Cara Pemasaran Produk yang Efektif di tahun 2021

Berikut Cara Pemasaran Produk yang Efektif

Saat ini, ada berbagai macam cara pemasaran produk yang efektif. Dari sekian banyak cara pemasaran ini, kamu harus memilih pemasaran produk yang paling sesuai dengan jenis usahamu.

Nah, sebelum kamu tahu apa saja pemasaran produk yang paling efektif, yuk ketahui dulu pengertian pemasaran produk dan mengapa pemasaran produk itu penting.

Pengertian Pemasaran Produk

Pemasaran produk adalah proses strategis untuk mempromosikan dan menjual produk kepada pelanggan. Pemasaran produk juga merupakan penghubung antara pengembangan produk dan peningkatan kesadaran produk di pasar.

Pemasaran produk beroperasi di antara berbagai tim, yaitu produk, pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan untuk meningkatkan produk dan memastikan bahwa hasil pemasaran memenuhi harapan di antara kelompok yang dipasarkan.

Pentingnya Pemasaran Produk

Coba kamu bayangkan jika perusahaanmu menghabiskan banyak waktu, uang dan tenaga untuk mengembangkan suatu produk, namun saat produk sudah diluncurkan tidak ada yang membelinya. Inilah yang akan terjadi jika produk tidak mencapai target audiens yang dimaksudkan, sehingga tidak ada yang berminat membelinya.

Nah, itulah sebabnya mengapa pemasaran produk itu penting. Pemasaran produk bertindak sebagai pembawa pesan produk. Tanpa pemasaran produk, sebuah perusahaan hanya akan berisiko gagal.

Maka dari itu, kamu harus menentukan ‘produk apa yang kamu tawarkan?’, ‘siapa target pelanggannya?’, ‘bagaimana cara menjangkau pelanggan tersebut?’, ‘berapa harga produk?’, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Marketing Plan, Contoh, Tujuan dan Kegunaannya

Pemasaran adalah dasar cara perusahaan mengomunikasikan nilai produk kepada calon pelanggan. Mengembangkan strategi pemasaran adalah tentang memahami siapa pelangganmu, bagaimana produkmu cocok dengan pasar, dan di mana tempat menjangkau orang yang tepat.

Trik untuk membangun cara pemasaran produk yang sukses adalah memilih hal yang tepat sesuai kebutuhanmu. Faktanya, marketer dengan strategi yang terdokumentasi memiliki kemungkinan 313% lebih besar untuk berhasil.

Cara Pemasaran Produk Yang Paling Efektif

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian pemasaran produk dan pentingnya pemasaran produk, mari ketahui cara pemasaran produk yang efektif di tahun 2021.

Cara pemasaran digital

Cara Pemasaran Produk yang Efektif di tahun 2021

Cara pemasaran produk digital mencakup semua platform pemasaran digital, termasuk search engine optimization (SEO), media sosial berbayar, email,blog, halaman web, dan banyak lagi.

Pemasaran digital sering kali mencakup semua hal yang dilakukan bisnismu secara online untuk mendukung upaya pemasaran, dan mengecualikan aktivitas seperti acara tatap muka, papan reklame dan jenis iklan lainnya.

Untuk merencanakan dan menjalankan pemasaran digital secara akurat untuk mendukung strategi pemasaranmu, kamu harus melacak status kampanye, platform yang digunakan untuk pelaksanaan, dan berbagai stakeholders.

Kamu juga bisa melacak jumlah pembelanjaan aktual, audiens target, dan konten untuk mendukung kampanye juga sangat penting untuk peluncuran produk yang tepat.

Untuk melacak kinerja kampanye, tautkan strategi pemasaran digital,u ke dasbor pelacakan kampanye untuk dengan mudah melihat detail info, seperti kinerja berdasarkan platform dan durasi kampanye.

Pemasaran produk menggunakan konten

Cara pemasaran produk menggunakan konten terkait erat dengan pemasaran inbound, dan merupakan proses membangun aset (konten) berkualitas tinggi untuk audiens target yang relevan dan untuk membuat mereka membeli produk.

Kalender konten adalah inti dari strategi pemasaran konten yang bisa membantu marketer dalam merencanakan, melaksanakan, dan menerbitkan berbagai jenis konten untuk mendukung tujuan perusahaan dalam meluncurkan produk.

Kalender konten biasanya diatur menurut bulan yang mencakup status, stakeholders, audiens, dan tautan publikasi akhir dari setiap aset, serta hal lain yang mungkin perlu kamu lacak. Istilah kalender konten dan kalender editorial sering digunakan secara bergantian, tetapi tidak persis sama.

Kalender konten mungkin mencakup hal-hal seperti halaman web produk dan lembar penjualan. Sedangkan,  kalender editorial biasanya hanya fokus pada hal-hal seperti artikel blog, video, dan masih banyak lagi.

Pemasaran produk menggunakan blog

Cara Pemasaran Produk yang Efektif di tahun 2021

Menggunakan blog juga merupakan salah satu cara pemasaran produk menggunakan konten. Gunakan blog kamu dengan template pelacakan yang menangkap jenis konten, kategori, tahap pembuatan, tanggal publikasi, dan masih banyak lagi.

Jika search engine optimization (SEO) merupakan bagian inti dari strategi bloggingmu, maka SEO bisa melacak apakah targetmu sudah sesuai atau belum.

Pemasaran produk menggunakan media sosial

Cara Pemasaran Produk yang Efektif di tahun 2021

Cara pemasaran produk menggunakan media sosial adalah rencana bisnis yang memanfaatkan media sosial tertentu untuk memenuhi kebutuhan pemasaran produkmu. Kamu bisa menggunakan cara pemasaran ini jika produkmu memiliki target pasar kaum milenial, yakni orang dengan usia rata-rata 15-30 tahun.

Hal ini karena pengguna media sosial adalah kaula muda. Jadi, stratego yang tepat adalah menggunakan pemasaran media sosial jika target pasar produkmu kaum milenial.

Sama seperti kalender konten, marketer juga sering mengandalkan kalender media sosial untuk menjaga operasi tetap berjalan dan melacak keberhasilan berbagai promosi produk.

Pemasaran produk menggunakan email

Cara pemasaran produk menggunakan email mencakup semua hal yang dikomunikasikan melalui email termasuk pesan pemasaran, pembaruan produk, penjangkauan penjualan, dan masih banyak lagi.

Pemasaran email sering kali terfragmentasi dalam arti bahwa kepemilikan mencakup beberapa tim berbeda dalam pemasaran. Kamu perlu melacak satu kalender pemasaran email, sehingga kamu tidak melupakan pengalaman pelanggan secara keseluruhan, atau lebih buruk lagi, akhirnya mengirim spam ke pelanggan kamu.

Contoh Pemasaran Produk Terbaik Dari Perusahaan Ternama

Untuk lebih menggambarkan apa yang telah dijelaskan di seluruh artikel ini, mari kita lihat beberapa contoh pemasaran produk terbaik berikut ini.

Netflix

Cara Pemasaran Produk yang Efektif di tahun 2021

Tampaknya layanan streaming memiliki cakupan pemasaran produk yang terbatas,  karena layanannya yang berupa hiburan streaming. Tapi tidak demikian dengan Netflix.

Selain berhasil dalam merilis judul baru dan pemasaran media sosial, Netflix menginvestasikan waktu dan uang dalam personalisasi mendalam dari setiap akun pengguna.

Hal ini adalah bagian dari cara pemasaran produk mereka yang dirancang dengan tujuan utama untuk memperpanjang fase kedewasaan dalam siklus hidup produk.

Akibatnya, setiap orang tidak hanya memiliki tampilan platform yang unik tetapi juga mendapatkan judul yang dipersonalisasi yang direkomendasikan pada waktu yang tepat. Taktik personalisasi ini menawarkan pengalaman streaming yang unik dan membuat pelanggan datang kembali.

Selain itu, pemasaran produk ini juga menjaga produk dalam siklus hidup dan tidak jatuh ke fase penurunan dalam waktu dekat. Itulah cara pemasaran yang efektif untuk menggaet audiens atau target pasar.

Tesla Inc.

strategi Pemasaran Produk tesla

Stategi pemasaran produk dari Tesla lebih berfokus pada menjangkau audiens khusus yang optimal. Sangat jelas bahwa mereka berusaha keras untuk memahami pelanggan potensial mereka dan memperkenalkan produk ke pasar dengan sangat baik.

Untuk menjangkau audiens target mereka, mereka menganalisis berbagai indikator demografis, geografis, psikografis, serta perilaku. Akhirnya, mereka menciptakan persona pembeli yang sempurna, seperti orang berusia antara 20-45 tahun, kelas menengah ke atas, dan lain sebagainya.

Jika kamu memiliki jenis usaha yang mirip seperti Tesla, kamu bisa coba penerapan cara pemasaran produk yang satu ini.

Berikut Cara Pemasaran Produk yang Efektif

Leave a Reply

33 views
Copy link