cara download aplikasi di laptop

Cara Download Aplikasi di Laptop, Mudah dan Cepat

Maksimalkan penggunaan laptop yang anda miliki dimulai dengan mengunduh berbagai aplikassi yang membantu dalam pekerjaan anda.

Saat membeli sebuah laptop baru atau bekas biasanya terdapat berbagai aplikasi bawaan yang sudah tersedia di dalam laptop.

Berbagai platform tersebut merupakan bawaan dari laptop yang dapat membantu untuk memaksimalkan pekerjaan anda saat menggunakan laptop.

Biasanya platform bawaan tersebut berasal dari microsoft yang telah bekerja sama dengan berbagai merk laptop yang telah rilis di pasaran.

Sayangnya beberapa platform bawaan dari laptop terkadang tidak mencukupi untuk beberapa bidang pekerjaan sehingga mengharuskan penggunanya untuk mengunduh berbagai aplikasi lainnya dari internet.

Namun mengunduh aplikasi untuk laptop sendiri tidak bisa dilakukan secara asal-asalan karena bisa berisiko aplikasi yang diunduh membawa virus eksternal sehingga merusak kinerja laptop bahkan menghilangkan berbagai dokumen penting yang tersimpan di laptop

Karenanya agar proses pengunduhan semakin mudah dan aman dari virus ketahui dulu cara download aplikasi di Laptop

kegunaan aplikasi di laptop

Kegunaan Aplikasi di Laptop

Bagi pengguna gadget baik laptop maupun handphone pasti sering mendengar kata aplikasi, sebenarnya apa sih aplikasi itu dan apa fungsinya?

Aplikasi sendiri merupakan perangkat lunak yang memiliki berbagai fitur tertentu dan dapat diakses oleh penggunanya untuk berbagai kebutuhan.

Beberapa aplikasi terkadang bisa diunduh melalui website resmi yang dimiliki aplikasi tersebut atau melalui Google Playstore dan Appstore.

Setelah diunduh dan terinstall di gadget maka sebuah platform bisa digunakan untuk ebrbagai keperluan mulai dari hiburan hingga membantu membereskan berbagai pekerjaan yang membutuhkan penghitungan secara spesifik.

Pentingnya penggunaan aplikasi untuk memaksimalkan fungsi handphone atau laptop tak jarang membuat developer gadget sudah menginstall beberapa aplikasi bawaan terlebih dahulu sebelum dipasarkan ke masyarakat.

Meskipun beberapa aplikasi bawaan yang tersedia di laptop sudah bisa membantu berbagai pekerjaan namun tetap saja dibutuhkan aplikasi tambahan yang bisa diunduh dari internet.

Berikut beberapa alasan mengapa harus mengunduh aplikasi di laptop.

Memaksimalkan Kinerja Laptop

Sebuah laptop tanpa adanya aplikasi bisa saja menjadi mesin kosong yang tidak mampu digunakan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan apapun.

Karenanya jamak dijumpai berbagai platform bawaan yang di dapatkan dari developer laptop untuk memaksimalkan kinerja laptop sehingga bisa digunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan.

Saat membeli sebuah laptop biasanya pengguna diberikan aplikasi bawaan dari microsoft yang berguna untuk mengisi mengerjakan beberapa pekerjaan dasar.

Beberapa pekerjaan dasar tersebut diantaranya mengetik dokumen, menghitung angka dan data, serta menyajikan pengajaran dalam slide presentasi.

Meskipun sudah diberikan aplikasi bawaan dari Microsoft terkadang beberapa pekerjaan tertentu membutuhkan aplikasi tambahan agar pengerjaan data dan dokumen lebih maksimal.

Sehingga tidak menutup kemungkinan bagi pengguna untuk mengunduh berbagai aplikasi lainnya di internet atau website resmi dari aplikasi tersebut.

Memudahkan Pekerjaan di Bidang Khusus

Banyaknya permasalahan yang timbul akhir-akhir ini dan keingintahuan manusia tentang suatu hal yang terus meningkat setiap harinya akhirnya membutuhkan bantuan alat analisa atau penghitungan data yang akurat.

Alat tersebut bisa berupa aplikasi yang bisa dikembangkan sendiri dengan berbagai bahasa pemrograman yang bisa dipelajari secara gratis di internet.

Tidak hanya berguna untuk menjawab keingintahuan manuaia namun aplikasi sendiri berguna untuk memudahkan pekerjaan di bidang khusus.

Contohnya adalah para pekerja yang bekerja di bidang teknik dimana penggunanya membutuhkan aplikasi khusus yang terkadang tidak tersedia di aplikasi bawaan di laptop.

Aplikasi tambahan tersebut biasanya disediakan oleh pengembang khusus yang memperoleh pendapatan dari penjualan aplikasi atau biaya berlangganan secara rutin.

Adanya platform khusus ini biasanya berguna untuk menghitung atau melakukan analisa terhadap masalah tertentu yang hasil akhirnya digunakan untuk keperluan berbagai macam pihak.

Sebagai Media Hiburan

Hari-hari terasa suntuk dan membosankan? Berarti anda membutuhkan hiburan tambahan yang berguna untuk menaikkan mood dan motivasi dalam bekerja.

Meskipun mayoritas laptop menyediaan aplikasi Windows Media Player yang berguna untuk memutar lagu atau video namun beberapa platform hiburan seperti Spotify atau Netflix juga menyediakan aplikasi sendiri yang bisa diunduh di Laptop.

Dengan mengunduh aplikasi hiburan di laptop maka pengguna bisa mendapatkan sensasi menikmati film lebih nyaman dibandingkan mengguankan handphone atau laptop.

Tak hanya itu, dengan mengunduh aplikasi di Laptop maka pengguna bisa menghubungkan melalui proyektor sehingga bisa ditonton bersama oleh sahabat dan teman.

Banyakna beban pekerjaan yang terus bertambah setiap jamnya dan tekanan yang selalu meningkat setiap harinya menjadikan seseorang membutuhkan pelarian sejenak dari pekerjaan yang dijalani.

Agar segala pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu dan tetap bisa menenangkan diri maka pengguna bisa memutar lagu melalui aplikasi Spotify.

Dengan platform ini pengguna bisa mendengarkan lagu dari musisi atau artis kesayangan dan lagu yang disukai sehingga pekerjaan terasa lebih ringan untuk dikerjakan.

Selain itu, mendengarkan lagu klasik dari spotify juga terbukti bisa membuat pendengarnya lebih fokus melakukan pekerjaan dan menghasilkan berbagai ide baru.

Guna menikmati berbagai fitur dari Netflix dan Spotify secara maksimal maka pengguna bisa melakukan langganan akun yang bisa dibayar setiap bulan atau setahun penuh.

Menghitung Data dan Merapihkan Dokumen

Bagi pekerja yang bekerja di bidang administrasi tentunya berkuttat dengan berbagai dokumen dan data menjadi makanan setiap hari.

Untung saja berbagai laptop keluaran terbaru atau lama telah merilis aplikasi bawaan yang membantu pekerjaan administrasi sehingga tidak perlu waktu lama untuk menata dokumen atau menganalisa data yang diberikan.

Dua platform bawaan utama yang biasanya digunakan oleh seorang admin atau akuntan adalah Mircosoft Word dan Microsoft Excel.

Dengan adanya aplikasi ini pengguna bisa memilah data penjualan agar tertata rapih dan menghitung laba bulanan yang diterima setiap bulannya.

Berbagai hasil pekerjaan yang dikerjakan setiap bulannya tentunya bisa menjadi evaluasi dan acuan keputusan manajemen ke depannya untuk menyusun teknik marketing yang tepat agar barang jualan lebih laris manis di pasar.

Sedangkan bagi pekerja di bidang administrasi, hadirnya platfrom microsoft word sangat berguna untuk membuat berbagai dokumen kerja sama atau undangan ke berbagai pihak tertentu.

Seringnya dua platform tersebut digunakan di berbagai macam jenis pekerjaan menjadikan kemampuan Microsoft Word dan Excel sebagai syarat khusus untuk diterima di berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan bidang perkantoran.

Membantu Pengajaran Agar Lebih Mudah Dipahami

Kembali ke puluhan tahun yang lalu dimana proses belajar mengajar menggunakan metode tradisional dengan cara menulis di papan tulis dan guru menjelaskan materi tertentu di depan kelas.

Metode ini terkadang tidak efektif karena baik guru atau murid hanya berpake pada satu sumber saja sehingga informasi yang di dapatkan sering kurang lengkap.

Namun dengan majunya perkembangan teknologi saat ini menjadikan munculnya berbagai media pengajaran yang menyenangkan sehingga mudah dipahami oleh murid.

Beberapa platform yang membantu dalam proses belajar mengajar adalah aplikasi Power Point dimana pengguna bisa memasukkan rangkuman informasi mengenai materi yang akan disampaikan hari ini.

Tak hanya itu, seorang pengajar juga bisa menyelipkan berbagai video yang membantu untuk menjelaskan materi pengajaran sehingga murid bisa lebih mudah paham mengenai materi yang dijelaskan.

Penggunaan Microsoft Power Point pun sangat mudah bahkan interaktif karena tersedia berbagai fitur yang membantu tampilan power point menjadi lebih apik dan memiliki karakter tersendiri.

Mendapatkan Informasi Terbaru dari Aplikasi Berita

Munculnya social media tak hanya memberikan positif berupa meningkatkan hubungan dengan saudara atau teman yang jauh disana namun juga memberikan sisi negatis yang terkadang tidak disadari oleh banyak orang.

Salah satunya adalah penyebaran informasi palsu atau biasa disebut hoax dimana penyebarnya terkadang melebih-lebihkan suatu permasalahan atau bahkan memberikan informasi palsu yang melenceng jauh dari aslinya.

Beredarnya informasi palsu ini terkadang membuat banyak orang khawatir apalagi bagi pengguna di usia senja yang bisa saja percaya informasi yang di dapatkan dari social media atau broadcast dari platform komunikasi.

Karenanya untuk mencegah hal ini terjadi maka pengguna bisa mengunduh berbagai aplikasi berita yang bisa diunduh melalui Google Playstore atau Appstore.

Dengan mendapatkan informasi yang lebih akurat tentunya membantu pengguna menghindari informasi palsu yang beredar dan mendapatkan ilmu baru dari membaca berita di platform tersebut.

Meskipun begitu, pengguna juga sebaiknya mengunduh aplikasi dari platform berita yang terpercaya dan diakui oleh masyarakat luas sehingga informasi yang di dapatkan lebih kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan.

tips mengunduh aplikasi secara aman

Tips Mengunduh Aplikasi Secara Aman

Banyaknya aplikasi yang diperlukan untuk mempermudah pekerjaan dan kehidupan sehari-hari terkadang mmebuat pengguna laptop mau tak mau mengunduh platform di luar bawaan laptop.

Meskipun berbagai aplikais tersebut saat membantu sebagai hiburan dan juga menyelesaikan pekerjaan namun ancaman adanya serangan virus juga ikut memebayangi apabila pengguna asal-asalan mengunduh aplikasi yang ada di internet.

Karenanya seblum mengunduh berbagai platfor, yang ada di internet, ketahui dulu beberapa tips mudah mengunduh aplikasi secara aman.

Pastikan Mengunduh Aplikasi dari Website Resmi

Berbagai platform yang sudah terkenal digunakan di handphone seperti Telegram atau WhatsApp juga sudah mulai menyediakan layanannya untuk komputer.

Hal ini dilakukan karena terkadang penggunanya juga membuka aplikasi tersebut di laptop untuk mempermudah proses komunikasi dengan rekan kerja atau konsumen sehingga tidak perlu terus menerus membuka handphone.

Guna mendapatkan berbagai platform tersebut, pengguna bisa mengunduh di aplikasi resmi yang tersedia sehingga lebih aman dan jaminan tidak disusupi oleh virus.

Tak hanya itu, unduhan aplikasi tersebut biasanya selesai dalam waktu singkat sehingga pengguna bisa langsung menggunaan platfrom tersebut untuk berbagai kebutuhan.

Apabila pengguna sudah tidak lagi menggunakan aplikasi tersebut atau ingin mengganti laptop maka pengguna bisa melakukan uninstall aplikasi agar akun anda tidak digunakan oleh orang lain.

Gunakan Anti Virus di Laptop

Salah satu bahaya dalam mengunduh aplikasi di internet secara sembarangan adalah resiko platform yang kita gunakan disusupi oleh virus.

Hadirnya virus tersebut tentunya akan menggangu efektivitas kerja karena bisa saja dokumen yang telah disimpan mendadak hilang atau platform yang digunakan mendadak tidak bisa dijalankan.

Tentu saja anda tidak mau hal ini terjadi kepada anda bukan?

Karenanya sebelum mengunduh berbagai aplikasi di internet pastikan untuk memasang anti virus terlebih dahulu.

Platform anti virus sendiri biasanya telah terpasang di laptop saat anda membelinya atau bisa mengunduhnya di internet dan membayar biasa berlanganannya setiap bulan.

Hadirnya anti vrius juga membantu laptop lebih aman dan bisa mendeteksi aplikasi yang dicurigai membawa virus sehingga pengguna tidak mengunduhnya di webste tersebut.

Saat ini sudah muncul berbagai anti virus yang memiliki kinerja yang berbeda dan bisa anda pilih sesuai kebutuhan.

Cek Ulasan di Kolom Review

Tidak hanya mengunduh aplikasi di website resmi yang disediakan developer namun pengguna juga bisa mendapatkan berbagai platform keinginan melalui Google Playstore dan Appstore.

Hal ini dilakukan karena kadang aplikasi yang ingin digunakan tidak memiliki situs resmi di internet untuk mengunduhnya, selain itu laptop dan juga Mac juga bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi di Google Playstore dan Appstore.

Sebelum memulai mengunduh sebuah platform ada baiknya untuk mengetahui ulasan aplikasi yang akan diunduh di kolom review.

Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah platform tersebut memiliki kualitas yang baik dan tidak akan merusak gadget ke depannya.

Cara membaca ulasan pun sangat mudah, dimulai dengan melihat review buruk terlebih dahulu untuk mengetahui kekurangan aplikasi misalnya beberapa fitur tidak bisa digunakan atau aplikasi dapat merusak gadget.

Namun apabila anda sudah membaca ulasan yang buruk namun masih bisa toleransi dengan kekurangan yang ada maka pengguna bisa melihat ulasan yang bagus untuk menambah keyakinan dalam mengunduh aplikasi.

Pengguna juga sebaiknya hati-hati pada ulasan palsu yang dibuat oleh developer agar menaikkan rating produk di mata konsumen.

Trik tersebut bisa anda analisa dengan membaca beberapa komentar yang ada dan apabila rata-rata memberikan ulasan dengan tata bahasa yang sama maka sebaiknya mewaspadai keamanan platform tersebut.

Biasakan Membaca Deskripsi Aplikasi

Banyaknya aplikasi yang beredar di Google Playstore tak hanya membantu untuk memudahkan hidup namu juga membuat penggunanya waspada agar tidak mengunduh aplikasi yang merugikan.

Tips selanjutnya untuk mengunduh platform secara aman adalah dengan melihat deskripsi aplikasi sebelum mengunduhnya.

Cara ini dilakukan untuk menghindari menggunakan aplikasi yang ternyata menfaatnya tidak sesuai dengan ekspektasi.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek kata kunci tersebut yang membantu untuk menaikkan rating platform di Google Playstore.

Sebuah platform yang baik juga sebaiknya menyebutkan manfaat dari aplikasi tersebut dan juga berbagai fitur unggulan yang membantu dalam pengalaman dalam menggunakan layanannya.

Aplikasi yang terpercaya biasanya mencantumkan fitur utama dan menjelaskan cara kerja layanan tersebut untuk meningkatkan pengalaman dan kenyamanan dalam menggunakan aplikasi.

Apabila platform yang digunakan menyediakan layanan berlangganan maka biasanya akan mencantumkan metode pembayaran namun jika deskripsi tidak menuliskan manfaat spesifik dari layanan premium maka sebaiknya pengguna harus waspada.

tutorial download aplikasi

Tutorial Download Aplikasi

Setelah mengetahui tips tersebut tentunya anda mulai paham cara mengunduh aplikasi yang aman di internet.

Pengguna bisa memulai untuk mengunduh berbagai platform tersebut melalui layanan unduhan yang terpercaya dan sudah memiliki lisensi resmi sehingga aplikasi yang disediakan pun dijamin aman.

Berikut beberapa tutorial mudah mengunduh aplikasi di berbagai platfrom.

cara mengunduh di google playstore

Cara Mengunduh Aplikasi di Google Playstore

Platfrom pertama yang bisa digunakan untuk mengunduh berbagai aplikasi adalah Google Palystore.

Tidak hanya tersedia di handphone namun layanan ini juga bisa digunakan di laptop sehingga pengguna bisa mengunduh aplikasi untuk handphone melalui laptop.

Berikut beberapa langkah mudah mengunduh aplikasi di Google Playstore:

  • Pertama, masuk ke platform Google Chrome kemudian ketikkan Google Playstore maka pengguna akan dibawa masuk ke website tersebut.
  • Kedua, pilih aplikasi yang diinginkan dan jika sudah sesuai klik Download
  • Ketiga, jika sudah maka pengguna akan diberikan pilihan untuk memilih gadget yang akan digunakan untuk mengunduh aplikasi
  • Keempat, setelah memilih platform yang akan diunduh maka pengguna akan diminta untuk menuliskan kata sandi email sesuai alamat email yang terhubung dengan laptop dan handphone, jika sudah selesai maka klik OK
  • Kelima, tunggu beberapa saat maka aplikasi yang dipilih akan masuk ke handphone anda.
cara mengunduh di appstore

Cara Mengunduh Aplikasi di AppStore

Bagi pengguna yang memiliki Mac dari Apple maka bisa mengunduh berbagai aplikasi keinginan yang membantu untuk memudahkan pekerjaan.

Berikut beberapa cara mengunduh aplikasi di Mac:

  • Pertama, pengguna bisa mengunjungi Apple Store
  • Kedua, setelah masuk maka pengguna bisa memilih aplikasi yang diinginkan, pastikan juga untuk mengecek ulasan dan juga ranking platform tersebut sebelum mengunduhnya
  • Ketiga, jika sudah pengguna bisa langsung mengunduhnya namun apabila aplikasi tersebut termasuk aplikasi berbayar maka bisa membayarnya terlebih dahulu melalui kartu kredit atau berbagai metode pembayaran lainnya.
  • Keempat, tunggu hingga platform tersebut terunduh di gadget anda dan kemudian ikon platform tersebut akan muncul di halaman utama layar.
  • Kelima, buka aplikasi dan lakukan registrasi agar platform tersebut bisa dijalankan dengan berbagai layanan yang disediakan.
cara mengunduh aplikasi di window store

Cara Mengunduh Aplikasi di Window Store

Tidak hanya pengguna Mac yang bisa mengunduh berbagai aplikasi di Apple Store namun pengguna laptop biasa pun dapat mengunduh berbagai aplikasi keinginan melalui Window Store.

Platform ini layakanya Google Playstore yang menyediakan beragam aplikasi yang dapat membantu permasalahan anda dan keuntungan lainnya adalah aplikasi yang tersedia rata-rata gratis sehingga penggunanya tidak perlu membayar biaya berlangganan.

Berikut beberapa cara mudah mengunduh aplikasi di Window Store:

  • Pertama, klik tombol start yang ada di pojok kanan bawah dan ketikkan Window Store
  • Kedua, Pilih platform yang diinginkan dan pastikan untuk membaca kembali ulasan dan deskripsi platform.
  • Ketiga, Jika sudah sesuai maka klik Download dan tunggu hingga aplikasi anda sudah terinstall di laptop anda.
  • Keempat, Apabila sudah diunduh maka pengguna bisa keluar dari Window Store
  • Kelima, klik ikon Start kemudian pilih platform yang telah terunduh
  • Keenam, aplikasi sudah diunduh dan siap diguanaan untuk membantu pekerjaan anda.
cara mengunduh di website

Cara Mengunduh Aplikasi di Website

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, beberapa aplikasi terkenal yang sudah digunakan oleh banyak orang seperti WhatsApp atau Telegram juga telah menyediakan fitur untuk komputer.

Hal ini dilakukan agar pengguna bisa lebih mudah mengirim berbagai dokumen atau pesan ke rekan kerja dengan mudah dan cepat melalui laptop yang telah terhubung dengan aplikasi tersebut.

Berikut beberapa cara mudah mengunduh aplikasi melalui website resmi

  • Pertama, masuk ke halaman Google Chrome lalu ketikkan platfoem yang diinginkan ditambah dengan For PC
  • Kedua, jika sudah maka pengguna akan diarahkan ke website resmi platform tersebut dan pilihlah kolom paling atas atau pilih website yang memiliki nama yang sama dengan aplikasi tersebut
  • Ketiga, pilih gadget yang diinginkan kemudian klik download
  • Keempat, tunggu beberapa saat hingga platform tersebut terinstall di laptop anda.
  • Kelima, jika sudah selesai maka platform tersebut akan masuk ke laptop anda dan bisa digunakan untuk berbabagi kebutuhan
chrome web store

Cara Mengunduh Aplikasi di Chrome Web Strore

Cara lain selain mengunduh aplikasi melalui website adalah pengguna bisa mengunduh melalui Chrome Web Store

Selain mudah, website ini juga membantu untuk mengunduh aplikasi yang diinginkan secara cepat serta aman.

Keuntungan lainnya adalah berbagai layanan di platform ini memiliki kesamaan dengan di Google Playstore sehingga pengguna bisa mengunduh aplikasi yang ada di handphone untuk laptop anda.

Sayangnya pengguna harus mencari website ini karena tertutup oleh berbagai macam iklan berbayar

Berikut beberapa langkah mudah mengunduh aplikasi di Chrome Web Store

  • Pertama, pengguna bisa masuk ke platform Google Chrome kemudian buka Chrome Web Store
  • Kedua, masuk ke website tersebut dan kemudian ketikkan nama aplikasi yang diinginkan atau mencari rekomendasi platform yang ditawarkan
  • Ketiga, pengguna bisa klik ikon platform tersebut kemudian klik download
  • Keempat, tunggu beberapa saat hingga platform selesai terunduh dan kemudian masuk ke laptop anda
  • Kelima, buka di kolom pencarian laptop dan ketikkan nama platform yang sudah selesai terunduah agar aplikasi bisa terpasang sempurna dan pengguna bisa melakukan proses registrasi sehingga aplikasi bis alangsung dijalankan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.