cara mengubah pdf ke word

7 Cara Mengubah PDF ke Word Paling Mudah Tanpa Ribet

Kini cara mengubah pdf ke word menjadi semakin mudah dan tanpa ribet. Simak artikel ini untuk mengetahui pembahasan lengkapnya!

Untuk cara mengubah PDF ke Word, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Hal tersebut diperlukan karena beberapa keunggulan yang dimiliki file berformat Word dari pada PDF.

Saat ini, dokumen lebih banyak ditemukan dalam bentuk soft file atau berkas lunak yang dibuat melalui perangkat digital.

Bentuk berkas seperti ini sangat memudahkan karena dapat dibagikan maupun diakses pada perangkat manapun dan kapanpun. Salah satu format dokumen yang banyak digunakan adalah PDF dan Word.

Format penyimpanan file sangat beragam jenisnya. Untuk file yang berupa tulisan misalnya ada DOCX, DOC dan PDF. Sementara untuk file gambar, kita mengenal adanya format JPG atau JPEG.

File dengan format Word biasanya dikenali dengan eksistensi berkas .doc atau .docx yang merupakan singkatan dari document.

Sejarah mengatakan bahwa ekstensi tersebut pernah digunakan pada teks biasa, khususnya program atau perangkat keras komputer di berbagai sistem operasi.

Pada 1980an, WordPerfect menggunakan DOC sebagai format bawaan mereka. Kemudian, pada dasawarsa 1990an, Microsoft memilih untuk menggunakan ekstensi doc untuk format bawaaan Microsoft Word.

Sedangkan docx adalah format yang lebih baru dari dokumen Words yang memiliki lebih banyak fitur. Format file doc digunakan di Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya.

Sedangkan docx digunakan di aplikasi Microsoft Word 2007 dan versi sesudahnya. Dokumen Microsoft Word yang disimpan menggunakan format file docx tidak dapat dibuka di Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya.

Sedangkan dokumen yang disimpan dalam format file doc dapat dibuka di Microsoft Word 2007 dan versi sesudahnya.

PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format berkas atau file yang dikeluarkan oleh Adobe Systems tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital.

Pada 1991, salah satu pendiri Adobe, yaitu John Warnock, meluncurkan revolusi pengubahan dokumen kertas ke digital dengan ide yang bernama The Camelot Project.

Tujuannya adalah untuk memungkinkan siapa saja mengakses, mengirim, melihat serta mencetak dokumen dari aplikasi apa pun, di mana saja, dan dari mesin apa pun.

Kemudian pada tahun 1992, The Camelot Project telah berkembang menjadi PDF yang kita kenal sekarang.

PDF menjadi format file yang digunakan oleh berbagai orang dan bisnis di seluruh dunia. Format ini menjadi populer karena portabel, sederhana, ringan, dan mudah untuk dibaca.

Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

Format DPF ialah format penyimpanan yang sudah tidak memungkinkan dilakukan pengeditan lagi. Dokumen PDF sendiri hanya akan dapat dibuka menggunakan program khusus seperti Foxit Reader atau Adobe Reader.

Selain itu, pada browser juga harus sudah terpasang plugin Adobe Reader sehingga dokumen ini bisa dibaca.

Format PDF tidak bisa diedit lagi sehingga membuat file dengan eksistensi PDF terbilang permanen. Format file PDF cocok untuk dokumen seperti scan ijazah, surat-surat resmi dan lain sebagainya.

Sementara untuk format doc, masih bisa dilakukan pengeditan pada dokumennya. Dokumen dengan eksistensi doc sendiri bisa dibuka melalui Microsoft Word ataupun OpenOffice.

Karena masih bisa dilakukan pengeditan, format doc seringkali dipakai untuk file-file yang masih membutuhkan proses editan lebih lanjut pada isinya. Baik file PDF maupun doc bisa diubah eksistensinya menggunakan converter.

Lalu bagaimana jika ingin mengedit file namun file tersebut berformat PDF? Ada beberapa alternatif solusi, salah satunya dengan cara mengubah PDF ke Word.

Mungkin Anda bisa menyalin isi dokumen PDF ke halaman kosong Word, namun seringkali hasilnya berantakan sehingga Anda harus merapikannya kembali. Merepotkan, bukan?

Oleh sebab itu, diperlukan solusi cara mengubah PDF ke Word seperti yang akan kami bahas kali ini. Saat ini, ada beberapa cara mengubah PDF ke Word yang bisa Anda coba.

cara mengubah pdf ke word

Cara Mengubah PDF ke Word Menggunakan Aplikasi

Cara mengubah PDF ke Word yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Beberapa rekomendasi aplikasi yang telah kami kumpulkan ada yang merupakan aplikasi bawaan.

Aplikasi bawaan ini sudah terpasang di perangkat komputer, laptop, smartphone, atau tablet Anda tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. Ada pula beberapa aplikasi yang harus Anda instal terlebih dahulu sebelum digunakan.

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi untuk cara mengubah PDF ke Word.

Microsoft Word

Cara mengubah PDF ke Word yang pertama adalah menggunakan aplikasi Microsoft Word. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi bawaan apabila sistem operasi komputer atau laptop Anda menggunakan Microsoft.

Namun, fitur konversi PDF ke Word hanya tersedia pada Microsoft Word versi 2013 ke atas. Fitur ini tidak tersedia pada Microsoft versi 2007 atau 2010. Langkah-langkahnya juga cukup mudah.

Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft Word. Akan muncul halaman awal Microsoft Word. Pada bilah menu sebelah kiri, pilih menu Open untuk membuka file yang diinginkan.

1

Setelah itu cari file PDF yang ingin dikonversi ke Word. Kemudian, pilih file tersebut dan klik Open. Selanjutnya, akan muncul notifikasi bertuliskan:

Word will now convert your PDF to an editable Word document. This may take a while. The resulting Word document will be optimized to allow you to edit the text, so it might not look exactly like the original PDF, especially if the original file contains lots of graphics.”

2

Notifikasi tersebut sebagai tanda bahwa file PDF yang Anda pilih akan dikonversi ke dalam format doc. Klik OK dan tunggu beberapa saat. Aplikasi akan bekerja mengubah file PDF Anda ke dalam format doc.

Proses ini mungkin akan memakan sedikit waktu, terutama jika file PDF yang Anda pilih memiliki banyak gambar grafik dan teks. Jika sudah, file Anda akan terbuka dalam format doc pada Microsoft Word.

UniPDF

Rekomendasi aplikasi selanjutnya untuk cara mengubah PDF ke Word adalah UniPDF. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena UniPDF dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis, tanpa membayar biaya berlangganan.

Sebelum membahas cara mengubah PDF ke Word menggunakan aplikasi ini, Anda tentu harus memasang UniPDF di perangkat komputer atau laptop Anda.

Jika sudah, buka aplikasi UniPDF kemudian pilih menu Settings. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah pastikan pada bagian format Word, Anda memilih format .doc.

Langkah selanjutnya, kembali ke menu Home. Pada bagian opsi output, pilih Word. Setelah itu, klik Add dan cari file PDF yang ingin Anda ubah formatnya menjadi Word.

Kemudian, klik Convert untuk memproses konversi dari format PDF menjadi Word, dan tunggu beberapa saat. File Anda yang tadinya memiliki format PDF kini berubah menjadi Word.

Adobe Acrobat Pro

Selanjutnya, Adobe Acrobat Pro juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu alternatif cara mengubah PDF ke Word menggunakan aplikasi. Adobe Acrobat Pro tidak memerlukan koneksi internet untuk mengubah file dari PDF ke Word.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa Anda butuh memiliki akun Adobe untuk menggunakan aplikasi ini. Selain itu, fitur konversi file dari format PDF ke Word tersedia secara berbayar.

Artinya, Anda harus membayar biaya lisensi aplikasi untuk bisa menggunakan fitur satu ini. Cara mengubah PDF ke Word menggunakan aplikasi ini cukup mudah.

Langkah pertama, unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi Adobe Acrobat Pro di perangkat komputer atau smartphone Anda. Setelah itu, buka aplikasi Adobe Acrobat Pro dan buka aplikasi PDF yang ingin dikonversi.

Pada bilah menu di sebelah kanan, pilih menu Export PDF lalu pilih Dokumen Word. Selanjutnya, klik Export lagi. Setelah itu, kotak dialog Save As akan muncul.

Tentukan direktori file akan disimpan nantinya, setelah itu klik Save. Selesai! File PDF Anda telah tersimpan di perangkat Anda dengan format Word.

Selain untuk konversi dari file PDF ke Word, Adobe Acrobat Pro juga dilengkapi beragam fitur lainnya untuk menunjang penggunaan file PDF.

Google Docs

Untuk cara mengubah PDF ke Word yang satu ini, Anda memerlukan koneksi internet. Google Docs adalah salah satu produk Google, mesin pencari populer yang digunakan oleh hampir semua orang.

Google menyediakan layanan gratis seperti Google Docs yang kaya fitur. Salah satu yang bermanfaat, yaitu kamu bisa meng-upload file PDF dan mengeditnya sesuka hati.

Bahkan, kamu juga bisa menyimpannya sesuai dengan berbagai format software yang sangat sering digunakan orang, salah satunya adalah format docx atau Microsoft Office Word semua versi.

Untuk menggunakan produk Google Docs, Anda harus terlebih dahulu memiliki akun Google atau Gmail. Untuk cara membuatnya Anda bisa baca artikel berikut ini Cara Membuat Gmail

1

Jika sudah memiliki akun Gmail, maka Anda sudah bisa menggunakan Google Docs. Langkah pertama, Anda bisa membuka Google Docs melalui alamat berikut ini https://docs.google.com/document/u/2/

Pada halaman awal Google Docs, terdapat beberapa opsi template dokumen yang bisa Anda pilih. Nah untuk cara mengubah PDF ke Word, pilih menu Blank dengan ikon tanda tambah.

2

Setelah itu, Anda akan melihat tampilan dokumen yang masih kosong. Klik menu File pada bilah menu atas sebelah kiri, lalu klik opsi Open atau Anda bisa menggunakan shortcut Ctrl + O.

3

Akan muncul kotak dialog untuk membuka file yang Anda inginkan. Anda bisa mengunggah file PDF Anda di Google Drive atau mengunggah langsung pada Google Docs.

Klik menu Upload untuk mengunggah file dari perangkat Anda, lalu klik tombol Select a file from your device. Pilih file PDF yang Anda inginkan, kemudian klik Open.

4

Tunggu beberapa saat untuk proses pengunggahan file, setelah itu Anda akan diarahkan dan melihat file tersebut melalui Google Docs. Klik Open with Google Docs.

5

Langkah selanjutnya, untuk mengubah file, klik menu File kemudian pilih Download. Tersedia beberapa format file yang bisa Anda pilih. Klik Microsoft Word (.docx) dan file Anda akan terunduh dalam format Word.

Cara Mengubah PDF ke Word Tanpa Aplikasi

Bagaimana cara mengubah PDF ke Word tanpa menggunakan aplikasi? Anda bisa mencoba situs layanan konverter file di bawah ini.

Terdapat banyak sekali layanan konverter file online yang bisa Anda temukan di mesin pencari, kami memberikan beberapa rekomendasi situs untuk cara mengubah PDF ke Word.

iLovePDF

Situs konverter online yang pertama yaitu iLovePDF. Kami merekomendasikan situs ini sebagai salah satu cara mengubah PDF ke Word karena fitur yang dimiliki sangat lengkap.

Tidak hanya mengkonversi file PDF ke Word saja, iLovePDF menyediakan fitur untuk menggabungkan, memisah, mengecilkan ukuran, dan konversi ke berbagai format lainnya seperti JPG, PPT, HTML, Excel, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga bisa mengubah file dalam format apapun menjadi PDF. Sangat lengkap dalam satu situs saja.

Caranya cukup mudah, buka situs iLovePDF di alamat https://www.ilovepdf.com/ kemudian pilih menu Convert PDF lalu klik opsi PDF to WORD.

6

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengunggah file PDF yang ingin dikonversi. Untuk mengunggah file dari perangkat, klik Select PDF file. Selain itu, Anda juga bisa mengunggah file dari Google Drive atau Dropbox.

7

Jika sudah mengunggah file, Anda akan melihat thumbnail file PDF dan bilah menu di sebelah kanan. Klik Convert to WORD untuk memulai proses konversi file.

8

Tunggu beberapa saat hingga muncul tulisan “Your PDF has been converted to an editable WORD document” dan klik Download Word untuk mengunduh file Anda.

Pdftoword

Situs selanjutnya untuk cara mengubah PDF ke Word adalah Pdftoword. Situs ini milik Nitro, salah satu aplikasi untuk PDF yang juga banyak digunakan.

Cara menggunakan Pdftoword ini juga cukup mudah. Kunjungi alamat https://www.pdftoword.com/ dan klik Select your file untuk mengunggah file PDF Anda.

9

Setelah itu, masukkan alamat email Anda yang masih aktif untuk menerima hasil konversi file Anda. Jika sudah, klik Convert Now. Dokumen Word Anda akan dikirim ke email ketika proses konversi sudah selesai.

Smallpdf

Rekomendasi situs konverter online yang terakhir adalah Smallpdf. Selain tersedia dalam bentuk situs, Smallpdf juga tersedia dalam bentuk extension yang bisa Anda pasang di Google Chrome.

Situs ini dapat Anda gunakan sebagai cara mengubah PDF ke Word secara gratis. Caranya cukup mudah, Anda cukup mengunjungi alamat https://smallpdf.com/id

1

Setelah itu, pilih menu PDF ke Word lalu Anda akan diminta mengunggah file PDF yang ingin dikonversi. Anda bisa mengunggah dari perangkat, Google Drive, atau Dropbox. Klik Pilih File.

2

Tunggu beberapa saat untuk proses mengunggah file, setelah itu pilih menu Konversikan ke Word lalu klik Pilih opsi. Proses konversi akan berjalan dalam beberapa saat, dan file Word Anda sudah bisa diunduh.

3

Jika menggunakan situs ini dokumen akan diubah menjadi gambar dan dimasukkan ke format Word sehingga Anda tidak dapat diedit.

Itulah beberapa cara mengubah PDF ke Word yang bisa Anda coba. Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan, mengunduh aplikasi pihak ketiga, atau memanfaatkan layanan konversi online secara gratis.

Semoga bermanfaat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.