pengertian media sosial

Pengertian Media Sosial, Jenis, Manfaat dan Dampaknya untuk Masyarakat

Pengertian media sosial memang harus dimengerti oleh kaum millennial masa kini. Karena dengan menguasai sosmed, maka Anda bisa menguasai dunia.

Hampir semua orang memerlukan smartphone di zaman yang serba canggih ini. Adanya beragam media sosial membuat setiap individu ingin berinteraksi secara online maupun hanya sekedar memuaskan diri saat menjelajahi dunia maya.

Pengertian media sosial sendiri merupakan wadah bagi setiap individu untuk berbagai aktivitas.

Bukan itu saja, Anda bisa melakukan banyak kegiatan seperti berjualan, berpromosi atau sekadar sharing pengalaman pribadi untuk teman-teman di media sosial. Jangkauan dan pengertian media sosial sendiri sangatlah luas.

Ada banyak jenis media sosial yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

pengertian media sosial

Yuk, Pahami Pengertian Media Sosial!

Social Media atau Media sosial merupakan media online yang dipakai untuk pemenuhan komunikasi jarak jauh, menjalin interaksi antar pengguna media dan tempat memperoleh informasi terkini melalui aplikasi tertentu dengan sambungan internet.

Pengertian media sosial ini hendaknya diketahui oleh masyarakat Indonesia.

Tujuan dan pengertian media sosial adalah sarana atau wadah komunikasi yang mampu menghubungkan satu individu (pengguna) dengan individu lain tanpa harus bertatap muka, tetapi memiliki jangkauan lebih luas.

Jadi, tidak hanya sekedar berkomunikasi dengan teman yang dikenal, tetapi juga bisa bertemu dengan teman baru di berbagai belahan negara lain.

Merujuk pada pengertian media sosial, wadah komunikasi ini bisa diakses dengan mudah dan cepat jika Anda memiliki koneksi internet stabil. Anda juga bisa melakukan pekerjaan yang melibatkan banyak pihak cukup melalui satu media sosial saja.

Sangatlah bermanfaat bukan?

Ketahui Jenis-jenis Media Sosial Berikut!

Sosial media yang berkembang di masyarakat saat ini tentu saja mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Salah satu pengembang media sosial bernama Kaplan dan Haenlein menyampaikan klasifikasi jenis-jenis media sosial, antara lain:

Konten

Pengertian media sosial secara singkat yakni sebagai wadah komunikasi. Salah satu jenis media sosial ini adalah konten. Contohnya seperti TikTok, Instagram, Youtube dan sebagainya. Isi dari media sosial berupa konten-konten menarik.

wordpress

Proyek Kolaborasi

Jenis sosial media proyek kolaborasi ini berbentuk sebuah website dengan memberikan keleluasaan kepada penggunanya. Anda dapat mengakses website tersebut dengan melakukan banyak kontribusi seperti menambah, mengubah hingga menghapus isi konten.

Contoh dari proyek kolaborasi ini adalah WordPress, Wikipedia, Medium dan sebagainya. Meskipun bebas melakukan banyak aktivitas di dalamnya, pencipta website tersebut tetap memberikan aturan-aturan yang perlu disepakati.

Blog dan Mikroblog

Bagi Anda yang lebih suka bercerita ataupun sharing informasi, nampaknya jensi blog dan mikroblog adalah solusi untuk menjadi media sosial utama. Sarana media blog memungkinkan setiap pengguna mengekspresikan ide atau kritikan apa saja.

Contoh medianya yakni Facebook, Twitter, blogger, wordpress, dsb.

Social World Virtual

Perangkat VR atau virtual reality digunakan sebagai wadah komunikasi untuk dunia sosial virtual. Pemasangannya diletakkan pada area mata manusia, sehingga akan tampak seperti nyata. Contohnya dari media sosial jenis ini yakni second life.

game vr

Game World Virtual

Gaming atau bermain game adalah kegiatan seru untuk melepas penat dan meningkatkan mood. Ternyata, game online termasuk jenis wadah komunikasi sesuai pengertian media sosial seperti penjelasan sebelumnya.

Game virtual dapat mempertemukan para pemain untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi di internet. Biasanya setiap pemain berupa gambar avatar khusus. Banyak sekali ragam game online yang bisa Anda gunakan, misalnya saja Mobile Legend, Free Fire, The Simpson, dll.

Situs Jejaring Sosial

Pengertian media sosial yang sifatnya lebih ke personal pengguna adalah situs jejaring sosial. Jenis ini memberikan izin kepada pengguna agar dapat terhubung dengan informasi pribadi yang sudah dibuat. Informasi pribadi ini lebih merujuk pada video, foto, tulisan dan sejenisnya.

Beberapa platform media sosial yang sering digunakan masyarakat adalah Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn hingga TikTok. Sebagai contohnya, instagram menjadi salah satu platform media sosial paling banyak diunduh di seluruh dunia.

Aktivitas yang dilakukan mulai dari sharing foto, video, story hingga jualan produk.

ragam manfaat

Ragam Manfaat Media Sosial

Pengertian media sosial telah kami sebutkan dan jelaskan di atas. Beberapa manfaat yang didapatkan dari penggunaan media sosial adalah:

Informasi aktual

Informasi yang disuguhkan di media sosial berisi berita aktual dan terkini. Konten yang dibagikan setiap pengguna biasanya merupakan aktivitas terbaru. Selain itu, Anda juga bisa mencari berbagai informasi terupdate tentang apa saja sesuai kebutuhan.  Media sosial apa yang sering Anda gunakan?

Komunikasi real-time

Media sosial memberikan ruang yang luas untuk Anda berkomunikasi secara real time dengan saudara, teman atau relasi kerja. Beberapa platform media sosial bisa Anda gunakan untuk saling berbagi kabar, informasi atau rapat sekalipun.

Komunikasi real-time berbentuk chatting atau telepon, bahkan juga bisa video. Manfaat inilah yang membuat sebuah jarak bukan menjadi penghalang untuk membangun komunikasi yang baik dengan pihak lain.

Meskipun berbeda wilayah dan tidak memiliki waktu bepergian, pesan Anda akan tetap tersampaikan melalui sosmed.

Peningkatan brand-awareness

Anda merupakan sosok individu yang memiliki brand-awareness sendiri, baik untuk label pribadi maupun bisnis yang sedang dijalankan. Penggunaan media sosial akan memberikan manfaat berupa peningkatan brand-awareness.

Jika Anda adalah pelaku bisnis, maka produk dapat dikenalkan kepada konsumen dengan mudah dan cepat. Selanjutnya, konsumen akan mudah terhubung dengan Anda sebagai pelaku bisnis dan menaruh loyalitasnya pada produk yang dijual.

Peningkatan search engine

Aktif dan rajin berkunjung ke media sosial Anda akan menaikkan trafik juga search engine di internet. Pengunjung akan berdatangan karena kata kunci dari media sosial Anda bisa jadi berada di tempat paling atas atau paling populer. Terlebih lagi jika Anda membuat promosi-promosi menarik.

Isi konten yang diunggah boleh berbagai macam. Misalnya saja, Anda sebagai blogger. Maka, agar pengunjung bisa melihat artikel yang dibuat, Anda harus mengupload tulisan sebanyak mungkin dengan menggunakan keyword tertentu.

Selain itu, bisa juga membahas hal-hal yang saat ini sedang trend di masyarakat.

Relasi luas

Adanya media sosial yang berkembang pesat akan memperluas jaringan komunikasi untuk para penggunanya. Semakin lama, Anda akan mendapatkan relasi baru dan otomatis jaringannya semakin meluas.

Membangun relasi dengan pihak lain akan mendatangkan banyak keuntungan bagi Anda sendiri, baik secara individu maupun untuk dunia bisnis. Jika Anda sedang menjalankan bisnis, cobalah untuk terus mencari relasi terbaik dari berbagai kalangan agar target pasar dapat dituju.

Dampak Media Sosial untuk Individu dan Dunia Bisnis

Memahami pengertian media sosial memang memberikan banyak kemudahan dan manfaat bagi kehidupan manusia, khususnya memperluas jaringan komunikasi antar individu. Akan tetapi, media sosial pasti memberikan 2 sisi, yakni dampak positif dan negatif. Apa sajakah dampak yang dapat ditimbulkan?

Dampak Positif

Berdasarkan pengertian media sosial yang menjelaskan adanya kemudahan dan kecepatan akses komunikasi, maka dampak positif untuk setiap individu maupun dalam dunia bisnis yang akan diperoleh antara lain:

dampak positif

Individu

Memperluas jaringan pertemanan

Ketika menggunakan sosial media, tentu saja isi konten didalamnya dapat dilihat oleh banyak orang, baik itu teman maupun orang asing di internet. Karena pengertian media sosial sejatinya merupakan ruang maya publik.

Jika konten media sosial Anda bagus dan bermanfaat, akan kemungkinan akan disukai oleh orang lain, sehingga mereka mencoba untuk menjadi teman Anda.

Teman yang sebelumnya tidak kenal sama sekali, justru bisa menjadi teman baru yang asyik untuk diajak ngobrol secara online. Apalagi jika Anda mendapatkan kenalan dengan teman luar daerah atau luar negeri.

Ketika hendak travelling, perjalanan Anda akan terasa lebih mudah. 

Meningkatkan energi positif dalam diri

Media sosial memberikan akses kepada setiap penggunanya untuk bebas melakukan kegiatan. Apa saja yang Anda bagikan pastinya merupakan apa yang Anda sukai. Secara tidak langsung, dapat membuat Anda lebih bahagia hingga energi positif pun muncul dan meningkat.

Sehingga pengertian media sosial benar-benar sesuai dengan yang diharapkan dari aplikasi tersebut.

Menambah banyak pengetahuan

Beragam informasi dan pengetahuan di media sosial bisa Anda lihat dengan mudah. Banyak hal yang sebelumnya tidak diketahui, bisa sangat mudah ditemukan hanya dengan ketikan jari-jari mungil Anda.

Pengetahuan yang dibagikan di media sosial ini mulai dari pengetahuan umum hingga petikan kisah kehidupan yang dapat diambil sisi baiknya. Sehingga, semakin banyak pengetahuan yang Anda serap melalui media sosial, maka cara pandang Anda juga semakin luas.

positif bisnis

Dunia bisnis

Penjualan produk akan meningkat

Apakah Anda sebagai pengguna media sosial aktif? Apakah Anda juga seorang pebisnis? Ya, pada kenyataannya, sekarang ini promosi produk banyak dilakukan di media sosial. Dampak besar dari media sosial akan membawa keuntungan besar bagi sebuah perusahaan.

Produk yang dipasarkan di media sosial dengan tampilan menarik, akan dilirik konsumen dan mendatangkan konsumen baru. Kemudian, secara otomatis penjualan produk meningkat pesat dan profit yang didapatkan juga bertambah besar.

Bisnis Anda juga akan terus berkembang seiring branding produk yang menguat.

Agar bisnis yang dijalankan tetap stabil, Anda perlu memberikan informasi menyeluruh dan detail mengenai produk. Konsumen akan menaruh kepercayaan dan membeli produk jika informasinya jelas dan lengkap.

Hal ini harus dilakukan karena produk tidak dapat dipegang langsung oleh konsumen. 

Kredibilitas usaha semakin baik

Bisnis yang sudah dikenal masyarakat apalagi dari sosial media akan mengalami perkembangan yang sangat cepat. Kepercayaan masyarakat terbilang mahal, sehingga jika produk di internet laku keras, maka kredibilitas usaha juga semakin baik.

Perusahaan yang memberikan pelayanan terbaik juga akan mendapatkan tempat di hati konsumennya. Kualitas produk menjadi salah satu perhatian konsumen, sehingga hal tersebut harus benar-benar diperhatikan oleh pelaku bisnis.

Guna memperkuat brand dari produk Anda, disinilah peran media sosial. Buatlah tampilan profil perusahaan yang menarik dan terpercaya. Jadi, sudahkan bisnis Anda memiliki branding baik di pasar konsumen?

Kerjasama bisnis lebih luas

Ketika kredibilitas perusahaan baik dan semakin meningkat, muncul peluang besar untuk melakukan kerjasama dengan pihak lain. Artinya, bisnis dapat dikembangkan dan diperluas jaringannya. Relasi perusahaan juga bertambah, sehingga dapat memperlancar penjualan produk.

Dampak Negatif

Sisi positif akan selalu diimbangi dengan sisi negatif. Perkembangan media sosial yang semakin pesat juga memberikan dampak positif, baik untuk individu maupun para pelaku bisnis.

negatif individu

Individu

Kemampuan interaksi langsung berkurang

Intensitas yang terlalu lama di media sosial sangatlah berdampak buruk bagi setiap individu. Meskipun dapat berinteraksi dengan orang lain, tetapi hal tersebut tidaklah nyata. Sedangkan, setiap orang memerlukan interaksi langsung dengan orang lain.

Interaksi langsung akan membuat hubungan sosial terjalin lebih baik dan individu dapat mengenal dunia dengan segala macam sisi baik dan buruknya secara nyata. Terlebih lagi, penggunaan media sosial harus diawasi dengan ketat terhadap pengguna anak-anak dan remaja.

Gangguan kesehatan

Bermain media sosial secara berlebihan justru akan mengganggu kesehatan Anda. Mengapa bisa demikian? Tubuh manusia itu tidak hanya untuk rebahan saja, tetapi memerlukan gerak yang cukup. Semakin banyak rebahan, fungsi-fungsi tubuh tidak akan bekerja secara optimal.

Selain itu, komentar buruk di media sosial akan mempengaruhi kondisi psikologi seseorang. Tidak heran jika para influencer merasa tertekan oleh tuntutan netizen di media sosial. Menurut pengertian media sosial, interaksi luas dan cepat diperlukan. Namun, harus lebih bijak menggunakannya.

Membuang banyak waktu

Media sosial memang menjadi tempat yang asyik untuk dijelajahi. Kadangkala bermain media sosial dapat melupakan diri dari waktu yang sudah digunakan. Bahkan, sering kali lupa waktu hingga berjam-jam lamanya. Akibatnya, aktifitas yang lain pun tidak terselesaikan dengan baik.

negatif bisnis

Dunia bisnis

Produk yang diperkenalkan tidak sesuai

Akses mudah adanya media sosial dapat menimbulkan berbagai resiko kejahatan virtual. Tentu saja hal ini akan merugikan banyak pihak. Beberapa hacker akan berusaha meretas dan menyalahgunakan data-data pengguna untuk kepentingan tertentu.

Kebebasan promosi produk di media sosial membuat beberapa orang mulai melakukan penjiplakan produk. Selanjutnya produk akan dipasarkan ke konsumen dengan informasi yang ternyata tidak sesuai dengan kualitas aslinya.

Kondisi inilah yang membuat banyak produk palsu beredar di pasaran. Sebagai pelaku usaha, Anda harus melindungi produk atau merk dagang agar jika ada penyalahgunaan bisa ditindak secara hukum.

Sedangkan bagi Anda yang bertindak sebagai konsumen, lakukan pengecekan dengan teliti sebelum membeli produk/ jasa. Jangan tergiur dengan harga murah saja. Caranya, bandingkan informasi produk, penilaian dari para konsumen hingga bagaimana cara penjual merespon konsumen.

Persaingan bisnis tidak sehat

Media sosial yang semakin beragam berbanding lurus dengan persaingan bisnis yang semakin ketat. Bahkan berpotensi menimbulkan persaingan tidak sehat antar pelaku bisnis.  Para pioneer suatu produk akan bersaing sengit dan harus siap dengan para kompetitornya.

Ada kompetitor yang bersaing secara profesional, tetapi ada juga yang bersaing secara tidak sehat. Misalnya saja membuat campaign yang merujuk menjelekkan bisnis lain yang sejenis, sehingga menggiring opini konsumen untuk tidak membelinya lagi.

Ujaran tidak baik dari competitor bisa dikatakan sebagai pembohongan publik. Selain itu, akan lebih parah jika sampai adanya ancaman yang ditujukan kepada pihak lain. Cara mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan memperkuat brand agar konsumen tidak mudah percaya dengan kompetitor yang nakal ini. 

Penyampaian informasi hoax

Berita hoax yang marak berkembang akhir-akhir ini merupakan salah satu dampak negatif dari pesatnya perkembangan media sosial. Setiap individu bebas menyampaikan pendapat yang kadangkala tidak terkontrol. Selain itu, ada pula informasi yang dibuat-buat hanya untuk membuat kegaduhan.

Jika Anda kurang teliti, ada potensi untuk menyebarkan berita hoax semakin luas. Maka, alangkah lebih bijak setiap individu selalu menyaring setiap informasi yang didapatkan dan tidak diterima secara mentah-mentah. Jika merasa ragu, carilah banyak sumber yang berkaitan dengan informasi tersebut.

Berita hoax yang ditemukan di media sosial dan menjadi sebuah keresahan masyarakat luas dapat dilaporkan ke pihak berwajib. Indonesia sudah memiliki undang-undang yang mengatur jalannya media sosial yakni UU ITE.

Bijaklah Bermedia Sosial

Pengertian media sosial, jenis hingga dampak sesuai penjelasan di atas dapat memperluas pengetahuan Anda dalam memaknai adanya media sosial di zaman sekarang. Namun, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah sikap bijaksana dalam menggunakan media sosial agar lebih banyak keuntungan yang didapat dibandingkan sisi kerugiannya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *