ide konten tiktok untuk umkm

11 Ide Konten Tiktok Viral untuk Promosi Bisnis UMKM

Promosi bisnis di tiktok akan menjadi lebih efektif dengan ide konten tiktok yang menarik dan unik.

Kepopuleran Tiktok yang terus menanjak beberapa tahun ini menjadikan banyak usaha yang akhirnya mulai merambah social media ini untuk promosi bisnis yang dimiliki.

Di tambah lagi Tiktok sudah memiliki layanan Tiktok shop yang akan memudahkan pengguna untuk melakukan jual beli secara langsung melalui aplikasi tersebut.

Namun, banyaknya kompetitor yang melakukan promosi di tiktok menjadikan anda harus lebih kreatif agar akun tiktok anda semakin dilirik oleh target konsumen.

Karenanya agar promosi produk semakin lancar maka berikut beberapa ide konten tiktok yang cocok untuk promosi usaha kecil.

konten tiktok a day in my life

Konten Tiktok A Day in My Life

Salah satu ide konten tiktok yang populer di kalangan kreator adalah konten a day in my life, dimana anda akan menunjukkan kegiatan selama sehari penuh.

Pembawaan yang menarik diiringi dengan story telling yang mudah dipahami menjadikan konten tiktok a day in my life menjadi trend yang tahan lama.

Meskipun konten ini biasanya digunakan oleh kreator untuk menceritakan kesehariannya, namun anda juga bisa mengembangkannya untuk promosi bisnis yang dimiliki

Caranya adalah dengan membuat konten yang menunjukkan keseharian karyawan selama bekerja, sehinggga penonton dapat mengetahui kegiatan yang anda lakukan selama seharian penuh.

Tidak hanya itu, anda juga bisa merekam aktivitas seperti biasa sembari menggunaka produk yang anda miliki sehingga menjadi promosi terselubung yang membuat penonton tertarik untuk menontonnya.

Agar konten a day in my life anda menjadi lebih menarik, maka anda bisa menambahkan pilihan lagu yang rancak namun tidak melebihi suara narator.

Penggunaan auto caption juga bisa diaktifkan agar penonton bisa lebih mudah melihat video anda.

tampilkan brand value produk

Tampilkan Brand Value

Bagi akun tiktok brand baru tentunya anda perlu membangun beberapa konten awareness yang dapat membuat penonton memahami produk dan brand yang anda miliki.

Di sisi lain, konten yang menunjukkkan brand value miliki performa terbaik di social media serta mampu menaikkan keuntungan dibandingkan jenis konten lainnya.

Konten ini juga mampu menunjukkan alasan mengapa konsumen harus membeli produk dari brand tersebut, mungkin saja karena ramah lingkungan atau memiliki kandungan yang cocok untuk masalah tertentu.

Sebelum membuat konten tiktok yang menampilkan brand value, maka anda perlu mengetahui kelebihan produk anda dibandingkan kompetitor lainnya.

Pastikan juga kelebihan tersebut tidak dapat ditemukan di brand lain, sehingga penonton tertarik untuk mengenal produk yang anda tawarkan.

Kemudian anda bisa membuat konten tiktok dengan membuat narasi keunggulan produk menggunakan voice over sehingga lebih mudah dipahami oleh penonton.

Anda juga bisa menambahkan caption di video tersebut dengan font dan warna yang menarik, sehingga membuat penonton tertarik untuk melihatnya.

Penggunaan backsound yang viral juga akan membantu menaikkan konten anda ke target konsumen yang diinginkan.

@azarinecosmetic

Jadi kalau kamu pilih serum yang mana?? Cocok untuk semua jenis kulit ya!! πŸ˜πŸ˜† #azarinecosmetic #azarineserum #feelthepower #marvelxazarine #serum #localbrand #skincarelokal #fyp

♬ Aesthetic – Tollan Kim

Salah satu contohnya adalah akun tiktok brand @azarinecosmetics yang membagikan konten untuk mengenalkan kelebihan produk yang dimiliki berupa serum yang murah namun memiliki hasil yang luar biasa.

Meskipun konten tiktok brand value dapat memikat penonton dengan kelebihan yang dimiliki, namun anda perlu memastikan bahwa produk yang dipamerkan memberikan hasil sesuai dnegan klaim yang diberikan.

perkenalkan karyawan lainnya

Perkenalkan Karyawan Lainnya

Salah satu cara lainnya untuk memperkenalkan brand value dari brand yang dimiliki adalah memperkenalkan karyawan yang dimiliki.

Cara ini dapat menjadi strategi yang bagus bagi konsumen untuk mengenal lebih dalam mengenai produk anda dengan mengetahui karyawan di baliknya.

Hal ini juga memikat bagi penonton yang tertarik untuk bekerja di brand yang anda miliki, sehingga menjadi proyeksi cara menjadi salah satu bagian dari brand anda.

Beberapa cara untuk memperkenalkan karyawan yang dimiliki adalah dengan bertanya kepada masing-masing karyawan mengenai latar belakang pendidikan yang dimiliki serta pekerjaan yang dilakukan saat ini.

Konten tiktok ini menjadi trend di kalangan akun tiktok brand, dimana banyak konten yag membuat jenis video yang serupa.

@hypernettechnologies

Walaupun jurusan dan kerjaan beda, yang penting hasil kerja tetep yang terbaik dong pastinya! πŸ₯³ #ManagedServiceProvider #MSP #Hypernet

♬ Monkeys Spinning Monkeys – Kevin MacLeod & Kevin The Monkey

Trend tiktok ini juga dibuat oleh akun tiktok brand @Hypernettechnologies yang bertanya kepada masing-masing karyawan mengenai bidang pendidikan yang diambil sebelumnya serta pekerjaan yang dijalani saat ini.

Tidak hanya itu, apabila perusahaan dihuni oleh banyak orang dari latar belakang yang berbeda, maka anda bisa membuat konten mengenai asal dari karyawan anda yang tentunya menarik untuk diketahui oleh konsumen anda.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun tiktok brand @aueae yang memperkenalkan tenaga pengajar yang menjadi bagian dari universitas tersebut.

Video ini tentunya akan menjadi edukasi bagi penonton yang mengenal universitas tersebut.

Salah satu keunikan dari memiliki karyawan dengan latar belakang yang berbeda adalah menemukan berbagai usia serta kebiasaan yang berbeda dari satu generasi ke generasi lainnya.

Perbedaan inilah yang diangkat oleh akun tiktok brand @goodcamp_be yang membuat konten tiktok yang memperkenalkan masalah yang dialami oleh masing-masing karyawan dari generasi yang berbeda.

Hal ini akan membuat penonton tanpa sadar membandingkan dirinya dengan kebiasaan generasi yang dicantumkan, sehingga membangun interaksi yang menarik antar satu sama lain.

Selain itu, apabila perusahaan anda sudah bergerak cukup lama, maka anda akan menemukan berbagai karyawan yang telah bekerja puluhan tahun, dimana anda bisa membuat konten tiktok mengenai durasi kerja yang dilakukan serta alasannya.

konten tiktok edukasi

Konten Tiktok Edukasi

Tiktok tidak hanya dijadika sarana hiburan dengan berbagai konten challenge dan komedi yang mampu mengundang tawa.

Anda juga dapat melihat berbagai konten yang berisi edukasi masalah atau topik tertentu yang banyak diperbincangkan oleh banyak orang.

Di sisi lain, banyak juga influencer tiktok yang memberikan edukasi bagi penontonnya menegnai topik tertentu dengan pandangan yang dimiliki.

Sehingga anda juga bisa membuat konten tiktok yang berisi edukasi ke konsumen mengenai masalah tertentu yang sesuai dengan industri yang anda geluti.

@avoskinbeauty

SAVE VIDEO INI BIAR NGGAK BINGUNG LAGI!🀩 Oh ternyata Avoskin punya 3 jenis produk eksfoliasi? Kamu pakai yang mana nih?πŸ™Œ #Avoskin #yourskinbae #miraculous #lacticacid #salicylicacid #refining #fyp #foryoupage

♬ Hanya Aku Yang Mencintaimu Guitar – Muaji N.A

Hal ini dilakukan oleh akun tiktok brand @avoskinbeauty yang memberikan edukasi mengenai cara eksfoliasi kulit menggunakan produk yang dimiliki.

Sehingga penonton mendapatkan wawasan baru mengenai cara ekfoliasi kulit yang tepat serta produk yang bisa dipakai dari brand tersebut.

Keuntungan lainnya dari menggunakan topik edukasi sebagai konten tiktok adalah anda akan membuat penonton selalu kembali ke akun anda untuk mendapatkan informasi dan wawasan terbaru.

Banyaknya penonton yang kembali mengunjungi akun tiktok anda berulang kali tentunya akan menguntungkan untuk menambah jumlah interkasi di akun tiktok yang dimiliki.

Sehingga anda juga perlu melayani penonton dengan lebih baik melalui konten edukasi mengenai topik dan masalah yang sedang diperbincangkan oleh banyak orang.

rilis campaign produk

Rilis Campaign Produk

Jumlah pengikut yang banyak serta konten viral dengan jangkauan yang luas akan sia-sia apabila anda tidak menggunakannya sebagai media promosi produk.

Anda bisa memanfaatkan interaksi dan pengikut yang banyak sebagai tempat perilisan produk baru yang anda miliki.

Sehingga akan semakin banyak orang yang mengenal brand anda dan tertarik untuk mencoba produk yang anda miliki.

Dalam proses pembuatan konten tiktok untuk perilisan produk anda bisa mengunggah teaser produk yang menark untuk dilihat oleh penonton.

Anda juga bisa memperluas jangkauan konten dengan menambahkan caption menggunakan kata kunci yang tepat serta branded hashtag tiktok yang bisa digunakan untuk promosi produk serta memudahkan bagi konsumen untuk mengulas produk anda.

Keuntungan lainnya dari mengunggah teaser produk adalah anda bisa memanfaatkannya untuk promosi melalui ikan tiktok dengan jangkauan yang lebih luas dan sesuai dengan target konsumen yang anda inginkan.

Di sisi lain, dengan menjalankan campaign produk atau merilis teaser produk baru akan membantu meningkatkan rasa tertarik dan penasaran, sehingga konsumen akan memberikan ekspektasi lebih mengenai produk yang akan anda berikan.

Sehingga mereka akan lebih sering berkunjung ke akun tiktok brand anda untuk menjadi yang paling awal untuk mengetahui produk terbaru yang akan anda luncurkan.

@trueve.id

OMG hari ini udah launching di toko hijau ya mates! 🫢πŸ₯° #trueve #yourtruebarrier #gelmask #bluetansy #maskergel #maskertrueve

♬ miss k na sha – sof

Salah satu akun brand yang menggunakan tiktok sebagai media perilisan produk adalah Trueve yang merilis produk terbaru melalui teaser produk yang menarik.

bagikan sisi unik bisnis anda

Bagikan Sisi Unik Bisnis Anda

Banyaknya akun tiktok brand yang mengunggah konten secara rutin menjadikan anda bersaing untuk mendapatkan perhatian dari target konsumen di tiktok.

Salah satu cara untuk mendapatkan perhatian tersebut adalah dengan membagikan sisi unik dari bisnis anda, berupa keunggulan produk dibandingkan kompetitor lainnya dan aalsan untuk membeli produk yang anda miliki.

Hal ini juga dilakukan oleh akun tiktok brand @Rakkan.Kitchenset.Bandung yang membagikan sisi unik dari produk mereka berupa rak yang bisa dipindah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Dengan menghadirkan kelebihan tersebut maka akan membantu konsumen untuk mengenali produk yang diberikan sehingga lebih tertarik untuk membeli barang yang anda jual.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membagikan konten storytelling yang berisi pengalaman anda saat membangun brand anda dari titik terendah hingga akhirnya sampai di titik kesuksesan saat ini.

@glatuk

Always trust the process! β˜ΊοΈπŸ™πŸΌ #lowcalorie #icecream #fyp

♬ My Universe – Coldplay x BTS

Konten satu ini juga dibuat oleh akun tiktok brand @glatuk yang membagikan perjalanan membangun bisnis secara bertahap hingga akhirnya dikenal oleh banyak orang.

Selain itu anda juga bisa bisa membagikan proses pembuatan produk dari pemilihan bahan baku hingga sampai ke tangan konsumen.

Sehingga penonton dapat melihat kehigienisan produk dan menjadi tertarik untuk mencoba membelinya.

Keuntungan lainnya dari membagikan sisi unik bisnis anda adalah audience lebih menyukai konten ringan yang mudah dicerna, sehingga anda hanya perlu menceritakan keunikan tersebut secara sekilas sembari mengiringi dengan lagu yang sesuai.

jawab pertanyaan konsumen

Jawab Pertanyaan Konsumen

Tiktok memberikan fitur reply comment dimana kreator bisa membalas berbagai tanggapan dari penonton yang masuk melalui video baru.

Fitur ini juga sering digunakan oleh berbagai influencer sebagai ide konten tiktok yang mampu membangun interaksi yang lebih dekat.

Sehingga anda juga bisa menggunakan fitur yang serupa untuk membangun hubungan dengan konsumen yang dimiliki.

https://www.tiktok.com/@duolingo/video/7146658617729568043

Contohnya seperti yang dilakukan oleh akun tiktok brand @duolingo yang membalas tanggapan penonton video dengan konten baru yang menarik.

Pada proses pembuatan konten tiktok satu ini, anda bisa memilih pertanyaan atau tanggapan yang diajukan oleh penonton anda di video sebelumnya.

Anda juga bisa memilih komentar yang sekiranya mendapatkan jumlah interaksi yang paling banyak, sehingga dapat membantu menaikkan engagement konten selanjutnya.

Apabila anda sering menjawab berbagai pertanyaan konsumen menggunakan video baru, maka anda biasanya akan mendapatkan tag akun dari penonton lainnya, sehingga bisa anda manfaatkan sebagai ide konten tiktok yang menarik.

Pemberian tanggapan mengguankan reaksi yang ekspresif juga akan membuat penonton senang sehingga kembali untuk melihat video anda berulang kali.

Selain itu, anda juga bisa menjawab pertanyaan konsumen yang memiliki kesulitan dalam penggunaan produk anda, sehingga bisa lebih mudah menggunaan produk yang anda miliki.

Contohnya saja apabila ada konsumen yang mengalami kesulitan dalam mengenali lokasi toko yang anda miliki, maka anda bisa membuat konten baru yang berisi tata letak toko anda dengan mudah.

kolaborasi dnegan influencer tiktok

Kolaborasi dengan Influencer Tiktok

Pengguna tiktok aktif tentunya menyadari banyaknya influencer tiktok yang aktif mengunggah konten tiktok yang kreatif dan menjadikan mereka memiliki banyak penggemar.

Terkadang mereka memiliki pengaruh besar bagi penontonnya yang menirukan setiap gaya busana, produk, atau trend yang diikuti oleh influencer tersebut.

Pengaruh yang besar serta jumlah pengikut yang banyak juga menjadi alasan banyaknya akun tiktok brand yang melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu.

@keju_prochiz

Jadi ini lho kata @nanakoot setelah masak pakai Keju Prochiz. Penasaran dengan kelezatannya? Yuk cobain Prochiz Quick Melt dan buktikan sendiri!

♬ original sound – Keju PROCHIZ – Prochiz

Hal ini juga dilakukan oleh akun tiktok brand @keju_prochiz yang melakukan kolaborasi bersama influencer tiktok untuk mempromosikan produk yang dimiliki.

Sehingga penonton tertarik untuk mencoba produk yang sama dengan rekomendasi produk yang diberikan.

Namun, banyaknya akun influencer tiktok yang membahas topik yang sama tentunya membuat anda selektif untuk memilih kreator yang memiliki pengaruh lebih baik.

Sehingga beberapa cara berikut bisa anda pilih untuk menemukan akun influencer tiktok yang sesuai.

Pertama, anda bisa memilih influencer tiktok yang berfokus pada wilayan tertentu saja, hal ini dikarenakan mereka memiliki pengaruh dan pengikut yang banyak di tempat tersebut, sehingga mereka tertarik untuk mengunjungi toko atau membeli produk yang anda inginkan.

Penggunaan influencer tiktok lokal ini tentunya menguntungkan bagi usaha kecil dan menengah yang fokus pada satu tempat saja.

Namun, apabila produk anda dapat dikirim ke wilayah yang lebih luas maka anda bisa memilih influencer tiktok yang memiliki jangkauan yang lebih luas.

Kedua, perhatikan juga jumlah pengikut yang dimiliki karena semakin banyak pengikut maka akan membedakan jumlah pembayaran yang diberikan.

Meskipun begitu, jumlah pengikut yang sedikit namun dengan interaksi yang cukup banyak tetap menguntungkan untuk promosi produk.

Ketiga, perhatikan setiap interaksi yang di dapatkan oleh konten tiktok influencer tersebut, apakah penonton hanya melihatnya tanpa memberikan reaksi apapun, atau sambil memberikan komentar yang mengundang interaksi?

Semakin banyak komentar yang di dapatkan tentunya akan menguntungkan bagi brand anda, karena berarti brand anda lama kelamaan akan lebih mudah dikenali oleh orang lain.

Keempat, anda juga sebaiknya memerhatikan konten dan gaya bahasa yang diberikan oleh influencer tiktok.

Hal ini dikarenakan setiap infuencer memiliki ciri khas sendiri yang membuat penonton tertarik untuk melihatnya.

Biasanya influencer tiktok akan melakukan ulasan secara langsung atau menyisipkan promosi produk anda di tengah-tengah konten utama sehingga penonton merasa tidak melihat konten promosi.

Pemilihan konten yang tepat juga akan membantu promosi yang dilakukan oleh influencer tiktok tersebut.

Kelima, anda juga bisa menggunakan website atau tools yang membantu untuk mencari influencer tiktok sesuai dengan filter yang telah anda masukkan sebelumnya.

konten tiktok behind the story

Konten Tiktok Behind the Story

Seorang konsumen yang sudah menyukai produk dan brand yang anda kembangkan maka akan selalu penasaran dengan proses pembuatan produk yang anda lakukan.

Apalagi jika anda merilis campaign produk baru yang melakukan kolaborasi dengan influencer atau artis yang sedang naik daun.

Rasa penasaran konsumen ini bisa anda manfaatkan dengan membuat konten tiktok behind the story.

Caranya adalah dengan merekam kegiatan saat proses pengambilan gambar produk bersama influencer tertentu yang hasilnya bisa anda unggah menggunakan backsound tertentu, sehingga menjadikan konten tiktok anda menjadi lebih menarik.

Anda juga bisa menyertai konten behind the scene tersebut dengan menambahkan caption dan branded hashtag tiktok yang relevan, sehingga memancing interaksi dengan konsumen serta memperluas jangkauan konten tiktok.

Tidak hanya itu, anda juga bisa merekam kegiatan saat mengikuti atau menyelenggarakan event tertentu, sehingga membuat konsumen lebih penasaran untuk mengikutinya.

Penggunaan konten behind the story ini juga dilakukan oleh akun tiktok brand @azarinecosmetics yang merekam momen saat proses pengambilan gambar iklan untuk promosi produk terbaru.

Sehingga konsumen mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh brand tersebut serta penasaran dengan konten promosi yang akan atau telah diunggah nantinya.

proses pembuatan produk

Proses Pembuatan Produk

Produk yang unik dan menarik tergantung membuat penonton penasaran mengenai cara pembuatan produk tersebut. 

Di tambah lagi, produk tersebut sedang ramai di pasaran dan menjadi perbincangan banyak orang, sehingga membuat konsumen penasaran mengenai proses pembuatan produk tersebut.

Anda bisa memanfaatkan rasa penasaran konsumen dengan mengunggah konten tiktok proses pembuatan produk tertentu.

Misalnya saja mengunggah konten proses pembuatan produk yang sedang viral akhir-akhir ini sembari menjelskan berbagai bahannya satu persatu.

Sehingga membuat rasa penasaran konsumen berkurang dan membuat mereka tertarik untuk memberikan tanggapan dengan meminta proses pembuatan produk lainnya.

Agar konten tiktok tersebut menjadi lebih menarik maka anda bisa mengiringinya dengan narasi bercerita sembari membuat produk tersebut.

Konten proses pembuatan produk ini juga dibuat oleh akun tiktok @jricampusbali yang menyajikan cara membuat minuman yang sedang disukai oleh banyak orang.

KSWOuf1PQVmNSv5MdVGP

Gunakan Trend atau Tiktok Hashtag Viral

Tiktok sendiri terkenal dengan challenge atau trend viral yang kerap dibuat kembali oleh penggunanya.

Sehingga semakin banyak orang yang menggunakan challenge atau trend tersebut maka akan memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak orang.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi akun tiktok brand yang tengah membangun jangkauan konten serta pengikut dengan membuat konten tiktok viral dengan ciri khas sendiri.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun tiktok brand @dynastycosmetic yang membuat konten tiktok dari trend yang sedang viral.

Pembawaan yang lucu dan menarik menjadikan konten tiktok ini ditonton oleh banyak orang.

Meskipun begitu, tidak semua trend atau hashtag tiktok viral bisa anda gunakan untuk promosi bisnis, karena mungkin saja challenge tersebut dikembangkan oleh kompetitor anda untuk promosi produk tertentu.

Karenanya berikut beberapa cara memilih konten tiktok viral yang digunakan oleh banyak orang :

Pertama, anda perlu memerhatikan trend yang sedang digunakan oleh banyak orang dengan melihat tampilan konten, lagu, atau challenge yang banyak berseliweran di tiktok.

Kedua, anda bisa mengakses banner viral di tiktok untuk melihat postingan yang disukai oleh banyak orang dalam jangka waktu tertentu.

Ketiga, pastikan challenge dan tagar tersebut tidak berasosiasi dengan brand tertentu.

Sumber :

https://blog.hubspot.com/marketing/tiktok-ideas

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *