6 peluang dan strategi

6 Peluang dan Strategi Memulai Bisnis Minuman Kekinian

Siapa disini yang hobi mencicipi berbagai minuman kekinian saat jalan-jalan? Jika anda salah satunya, mungkin bisnis minuman kekinian menjadi peluang yang bagus bagi anda.

Selain bisnis kuliner yang semakin menjamur, berbagai pendamping makanan seperti minuman kekinian juga muncul dan bisa ditemukan dimana saja.

Hal ini dikarenakan bisnis minuman kekinian tidak membutuhkan outlet yang luas sehingga memudahkan penjual yang ingin memulai usaha di bidang minuman ringan.

Selain itu, konsumen dari minuman kekinian biasanya mengandalkan take away dari jasa pesan antar atau membeli sendiri sehingga penjual tidak perlu menyediakan tempat makan yang luas.

Namun, beberapa pelaku bisnis minuman kekinian juga membuka kafe minuman kekinian sebagai menu utama dan makanan ringan sebagai pendamping.

Berbagai outlet minuman kekinian ini menjadi alternatif tempat tujuan untuk melepas lelah dan dahaga di saat hari yang dilalui sedang tidak baik-baik saja.

Dari segi menu sendiri,saat ini minuman kekinian tersedia dalam berbagai menu baik modern dan tradisional sehingga pembeli bisa memilih minuman apa saja yang bisa dipilih untuk berbagai kegiatan.

Tak hanya itu, saat ini beberapa pelaku usaha minuman kekinian juga membuka franchise yang bisa dimanfaatkan penjual yang ingin memulai bisnis di bidang kuliner khususnya minuman.

Pasar yang besar dan mudah untuk dibuka di mana saja menjadikan bisnis minuman kekinian layak dicoba.

Berikut beberapa peluang bisnis minuman kekinian yang wajib diketahui sebelum memantapkan diri untuk memulai usahanya.

peluang bisnis minuman kekinian

Peluang Bisnis Minuman Kekinian

Kegemaran banyak orang untuk mencari kedai minuman untuk sekedar berkumpul bersama teman atau melepas lelah sambil menikmati segelas minuman kesukaan menjadikan bisnis minuman kekinian semakin digemari.

Mulai dari warung kopi hingga cafe minuman estetik atau outlet pinggir jalan, semuanya memiliki pasarnya sendiri. Hal ini menjadikan bisnis minuman kekinian selalu berinovasi dalam mengembangkan berbagai menu andalan.

Tak hanya itu, berbagai outlet minuman kekinian juga sudah menjamur di pusat perbelanjaan dan menjadi pilihan pelepas dahaga setelah lelah berbelanja atau sekedar berjalan-jalan.

Selain itu minuman kekinian juga cocok bagi orang-orang yang ingin keluar rumah hanya untuk melepas rasa bosan.

Pasar yang Luas

Disaat perjalanan pulang dari kantor atau sekolah, coba amati berapa banyak stand minuman kekinian yang anda lewati. Bisa saja ada 5 outlet pinggir jalan atau cafe yang menjual berbagai hidangan pelepas dahaga ini.

Berbagai outlet minuman kekinian tersebut juga biasanya ramai dikunjungi banyak orang, ada yang ingin melepas dahaga dan menaikkan mood dengan membeli segeleas menu kesukaan atau hanya sekedar ingin tahu sajian minuam yang dijual.

Berbagai minuman kekinian pun juga diminati oleh berbagai kalangan baik muda atau tua semuanya berlomba-lomba untuk mencoba berbagai menu minuman yang mungkin cocok dengan lidah dan selera mereka.

Minuman kekinian sendiri juga menyediakan berbagai menu baik modern atau tradisional yang bisa dipilih oleh konsumen dari berbagai kalangan umur.

Sehingga kafe yang menjual minuman kekinian juga bisa sebagai tempat ajang kumpul keluarga atau sekedar reuni dengan teman sekolah atau teman kerja.

Hal ini menjadkan minuman kekinian sebagai bisnis yang menjanjikan selain bisnis kuliner yang kini juga banyak di temukan di pinggir jalan. Selain itu, bisnis ini juga di dudkung oleh banyak jasa pesan antar yang menyediakan kerjasama untuk membuka outletnya.

Modal yang Kecil

Banyak orang mungkin berfikir bahwa modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis minuman kekinian sangatlah besar. Apalagi dilihat dari berbagai kafe-kafe yang menjual berbagai menu minuman yang saat ini naik daun.

Padahal calon penjual bisa memilih usaha minuman kekinian yang ingin dikembangkan dengan modal yang kecil dan saaat ini pun banyak juga brand minuman kekinian membuka franchise dengan fasilitas lengkap sehingga penjual hanya perlu menjual dan menikmati hasilnya.

Hal ini pun mempermudah dalam proses pemasaran karena biasanya brand minuman kekinian yang membuka franchise ini sudah memiliki konsumen sendiri sehingga calon penjual tidak perlu melakukan survei target konsumen dan hanya perlu melakukan promosi cabang.

Selain mengandalkan usaha franchise, calon penjual juga bisa melakukan sendiri bisnis minuman kekinian yang dijalani dengan membuka stand di area rumah sehingga lebih hemat biaya gaji pegawai dan sewa lokasi untuk membuka stand minuman.

Bisa Dikerjakan Sendiri atau Orang Lain

Sama dengan berbagai usaha lainnya, bisnis minuman kekinian pun bisa dijalankan sendiri atau memperkerjakan orang lain. Tentu saja hal ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kelebihan dari menjalankan bisnis minuman kekinian sendiri adalah penjual bisa memantau hasil yang masuk juga meracik sendiri minuman yang ada sehingga kualitas dan kebersihan terjamin.

Selain itu, dengan menjual sendiri brand minuman kekinian maka penjual bisa berinteraksi lebih banyak dengan konsumen sehingga dapat mengetahui strategi pemasaran yang tepat agar bisnis minuman kekinian lebih berkembang.

Kelemahannya dalam melakukan bisnis minuman kekinian secara individu adalah tidak adanya waktu untuk bersantai karena harus terus menerus menjaga stand agar penghasilan yang di dapatkan terus meningkat.

Hal ini berbanding terbalik dengan penjual yang mempercayakan bisnis minuman kekiniannya pada pegawai yakni bebas untuk datang ke stand kapan saja dan memiliki waktu lebih banyak untuk fokus di bidang inovasi atau promosi produk.

Akan tetapi, penjual yang menyerahkan bisnisnya dikeloka oleh karyawan juga harus berisap apabila usahanya menjadi sepi sehinga tidak mampu untuk membayar gaji karyawan atau membeli kembali bahan produksi minuman.

Selain itu, perbedaan kepribadian dan kebiasaan dalam mengelola bisnis bisa menimbulkan ketidak cocokan dalam bekerja sama, bisa saja dari cara pelayanan dan penyajian yang kurang atau kemampuan dalam bersih-bersih yang kurang sehingga stan masih terlihat berantakan.

Hal ini bisa diatasi dengan melakukan wawancara mendalam terhadap calon karyawan yang akan direkrut sehingga bisa menemukan kesamaan visi, misi, dan juga etos kerja. Penjual juga bisa datang ke outlet setiap hari untuk memeriksa kinerja karyawan setiap harinya.

Tingkatkan juga komunikasi dengan karyawan sehingga akan mendekatkan diri satu sama lain dan mengetahui kekurangan dalam bisnis minuman kekinian yang dijalani sehingga bisa diperbaiki ke depannya.

Keuntungan yang Lumayan

Meskipun memulai dengan modal yang sedikit namun hasil dari bisnis minuman kekinian cukuplah besar. Ditambah lagi kemudahan dalam promosi di social media menjadikan bisnis minuman lebih cepat naik.

Saat ini, penjual minuman kekinian mengandalkan pesanan dari jasa pesan antar. Hal ini dikarenakan pedagang bisa mendapatkan untung dari berbagai konsumen yang tinggal jauh dari tempat usaha namun sudah menyukai berbagai menu makanan milik kita.

Selain itu, berbagai bahan makanan juga bisa di dapatkan secara mudah dan murah dengan berbelanja di market place. Hal ini dapat menghemat modal sehingga bisa digunakan untuk pengembangan bisnis minuman kekinian.

tantangan berbisnis minuman kekinian

Tantangan Berbisnis Minuman Kekinian

Banyaknya bisnis minuman kekinian yang buka saat ini menjadikan persaingan semakin ketat dengan munculnya berbagai kompetitor yang ada. Hal ini menjadikan penjual harus memutar otak agar barang dagangan cepat laku sehingga bahan makanan tidak cepat membusuk.

Apabila penjual membuka bisnis minuman kekinian dari franchise brand terkenal maka penjual bisa memanfaatkan kekuatan dari social media dengan membuat akun instagram atau tiktok untuk promosi cabang brand minuman tersebut.

Hal ini terjadi karena biasanya brand minuman yang membuka franchise sudah memiliki konsumen sehingga penjual hanya tinggal memasarkannya sehingga konsumen mengetahui cabang yang baru terebut dan berkunjung untuk membeli menu minuman kesukaan.

Akan tetapi apabila penjual membuka brand minuman kekinian maka harus memulai untuk menguatkan branding produk sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas dan mendatangkan konsumen.

Pastikan produk memiliki ciri khas yang berbeda dari produk lainnya sehingga menjadi daya tarik dan pembeda dibandingkan produk minuman kekinian dengan jenis yang sama.

Penjual juga bisa melakukan inovasi dengan membuat resep baru dari berbagai minuman modern dan tradisional yang ada.

strategi memulai bisnis kekinian

Strategi Memulai Bisnis Minuman Kekinian

Setelah mengetahui berbagai tantangan dan juga keuntungan dalam bisnis minuman kekinian, kini saatnya bersiap untuk memulai bisnis minuman kekinian. Beberapa strategi ini dapat membantu untuk mempersiapkan dan melancarkan bisnis  minuman kekinian yang akan dijalani.

Ketahui Minuman yang Disukai oleh Banyak Konsumen

Hal pertama yang mesti diketahui untuk memulai bisnis minuman kekinian adalah dengan mengetahui menu minuman yang disukai oleh banyak konsumen.

Tidak perlu dengan langsung mencoba menjual minuman kekinian namun dengan menjual sajian yang diminati banyak orang.

Penjual bisa melakukan survei mengenai minuman yang disukai oleh banyak orang dalam jangka waktu yang lama. Beberapa minuman modern yang mampu bertahan hingga saat ini adalah minuman olahan susu, minuman dengan topping boba, minuman olahan teh dan kopi.

Olahan susu sudah lama diminati oleh banyak orang, terbukti dengan banyaknya cabang Chatime serta berbagai minuman olahan susu lainnya. Sajian ini juga cocok disajikan untuk anak-anak karena manfaat susu yang tinggi serta rasanya yang bervariasi.

Varian minuman susu juga bisa dicampur dengan berbagai toping minuman dan disajikan dalam keadaan dingin saat terik matahari melanda atau panas untuk memberikan kehangatan di kala hujan deras.

Hal ini bisa terlihat dari banyaknya konsumen yang terus membeli olahan minuman susu dengan berbgai topping boba.

Tidak hanya olahan susu, minuman asal Thailand yaitu thai tea juga bisa menjadi salah satu pilihan menu untuk bisnis minuman kekinan yang akan dikembangkan.

Meskipun hype dari minuman ini sudah berlangung beberapa tahun lalu namun banyak kafe atau outlet minuman kekinian yang menjadikan thai tea sebagai menu andalan mereka meskipun sudah banyak berbagai sajian minuman modern baru yang bermunculan.

Tak hanya itu, minuman teh dan kopi juga terbukti bertahan lama karena banyaknya konsumen di usia dewasa yang menikmati hidangan minuman tersebut sambil berkumpul dan berbincang dengan teman atau kolega bisnis.

Selain itu, teh dan kopi merupakan varian minuman yang bisa diolah sedemikian rupa dengan berbagai varian daun teh dan kopi yang tersebar di seluruh dunia sehingga banyak orang yang menggemari minuman teh atau kopi.

Beberapa brand kopi terkenal seperti Starbuck atau Excelso terbukti bisa bertahan puluhan tahun dengan jutaan pelanggan yang tersebar di seluruh dunia.

Selain menu modern berbagai jenis minuman tradisional juga sudah mulai berinovasi dengan hadirnya jamu atau berbagai minuman yang jamak ditemukan di pinggir jalan kini sudah merambah pasarnya ke dalam supermarket atau pusat perbelanjaan modern.

Jadi mana olahan minuman yang ingin anda jual? Minuman kekinian atau minuman tradisional?

Persiapkan Modal yang Cukup

Setelah menemukan jenis minuman yang ingin dijual dipasaran luas. Saatnya menghitung apakah modal yang dimiliki sudah mencukupi untuk memulai bisnis minuman kekinian dengan menu andalan yang telah dipilih.

Selain memperhitungkan bahan produksi yang diperlukan jangan lupa untuk menghitung biaya packing barang, berbagai alat pendukung, serta biaya untuk membangun outlet minuman kekinian.

Peralatan pertama yang mesti disiapkan sebelum memulai bisnis minuman kekinian adalah menyiapkan peralatan alat saja seperti gelas, mug, sendok, atau piring.

Penjual juga bisa memilih perlatan minum dengan desain yang menarik yang sesuai dengan ciri khas bisnis minuman kekinian yang dijalankan.

Agar terlhat lebih cantik serta sebagai strategi promosi, penjual juga bisa mencetak logo bisnis minuman kekinian gelas khusus untuk take away.  Hal ini berguna sebagai promosi secara tidak langsung ketika konsumen memposting foto gelas minuman ke social media.

Tidak hanya itu, berbagai perlengkapan lainnya juga sebaiknya dipersiapkan secara matang seperti plastik pembungkus atau sedotan untuk pengiriman jarak jauh melalui jasa pesan antar.

Dalam proses produksi sendiri, tentunya penjual juga memerlukan berbagai peralatan pendukung seperti alat makan dan juga mesin untuk mengolah minuman lebih cepat. Hal ini akan menghemat waktu pembeli dalam proses pembuatan minuman.

Pilihlah mesin produksi yang terbukti memiliki kualitas terbaik. Penjual juga bisa berkunjung ke pabrik pembuat untuk mengetahui berbagai pilihan alat yang dibutuhkan dalam proses ke depannya.

Beberapa jenis minuman kekinian seperti teh ataupun kopi biasanya membutuhkan peralatan lebih banyak untuk proses penggilingan dan penyeduhan kopi sehingga penjual dapat menulis list barang apa saja yang diperlukan untuk proses produksi minuman.

Stand minuman kekinian sendiri biasanya di bangun di pinggir jalan agar diketahui oleh banyak orang sehingga bisa menggaet konsumen. Dalam prosesnya, penjual juga harus membeli stand yang cukup untuk proses produksi serta menghias stand agar lebih menarik dan mencuri perhatian orang.

Pedagang sebaiknya menyiapkan banner ataupun lampu sehingga stand tetap bisa terlihat meskipun dalam kondisi hujan atau di saat malam sekalipun dimana konsumen lebih banyak keluar untuk sekedar mencari cemilan.

Selain itu, stand minuman sendiri biasnaya dibuka di ruko atau bangunan di pinggir jalan. banyak juga, penjual yang memutuskan untuk membuka stand di rumah untuk menghemat biayanya.

Hal ini membuat penjual harus memikirkan biaya apabila berniat untuk menyewa ruko atau bangunan tertentu. Pastikan area ruko dilewati oleh banyak orang dan berada di pusat keramaian sehingga bisa mendatangkan lebih banyak konsumen.

Ketahui juga harga sewa yang akan dibayar, apakah sesuai dengan modal yang telah dipersiapkan sehingga penjual tidak rugi di awal berjualan. Periksa juga apakah ruko memiliki fasilitas yang memadai sehingga nyaman ketika digunakan dalam proses produksi.

Namun apabila penjual berniat untuk membuka cafe minuman kekinian maka penjual juga harus memperhitungkan biaya lainnya, seperti pembelian properti pendukung untuk menghias kafe dan juga tempat duduk yang nyaman bagi pembeli.

Jangan lupa untuk menghitung biaya operasional yang dibutuhkan seperti tagihan listrik, air, dan gas serta gaji untuk karyawan untuk beberapa bulan ke depan seeblum penjual mendapatkan hasil dari modal yang dikeluarkan.

Pilih Franchise atau Bangun Usaha Sendiri

Berbagai pilihan produk minuman kekinian saat ini membuat penjual bisa memilih untuk melakukan franchise atau membangun usaha sendiri. Semuanya tentu memiliki kelebihannya masing-masing.

Apabila penjual memutuskan untuk melakukan franchise maka harus siap dengan modal yang lebih besar namun akan mempermudah dalam proses penjualan ke depannya karena produsen biasanya menyediakan paket lengkap mulai dari stand hingga bahan produksi bahkan kemasannya.

Selanjutnya penjual bisa melanjutkan untuk proses promosi dan penjualan di cabang yang telah dibuka.

Akan tetapi, bila memilih membangun usaha sendiri maka penjual harus memulai dari nol mulai dari menentukan konsumen yang dituju, produk minuman yang akan dibuat, serta proses promosi dan penjualan ke depannya.

Hal terpenting adalah mencari produsen bahan baku yang memiliki kualitas terbaik , mampu menyediakan stok yang banyak, serta bisa dibeli dengan harga murah. Selain itu, berbagai hal remeh lainnya seperti produksi packing juga harus diperhatikan untuk menarik minat konsumen.

Pilih Tempat Usaha

Pemilihan tempat usaha tentu juga harus diperhatikan oleh penjual sebelum memulai usaha. Membuka stan di sekitar rumah atau menyewa stand di ruko bisa menjadi pilihan yang bagus.

Apabila membuka stand di sekitar rumah pastikan lingkungan rumah sering dilewati oleh banyak orang sehingga stan bisa lebih mudah terlihat. Memiliki stan di sekitar rumah juga tentunya lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya sewa.

Lain lagi ketika memilih untuk menyewa stan di ruko atau pinggir jalan, penjual harus memastikan kontrak sewa yang diberikan serta larangan yang tidak boleh dilakukan selama melakukan sewa ruko. Hal ini untuk menghindari konflik antara pihak penjua dan penyewa.

Keuntungan lainnya dari menyewa stand di ruko adalah memiliki ruangan yang cukup besar untuk proses produksi sehingga bisa digunakan untuk laboratorium mini dalam mencoba bebagai menu baru yang aakn disajikan kepada konsumen.

Gangguan juga bisa datang di saat menyewa ruko seperti bangunan yang bocor. Pastikan tempat sewa memiliki kondisi yang terbaik sehingga tidak mengganggu proses produksi atau jual beli ke depannya.

Mau Dikerjakan Sendiri atau Orang Lain ?

Dalam menjalankan usaha, penjual bisa memilih untuk dijalankan sendiri atau merekrut orang lain sebagai pegawai.

Pada awal karir, penjual biasanya melakukan proses penjualan dan produksi sendiri. Selain untuk menghemat dana juga dapat membuat penjual lebih mengenali usahanya sehingga lebih mudah dalam proses perkembangan ke depannya.

Setelah berjalannya waktu dengan bertambahnya konsumen maka akan membuat penjual kewalahan sehingga merekrut karyawan baru. Dalam proses ini, penjual bisa melakukan proses wawancara yang mendalam guna menyatukan pemikiran untuk perkembangan usaha ke depannya.

Jangan ragu untuk mendengarkan masukan karyawan yang bisa meningkatkan layanan atau inivasi bagi berbagai menu yang disediakan.

Kerjasama dengan Jasa Pesan Antar

Saat ini banyak orang yang memilih untuk menggunakan jasa pesan antar dalam membeli berbagai makanan atau minuman. Hal ini terlihat dari menjamurnya mitra dari jasa pesan antar yang bisa ditemui saat kita membeli makanan atau minuman kekinian.

Alasan terbesar dari banyaknya konsumen yang menggunakan jasa pesan antar adalah berbagai promo yang diberikan dapat menghemat uang konsumen dalam proses pembelian.

Dengan membeli melalui pesan antar pun pengguna tidak perlu ke luar rumah dan cukup menunggu di rumah sampai pesanan datang sambil melakukan berbagai kegiatan lain.

Hal ini juga bisa dimanfaatkan oleh penjual guna memaksimalkan keuntungan dengan mendaftarkan usaha di berbagai jasa pesan antar. Beberapa layanan yang bisa menjadi rekomendasi adalah GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

Jasa pesan antar ini tidak hanya memiliki personil yang  banyak dan siap mengantar kemana saja namun juga  memiliki konsumen yang luas sehingga menguntungkan penjual bisnis minuman kekinian.

Penjual bisa mendaftarakan dagangannya di berbagai akun jasa pesan antar. Pendaftaran ini biasanya memakan waktu lama karena banyaknya penjual lain yang mendaftar karenanya penjual harus menyiapkan berbagai berkas agar tidak menunda waktu dalam pendaftaran akun.

Persiapkan juga foto makanan yang menarik serta deskripsi menu yang lengkap beserta komposisinya sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Jangan lupa untuk memastikan alamat outlet tepat sehingga tidak membuat personil jasa antar kebingungan.

Penjual juga bisa memanfaatkan berbagai promo potongan harga dan gratis ongkir yang bisa digunakan untuk produk anda. Promo ini biasanya ditawarkan kepada toko yang baru saja membuka outletnya di berbagai akun jasa pesan antar.

Promosi Melalui Social Media

Peran social media saat ini sangat berpengaruh bagi banyak orang, Sering kali kita menemukan makanan yang baru buka dan kemudian viral di social media.

Hal ini pada akhirnya membuat kita tertarik untuk mencoba menu makanan tersebut karena ketenarannya di social media.

Penjual pun juga bisa menggunakan kekuatan social media dengan membuat akun khusus untuk bisnis minuman kekinian yang dimiliki. Beberapa social media yang bisa dimanfaatkan adalah Instagram dan Tiktok.

Kedua social media ini menjadi salah satu aplikasi yang sering dibuka dan digunakan oleh banyak orang. Terlebih lagi berbagai konten foto dan video yang bisa menarik banyak orang agar semakin penasaran dan tertarik untuk membeli

Penjual juga bisa mencantumkan foto produk dengan deskripsi foto yang bisa ditampilkan di Instagram. Pastikan juga menu makanan di foto dengan hasil terbaik agar terlihat menarik di social media.

Berbagai konten pembuatan menu minuman kekinian juga akan membuat pembeli tertarik setelah melihat proses pembuatannya. Pedagang juga bisa membuat berbagai konten tiktok yang sedang viral untuk di recycle di akun tiktok.

Salah satu konten yang juga bisa menarik perhatian pembeli adalah konten ulasan minuman dari berbagai menu yang ditawarkan. Penjual bisa melakukan konten ini sambil kolaborasi dengan influencer yang khusus pada bidang makanan.

Hal ini dilakuakn karena biasanya influencer sudah memiliki banyak followers sehingga lebih mudah dalam menarik konsumen yang belum mengenal produk kita.

Lakukan Inovasi dan Variasi

Sebuah bisnis minuman kekininan bisa bertahan dalam jangka waktu lama dengan adanya inovasi dan kreasi secara terus menerus. Penambahan menu pada produk minuman juga akan menarik minat pelanggan dan konsumen baru.

Penjual bisa melakukan inovasi pada produk makanan seperti membuat variasi menu baru atau merubah menu makanan yang sudah ada. Inovasi ini dilakukan agar menu yang disajikan tidak selalu sama sehingga bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Penjual bisa memperoleh ide inovasi makanan dengan melihat dari internet atau rekomendasi dari pelanggan. Pedagang bisa melakukan survei di social media sehingga bisa menjangkau lebih banyak orang.

Inovasi dalam penggunaan packing juga bisa dipikirkan oleh penjual. Konsumen yang sering melakukan take away biasanya menyukai kemasan yang lucu serta aman. Karenanya, penjual juga harus memastikan kemasannya bisa awet dan aman selama perjalanan.

Beberapa brand minuman kekinian terkenal pun melakukan inovasi packing dengan membuat hiasan wadah yang lucu dan menarik serta pemberian bonus tiap melakukan pemesanan take away.

Nah, sudah siap untuk memulai bisnis minuman kekinian?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.