konsumen yang dituju dengan menggunakan item Pemirsa.

Fitur item ini juga berguna agar biaya iklan kita tidak terbuang sia-sia sehingga hasil yang diberikan pun akan lebih meningkat.

Pada item ini, penjual akan dihadapkan pada berbagai pilihan konsumen mulai dari usia, gender,penghasilan, serta tempat tinggal.

Pada percobaan awal, penjual bisa menyesuaikan dengan target konsuemen yang telah diatur sebelumnya dan memilih daerah yang terdekat.

Apabila percobaan pertana mulai membuahkan hasil maka penjual bisa melebarkan lagi jangkauan iklan ke daerah lain.

Jangan lupa untuk terus melakukan evaluasi dan analisa secara rutin untuk mengetahui keefektifan iklan yang disebarkan dan manfaatnya bagi produk.

Kegunaan Facebook Business Manager Bagi Bisnis

Kegunaan Facebook Business Manager Bagi Bisnis

Seorang penjual tentunya menginginkan bisnisnya semakin menguasai pasar dan juga mendaptkan banyak konsumen agar keuntungan meningkat.

Selain melakukan promosi secara offline dan juga dunia maya, penjual juga bisa menggunakan iklan berbayar yang saat ini tersedia di berbagai social media, salah satunya adalah Facebook dengan Facebook Business Manager.

Penggunaan strategi iklan yang tepat melalui layanan tentunya akan membantu untuk mengenalkan bisnis yang dimiliki ke konsumen baru yang belum mengenal produk anda.

Mengatur Iklan Produk di Facebook

Saat sedang scrolling social media atau sebelum melihat video di Youtube, biasanya anda akan menemukan berbagai iklan yang dapat menarik perhatian.

Berbagai promosi iklan yang terus berulang pun tentunya lama kelamaan akan membuat anda lebih mengenal produk yang ada meskipun sebelumnya belum pernah mengetahui produk tersebut.

Karenanya, kehadiran iklan berbayar tentu sangat berguna untuk meningkatkan brand awareness dengan mengenalkan produk ke masyarakat luas melalui konten iklan yang menarik dan berulang.

Setelah brand awareness meningkat di mata pembeli maka akan lebih banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk membeli produk setelah melihat iklan.

Hal ini akan memberikan keuntungan bagi pembeli berupa meningkatnya penjualan sehingga akan keuntungan pun akan lebih banyak di dapatkan.

Sayangnya, tidak semua orang yang melihat iklan anda tertarik untuk membeli, hal ini biasanya karena konsumen belum membutuhkan produk yang diinginkan atau pasar yang dituju kurang  tepat.

Karenanya agar iklan bisa mencapai konsumen yang tepat, penjual bisa menargetkan kepada siapa saja iklan bisa dilihat melalui pengaturan usia dan juga minat pengguna social media.

Jangkau Lebih Banyak Konsumen dengan Iklan Berbayar

Memiliki akun social media tentunya akan membantu untuk mempromosikan produk lecih cepat di dunia maya.

Sayangnya, promosi yang dilakukan melalui berbagai platform komunikasi yang ada terkadang tidak menyasar konsumen yang tepat.

Karenanya agar produk yang dipasarkan bisa menuju pada konsumen yang sesuai maka penjual bisa mempromosikan barangnya melalui iklan berbayar yang tentunya lebih bertarget.

Jual Produk melalui Facebook Shop

Saat ini banyak orang yang sudah nyaman meggunakan market place untuk melakukan jual beli secara daring.

Selain memiliki berbagai macam produk yang bisa dipilih sesuai budget yang dimiliki, pengguna juga bisa mendapatkan potongan harga dan juga gratis biaya pengiriman.

Melihat trend ini, Facebook juga tidak mau ketinggalan dengan membuka fitur Facebook Shop dimana pembeli dapat melakukan proses jual beli melalui social media ini.

Sebelum menggunakan fitur ini, penjual dapat mengunggah foto-foto produk yang dimiliki melalui katalog sehingga bisa dilihat oleh calon pembeli dan dapat meningkatkan daya tarik kepada konsumen yang sudah pernah membeli.

Selain katalog, penjual juga bisa menggunakan fasilitas tampilan produk pada halaman depan serta mengubah sampul sehingga lebih menarik dan mengikuti berbagai campaign yang sedang dilakukan.

Keuntungan yang di dapatkan penjual apabila menggunakan fitur ini adalah mudahnya terintegrasi dengan platfrom Instagram sehingga penjual tidak perlu mengatur dua kali.

Ke depannya, Facebook Shop juga berencana untuk menghubungkan item ini WhatsApp dan Facebook Messenger sehingga pembeli dapat mendapatkan barang lebih cepat dan mudah dalam menghubungi penjual.

Tutorial Menggunakan Facebook Business Manager

Tutorial Menggunakan Facebook Business Manager

Setelah mengetahui berbagai manfaat dan juga kegunaan yang diberikan oleh Facebook Business Manager yang menarik tentunya akan sia-sia apabila tidak mencoba untuk memulai menggunakan iklan berbayar.

Apabila penjual belum mengetahui tools dan juga cara pendaftaran iklannya, berikut kami berikan tutorial mudah mendaftarkan iklan di Facebook.

Tools yang Dibutuhkan

Sebelum membuat iklan facebook tentunya akan perlu membutuhkan tools yang dapat membantu untuk menyiarkannya secara mudah :

Pertama adalah akun Facebook yang sudah aktif disertai juga dengan alamat email yang terhubung dengan platform ini untuk memudahkan dalam proses verifikasi iklan dan juga pemberitahuan pembayaran apabila akan memasuki jatuh tempo.

Pembuatan akun Facebook ini pun sangatlah mudah dan gratis, pengguna juga bisa menyiapkan nomor telepon yang membantu untuk memberikan notifikasi apabila akun Facebook coba dimasuki oleh orang lain selain admin.

Sayangnya pengguna tidak bisa langsung menggunakan akun Facebook baru untuk mengelola bisnis melainkan sudah harus ada aktivitas dan interaksi seperti konten yang diunggah, like dan juga komentar, serta pengikut yang cukup.

Karenanya jangan lupa untuk menghidupkan akun Facebook anda untuk memancing konsumen dan juga digunakan untuk mendaftarkan di Facebook Busines Manager.

Cara Daftar Facebook Business Manager

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh penjual untuk membuat akun di Facebook Business Manager adalah masuk ke webiste Facebook Business Site.

Selanjutnya pengguna akan muncul tampilan Facebook Business Manager dan pengguna bisa klik Create Account.

Langkah ketiga adalah pengguna bisa mengisi data yang diminta dengan mengisi nama bisnis, jika sudah sesuai maka bisa kkik tombol Continue.

Langkah keempat adalah mengisi biodata admin utama yang mengatur Facebook Business Manager dengan mengisi nama dan juga alamat email yang digunakan untuk proses transaksi dan penyebaran iklan.  Jika sudah selesai maka bisa klik pada tulisan Finish.

Apabila sudah selesai maka pengguna akan masuk ke halaman Facebook Business Manager yang telah dibuah, pada bagian ini terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan untuk merancang iklan yang tepat :

Pertama adalah Page dimana pengguna utama bisa menambahkan atau membuat halaman fanspage di Facebook Business Manager

Kedua adalah Ad Account yang berguna untuk menambah orang lain yang dapat membantu untuk                         mengatur akun iklan.

Ketiga adalah People dimana pengguna bisa menambahkan anggota tim lain untuk masuk ke akun Faecbook Business Manager.

Cara Menambahkan Fanspage di Facebook Business Manager.

Apabila pengguna sudah memiliki akun fanspage lain dan ingin menambahkannya ke Facebook Business Manager agar bisa dikelola bersama, maka beberapa langkah ini bisa dilakukan dengan mudah :

Langkah pertama adalah pilih menu Page kemudian klik Add Page, maka akan muncul beberapa tampilan jendela yang bisa dipilih oleh pengguna :

Pertama yaitu Add a Page at Your Own : item ini berguana untuk menambahkan fanspage yang                                                                                 telah dibuat dengan menyalin link URL Fanspage tersebut.

Kedua yaitu Add Someone Else Page : Apabila pengguna memiliki lebih dari satu fanspage maka                                                                           anda bisa memilih akun mana yang bisa digunakan untuk                                                                              campaign iklan melalui item ini.

Ketiga yaitu Create a New Page : Penggun bisa menggunakan item ini apabila ingin membuat                                                                      fanspage baru dari awal lagi.

Cara Menambahkan Akun Untuk Akun Iklan

Penjual yang memiliki akun Fanspage bisa menggunakan akun tersebut untuk membuat iklan pada kategori yang berbeda sehingga targetnya pun bisa lebih luas dan konsumen tidak bosan melihat iklan yang sama.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menambahkan akun iklan ke Facebook Busienss Manager :

  • Pertama adalah klik Add Ad Account, kemudian akan muncul Add ad Accounts to Business Manager kemudian klik Create Ad Account.
  • Pada jendela ini akan menemukan beberapa item diantaranya :

Add Account Name : Item ini bisa diisi dengan nama akun iklan anda

Time Zone : Zona waktu yang bisa disesuaikan dengan tempat anda saat ini.

Currency : Mata Uang yang digunakan untuk pembayaran iklan.

Stategi Iklan Facebook Sukses

Stategi Iklan Facebook Sukses

Seorang penjual tentu saja menginginkan iklan yang disebarkannya sukses agar modal yang dikeluarkan sesuai dengan hasil yang di dapatkan.

Sayanngnya beberapa iklan yang diaktifkan oleh penjual bisa saja gagal karena konten yang tidak sesuai konsumen sehingga pembeli tidak tertarik dan berujung untuk melakukan report as spam pada ilam karena terus menerus muncul.

Karenanya agar iklan yang dibuat sukses dan bisa menarik banyak konsumen baru, beberapa strategi ini bisa dilakukan dalam pembuatan konten iklan.

Targetkan Konsumen yang Sesuai

Strategi pertama yang bisa dilakukan sebelum membuat konten yang menarik adalah dengan mengetahui target konsumen pada iklan yang dituju.

Pengguna bisa mencari tahu dengan mengetahui manfaat produk yang dijual dan siapa saja orang-orang yang akan menjadi konsumen potensial.

Contohnya adalah saat kita akan berjualan baju wanita, penjual bisa menentukan berapa usia wanita tersebut? Dimana konsumen dapat menggunakan produk baju kita? Berapa usia dan juga penghasilan dari konsumen tersebut?

Jika sudah mengetahui jawabannya, penjual juga bisa mengetahui konten yang tepat dan disukai oleh konsumen.

Dengan mengetahui target konsumen yang dituju maka pengguna akan semakin mudah untuk mengatur target konsumen yang ada di pengaturan Facebook Business Manager.

Rancang Budget Promosi

Facebook Business Manager sendiri juga menyediakan fasilitas yang dapat membantu penggunanya untuk menentukan biaya yang dikeluarkan setiap iklan ditayangkan.

Hal ini juga membantu untuk melakukan penganggaran agar tidak keluar dari modal yang ditentukan.

Bagi pengguna yang pertama kali menggunakan fitur ini bisa mencoba menggunakan biaya terkecil dulu lalu jika iklan sudah berhasil maka bisa menambah sesuai dengan anggaran yang disiapkan.

Jangan lupa juga untuk melakukan analisa dan evaluasi untuk mengetahui apakah iklan sudah optimal atau perlu perbaikan selanjutnya.

Buat Konten yang Menarik

Berbeda konsumen tentu saja berbeda konten yang disukai, ada yang menyukai konten video namun ada juga yang lebih tertarik pada konten foto.

Karenanya penjual sebaiknya melakukan survei minat konten terlebih dahulu, hal ini bisa dilakukan dengan melihat konten mana yang lebih banyak mendapatkan engagement di social media.

Apabila sudah mengetahui konten yang sesuai maka pengguna bisa membuat konten yang menarik.

Isi dari konten sendiri tidak hanya berupa promosi produk namun juga bisa edukasi singkat atau manfaat dari produk yang dipasarkan dengan begitu calon konsumen tidak akan merasa melihat iklan.

Pastikan juga isi konten padat dan berisi materi iklan yang diinginkan dan juga memiliki resolusi tinggi agar lebih enak dilihat oleh konsumen.

Evaluasi Rutin

Sudah rutin pasang iklan namun keuntungan malah makin menurun? Inillah saat yang tepat untuk evaluasi iklan.

Penjual bisa mengevaluasi mengenai konten yang dibuat dan seberapa sering iklan muncul di akun Facebook konsumen. Apabila terlalu sering maka penjual bisa mengurangi frekuensinya agar konsumen tidak bosan.

Penggantian konten secara rutin juga akan mengurangi kejenuhan konsumen sehingga iklan yang disiarkan bisa menarik lebih banyak pembeli.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.