pagespeed

Apa Itu Pagespeed dan Kegunaaanya untuk Website Bisnis

Kesal karena website lama diakses? Tingkatkan kecepatannya dengan Pagespeed

Saat menemukan barang menarik dan ingin melakukan pembayaran melalui website, pembeli terkadang merasa kesal karena halaman yang susah diakses sehingga menyulitkan saat pembayaran.

Apalagi disaat barang tersebut sedang diskon besar-besaran dan juga banyak orang yang mengincar, hal ini akan membuat website lebih lama diakses bahkan bisa eror.

Website saat ini tidak hanya menjadi media promosi untuk mempromosikan barang-barang anda di halaman khusus namun juga menyediakan berbagai konten yang menarik sebagai edukasi konsumen.

Tidak hanya itu, landing page di website juga berguna untuk menarik leads sehingga bisa dimanfaatkan untuk menjadi konsumen.

Berbagai manfaat yang diberikan oleh website ini akhirnya dimanfaatkan oleh banyak brand besar guna mempromosikan produknya menjadi lebih profesional dan juga digunakan untuk mengenalkan berbagai barang yang mungkin tidak beredar di market place.

Banyak website juga menyediakan fasilitas check out barang yang bisa terhubung langsung dengan aplikasi dompet digital atau fasilitas pembayaran lainnya.

Promosi untuk website pun cukup mudah, pengguna cukup menyematkan di bio social media yang dimiliki seperti Facebook, Instagram, dan juga Youtube, atau membuat postingan microblog yang diarahkan ke website.

Guna mengisi konten di website agar lebih menarik, pengguna bisa menggunakan konten artikel, foto produk, atau video pendek yang terhubung dengan akun Youtube pengguna.

Perpaduan konten dan juga copywriting yang menarik juga bisa membuat pengguna untuk sering berkunjung ke website anda di waktu senggang untuk mengetahui berbagai konten terbaru.

Pengguna bisa membuat konten artikel edukasi mengenai ulasan produk terbaru atau manfaat produk yang bisa dijadikan jawaban dari masalah-masalah konsumen yang bisa diselesaikan dengan masalah anda.

Pemberian deskripsi lengkap serta testimoni dari konsumen juga akan membuat produk lebih mudah terjual karena adanya ulasan langsung dari pembeli sehingga membuat konsumen tertarik untuk mencoba membeli produk.

Sayangnya, semakin besar dan banyak konten yang diunggah maka bisa saja membuat website menjadi susah dibuka, hal ini tentu akan merugikan penjual karena konsumen yang berkunjung pun semakin sedikit.

Karenanya percepat website bisnis anda dimulai dengan melakukan pengecekan di Pagespeed.

apa itu pagespeed insight

Apa Itu PageSpeed Insight

Sebuah survei dari Google mengatakan sebanyak 53% pengguna internet akan keluar dari browser pencarian apabila dalam waktu 3 detik halaman yang diakses susah dibuka.

Survei ini tentu saja sering dialami oleh anda atau konsumen lain yang sedang membuka website anda namun mengalami kesulitan saat masuk ke halaman.

Banyaknya konten baik berupa foto atau video terkadang membuat website yang digunakan secara tak sadar mengalami kelambatan sehingga membuat konsumen malas untuk masuk ke halaman anda.

Karenanya untuk mengetahui apakah website anda mudah diakses oleh konsumen maka pengguna bisa mengeceknya melalui Pagespeed.

Pagespeed sendiri merupakan website yang terdiri dari berbagai tools yang membantu untuk optimasi website anda.

Berbagai platform pun bisa digunakan untuk optimasi website, beberapa diantaranya adalah Pindom, geek Flare, GTMetrix, WebPage Test, dan Google Pagespeed Insight.

Meskipun bergitu, Googe Pagespeed menjadi platform cek pagespeed yang sering digunakan oleh banyak pengguna.

Selain karena kemudahannya, berbagai tools juga disediakan secara gratis dan lebih akurat dibandingkan platform lainnya. Google Pagespeed pun juga sudah sesuai dengan indikator penilaian Google sehingga lebih dipercaya dibandingkan lainnya.

Pada tahun 2018, Google Pagespeed meluncurkan teknologi LightHouse dimana penguna bisa mengecek performa website dalam bentuk extension Google Chrome.

Hal ini tentu saja menguntungkan mengingat teknologi ini dulunya terpisah dengan Google Page Speed.

Dengan adanya teknologi ini, Google Pagespeed bisa memberikan analisa mendalam dan juga akurat yang hasilnya bisa diungah secara lansgung sehingga bisa menjadi sumber analisa atau diskusi dengan tim marketing.

rekomendasi website cek pagespeed

Rekomendasi Website Cek PageSpeed

Akses website yang lambat tentunya membuat konsumen malas untuk masuk ke website bisnis kita meskipun terdapat banyak konten yang bisa dimanfaatkan.

Karenanya untuk memastikan website anda memiliki kecepatan yang normal dan membantu untuk meningkatkan pengunjung serta meningkatkan ranking, pengguna bisa mengeceknya melalui berbagai website cek pagespeed.

Berikut beberapa rekomendasi website pagespeed yang bisa digunakan.

pingdom

Pingdom

Website cek pagespeed pertama yang bisa digunakan adalah Pingdom. Platform ini sendiri sudah digunakan oleh berbagai perusahaan besar untuk melihat kecepatan websitenya.

Diantaranya adalah Facebook, Spotify, Twitter, dan Pinterest. Meskipun begitu, pengguna bisa menggunakan salah satu fasilitas gratisnya berupa cek Pagespeed.

Berbeda dengan Google Pagespeed yang menggunakan skala persen, pingdom sendiri menggunakan skala dari 0-100.  Semakin tinggi hasil skala yang di dapatkan maka menandakan webiste anda dalam keadaan yang sehat.

Kelebihan Pingdom dibandingkan website Pagespeed yang lain adalah pengguna bisa mendapatkan rekomendasi untuk meningkatkan performa website sehingga kecepatan yang di dapatkan bisa lebih maksimal.

google pagespeed insight

Google Pagespeed Insight

Website kedua yang sering digunakan oleh banyak pengguna karena kemudahan dan juga optimasi yang sesuai dengan Google adalah Google Pagespeed Insight,

Website ini diperkenalkan oleh Google pada tahun 2010 sebagai indikator penilaian untuk SEO. Pagespeed checker ini sendiri juga bisa digunakan untuk mengukur kecepatan website for dekstop atau mobile.

Berbeda dengan Pingdom yang menggunakan skala menggunakan angka maka Google Pagespeed Insight ini sendiri menggunakan indikator berupa persen.

Tidak hanya itu, Google Pagespeed Insight juga menyediakan berbagai fitur yang memudahkan pelanggan untuk analisa kecepatan website sehingga promosi online yang dilakukan menjadi lebih maksimal.

google mobile website speed testing tool

Google Mobile Website Speed Testing Tool

Kemudahan Handphone dalam mengakses berbagai konten di internet dan mudahnya untuk dibawa kemana saja membuat banyak orang membuka berbagai website melalui handphone.

Sebuah website yang memiliki tampilan mobile friendly ini juga memudahkan pembaca untuk melihat ebrbagai konten yang ada dan juga bertahan lama di website anda.

Hal ini juga bisa memperbesar kemungkinan bagi pembeli untuk membeli berbagai produk yang anda jual setelah melihat berbagai ulasan di website.

Hal ini membuat Google meluncurkan website pagespeed checker baru yang bernama Google Mobile Website Speed Testing Tool.

Melalui website pagespeed checker ini, pengguna bisa menilai website for mobile secara lebih mendalam.

Berbeda dengan situs Google Pagespeed checker for website, di platform ini pengguna diberikan ukuran berupa angka dari 0-100, maka semakin besar nilainya maka menandakan kecepatan website anda dalam keadaan baik.

Tak hanya itu, website pagespeed checker ini juga menyediakan berbagai saran yang bisa digunakan oleh pengguna guna meningkatkan kecepatan website menjadi lebih baik.

Laporan dari website ini juga akan dikirimkan melalui email sehingga mempermudah pengguana untuk menganalisa atau membagikannya kepada tim marketing sebagai bahan evaluasi ke depannya.

geekflare

GeekFlare

Website pagespeed checker ketiga yang bisa digunakan adalah Geekflare, dengan tagline Test, Troubleshoot, dan Improve, pengguna bisa mengecek kecepatan website dan memperbaikinya setelah melakukan analisa dengan website ini.

Software ini memungkinkan pengguna untuk mengecek kecepatan website yang dimiliki melalui informasi detik ke berapa konten website anda mulai loading dan menyelesaikannya.

Keuntungan dari menggunakan pagespeed checker ini pengguna bisa menggunakan untuk mengecek website for mobile atau website sehingga pengguna tidak perlu mengecek di platform lainnya.

GT Metrix

GT Metrix

Website pagespeed checker keempat yang bisa digunakan oleh pemula adalah GT Metrix. Dengan menggunakan website ini pengguna bisa mengecek ringkasan analisa kecepatan website secara mudah.

Untuk pengukurannya sendiri, website ini melakukan analisa berdasarkan rekomendasi dari Google Pagespeed Insight dan juga Yslow. Sedangkan analisa yang ditampilkan oleh website ini adalah pagesize, jumlah request, dan total waktu loading.

Keuntungan lainnya dari menggunakan GT Metrix adalah pengguna diberikan analisa secara gratis dan juga rekomendasi untuk menyelesaikannya sehingga hasil dari kecepatan website anda bisa lebih maksimal.

Sayangnya aplikasi ini hanya memberikan 20 kali tes kecepatan website secara gratis sehingga untuk melakukan analisa ke depannya pengguna harus membuat akun berbayar.

Akan tetapi apabila anda merasa website ini memudahkan hidup anda maka opsi berbayar bisa digunakan.

keycdn

KeyCDN Website Speed Test

Website pagespeed kelima yang menyediakan analisa secara cepat adalah Key CDN. Pagespeed checker ini menyediakan analisa berupa metode request, status kode HTTP, tipe file, ukuran konten, waktu tunggu/terima, total waktu download, dan berbagai analisa lainnya.

Kabar baiknya, website ini bisa digunakan secara gratis dan mudah sehingga menguntungkan pengguna untuk melakukan analisa kecepatan situs yang dimiliki.

webpage test

Webpage Test

Website pagespeed keenam ini dikembangkan oleh teknisi dari Google. Software yang disediakan secara gratis ini memungkinkan pengguna untuk melakukan tes pagespeed website dari berbagai lokasi di seluruh dunia.

Kelebihan website ini dibandingkan dengan pagespeed checker lainnya adalah tersedianya fitur tambahan seperti capture video, pemblokiran konten, perbandingan first view dan repeat view, dan masih banyak lagi.

webpage analyzer

Webpage Analyzer

Banyaknya konsumen yang dimiliki tentunya menggunakan provider yang berbeda-beda, karenanya untuk mendapatkan analisa yang lebih tepat pengguna bise menggunakan Webpage Analyzer.

Melalui website ini pengguna bisa mengetahui kecepatan dari berbagai koneksi yang bermacam-macam.

Pagespeed checker yang bisa digunakan secara gratis ini menyediakan penilaian berdasarkan 11 aspek indikator dan juga rekomendasi yang bisa digunakan oleh pengguna untuk meningkatkan kecepatan website.

Jadi pagespeed checker mana yang akan anda gunakan?

fitur di google pagespeed

Fitur di Google PageSpeed Insight

Berbagai fasilitas yang diberikan oleh Google Pagespeed tentunya di dukung oleh berbagai tools yang bisa digunakan untuk menganalisa dan meningkatkan performa dari website yang anda miliki.

Karenanya agar hasilnya lebih maksimal, ketahui dulu berbagai fitur terbaik yang bisa dimanfaatkan di Google Speed.

Field Data

Fitur pertama yang bisa digunakan adalah Field data, dimana pengguna bisa mengecek nilai kecepatan website berdasarkan First Contentful Paint dan First Input Delay.

First Contentful Paint merupakan waktu dimana gambar dan teks pertama muncul. Sedangkan First Input Delay adalah jarak waktu antara interaksi pertama dan respon browser saat interaksi berlangsung.

Sebuah website bisa dinilai cepat oleh Pagespeed apabila kedua nilai tersebut sama-sama tinggi sehingga apabila salah satu dari mereka memiliki nilai rendah maka website yang dikembangkan termasuk rendah.

lab data

Lab Data

Fitur kedua yang bisa digunakan adalah Lab Data dimana item ini memiliki berbagai tools yang bisa digunakan untuk analisa website dengan mudah.

  • First Contentful Paint: tools ini berguna untuk mengecek durasi dimana gambar dan teks pertama muncul
  • Speed Index: tools ini digunakan untuk mengetahui kecepatan halaman bisa terlihat jelas oleh pengguna. Semakin rendah durasinya maka hasilnya terbukti bagus.
  • Time to Interactive: tools ini berfungsi untuk menunjukkan waktu pertama yang menunjukkan sebuah halaman melakukan interaksi secara penuh
  • First Meaningful Paint: tools ini dapat mengukur kapan konten utama di website anda muncul.
  • First CPU Idle: tools ini dapat mengecek waktu pertama saat sebuah halaman pengunjung bisa melakukan input.
  • Estimated Input Latecy: tools ini menunjukkan waktu yang dibutuhkan sebuah website untuk melakukan respon yang dimasukkan pengguna. Respon ini bisa berupa komentar atau tanggapan lainnya.
opportunities

Opportunities

Fitur ketiga yaitu Opportunities bisa digunakan untuk mengetahui langkah optimasi apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website.

diagnostic

Diagnostic

Guna memberikan informasi mendalam mengenai kinerja website anda yang belum disebutkan di analisa-analisa sebelumnya, pengguna bisa mengeceknya di fitur Diagnostic.

origin summary

Origin Summary

Pengguna bisa mengetahui hasil analisa selama 30 bulan terakhir dengan menggunakan fitur Origin Summary. Pada analisa ini, pengguna akan disuguhkan data First Contentful Paint dan First Input Delay.

tutorial menggunakan pagespeed

Tutorial Menggunakan PageSpeed Insight

Berbagai fitur yang ada juga bisa digunakan untuk mengecek kecepatan webiste dan juga cara optimasi webiste dengan mudah. Karenanya setelah pengguna mengenal berbagai fitur yang ada kini saatnya mengecek kecepatan website yang dimiliki:

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan masuk ke browser handphone atau personal computer anda. Setelahnya cari Google Pagespeed di halaman tersebut.

Setelahnya pengguna bisa mengetikkan nama website anda di fitur pencarian, gunakan link website agar lebih mudah dianalisa oleh Google Pagespeed.

Setelahnya, hasil analisa website anda akan diperlihatkan oleh Google Pagespeed dan selanjutnya anda bisa menganalisanya dengan mudah.

Google Pagespeed menggunakan pengukuran dengan skala persen, website dengan nilai 0-49% menunjukkan website anda lambar sedangkan jika hasilnya 50-100% maka bisa dipastikan website anda menunjukkan kecepatan yang maksimal.

tips dapatkan skor tinggi di google pagespeed

Tips Dapatkan Skor Tinggi di Google PageSpeed Insight

Website yang digunakan mendapatkan nilai kecil? Tenang saja anda bisa mengubah website anda menjadi lebih cepat dengan menggunakan beberapa strategi berikut:

Optimasi Gambar

Menambahkan berbagai gambar pendukung ke dalam konten artikel di website anda bisa membuat pembaca tertarik untuk membaca unggahan anda.

Tidak hanya itu, penambahan gambar juga dapat meningkatkan poin SEO di website anda sehingga konten artikel bisa lebih mudah naik dan ditemukan oleh pembaca.

Sayangnya penambahan gambar ini juga bisa membuat halaman website anda menjadi lemot sehingga menyulitkan pembaca untuk mengakses berbagai konten yang ada.

Karenanya agar website bisa menjadi lebih cepat anda bisa melakukan optimasi gambar di konten yang akan di unggah.

Pengguna bisa mengompres ukuran gambar melalui berbagai website yang ada, salah satunya adalah website image compressor.

Dengan menggunakan website ini, pengguna bisa mengompres banyak gambar sekaligus sehingga tidak menghabiskan banyak waktu.

Ukuran gambar pun bisa disesuaikan sejalan dengan kualitas gambar. Semakin kecil ukuran gambar maka resolusinya pun akan mengecil. Karenanya pastikan juga hasil dari gambar tetap bagus meskipun sudah dikompres dalam ukuran kecil.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur dari WordPress untuk mengecilkan ukuran gambar menggunakan plugin.

Beberapa plugin yang bisa digunakan adalah Imagify Image Competizer, ShortPixel Image Optimizer, WP Smush, dan juga Optimus Image Optimizer.

Pengguna bisa memilih berbagai plugin atau website optimasi gambar yang sesuai dengan kebutuhan.

Manfaatkan Browser Caching

Berbagai konten yang dimasukkan ke dalam website seperti artikel, foto dan video produk memang membantu untuk meningkatkan traffic pembaca untuk berkunjung ke website anda.

Sayangnya banyaknya konten ini juga membuat website anda menjadi lama untuk diakses karenanya banyaknya cache yang ada.

Cache sendiri merupakan proses penyimpanan sementara data atau halaman HTML sebuah website yang berguna untuk mengurangi penggunaan badwitch dan juga loading server. Definisi singkatnya, cache merupakan fitur yang membuat halaman webiste lebih cepat diaskes.

Bagi pengunjung sendiri, penggunaan cache sangat berguna saat berkunjung ke website yang sering diakses sehingga tidak prlu untuk selalu masuk ke halaman awal webpage.

Hal ini karena cache menyimpan berbagai data tersebut di gadget pembaca guna menampilkan halaman website yang lebih cepat.

Cara penggunaan cache sendiri pun sangat mudah, pengguna bisa melakukannya dengan bantuan plugin di WordPress yang bisa diakses sesuai kebutuhan.

Minimize HTML, CSS, dan Java Script

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Website adalah penggunaan bahasa komputer yang berguna untuk memudahkan kinerjanya menjadi lebih baik.

Tidak hanya itu, disaat mencari sebuah halaman di website, pengguna juga biasana menemukan link website di fitur kolom pencarian.

Adanya bahasa pemrograman dan juga link website, selain memudahkan pengguna juga bisa berbalik menjadi menyusahkan apabila membuat halaman webste lebih lambat dari sebelumnya.

Karenanya agar halaman website menjadi normal kembali, pengguna bisa menggunakan beberapa cara berikut untuk optimasi bahasa pemrograman dan juga link website.

Pertama adalah melakukan minify atau proses pengurangan data yang berulang dan tidak penting di HTML dan Javascript. Meskipun beberapa data dikurangi namun tidak akan mengurangi kualitas konten yang ditampilkan.

Dengan cara ini akan membuat browser lebih cepat dalam membaca berbagai data yang ada di website anda.

Optimasi Website Mobile Version

Sebagian besar pengguna internet saat ini lebih banyak menggunakan handphone mereka untuk mengakses berbagai website atau social media yang dimiliki.

Tak hanya itu, sebanyak 94% orang Indonesia sendiri mengaku sering menggunakan handphone mereka untuk mengakses berbagai konten di internet.

Hal ini tentu saja sebaiknya diperhatikan oleh pengguna untuk membuat tampilan website for mobile menjadi lebih enak dipandang sehingga meningkatkan konsumen yang datang mengunjungi halaman anda.

Tidak hanya itu, pengguna juga sebaiknya mengoptimasi kecepatan website for mobile agar lebih responsif saat dibuka oleh konsumen.

kesimpulan

Kesimpulan

Promosi melalui social media saat ini tidak hanya bisa melalui social media namun juga dengan webite yang menarik.

Kelebihan dari menggunakan website untuk memaksimalkan bisnis anda adalah pengguna bisa memasukkan berbagai foto produk dan juga deskripsinya sehingga pembeli bisa meyakinkan diri sebelum membeli.

Selain itu, website sendiri juga menyediakan fasilitas untuk konten video dan juga artikel yang bisa digunakan sebagai konten hiburan atau edukasi, seperti review produk dan juga talkshow dengan influencer terkenal.

Keuntungan terbesar dari menggunakan website adalah pengguna bisa memanfaatkan landing page untuk menarik leads sehingga lebih banyak konsumen mengetahui produk anda.

Memiliki website juga bisa digunakan untuk menjual berbagai barang yang ada tanpa perlu terhubung langsung ke berbagai market place.

Promosi website sendiri bisa terbilang mudah karena pengguna cukup memasukkan link website ke bio social media yang dimiliki dan juga membuat berbagai konten yang bisa dijadikan call to action ke website yang dimiliki.

Sayangnya, salah satu kelemahan memiliki website adalah akses yang lama sehingga membuat pengguna malas untuk berkunjung ke halaman anda.

Karenanya agar akses website lebih mudah, pengguna bisa melakukan pengecekan pagespeed melalui berbagai platform pengecekan pagespeed.

Apabila website memiliki nilai yang kecil, pengguna bisa melakukan optimasi berupa gambar dan pengecilan HTML.

Jadi sudahkah anda periksa website anda hari ini?

Related Articles