pexels pixabay 270637

Strategi Optimasi Instagram SEO Untuk Pemula

Banyaknya pengguna instagram yang aktif setiap hari, tentunya akan berpengaruh pada munculnya jutaan konten yang diunggah dalam satu hari.

Sehingga jika tidak diimbangi dengan strategi instagram marketing yang tepat maka postingan anda mungkin saja tenggelam di antara pengguna instagram serta tidak menjangkau konsumen yang anda ingingkan.

Semakin kecil peluang konten dilihat oleh pengguna instagram maka jumlah interaksi akan semakin sedikit sehingga peluang akun anda dilihat oleh pengguna lainnya akan kecil.

Hal ini tentunya akan merugikan bagi kreator yang telah menyediakan waktu untuk analisa minat konsumen untuk membuat jenis konten yang disukai.

Untungnya, instagram memiliki instagram seo yang akan membantu anda dalam optimasi strategi konten instagram menjadi lebih maksimal sehingga dapat menaikkan jumlah pengikut lebih cepat.

Karenanya berikut cara melakukan optimasi instagram seo untuk mengetahui strategi yang tepat serta berbagai faktor pendukungnya.

apa itu instagram seo

Apa Itu Instagram SEO

Instagram tidak hanya menjadi sarana ekspresi diri untuk mengunggah konten atau melakukan interaksi dengan teman atau komunitas yang dimiliki.

Seiring dengan banyaknya pengguna instagram yang semakin meningkat serta tumbuhnya akun instagram brand baru, menjadikan instagram juga menjadi tempat untuk mencari hal-hal penting.

Salah satu contohnya adalah mencari tips parenting yang dibagikan melalui konten reels serta foto atau mencari produk dan brand tertentu melalui instagram shop.

Kegiatan scrolling ini dilakukan mengingat jutaan konten instagram yang diunggah setiap harinya dengan topik yang berbeda-beda.

Dalam proses pencarian tersebut, tentunya anda akan menggunakan kata kunci tertentu untuk memudahkan dalam mencari postingan tertentu sesuai dengan keinginan.

Nah, kata kunci tersebut sering juga disebut sebagai instagram seo yang berfungsi untuk melakukan optimasi konten instagram anda agar bisa muncul di halaman pencarian teratas.

Optimasi instagram seo tentunya akan menguntung bagi kreator instagram agar konten yang anda unggah bisa masuk ke dalam pencarian teratas.

Salah satu contohnya apabila anda mencari produk skincare menggunakan kata kunci perawatan wajah, maka anda akan menemukan tagar dengan kalimat yang sama serta turunannya.

Rekomendasi tagar dengan kata kunci yang sama tentunya akan memudahkan kreator dalam memilih hashtag yang sesuai untuk optimasi konten instagram yang lebih maksimal serta dapat membantu menjangkau konsumen yang sesuai dengan tagar yang anda gunakan.

pexels lisa fotios 1092671 5

Cara Kerja Instagram SEO

Setelah mengetahui pengertian mengenai instagram seo maka anda pastinya penasaran dengan pengggunaan kata kunci serta pengaruhnya untuk menyasar konsumen yang sesuai.

Instagram seo mengizinkan anda untuk optimasi profil dan konten untuk meningkatkan visibilitas di platform instagram.

Hal ini akan memanfaatkan algoritma instagram untuk meningkatkan peluang konten anda muncul dalam halaman pencarian melalui hashtag dan kata kunci yang relevan.

Penggunaan instagram seo tidak hanya bisa digunakan di konten anda namun juga profil akun bisnis yang akan membuat akun anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna instagram yang mengguankan kata kunci yang sama.

photo1660525635

Salah satu contohnya seperti yang dilakukan oeh akun instagram @bynikojulius yang menggunakan beberapa kata kunci tertentu untuk optimasi akun agar mudah ditemukan oleh banyak orang.

Beberapa kata kunci yang digunakan adalah optimasi instagram bisnis, algoritma, serta hashtag.

Strategi instagram seo sendiri akan memanfaatkan faktor peringkat utama saat mengembangkan konten serta strategi konten di dukung dengan beberapa faktor-faktor tertentu, seperti : relevansi kata kunci, aktivitas pengguna, serta sinyal popularitas.

Cara kerja instagram seo juga cukup simpel, awalnya algoritma instagrama akan melihat username, bio, caption, hashtag, serta lokasi yang berhubungan dengan kata kunci yang pengguna gunakan di kolom pencarian.

photo1660526029

Contohnya ketika anda mengetikkan “kuliner surabaya” di kolom pencarian, maka anda akan diarahkan ke rekomendasi akun instagram yang memiliki kalimat yang sama di username, profile, atau bio instagram mereka.

Tidak hanya itu, penggunaan instagram seo juga terkadang berdasarkan aktivitas pengguna di instagram,  seperti akun, pos, dan tagar yang pernah berinteraksi dengan anda atau pernah dilihat sebelumnya.

Sehingga hal ini akan memutuskan popularitas akun atau postingan instagram berdasarkan jumlah interaksi berupa like, share, atau follow untuk memutuskan akun dan konten yang mendapatkan peringkat teratas.

pexels caio 67112 1

Apa Keunggulan Instagram SEO dibandingkan Google SEO

Meskipun secara sekilas cara kerja instagram seo dengan google seo terlihat sama, namun keduanya memiliki cara kerja yang berbeda untuk optimasi konten dan akun instagram.

Algoritma instagram memiliki cara kerja yang berbeda dengan algoritma mesin pencari populer seperti Google, salah satu perbedaannya adalah peran kunci dari hashtag dalam pencarian dan kemampuan untuk ditemukan di Instagram.

Sementara Instagram telah memulai mempertimbangkan kata kunci untuk menentukan peringkat konten, maka tagar masih menjadi pusat algoritma instagram.

Hal ini dikarenakan pengguna bisa menemukan akun dan konten tertentu melalui hashtag tertentu di kolom pencarian serta melakukan klik pada tagar tersebut untuk mencari konten yang berkaitan dengan tagar yang telah digunakan.

Selain itu, kata kunci yang digunakan pada username serta bio instagram lebih memiliki kekuatan dibandingkan penggunaan kata kunci pada caption instagram.

Sehingga penting bagi kreator instagram untuk menggunakan kata kunci yang sesuai dengan pencarian konsumen di profil dan username instagram untuk optimasi instagram seo yang lebih efektif.

pexels pixabay 159435 5

Faktor-Faktor Instagram SEO

Sebuah strategi instagram seo yang kuat merupakan cara terbaik untuk meningkatkan jangkauan akun anda di instagram.

Sehingga dengan meningkatkan kemampuan instagram seo akan membuat brand serta usaha anda lebih mudah dicari oleh konsumen serta dapat membantu membangun komunitas yang lebih kuat.

Namun, sebelum membuat strategi instagram seo maka ketahui dulu beberapa faktor pendukung peningkatan kata kunci yang sesuai.

Istilah Pencarian 

Saat mencari konten tertentu di instagram pastinya anda akan memasukkan pilihan kata kunci yang terlihat di pikiran anda.

Sehingga tidak mengejutkan apabila kata kunci yang diketikkan oleh seseorang di kolom pencarian merupakan sinyal paling penting untuk mencari konten tertentu.

Berdasarkan kata kunci tersebut, maka Instagram akan membantu mencari berdasarkan username, bio instagram. caption, hashtag, serta lokasi yang relevan.

Hal ini tentunya menjadi catatan penting bagi kreator instagram untuk mengetahui istilah yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk mencari konten tertentu.

Guna mencari istilah yang relevan tersebut maka anda bisa menggunakan website pencarian kata kunci, seperti Google Analytics, SemRush, Getkeyword, atau tools social monitoring untuk menemukan wawasan mengenai kata kunci yang sesuai.

Aktivitas Pengguna 

Berbagai fitur terbaru yang disediakan oleh instagram menjadikan pengguna memiliki aktivitas baru di instagram.

Salah satu contohnya adalah memberikan likes pada postingan teman, memberikan komentar pada konten di instagram, atau mencari tahu trend produk terbaru di instagram shop.

Sehingga dalam aktivitas tersebut anda juga akan melakukan interaksi dengan hashtag serta akun instagram yang telah anda ikuti atau berikan komentar, serta konten yang telah anda lihat sebelumnya.

Akun instagram dan tagar yang telah anda kunjungi di masa lalu akan memiliki ranking yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak anda cari sebelumnya.

Salah satu contohnya jika anda lebih sering melakukan interaksi dengan kata kunci “kuliner” maka anda akan menemukan beberapa akun instagram berkaitan yang telah anda ikuti atau diikuti oleh teman anda.

Perbedaan akan terjadi apabila anda menggunakan akun instagram lain untuk mencari kata kunci yang sama, maka mungkin saja anda tidak menemukan akun tersebut di kolom pencarian.

Pola satu ini tentunya menjadi wawasan baru bagi pemilik akun instagram brand untuk memahami tagar yang sesuai dengan audience, dengan memilih hashtag yang biasa mereka gunakan untuk melakukan interaksi dengan postingan instagram anda.

Seseorang biasanya menggunakan halaman pencarian untuk melihat konten dari brand yang telah diajak interaksi meskipun anda belum pernah mengikuti akun tersebut.

Popularitas Konten

Salah satu keuntungan dari mendapatkan jumlah interaksi yang banyak adalah terbukanya peluang untuk berada di halaman instagram explore teratas.

Instagram sendiri menentukan popularitas sebuah konten melalui jumlah likes, bagikan, serta mengikuti untuk sebuah akun, hashtag, atau tempat.

Hal ini berarti menguntungkan bagi kreator untuk mengunggah konten instagram di waktu aktif konsumen untuk meningkatkan interaksi awal.

Jumlah interaksi yang tinggi di awal kemunculan konten akan membantu menaikkan popularitas dan memberikan konten anda pencarian cepat ketika postingan anda masih relevan serta baru diunggah di instagram.

Untuk mencari waktu aktif konsumen, maka anda bisa memanfaatkan fitur insight di instagram business yang menyediakan data waktu aktif konsumen berdasarkan kegiatan sehari-hari yang dilakukan di instagram.

Namun, jika anda baru memulai membuat akun instagram brand maka anda bisa menganalisa waktu aktif konsumen melalui kebiasaan konsumen atau mencari waktu yang biasa digunakan oleh kompetitor dalam mengunggah konten instagram.

pexels pixabay 163184 2

Strategi Optimasi Instagram SEO

Setelah mengetahui beberapa faktor instagram seo maka inilah saatnya bagi anda untuk memperbarui strategi konten instagram untuk jangkauan konten yang lebih luas serta jumlah interaksi yang lebih banyak.

Karenanya berikut beberapa strategi instagram seo yang bisa anda gunakan di akun instagram anda.

Lakukan Optimasi Profil Instagram 

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam optimasi instagram seo adalah merubah profil instagram.

Perubahan ini dilakukan mengingat profil instagram menjadi halaman yang dilihat oleh konsumen setelah melihat konten yang relevan atau melakukan pencarian melalui instagram explore.

Di sisi lain, Instagram juga melihat kata kunci yang anda gunakan di username, profil, serta bio instagram untuk mendefinisikan akun instagram anda sebelum disebarkan ke pengguna lainnya.

Hasilnya adalah akun instagram anda akan muncul di pencarian teratas apabila anda menggunakan kata kunci tersebut di profil instagram.

Sehingga penting bagi anda untuk memasukkan kata kunci yang relevan berhubungan dengan komunitas serta industri yang anda geluti di profil instagram.

photo1660530458 1

Contohnya apabila anda mencari akun instagram melalui kata kunci “dekorasi rumah” maka anda akan menemukan akun yang menggunakan keyword tersebut di profil instagram atau username mereka.

Meskipun begitu, apabila anda sudah memiliki nama brand bisnis anda sendiri, maka anda dapat menemukan beberapa keterbatasan saat menggunakan kata kunci tersebut sebagai username karena ingin mempertahankan nama merk.

Pada masalah ini, anda bisa menggunakan nama brand anda sebagai username atau profile instagram, namun anda bisa menyelipkan satu atau dua kata kunci di bio instagram untuk optimasi instagram seo.

photo1660530844

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @waiwai_clutch yang menggunakan kata kunci “tas wanita” di profilnya sehingga mudah ditemukan oleh pengguna instagram yang mencari barang menggunakan kata kunci tertentu.

Tidak hanya itu, anda perlu memaksimalkan pengguanan bio instagram untuk memasukkan beberapa kata kunci tertentu di satu ruang dengan jumlah kalimat yang lebih banyak.

Anda bisa menjelaskan bisnis yang anda jalankan atau konten yang anda sajikan di hadapan konsumen.

Maksimalkan Penggunaan Caption Instagram 

Setelah memasukkan foto atau video yang sesuai maka tidak lengkap rasanya apabila tidak menambahkan caption instagram untuk menjelaskan isi konten.

Kolom khusus ini dapat digunakan untuk menuliskan beberapa kalimat dalam jumlah karakter yang lebih banyak serta melakukan tag akun instagram atau tempat untuk interaksi yang intens.

Penggunaan kata kunci di instagram caption juga memainkan peran yang penting untuk meningkatkan ranking konten pada pencarian yang relevan.

Hal ini berarti caption instagram deskripsi merupakan cara yang tepat untuk optimasi instagram seo menggunakan kata kunci yang sesuai.

Meskipun penggunaan kata kunci sangatlah penting, namun anda tidak bisa menjejali semua keyword di satu caption, hal ini akan membuat caption anda kurang interaktif sehingga kurang menarik untuk dibaca oleh konsumen.

Padahal penggunaan caption yang menarik akan membantu memancng konsumen untuk melakukan interaksi di konten anda dengan memberikan likes, komentar, atau membagikan ke pengguna instagram lain.

Sehingga anda harus membuat membuat caption instagram yang mudah dipahami dengan pilihan kata kunci yang relevan.

Hal ini bukan berarti anda harus membuat caption dengan kalimat yang panjang, kecuali anda ingin membagikan testimoni konsumen, resep. atau tips yang membutuhkan kalimat penjelas, namun cobalah untuk memberikan caption yang sesuai dengan isi konten instagram.

photo1660531921

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @menjadiibu yang menjelaskan mengenai biaya yang dihabiskan untuk penggunaan susu formula menggunakan kata kunci yang relevan, seperti “susu formula” “uang”  serta “hemat”.

Deskripsi caption instagram yang diguanakan juga jelas, padat, serta langsung ke intinya sehingga mudah dipahami oleh pengikutnya.

Gunakan Kekuatan Instagram Hashtag

Saat mengisi instagram caption tentunya tambahan yang tidak terlupakan adalah menggunakan hashtag di setiap postingan yang anda unggah.

Penggunaan tagar yang sesuai dengan jumlah yang tepat akan membantu optimasi instagram seo dengan memasukkan konten anda ke kelompok yang tepat.

Keberadaan hashtag juga menjadi pusat dari pencarian di instagram, sebelum anda menggunakan kata kunci untuk media pencarian, dimana hashtag untuk menjadi solusi alternatif untuk mencari konten yang relevan.

Memasukkan hashtag yang sesuai di setiap instagram caption penting untuk instagram seo yang efektif sehingga konsumen dapat memaksimalkan kemampuan menemukan postingan anda.

Sehingga pastikan untuk mengoptimalkan caption instagram dengan tagar yang relevan.

Meskipun begitu, tidak berarti anda harus mengisi kolom yang tersisa dengan hashtag, karena akan membuat caption anda terlihat tidak rapih serta memperkecil kemungkinan konten anda mudah ditemukan oleh konsumen.

Karenanya anda juga perlu melakukan strategi instagram hashtag yang relevan dengan jumlah tagar yang sesuai.

Instagram sendiri merekomendasikan konsumen untuk menggunakan sekitar 3-4 hashtag di postingan anda untuk optimasi konten instagram.

Dalam memilih hashtag yang sesuai, maka anda bisa mengkolaborasikan penggunaan tagar menggunakan tagar komunitas atau industri yang anda geluti, trending hashtag, serta branded hashtag agar konten anda mudah ditemukan.

Guna memilih tagar yang sesuai, maka anda bisa menggunakan tools tambahan berupa hashtag generator tool yang biasanya ditawarkan oleh website social media manager yang tentunya bisa diakses secara berbayar.

Jangan Lupa Gunakan Alt Text

Salah satu fitur instagram yang baru-baru ini diberikan adalah penggunaan Alt Text dimana anda bisa menggunakannya untuk mendeskripsiakan gambar yang anda unggah disaat konten anda susah untuk diakses.

Keuntungan lainnya dari menggunakan fitur Alt Text adalah kemudahan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai konten yang anda unggah.

Hasilnya akan memudahkan Instagram untuk menentukan konten yang relevan berdasarkan hasil pencarian kata kunci. 

Sehingga anda bisa memakai Alt text untuk memberikan deskripsi gambar serta kata kunci yang relevan.

Meskipun Instagram melakukan deskripsi gambar menggunakan teknologi pengenalan gambar, namun teks tersebut tidak akan memberikan keterangan gambar yang lengkap, serta biasanya caption akan memasukkan beberapa kata kunci yang tidak sesuai.

Sehingga anda bisa memakai Alt Text untuk membantu Instagram dalam memahami kapan harus menampilkan konten anda di hasil pencarian.

Manfaatkan Instagram Collabs

Dalam melakukan promosi akun instagram, maka melakukan kolaborasi dengan influencer terkenal merupakan satu hal yang biasa dilakukan di instagram.

Hal ini dikarenakan influencer tersbeut memiliki pengikut yang memiliki minat yang sama sehingga bisa anda manfaatkan sebagai calon konsumen baru.

Saat mengunggah konten instagram kolaborasi, biasanya influencer tersebut akan melakukan tag akun instagram brand yang mengajak kerjasama sehingga bisa diakses oleh pengikutnya.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan tag akun instagram tergantikan dengan fitur instagram collab.

Melalui fitur tersebut, konten yang diunggah bisa muncul di dua tempat sekaligus sehingga memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan hasil insight yang lebih besar.

photo1660534260

Hal ini juga dilakukan oleh akun instagram @kulinersby yang menggunggah konten kolaborasi mengguankan instagram collabs sehingga konten tersebut dapat tampil di dua tempat sekaligus.

Penggunaan fitur ini tentunya akan menguntungkan bagi akun @daeng.rawa untuk mendapatkan engagement konten yang lebih tinggi berkat kolaborasi konten yang telah diunggah sebelumnya.

Berikan Konten Instagram yang Berkualitas

Sebagai platform social media yang mengedepankan sisi estetik tentunya mengunggah konten dengan kualitas tinggi akan meningkatkan jangkauan konten instagram anda.

Hal ini dikarenakan dengan hasil foto dan video yang bagus akan menambah minat pengikut anda untuk menyebarkan konten ke orang lain melalui fitur share atau memberikan apresiasi berupa likes.

Di sisi lain, hasil pencarian instagram juga berdasarkan instagram guidelines, dimana akun instagram yang melanggar peraturan tersebut akan mendapatkan kesempatan yang kecil untuk terlihat di mata pengguna instagram lainnya.

Tidak hanya itu, recommendations guidelines memiliki peraturan yang lebih ketat dibandingkan community guidelines, sehingga ketika konten anda melanggar community guidelines maka postinga anda akan dihapus di instagram.

Akan tetapi, jika anda melanggar recommendations guidelines maka postinga anda masih beredar di Instagram namun akan sulit ditemukan oleh pengguna instagram, meskipun anda menggunakan berbagai macam strategi konten instagram. Hal ini biasa disebut dengan shadowband.

Halaman pencarian instagram juga menghindari merekomendasikan konten yang memiliki kualitas rendah atau sensitif apalagi jika konten anda dirasa tidak sesuai dengan pengguna instagram di usia muda.

Beberapa contoh lain dari peraturan instagram adalah :

  • Mengguankan konten clickbait.
  • Memberikan klaim yang berlebiha pada konten promosi produk kesehatan.
  • Konten yang tidak original diambil dari platform lain, seperti twitter, facebook. atau. tiktok.
  • Membeli likes atau komentar spam.

Pelajari dasar-dasar instagram seo untuk optimasi konten instagram guna menjangkau pengikut baru melalui hasil pencarian.

Banyaknya pengguna instagram yang aktif setiap hari, tentunya akan berpengaruh pada munculnya jutaan konten yang diunggah dalam satu hari.

Sehingga jika tidak diimbangi dengan strategi instagram marketing yang tepat maka postingan anda mungkin saja tenggelam di antara pengguna instagram serta tidak menjangkau konsumen yang anda ingingkan.

Semakin kecil peluang konten dilihat oleh pengguna instagram maka jumlah interaksi akan semakin sedikit sehingga peluang akun anda dilihat oleh pengguna lainnya akan kecil.

Hal ini tentunya akan merugikan bagi kreator yang telah menyediakan waktu untuk analisa minat konsumen untuk membuat jenis konten yang disukai.

Untungnya, instagram memiliki instagram seo yang akan membantu anda dalam optimasi strategi konten instagram menjadi lebih maksimal sehingga dapat menaikkan jumlah pengikut lebih cepat.

Karenanya berikut cara melakukan optimasi instagram seo untuk mengetahui strategi yang tepat serta berbagai faktor pendukungnya.

Apa Itu Instagram SEO

Instagram tidak hanya menjadi sarana ekspresi diri untuk mengunggah konten atau melakukan interaksi dengan teman atau komunitas yang dimiliki.

Seiring dengan banyaknya pengguna instagram yang semakin meningkat serta tumbuhnya akun instagram brand baru, menjadikan instagram juga menjadi tempat untuk mencari hal-hal penting.

Salah satu contohnya adalah mencari tips parenting yang dibagikan melalui konten reels serta foto atau mencari produk dan brand tertentu melalui instagram shop.

Kegiatan scrolling ini dilakukan mengingat jutaan konten instagram yang diunggah setiap harinya dengan topik yang berbeda-beda.

Dalam proses pencarian tersebut, tentunya anda akan menggunakan kata kunci tertentu untuk memudahkan dalam mencari postingan tertentu sesuai dengan keinginan.

Nah, kata kunci tersebut sering juga disebut sebagai instagram seo yang berfungsi untuk melakukan optimasi konten instagram anda agar bisa muncul di halaman pencarian teratas.

Optimasi instagram seo tentunya akan menguntung bagi kreator instagram agar konten yang anda unggah bisa masuk ke dalam pencarian teratas.

photo1660524822

Salah satu contohnya apabila anda mencari produk skincare menggunakan kata kunci “perawatan wajah”, maka anda akan menemukan tagar dengan kalimat yang sama serta turunannya.

Rekomendasi tagar dengan kata kunci yang sama tentunya akan memudahkan kreator dalam memilih hashtag yang sesuai untuk optimasi konten instagram yang lebih maksimal serta dapat membantu menjangkau konsumen yang sesuai dengan tagar yang anda gunakan.

Cara Kerja Instagram SEO

Setelah mengetahui pengertian mengenai instagram seo maka anda pastinya penasaran dengan pengggunaan kata kunci serta pengaruhnya untuk menyasar konsumen yang sesuai.

Instagram seo mengizinkan anda untuk optimasi profil dan konten untuk meningkatkan visibilitas di platform instagram.

Hal ini akan memanfaatkan algoritma instagram untuk meningkatkan peluang konten anda muncul dalam halaman pencarian melalui hashtag dan kata kunci yang relevan.

Penggunaan instagram seo tidak hanya bisa digunakan di konten anda namun juga profil akun bisnis yang akan membuat akun anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna instagram yang mengguankan kata kunci yang sama,

Salah satu contohnya seperti yang dilakukan oeh akun instagram @bynikojulius yang menggunakan beberapa kata kunci tertentu untuk optimasi akun agar mudah ditemukan oleh banyak orang.

Beberapa kata kunci yang digunakan adalah optimasi instagram bisnis, algoritma, serta hashtag.

Strategi instagram seo sendiri akan memanfaatkan faktor peringkat utama saat mengembangkan konten serta strategi konten di dukung dengan beberapa faktor-faktor tertentu, seperti : relevansi kata kunci, aktivitas pengguna, serta sinyal popularitas.

Cara kerja instagram seo juga cukup simpel, awalnya algoritma instagrama akan melihat username, bio, caption, hashtag, serta lokasi yang berhubungan dengan kata kunci yang pengguna gunakan di kolom pencarian.

Contohnya ketika anda mengetikkan “kuliner surabaya” di kolom pencarian, maka anda akan diarahkan ke rekomendasi akun instagram yang memiliki kalimat yang sama di username, profile, atau bio instagram mereka.

Tidak hanya itu, penggunaan instagram seo juga terkadang berdasarkan aktivitas pengguna di instagram,  seperti akun, pos, dan tagar yang pernah berinteraksi dengan anda atau pernah dilihat sebelumnya.

Sehingga hal ini akan memutuskan popularitas akun atau postingan instagram berdasarkan jumlah interaksi berupa like, share, atau follow untuk memutuskan akun dan konten yang mendapatkan peringkat teratas.

Apa Keunggulan Instagram SEO dibandingkan Google SEO

Meskipun secara sekilas cara kerja instagram seo dengan google seo terlihat sama, namun keduanya memiliki cara kerja yang berbeda untuk optimasi konten dan akun instagram.

Algoritma instagram memiliki cara kerja yang berbeda dengan algoritma mesin pencari populer seperti Google, salah satu perbedaannya adalah peran kunci dari hashtag dalam pencarian dan kemampuan untuk ditemukan di Instagram.

Sementara Instagram telah memulai mempertimbangkan kata kunci untuk menentukan peringkat konten, maka tagar masih menjadi pusat algoritma instagram.

Hal ini dikarenakan pengguna bisa menemukan akun dan konten tertentu melalui hashtag tertentu di kolom pencarian serta melakukan klik pada tagar tersebut untuk mencari konten yang berkaitan dengan tagar yang telah digunakan.

Selain itu, kata kunci yang digunakan pada username serta bio instagram lebih memiliki kekuatan dibandingkan penggunaan kata kunci pada caption instagram.

Sehingga penting bagi kreator instagram untuk menggunakan kata kunci yang sesuai dengan pencarian konsumen di profil dan username instagram untuk optimasi instagram seo yang lebih efektif.

Faktor-Faktor Instagram SEO

Sebuah strategi instagram seo yang kuat merupakan cara terbaik untuk meningkatkan jangkauan akun anda di instagram.

Sehingga dengan meningkatkan kemampuan instagram seo akan membuat brand serta usaha anda lebih mudah dicari oleh konsumen serta dapat membantu membangun komunitas yang lebih kuat.

Namun, sebelum membuat strategi instagram seo maka ketahui dulu beberapa faktor pendukung peningkatan kata kunci yang sesuai.

Istilah Pencarian 

Saat mencari konten tertentu di instagram pastinya anda akan memasukkan pilihan kata kunci yang terlihat di pikiran anda.

Sehingga tidak mengejutkan apabila kata kunci yang diketikkan oleh seseorang di kolom pencarian merupakan sinyal paling penting untuk mencari konten tertentu.

Berdasarkan kata kunci tersebut, maka Instagram akan membantu mencari berdasarkan username, bio instagram. caption, hashtag, serta lokasi yang relevan.

Hal ini tentunya menjadi catatan penting bagi kreator instagram untuk mengetahui istilah yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk mencari konten tertentu.

Guna mencari istilah yang relevan tersebut maka anda bisa menggunakan website pencarian kata kunci, seperti Google Analytics, SemRush, Getkeyword, atau tools social monitoring untuk menemukan wawasan mengenai kata kunci yang sesuai.

Aktivitas Pengguna 

Berbagai fitur terbaru yang disediakan oleh instagram menjadikan pengguna memiliki aktivitas baru di instagram.

Salah satu contohnya adalah memberikan likes pada postingan teman, memberikan komentar pada konten di instagram, atau mencari tahu trend produk terbaru di instagram shop.

Sehingga dalam aktivitas tersebut anda juga akan melakukan interaksi dengan hashtag serta akun instagram yang telah anda ikuti atau berikan komentar, serta konten yang telah anda lihat sebelumnya.

Akun instagram dan tagar yang telah anda kunjungi di masa lalu akan memiliki ranking yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak anda cari sebelumnya.

Salah satu contohnya jika anda lebih sering melakukan interaksi dengan kata kunci “kuliner” maka anda akan menemukan beberapa akun instagram berkaitan yang telah anda ikuti atau diikuti oleh teman anda.

Perbedaan akan terjadi apabila anda menggunakan akun instagram lain untuk mencari kata kunci yang sama, maka mungkin saja anda tidak menemukan akun tersebut di kolom pencarian.

Pola satu ini tentunya menjadi wawasan baru bagi pemilik akun instagram brand untuk memahami tagar yang sesuai dengan audience, dengan memilih hashtag yang biasa mereka gunakan untuk melakukan interaksi dengan postingan instagram anda.

Seseorang biasanya menggunakan halaman pencarian untuk melihat konten dari brand yang telah diajak interaksi meskipun anda belum pernah mengikuti akun tersebut.

Sinyal Popularitas

Salah satu keuntungan dari mendapatkan jumlah interaksi yang banyak adalah terbukanya peluang untuk berada di halaman instagram explore teratas.

Instagram sendiri menentukan popularitas sebuah konten melalui jumlah likes, bagikan, serta mengikuti untuk sebuah akun, hashtag, atau tempat.

Hal ini berarti menguntungkan bagi kreator untuk mengunggah konten instagram di waktu aktif konsumen untuk meningkatkan interaksi awal.

Jumlah interaksi yang tinggi di awal kemunculan konten akan membantu menaikkan popularitas dan memberikan konten anda pencarian cepat ketika postingan anda masih relevan serta baru diunggah di instagram.

Untuk mencari waktu aktif konsumen, maka anda bisa memanfaatkan fitur insight di instagram business yang menyediakan data waktu aktif konsumen berdasarkan kegiatan sehari-hari yang dilakukan di instagram.

Namun, jika anda baru memulai membuat akun instagram brand maka anda bisa menganalisa waktu aktif konsumen melalui kebiasaan konsumen atau mencari waktu yang biasa digunakan oleh kompetitor dalam mengunggah konten instagram.

Strategi Optimasi Instagram SEO

Setelah mengetahui beberapa faktor instagram seo maka inilah saatnya bagi anda untuk memperbarui strategi konten instagram untuk jangkauan konten yang lebih luas serta jumlah interaksi yang lebih banyak.

Karenanya berikut beberapa strategi instagram seo yang bisa anda gunakan di akun instagram anda.

Lakukan Optimasi Profil Instagram 

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam optimasi instagram seo adalah merubah profil instagram.

Perubahan ini dilakukan mengingat profil instagram menjadi halaman yang dilihat oleh konsumen setelah melihat konten yang relevan atau melakukan pencarian melalui instagram explore.

Di sisi lain, Instagram juga melihat kata kunci yang anda gunakan di username, profil, serta bio instagram untuk mendefinisikan akun instagram anda sebelum disebarkan ke pengguna lainnya.

Hasilnya adalah akun instagram anda akan muncul di pencarian teratas apabila anda menggunakan kata kunci tersebut di profil instagram.

Sehingga penting bagi anda untuk memasukkan kata kunci yang relevan berhubungan dengan komunitas serta industri yang anda geluti di profil instagram.

Contohnya apabila anda mencari akun instagram melalui kata kunci “dekorasi rumah” maka anda akan menemukan akun yang menggunakan keyword tersebut di profil instagram atau username mereka.

Meskipun begitu, apabila anda sudah memiliki nama brand bisnis anda sendiri, maka anda dapat menemukan beberapa keterbatasan saat menggunakan kata kunci tersebut sebagai username karena ingin mempertahankan nama merk.

Pada masalah ini, anda bisa menggunakan nama brand anda sebagai username atau profile instagram, namun anda bisa menyelipkan satu atau dua kata kunci di bio instagram untuk optimasi instagram seo.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @waiwai_clutch yang menggunakan kata kunci “tas wanita” di profilnya sehingga mudah ditemukan oleh pengguna instagram yang mencari barang menggunakan kata kunci tertentu.

Tidak hanya itu, anda perlu memaksimalkan pengguanan bio instagram untuk memasukkan beberapa kata kunci tertentu di satu ruang dengan jumlah kalimat yang lebih banyak.

Anda bisa menjelaskan bisnis yang anda jalankan atau konten yang anda sajikan di hadapan konsumen.

Maksimalkan Penggunaan Caption Instagram 

Setelah memasukkan foto atau video yang sesuai maka tidak lengkap rasanya apabila tidak menambahkan caption instagram untuk menjelaskan isi konten.

Kolom khusus ini dapat digunakan untuk menuliskan beberapa kalimat dalam jumlah karakter yang lebih banyak serta melakukan tag akun instagram atau tempat untuk interaksi yang intens.

Penggunaan kata kunci di instagram caption juga memainkan peran yang penting untuk meningkatkan ranking konten pada pencarian yang relevan.

Hal ini berarti caption instagram deskripsi merupakan cara yang tepat untuk optimasi instagram seo menggunakan kata kunci yang sesuai.

Meskipun penggunaan kata kunci sangatlah penting, namun anda tidak bisa menjejali semua keyword di satu caption, hal ini akan membuat caption anda kurang interaktif sehingga kurang menarik untuk dibaca oleh konsumen.

Padahal penggunaan caption yang menarik akan membantu memancng konsumen untuk melakukan interaksi di konten anda dengan memberikan likes, komentar, atau membagikan ke pengguna instagram lain.

Sehingga anda harus membuat membuat caption instagram yang mudah dipahami dengan pilihan kata kunci yang relevan.

Hal ini bukan berarti anda harus membuat caption dengan kalimat yang panjang, kecuali anda ingin membagikan testimoni konsumen, resep. atau tips yang membutuhkan kalimat penjelas, namun cobalah untuk memberikan caption yang sesuai dengan isi konten instagram.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @menjadiibu yang menjelaskan mengenai biaya yang dihabiskan untuk penggunaan susu formula menggunakan kata kunci yang relevan, seperti “susu formula” “uang”  serta “hemat”.

Deskripsi caption instagram yang diguanakan juga jelas, padat, serta langsung ke intinya sehingga mudah dipahami oleh pengikutnya.

Gunakan Kekuatan Instagram Hashtag

Saat mengisi instagram caption tentunya tambahan yang tidak terlupakan adalah menggunakan hashtag di setiap postingan yang anda unggah.

Penggunaan tagar yang sesuai dengan jumlah yang tepat akan membantu optimasi instagram seo dengan memasukkan konten anda ke kelompok yang tepat.

Keberadaan hashtag juga menjadi pusat dari pencarian di instagram, sebelum anda menggunakan kata kunci untuk media pencarian, dimana hashtag untuk menjadi solusi alternatif untuk mencari konten yang relevan.

Memasukkan hashtag yang sesuai di setiap instagram caption penting untuk instagram seo yang efektif sehingga konsumen dapat memaksimalkan kemampuan menemukan postingan anda.

Sehingga pastikan untuk mengoptimalkan caption instagram dengan tagar yang relevan.

Meskipun begitu, tidak berarti anda harus mengisi kolom yang tersisa dengan hashtag, karena akan membuat caption anda terlihat tidak rapih serta memperkecil kemungkinan konten anda mudah ditemukan oleh konsumen.

Karenanya anda juga perlu melakukan strategi instagram hashtag yang relevan dengan jumlah tagar yang sesuai.

Instagram sendiri merekomendasikan konsumen untuk menggunakan sekitar 3-4 hashtag di postingan anda untuk optimasi konten instagram.

Dalam memilih hashtag yang sesuai, maka anda bisa mengkolaborasikan penggunaan tagar menggunakan tagar komunitas atau industri yang anda geluti, trending hashtag, serta branded hashtag agar konten anda mudah ditemukan.

Guna memilih tagar yang sesuai, maka anda bisa menggunakan tools tambahan berupa hashtag generator tool yang biasanya ditawarkan oleh website social media manager yang tentunya bisa diakses secara berbayar.

Jangan Lupa Gunakan Alt Text

Salah satu fitur instagram yang baru-baru ini diberikan adalah penggunaan Alt Text dimana anda bisa menggunakannya untuk mendeskripsiakan gambar yang anda unggah disaat konten anda susah untuk diakses.

Keuntungan lainnya dari menggunakan fitur Alt Text adalah kemudahan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai konten yang anda unggah.

Hasilnya akan memudahkan Instagram untuk menentukan konten yang relevan berdasarkan hasil pencarian kata kunci. 

Sehingga anda bisa memakai Alt text untuk memberikan deskripsi gambar serta kata kunci yang relevan.

Meskipun Instagram melakukan deskripsi gambar menggunakan teknologi pengenalan gambar, namun teks tersebut tidak akan memberikan keterangan gambar yang lengkap, serta biasanya caption akan memasukkan beberapa kata kunci yang tidak sesuai.

Sehingga anda bisa memakai Alt Text untuk membantu Instagram dalam memahami kapan harus menampilkan konten anda di hasil pencarian.

Manfaatkan Instagram Collabs

Dalam melakukan promosi akun instagram, maka melakukan kolaborasi dengan influencer terkenal merupakan satu hal yang biasa dilakukan di instagram.

Hal ini dikarenakan influencer tersbeut memiliki pengikut yang memiliki minat yang sama sehingga bisa anda manfaatkan sebagai calon konsumen baru.

Saat mengunggah konten instagram kolaborasi, biasanya influencer tersebut akan melakukan tag akun instagram brand yang mengajak kerjasama sehingga bisa diakses oleh pengikutnya.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan tag akun instagram tergantikan dengan fitur instagram collab.

Melalui fitur tersebut, konten yang diunggah bisa muncul di dua tempat sekaligus sehingga memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan hasil insight yang lebih besar.

Hal ini juga dilakukan oleh akun instagram @kulinersby yang menggunggah konten kolaborasi mengguankan instagram collabs sehingga konten tersebut dapat tampil di dua tempat sekaligus.

Penggunaan fitur ini tentunya akan menguntungkan bagi akun @daeng.rawa untuk mendapatkan engagement konten yang lebih tinggi berkat kolaborasi konten yang telah diunggah sebelumnya.

Berikan Konten Instagram yang Berkualitas

Sebagai platform social media yang mengedepankan sisi estetik tentunya mengunggah konten dengan kualitas tinggi akan meningkatkan jangkauan konten instagram anda.

Hal ini dikarenakan dengan hasil foto dan video yang bagus akan menambah minat pengikut anda untuk menyebarkan konten ke orang lain melalui fitur share atau memberikan apresiasi berupa likes.

Di sisi lain, hasil pencarian instagram juga berdasarkan instagram guidelines, dimana akun instagram yang melanggar peraturan tersebut akan mendapatkan kesempatan yang kecil untuk terlihat di mata pengguna instagram lainnya.

Tidak hanya itu, recommendations guidelines memiliki peraturan yang lebih ketat dibandingkan community guidelines, sehingga ketika konten anda melanggar community guidelines maka postinga anda akan dihapus di instagram.

Akan tetapi, jika anda melanggar recommendations guidelines maka postinga anda masih beredar di Instagram namun akan sulit ditemukan oleh pengguna instagram, meskipun anda menggunakan berbagai macam strategi konten instagram. Hal ini biasa disebut dengan shadowband.

Halaman pencarian instagram juga menghindari merekomendasikan konten yang memiliki kualitas rendah atau sensitif apalagi jika konten anda dirasa tidak sesuai dengan pengguna instagram di usia muda.

Beberapa contoh lain dari peraturan instagram adalah :

  • Mengguankan konten clickbait.
  • Memberikan klaim yang berlebiha pada konten promosi produk kesehatan.
  • Konten yang tidak original diambil dari platform lain, seperti twitter, facebook. atau. tiktok.
  • Membeli likes atau komentar spam.

Sumber:

Instagram SEO: 5 Ways to Increase Your Discoverability (later.com)

5 Ways to Utilize Instagram SEO to Increase Your Discoverability (influencermarketinghub.com)

The Ultimate Instagram SEO Guide To Gain More Visibility (influencermarketinghub.com)

5 Instagram SEO Tips to Increase Your Reach (hootsuite.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.