social media 1795578 640 4

Twitter Hastag : Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Penggunaan twitter hastag dapat membantu optimasi tweet serta akun twitter yang dimiliki, kenali dan manfaatkan tagar yang sesuai.

Bagi pengguna internet yang hobi mencari informasi terbaru pastinya tidak asing dengan platform social media twitter.

Twitter merupakan salah satu platform social media terbesar yang memiliki sekitar 140 juta pengguna dan terus bertambah setiap harinya.

Banyaknya pengguna yang dimiliki tentunya menjadi tempat yang cocok bagi promosi brand atau mengenalkan produk ke konsumen yang sesuai.

Guna menjangkau pengguna twitter yang lebih luas maka menggunakan twitter hastag yang sesuai tentunya dapat meningkatkan jangkauan dan impresi yang sepadan dengan interaksi serta brand awareness di twitter.

Di sisi lain, saat kreator mengabaikan penggunaan twitter hastag maka konten yang di buat bisa saja tenggelam dan tidak diketahui oleh konsumen yang tertarik pada produk anda.

Karenanya berikut ulasan lengkap mengenai twitter hastag serta penggunaannya di konten twitter.

twitter hastag

Pengertian Twitter Hastag

Saat pertama kali menggunakan twitter tentunya pengguna akan mencari akun serta topik yang disukai sehingga lebih betah untuk bermain di twitter.

Dalam mencari topik tersebut maka pengguna bisa menggunakan twitter hastag untuk mendapatkan pembahasan yang sesuai keinginan.

Kehadiran twitter hastag tentunya penting untuk membawa seseorang ke konten yang sesuai dan di cari di twitter.

Jika sudah menemukan pembahasan yang tepat maka twitter juga akan merekomendasikan topik yang biasanya berkaitan dengan pembahasan yang anda baca dan melakukan interaksi di dalamnya.

Penggunaan twitter hastag sendiri tidak hanya cocok untuk strategi marketing namun membantu dalam mengorganisir konten yang terlihat tidak beraturan di twitter menjadi satu kelompok khusus.

Tidak hanya membantu untuk fitur marketing namun twitter hastag memiliki banyak manfaat bagi pengguna twitter serta kreator.

keuntungan twitter hastag

Keuntungan Menggunakan Twitter Hastag

Twitter hastag sendiri merupakan kombinasi dari kata kunci atau kalimat yang dijadikan satu dengan tambahan simbol tagar.

Pengguna twitter kerap kali melakukan klik pada twitter hastag trending guna mencari tahu topik yang tengah naik daun saat ini dan sedang menjadi bahan perbincangan banyak orang.

Tidak hanya itu, twitter hastag juga memiliki berbagai manfaat yang bisa digunakan oleh pengguna serta kreator untuk mencari topik serta menaikkan konten tertentu.

Twitter Hastag Untuk Pengelompokkan Konten

Twitter memiliki banyak pengguna yang tentunya memiliki berbagai topik yang berbeda untuk di bahas setiap hari, mulai dari curahan hati hingga komentar mengenai suatu permasalahan di twitter.

Twitter hastag membantu untuk mengelompokkan tweet dan percakapan pada topik yang sama sehingga mudah ditemukan oleh pengguna twitter guna mengikuti pembahasan yang menarik perhatian.

Sehingga jika seseorang melakukan klik pada sebuah twitter hastag maka mereka akan mudah untuk menemukan profil atau konten publik yang menggunakan tagar tersebut.

Contohnya adalah saat kita mencari topik dengan twitter hastag #digitalmarketing, maka seluruh pembahasan mengenai tagar tersebut akan keluar mulai dari foto, pembahasan, video, serta pengguna twitter yang menjadi pusat pembicaraan.

Penggunaan twitter hastag pada dasarnya membuat konten anda mudah dicari serta di kelompokkan pada topik yang relevan.

Dengan menggunakan twitter hastag yang spesifik maka tweet anda akan terlihat oleh audience yang lebih luas di luar pengikut anda sehingga meningkatkan jangkauan konten yang anda buat.

Twitter Hastag Membaca ke Percakapan Tertentu

Alasan yang mudah menggunakan twitter hastag di sebuah tweet adalah membawa pengikut yang dimiliki ke dalam percakapan yang menjadi topik utama.

Percakapan ini akan melibatkan sekelompok orang ke dalam sesuatu yang penting bagi mereka dan membuat pengguna twitter merasa menjadi bagian dari komunitas tersebut.

Sebagai hasilnya. pengguna twitter akan menemukan minat mereka dan kreator juga dapat menggunakannya sebagai media promosi ke target audience yang dituju.

Di sisi lain, saat sebuah brand bergabung dalam percakapan di sebuah twitter hastag yang sedang trending maka akan lebih banyak orang yang melihat brand tersebut sehingga memberikan hasil yang lebih pada brand awareness serta jangkauan konten.

Karenanya jika kreator berhasil membuat twitter hastag yang unik dan membawa pengguna instagram dalam percakapan tersebut maka anda akan mendapatkan kenaikan pada jangkauan serta pengikut yang dimiliki.

Twitter Hastag Sebagai Promosi Campaign

Saat sebuah brand merilis produk terbaru tentunya menginginkan perhatian dari pengguna internet untuk melirik barang baru yang telah diluncurkan.

Dalam proses promosi tersebut tentunya pelaku usaha memerlukan campaign yang tepat agar produk yang dirilis di dengar oleh masyarakat luas dan produk yang dijual mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Penggunaan twitter hastag tentunya penting sebagai ajang promosi campaign tersebut dimana konsumen setia anda akan membicarakan produk tersebuah melalui tagar yang diberikan.

Saat twitter hastag yang digunakan mulai masuk trending maka bisa saja membuat pengguna twitter penasaran dan akhirnya bergabung dalam percakapan tersebut atau mencoba produk baru yang tengah di promosikan.

Di sisi lain, penggunaan twitter hastag sendiri cocok digunakan saat anda melakukan kerja sama dengan influencer tertentu guna mempromosikan campaign yang di rilis di twitter.

Semakin banyak interaksi yang dilakukan pada twitter hastag tersebut maka jangkauan konten semakin luas dan bertahan lama.

Twitter Hastag Untuk Menggalang Dukungan

Saat terjadi perayaan tertentu biasanya pengguna twitter juga mengunggah tweet yang berisi dukungan atau apresiasi terhadap kejadian tertentu.

Hal ini biasanya jamak ditemukan saat perayaan hari ulang tahun kemerdekaan dimana banyak orang atau brand mengunggah konten mengenai momentum penting tersebut.

Kreator juga bisa menggunakan twitter hastag yang relevan untuk memberikan ucapan serta promosi pada event tersebut.

Semakin banyak relativitas pada twitter hastag yang digunakan serta pengguna twitter yang menggunakan tagar tersebut maka kesempatan untuk mendapatkan perhatian akan semakin besar.

Namun dalam menggunakan hastag tertentu pastikan juga anda tidak hanya mencantumkan tagar tapi bergabung pada kegiatan tersebut agar tweet anda akan semakin relevan.

Twitter Hastag Untuk Promosi Event

Bagi sebuah brand yang mengikuti event tertentu pastinya ingin stand yang dibuka mendapatkan perhatian dari pengunjung sehingga semakin banyak produk yang dijual.

Anda juga bisa mempromosikan event yang diikuti dengan mencantumkan twitter hastag yang berkaitan dengan event tertentu.

Hal ini dilakukan sebab pengguna twitter juga biasanya memberi tahu acara yang sedang ramai agar semakin banyak orang yang tahu dan berkunjung.

Pastikan juga anda menggunakan twitter hastag asli yang digunakan pada event tersebut agar tweet anda bergabung dengan pengguna twitter lain sehingga tweet anda akan mendapatkan perhatian lebih.

Anda juga bisa menambahkan penawaran menarik pada tweet yang anda unggah agar semakin banyak orang yang tertarik mengunjungi stand anda.

Memberikan tweet real time menggunakan twitter hastag juga bisa menjadi strategi yang tepat untuk meraih perhatian konsumen anda di twitter.

twitter hastag

Cara Mencari Twitter Hastag yang Sesuai

Kreator tidak hanya bisa membuat twitter hastag sendiri namun mencari tagar yang sudah tersedia di twitter dan digunakan oleh banyak orang.

Dengan menggunakan twitter hastag yang sudah tersedia maka akan semakin mudah bagi konten anda untuk masuk ke dalam percakapan yang sedang di bahas di twittter.

Dalam mencari twitter hastag yang sesuai maka kreator bisa menggunakan fitur pencarian di twitter atau menggunakan website khusus untuk mencari hastag yang sesuai.

Berikut rekomendasi beberapa website hastag yang bisa anda gunakan untuk analisa tagar yang diinginkan.

Kolom Pencarian Twitter

Bingung mencari twitter hastag yang tepat untuk konten yang akan di unggah atau sedang mencari topik yang sedang naik daun hari ini? mencari topik melalui kolom pencarian twitter menjadi solusi yang tepat.

Hal ini dikarenakan anda tidak hanya dapat mencari topik di twitter namun juga trending yang menjadi bahan perbincangan hari ini.

Keberadaan kolom pencarian juga memudahkan kreator untuk menemukan topik yang bukan merupakan ranah anda namun bisa digunakan sebagai konten twitter berkat ketenarannya di twitter.

Cara mengakses kolom pencaria twitter pun cukup mudah, kreator cukup masuk ke halaman utama twitter kemudian klik pada ikon kaca pembesar maka anda akan menemukan twitter hastag yang sedang trending atau topik yang tengah di bahas oleh pengguna twitter.

Namun jika anda mengakses twitter melalui dekstop maka bisa mencari twitter hastag melalui kolom explore dimana anda akan mendapatkan topik yang sedang naik daun hari ini.

Selain itu, kreator juga bisa menemukan daftar dari topik popular serta hastag personal yang di dapatkan dari minat anda di twitter.

Hal ini tentunya memudahkan kreator dalam mencari topik yang populer di kategori yang berbeda sehingga membantu dalam membuat konten yang sesuai dengan minat konsumen serta komunitas yang anda ikuti.

Trends Map

Kreator tidak hanya mampu mencari twitter hastag melalui fitur pencarian twitter namun juga melalui website di internet bernama Trend Map.

Website ini memiliki kelebihan untuk mengatasi keterbatasan dalam pencarian twitter hastag dengan menunjukkan tagar trend terbaru.

Selain itu, anda juga bisa melihat kinerja dari hastag yang digunakan sehingga memberikan perspektif yang rinci mengenai topik tertentu.

Kreator juga bisa melihat tweet serta akun populer yang terkait di dalamnya sehingga bisa menjadi referensi dalam membuat konten yang menarik perhatian pengguna twitter untuk membacanya.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa memilih twitter hastag berdasarkan region tertentu sehingga memudahkan anda menemukan tagar yang sesuai dengan jangkauan konsumen yang diinginkan.

Hastagify

Website lain untuk mencari twitter hastag yang tepat adalah hastagify dimana platform ini memiliki berbagai tools yang mengagumkan untuk menemukan tagar yang sedang trending dan populer.

Platform ini juga mengizinkan penggunanya untuk mencari hastag yang terbaik untuk menjangkau audience, memberikan rekomendasi tagar, serta membantu menemukan influencer twitter yang sesuai.

Penggunaan hastagify pun cukup mudah, kreator cukup mengetikkan kata kunci tertentu di kolom pencarian dimana nantinya anda akan disajikan data berupa jumlah popularitas serta trend dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, kreator juga diberikan rekomendasi hastag yang berkaitan dan tentunya bisa digunakan dalam konten tweet yang anda unggah.

Fitur lain yang dimiliki oleh hastagify adalah pilihan negara serta bahasa pada hastag yang dipilih sehingga memudahkan dalam menemukan tagar yang sesuai dengan tempat kreator.

Jika kreator menggunakan fitur hastagify premium maka anda akan mendapatkan juga data yang lebih banyak mengenai top influencers, rekomendasi hastag, serta opsi untuk menyimpan hastag di bookmark.

RiteTag

Website analisa twitter hastag lain yang bisa anda gunakan adalah RiteTag dimana platform ini menyediakan fitur untuk mengecek trending serta popular hastag.

twitter hashtags ritetag 1

Contohnya adalah saat anda mengetikkan kata kunci “social media” pada fitur pencarian maka platform ini akan membagi ke dalam dua list, yakni tagar trending dan popuer.

twitter hashtags ritetag 4

Lalu, jika anda menginginkan tampilan yang lebih jelas maka bisa melihat pada peta connection dan fakta mengenai hastag social media yang telah anda pilih.

Capture 26

Keuntungan lain dari menggunakan RiteTag adalah website ini bisa diakses melalui dekstop atau handphone sehingga memudahkan dalam mengecek hastag yang sesuai dimana saja dan kapan saja.

Namun, jika anda menginginkan layanan lebih dari website RiteTag maka bisa menggunakan layanan premium yang tersedia.

cara menggunakan twitter hastag

Tips Menggunakan Twitter Hastag

Kunci dari menggunakan hastag adalah menggunakan tagar yang benar dibandingkan hanya memilih yang populer sambil berharap tweet anda dapat menjangkau pengguna twitter yang lebih luas.

Penggunaan hastag yang sesuai tentunya penting bagi akun social media brand guna membangun kredibilitas di mata konsumen serta pengguna twitter lainnya.

Karenanya berikut beberapa tips menggunakan twitter hastag dengan maksimal.

Gunakan Hastag Untuk Masuk Ke Perbincangan Tertentu

Twitter terkenal sebagai social media yang cocok untuk membahas topik tertentu tanpa perlu mengikuti orang tersebut terlebih dahulu.

Cukup melakukan interaksi dengan topik yang anda sukai maka lama kelamaan anda akan tergabung pada percakapan yang anda inginkan.

Pengguna twitter juga bisa melakukan interaksi di twitter menggunakan hastag yang sesuai dan sedang di bicarakan oleh banyak orang.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk masuk ke dalam komunitas yang anda inginkan sambil mengembangkan tweet yang sesuai.

Anda juga bisa masuk ke dalam topik viral menggunakan hastag tertentu sehingga akan mengundang pengguna twitter yang berada dalam hastag tersebut untuk melakukan percakapan dengan akun serta tweet anda.

Sebelum itu, pastikan juga topik yang anda pilih relevan dengan brand anda sehingga tidak mengganggu kredibilitas akun yang anda miliki.

Ikuti Hastag Challenge Tertentu

Penggunaan twitter hastag yang tepat tidak hanya membawa anda ke dalam topik tertentu namun juga membuat anda bergabung dengan challenge yang relevan

Berbagai challenge yang disediakan di twitter membantu kreator untuk terhubung dengan komunitas yang dimiliki untuk mendekatkan diri satu sama lain.

Karenanya pastikan untuk memilih hastag challenge yang relevan dengan brand anda agar akun twitter anda bisa dikenal oleh konsumen yang anda inginkan.

Selain itu, kreator juga bisa mengembangkan hastag challenge sendiri yang tentunya bisa digunakan oleh komunitas yang anda miliki.

Pastikan juga memberikan hadiah pada konsumen yang aktif di challenge anda agar semakin banyak pengguna twitter yang ikut dengan tantangan yang anda adakan.

Pastikan Jumlah Tweet Sesuai

Meskipun twitter digunakan sebagai media komunikasi dengan pengguna lainnya namun twitter sendiri memiliki keterbatasan dalam jumlah tweet sehingga pengguna serta kreator di twitter sebaiknya berfikir ulang saat ingin menambahkan tweet serta hastag.

Karenanya penting bagi kreator untuk memperhitungkan jumlah tweet serta twitter hastag yang akan digunakan sehinggga cukup dalam satu tweet.

Namun juga tweet yang dibuat masih belum cukup untuk memberikan semua informasi maka kreator bisa menggunakan fitur thread guna membuat tweet yang lebih panjang namun masih saling berhubungan satu sama lain.

Pastikan juga tidak ada kesalahan penulisan sehingga hastag bisa ditemukan di fitur pencarian dan pengguna twitter.

Gunakan Twitter Hastag yang Mudah

Saat mengetikkan sebuah hastag di tweet mungkin saja anda ingin memberikan semua informasi dalam satu tweet.

Meskipun begitu, strategi tersebut justru menyulitkan konsumen anda untuk membacanya serta membuat pengguna twitter sulit untuk masuk ke dalam twitter hastag yang anda buat.

Padahal tujuan utama dalam menggunakan hastag adalah menarik perhatian pengguna twitter agar bergabung dalam percakapan yang anda buat.

Karenanya dalam membuat sebuah hastag untuk campaign tertentu maka pastikan tagar berisi kalimat yang singkat serta mudah dipahami oleh pengguna twitter.

Penggunaan tagar yang mudah diketik juga memudahkan konsumen anda untuk bergabung ke dalam percakapan yang anda buat.

Gunakan Twitter Hastag dengan Konsisten

Penggunaan hastag yang sesuai dapat membantu brand anda untuk terhubungan dengan topik yang viral di twitter.

Hal ini juga menjadi cara yang bagus karena brand anda akan mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

Berbagai hastag populer yang tersedia di twitter terkadang membuat kreator tergoda untuk menggunakan keseluruhan hastag agar tweet yang dibuat bisa menjangkau pengguna twitter.

Namun cara tersebut sebaiknya dihindari agar untuk memberikan akun twitter anda ciri khas tersendiri dibandingkan yang lainnya.

Kreator juga sebaiknya menggunakan twitter hastag yang konsisten agar akun twitter anda mudah dicari oleh konsumen serta menjadi pengingat bagi pengguna twitter.

Lakukan Analisa Twitter Hastag

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tidak semua twitter hastag bisa digunakan di tweet yang anda buat.

Hal ini dikarenakan hastag tertentu tidak berkaitan dengan brand atau produk tertentu sehingga jika digabung dengan tweet tertetu maka akan merusak kredibilitas akun twitter.

Meskipun begitu, kreator tetap bisa menggunakan twitter hastag yang relevan dan sesuai dengan tweet yang akan diunggah di twitter.

Kreator juga bisa menganalisa terlebih dahulu hastag yang akan digunakan melalui website analisa hastag guna mendapatkan tagar yang banyak dicari pengguna twitter serta berkaitan dengan tweet yang anda buat.

Gunakan Branded Hastag

Saat mengadakan promosi campaign tertentu, kreator tidak hanya bisa menggunakan twitter hastag untuk promosi secara organik namun juga menggunakan branded hastag.

Dengan menggunakan tagar berbayar maka hastag anda akan berada di bagian atas pencarian twitter sehingga menarik perhatian pengguna twitter untuk melihat atau menggunakannya di tweet.

Hal ini tentunya membuat promosi anda semakin dikenal oleh banyak orang dan menjangkau pengguna twitter yang lebih luas.

Penggunaan branded hastag ini bisa bertahan lama tergantung durasi serta budget yang anda keluarkan.

Kreator juga bisa menggunakan elemen tertentu di twitter branded hastag sehingga lebih menarik perhatian bagi pengguna twitter yang melihat tagar anda.

Sumber :

Twitter Hashtags: How to Use Them for Marketing | Sprout Social

Twitter Hashtags: The Definitive Guide (bloggingwizard.com)

The dos and don’ts of hashtags (twitter.com)

Twitter Hashtags: A Guide to Finding and Using the Right Ones (sendible.com)

Twitter Hashtags – Here’s Everything You Need To Know (socialplanner.io)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *