2 Jenis Ide Usaha Makanan, Cocok Untuk Bisnis Rumahan dan Pemula

Kegiatan makan saat ini tidak hanya menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi namun juga menjadi kegiatan yang bisa dilakukan di waktu senggang atau setelah lelah seharian kerja.

Dengan menemukan tempat makan yang bersih dengan menu yang enak tentunya akan membuat seseorang menjadi senang dan lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari.

Tak heran apabila kini sudah menjamur banyak usaha makanan yang menawarkan menu makanan yang unik dan bervariasi dan bisa dinikmati sendiri atau bersama keluarga.

Namun banyaknya usaha makanan ini terkadang membuat seseorang yang akan memulai bisnis di bidang makanan bingung untuk memilih ide usaha makanan yang tepat dan bisa dikembangkan dalam jangka waktu yang lama.

Karenanya sebelum memulai usaha makanan, ketahui dulu ide jualan makanan yang bisa dikembangkan dan tentunya menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Usaha Makanan Untuk Reseller

Salah satu jenis usaha yang sudah lama dikembangkan oleh banyak orang adalah dengan menjadi reseller atau membuka waralaba dari usaha makanan yang telah memiliki nama.

Dengan memulai usaha sebagai reseller tentunya penjual bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dalam jangka waktu cepat sebab sudah memiliki konsumen yang sangat besar dan telah tersebar di berbagai tempat.

Namun sebelum memulai usaha makanan dengan cara reseller atau franchise, ketahui dulu keuntungan, cara memulai, dan ide jualanan yang bisa dikembangkan.

Apa Itu Reseller, Manfaat, Cara Memulai

Bagi sebuah produsen makanan yang cukup besar dan telah berkembang lama tentunya telah memiliki konsumen yang tersebar di banyak tempat.

Banyaknya pelanggan yang dimiliki ini terkadang membuat produsen tersebut kesulitan untuk menjangkau domisili konsumen tersebut sehingga terkadang keuntungan yang di dapat dari daerah tersebut tidak terlalu besar.

Karenanya untuk memaksimalkan potensi bisnis yang dimiliki, beberapa produsen makanan besar membuka jasa reseller untuk orang-orang yang berminat.

Tidak hanya berguna untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal namun sistem reseller ini tentunya berguna bagi distributor produk makanan tersebut.

Dengan adanya reseller seseorang bisa membeli barang jualan dengan harga yang lebih murah namun tetap mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Selain itu, seorang reseller juga tidak perlu pusing memikirkan branding produk jualan karena biasanya usaha tersebut sudah memiliki konsumen yang tersebar di berbagai tempat sehingga hanya perlu memaksimalkan strategi pemasara yang tepat.

Karenanya berikut beberapa keuntungan menjadi reseller dari usaha makanan yang sudah terkenal atau tengah naik daun.

Apa Saja Keuntungan Menjadi Reseller?

Apabila anda ingin memulai sebuah usaha namun terhalang waktu dan juga modal yang dimiliki maka opsi menjadi reseller bisa menjadi pilihan.

Dengan menjadi reseller, anda hanya perlu mengeluarkan modal yang tidak terlalu banyak dibandingkan memulai usaha yang membutuhkan lebih banyak modal.

Selain itu anda juga bisa berfokus pada pekerjaan yang dijalani dan menjalani usaha reseller sebagai sampingan yang bisa dikerjakan setelah bekerja.

Meskipun begitu, terdapat beberapa keuntungan lainnya saat memulai menjadi reseller.

  • Potensi Keuntungan yang Besar dan Cepat

Bagi produsen makanan yang telah berkembang cukup lama tentunya telah memiliki banyak konsumen yang tersebar di berbagai tepat.

Hal ini tentunya bisa dimanfaatkan bagi reseller untuk mendapatkan keuntungan yang lebih cepat sehingga modal yang dimiliki pun bisa dikembangkan kembali.

Apalagi jika sekeliling lingkungan reseller adalah konsumen produk tersebut maka lebih mudah untuk mempromosikan produk yang dimiliki sehingga keuntungan lebih cepat di dapat.

  • Lebih Hemat Waktu

Seorang penjual yang memulai usaha makanan baru dengan produk sendiri tentunya membutuhkan waktu lebih untuk mengembangkan produk, melakukan packing, serta promosi untuk mengenalkan bisnis yang dimiliki.

Berbanding terbalik apabila anda memulai usaha dengan menjadi reseller yang tentunya hanya perlu melakukan promosi ke konsumen yang telah tersedia dan mengirimkan barang yang dipesan.

Hal ini tentunya tidak memakan waktu banyak sehingga reseller masih memiliki waktu untuk bekerja sebagai penghasilan utama serta melakukan berbagai kegiatan lainnya.

  • Menjaring Relasi yang Luas

Saat masuk menjadi reseller suatu barang biasanya penjual akan dimasukkan dalam grup khusus yang berisi kumpulan reseller dari produk tersebut yang tersebar di berbagai daerah.

Dengan adanya grup tersebut tentunya berguna bagi anda sebagai wadah untuk berbagi tips saat berjualan serta diskusi dengan penjual mengenai berbagai masalah produk yang ditawarkan.

Anda juga bisa mendapatkan relasi yang lebih luas dan tersebar di berbagai daerah.

  • Tidak Perlu Toko Fisik

Salah satu penghalang saat memulai usaha adalah tidak tersedianya tempat yang cocok untuk memulai usaha atau modal yang dimiliki tidak cukup untuk menyewa tempat yang nyaman untuk memulai bisnis.

Adanya toko fisik ini akan membantu bagi penjual untuk tempat promosi karena bisa dilihat langsung oleh pembeli dan memudahkan dalam proses jual beli.

Dengan memulai usaha sebagai reseller, pengguna tidak perlu memerlukan tempat yang luas untuk memulai usaha karena bisa mengandalkan social media sebagai tempat promosi.

  • Pilihan Produk yang Banyak

Banyaknya brand besar yang membuka peluang reseller tentunya menjadi kemudahan bagi anda untuk memilih produk yang sesuai.

Dengan menjadi reseller, anda juga tidak memiliki keterikatan untuk fokus pada satu produk melainkan bisa mengembangan usaha lainnya sehingga keuntungan yang diperoleh pun meningkat.

Cara Memulai Usaha Reseller

Setelah mengetahui berbagai keuntungan yang ditawarkan dari memulai usaha makanan tentunya anda semakin tertarik bukan memulai jadi reseller?

Namun sebelum itu, anda juga wajib tahu langkah-langkah yang dibutuhkan untuk memulai reseller usaha makanan agar bisnis yang dijalani bisa tahan lama dan menghasilkan keuntungan berlipat.

  • Persiapkan Modal

Langkah pertama yang harus disiapkan dalam memulai usaha makanan tentunya adalah modal usaha baik berupa uang atau tenaga usaha.

Dengan memiliki modal yang cukup tentunya seseorang akan lebih mudah memilih usaha makanan yang akan dijalani serta membangun tempat usaha yang nyaman bagi penjual atau pembeli.

Sebelum memilih usaha makanan, anda sebaikknya mengetahui dulu perkiraan modal usaha yang harus disediakan serta berbagai tambahan peralatan lainnya dengan cara bertanya kepada produsen usaha tersebut.

  • Tentukan Produk yang Tepat

Jika anda sudah menyiapkan modal usaha yang telah dirasa cukup untuk membangun bisnis makanan maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menentukan produk yang tepat.

Penentuan ini bisa dimulai dengan memilih usaha makanan yang anda sukai sehingga anda bisa mengetahui strategi pemasaran yang tepat serta mengenal kelebihan dari produk tersebut yang bisa dijadikan nilai jual saat melakukan promosi.

Selain itu, anda juga bisa memilih produk makanan yang sedang naik daun atau diminari oleh banyak orang di sekitar anda sehingga memudahkan promosi awal saat memulai usaha makanan.

  • Ketahui Konsumen Utama

Tidak hanya menentukan produk makanan yang akan dijual namun pengguna juga sebaiknya memastikan konsumen utama yang akan disasar.

Meskipun produk makanan dari reseller biasanya telah memiliki konsumen sendiri namun jika anda tidak mengetahui konsumen utama produk tersebut maka anda akan kesulitan saat melakukan pemasaran produk.

Cara mudah untuk mengetahui konsumen dari produk yang akan dipasarkan adalah dengan bertanya kepada produsen makanan tersebut atau melihat range usaha dari usaha makanan tersebut di social media.

  • Pasang Strategi Pemasaran yang Tepat

Meskipun sudah memiliki banyak konsumen namun jika penjual tidak memasarkan produknya dengan tepat maka hasilnya akan sia-sia.

Karenanya saat memulai usaha reseller, penjual juga sebaiknya melakukan strategi pemasaran yang tepat dengan cara membuat akun social media bisnis seperti Instagram, Facebook, dan juga WhatsApp.

Dengan membuat berbagai akun social media tersebut maka akan memudahkan konsumen mengetahui lokasi usaha anda dan menyempatkan waktu untuk membeli produk anda.

  • Pilih Supplier yang Profesional

Saat memilih usaha makanan yang akan dijual biasanya calon reseller mencari produk yang bisa memberikan keuntungan berlipat dalam waktu cepat.

Hal ini sangat wajar dilakukan karena reseller juga ingin mengembalikan modal usaha yang dikeluarkan dan digunakan untuk mengembangkan usaha yang tengah dijalankan.

Namun, dalam memilih usaha makanan resller juga sebaiknya mencari supplier yang profesional dan juga berpengalaman dalam membina penjual di bawahnya.

Langkah ini dilakukan untuk mempermudah penjual saat komunikasi mengenai produk yang dijual dan juga meminimalisir kesalapahaman yang mungkin timbul dalam menjalankan usaha.

Dengan memilih supplier yang profesional, anda juga berkesempatan untuk banyak belajar mengembangkan usaha yang didapatkan sehingga membantu dalam meningkatkan keuntungan.

  • Lakukan Penghitungan Harga Jual

Saat membeli produk dari produsen makanan tentunya seorang reseller akan mendapatkan harga yang lebih murah di pasaran.

Namun hal ini jangan membuat reseller terlena dan menjual produk di bawah harga beli.

Karenanya penting bagi penjual untuk menghitung harga jual yang tepat sehingga tidak rugi dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

  • Pahami Kompetitor

Saat memilih jalan sebagai reseller tentunya anda akan bertemu dengan banyak penjual lainnya yang menjual produk yang sama.

Meskipun begitu anda tidak perlu takut apabila produk anda tidak laku dipasaran karena banyaknya kompetitor yang ada.

Namun jadikan hal ini sebagai momen yang tepat untuk mengenal dan memahmi reseller anda untuk mengetahui kelemahannya dan menjadikan hal ini sebagai celah anda untuk mengambangkan strategi pemasaran yang tepat.

Apa Itu Franchise, Manfaat, Cara Memulai

Saat ingin membeli berbagai kebutuhan pokok biasanya seseorang akan memilih berkunjung ke minimarket yang dekat dengan rumah.

Hal ini dilakukan karena selain kenyamanan dalam berbelanja juga pengguna dapat memilih berbagai variasi barang kebutuhan yang diinginkan hanya dalam satu tempat.

Namun siapa sangka ternyata sejumlah minimarket tersebut bisa berkembang pesat karena sistem waralaba yang dikembangkan dan menyasar sejumlah orang yang memiliki modal besar dan ingin mendapatkan keuntungan besar dari minimarket tersebut.

Usaha waralaba ini tenyata juga diikuti oleh berbagai usaha makanan terkenal yang juga membuka peluang franchise bagi seseorang yang ingin memulai usaha namun masih tidak ingin repot dalam proses produksi.

Karenanya jika anda tertarik untuk memulai usaha waralaba maka ketahui dulu pengertian dari franchise dan cara memulainya.

Pengertian Franchise dan Cara Memulainya

Ingin memulai usaha namun tidak ingin repot pada proses produksi dan pengembangan usaha? Memulai usaha franchise bisa menjadi salah satu solusinya.

Berbeda dengan reseller yang hanya mendapatkan produk yang akan dijual kembali, seseorang yang memulai usaha waralaba akan memperoleh paket khusus yang berisi tempat usaha dan produk makanan yang dibeli.

Selain itu, penjual juga tidak perlu susah payah untuk memulai strategi pemasaran dari nol karena mayoritas usaha franchise sudah memiliki pasar konsumennya sendiri sehingga penjual hanya perlu menentukan lokasi yang tepat untuk berjualan.

Penjual juga biasanya mendapatkan karyawan yang telah berpengalaman sehingga tidak perlu susah payah untuk menjaga toko yang dimiliki setiap hari.

Keuntungan Bisnis Franchise Makanan

Sebuah produk makanan yang telah berani melakukan usaha waralaba biasanya telah memiliki target pasarnya sendiri dan manajemen bisnis yang kuat selama bertahun-tahun sehingga proses pengembangan produk bisa lebih lancar.

Hal ini juga menjadi keuntungan bagi penjual yang ingin memulai usaha waralaba karena tidak perlu mengembangkan usaha dari nol serta potensi keuntungan yang bisa dihitung sejak memulai usaha.

Tak hanya itu, penjual juga mendapatkan keuntungan lain saat memulai usaha waralaba khususnya di bidang makanan.

  • Memiliki Manajemen Bisnis yang Kuat

Berbeda dengan membangun usaha sendiri dimana penjualnya harus menyusu standar operasional dari awal, sebuah waralaba biasanya memiliki manajemen bisnis yang kuat dan memiliki standar sendiri.

Selain itu, sebuah brand besar yang membuka usaha waralaba juga telah memiliki pasar yang konsisten dan juga memiliki reputasi yang baik sehingga manajemen dan strategi yang dijalani pun telah matang.

  • Produk Sudah Dikenal Masyarakat

Sebuah brang yang memiliki usaha waralaba juga telah memiliki target pasarnya sendiri dan juga branding yang kuat dimata orang awam sehingga penjual tidak perlu terlalu memusingkan strategi pemasaran yang sesuai asalkan tempat usaha telah berada di tempat yang tepat.

Dengan adanya branding yang kuat tentunya memudahkan bagi penjual untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dan melebihi modal awal yang dikeluarkan dan bahkan bisa terus bertambang secara konsisten.

  • Mendapatkan Pelatihan Usaha

Keuntungan lainnya dari memulai usaha waralaba adalah penjual diberikan pelatihan khusus sebelum membuka usaha sehingga menguntungkan bagi anda untuk melihat prospek bisnis yang dijalani dan pengaturan manajemen ke depannya.

Tak hanya itu, karyawan yang akan diperkerjakan di stand usaha makanan yang akan anda kelola juga akan mendapatkan pelatihan khusus sehingga anda hanya tinggal mengontrol kinerja karyawan di bawah anda.

ide usaha makanan

Ide Usaha Makanan Untuk Reseller dan Franchise

Banyaknya produsen makanan yang membuka peluang reseller atau franchise tentunya menjadikan anda bingung memilih produk usaha makanan yang tepat dan bisa menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu lama.

Karenanya berikut beberapa rekomendasi usaha makanan untuk dijadikan reseller atau franchise dan berpotensi tahan lama.

Usaha Makanan Ringan

Saat bersantai dengan keluarga atau menghabiskan waktu untuk bersantai tentunya tidak akan lengkap jika tidak diteani dengan cemailan berupa makanan ringan.

Kebiasaan ini tentunya membuat banyak usaha makanan yang laku keras di pasaran dan akhirnya memilih membuka usaha reseller.

Namun sebelum memilih usaha makanan ringan yang cocok maka sebaiknya pilih produk yang memiliki nama besar dan juga produk yang dijual memiliki banyak konsumen sehingga memudahkan dalam proses promosi.

Usaha Makanan Pedas

Sebagai orang Indonesia tentunya sudah menjadi hal umum untuk menikmati makanan dengan rasa pedas yang tentunya dapat meningkatkan selera makan.

Sehingga tidak heran apabila kita dapat dengan mudah menemukan usaha makanan pedas yang tersebar di berbagai tempat dan sukses membuka usaha reseller untuk menyebarkan produk makanan yang dimiliki ke penjuru tempat.

Banyaknya usaha makanan pedas ini juga bisa digunakan sebagai prospek reseller yang tepat apalagi jika anda memilih produk yang disukai oleh lingkungan sekitar sehingga membantu usaha lebih laris manis.

Makanan Luar Negeri

Globalisasi yang telah menyebar hingga ke berbagai tempat akhirnya membuat anda lebih mudah menemukan produk luar negeri.

Salah satunya adaah makanan khas dari negera lain yang ternyata cocok bagi sebagian besar orang Indonesia dan memiliki target pasar yang luas.

Hal ini juga bisa dimanfaatkan sebagai peluang untuk menjadi reseller makanan luar yang tentunya cocok di lidah orang indonesia dan juga dinikmati oleh kalangan luas.

usaha makanan kekinian

Usaha Makanan Kekinian

Menjamurnya berbagai usaha makanan yang saat ini mudah ditemui akhirnya memunculkan berbagai inovasi  makanan yang selalu muncul tiap bulannya.

Salah satunya adalah munculnya usaha makanan kekinian yang semakin menjamur dan bisa dipesan melalui market place seperti Shopee atau Tokopedia dan mudah ditemui ketika melakukan wisata kuliner.

Pasarnya yang luas dan diminati banyak orang tentunya bisa menjadi peluang besar untuk memgembangkan usaha makanan kekinian.

Namun sebelum memulai usaha makanan kekinian ketahui dulu keuntungan memulai usaha makanan kekinian serta ide produk yang laris manis di pasaran.

3 Alasan Harus Membuka Usaha Makanan Kekinian

Bisnis makanan selalu menjadi incaran banyak orang, selain mudah dikembangkan namun usaha ini juga disukai oleh berbagai kalangan sehingga target pasar yang di dapat pun bisa lebih besar.

Tidak hanya usaha makanan cepat saji atau tradisional namun makanan kekinian saat ini juga tengah naik daun berkat inovasi makanan yang selalu ditunggu konsumennya.

Usaha makanan kekinian juga memiliki alasan lain yang membuatnya selalu berkembang dan tidak ketinggalan jaman

Bisnis Makanan Kekinian Selalu Berkembang

Tidak seperti makanan tradisional yang menganut pakem yang sama dan sulit berubah, makanan kekinian selalu berkembang dan juga tidak terikat pada aturan-aturan tertentu.

Inovasi ini akhirnya membuat makanan kekinian terus berkembang dan bahkan bisa berbeda menu di tiap restoran atau tempat usaha yang mengembangkannya.

Sehingga tidak heran apabila kita dengan mudah menemukan makanan baru yang viral yang tentu saja menarik perhatian banyak orang.

Konsumen Selalu Penasaran Dengan Hal Baru

Manusia selalu memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan juga tidak ingin ketinggalan berbagai hal baru yang tengah viral.

Hal ini juga membantu usaha makanan kekinian terus berkembang dan mendapat sambutan dari banyak konsumen bahkan memunculkan berbagai usaha makanan baru yang mengembangkan menu tersebut.

Namun, usaha makanan kekinan yang tengah naik daun bisa saja hilang ketenarannya sehingga penjual juga sebaiknya terus berinovasi agar makanan kekinian tersebut bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Usaha Makanan Kekinian Lebih Cepat Viral

Saat membuka social media seperti Instagram atau Tiktok biasanya anda akan menemukan ulasan makanan dari influencer terkenal.

Banyaknya influencer makanan dan juga kekuatan dari social media juga membantu usaha makanan lebih cepat terkenal.

Sehingga tidak jarang apabila kita menemukan usaha makanan kekinian yang baru saja buka namun sudah dikunjungi oleh banyak orang.

3 Ide Usaha Makanan Kekinian Laris Manis

Banyaknya usaha makanan kekinian yang tengah berkembang pesat menjadikan banyak ornag tergiur untuk memulai bisnis kuliner makanan yang tengah naik daun.

Jika anda tertarik pada jenis usaha tersebut maka pilihan bisnis makanan ini bisa anda kembangkan untuk bisnis anda.

Usaha Kue dan Roti

Salah satu jenis makanan kekinian yang tidak pernah salah adalah olahan kue dan juga roti yang selalu berkembang dengan berbagai toping yang memanjakan mata.

Apabila anda tertarik untuk memulai usaha makanan kekinian dari roti dan kue maka olahan bombolori dan dessert box bisa menjadi pilihan.

Selain bisa dinikmati berbagai kalangan namun makanan ini juga menghadirkan packaging dan juga topping yang menarik sehingga sedap untuk dipandang.

Proses pembuatannya pun mudah dan tidak perlu mengeluarkan modal yang besar.

Aneka Olahan Makaroni

Hadirnya seblak yang beberapa tahun ini tengah naik daun menjadikan salah satu pendampingnya ikut terkenal di kalangan pecinta makanan.

Makaroni yang menjadi salah satu bahan tambahan dari seblak juga mudah diolah menjadi berbagai produk makanan kekenian mulai dari keripik pedas atau menjadi campuran olahan lainnya seperti makaroni telor.

Makaroni juga bisa di dapatkan dengan mudah dan murah sehingga mampu menngurangi modal yang dikeluarkan.

Dimsum

Olahan asal negeri panda ini jamak ditemui di berbagai sudut jalan dan kerap kali diperjualberlikan atau dibuat sendiri di rumah.

Selain enak dan murah, rasa dimsum sendiri sangat cocok di lidah orang indonesia yang menyukai rasa asin dan gurih dan juga bisa ditambahkan dengan sambal untuk menambah cita rasa makanan.

Apabila anda ingin bersaing dengan usaha dimsum yang sedang naik daun maka bisa membuat berbagai olahan dimsum yang berbeda namun tetap diminati oleh banyak orang.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.