pexels liza summer 6347558 1

Tips dan Tools Menemukan Influencer Instagram Untuk Promosi

Pelajari cara menemukan influencer instagram yang cocok untuk diajak kolaborasi promosi campaign yang akan anda jalankan.

Bagi pengguna instagram aktif, biasanya tidak hanya mengikuti akun instagram dari teman dekat atau saudara, namun mengikuti akun instagram influencer juga bisa menjadi alternatif lainnya.

Dengan mengikuti akun instagram influencer yang memiliki minat yang sama, maka anda akan menemukan alasan untuk membuka akun instagram agar tidak ketinggalan konten tertentu.

Besarnya pengaruh yang diberikan oleh influencer instagram, menjadikan banyak brand besar akhirnya berbondong-bondong menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk, brand, atau promosi campaign yang sedang dijalankan.

Di sisi lain, banyaknya akun influencer instagram, terkadang menjadikan marketer bingung untuk memilih seseorang yang disukai oleh konsumen dan mampu menyampaikan promosi dengan tepat, sehingga pemasaran berjalan lebih lancar.

Apabila masalah ini mencari influencer instagram ini juga terjadi kepada anda, maka cara-cara berikut bisa anda lakukan untuk mencari influencer instagram serta tools tambahan yang bisa digunakan.

influencer instagram

Alasan Menggunakan Influencer Instagram

Seorang influencer instagram memiliki perbedaan besar dengan artis atau selebriti yang berkutat di dunia hiburan.

Salah satunya adalah jumlah pengikut yang cukup banyak, serta kekuatan untuk memengaruhi pengikutnya berkat kedekatan yang dimiliki.

Hal ini bisa anda sadari dengan melihat banyak konten influencer instagram yang juga membagikan kegiatan sehari-harinya.

Sehingga pengikut mereka juga merasa lebih nyaman untuk membagikan masalah mereka atau memberikan solusi berdasarkan pengalaman yang mereka miliki.

Kebebasan dalam mengemukakan pendapat dan perasaan ini menjadikan influencer instagram memiliki pengikut yang royal dan loyal, serta membangun komunitas yang percaya pada pengalaman yang disampaikan oleh influencer tersebut.

Komunitas yang kuat ini menjadi alasan besar bagi sebuah brand untuk melakukan kolaborasi promosi dengan rekomendasi produk, sehingga membuat pengikutnya tertarik untuk membeli.

Hal ini membuat seseorang lebih tergiur untuk membeli dibandingkan melakukan promosi secara terus menerus.

Tentunya anda pernah membeli sebuah berkat rekomendasi dari influencer instagram bukan?

Tidak hanya itu, melakukan promosi menggunakan influencer instagram juga memberikan keuntungan tambahan bagi sebuah brand atau produk, diantaranya adalah :

  • Meningkatkan brand awareness.
  • Membangun audience di social media, sehingga membantu meningkatkan interaksi dengan pengguna instagram.
  • Menaikkan penjualan setelah mendapatkan rekomendasi dari influencer instagram.
  • Memberikan kepercayaan pada produk dan brand anda.
  • Mengembalikan reputasi publik setelah mendapatkan komentar negatif.
  • Memberikan edukasi dan informasi kepada audience
  • Membangun komunitas yang loyal dan royal.

Sehingga tidak mengeherankan apabila banyak influencer instagram yang akhirnya di dapuk menjadi brand ambassador untuk mempromosikan produk dan brand tertentu.

Namun untuk mendapatkan influencer instagram yang sesuai, tentunya dibutuhkan analisa agar promosi anda berjalan dengan lancar.

Karenanya berikut cara mencari influencer instagram yang disukai konsumen serta sesuai dengan promosi pemasaran yang anda lakukan.

Cara Memilih Influencer Instagram 

Instagram sendiri memiliki miliaran pengguna dan diantaranya bergerak sebagai influencer dengan jumlah pengikut yang beragam.

Meskipun setiap influencer memiliki jumlah pengikut serta minat yang berbeda-beda, namun perbedaan inilah yang bisa menjadi tolak ukur dalam memilih influencer instagram yang tepat.

Bisa saja influencer instagram mikro memiliki pengaruh yang lebih besar berkat kedekatan dengan konsumen sehingga menimbulkan loyalitas dan kepercayaan yang lebih besar.

Karenanya berikut beberapa cara untuk menemukan influencer instagram yang tepat.

Kenali Brand Value yang Dimiliki

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memilih influencer instagram adalah mengenali brand value yang dimiliki.

Hal ini dilakukan untuk membantu menemukan influencer instagram yang sesuai dengan branding yang ingin anda tampilkan di depan konsumen.

Contohnya adalah apabila anda memiliki sebuah brand mainan anak-anak, tentunya anda akan memilih influencer instagram yang mempunyai anak balita dibandingkan seorang influencer yang memiliki pengikut di usia anak muda.

Pemilihan influencer instagram juga akan membantu dalam menjangkau target konsumen yang setara, sehingga membantu meningkatkan penjualan.

Pastikan juga bahwa influencer instagram tersebut memiliki jenis konten serta menyampaikan pesan yang sama dengan brand anda.

Identifikasi Tipe Campaign Promosi 

Dalam melakukan promosi produk di social media, tentunya anda akan melakukan berbagai campaign yang berbeda sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Misalnya anda ingin melakukan promosi produk terbaru atau campaign untuk mengenalkan brand awareness yang anda miliki.

Perbedaan tipe campaign promosi juga akan membedakan influencer instagram yang akan anda pilih untuk memaksimalkan promosi di Instagram.

Hal ini dikarenakan seorang influencer instagram yang memiliki topik yang sama, tentu akan memiliki gaya penyampaian serta target konsumen yang berbeda.

Karenanya anda bisa memilih apakah influencer instagram tersebut akan mengunggah konten promosi hanya sekali saja, atau melakukan promosi dalam jangka waktu tertentu.

Perbedaan jenis promosi ini juga akan menentukan tipe konten yang akan anda berikan ke influencer instagram tersebut.

Misalnya jika anda memilih influencer instagram untuk promosi campaign event tertentu, maka anda bisa memintanya untuk mengunggah konten yang telah anda siapkan terlebih dahulu.

Namun, jika anda menginginkan influencer instagram tertentu untuk menjadi brand ambassador atau promosi produk dalam jangka waktu yang telah ditentukan, maka anda bisa meminta mereka untuk membuat jenis konten yang sesuai selera mereka dan mengunggahnya melalui fitur instagram collab post agar konten bisa dilihat di dua akun sekaligus.

Lakukan Analisa yang Mendalam 

Setelah mengenali brand value serta tipe konten promosi yang ingin ditawarkan ke influencer instagram tertentu, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah melakukan analisa yang mendalam.

Langkah ini diperlukan untuk mengenali influencer instagram yang dirasa memiliki potensi untuk membantu promosi produk atau layanan anda, sehingga proses pemasaran menjadi lebih sukses dan mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.

Dalam melakukan analisa influencer instagram, maka anda bisa memulai dengan menuliskan akun instagram yang disukai oleh pengikut dan konsumen anda, serta memiliki topik dan minat yang sama.

Selanjutnya anda bisa mengecek apakah influencer instagram tersebut memiliki jumlah pengikut yang sesuai dengan jumlah target konsumen yang ingin anda jangkau, pastikan juga mereka memiliki pengikut yang lebih banyak dibandingkan akun instagram anda.

Pastikan juga konten yang mereka miliki memiliki tujuan yang sama dengan anda, sehingga bisa menyampaikan pesan yang ingin anda berikan ke konsumen lainnya.

Contohnya adalah apabila konten instagram anda berkutar pada edukasi lingkungan hidup, maka anda bisa mencari influencer instagram yang sering mengunggah konten dengan pesan yang sama.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat apakah influencer instagram tersebut pernah melakukan promosi dengan campaign yang sama, sehingga anda dan influencer tersebut memiliki pandangan yang sama mengenai tipe kontan yang akan disampaikan.

Pastikan Influencer Instagram Memiliki Pengikut Organik

Seorang pengguna instagram biasanya diklasifikasikan berdasarkan jumlah pengikut yang dimiliki.

Semakin banyak orang yang mengikuti akun tersebut maka akan membuka peluang untuk mendapatkan predikat sebagai influencer instagram.

Sayangnya keinginan untuk menjadi influencer instagram terkadang di dapatkan dengan cara yang curang, seperti membeli followers atau interaksi instagram dengan jumlah tertentu.

Pembelian engagement ini tentunya akan merugikan brand yang mengajak kerjasama influencer tersebut, karena akan mendapatkan hasil yang tidak sepadan dengan jumlah pengikut yang dimiliki.

Karenanya sebelum memilih influencer instagram yang sesuai, maka anda sebaiknya memastikan bahwa pengikut yang dimiliki merupakan pengguna instagram asli dan bukan berasal dari robot.

Cara mengeceknya pun cukup mudah, anda bisa melihat dari jumlah likes atau komentar yang di dapatkan di setiap konten yang diunggah.

Apabila jumlah likes yang di dapatkan lebih sedikit dari jumlah pengikut, serta komentar yang masuk memiliki banyak kesamaan, maka anda sebaiknya memilih influencer lain yang memiliki interaksi yang cukup ramai dengan beragam komentar yang masuk.

Instagram sendiri juga kurang menyukai engagement berbayar sehingga mengancam untuk menghapus akun instagram yang melakukan kegiatan tersebut secara terus menerus.

Ikuti Instagram Hashtag yang Relevan 

Saat diminta mencari influencer instagram yang untuk promosi di social media, biasanya beberapa nama akun instagram akan muncul di kepala anda.

Namun, bisa saja anda merasa bingung atau kurang mengetahui influencer instagram yang memiliki kaitan dengan industri yang anda jalankan.

Hal ini tentunya akan menyulitkan anda untuk memilih influencer instagram yang sesuai dengan industri serta tipe konten yang anda inginkan.

Guna mengatasi masalah tersebut maka anda bisa memulai dengan mengikuti instagram hashtag yang memiliki topik yang relevan dengan produk dan brand tertentu.

Instagram sendiri memiliki kelebihan dimana anda bisa mengikuti berbagai instagram hashtag tertentu.

Layanan ini tentunya akan memudahkan untuk melihat postingan yang trending di tagar tersebut serta akun influencer instagram yang mengunggahnya.

Contohnya adalah apabila anda memiliki brand yang bergerak di bidang makanan cepat saji, maka anda bisa menggunakan variasi hashtag seperti #frozenfood #fashfood atau #makanankekinian.

Berbagai kombinasi instagram hashtag tersebut biasanya digunakan oleh pengguna atau influencer instagram yang memiliki minat di bidang tersebut.

Dengan menggunakan tagar tersebut maka anda bisa menemukan berbagai akun influencer instagrm yang sering mengunggah konten mengenai makanan dan memiliki jenis konsumen yang serupa.

Pilihan konten dan influencer instagram yang beragam tentunya akan memudahkan anda untuk memilih akun yang sesuai dengan jenis promosi yang anda inginkan.

Cari Influencer Instagram di Google

Meskipun terkesan sepele namun mencari influencer instagram yang sesuai di halaman pencarian Google bisa menjadi alternatif yang efektif.

Mengingat kinerja Google yang mampu mencari berbagai macam data secara cepat dan akurat.

Anda cukup mengetikkan kata kunci tertentu seperti “influencer instagram di indonesia” atau “influencer instagram makanan” maka anda akan menemukan rekomendasi akun instagram yang sesuai dengan industri yang anda jalankan.

Pastikan juga anda tidak hanya mencari influencer instagram dengan jumlah yang banyak serta minat yang sama, namun tipe konten serta interaksi yang dilakukan dengan pengikutnya yang membantu untuk memberikan pengaruh yang lebih besar.

Perhatikan Bio Instagram yang Dicantumkan

Setelah melakukan berbagai analisa yang mendalam mengenai akun influencer instagram, biasanya anda akan merasa tertarik pada satu akun instagram setelah melihat konten yang diunggah serta jumlah pengikut yang dimiliki.

Namun, dua hal tersebut tentunya tidak cukup karena anda perlu memastikan kembali mengenai topik yang influencer tersebut sukai dengan melihat di intsgram bio yang dicantumkan.

Hal ini dilakukan mengingat konsumen anda tentunya akan mengunjungi akun instagram tersebut ketika anda melakukan kolaborasi promosi produk, sehingga jika instagram bio yang dicantumkan serta konten yang diunggah tidak selaras, maka akan menimbulkan tanda tanya besar di konsumen anda.

Selain itu dengan melihat instagram bio yang dicantumkan maka anda juga memastikan bahwa pengikut yang dimiliki selaras dengan konsumen yang ingin anda tuju.

Ketahui Riwayat Kerjasama dengan Brand Lain

Seorang influencer instagram yang telah memiliki reputasi yang baik, pengikut yang banyak, serta pengaruh yang kuat kepada pengikutnya memiliki kemungkinan telah melakukan kerjasama dengan berbagai brand yang memiliki industri serta minat yang sama, dan salah satunya mungkin adalah kompetitor anda.

Riwayat kerjasama ini juga membantu anda untuk memastikan bahwa influencer instagram tersebut memiliki minat dan target konsumen yang sama, sehingga bisa dimanfaatkan untuk promosi di social media.

Selain itu, influencer instagram yang pernah melakukan kerjasama dengan kompetitor anda tentunya memiliki pengalaman untuk berbicara mengenai industri dengan konsumen yang anda miliki.

Influencer instagram yang telah melakukan kerjasama dengan brand kompetitor lain yang lebih terkenal juga layak dipertimbangkan, karena ia telah memperoleh kepercayaan untuk menangani promosi dengan skala yang lebih besar.

Apalagi jika campaign yang dijalankan menjadi perbincangan banyak orang, sehingga promosi yang dilakukan menlampaui target yang diinginkan.

Setelah memastikan semua ketentuan yang anda inginkanm pastikan juga influencer instagram tersebut tidak memiliki riwayat kerjasama yang buruk dengan brand yang sebelumnya sehingga kolaborasi anda akan berjalan lebih baik.

Saatnya Menghubungi Influencer Instagram Pilihan 

Setelah melakukan diskusi panjang dan menimbang semua kriteria yang diinginkan maka inilah saatnya menghubungi influencer instagram pilihan.

Biasanya seorang influencer instagram mencantumkan contact person di bio instagram yang bisa anda hubungi kapan saja dan dimana saja.

Sehingga anda bisa mengirim pesan singkat yang berisi nama brand serta usaha yang anda jalankan, campaign promosi yang akan dilakukan, serta alasan menggunakan akun influencer instagram tersebut untuk diajak kolaborasi promosi produk.

Setelah itu, anda akan diberikan portofolio serta dokumen yang berisi rate harga yang bisa dipilih sesuai dengan budget promosi yang anda miliki.

Di sisi lain, biasanya harga setiap konten instagram berbeda-beda, sesuai dengan kesulitan dalam membuat postingan tertentu, sehingga anda bisa memastikan bahwa harga konten yang disukai oleh konsumen sesuai dengan budget yang sudah disiapkan sebelumnya.

Apabila harga yang ditawarkan sudah disepakati dan anda telah memahami berbagai syarat kerjasama yang diberikan, maka anda bisa melanjutkan dengan memberikan tipe konten, kalimat yang harus disampaikan, serta waktu unggah konten.

Pemberian syarat yang jelas ini akan membantu influencer instagram tersebut membuat konten promosi yang anda ingingkan serta mencegah kesalahpahaman yang akan merugikan kedua belah pihak di waktu yang akan datang.

Contohnya adalah influencer mengungah konten di waktu yang tidak tepat, sehingga konten diunggah terlalu cepat atau lambat.

Sehingga komunikasi yang jelas dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti akan mencegah kesalahan akibat perbedaan pendapat.

Anda juga bisa memberikan kesepakatan menggunakan perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh kedua belah pihak, sehingga apabila salah satunya melakukan pelanggaran maka bisa diproses secara hukum dengan transparan.

Tidak hanya itu, salah satu kekurangan saat melakukan kolaborasi promosi adalah biasanya pengikut influencer tertentu kurang menyukai gaya bahasa iklan yang diberikan sehingga tingkat engagement berkurang bahkan jauh dari ekspektasi.

Berbeda apabila anda memberikan kebebasan dalam membuat konten promosi, sehingga influencer tersebut dalam menyalurkan kreativitasnya di dalam postingan tersebut yang tentunya sesuai dengan selera konsumen.

Namun, kebebasan ini juga perlu dipertimbangkan kembali agar pesan yang ingin anda sampaikan dalam ditangkap oleh konsumen dengan mudah.

jNW832AYR4SkQOecBkhz

Tools Mencari Influencer Instagram

Salah satu keuntungan melakukan kolaborasi dengan influencer adalah promosi yang dilakukan terlihat natural, apalagi jika anda membebaskan kreator untuk membuat konten sesuai dengan kebiasaan yang dilakukan.

Hal ini akan membuat pengikutnya lebih mudah memahami isi pesan yang disampaikan, tanpa merasa terbebani dengan promosi yang diberikan secara langsung.

Meskipun begitu, untuk menemukan influencer yang sesuai, marketer perlu melakukan pencarian dan analisa dengan berbagai cara yang efektif.

Pertama dengan cara manual, yakni menggunakan instagram hashtag tertentu, melakukan sesi tanya jawab dengan pengikut, atau mengintip strategi influencer marketing yang telah digunakan oleh kompetitor lain.

Namun, cara ini dianggap memakan waktu lama sedangkan promosi selanjutnya sudah di depan mata.

Sehingga anda memerlukan bantuan tools yang dapat mencari influencer dengan tepat dan sesuai target konsumen yang ingin dituju.

Berikut beberapa rekomendasi tools untuk mencari influencer yang efektif untuk menghemat waktu.

hypeauditor

HypeAuditor

Tools pertama yang bisa anda gunakan untuk mencari influencer yang tepat adalah HypeAuditor, dimana website ini menyediakan rekomendasi kreator yang sesuai dengan topik dan industri yang anda jalankan.

Tidak hanya itu, website ini akan memberikan ranking influencer berdasarkan kualitas pengikut yang dimiliki, serta interaksi yang dilakukan setiap harinya.

Cara kerja HypeAuditor sendiri adalah mengumpulkan data dari sumber yang berbeda, kemudian mengelompokkanya ke dalam kategori tertentu.

Tidak hanya itu, website ini hanya menghitung jumlah pengikut instagram dan interaksi asli yang di dapatkan yang akhirnya memberikan ranking setiap influencer secara rutin.

Pemberian ranking ini tentunya menguntungkan bagi marketer yang mengandalkan influencer marketing sebagai promosi di social media untuk menjangkau konsumen yang tepat.

Kelebihan lainnya dari website HypeAuditor adalah menyediakan informasi mengenai ranking yang di dapatkan setiap hari, username influencer, topik yang sering dibahas dan diunggah di konten instagram, negara asal dari pengikuut, serta estimasi interaksi yang di dapatkan.

Hal ini akan membantu marketer untuk menentukan influencer yang tepat dan tidak sekedar viral di social media.

Affable.AI

Website selanjutanya yang bisa anda gunakan untuk mencari influencer yang sesuai adalah Affable.AI yang bisa dimanfaatkan untuk merancang, optimasi, serta eksekusi campaign untuk influencer marketing.

Affable AI tentunya cocok bagi anda yang ingin menggunakan strategi influencer marketing untuk pertama kali, namun masih bingung untuk melakukan rancangan yang tepat.

Tidak hanya itu, platform ini juga di dukung dengan wawasan demografi melalui riwayat social media pengguna Facebook, Instagram, serta Tiktok dan menghitung pengaruhnya pada brand atau produk yang anda miliki.

Efektivitas dari layanan ini juga telah diuji oleh berbagai brand besar seperti Lenovo dan Clarins yang menggunakannya untuk mencari infuencer instagram untuk promosi produk dan campaign.

Selain itu, pengguna juga akan disediakan berbagai informasi mengenai demografi, jumlah pengikut, serta lokasi dari influencer tersebut.

Sumber :

24 FREE Influencer Marketing Tools to Find Influencers (influencermarketinghub.com)

How to Find Instagram Influencers (neilpatel.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.