target pasar

Bingung Menentukan Target Pasar? Begini Caranya

Apakah kamu sedang memulai membangun sebuah bisnis, tapi masih bingung mencari dan menentukan target pasar? Nah, jangan khawatir karena kami akan memberitahu cara mencari dan menentukan target pasar untuk memaksimalkan marketing bisnismu.

Menurut marketingdonut.co.uk marketing yang sukses adalah ketika kamu dapat memahami target market yang kamu tuju.

Siapa pembelimu? Kenapa mereka harus membeli produkmu? Apa yang akan mereka dapat?

berpikir

Apa itu Target Pasar?

Singkatnya, target pasar adalah sekelompok orang tertentu yang telah kamu putuskan untuk menjadi target produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Terdengar mudah, bukan?

Nah, konsep pasar sasaran bisa menjadi jauh lebih rumit jika kamu menawarkan produk atau jasa dengan daya tarik yang luas, atau anda memiliki dasar pelanggan yang beragam.

Jika kamu menjual kepada “semua orang”, lalu bagaimana kamu bisa menentukan target pasarmu?

Tujuan Target Pasar

Dalam menentukan target pasar tentunya kamu bertujuan untuk mengarahkan kegiatan pemasaran ke kelompok konsumen tertentu, promosi, penetapan harga, dan tentunya memudahkan proses distribusi produk.

Dalam dunia digital ini salah satu tujuan market adalah supaya campaign yang kamu buat secara online terhubung dengan mereka.

Menentukan Target Pasar

meeting internal

Jika kamu memahami target pasarmu dan menyamakan antara pesanmu dengan apa yang mereka ingin dengar akan membuat bisnismu bekerja dengan baik.

Di sisi lain jika bisnismu tidak mempunyai kesamaan antara pesanmu dengan pelanggan, maka, bisnismu bisa menjadi tidak efektif. Jadi, kuncinya adalah mengerti lebih dalam mengenai target pasarmu.

Sekarang kamu akan melakukan brainstorming untuk menemukan target pasarmu dan menjadi familiar seperti apa target pasarmu.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini diantaranya adalah:

PAHAMI APA YANG DIBUTUHKAN

Seorang penulis This Is Marketing, Seth Godin, mengatakan bahwa, membuat produk bukanlah langkah yang sulit. Langkah tersulit adalah mengetahui apa yang orang butuhkan.

Hal tersulit adalah mendapatkan kepercayaan dan atensi dari masyarakat.

Jadi, hal yang harus dilakukan untuk melayani orang yang mau dilayani adalah menemukan empati untuk memahami bagaimana mereka berfikir.

Setelah itu, jika kamu membuat produk seperti apa yang mereka pikirkan, maka disitu kamu akan memiliki kesamaan dengan pelangganmu.

Dalam buku How to Swag A Business for Dummies, karya Arief Ardinugroho, terdapat beberapa kebutuhan manusia. Diantaranya adalah:

  • Aman : Manusia butuh rasa aman. Contoh solusi: Garansi, Asuransi
  • Variasi : Manusia butuh variasi dalam kehidupannya. Contoh: Manusia tidak bisa makan ayam terus menerus, pasti akan bosan.
  • Berbeda : Manusia makhluk yang unik dan berbeda. Namun, setiap pribadi butuh merasa lebih atau berbeda dari yang lain.
  • Hubungan : Manusia makhluk sosial, ingin selalu terhubung dengan sesama. Ini tebukti dari maraknya media sosial saat ini.
  • Kontribusi : Manusia ingin merasa hidupnya berarti sehingga mereka ingin berkontribusi.
  • Tumbuh : Manusia modern butuh menjadi lebih baik. Mereka ingin menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri.

BUAT PROFILE MARKET

target audience

Setelah mengetahui kebutuhan-kebutuhan manusia, Arief Ardinugroho menuliskan bahwa kamu perlu mencari tahu seperti apa pasar yang kamu tuju.

Nah, sekarang kamu perlu menjawab beberapa pertanyaan untuk mengetahui target pasarmu lebih dalam

Siapa Mereka?

  • Siapa nama mereka?
  • Berapa umur mereka?
  • Perempuan atau laki-laki?
  • Sudah menikah atau belum?
  • Kalau sudah menikah, berapa jumlah anaknya?
  • Apa pekerjaan mereka?
  • Berapa gaji mereka setiap bulan?

Deskripsikan Lebih Dalam

  • Apa mimpi dan tujuan mereka dalam hidup?
  • Dari enam kebutuhan, mana yang lebih merepresentasikan versi terbaik mereka?
  • Masalah apa yang ingin mereka pecahkan?
  • Apa yang membuat mereka bergairah?
  • Apa yang akan meyakinkan mereka untuk membeli?
  • Kenapa mereka tertarik produk kamu?
  • Apa keyakinan mereka yang keliru dan bisa kamu buktikan keliru?
  • Konten apa yang mereka suka?

Di mana Mereka Tinggal?

  • Di mana biasanya mereka nongkrong?
  • Mereka biasanya membuka website/media sosial/aplikasi apa?
  • Mereka bagian group atau komunitas mana?
  • Biasanya mereka membaca tulisan dari mana?
  • Apa hobi mereka dalam hidup?
  • Di mana rumah mereka?

GUNAKAN SOSIAL MEDIA

facebook target pasar

Menurut hootsuite.com mendengarkan publik adalah salah satu cara utama untuk mengungkapkan percakapan mengenai bisnismu, industrimu, dan produkmu.

Memantau kata kunci dan hashtag yang relevan akan mengungkapkan apa yang yang dikatakan publik mengenai kamu dan pesaingmu lewat online.

Menjangkau publik untuk menanggapi postinga sosial media adalah cara yang bagus untuk menentukan target pasar. Meskipun mereka belum mengikuti kamu sekalipun.

Kamu juga dapat menggunakan itu untuk riset pasar lebih dalam. Saat kamu memantau kata kunci dan hashtag, kamu dapat menemukan kata kunci atau hashtag lain yang juga digunakan target pasarmu.

Kemudian, kamu dapat menguji dengan menambahkan hashtag ini di dalam postingan sosial mediamu untuk menjangkau target yang lebih luas.

Salah satunya adalah dengan melakukan Facebook Stalking.

FACEBOOK STALKING

Seorang Youtuber digital marketing, Tim, mengatakan bahwa kamu dapat menemukan pelanggan lewat Facebook dan belajar bagaimana karakter serta kehidupan mereka.

Mereka dari keluarga seperti apa?

Bagaimana rumah mereka?

Bagaimana mereka menghabiskan waktu luang mereka?

Apa kesukaan mereka?

Apa yang kita lakukan adalah membuat profile tentang target pasar yang mau kamu jangkau. Perlakukanlah mereka seperti sahabatmu.

Jadi ketika ada seseorang bertanya tentang sahabatmu, “Apakah sahabatmu suka yang manis?” Kamu dapat menjawab sesuai fakta mengenai apa yang sahabamu sukai. “Oh, dia tidak suka manis.”

Hal itu adalah kesamaan yang kita bicarakan mengenai target pasarmu.

Kita benar-benar butuh level pengertian yang baik mengenai apa yang target pasar kita suka dan tidak sukai.

Gunakan Analisa Google

analisa google target pasar

Dilansir dari website hubspot.com Analisa Google adalah alat yang sangat luas dan bagus untuk mendapatkan detail demografis tentang target pasarmu, serta minat mereka.

Ingatlah bahwa ini adalah informasi penting yang dapat membantumu dalam menemukan target pasar.

Dengan Analisa Google, kamu dapat melihat wawasan situs web, dan itu dibagi menjadi beberapa bagian seperti, usia, jenis kelamin, dan lokasi.

Bagian ini diberi label dengan jelas pada dashboard dan tersedia grafik berwarna untuk kamu tafsirkan

Kesimpulan

Marketing bukanlah tentang market share. Marketing adalah bagaimana kita sebagai manusia berbincang dengan manusia lain yang dapat mendapatkan kepercayaan mereka, mendapatkan kepercayaan mereka.

Sehingga kita dapat mengubah bagaimana mereka ingin diubah .

Jika kamu masih kesulitan menentukan target pasar, kamu dapat menulisnya di kolom komentar.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Mau tanya suhu.🙏 kalau kayak saya (jasa pembuatan taman dan kolam ) menentukan target pasar saya gmn kak ya.? Tolong langsung kasih target pasar saya kak ya, mohon bantuannya