cara membuat NIB online

Kegunaan dan Cara Membuat Nomor Induk Berusaha Online.

Mau memulai usaha tentunya harus diiringi dengan perizinan dari pemerintah agar bisnis yang dijalankan legal. Yuk ketahui dulu langkah-langkah membuat nomor induk berusaha secara online dengan mudah dan cepat.

Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita mengetahui sebelum memulai sebuah usaha haruslah memiliki perizinan yang disahkan dari pemerintah.

Perizinan ini tidak hanya berupa pembuatan nomor pokok wajib pajak untuk usaha namun juga nomor induk bagi usaha yang dimiliki.

Nomor induk berusaha sendiri adalah nomor induk yang harus dimiliki oleh pengusaha atau pedagang. Nomor ini diterbitkan oleh Badan Koordinasi Penanaman.

Pengusaha yang ingin memulai perizinannya pun bisa memulainya dengan mudah melalui website khusus yang telah disediakan.

Nomor Induk Berusaha sendiri merupakan kebijkan baru pemerintah yang diterbitkan guna mempermudah pengusaha dalam mengurus dan mendapatkan izin usaha.

Dengan adanya nomor induk berusaha ini, para pengusaha atau wirausaha tidak perlu melalui berbagai langkah yang panjang guna mendapatkan perizinan sehingga bisa bebas dari pungli karena perizinan ini dilakukan secara online dan satu pintu.

Tak hanya itu, hanya dengan memegang nomor induk berusaha, pengusaha tidak perlu lagi mengurus berbagai dokumen usaha untuk melakukan ekspor impor karena semuanya sudah menjadi satu di NIB ini.

Peraturan memiliki nomor induk berusaha ini juga berlaku baik usaha perorangan dan industri seperti badan hukum, perusahaan umum daerah, lembaha penyiaran, koperasi, dan persekutuan lainnya.

Meskipun pengusaha juga harus menyiapkan berbagai dokumen namun kegunaan dari NIB pun cukup banyak dan berfikat jangka panjang.

kegunaan nomor induk berusaha

Kegunaan Nomor Induk Berusaha

Tak hanya bisa diakses dengan mudah dan cepat, melakukan pendaftaran nomor induk berusaha pun bisa dilakukan secara online sehingga proses pengerjaannya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan dokumen yang dimiliki sudah siap.

Berikut beberapa kegunaan dari nomor induk berusaha online:

Tanda Pengenal Pelaku Usaha

Sama seperti warga negara lainnya yang memiliki kartu tanda pengenal di usia 17 tahun, sebuah usaha yang akan dibangun pun diharuskan untuk memiliki tanda pengenal sendiir.

Hal ini dilakukan untuk membuktikan legalitas perusahaan dan juga pengesahan tanda daftar perusahaan.

Dengan adanya nomor induk berusaha ini juga membantu meyakinkan konsumen yang ingin memborong produk kita dan menjadi penanda bahwa perusahaan kita sudah legal sehingga tidak ada resiko untuk menipu konsumen.

Tak hanya itu, bagi pengusaha yang sedang mencari tambahan modal dengan menggaet investor yang potensial. Adanya nomor induk berusaha ini bisa membantu untuk meyakinkan penanam modal pada usaha yang anda jalani.

Apabila pelaku bisnis ingin mendapatkan tambahan modal melalui pinjaman di Bank, maka dengan adanya nomor induk berusaha akan memudahkan untuk mendapatkan dana tambahan karena dokumen yang dimiliki sudah lengkap dan legal.

Disisi lain, apabila pengusaha ingin memperluas usahanya dengan melakukan ekspansi pasar ke luar negeri, maka anda bisa melakukannya dengan aman dan legal karena sudah memiliki izin ekspor dari pemerintah.

Sebuah usaha yang sudah memiliki nama bisa saja kedatangan auditor yang akan melacak legalitas bisnis anda.

Disaat hal ini terjadi tentunya pengusaha harus menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan agar bisnis anda tidak mendapatkan surat peringatan yang tentu saja dapat menghentikan usaha anda dalam jangka waktu tertentu.

Karenanya agar hal ini tidak sampai terjadi maka pengusaha sebaiknya sudah memiliki nomor induk berusaha terlebih dahulu sebelum memulai menjalankan usaha.

Berbagai keuntungan ini tentunya mendukung untuk meningkatkan penjualan dan juga memperbesar bisnis yang dimiliki.

Sedangkan bagi UMKM yang memiliki nomor induk berusaha akan memudahkan dalam mendapatkan sarana hukum dan legalitas usahanya.

Sehingga apabila di kemudian hari ada masalah di usaha yang dimiliki, pengusaha tidak perlu takut karena sudah memiliki izin usaha yang valid.

Mendapatkan Legalitas Perusahaan dan Dokumen Pendukung

Tidak hanya berguna untuk mendapatkan tambahan modal serta kemudahan dalam mendapatkan layanan hukum, namun dengan adanya nomor induk berusaha ini pengusaha juga mendapatkan legalitas dalam pengelolaan perusahaan.

Sehingga bila di kemudian hari anda berurusan dengan pihak berwajib maka nomor induk berusaha ini bisa menjadi bukti yang mendukung anda untuk menang.

Selain mendapatkan legalitas perusahaan, pelaku usaha juga dimudahkan dalam mendapatkan berbagai dokumen pendukung apabila sudah memimiliki nomor induk berusaha.

Beberapa dokumen pendukung yang bisa di dapatkan dengan adanya nomor induk berusaha adalah: NPWP, RPTKA untuk mendatangkan pekerja asing, pengurusan BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan, notifikasi kelayakan tempat usaha, atau surat izin usaha.

Nomor Pokok Wajib Pajak

Sebagai warga negara yang baik, tentunya kewajuban dalam membayar pajak wajib dijalani apalagi jika usaha anda memakan berbagai fasilitas yang diberikan oleh pemerintahan untuk menjalankan usaha yang dijalani.

Sebelum memulai membayar pajak tentunya pengusaha wajib memiliki nomor pokok wajib pajak yang digunakan untuk identitas pembayaran.

Bagi pengusaha yang belum memiliki NPWP bagi usaha yang dimiliki, dengan adanya nomor induk berusaha, anda bisa mencantumkan dokumen tersebut dalam proses pembuatan NPWP usaha.

Surat Pengesahan Rencana Pengajuan Tenaga Kerja Asing

Pengusaha yang telah memiliki usaha yang telah maju dan melakukan ekspansi hingga ke luar negeri, tentunya ingin terus meningkatkan inovasi dengan berbagai teknologi dan pengetahuan yang belum dimiliki oleh kompetitor lainnya.

Salah satu cara untuk melakukan inovasi lebih adalah dengan bekerja sama dengan orang asing yang telah memiliki banyak pengalaman di bidangnya untuk tinggal di Indonesia dan membantu dalam mengembangkan bisnis anda.

Sebelum mendatangkannya, tentu saja anda memerlukan beberapa dokumen untuk mendatangkan expert tersebut secara legal.

Salah satu dokumennya adalah nomor induk berusaha yang digunakan untuk mendapatkan Surat  Pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

Dengan adanya surat tersebut, tenaga asing yang dipilih bisa tinggal di Indonesia dan bekerja di negara anda dengan aman tanpa perlu dikejar pihak imigrasi.

BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Kesehatan para pekerja tentunya menjadu tanggung jawab perusahaan. Karena dibalik pekerja yang sehat terdapat perusahaan yang terus tumbuh dan menghasilkan berbagai inovasi yang bermanfaat bagi sekitarnya.

Karenanya, tidak hanya memperhitungkan penghasilan karyawan namun pengushaa juga perlu memerhatikan jaminan kesehatan karyawan dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan dan kesehatan.

Dengan adanya jaminan ini akan membantu karyawan dan keluarganya dalam berobat sehingga tidak perlu pusing mencari dana tambahan apabila sedang sakit dan memerlukan perawatan intens di rumah sakit.

Semakin lengkapnya perawatan intensif yang dimiliki oleh BPJS kesehatan juga memudahkan pekerja untuk berobat di berbagai balai kesehatan dekat rumah sehingga bisa lebih cepat sembuh dna beraktivitas normal dan membantu inovasi bagi perusahaan.

Kecelakaan kerja yang mendadak kerap kali dialami oleh buruh meskipun sudah memakai atribut yang lengkap dan memakai perlindungan yang maksimal.

Apabila hal ini terjadi tentunya harus ditangani dnegan cepat agar nyawa karyawan bisa tertolong. Pengusaha pun tidak perlu khawatir bila hal ini terjadi karena ada BPJS ketenagakerjaan yang bisa membantu dalam pengurusan pembayaran rumah sakit.

Namun apabila nyawa dari karyawan sudah tidak bisa diselamatkan maka keluarga yang bersangkutan atau wali dari karyawan bisa mendapatkan kompensasi dari BPJS ketenagakerjaan.

Tidak hanya membantu karyawan saat bekerja, penggunaan BPJS Ketengakerjaan pun bisa dinikmati hingga karyawan memasuki usia pensiun.

Masa pensiun yang tenang tentu saja ingin dimiliki oleh banyak orang apalagi jika sudah bekerja keras sejak mudah maka waktu pensiun bisa menjadi masa yang ditunggu-tunggu.

Sayangnya masih banyak orang yang masih harus bekerja kembali di masa tua karena kurangnya dana pensiun yang dimiliki. Padahal di umur senja, kekuatan otot dan pikiran sudah tidak sekuat dulu lagi.

Karenanya, tidak hanya bertanggung jawab dalam keselamatan kerja namun juga kesejahteraan karyawan setelah memasuki usia pensiun.

Salah satu cara untuk mengamankan kondisi tersebut adalah dengan mempersiapkan dana pensiun yang bisa diambil setelah karyawan sudah memasuki masa purnasnya. Dana pensiun ini juga sudah terdapat di BPJS ketenagakerjaan.

Notifikasi Kelayakan Fasilitas Fiskal

Tidak hanya izin usaha yang harus dijamin kelegalannya namun tempat usaha di dirikan pun harus dipastikan resmi dan sesuai dengan kelayakan tempat usaha sehingga nayaman bagi penjual atau pembeli.

Bayangkan saja jika anda tidak mengurus nomor induk berusaha dan tempat usaha ternyata tidak nyaman bagi pembeli seperti dekat tempat pembuangan dan mudah banjir.

Tentu saja hal ini akan membuat pembeli tidak nyaman dan membuat keuntungan yang dimiliki turun secara drastis.

Karenanya untuk membuktikan tempat usaha anda aman dan bebas dari segala ancaman maka perlu adanya nomor induk berusaha sebagai dokumen pendukung jalannya bisnis anda.

Surat Izin Usaha Perdagangan

Selain mememnuhi legalitas usaha dengan memiliki nomor induk berusaha, seorang pengusaha juga diwajibkan untuk memiliki sebuah surat izin usaha perdagangan.

Dengan adanya surat ini akan membantu untuk memudahkan berbagai perizinan diantaranya pembukaan rekening perusahaan, pengajuan pinjaman, dan sebagai syarat tender.

Tidak hanya itu, dengan adanya SIUP ini juga akan membantu untuk meningkatkan citra perusahaan sehingga apabila perusahaan melakukan tender dengan pihak lain bisa menjadi poin tambah untuk memenangkan proyek yang ditawarkan.

SIUP sendiri juga membantu apabila pengusaha mendapatkan permasalahan serius hingga sampai melibatkan pihak berwajib.

Dengan adanya SIUP maka pengusaha bisa menunjukkan bahwa usaha yang dimiliki sudah legal dan telah memenuhi berbagai persyaratan yang telah diberikan pemerintah.

Pembuatan SIUP sendiri juga membutuhkan nomor induk berusaha untuk mendapatkannya.

Proses Cepat dan Mudah

Beberapa tahun yang lalu, pengusaha mungkin memerlukan waktu yang lama dan merepotkan dalam mengurus berbagai dokumen pendukung sebelum mendirikan usaha.

Belum lagi adanya resiko terkena pungli atau tidak kebagian nomor antrian untuk mengurusnya sehingga harus datang di kemudian hari.

Untungnya saat ini pengusaha tidak perlu bingung dan susah dalam mengurus berbagai dokumen yang ada, karena dengan adanya pelayanan satu pintu maka bisa mengurus segala perizinan dengan mudah dan cepat.

Pengusaha hanya memerlukan berbagai dokumen pendukung, laptop memadai serta internet yang cepat sehingga proses pembuatan nomor induk berusaha bisa selesai dalam waktu sehari.

Jadi sudah siap untuk membuat nomor induk berusaha?

dokumen untuk nomor induk berusaha online

Dokumen Untuk Nomor Induk Berusaha Online

Sebelum membuat nomor induk berusaha tentunya pengusaha haruslah menyiapkan berbgaai dokumen pendukung agar izin yang diperlukan bisa cepat selesai.

Berikut beberapa dokumen yang sebaiknya dipersiapakan sebelum membuat nomor induk berusaha:

Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Dokumen pertama yang musti dipersiapkan sebelum membuat nomor induk berusaha online adalah nomor induk kependudukan yang dimiliki oleh pengusaha.

Apabila pemilik usaha terdiri dari lebih dua orang maka pilihlah salah satu yang dinilai bertanggung jawab dalam pengurusan dokumen selama usaha tersebut berjalan.

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Dokumen kedua yaitu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) milik pengusaha karena Nomor Pokok Wajib Pajak Usaha akan dikeluarkan setelah nomor induk berusaha dikeluarkan.

Apabila pengusaha belum memilikinya maka bisa mengurusnya terlebih dahulu di kantor pajak atau melalui website ditjen pajak.

Pencantuman nomor pokok wajib pajak ini wajib dicantumkan sebagai pemabayaran pajak usaha ke depannya sehingga usaha anda akan aman dari pemeriksaan ketika pihak auditor datang dan memerikan segala kelengkapan pajak anda.

Pengusaha juga hanya bisa mencantumkan salah satu NPWP agar tidak menjadi kebingungan dalam pembayaran pajak. Apabila NIB sudah berhasil dibuat maka anda bisa mengganti NPWP pribadi ke NPWP usaha .

Alamat Email Perusahaan

Dokumen pendukung ketiga yakni alamat email perusahaan. Pengerjaan nomor induk berusaha yang dikerjakan secara online tentunya akan mengirimkan berbagai data perusahaan anda melalui email yang dimiliki.

Karenanya agar email dokumen tersebut tidka bercampur dengan berbagai email notifikasi iklan lainnya maka anda sebaiknya membuat alamat email perusahaan sendiri yang khusus digunakan untuk pembuatan berbagai dokumen secara online.

Email perusahaan khusus sendiri akan memudahkan anda untuk mencari berbagai dokumen yang dimiliki serta menyimpannya ke Google Drive yang telah terkoneksi dengan email perusahan.

Pembuatan email perusahaan ini pun sangat mudah dan tidak memakan waktu lama bahkan anda bisa membuat email khusus perusahaan ini untuk karyawan anda melalui Outlook.

Nomor Ponsel Aktif

Dokumen terakhir yang wajib ada adalah nomor ponsel aktif yang berguna apabila ada pemberitahuan penting mengenai perizinan yang harus dilengkapi dan data yang sebaiknya diperbarui.

Pastikan juga untuk menggunakan nomor telepon perusahaan untuk memudahkan dalam mengeceknya dan juga tidak akan berganti dalam jangka waktu lama.

Apabila semua dokumen sudah dipenuhi maka langkah sleanjutnya adalah mendaftar nomor induk berusaha secara online.

tutorial membuah nomor induk berusaha online

Tutorial Membuat Nomor Induk Berusaha Online

Setelah semua dokumen dipenuhi kini saatnya untuk mendaftarkan usaha anda untuk mendapatkan nomor induk berusaha secara online.

Berikut tutorial mudahnya yang bisa langsung dipraktikkan:

Cara Mendapatkan Hak Akses

  • Langkah pertama, masuk dulu ke halaman pencarian kemudian ketikkan https://oss.go.id/
  • Langkah kedua, pilih menu perizinan UMK, anda akan diberikan pilihan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) atau Non Usaha Mikro dan Kecil (Non UMK), pilihlah UMK yang sesuai dengan bisnis anda kemudian klik daftra
  • Langkah ketiga, masukan data diri yang dibutuhkan, diantaranya: NIK, nama, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat, alamat email,nomor telepon, dan isi kode captcha. Cek kembali untuk memastikan tidak akan kesalahan penulisan.
  • Langkah keempat, klik daftar
  • Langkah kelima, sistem akan otomatis mengirimkan tautan ke email yang didaftarkan untuk proses aktivasi dan verifikasi akun
  • Langkah keenam, pengguna bisa melakukan verfikasi dengan mengikuti langkah yang tercantum di dalam email
  • Langkah ketujuh, username dan password akan dikirimkan ke OSS email yang telah di daftarkan.
  • Langkah kedelapan, hak akses anda sudah bisa terverifikasi dan bisa digunakan untuk mendaftrakan nomor induk bisnis.

Nomor Induk Berusaha Bagi Usaha Mikro Kecil (UMK) – Badan Usaha

  • Langkah pertama, pengguna bisa menyiapkan dulu laptop dan juga jaringan internet yang kencang agar mudah dalam melakukan pendaftaran. Jangan lupa juga untuk menyiapkan beberapa dokumen yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Langkah kedua, masuk ke halaman pencarian kemudian ketikkan https://oss.go.id/ dan pengguna akan masuk ke website tersebut
  • Langkah ketiga, klik ikon Masuk yang ada di pojok kanan atas
  • Langkah keempat, karena anda sudah melakukan verfikasi sebelumnya maka selanjutnya anda tinggal log in melalui alamat email dan kata sandi yang telah dimiliki
  • Langkah kelima, masukkan kode catcha yang tertera kemudian klik Masuk. Pastikan kode yang dimasukkan sudah betul agar tidak terjadi kesalahan saat log in
  • Langkah keenam, pada menu di bagian atas klik menu “Perizinan Berusaha” dan pilih “permohonan baru”
  • Langkah ketujuh, lengkapi data pelaku usaha dan pastikan sesuai dengan data asli yang dimiliki agar tidak terjadi kesalahan data di masa yang akan datang.
  • Langkah kedelapan, lengkapi juga data bidang usaha dan pastikan sama dengan data usaha yang anda miliki dan tidak ada manipulasi sehingga tidak menimbulkan maalah ke depannya.
  • Langkah kesembilan, lengkapi data detail bidang usaha, sesuaikan data dengan kondisi secara langsung agar kondisi dan data di website sesuai.
  • Langkah kesepuluh, lengkapi data produk jasa/usaha, cantumkan data usaha di website sesuai dengan yang anda jual di lapangan.
  • Langkah kesebelas, apabila data produk jasa/usaha sudah terlengkapi maka anda bisa memerika kembali untuk meminimalisir kesalahan penulisan atau data yang dicantumkan di website dengan data yang anda miliki.
  • Langkah keduabelas, periksa juga data usaha yang anda masukkan ke dalam website dengan data asli yang anda miliki.
  • Langkah ketigabelas, periksa daftar kegiatan usaha, apabila ada yang salah dan tidak sesuai dengan data yang anda miliki maka bisa diganti sebelum di verfikiasi.
  • Langkah keempatbelas, periksa dan lengkapi Dokumen Persetujuan Lingkungan (KBLI/Bidang Usaha Tertentu) pastikan dokumen yang anda isi sudah sesuai dengan data di lapangan sehingga tidak terjadi perbedaan data setelah nomor induk berusaha di cetak.
  • Langkah kelimabelas, baca pernyataan mandiri dengan seksama sebelum anda menyentangnya. Pastikan juga anda sudah memahami apa saja konsukuensi yang anda dapatkan nantinya.
  • Langkah keenambelas, periksa kembali draf perizinan usaha. Jangan lupa juga untuk mengubah data yang anda anggap tidak sesuai sebelum melangkah ke proses verfikasi.
  • Langkah ketujuhbelas, perizinan NIB terbit. Dengan terbitnya nomor induk berusaha berarti usaha anda sudah legal dan anda bisa menjalankan usaha anda dengan tenang.
tips agar nomor induk berusaha online cepat diterima

Tips Agar Nomor Induk Berusaha Online Cepat Diterima

Dalam proses pembuatan nomor induk berusaha mungkin saja anda mengakami kendala sehingga nomor induk berusaha yang anda inginkan tidak kunjung selesai.

Karenanya agar proses pembuatan nomor induk berusaha bisa berjalan dengan lancar berikut beberapa tips agar nomor induk berusaha bisa lebih cepat diterima:

Tuliskan Maksud dan Tujuan Perusahaan

Langkah pertama yang bisa dilakukan agar nomor induk berusaha bisa lebih cepat diterima adalah dengan menuliskan maksud dan tujuan perusahaan anda di bagian anggaran dasar dan pastikan sudah sesuai dengan Klasifikasi Buku Lapangan Usaha Indonesia tahun 2020.

Pastikan Tempat Usaha Sudah Memiliki Izin

Langkah kedua yang sebaiknya sudah dilakukan adalah menyelesaikan perizinan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di lokasi yang telah dipilih untuk membuka usaha.

Tak hanya itu pastikan juga izin lokasi pengairan dan juga lingkungan juga sudah selesai dibuat sehingga anda bisa mendapatkan nilai induk berusaha lebih cepat.

Persiapkan Laporan Pajak Perseorangan

Guna melancarkan usaha dalam membuah nilai ijin berusaha pastikan juga laporan pajak perseorangan sudah selesai dibuat dengan rapih. Anda bisa mendapatkan laporan pajak melalui SPT pajak tahunan yang disetorkan ke Ditjen Pajak.

Pastikan Kegiatan Usaha Tidak Merusak Lingkungan

Dalam membangun usaha pastikan juga anda tidak merusak lingkungan agar tidak berdampak ke penduduk sekitar atau konsumen saat terjadi cuaca ekstrem tertentu seperti hujan lebat yang membuat banjir besar.

Kerusakan lingkungan ini tidak hanya bisa berpengaruh bagi masyarakat sekitar namun juga konsumen sehingga bisa membuat pendapatan anda menurun.

Apabila usaha yang akan di bangun dinilai bisa merusah lingkungan maka nomor induk berusaha pun akan sulit dikeluarkan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.