5 kegunaan telegram untuk bisnis

5 Kegunaan Telegram untuk Bisnis

Perkembangan media komunikasi yang cepat saat ini tentunya  memudahkan banyak orang untuk terhubung satu sama lain melalui berbagai media komunikasi. Jika dulu rasanya bertanya kabar terasa sulit maka kini bisa mengetahui kondisi teman dan saudara dengan cepat.

Kemudahan ini juga dipengaruhi oleh berkembangnya berbagai media komunikasi elektronik seperti WhatsApp ataupun Line. Tidak hanya itu kini juga muncul platform telekomunikasi Telegram yang tengah naik daun.

Selain berguna untuk komunikasi dengan kerabat atau rekan, saat ini media komunikasi juga membantu untuk berhubungan dengan pelanggan dan juga memperbanyak konsumen baru.

Hal ini dikarenakan berbagai fitur yang dapat membantu untuk memprosikan produk dengan mudah dan cepat. Tersedianya fitur bisnis juga memudahkan dalam berkomunikasi dengan konsumen untuk jual beli produk.

Telegram juga saat ini bisa digunakan untuk berbagai kepentingan bisnis di dukung dengan banyaknya fitur yang ada memudahkan pengguna untuk berhubungan dengan pelanggan dan juga promosi berbagai produk yang dimiliki.

Selain itu, Telegram juga memiliki fitur yang dapat meningkatkan kerja sama dengan rekan kerja lainnya sehingga bisa menghasilkan produk dan juga kerja sama yang membantu dalam pengembangan perusahaan

apa itu telegram

Apa Itu Telegram

Telegram sendiri merupakan platform media komunikasi yang didirikan pada tahun 2013. Media komunikasi ini dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan plaform lainnya, yakni mengubungkan konsumen dengan pengguna lainnya dengan fitur chat dan telepon.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, platform ini terus menambah berbagai fitur baru yang mempermudah kinerja bagi konsumen untuk berbagai kebutuhan. Tidak hanya itu, Telegram sendiri juga menjadi salah satu platform komunikasi yang belum pernah mengalami error.

Salah satu fasilitas keunggulan yang dibanggakan oleh Telegram yakni tersedianya penyimpanan hingga puluhan giga byte.

Hal ini dikarenakan Telegram merupakan media komunikasi berbasis cloud sehingga tidak masalah apabila mengirimkan file dalam bentuk gambar dan video dalam jumlah besar.

Selain itu, Telegram juga memiliki fitur channel yang dapat dibuat sendiri oleh pengguna. Fasilitas ini dapat digunakan untuk menyebarkan berbagai file gambar dan video dan juga tempat promosi produk yang efektif bagi pengguna.

Berbagai fasilitas ini membuat Telegram mulai dilirik oleh banyak penjual untuk meningkatkan hubungan dengan konsumen sehingga omzet yang di dapatkan bisa lebih banyak.

Telegram juga memiliki berbagai fasilitas tersembunyi lain yang bisa di manfaatkan oleh penjual dan juga pengguna lainnya.

fitur fitur di telegram

Fitur-fitur di Telegram

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Telegram memiliki berbagai fitur andalan yang dapat digunakan untuk mendukung perdagangan dan juga menjalin komunikasi dengan pelanggan.

Berbagai fitur ini juga di dukung oleh keamanan tingkat tinggi dan juga penyimpanan yang lebih besar dibandingkan media komunikasi lainnya sehingga penjual bisa mengirimkan banyak konten dengan resolusi tinggi sehingga bisa memanjakan konsumennya.

Berikut beberapa fitur Telegram yang bisa dimanfaatkan penjual untuk berjualan dan berkoordinasi dengan pekerja lainnya.

Tersedia Grup dan juga Channel

Bagi penjual yang telah memiliki basis konsumen dan pelanggan yang besar tentunya ingin meningkatkan kedekatan antara pembeli dengan produk yang di pasarkan agar nilai awareness bisa meningkat.

Selain mengembangkan berbagai konten yang menarik dan interaktif di social media, pengguna juga bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia di Telegram, salah satunya adalah channel dan juga grup.

Dengan menggunakan fitur channel, pengguna bisa mempromosikan produknya dengan berbagai konten yang menarik. Pengguna juga bisa melakukan interaksi dengan menggunakan fitur polling. Hal ini berguna untuk mengetahui minat pelanggan terhadap produk tertentu.

Pengguna juga bisa menyiarakan siaran langsung yang juga bisa dibalas oleh pembeli selama tayangan ini berlangsung. Siaran di Telegram ini hampir mirip dengan podcast namun pengguna bisa melakukan interaksi langsung dengan konsumen meskpun tidak tersedianya fitur video.

Selain itu, berbagai konten yang disebarkan oleh pengguna juga bisa dikomentari langsung oleh konsumen sehingga timbul interaksi yang bisa meningkatkan awareness diantara konsumen dan pengguna.

Tidak hanya fitur channel, Telegram sendiri juga memiliki fitur grup yang dapat menampung anggota hingga ratusan ribu. Fasilitas ini tentu saja berguna bagi penjual yang memiliki reseller untuk memudahkan komunikasi dan juga menyebarkan berbagai konten jualan yang menarik.

Ditambah lagi, pengguna bisa mengirimkan berbagai media video dan foto dalam jumlah besar tanpa perlu khawatir tidak cukup untuk dikirimkan ke Telegram. Hal ini menjadikan platfrom ini sebagai tempat yang aman untuk mengirimkan berbagai konten produk yang bisa ditawarkan ke reseller.

Pengguna juga tidak perlu khawatir apabila akun telegram yang dimiliki akan dibajak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab karena Telegram sendiri memiliki kemananan tingkat tinggi.

Keamanan yang Terjamin

Banyaknya kasus mengenai data rahasia karyawan atau perusahaan yang bisa dengan mudah diakses oleh orang lain dengan cara membajak situs tertentu terkadang membuat penjual merasa takut apabila dokumen rahasia perusahaan bisa tersebar dengan mudah.

Akan tetapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan apabila pengguna menggunakan platform Telegram untul berkomunikasi dengan partner bisnis atau pekerja lainnya.

Hal ini karena media ini menjamin kemanan akun penggunanya dengan adanya fasilitas cloud yang dimiliki oleh Telegram.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan fasilitas secure chat yang bisa diatur saat pertama kali menggunakan Telegram agar isi chat lebih aman.

Cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan ketuk menu tiga garis kemudian pilih secret chat baru. Setelahnya pengguna bisa memilih kontak yang dituju untuk melakukan chat dengan pengguna tersebut.

Dengan mengaktfkan fitur tersebut, chat pengguna tentunya akan lebih aman sehingga tidak akan dibajak oleh orang lain. Fasilitas keamanan ini juga menjadi andalan sehingga kerap dibanding-bandingkan oleh berbagai media komunikasi yang lain

Penyimpanan yang Besar

Salah satu hal mengesalkan yang dirasakan pengguna saat berkomunikasi menggunkan media komunikasi online adalah ketidakmampuan dalam mengirimkan berbagai berkas dalam ukuran berkas.

Masalah ini akhirnya membuat pengguna harus mengecilkan berkas yang dimiliki agar bisa dikirimkan ke orang lain sehingga menurunkan kualitas gambar atau video yang dikirim pun tidak bisa terkirim secara utuh.

Akan tetapi, problema ini bisa diatasi apabila pengguna menggunakan media komunikasi Telegram sebagai alat penghubung dengan orang lain. Hal ini karena platform ini mengizinkan penggunanya mengirimkan berbagai berkas dan media dalam ukuran yang besar sekalipun.

Sehingga tidak menurunkan kualitas media yang akan dikirimkan. Hal ini juga bisa dimanfaatkan penjual untuk mengirimkan video interaksi dan hiburan ke channel yang dimiliki sebagai konten hiburan yang bisa untuk menambah engagement dengan konsumen.

Pencarian Media dengan Telegram

Banyaknya berbagai berkas yang di kirim ke dalam sebuah grup atau juga chat terkadang membuat pengguna kesulitan untuk mencari berkas yang diinginkan hingga akhirnya timbul rasa malas untuk mencarinya satu persatu.

Akan tetapi pengguna juga bisa menggunakan cara mudah untuk mencari berkas dan media tersebut. Anda juga bisa mencari melalui fitur search yang terdapat di pojok kanan dengan ikon kaca pembesar.

Cukup mengetikkan kata kunci dari dokumen tersebut maka hasilnya akan keluar dengan cepat sehingga tidak perlu mencari lagi satu persatu. Akan tetapi, masalah akan timbul apabila file yang dicari memiliki banyak nama yang sama sehingga berkas yang dipilih tidak sesuai.

Apabila hal ini terjadi, pengguna bisa menggunakan fitur tanggal yang ada di shared media sehingga anda bisa mencari media yang diinginkan berdasarkan bulan atau waktu upload media tersebut.

Tidak hanya itu pengguna juga bisa melakukan filter pada shared media sehingga hanya dokumen tertentu yang bisa dicari dan mempermudah dalam pencarian konten yang diinginkan.

Tambahan Emoji yang Interaktif

Salah satu keseruan dalam menggunakan fitur chat di berbagai media komunikasi adalah adanya fitur stiker dan GIF dimana pengguna dapat mengirimkan gambar lucu dalam ukuran kecil sehingga komunikasi lebih interaktif dan tidak tegang.

Stiker ini sendiri juga bisa disimpan dan juga disebar lebih mudah sehinga dapat digunakan oleh banyak orang meskipun tidak dalam kontak yang sama.

Penggunaan stiker serta GIF ini juga bisa menjadi media promosi yang bagus. Pengguna bisa membuat berbagai stiker dari ikon produk anda dengan ditambahkan berbagai kata-kata lucu yang interaktif.

Pembuatan stiker untuk media komunikasi sendiri juga sangat mudah dan dapat dibuat melalui handphone sekalipun. Beberapa gadget pun saat ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit gambar menjadi stiker.

Strategi promosi ini juga banyak digunakan oleh berbagai market place seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada yang dapat digunakan dalam fitur chat jual beli mereka. Selain itu, penggunaan stiker ini juga jamak ditemukan di official account yang biasanya ada di platform Line

Online Meeting di Dalam Grup

Kemajuan teknologi saat ini tidak hanya memuduahkan dalam berbisnis namun juga dalam berbagai pekerjaan, salah satunya adalah kegiatan meeting yang biasanya membutuhkan ruangan besar untuk menampung banyak orang.

Namun, saat ini kegiatan tersebut bisa dilakukan secara online melalui platform video conference seperti Zoom dan juga Google Meet. Tidak mau kalah, Telegram pun mengeluarkan fitur terbaru sehingga pengguna bisa mengadakan video conference dengan mudah.

Caranya adalah pengguna bisa membentuk sebuah grup terlebih dahulu untuk mengumpulkan rekan kerja yang akan diajak melakukan video conference, setelah itu penguna bisa klik tombol mikrofon sebelum fitur ini digunakan, patsikan juga akses foto dan video telah dibuka agar bisa terhubung.

Pengguna juga bisa merekam isi dari meeting tersebut dan disebarkan ke anggota yang lainnya. Sehingga rekan kerja yang ketinggalan atau tidak mengikuti meeting masih bisa mendapatkan informasi dengan mendengarkan rekaman tersebut.

Berbagai fasilitas yang disediakan oleh Telegram tentunya sangat membantu pekerjaan dan juga penjualan.

Tidak hanya itu, masih ada berbagai kelebihan lain dari Telegram dibandingkan dengan media komunikasi lainnya

kelebihan telegram untuk bisnis

Kelebihan Telegram untuk Bisnis

Banyaknya orang saat ini mengandalkan berbagai platform komunikasi untuk terhubung satu sama lain menjadikan penjual memanfaatkan keadaan ini dengan berbagai media komunikasi yang ada.

Tidak hanya WhatsApp dengan fitur bisnis, serta Line dengan Official Channel nya saat ini Telegram pun juga menawarkan berbagai fasilitas yang berguna untuk perkembangan bisnsi dan juga komunikasi dua arah dengan pelanggan.

Selain itu, banyaknya orang yang mulai beralih untuk menggunakan Telegram juga menjadikan penggunanya terus bertambah setiap harinya. Platform ini juga berguna untuk memudahkan bisnis agar bisa digunakan untuk di berbagai gadget.

Konsumen Telegram yang Terus Bertambah

Pengguna Telegram saat ini terus terlihat mengalami kenaikan, tercatat di tahun 2018 tercatat 200 juta orang yang menjadi pengguna, angka ini terus bertambah tiap tahunnya.

Kenaikan ini juga dikarenakan mudahnya untuk mendaftararkan diri di platform media komunikasi ini, hanya dengan membutuhkan nomor telepon yang aktif maka pengguna sudah bisa masuk dan memiliki sebuah akun di Telegram.

Ditambah lagi, banyak orang yang mulai tertarik pada fitur bot dan channel yang dimiliki oleh Telegram untuk memudahkan berbagai masalah hidup yang ada, mulai dari belajar bahasa asing atau mencari file tertentu dan juga bergabung dengan grup komunikasi lainnya.

Dapat Terintegrasi dengan Aplikasi Lainnya

Selain memiliki banyak pengguna dan akan terus bertambah setiap tahunnya, Telegram sendiri juga memiliki fasilitas tambahan yang cocok digunakan untuk marketing dan promosi produk.

Salah satunya adalah Telegram bisa diintegrasikan dengan berbagai aplikasi lain, contohnya email marketing. Pengguna bisa memasukkan call to action yang terhubung ke telegram yang dimiliki dengan begitu konsumen bisa lansgung bertanya mengenai produk yang ditawarkan.

Aplikasi Satu untuk Semua

Seorang penjual juga biasanya tidak hanya memiliki satu binis namun juga berbagai usaha dagang yang dikelola dalam waktu bersamaan. Hal ini menjadikan penjual harus membuat dan mengunduh banyak akun komunikasi dalam satu device yang sama.

Hal ini terkadang menimbulkan kesulitan baru disaat aplikasi yang digunakan mendadak eror atau tidak bisa dibuka karena banyaknya kloningan aplikasi yang menghabiskan banyak memori.

Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan oleh penjual apabila menggunakan Telegram, karena platfom ini menyediakan fasilitas dimana pengguna dapat menjalankan berbagai banyak akun dengan satu aplikasi.

Fitur ini tentu saja memudahkan penjual sehingga tidak perlu mengunduh banyak aplikasi Telegram  yang dapat menghabiskan memori telepon.

Bisa Digunakan Secara Gratis dan Tanpa Iklan

Salah satu hal yang terkadang mengesalkan bagi pengguna aplikasi adalah munculnya iklan yang berulang. Berbagai promosi online ini bisa merubah fokus pengguna saat mengerjakan sesuatu karena iklan spam yang muncul.

Selain itu, berbagai aplikasi pun juga mewajibkan pengguna untuk membayar secara rutin fasilitas tambahan yang ada agar bisa digunakan terus menerus. Hal ini juga akan menimbulkan biaya lebih yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Untung saja, sebagai salah satu platform komunikasi terbesar yang menyediakan berbagai fasilitan yang lengkap dan konsumen yang banyak, Telegram tidak memberikan biaya berlangganan per bulannya. Selain itu, aplikasi ini bebas iklan yang biasanya tiba-tiba muncul.

Hal ini tentu saja menguntungkan pengguna mengingat banyaknya fasilitas gratis yang diberikan Telegram memberikan banyak manfaat guna melancarkan bisnis dan juga pekerjaaan yang saat ini dijalani.

kegunaan telegram untuk bisnis

5 Kegunaan Telegram Untuk Bisnis

Berbagai fasilitas yang diberikan Telegram dan juga pengguna dari platform ini yang terus bertambah setiap harinya menjadikan aplikasi ini cocok digunakan sebagai media komunikasi untuk pengembangan bisnis dan produk yang dimiliki.

Tidak hanya itu, kemampuan Telegram yang mampu menyimpan banyak pengguna dan grup menjadikan platform ini cocok untuk tempat berinteraksi dengan konsumen agar prduk yang dijual makin banyak.

Berikut beberapa fasilitas yang diberikan Telegram dan dapat membantu untuk kemajuan bisnis yang dimiliki.

Grup Telegram untuk Konsumen dan Relasi

Penjual yang memiliki banyak reseller tentunya membutuhkan tempat yang tepat untuk menampung anggota yang dimiliki agar informasi produk yang dimiliki bisa lebih cepat tersebar dan tidak perlu mengirim ke banyak grup.

Telegram sendiri memiliki kemampuan untuk menyimpan kurang lebih 200 ribu orang di dalam sebuah grup. Fasilitasn ini tentu saja cocok bagi pengguna yang ingin mengembangkan bisnis resellernya secara cepat dan mudah.

Selain itu, fasilitas grup ini juga memudahkan pengguna untuk mencari distributor yang tepat untuk bisnis yang sedang dikembangkan, hal ini karena banyaknya grup terbuka yang bisa diakses oleh pengguna baru sekalipun.

Dengan mengikuti grup di Telegram, pengguna dapat memperluas koneksi dan juga relasi sehingga produk lebih mudah dipasarkan dan kesempatan mendapatkan konsumen baru pun terbuka lebar.

Guna memanfaatkan fasilitas ini, pengguna tinggal mencari grup yang diinginkan dengan mengetikkan kata kunci sesuai produk dan jasa yang diinginkan di kolom pencarian. Pilihlah grup yang memiliki banyak anggota yang aktif berkomunikasi setiap harinya.

Pengguna juga bisa ikut aktif di chat tersebut dengan membalas pesan yang relevan sehingga nama anda pun semakin naik di mata anggota grup. Gunakan juga bahasa yang sopan dan baik agar bisa diterima oleh anggota lain.

Channel Telegram Untuk Promosi Produk

Tidak hanya berguna untuk menambah relasi dan juga mencari distributor yang tepat melalui fitur grup, pengguna juga bisa menggunakan fitur channel untuk mempromosikan produk yang ada.

Di dalam channel sendiri pengguna bisa mengirimkan berbagai konten yang komunikatif serta edukatif agar bisa dilihat oleh pengikut channel tersebut. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memberikan free e-book atau berbagai promo lainnya.

Pembuatan channel di Telegram sendiri sangatlah mudah, pengguna hanya perlu klik ikon pena di kanan bawah layar Telegram, setelah itu pilih New Channel, setelahnya pengguna diharuskan untuk mengisi nama akun channel dan juga deskripsi singkat channel tersebut.

Pastikan memilih nama akun yang sama dengan berbagai social media produk yang dimiliki agar tidak membingungkan pengikut yang mencari channel anda di Telegram. Setelah itu, isi juga deskripsi dengan produk yang dipasarkan.

Penggunaan copywriting yang unik dan tepat akan membuat isi dari deskripsi menarik minat pengikut untuk menjadi subscriber channel tersebut. Jangan lupa juga untuk mengisi foto profil channel agar konsumen bisa memastikan keaslian akun channel anda.

Agar pengikut channel semakin meningkat, maka pengguna dapat mempromosikannya melalui Linktree yang dipasang di bio social media yang dimiliki. Anda juga bisa mengadakan give away dengan syarat mengikuti channel yang telah dibuat.

Respon Konsumen dengan Chat Otomotis

Seorang penjual tentu saja tidak bisa terus menerus mengawasi akun Telegram yang dimiliki. Hal ini karena beberapa konsumen melakukan komunikasi ke berbagai social media. Selain itu, penjual juga bisa saja membuat banyak akun Telegram untuk berbagai bisnsi yang dimiliki.

Karenanya penggunaan fitur chat otomatis akan membantu pengguna menjawab pertanyaan konsumen.

Fitur chat ini dapat digunkan untuk membalas pesan mengenai pertanyaan yang sering diajukan konsumen seperti nomor rekening pembayaran atau informasi mengenai produk yang sedang diskon.

Dalam penggunaannya, anda bisa membuat trigger keyword yang apabila diketikkan akan muncul jawaban dari setiap pertanyaan yang diajukan. Hal ini akan mempermudah kerja penjual sehingga tidak perlu terus menerus membuka akun Telegram yang dimiliki.

Chat Aman dengan Fitur Keamanan

Antara penjual dan pembeli tentu saja menginginkan keamanan dan kerahasiaan dalam proses jual beli sehingga isi dari chat tidak bisa dibuka sembarangan. Karenanya fitur keamanan yang ada di Telegram ini sangat berguna untuk proses jual beli produk.

Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan oleh penjual saat negosiasi bahan baku dengan distributor agar chat tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Penggunaan fitur secret chat memungkinkan pengguna hanya bisa melihat chat yang diikirimkan dalam waktu tertentu sehingga akan terhapus setelahnya. Sehingga pengguna tidak perlu repot untuk menghapur berbagai chat yang sudah selesai.

Komunikasi dengan Anggota Grup dan Subscriber Channel

Penggunaan channel sebagai media promosi tentunya harus dimanfaatkan dengan adanya berbagai konten yang mendukung serta menarik minat pembeli untuk melakukan interaksi.

Beberapa konten yang bisa dibuat adalah konten tanya jawab yang bisa direspon dengan fitur chat, selain itu pengguna juga bisa menyebarkan berbagai gambar dan video lucu sebagai hiburan untuk konsumen.

Jangan lupa juga untuk mempromsoikan produk dengan mengirimkan berbagai flyer mengenai produk terbaru dan juga barang yang sedang diskon agar pemebeli tertarik untuk membeli.

Melakukan posting konten secara rutin juga akan membuat channel lebih aktif sehingga akan terus menerus dikunjungi oleh konsumen,

Jadi sudah siap manfaatkan Telegram untuk bisnis anda?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.