5 Langkah Mudah dan Sukses Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula

9 Langkah Mudah dan Sukses Memulai Bisnis Kuliner

Berburu makan atau tempat kuliner menjadi kebiasaan banyak orang saat ini. Selain melepas rasa lapar dan memanjakan lidah, tempat yang menarik bisa menjadi pelepas lelah di kala penatnya kegiatan.

Tak heran banyak sekali tempat kuliner yang menawarkan berbagai menu masakan dari berbagai daerah baik modern dan tradisional. Banyaknya konsumen juga menjadikan bisnis kuliner selalu hidup dari pagi hingga malam.

Selain menu makanan yang bervariasi dan menggugah selera, tempat makan yang nyaman juga menjadi salah satu kriteria dalam mencari makanan bagi banyak orang..

Menu makanan yang bervariasi dan enak serta tempat makan yang nyaman bisa menjadikan sebuah bisnis kuliner lebih cepat terkenal. Terlebih lagi di masa internet makin berkembang dengan pesat, informasi mengenai kuliner yang enak lebih cepat tersebar dan dibicarakan oleh banyak orang.

Adanya berbagai aplikasi pesan makanan secara online serta menjamurnya usaha pengiriman seperti GoFood dan GrabFood juga menjadikan bisnis kuliner berkembang meskipun hanya dijalankan dari rumah.

Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi seorang pelaku bisnis kuliner yang ingin memulai usaha namun masih kesulitan dalam mencari tempat usaha seperti ruko ataupun lokasi yang tepat.

Tak hanya itu, bisnis kuliner juga terbukti menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda apabila sudah menemukan konsumen yang tepat dan diiringi dengan menu makanan yang disukai banyak orang.

Namun persaingan yang ketat ini menjadi pelaku bisnis kuliner harus memutar otak agar produknya disukai banyak orang sehingga keuntungan yang di dapatkan pun maksimal. Karenanya sebelum memulai usaha di bidang kuliner, ketahui dulu strategi sukses mengusai pasar dan bisnis kuliner.

Keuntungan Membuka Bisnis Kuliner

Keuntungan Membuka Bisnis Kuliner

Pasarnya yang luas serta banyaknya menu kuliner yang bisa dipilih oleh pelaku bisnis kuliner menjadikan usaha ini selalu tumbuh setiap harinya. Tidak hanya itu, berbagai keuntungan juga bisa dihasiilkan dengan memulai jalan di bidang kuliner.

Modal Kecil Hasil Besar

Keuntungan pertama yang bisa di dapatkan dengan membuka usaha kuliner adalah bisa mendapatkan untung yang besar dengan modal yang sedikit sekalipun. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penjual kuliner yang sukses hanya mengandalkan dari satu produk dengan modal sedikit.

Karenanya sebelum memulai bisnis kuliner, seorang penjual bisa melakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui produsen yang menjual bahan baku murah dengan kualitas terbaik.

Kegiatan ini bisa saja melelahkan dan memerlukan banyak waktu namun jika sudah mendapatkan produsen yang tepat maka akan menguntungkan penjual untuk ke depannya.

Lakukan perjanjian kerjasama dengan supplier tertentu agar penjual bisa terus mendapatkan produk terbaik tepat waktu. Jangan lupa untuk membayar secara rutin kepada supplier agar selalu bisa mendapatkan barang yang diinginkan.

Diminati oleh Banyak Orang

Di akhir pekan, tujuan mana yang biasanya anda cari? Tempat wisata atau tempat makan? Apabila tujuan anda adalah tempat makan maka pilihan anda sama dengan banyak orang lainnya.

Karenanya pilihan membuka bisnis kuliner tentulah sangat menjanjikan karena bisnis ini selalu dikunjungi banyak orang di berbagai kondisi dan tidak mempedulikan waktu baik siang atau malam.

Karenanya penjual bisa membuat ciri khas tersendiri bagi tempat makannya. Identitas khusus ini bisa berupa pilihan menu makanan dan minuman yang bervariasi serta tempat yang nyaman dan bisa menampung banyak orang.

Penjual juga bisa membuat tempat makan yang menggabungkan konsep alam sehingga bisa membuat pembeli nyaman dan tenang sambil menikmati berbagai sajian yang diberikan.

Berbagai pilihan hiburan juga dapat menarik minat pembeli untuk mampir sambil menikmati suasana yang diberikan.

Tersedianya Berbagai Menu Pilihan

Beragam budaya dan kebiasaan yang dimiliki berbagai negara dan daerah tertentu akhirnya memunculkan berbagai menu makanan yang menarik. Baik dari sajian tradisional dan modern semuanya layak untuk dicoba.

Ditambah lagi di masa modernisasi dimana trend makanan di suatu negara bisa berkembang pesat ke negara lain. Hal ini juga menimbulkan berbagai pilihan makanan yang baru setiap harinya.

Tersedianya berbagai menu pilihan ini juga menguntungkan penjual bisnis makanan pemula untuk memilih menu makanan yang akan dijadikan produk utama dalam usaha kuliner yang akan dimulai.

Penjual juga sebaiknya memperhatikan konsumen dan pasar yang akan dituju serta tidak fokus pada trend yang ada. Karena kepopuleran suatu makanan hanya sementara namun yang bisa membuat usaha bertahan adalah inovasi yang tepat.

Bisnis Kuliner Bisa Dimulai Dimana Saja

Salah satu kelebihan bisnis kuliner adalah penjual bisa memulai usaha dari rumah. Hal ini terbukti dari banyaknya pengusaha sukses yang memulai karis bisnis kuliner dari dalam rumah.

Ditambah lagi, saat ini banyak jasa pengiriman barang dan makanan sehingga pembali bisa dtanga dari mana saja asalkan makanan yang dipilih cocok dengan selera. Penjual juga bisa melakukan berbagai inovasi usaha dari dalam dapur sebelum memulai untuk memasarkan kepada konsumen.

Tools yang Dibutuhkan

Tools yang Dibutuhkan

Bisnis kuliner yang sukses tentunya harus di dukung dengan berbagai tools yang dapat membantu dalam kelancaran usaha. Beberapa tools berikut sebaiknya diperhatikan penjual dan masuk ke dalam perhitungan modal sebelum memulai sebuah usaha kuliner

Peralatan Memasak

Salah satu tools yang harus ada dalam sebuah bisnis kuliner adalah berbegai peralatan memasak. Setiap usaha pasti memiliki perlengkapan yang berbeda namun beberapa pelakatan memasak yang harus ada adalah kompor, kulkas, serta lemari penyimpanan bahan baku yang aman.

Pilih barang yang memiliki kualitas terbaik agar bahan baku yang disimpan semakin awet sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak modal lagi untuk memperbaiki peralatan produksi yang rusak.

Packing yang Menarik dan Aman

Saat ini banyak konsumen yang memilih untuk membeli makanan melalui jasa pesan antar. Alasannya adalah selain murah, konsumen juga tidak perlu keluar rumah dan menghabiskan waktu di jalan untuk membeli makanan.

Karenanya penjual juga sebaiknya menyiapkan packing yang aman agar produk tidak tumpah atau rusak saat dikirimkan ke konsumen. Pemberian packing dengan desain yang menarik dan bisa digunakan kembali juga bisa menyenangkan hati konsumen saat menerima makanan pesanan.

Beberapa perusahaan makanan besar seperti Starbucks atau Mcdonald juga sudah mengeluarkan berbagai kolaborasi peralatan makanan sendiri yang dapat dibeli dengan membeli beberapa produk makanan tertentu.

Packing yang menarik juga tidak hanya berfungsi untuk dekorasi melainkan dapat menggaet konsumen baru.

Peralatan Makan dan Tempat Duduk

Saat menikmati hidangan kuliner, sebagian besar konsumen biasanya memilih makan di tempat dibandingkan memesan melalui jasa pesan antar. Selain tempat yang cukup jauh, pelanggan juga biasanya ingin menikmati langsung makanan walaupun sedang sibuk.

Karenanya, penjual juga sebaiknya menyiapkan peralatan makan yang bersih dan juga menarik perhatian pengunjung. Peralatan makan yang unik juga bisa menjadi ciri khas tempat makan dan juga menambah kenikmatan saat menyantap hidangan yang disajikan.

Gadget Untuk Promosi

Kebutuhan promosi di social media kini menjadi suatu kewajiban mutlak yang harus dijalani penjual agar produk semakin dikenal banyak orang. Memiliki gadget yang memadai untuk memotret dan desain produk yang bagus juga akan membantu dalam proses promosi di berbagai social media.

Mamiliki gadget khusus promosi juga akan sangat bermanfaat penerimaan pemesanan apabila produk sudah di daftarakan ke berbagai layanan pesan antar makanan. Pilihlah gadget yang memiliki memori yang cukup dengan resolusi kamera yang baik.

9 Strategi Memulai Bisnis Kuliner

9 Strategi Memulai Bisnis Kuliner

Memulai sebuah usaha baru yang tidak pernah digeluti sebelumnya tentunya dibutuhkan strategi yang tepat sehingga usaha yang dijalanlan pun semakin lancar dan mengantisipasi beberapa kendala yang mungkin terjadi saat usaha mulai dibangun. Berikut beberapa strategi bisnis kuliner yang bisa dijalankan sebelum membuka usaha kuliner.

Persiapan Modal

Membuka usaha kuliner tentunya dibutuhkan modal yang cukup untuk menjalankan berbagai perizinan atau membeli berbagai peralatan dalam memulai usaha.

Berbagai modal ini bisa di dapatkan dengan berbagai cara, mulai dari tabungan, meminjam ke bank, atau mengajak seseorang untuk menjadi investor.

Menyiapkan modal dengan tabungan sendiri tentunya diperlukan kerja keras untuk mengumpulkan dana serta kesiapan emosi dan mental apabila mengalami kerugian sehingga modal yang dikeluarkan tidak sesuai dengan hasil yang di dapatkan.

Sementara itu dengan meminjam di bank maka penjual juga harus memperhatikan bunga, cicilan yang dibayarkan, dan durasi membayarnya. Persiapkan juga kemungkinan terburuk apabila hasil dari bisnis kuliner belum seusai keinginan.

Mengajak seseorang untuk dijadikan investor juga sebaiknya memperhatikan resiko serta keuntungan yang akan dibagi. Membuat perjanjian serta tertus berkomunikasi akan hasil yang di dapatkan akan membuat investor percaya pada bisnis kuliner yang dijalankan.

Karenanya penjual harus mempertimbangkan secara matang berbagai usaha dalam mendapatkan modal untuk memulai bisnis kuliner. Jangan sampai usaha yang dibangun harus terhenti di tengah jalan karena halangan dalam mengembalikan modal yang dikeluarkan selama ini.

Siapkan Rancangan Bisnis

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam memulai bisnis kuliner adalah membuat rancangan bisnis. Hal ini berguna untuk mengetahui tujuan bisnis ke depannya sehingga bisa lebih berkembang bahkan melebarkan sayap dengan membuka banyak cabang binis kuliner.

Perencanaan bisnis juga akan membantu dalam permintaan proposal yang akan diberikan kepada investor saat membutuhkan dana tambahan untuk memulai bisnis atau membuka cabang usaha lainnya.

Beberapa hal yang harus disiapkan dalam membuat perencanaan bisnis kuliner adalah branding yang akan ditampilkan kepada konsumen, target pasar yang akan dituju, identitas brand, jenis kuliner yang akan dijalankan, serta proses dalam menjalankan produk usaha.

Prospek keuntungan juga sebaiknya disebutkan dalam sebuah proposal untuk menarik minat investor dalam memberikan uangnya sebagai modal bagi bisnis kuliner yang akan dijalani.

Branding serta identitas produk yang tepat akan membantu dalam menentukan pelanggan yang dituju sehingga akan memudahkan dalam menentukan konten promosi yang tepat serta harga produk yang akan diberikan kepada konsumen.

Pemilihan jenis kuliner juga akan menentukan citra produk yang akan dipilih dalam proses promosi serta konsumen yang akan disasar ke depannya. Penentuan ini juga akan mempengaruhi bungkus makanan yang juga akan menjadi daya tarik konsumen.

Tidak hanya itu, perencanaan usaha yang baik juga akan mengatur bagaimana uang akan berputar sehingga tidak hanya habis pada bagian produk namun juga memberikan keuntungan yang seimbang.

Inovasi dalam Memulai Usaha

Salah satu rahasia dalam mempertahankan sebuah bisnis kuliner untuk jangka waktu lama adalah adanya inovasi yang selalu berkembang setiap tahunnya.

Inovasi sendiri bisa dimulai dengan menu makanan yang berbeda dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Contoh mudahnya adalah bakso yang banyak diperjualbelikan akan tetapi sebuah inovasi berupa bentuk dan rasa akan menarik konsumen sehingga tertarik pada produk yang ditawarkan.

Inovasi lainnya yang bisa diterapkan adalah berupa penggunaan bungkus makanan. Contohnya adalah produk kue atau keripik yang bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Sebuah inovasi dibutuhkan agar kemasan produk tidak hanya menarik namun juga aman, mudah dibawa dan juga bisa membuat produk makanan lebih awet dibandingkan kompetior lainnya.

Perkembangan inovasi pada pembayaran serta pengiriman produk menjadikan penjual juga harus sadar akan trend baru ini.

Penjual juga bisa bekerja sama untuk membuka pembayaran elektronik atau jasa pengiriman barang sehingga produk bisa dinikmati oleh banyak orang dengan mudah tanpa perlu keluar rumah.

Saat ini telah muncul berbagai pilihan pembayaran mulai dari debit hingga melalui berbagai aplikasi seperti Shopeepay, Gopay, ataupun Dana. Banyak pelanggan yang tertarik untuk membeli sebuah produk karena adanya potongan harga dari berbagai aplikasi pembayaran.

Penjual bisa memulai untuk menerima berbagai metode pembayaran tersebut untuk memudahkan pembeli dalam proses pembelian. Jangan lupa untuk perhatikan cara kerja sama untuk memasang berbagai aplikasi pembayaran di tenant anda.

Beberapa rekomendasi jasa pengiriman barang atau pemesanan makanan yang bisa dicoba adalah Shopeefood, Gofood, ataupun Grabfood. Setiap jasa memiliki kelebihan sendiri baik dalam bagi hasil, pengiriman, serta potongan harga yang diberikan.

Penjual bisa memaksimalkan ketiga jasa tersebut kemudian memilih aplikasi mana saja yang memiliki lebih banyak konsumen.

Hal ini dilakukan agar penjual mengetahui aplikasi yang lebih menguntungkan untuk proses jual beli serta memaksimalkan potongan harga dan ongkos kirim di aplikasi tersebut.

Pilihan Menu Makanan dan Bahan Baku

Menjalankan bisnis kuliner juga harus diikuti dengan pemilihan menu makanan yang akan diperjual belikan. Pemilihan menu makanan tidak hanya berdasarkan trend yang ada namun juga ketahanan branding makanan tersebut.

Jangan sampai trend makanan menghilang maka bisnis kuliner ikut menghilang. Hal ini tentu akan merugikan pelaku usaha yang membangun dari nol namun harus tutup kembali. Pilihlah produk makanan yang diminati oleh banyak orang sehingga bisa bertahan lama.

Akan tetapi apabila penjual ingin menjual produk makanan yang sedang naik daun maka harus memperhatikan inovasi dan strategi yang tepat agar bisa bersaing dengan kompetitor dan produk bisa bertahan lama.

Pilih Tempat Usaha yang Mudah Dijangkau

Kesuksesan dalam menjalani bisnis kuliner juga ditentukan oleh tempat usaha yang baik. Beberapa pilihan tampat usaha yang bisa dipilih adalah ruko, pasar, atau mall. Pastikan memilih tempat yang bisa dijangkau oleh banyak orang dan dekat dengan kerumunan orang.

Dalam penentuan tempat usaha, penjual juga harus memperhatikan pajak yang harus dibayarkan setiap tahunnya serta pengeluaran untuk tagihan listrik serta air setiap bulannya. Beda tempat maka akan berbeda juga biaya yang harus dikeluarkan karenanya harus dipertimbangkan secara bijak.

Akan tetapi penjual juga tidak perlu khawatir apabila belum memiliki tempat yang tepat untuk memulai bisnis kuliner. Penjual bisa meamnfaatkan jasa antar makanan sehingga pembeli bisa menjangkau tempat usaha tanpa perlu mengunjungi tempatnya.

Promosi bisnis kuliner di social media akan membantu tempat usaha semakin terkenal dan menjadi perhatian banyak orang. Jangan lupa perhatikan kebersihan tempat sehingga pembeli nyaman dan akan terus kembali.

Survei dan Riset Konsumen

Memulai bisnis kuliner tentunya harus dibarengi dengan survei pasar dan riset konsumen. Penjual bisa memulai dengan meilihat minat makanan yang ada di sekeliling lingkungkan atau yang sedang naik saat ini.

Hal ini dilakukan karena pembeli pertama usaha kuliner yang dibuka pastilah tetangga ataupun pengguna yang lewat di daerah usaha kita. Akan tetapi bila memulai usaha kuliner secara online pastikan mengetahui promosi yang tepat sehingga akan mempermudah dalam proses penjualan.

Survei dan riset yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis kuliner adalah usia pelanggan, pekerjaan pelanggan, menu yang biasa diminati pelanggan, serta kebiasaan dalam membeli produk.

Hal ini akan menentukan packing yang tepat sesuai dengan kebiasaan pelanggan, penentuan harga jual,  dan kebiasaan pembeli dalam membeli barang dagangan apakah lebih sering makan di tempat atau memesan melalui layanan pesan antar.

Promosi yang Matang

Akhir-akhir ini banyak sekali tempat makan baru yang cepat terkenal karena dipromosikan oleh influencer atau adanya rekomendari dari pelanggan yang kemudian di upload di social media.

Testimoni dari pembeli serta adanya promosi dari seseorang yang berpengaruh akan membuat usaha bisnis yang dimiliki akan lebih cepat naik.

Tidak hanya mengandalkan testimoni pelangggan yang datang, penjual juga bisa mulai memasarkan sendiri produknya apalagi saat ini promosi di social media bisa dilakukan secara mudah dan gratis, Beberapa social media yang bisa digunakan untuk promosi adalah Instagram, Facebook, dan Tiktok.

Saat ini banyak tempat usaha yang membuka akun Instagram guna mengenalkan ke banyak orang mengenai usaha tersebut. Dengan berbagai fitur yang tersedia di Instagram, penjual bisa mulai untuk posting foto mengenai menu ataupun tempat usaha tersebut.

Konten video mengenai menu makanan yang dijual juga akan membuat pembeli lebih tergiur sehingga tergerak untuk mengunjungi tempat makan tersebut.

Fitur lokasi yang terintegrasi langsung dengan Google Maps juga bisa mempermudah pembeli untuk berkunjung dengan mengikuti lokasi yang telah tercantum. Pemberian lokasi ini juga akan memudahkan pelaku bisnis kuliner untuk mempromosikan produknya.

Adanya fitur Instagram live juga bisa digunakan untuk menyiarkan secara langsung kondisi tempat usaha yang nyaman dan dipenuhi banyak orang. Selain itu penjual juga bisa menyiarkan proses penyajian makanan sehingga pembeli lebih tertarik

Penjual juga bisa membuat link produk makanan yang dijual sehingga pembeli bisa melihat makanan yang akan dibeli tanpa harus datang terlebih dahulu.  Ditambah lagi, Instagram kini menyediakan pilihan Instagram Business sehingga penjual bisa lebih mengoptimalkan akun tersebut lebih baik.

Salah satu social media yang bisa digunakan untuk tempat promosi adalah Facebook. Meskipun fitur yang ditawarkan kurang lebih sama dengan Instagram namun penjual bisa membuat foto album untuk katalog sehingga memudahkan promosi bisnis kuliner.

Penjual juga bisa bergabung ke berbagai grup kuliner untuk memudahkan promosi tempat usaha yang dimiliki. Kedua social media tersebut bisa dimanfaatkan lebih dengan memasarkan melalui fitur iklan berbayar sehingga menjangkau lebih banya pembeli sesuai dengan target yang diinginkan.

Tiktok juga menjadi salah satu social media yang kini digunakan oleh banyak kalangan sehingga memudahkan dalam proses promosi bisnis kuliner. Penjual bisa membuat konten yang unik dan lucu sehingga pembeli terhibur serta tertarik untuk mengunjungi tempat usaha kuliner.

Penjual juga dapat mengadaptasi konten ataupun sound tiktok yang sedang viral kemudian diterapkan di social media usaha agar lebih banyak orang yang tertarik dan melihat konten tersebut.

Dalam membuat konten social media, penjual juga bisa memanfaatakan berbagai aplikasi yang bisa diunduh di aplikasi Google Play Store atau Apple Store. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Canva untuk mengedit foto dan mendesain poster.

Pastikan juga pengambilan gambar produk dan video memiliki hasil terbaik sehingga pembeli akan ikut tergiur dalam membeli berbagai produk makanan yang ditawarkan. Penjual juga bisa menggunakan jasa untuk memotret produk dan video sehingga hasilnya menjadi lebih baik.

Jangan lupa juga untuk aktif membuat postingan dan juga kreasikan copy writing dalam pembuatan konten serta caption sehingga akan membuat konsumen lebih tertarik.

Apabila penjual memiliki modal lebih bisa memanfaatkan jasa endorse yang biasanya ditawarkan oleh influencer makanan sehingga usaha bisa dipromosikan dengan baik di kolam yang tepat.

Mengecek insight social media yang dimiliki secara mingguan juga akan membantu penjual mengetahui apakah berbagai konten yang dibuat sudah dapat membantu dalam promosi produk tau malah jalan di tempat.

Karenanya penjual juga sebaiknya mengetahui berbagai strategi marketing digital yang tepat untuk meningkatkan promosi barang dagangan melalui daring.

Kembangkan Bisnis

Seorang penjual pasti menginginkan bisnis kulinernya berkembang bahkan membuka banyak cabang sehingga menghasilkan keuntungan yang berlipat. Karenanya berbagai strategi bisa dilakukan penjual agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang.

Beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisnis kuliner semakin maju adalah dengam melakukan berbagai inovasi berupa penambahan menu makanan dan minuman, membuka cabang di tempat baru, melebarkan outlet yang dimiliki, serta menambah modal.

Salah satu jenis strategi yang bisa dilakuakn adalah dengan membuka kesempatan franchise bagi orang yang berminat. Hal ini bisa dilakukan setelah bisnis kuliner sudah stabil dan dikenal oleh banyak orang.

Strategi franchise juga lebih memudahkan penjual karena tidak perlu memgeluarkan modal untuk memperbesar usaha namun malah dibayar untuk membuka usaha baru.

Komitmen yang Tinggi

Dalam pengembangan bisnis kuliner tentunya akan ada naik turun pendapatan. Hal ini terkadang menimbulkan rasa takut dan juga rasa putus asa. Jadikanlah tantangan ini sebagai pemacu untuk terus berkembang agar usaha yang dijalankan semakin maju.

Pelaku bisnis kuliner sebaiknya mengikuti rencana bisnis yang telah dibuat serta memperbaruinya setiap tahun. Menambah ilmu mengenai bisnis dan marketing dan berkonsultasi dengan profesional di bidanganya akan membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri serta timbulnya inovasi baru.

kesimpulan

Kesimpulan

Memulai bisnis kuliner memanglah sangat penuh tantangan ditambah lagi banyaknya pesaing yang mungkin saja meniru prooduk makanan yang diperjualbelikan.

Karenanya penjual haruslah terus menerus melakukan inovasi sehingga produk tidak hanya jalan di tempat melainkan bisa terus berkembang hingga bisa membuka cabang.

Melakukan survei terhadap pelanggan dan pasar serta selalu mendengarkan keinginan konsumen juga bisa membantu pelaku bisnis kuliner dalam meningkatkan berbagai inovasi sehingga bisnis bisa selangkah lebih maju dibandingkan kompetitor.

Penggunaan berbagai fitur social media secara maksimal akan membantu untuk promosi produk secara gratis dan juga mudah. Selalu cari tahu konten dan trend terbaru yang cocok dengan produk juga akan membantu insight social media meeningkat.

Selalu lakukan interaksi dengan pengunjung serta merespon segala keluhan dengan baik akan membuat konsumen merasa didengarkan sehaingga akan menjadi pelanggan.

Jangan lupa untuk selalu mengecek keuangan bisnis kuliner yang dijalani agar hasilnya terus bertambah dan sesuai dengan usaha yang dikeluarkan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.