cara mencari ide konten social media

Tips Mencari Ide Konten Sosial Media Menarik dengan Cepat

Konten sosial media akan menjadi lebih menarik dengan berbagai ide segar yang belum pernah anda temui sebelumnya.

Sebagai kreator social media tentunya penting bagi anda untuk mengetahui trend terkini yang menjadi bahan perbincangan orang lain.

Sehingga anda bisa mengubahnya menjadi konten sosial media yang bisa diminati oleh pengikut anda.

Bagi kreator yang telah memiliki banyak penggemar tentunya akan lebih mudah menemukan ide tersebut karena konsumen akan memberikan ide secara sukarela untuk dibuat menjadi versi yang anda sukai.

Namun, bagi kreator yang baru saja merintis karir tentunya memerlukan waktu untuk melakukan analisa topik yang disukai oleh banyak orang agar menjadi viral.

Karenanya berikut beberapa rekomendasi website, tools, dan fitur social media yang bisa digunakan sebagai ide konten sosial media.

website Buzzsumo

Buzzsumo

Website pertama yang bisa anda gunakan untuk mencari ide konten sosial media adalah Buzzsumo.

Platform yang sudah terkenal di kalangan kreator social media ini berguna untuk mencari informasi dan topik yang sedang viral untuk dibagikan ke pengguna social media lainnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mencari konten sosial media berdasarkan tanggal, kata kunci, bahkan tipe konten yang anda inginkan.

Anda juga bisa menemukan influencer social media yang relevan dengan industri anda yang tentunya mendukung untuk promosi campaign yang akan anda lakukan.

Berikut beberapa cara menggunakan website Buzzsumo dengan mudah dan cepat :

Pertama, masuk ke halaman Google kemudian ketikkan nama website di halaman pencarian.

Kedua, pilih pilihan website teratas dan anda akan masuk ke halaman pencarian Buzzsumo.

Ketiga, ketikkan kata kunci yang anda inginkan dan anda akan dibawa ke hasil konten yang membahas topik yang relevan.

Keempat, anda akan diberikan beberapa sajian filter yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan untuk mendapatkan topik terbaru saat ini.

fitur twitter explore

Fitur Twitter Explore

Pengguna internet tentunya tidak asing dengan social media Twitter dimana anda bisa mengemukakan berbagai pendapat melalui tulisan dengan tambahan video atau gambar yang mendukung.

Kemudahan dalam mengemukakan dan membagikan pendapat orang lain ini menjadikan Twitter sebagai media informasi awal untuk menyebarkan berbagai topik yang sedang naik daun.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk menemukan berbagai topik terbaru yang sedang naik.

Cara mencari konten tersebut juga cukup mudah, dimana anda bisa menggunakan berbagai fitur twitter untuk menemukan topik yang anda inginkan.

Pertama adalah melalui fitur twitter explore dimana pengguna bisa memasukkan kata kunci tertentu yang kemudian akan menghubungkan dengan berbagai tweet yang diunggah oleh pengguna twitter.

Dengan melihat berbagai topik yang disajikan maka akan memberikan anda ide konten sosial media yang menarik dan bisa menjadi pembahasan oleh konsumen anda.

Kedua adalah fitur trending topic dimana anda bisa melihat topik yang banyak dibahas oleh pengguna Twitter.

Terkadang anda akan menemukan topik yang sedang dibahas oleh komunitas tertentu dan ada juga topik yang menjadi pembahasan banyak orang, sehingga anda bisa memilih topik yang sesuai dengan target konsumen yang anda miliki.

Pilihan lokasi trending topic juga bisa anda pilih sesuai dengan keinginan sehingga anda bisa mendapatkan berbagai topik terkini yang sedang naik daun.

Sayangnya beberapa trending topic terkadang tercampur dengan pembahasan lain yang tidak relevan, sehingga anda sebaiknya mengulik lebih dalam mengenai tweet awal yang menjadi sumber trending di Twitter.

Ketiga adalah fitur topik dimana anda bisa melihat berbagai rekomendasi pembahasan yang diberikan oleh Twitter.

Rekomendasi ini biasanya diberikan apabila anda aktif menggunakan Twitter sehingga akan muncul tweet dengan topik tertentu yang sekiranya anda sukai.

Sehingga anda bisa mengikuti topik tersebut sekiranya pembahasan yang diberikan selaras dengan topik yang anda cari.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengikuti influencer twitter yang sekiranya sering membahas topik yang anda sukai dengan mencarinya melalui kolom pencarian Twitter.

kaLdSchuTRyMO86pthtL

Linkedin

Website Linkedin biasanya identik dengan media pencarian kerja bagi fresh graduate atau karyawan yang ingin mencari tantangan baru.

Namun, banyaknya akun brand dan influencer yang membagikan pemikiran mengenai topik tertentu juga bisa menjadi inspirasi sebagai konten sosial media.

Sehingga anda akan mendapatkan berbagai topik dan data dari sumber terpercaya di industrinya.

Apalagi jika topik konten sosial media anda membahas mengenai karir atau pekerjaan tertentu.

Cara menemukan ide konten sosial media di Linkedin juga cukup mudah dan relatif sama dnegan Twitter.

Anda hanya perlu menggunakan kata kunci yang relevan untuk melakukan pencarian di Linkedin, kemudian anda akan menemukan postingan yang memiliki banyak interaksi dan bisa anda baca untuk membuka wawasan dan referensi tertentu.

Apabila anda menemukan influencer yang memiliki topik dan konten yang menarik maka anda bisa mengikutinya sebagai referensi jangka panjang.

Berbagai postingan yang disukai dan dikomentari oleh influencer tersebut juga bisa anda baca  untuk menambah wawasan yang lebih luas.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengikuti berbagai akun Linkedin Brand tertentu yang aktif mengunggah berbagai konten mengenai topik tertentu yang bisa anda ikuti untuk menambah wawasan baru.

social media Pinterest

Pinterest

Bagi kreator yang bergerak di bidang seni, fotografi, atau fashion tentunya membutuhkan platform khusus dimana banyak konsumen atau orang yang membicarakan topik tersebut.

Salah satu platform yang bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut adalah Pinterest dimana anda akan disajikan berbagai topik yang menarik dalam bentuk gambar yang menarik.

Sehingga anda bisa mendapatkan referensi konten yang menarik dan bisa digunakan kembali sebagai konten sosial media yang anda miliki.

Saat anda menjelajah halaman pinterest maka anda akan menemukan berbagai konten visual dalam foto, meme, atau konten tutorial yang dapat anda kelola atau unggah kembali sebagai postingan social media.

Cara menggunakan website Pinterest juga memiliki kesamaan dengan social media lainnya, dimana pada awalnya anda akan disuguhkan berbagai foto yang bisa anda pilih sesuai keinginan.

Akan tetapi, apabila postingan tersebut tidak sesuai dengan minat maka anda bisa mencarinya melalui kolom pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

Semakin aktif anda di Pinterest maka anda bisa menemukan berbagai foto atau konten yang belum pernah anda temui sebelumnya sehingga bisa anda simpan sebagai referensi konten sosial media.

Anda juga bisa mengikuti beberapa akun influencer pinterest yang anda sukai agar tidak ketinggalan postinagn terbaru serta mendapatkan referensi yang unik setiap harinya.

youtube

Youtube

Meskipun Youtube biasanya digunakan untuk mencari hiburan dengan suguhan video yang menarik namun anda juga bisa menggunakannya sebagai sumber pencarian ide konten sosial media.

Hal ini dikarenakan Youtube memiliki jutaan influencer yang membahas topik yang beragam dan tentunya bisa anda gunakan sebagai referensi ide konten sosial media terbaru.

Anda hanya cukup mencari topik yang anda inginkan menggunakan kata kunci tertentu kemudian anda akan menemukan banyak video yang membahas topik yang serupa dan tentunya pandangan yang berbeda-beda.

Apabila anda aktif mengakses video dengan kata kunci tertentu secara rutin maka Youtube akan memberikan berbagai referensi konten yang cocok bagi anda dan bisa anda bahas kembali sebagai konten sosial media.

Sehingga penting bagi anda untuk menemukan influencer yang sering membahas topik yang anda sukai untuk menemukan referensi baru yang lebih menarik.

5iG43gCUQeakbbpZKDqn

Salah satu akun youtube yang bisa anda ikuti apabila anda tertarik dengan dunia social media dan copywriting adalah kanal Youtube Socialmediamarketer yang membahas berbagai topik terkini dan relevan dengan industri social media.

Google Alert

Google Alert

Pada proses pencarian konten sosial media, anda tidak hanya bisa mencarinya melalui platform social media lain, namun Google juga menyediakan fitur khusus yang bisa anda gunakan untuk mencari topik yang sedang naik daun di social media.

Layanan ini tentunya menguntungkan bagi kreator yang tengah mengembangkan konten artikel untuk website atau blog tertentu, sehingga anda tidak ketinggalan topik yang sedang dicari oleh banyak orang.

Dengan menggunakan topik viral di konten artikel maka akan memungkinkan bagi halaman anda untuk berada di halaman teratas pencarian Google sehingga meningkatkan jumlah kunjungan secara cepat.

Tidak hanya itu, apabila anda sibuk untuk membuat konten sosial media sehingga tidak memiliki waktu untuk mencari topik yang sedang naik daun maka layanan Google Alert bisa anda andalkan.

Dimana layanan ini akan mengirimkan berbagai topik terbaru secara rutin melalui email sehingga anda hanya perlu mengeceknya sesekali agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

Cara berlangganan topik Google Alert juga cukup mudah, dimana anda hanya perlu mendaftarkan email serta topik yang anda inginkan dan kemudian Google Alert akan mengirimi pemberitahuan secara rutin mengenai topik yang sedang naik daun.

filter google alert

Namun, apabila topik tersebut dirasa sudah tidak relevan lagi maka anda bisa berhenti berlangganan agar tidak menerima informasi secara terus menerus.

Akan tetapi, apabila anda ingin mencari berbagai topik yang relevan secara real time maka anda bisa mencarinya secara manual melalui kolom pencarian.

Dimana anda akan diberikan berbagai pilihan filter yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

blog hootsuite

Hootsuite

Sebagian besar website social media management tidak hanya menyediakan layanan dan fitur untuk optimasi, perencanaan, serta pengunggahan otomatis konten sosial media, namun mereka juga menyediakan berbagai artikel yang bisa dibaca dalam layanan blog khusus.

Penggunaan artikel ini tidak hanya berguna untuk meningkatkan brand awareness serta promosi layanan yang dimiliki namun juga menyajikan berbagai tips dan trik pengembangan social media.

Sehingga bisa digunakan sebagai media referensi konten sosial media bagi kreator yang tengah mencari topik mengenai pengembangan social media.

Blog hootsuite sendiri secara rutin mengunggah artikel yang bergerak di bidang strategi, perencanaan, atau pembaruan fitur social media terbaru, sehingga pembacanya tidak akan ketinggalan mengenai informasi platform social media.

Tidak hanya itu, sebagian besar artikel yang tersedia di Hootsuite juga menyediakan grafik survey yang diadakan oleh Hootsuite sendiri, sehingga bisa anda manfaatkan untuk memperkuat fakta yang ingin anda sampaikan ke konsumen anda.

Sehingga tidak mengherankan apabila hasil survey Hootsuite kerap kali digunakan oleh website atau blog lain sebagai referensi terpecaya.

berlangganan email newsletter

Berlangganan Email Newsletter

Di saat anda berlangganan produk atau layanan tertentu maka anda akan diminta untuk mengisi data diri, salah satunya adalah alamat email yang dimiliki.

Dengan mengisi alamat email tersebut maka anda setuju untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru mengenai brand yang anda sukai, sehingga tidak ketinggalan promosi terbaru.

Di sisi lain, beberapa website juga terkadang menyediakan informasi mengenai perkembangan topik dari industri yang anda geluti.

Sehingga berbagai informasi tersebut bisa anda manfaatkan sebagai konten sosial media yang bisa anda sampaikan ke konsumen anda.

Salah satu contohnya adalah apabila anda kreator yang membahas topik mengenai perkembangan ekonomi atau saham yang memerlukan informasi terbaru mengenai industri yang anda geluti, maka anda bisa mengikuti berlangganan email newsletter dari platform berita.

Sehingga anda akan dikirimkan berbagai berita terbaru mengenai topik yang relevan mengenai industri yang anda geluti sehingga bisa anda sampaikan kembali ke pengikut yang anda miliki.

Anda juga bisa berlangganaan dari website brand tertentu yang aktif mengirimkan informasi mengenai perkembangan brand tersebut yang tentunya digemari oleh konsumen.

Beberapa brand terkadang mengirimkan rangkuman mengenai topik yang sedang naik daun dalam sebulan atau seminggu terakhir, sehingga bisa anda gunakan sebagai ide konten sosial media yang menarik dan terbaru bagi konsumen anda.

Apabila informasi yang anda berikan sekiranya sudah tidak terlalu relevan maka anda bisa melakukan unsubscribe email agar anda tidak dikirimkan berbagai berita terbaru ke depannya.

ikuti akun official social media

Ikuti Akun Official Social Media 

Banyaknya social media yang digunakan oleh pengguna internet menjadikan berbagai platform secara konsisten melakukan berbagai pembaruan.

Terkadang pembaruan tersebut tidak anda ketahui sebelumnya dan baru diketahui saat anda menggunakan akun social media tersebut.

Salah satu cara agar anda tidak ketinggalan pembaruan terbaru mengenai social media adalah mengikuti akun official social media tertentu.

Hal ini tentunya akan memudahkan anda untuk memahami berbagai pembaruan fitur dan layanan social media yang anda geluti.

akun instagram @creators

Contohnya saja Instagram yang memiliki akun social media official @creators yang memudahkan anda untuk melakukan optimasi konten melalui postingan yang disajikan.

eycGHV8bSiClZARi3Lnn

Tidak hanya itu, CEO Instagram yakni Adam Mosseri juga kadang membagikan berbagai informasi mengenai pembaruan Instagram sehingga bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan informasi serta konten sosial media terbaru.

Beberapa platform social media juga memiliki beberapa website khusus yang menyajikan berbagai informasi mengenai layanan produk baru atau tips untuk meningkatkan konten sosial media yang anda miliki.

Sehingga anda bisa mengikuti berbagai akun tersebut agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

social media today

Social Media Today 

Berbagai informasi dan pembaruan yang dibagikan oleh berbagai social media di platform yang berbeda, tentunya membuat anda mungkin tidak memiliki waktu untuk mengecek berbagai informasi yang diberikan.

Guna mengatasi masalah ini maka anda bisa mengakses website Social Media Today yang memberikan informasi mengenai pembaruan social media setiap hari.

Sehingga anda tidak perlu takut untuk ketinggalan berbagai informasi terbaru untuk konten sosial media yang anda miliki.

Keunggulan lainnya dari website ini adalah anda akan disajikan berbagai artikel yang berisi optimasi saluran pemasaran digital, mulai dari website dan social media.

Sehingga bisa anda gunakan untuk mengembangkan saluran pemasaran yang anda miliki atau konten sosial media yang menarik bagi konsumen anda.

Tidak hanya itu, website ini juga menawarkan layanan email marketing dimana anda akan dikirimkan berbagai artikel dan informasi terbaru yang bisa anda baca tanpa perlu berkunjung ke website yang dimiliki.

Di sisi lain, isi artikel dari website ini tidak hanya memberikan pembaruan fitur atau layanan tertentu, namun juga  opini dari penulis mengenai layanan tersebut sehingga dapat membantu anda untuk memberikan wawasan terbaru yang mungkin belum pernah anda pikirkan sebelumnya.

Selain itu, website ini juga secara aktif menyediakan berbagai event yang membahas mengenai pengembangan social media serta trend tertentu sehingga bisa anda ikuti untuk menambah wawasan baru yang lebih luas.

m8JAGpDCQ5KhXOTgVrIo

Tech Crunch

Bagi anda yang memiliki fokus minat di bidang pengembangan start up dan social media maka website berita Techcrunch bisa menjadi andalan.

Hal ini dikarenakan Techcrunch aktif mengunggah artikel mengenai pengembangan startup yang sedang naik daun serta isu mengenai bisnis terhangat yang sayang untuk anda lewatkan.

Terkadang Techcrunch juga menyajikan berbagai informasi mengenai pengembangan social media yang bisa anda manfaatkan untuk pengembangan konten sosial media anda atau ide postingan untuk disampaikan ke konsumen anda.

Tidak hanya itu, anda juga bisa ikut berpartisipasi dalam event techcrunch yang tentunya membahan mengenai social media atau topik industri tertentu yang sedang naik dan menjadi perbincangan banyak orang lain.

Selain itu, apabila anda tidak memiliki waktu untuk mengecek website tersebut setiap hari, maka anda bisa berlangganan email marketing dari techcrunch yang akan mengirimkan anda berbagai informasi terbaru ke email anda.

Sehingga anda hanya perlu mengecek akun email anda dan memilih beberapa topik yang sekiranya cocok untuk dijadikan konten sosial media selanjutnya.

konten sosial media tiktok

Akun Social Media Kompetitor

Saat anda membuka aplikasi tiktok dan melihat berbagai konten rekomendaasi yang disajikan maka anda akan melihat berbagai postingan dengan jenis yang sama.

Penggunaan trend tersebut biasanya akan menarik banyak orang untuk mengenai lebih dalam mengenali akun tiktok yang anda miliki.

Sehingga apabila anda menggunakan trend tiktok dengan sentuhan ciri khas sendiri maka akan membuat pengguna tiktok tertarik untuk melihat dan menonton konten yang anda berikan.

Hal ini juga dilakukan oleh akun tiktok influnecer @triarona yang membuat konten komedia berdasarkan topik atau trend yang sedang ramai di tiktok kemudian dikreasikan dengan ciri khas yang dimiliki.

Sehingga membuat penonton tertarik untuk menunggu konten yang diunggah setiap harinya.

Namun apabila anda ingin mencari topik yang sedang naik daun di kalangan pengguna tiktok, maka beberapa langkah berikut bisa anda gunakan.

Pertama adalah mengecek trend yang sedang naik daun saat ini melalui pilihan banner viral di tiktok yang bisa anda temukan di kolom pencarian.

Melalui banner tersebut anda akan disajikan berbagai informasi mengenai challenges, music, effect, dan news yang disukai pengguna tiktok akhir-akhir ini, sehingga bisa anda gunakan sebagai ide konten tiktok yang menarik.

Anda juga bisa melakukan pengecekan trend secara manual dengan melihat berbagai konten tiktok yang sedang naik daun akhir-akhir ini sehingga bisa anda gunakan untuk konten selajutnya.

Dengan aktif melihat konten yang disajikan juga akan memberikan inspirasi ide konten yang menarik dan disukai banyak orang.

Tidak hanya itu, apabila anda telah memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak dan menyukai setiap konten yang anda sajikan, maka anda bisa menjawab permintaan dari konsumen sebagai ide konten selanjutnya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *