pexels pixabay 355948

Ide Konten Edukasi Untuk Tiktok dan Instagram Viral

Jadikan konten edukasi di akun media sosial anda menjadi lebih menarik dengan ide konten pembelajaran yang keren namun tidak membosankan bagi pengikut anda.

Saat mengembangkan akun tiktok dan instagram, tentunya anda tidak hanya menyebarkan konten promosi ke pengikut anda namun juga konten edukasi yang menarik perhatian.

Pemberian konten edukasi ini akan membantu penonton memahami kelebihan produk yang anda miliki sehingga tertarik untuk membeli produk yang anda jual.

Selain itu, adanya konten edukasi juga memberikan variasi postingan yang lebih beragam, sehingga akun instagram dan tiktok anda tidak hanya berisi konten promosi yang akan terlihat membosankan di mata pengikut anda.

Di sisi lain, keberadaan konten edukasi juga semakin disukai oleh pengguna media sosial untuk mendapatkan pengetahuan baru mengenai suatu hal yang belum pernah anda ketahui sebelumnya.

Salah satu platform media sosial yang memiliki minat pada konten edukasi adalah aplikasi tiktok, dimana pengguna tiktok dapat melihat video tiktok yang berisi penjelasan mengenai suatu fenomena yang sedang naik daun atau fakta tersembunyi yang tidak diketahui oleh orang lain.

Salah satu kreator konten edukasi yang disukai oleh pengguna tiktok adalah konten wawancara kerja yang dilakukan oleh Vina Maulina, dimana anda bisa mempelajari berbagai strategi wawancara agar bisa lolos dalam tes pekerjaan yang anda inginkan.

Konten tutorial juga menjadi salah satu konten edukasi yang disukai oleh pengguna tiktok, dimana anda bisa melihat tips membuat suatu barang atau kreasi yang bisa ditiru oleh penonton anda.

Antusiasme yang tinggi pada konten edukasi membuat tiktok merilis campaign #serunyabelajar, dimana kreator yang membuat konten pembelajaran menggunakan tagline tersebut akan dinaikkan oleh tiktok sehingga lebih mudah masuk fyp di tiktok.

Tidak hanya tiktok namun anda juga bisa melihat konten edukasi dalam bentuk video di instagram reels atau youtube dengan variasi durasi yang beragam dan topik yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Berminat membuat konten edukasi yang menarik perhatian konsumen? ketahui dulu beberapa strategi membuat postingan pembelajaran.

konten edukasi

Keuntungan Menggunakan Konten Edukasi

Saat membuka akun social media, biasanya pengguna akan menemukan berbagai jenis konten yang variatif, seperti konten promosi, konten edukasi, atau konten hiburan yang diunggah oleh akun social media business atau kreator social media.

Meskipun konten hiburan mampu untuk meningkatkan jumlah interaksi namun konten edukasi dapat menaikkan awareness pada produk dan brand yang anda miliki.

Penggunaan konten edukasi juga memudahkan bagi penonton untuk memahami suatu fenomena baru atau membuka mata mengenai wawasan yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Sehingga tidak mengherankan apabila konten edukasi ini sudah digunakan oleh kreator media sosial untuk menjelaskan suatu pengetahuan baru kepada target penonton yang diinginkan.

Tidak hanya itu, bagi kreator akun social media brand, penggunaan konten edukasi dapat membantu mengenalkan produk anda dengan lebih mudah serta menonjolkan kelebihan yang dimiliki dibandingkan dengan kompetitor lain.

photo1658830909

Salah satunya yang dilakukan akun instagram @cosrx yang memberikan konten edukasi mengenai kandungan niacinamide di produk yang mereka miliki sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang mereka tawarkan.

Meskipun konten edukasi terkesan serius namun anda juga bisa menambahkan sisi hiburan pada konten pembelajaran yang anda ungguh sehingga konten anda bisa lebih dilirik oleh target penonton sehingga dapat meningkatkan jumlah engagement.

Tertarik membuat konten edukasi yang bermanfaat namun tidak membosankan? Berikut beberapa strategi membuat postingan pembelajaran yang menarik dan memikat konsumen.

pexels pixabay 289737

Cara Membuat Konten Edukasi di Social Media

Konten edukasi menjadi salah satu tipe konten yang banyak ditemui di social media selain konten hiburan atau promosi.

Melalui konten edukasi inilah pengguna social media akan menemukan berbagai konten menarik yang dapat menambah pengetahuan serta meningkatkan awareness terhadap suatu brand, sehingga bisa digunakan sebagai promosi produk secara soft selling.

Namun, untuk membuat konten edukasi yang menarik maka berikut strategi pembuatan postingan edukasi yang tepat ke target konsumen yang diinginkan.

Tentukan Platform Social Media yang Diinginkan

Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan sebelum membuat konten edukasi adalah memilih platform social media yang sesuai.

Hal ini dilakukan karena setiap platform social media memiliki cara penyampaian yang berbeda-beda serta kebiasaan pengguna yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Salah satunya adalah kreator tiktok yang menggunakan video pendek untuk menyampaikan konten edukasi atau influencer instagram yang bisa memakai konten foto atau video di postingan pembelajaran yang akan anda unggah.

Pastikan juga anda memilih platform yang membuat anda nyaman untuk menyampaikan konten edukasi, sehingga anda bisa lebih bersemangat dalam membuat konten edukasi yang sesuai keinginan.

Contohnya adalah jika anda lebih menyukai konten tanpa wajah dan hanya menampilkan tulisan atau grafik maka anda bisa menggunakan platform instagram untuk menyampaikan konten edukasi.

Namun, jika anda menyukai berbicara di depan umum maka anda bisa menggunakan platform tiktok atau youtube sebagai media penyampaikan konten edukasi.

Salah satu konten edukasi tanpa wajah adalah konten dari akun @biropsikologidinamin yang membuat konten edukasi mengenai depresi dengan menggunakan tulisan dan gambar yang menarik perhatian serta mudah dipahami oleh pengguna instagram

Pilih Topik Sesuai Target Konsumen

Langkah selanjutnya yang dilakukan setelah menentukan platform social media yang sesuai adalah menentukan topik yang akan disampaikan ke target konsumen.

Hal ini dilakukan untuk membantu membuat ide konten serta isi topik yang ingin anda sampaikan ke konsumen yang anda inginkan.

Selain itu, dengan memilih topik tertentu maka akan lebih mudah bagi kreator untuk menentukan target konsumen yang sesuai untuk memaksimalkan promosi konten edukasi.

Dalam pemilihan topik maka pastikan juga anda menguasai ilmu tersebut sehingga anda tidak menyampaikan informasi yang salah kepada penonton yang tentunya memberikan dampak yang buruk bagi akun social media anda ke depannya.

Topik konten edukasi terbaik yang bisa anda pilih adalag memilih pembahasan yang mengandung tutorial tertentu, seperti cara membuat konten blog yang menarik, atau 7 langkah tepat mencari ide konten social media.

Tidak hanya itu, agar konten edukasi anda lebih mudah viral di social media serta mendapatkan perhatian dari target konsumen anda, maka kreator bisa memilih topik konten edukasi yang sedang naik daun atau di bahas oleh orang lain.

Hal ini dilakukan karena pengguna social media biasanya mencari jawaban dari topik yang sedang naik daun, sehingga anda bisa mengambil bagian dari fenomena tersebut untuk mendapatkan perhatian dari target penonton anda.

Pilih Metode Penyampaian yang Sesuai

Sebelum anda menulis sebuah konten edukasi, maka anda bisa memilih metode penyampaian yang sesuai dengan kepribadian serta minat anda. Instagram sendiri memiliki bebeberapa metode penyampaikan yang bisa anda pilih, diantaranya adalah :

Berikan Informasi di Instagram Caption

Salah satu cara umum untuk menyampaikan konten edukasi adalah meletakkan informasi yang detail pada kolom caption.

Instagram sendiri memiliki kolom caption dengan 2,200 karakter untuk caption instagram, sehingga anda dapat menuliskan deskripsi yang lebih panjang pada konten edukasi yang anda unggah.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @pritagozhie dimana influencer instagram ini menjelaskan isi konten edukasi melalui caption instagram yang panjang sehingga mudah dipahami oleh pengikut yang dimiliki.

Postingan Carousel

Di tahun 2017, instagram mengeluarkan fitur instagram carousel dimana anda bisa mengunggah beberapa konten foto dan video dalam satu postingan.

Fitur ini tentunya menguntungkan kreator untuk mengunggah beberapa konten sekaligus sehingga tidak menghabiskan instagram feed serta memudahkan konsumen untuk melihat postingan yang anda unggah.

Penggunaan instagram carousel juga bisa digunakan sebagai media penyampaian konten edukasi ke audiens yang anda miliki,

Sayangnya menggunakan konten instagram carousel ini menyulitkan bagi beberapa pengguna instagram sehingga anda bisa memakai fitur alt description yang dapat menjelaskan isi konten anda melalui suara.

Instagram carousel sebagai media penyampaikan konten edukasi ini juga digunakan oleh beberapa kreator, salah satunya adalah akun instagram @socialmediamarketer yang menyampaikan postingan edukasi mengenai tips jualan di social media menggunakan konten carousel yang mudah dipahami oleh pengikut yang dimiliki.

Jangan Lupa Gunakan Konten Video

Penggunaan konten video pendek sedang menjadi primadona di kalangan pengguna social media, hal ini dikarenakan kepopuleran platform tiktok di kalangan pengguna internet yang menyajikan konten video dengan iringan lagu sehingga menjadikan konten edukasi menjadi lebih menarik.

Pemakaian video pendek sebagai konten edukasi ini juga bisa digunakan di platform instagram mengguankan fitur reels, dimana anda bisa memasukkan iringan lagu yang menarik perhatian.

Keuntungan lain menggunakan tampilan video untuk konten edukasi adalah konten anda akan ditampilkan di dua tempat sekaligus, yakni instagram feed serta instagram reels, sehingga anda dapat mengedukasi pengikut yang anda miliki serta memperluas jangkauan konsumen yang sesuai.

Cara ini dilakukan oleh akun instagram @connectedatid yang memberikan konten edukasi mengenai skil bekerja menggunakan konten reels yang mudah dipahami dan diakses oleh pengguna instagram.

Instagram Story

Meskipun fitur instagram story menampilkan konten dengan durasi 24 jam, namun layanan ini cocok digunakan untuk menyampaikan konten edukasi.

Hal ini dilakukan karena instagram story memiliki berbagai fitur yang dapat membuat tampilan konten edukasi lebih menarik dan mudah dipahami oleh penonton.

Tidak hanya itu, konten story bisa disimpan secara permanen menggunakan highlight instagram story sehingga bisa dilihat kembali oleh pengikut anda.

Keuntungan lain dari menggunakan fitur instagram story adalah anda bisa melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki melalui fitur QnA dimana anda bisa membalas berbagai pertanyaan yang masuk melalui konten story.

Di sisi lain, meskipun anda dapat merekam video pendek di konten instagram story namun ada baiknya juga untuk mencantumkan caption di konten story yang anda buat.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengikut anda untuk melihat konten story tanpa perlu menyalakan audio yang mungkin akan mengganggu orang lain.

Nah, apabila anda mencari kreator instagram yang menggunakan konten edukasi maka akun instagram @annisast, bisa anda tengok untuk mendapatkan inspirasi konten edukasi melalui instagram story.

Hal ini dikarenakan kreator satu ini kerap memberikan edukasi mengenai finansial di konten story sambil melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki dengan membalas pesan melalui postingan instagram story.

Instagram Live

Salah satu metode lain untuk menyampaikan konten edukasi adalah melalui layanan siaran langsung yang terlah tersedia di berbagai social media.

Penggunaan fitur siaran langsung ini dinilai lebih efektif karena interaksi dua arah secara langsung antara kreator dan penonton melalui kolom komentar yang disajikan selama siaran langsung.

Tidak hanya itu, saat anda melakukan siaran langsung di Youtube, maka acara siaran langsung yang anda lakukan juga bisa disimpan sehingga bisa ditonton ulang oleh pengikut anda yang ketinggalan siaran langsung.

Instagram sendiri memiliki fitur instagram live dimana anda bisa melakukan siaran langsung di depan layar pengikut anda sambil melakukan interaksi dengan menjawab berbagai pertanyaan yang masuk.

Keuntungan lain dari menggunakan instagram live sebagai media penyampaikan konten edukasi adalah pemberian notifikasi yang dikirimkan ke pengikut anda saat siaran langsung dimulai sehingga dapat mengundang lebih banyak penonton.

Tidak hanya itu, siaran langsung melalui instagram live ini bisa dilakukan dalam jangka waktu lama sehingga anda memiliki kebebasan untuk menyampaikan konten edukasi tanpa keterbatasan waktu.

Buat Konten Edukasi Sesuai Keinginan

Setelah menentukan metode penyampaian yang sesuai maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menulis konten edukasi yang akan anda sampaikan pada audiens yang anda miliki.

Namun, apabila anda masih bingung dalam membuat konten edukasi maka beberapa tipe konten edukasi berikut bisa anda gunakan bisa anda bagikan di instagram :

Konten Quote

Saat anda membagikan konten edukasi di instagram, maka anda bisa menambahkan quotes dari orang terkenal atau berpengaruh atau membuat sendiri quotes yang ingin anda sampaikan ke konsumen anda.

Anda bisa membagikan konten quotes dalam bentuk gambar atau menaruh quotes di caption yang bisa dibaca oleh konsumen anda.

Pemberian quotes yang sesuai dengan konten anda akan memberikan daya tarik di mata pengguna instagram agar tertarik melihat konten yang anda sajikan.

Konten Perbandingan

Dalam kehidupan sehari, pastinya anda pernah melakukan perbandingan mengenai dua barang yang sama.

Meskipun begitu, membandingkan dua hal dalam waktu bersamaan juga bisa digunakan sebagai materi konten edukasi untuk membantu audiens anda menentukan pilihan yang terbaik.

photo1658826512

Salah satunya adalah konten edukasi dari akun instagram @elsbeauty7 yang membagikan perbedaan produk sunscreen berdasarkan produk yang dimiliki untuk membantu konsumen memilih produk yang sesuai dengan keinginan.

Konten Before After

Bagi pengguna instagram atau tiktok yang menyukai topik kecantikan, pastinya anda pernah menemukan konten before after setelah menggunakan produk tertentu.

Pemberian konten before after ini biasanya dilakukan sebagai media promosi agar lebih banyak orang yang tertarik pada produk yang anda jual.

Namun, jenis konten satu ini juga bisa disajikan untuk mengedukasi konsumen mengenai komposisi produk skincare yang disajikan sehingga dapat menjadi pertimbangan untuk memilih produk yang dipromosikan di social media.

Konten edukasi dengan pembahasan before and after ini dilakukan oleh akun tiktok @niakajumulo yang memberikan perubahan kondisi kulit menggunakan skincare tertentu.

Cara ini juga bisa dilakukan oleh akun social media brand yang ingin melakukan promosi produk dengan menggunakan ulasan konsumen yang telah merasakan manfaat dari produk yang anda miliki.

Konten Ulasan Produk

Salah satu kebiasaan pengguna internet sebelum membeli sebuah produk adalah mencari nama brand dan produk di social media guna menemukan ulasan produk untuk memperkuat alasan untuk membeli produk tersebut di website social commerce.

Hal ini dilakukan karena sebagai seorang konsumen tentunya anda sering merasa penasaran dengan pandangan orang lain mengenai produk tertentu yang sedang naik daun di kalangan pengguna social media dan menjadi sensasi di internet.

Konten ulasan produk juga bisa menjadi edukasi bagi pengguna social media untuk mengetahui kelebihan produk dibandingkan kompetitor lain.

Tidak hanya itu, konten ulasan produk juga kerap kali digunakan oleh kreator social media untuk mengulas produk tertentu, seperti review brand skincare terbaru.

@skincarebyjessi Review skinker murmer tp bagus ✨ @kindyglow #skincarebyjessi #kindyglow #skincareremaja ♬ BREATHE – Jérôme Cosniam

Salah satunya adalah akun tiktok @skincarebyjessica yang mengulas produk skincare untuk remaja dengan harga murah meriah yang juga bisa digunakan sebagai konten edukasi mengenai berbagai penggunaan skincare di usia remaja.

Beberapa akun social media brand di instagram juga melakukan konten ulasan produk untuk mengulas produk yang baru saja dirilis.

Cara ini dilakukan oleh akun instagram brand @azarinecosmetic yang mengulas produk eksfoliasi yang dimiliki untuk menarik minat konsumen mencoba produk yang ditawarkan.

Dalam membuat konten ulasan produk, maka sebaiknya anda memberikan review produk yang jujur dan menunjukkan keuntungan yang anda dapatkan setelah menggunakan produk tersebut, sehingga konten anda lebih disukai oleh pengikut anda.

Konten Grafik

Salah satu kelebihan dari konten edukasi dibandingkan konten hiburan atau promosi adalah keberadaan grafik atau informasi tambahan mengenai topik yang anda sampaikan.

Pemberian grafik ini akan membantu konten pembelajaran anda lebih dipercaya oleh pengikut anda dibandingkan konten yang hanya berisi opini.

Di sisi lain, pemberian data juga memiliki kekuatan sendiri apabila anda mengumpulkan informasi dari sumber terpercaya.

Penggunaan konten grafik sendiri biasanya ditemukan di instagram yang menonjolkan konten gambar yang estetik.

Dengan menambahkan grafik di konten pembelajaran yang dijelaskan di kolom caption akan membantu menaikkan engagement di konten instagram anda sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Salah satu contoh konten grafik yang bisa anda gunakan adalah edukasi mengenai tumbuh kembang anak yang di dukung dengan data dari berbagai sumber infromasi terkenal melalui berita atau penelitian dari ahli.

Pemberian informasi yang dirangkum melalui konten grafik akan menimbulkan percakapan dua arah di konten instagram anda.

Selain itu, dengan pemberian data dari sumber terpercaya akan menimbulkan rasa percaya diri pengikut anda karena ada banyak orang yang merasakan perasaan yang sama dengan konsumen anda.

Konten Kuis

Pemberian konten kuis biasanya dilakukan untuk menaikkan interaksi dengan pengikut yang dimiliki atau membuat sesi giveaway dimana konsumen diminta untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan produk dan brand yang anda kembangkan.

Meskipun begitu, konten kuis ini juga bisa digunakan sebagai konten pembelajaran ke konsumen yang dimiliki, sehingga tidak hanya menaikkan interaksi dengan pengikut anda namun juga memberikan pengetahuan baru seputar produk dan brand yang anda miliki.

Beberapa konten kuis yang bisa anda lakukan sebagai media edukasi adalah pertanyaan True or False yang bisa dilakukan di fitur instagram story, dimana konsumen bisa memilih jawaban yang tepat diantara berbagai pilihan yang diajukan dan anda bisa memberikan penjelasannya di story berikutnya.

Namun, anda juga bisa menaikkan rasa penasaran konsumen dengan memberikan pertanyaan yang bisa konsumen jawab di kolom jawaban, yang kemudian anda jawab beberapa saat kemudian.

Sumber:

12 Ways to Use Social Media for Education | Sprout Social

How To Create Educational Instagram Content For Your Audience (thehappyarkansan.com)

How to Create Great Educational Content on TikTok (techsoup.org)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.