twitter thread

Tutorial Twitter Thread Untuk Brand Awareness

Kreator kini dapat meningkatkan engagement akun twitter sambil memberikan konten yang informatir malalui twitter thread.

Bagi seorang kreator, memiliki akun twitter yang memiliki engagement tinggi serta jangkauan yang luas dapat membantu dalam proses promosi.

Twitter memiliki salah satu tipe konten yang disukai oleh konsumen dan tentunya dapat menjangkau pengguna twitter lainnya, yakni twitter thread.

Dengan menggunakan konten ini maka kreator tidak perlu takut untuk membuat tweet dengan batasan kata tertentu karena anda masih bisa menuliskan konten yang lain melalui balasan pada tweet yang berbeda namun dengan alur yang sama.

Tidak hanya itu, Twitter thread juga memberikan cara yang unik dalam merepresentasikan konten anda sehingga mendapatkan perhatian lebih di twitter.

Karenanya berikut cara memanfaatkan twitter thread serta ide konten yang bisa diguankan di thread.

apa itu twitter thread

Apa Itu Twitter Thread

Bagi pengguna twitter tentunya tidak asing dengan twitter thread dimana anda akan menemukan berbagai informasi atau pengetahuan terbaru yang sambung menyambung menjadi satu dalam beberapa tweet.

Pengguna twitter juga bisa menemukan berbagai twitter thread melalui berbagai cara, seperti dari rekomendasi teman yang memberikan likes atau retweet pada konten tertentu, rekomendasi topik, atau kiriman dari teman di direct message.

Twitter sendiri mendefinisikan twitter thread sebagai sebuah series yang mengkoneksikan beberapa tweet dari satu orang.

Dengan twitter thread maka anda dapat memberikan sebuah konteks yang berkaitan dengan topik tertentu, pembaruan produk atau layanan, atau memberikan sebuah poin tertentu melalui tweet yang saling bersambungan satu sama lain.

Pembatasan tweet yang biasanya menjadi kelemahan twitter juga tidak berlaku pada twitter thread sehingga kreator dapat membuat konten yang tidak terbatas oleh waktu.

Di sisi lain, dalam membuat sebuah twitter thread maka kreator tidak hanya dapat mengembangkan topik yang menarik namun juga memberikan media tambahan seperti video, foto, atau GIF sehingga membuat pembaca tidak bosan dalam membawa thread yang panjang sekalipun.

Tidak hanya itu, apabila kreator menemukan tweet yang menarik dan berhubungan dengan topik yang anda kembangkan maka anda bisa membalasnya dengan membuat twitter thread yang panjang dan masuk ke profile twitter anda.

Hal ini nantinya akan membuat twitter thread anda dibaca oleh lebih banyak pengguna facebook serta pengikut yang dimiliki guna membangun interaksi dua arah.

Keuntungan lainnya dari sering membuat twitter thread sebagai konten utama adalah kreator bisa mengembangkan interaksi dengan pengikut anda sehingga bisa menaikkan engagement konten serta jangkauan akun twitter yang dimiliki.

keuntungan twitter thread

Keuntungan Menggunakan Twitter Thread

Ketenaran twitter thread diantara pengguna twitter menjadikan konten ini sebaiknya masuk ke dalam salah satu strategi marketing di twitter.

Sebuah twitter thread yang lengkap serta informatif dapat memberikan konten anda ribuan retweets serta likes yang dapat membantu meningkatkan enagagement konten secara drastis.

Tidak hanya itu, twitter threads juga dapat memberikan brand anda peningkatkan impresi dan jangkauan, menaikkan pengikut baru, serta memberikan enaggement yang lebih banyak.

Berikut beberapa keuntungan dari menggunakan twitter thread sebagai bagian dari konten twitter.

Meningkatkan Impresi serta Jangkauan

Jumlah impresi yang di dapatkan oleh twitter thread lebih banyak dibandingkan sebuah tweet yang hanya menampilkan satu tweet dengan link. Hal ini juga terlihat dari jumlah impresi yang meningkat hingga 63%.

Hal ini dikarenakan twitter memberikan perhatian yang lebih pada twitter thread dibandingkan dengan sebuah tweet dengan link.

Selain itu, pemberian sebuah tweet dengan tambahan link juga lebih cocok untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut yang dimiliki dibandingkan dengan twitter thread yang dapat memberikan jangkauan lebih luas.

Selain itu pemberian link yang biasanya diberikan pada akhir threads dan bukan di awal tweet menjadi strategi yang bagus untuk meningkatkan jangkauan di twitter sambil menyebarkan link tersebut melalui likes dan retweet yang diberikan oleh pengguna twitter.

Sebuah tweet pembuka thread yang kuat dapat menarik dan menahan pengguna twitter untuk membaca konten hingga habis dibandingkan sebuah tweet yang langsung masuk ke inti dan solusi permasalahan.

Hal ini juga berpengaruh apabila anda membuat sebuah tweet yang berisi link ke website atau akun market place tertentu yang tentunya akan mendapatkan impresi yang lebih sedikit.

Dalam membaca beberapa tweet yang tersedia di twitter biasanya pengguna twitter akan menghabiskan waktu sebanyak 24 menit dalam membaca secara cepat beberapa tweet yang tersedia di twiiter.

Hal ini tentunya membuat kreator berfikir kerasa untuk mencuri waktu tersebut untuk dihabiskan dalam membaca sebuah twitter thread hingga habis serta memberikan interaksi di dalamnya.

Solusi lainnya adalah anda bisa menambahkan sebuah tweet baru di twitter thread yang sudah tersedia sebelumnya yang tentunya akan meningkatkan impresi dari thread baru dan lama.

Twitter Thread Memberikan Lebih Banyak Engagement

Penyebaran twitter thread sendiri sangat cepat apalagi jika anda membahas topik yang sedang viral.

Sebuah interaksi dari pengikut twitter yang anda miliki dapat membawa twitter thread anda masuk ke dalam topik yang berkaitan sehingga dapat menjangkau pengguna twitter yang lebih luas dan sesuai minat.

Selain itu, twitter thread yang membahas topik viral tertentu biasanya akan mendapatkan banyak perhatian karena akan ada banyak orang yang mencari pembahasan tersebut di kolom pencaria atau twitter akan menaikkan konten anda.

Di sisi lain, jumlah engagement biasanya mendapatkan perhatian lebih pada tweet pertama dari sebuah twitter thread dibandingkan sebuah tweet biasa dengan rata-rata perolehan engagement sebesar 54%.

Tidak hanya itu, pembuka tweet yang menarik pada sebuah twitter thread tentunya akan membawa pengguna twitter terus membawa tweet tersebut terus dibaca hingga akhir.

Sayangnya, pengguna twitter biasanya hanya fokus pada tweet pertama lalu langsung melompat ke tweet terakhir untuk mendapatkan kesimpulan dibandingkan membaca satu persatu fokus thread yang diberikan.

Jumlah engagement twitter thread yang tinggi juga bisa disebabkan oleh algoritma twitter yang membantu menaikkan ke lebih banyak orang da impresi di twitter.

Berkat adanya konten yang lebih panjang, twitter thread mengizinkan anda untuk menampilkan keunikan dari brand yang anda miliki serta membuka forum diskusi yang lebih luas.

Semakin banyak pengguna twitter melakukan interaksi dengan twitter thread yang anda miliki maka jumlah engagement yang di dapatkan pun akan semakin banyak.

twitter threads average engagement chart

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa setiap tweet dalam twitter thread mungkin tidak menerima engagement yang sama, setelah 2-3 tweets biasanya engagement akan menurun namun akan meningkat apabila isi twitter thread akan berakhir.

Namun, meskipun setelah engagement twitter thread menurun namun sebuah thread dapat menaikkan engagement hingga 54% dibandingkan sebuah tweet dengan tambahan link tertentu.

Twitter Thread Meningkatkan Pengikut Baru

Sebuah twitter thread yang menarik tidak hanya membawa pengguna twitter untuk membaca konten anda sehingga bisa meningkatkan engagement konten serta jangkauan akun twitter.

Tidak hanya itu, saat kreator rajin membuat konten twitter thread dan mendapatkan banyak perhatian dari banyak orang maka akan semakin banyak orang yang mengikuti akun anda agar tidak ketinggalan thread terbaru yang anda berikan.

Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa akun twitter yang mendapatkan lebih banyak pengikut setelah rajin membuat thread yang akhirnya mendapatkan perhatian dari pengguna twitter.

Peningkatan pengikut juga menguntungkan kreator karena biasanya pengikut baru memiliki minat yang sama dengan anda sehingga memudahkan dalam membentuk komunitas dalam membicarakan konten tertentu.

Di sisi lain, twitter juga merilis twitter super followers dimana pengikut akun twitter tertentu dapat berlangganan konten eksklusif dari kreator atau influencer yang tentunya tidak akan di dapatkan oleh pengikut biasa.

Kehadiran layanan twitter ini juga menguntungkan bagi kreator untuk mendapatkan uang tambahan dari tiktok serta melayani pengikut yang dimiliki.

Meskipun begitu, halangan dari layanan ini adalah pengguna twitter sudah terbiasa dalam mendapatkan konten secara gratis sehingga mau tak mau kreator sebaiknya melakukan inovasi agar penggemar anda memiliki alasan untuk berlangganan konten yang anda berikan.

pexels jorge urosa 9129527 1

Ide Konten Twitter Thread

Setelah mengetahui keuntungan dari twitter thread tentunya kreator perlu mengembangkan konten ini untuk meningkatkan performa akun twitter yang lebih baik.

Sayangnya kreator mungkin saja bingung dalam menemukan ide konten twitter thread yang unik serta sesuai dengan selera konsumen serta pengguna twitter.

Karenanya berikut beberapa ide konten serta tips membuat twitter thread yang bisa digunakan pada akun twitter yang anda miliki.

Gunakan Tweet yang Panjang

Twitter sudah sejak lama memperpanjang jumlah tweet dari yang awalnya 140 kata menjadi 280 kata.

Namun jumlah ini tentunya tidak cukup bagi pengguna twitter yang hobi bercerita dan mengomentari berbagai konten yang ada di twiiter.

Di sisi lain, menaruh beberapa ide dalam satu tweet tentunya akan membuat pengguna twitter kebingungan sehingga mengurangi dampak baik dari tweet yang anda buat.

Sehingga jika anda menginginkan pengguna twitter tertarik pada thread yang anda berikan maka bisa mengembangkan ide konten cerita yang menarik.

Kreator juga bisa menceritakan pengalaman yang pernah dialami sehingga mendapatkan perhatian dari pengguna twitter.

Di sisi lain, guna menarik perhatian dari pengguna twitter maka anda bisa membuka tweet dengan memberikan pembukaan yang menarik sehingga membuat pembaca penasaran akan kelanjutan cerita sehingga membaca dari awal hingga akhir twitter thread.

Selain itu, kreator juga dapat memberikan informasi yang jelas dalam sebuah tweet seperti pemberian angka, lokasi, serta waktu sehingga memberikan penguna twitter bayangan dalam membaca twitter thread yang tersedia.

Kreator juga bisa membuat tweet yang dapat membuka diskusi bagi pembacanya sehingga thread tidak hanya mengarah pada satu arah namun dua arah sehingga bisa membuka diskusi yang lebih dalam dan meningkatkan interaksi dengan pengguna twitter.

Jangan lupa juga berikan tweet penutup yang berisi kesimpulan dari twitter thread yang anda buat, kreator juga bisa menambahkan kalimat call to action yang dapat membawa pembawa ke tweet yang anda miliki atau membuka diskusi dengan orang lain.

Berikan Tweet Call To Action

Memberikan twitter thread berupa kejadian atau masalah yang pernah anda lalui tentunya akan menarik perhatian dari pengguna twitter yang hobi membaca kisah atau pengalaman orang lain.

Namun terus menerus memberikan konten cerita pada akun twitter business tentunya kurang cocok untuk mengembangkan akun twitter business karena pembaca hanya memberikan interaksi tanpa melakukan kegiatan yang anda minta.

Karenanya menambahkan tweet call to action tentulah penting untuk membawa pembaca mengikuti campaign yang anda miliki atau membawa ke akun market place serta website yang anda kembangkan.

Penggunaan twitter thread yang tepat juga dapat digunakan untuk mempromosikan event atau acara yang anda miliki dalam waktu dekat.

Salah satunya adalah kreator dapat membuat twitter thread yang dapat meningkatkan tweet lama atau menaikkan event tertentu.

Contohnya adalah kreator bisa membuat twitter thread yang berisi pengingat bagi konsumen mengenai promo atau webinar serta mengingatkan kembali pada event yang telah lampau sehingga pengguna twitter antusias dalam mengikuti event selanjutnya.

Tidak hanya itu, apabila kreator mengadakan event giveaway maka anda bisa mengumumkan dengan cara yang keren seperti membuat twitter thread berisi nama pemenang sehingga membuat pengguna twitter penasaran dengan tweet yang anda buat.

Dalam promosi sebuah event atau webinar maka kreator bisa memulai dengan membahas masalah tertentu yang familiar di kalangan konsumen lalu anda bisa melakukan call to action dengan mempromosikan webinar yang anda adakan agar lebih banyak pengguna twitter yang terlibat.

Retweet Konten dari Orang Lain

Bingung mencari ide konten thread yang menarik? kreator tidak hanya bisa membuat konten dari masalah konsumen namun juga dari tweet orang lain yang lewat di beranda atau sedang viral di twitter.

Penggunaan tweet pengguna twitter lain sebagai sumber thread juga bagus untuk meningkatkan engagement karena telah banyak orang yang melakukan interaksi di tweet tersebut sehingga membantu menaikkan thread yang telah anda buat.

Selain itu, pengguna twitter yang banyak membuka peluang bagi kreator untuk membuat twitter thread dari orang lain mengingat terdapat ratusan ribu tweet yang terkirim setiap hari dan berasal dari seluruh dunia.

Sehingga membuat sebuah tweet tanpa engagement yang baik merupakan hal yang biasa namun jika anda ingin mendapatkan menaikkan perhatian dari tweet tertentu maka anda bisa membuat thread dari tweet tersebut.

Dalam mencari tweet yang tepat untuk thread maka kreator bisa menyediakan waktu untuk menelusuri timeline twitter guna mencari tweet yang sedang naik daun atau diperbincangkan oleh banyak orang.

Pastikan juga tweet yang bersangkutan memiliki keterkaitan dengan industri yang anda geluti sehingga memudahkan dalam menyambungkan dengan konsumen yang dimiliki.

Namun apabila kreator belum menemukan tweet yang tepat setelah sekian lama mencari maka anda bisa masuk ke dalam fitur topik guna mencari konten yang sesuai dengan permasalahan konsumen anda dan sedang hangat di kalangan komunitas yang dimiliki.

Buat List di Konten Thread

Salah satu tujuan membuat konten thread adalah meningkatkan awareness konsumen serta pengguna twitter melalui konten edukasi yang diberikan melalui sebuah utas.

Meskipun begitu, isi thread yang tidak berurutan mungkin saja membuat pembaca bingung sehingga beralih ke tweet setelah membawa beberapa utas yang anda sajikan di twitter.

Karenanya membuat list pada konten thread dapat membuat utas anda telihat lebih ringkas serta mudah dipahami.

Kreator juga bisa menggunakan thread sebagai media pengumpulan informasi di satu tempat dengan membuat list dari berbagai sumber yang terpercaya.

Alternatif lainnya adalah membuat thread yang berisi kutipan menarik guna memberi motivasi bagi pengguna twitter yang membacanya.

Penggunaan point-point tertentu berisi informasi pendek tentunya akan menaikkan kesuksesan dari thread yang anda buat.

Adanya list pada twitter thread juga bisa digunakan kreator sebagai media infromasi bagi pengguna twitter berisi produk yang dijual, testimoni konsumen, serta kontak informasi yang bisa dihubungi.

Hal ini akan memudahkan konsumen dalam mendapatkan informasi yang lengkap sebelum membeli produk yang anda jual.

Berikan Konten Tutorial di Thread

Penggunaan thread sebagai media edukasi tentunya cocok bagi kreator untuk membuat konten tutorial seperti cara menggunakan produk yang anda pasarkan.

Hal ini tentunya cocok sebagai media edukai bagi konsumen yang baru mengenal produk anda namun belum mengetahui cara menggunakan produk yang anda jual.

Konten tutorial di thread sendiri sama seperti konten tutorial di blog dimana anda memberikan tata cara penggunaan barang tertentu.

Thread tutorial yang memiliki performa terbaik dapat mengajari konsumen dengan beberapa poin penting yang dapat membantu mereka secara langsung.

Cara pemilihan konten tutorial untuk thread adalah kreator bisa memulai dengan mencari masalah yang dialami konsumen, baik melalui tweet, komentar, atau direct message.

Semakin banyak pertanyaan yang diajukan oleh konsumen maka menjadi pertanda bahwa kreator harus membuat konten tersebut.

Setelah itu, anda bisa memulai dengan membuat tweet pembuka yang menarik perhatian konsumen, serta poin-poin singkat yang berisi cara penggunaan produk secara mudah dan praktis.

Pastikan juga memberikan tweet penutup yang membantu pembaca untuk melakukan interaksi di dalam twitter thread anda atau mengikuti kegiatan yang anda minta.

Guna memberikan hasil twitter thread yang menarik maka kreator bisa menambahkan gambar pendukung sehingga pembaca bisa memahami isi konten dengan mudah dan cepat.

Penggunaan visual berupa gambar dan video akan membuat pembaca bertahan serta memastikan membaca hingga tweet terakhir.

Promosikan Campaign melalui Twitter Thread

Saat melakukan promsoi campaign di twitter maka kreator tidak hanya menggunakan iklan twitter namun juga bisa menggunakan twitter thread.

Hal ini dilakukan karena thread bisa memumat konten yang lebih panjang sehingga dapat menarik perhatian pengguna twitter.

Tidak hanya itu, keberadaan iklan twitter terkadang dilupakan oleh pengguna twitter karena isi konten promosi yang membuat konsumen melewati begitu.

Sedangkan twitter thread yang berisi narasi dapat memberikan narasi berupa keuntungan campaign yang tanpa disadari akan membawa ke promosi campaign tertentu.

Selain itu, saat menggunakan iklan twitter maka kreator hanya dapat mempromosikan satu tweet saja sehingga kreator perlu memilih materi iklan yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Sementara dalam penggunaan twitter thread sebagai media promosi campaign maka kreator bisa menambahkan thread tanpa ada batasan tertentu sehingga bisa menambahkan berbagai materi tertentu dengan mudah dan cepat.

Promosi Konten Blog

Media promosi di internet tidak hanya bisa dilakukan di instagram, twitter, atau tiktok namun juga blog yang menampilkan ulasan lengkap mengenai suatu informasi tertentu.

Performa konten blog yang memiliki jangkauan luas tentunya bisa digunakan sebagai ide konten thread yang menarik sehingga dapat meningkatkan kunjungan pengguna twitter.

Karenanya kreator juga bisa mempromosikan konten blog anda ke twitter dengan paduan thread yang menarik.

Pastikan juga anda memasukkan link konten blog tersebut agar bisa diakses oleh pengguna twitter.

Sumber :

Twitter Threads Generate Higher Reach, Engagement, and Referral Traffic (buffer.com)

Twitter Threads: 10 Ideas to Harness The Power of Long-Form Content on Twitter (loomly.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.