pentingnya rencana bisnis dan contoh penerapannya

Pentingnya Rencana Bisnis dan Contoh Penerapannya

Rencana bisnis merupakan salah satu komponen yang harus dipersiapkan sebelum membuat sebuah usaha. Yuk ketahui informasi lengkapnya!

Jika Anda ingin berbisnis, pasti tentunya Anda memerlukan rencana bisnis agar bisnis Anda sukses. Layaknya pemain catur, seorang pemain catur memerlukan rencana untuk memenangkan suatu pertandingan hingga melakukan skak-mat lawannya.

Anda harus memikirkan rencana bisnis untuk mewujudkan visi perusahaan dan tentunya meraih kesuksesan dalam bisnis Anda. Sebaiknya sebuah perencanaan memuat SMART (Specific, Measureable, Achievable, Relevant, Timebound).

apa itu rencana bisnis

Apa Itu Rencana Bisnis?

Rencana bisnis adalah suatu pernyataan tertulis yang berisi visi atau tujuan yang ingin dicapai oleh suatu bisnis atau dokumen yang memuat bagaimana bisnis mencapai tujuan bisnisnya.

Rencana bisnis memuat tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang tergantung dari bagaimana dan kapan Anda ingin mencapai tujuan tersebut.

Meski terlihat simpel, sebenarnya hal ini tidak mudah. Banyak sekali ketidakpastian di masa depan yang sulit diprediksi sehingga banyak orang gagal dalam mencapai tujuan bisnisnya.

Mungkin Anda bisa saja melakukannya tanpa hal itu, tetapi itu terlalu beresiko. Layaknya trader saham yang masuk ke suatu saham tanpa rencana apapun. Tidak ada bedanya dengan judi dan jika berhasil, itu hanya keberuntungan semata.

Rencana bisnis bisa digunakan untuk menentukan tujuan dan juga tentunya menarik minat investor andai mereka sevisi atau tertarik dengan rencana Anda.

Rencana bisnis yang berkualitas harus memuat semua biaya dari keputusan perusahaan. Karena itu jarang sekali perusahaan mempunyai rencana yang sama.

Meski begitu mereka cenderung memiliki kecenderungan yang sama, yaitu dalam hal komponen atau elemen dari rencananya seperti ringkasan, deskripsi rinci, layanan dan pastinya produk usaha.

Minimal, rencana tersebut harus mencakup ringkasan dari industri yang dilakoni oleh usaha Anda.

tujuan rencana bisnis

Tujuan dari Rencana Bisnis

Memastikan Bisnis Sejalan dengan Visi dan Misi

Rencana bisnis bertujuan agar bisnis sejalan dengan visi dan misi perusahaan agar tidak melenceng dari tujuan, dengan kata lain agar selalu on track.

Selain itu bisa dijadikan analisa apa bisnisnya salah jalur atau sudah di jalur yang benar?

Jika salah jalur, harus segera kembali ke lintasan yang menuju tercapainya visi dan misi perusahaan.

Menghitung Kebutuhan Sumber Daya

Dalam berbisnis, Anda perlu tahu kebutuhan operasional agar bisa budgeting dengan benar. Misalnya tenaga ahli yang dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan.

Jadi Anda bisa mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk menggaji tenaga ahli tersebut sebagai pegawai Anda.

Contoh lain adalah gudang yang merupakan sumber daya untuk penyimpanan barang Anda, terutama saat permintaan produk Anda sedang naik-naiknya.

Anda bisa memprediksi biaya mulai dari menyewa orang, transportasi, sewa gudang. dll.

Memprediksi Kapan Bisnis Anda Break Even Point atau Profit

Dengan rencana bisnisyang baik, Anda bisa forecasting kapan bisnis Anda balik modal (break even point) atau mulai menghasilkan keuntungan.

Tidak mungkin dong Anda ingin bisnis Anda rugi terus-terusan? Bisnis dari awal dibuat untuk menghasilkan keuntungan, maka diperlukan timeline yang pasti sehingga target sudah mulai menghasilkan profit terlihat jelas.

Selain itu dengan hal ini, bisa memicu motivasi karyawan Anda karena bisa mencapai target.

Melakukan Evaluasi Rencana Bisnis yang Lain atau Selanjutnya

Tujuan terakhir adalah sebagai alat evaluasi bisnis Anda apakah sudah benar atau perlu ada yang diperbaiki dan evaluasi rencana bisnissebelumnya.

Jika terjadi hambatan atau kendala, Anda bisa memikirkan solusi untuk menambal masalah tersebut, dan memastikan tidak akan terjadi kesalahan yang sama.

Contohnya adalah jika terjadi masalah dalam laporan keuangan perusahaan, Anda bisa minta orang audit untuk mengecek laporan keuangan perusahaan Anda.

Selain itu jika penjualan sedang turun, Anda bisa bertanya kepada orang sales dan marketing atau analis data yang jago dalam hal menganalisis terutama analisis tren.

komponen perencanaan bisnis

Komponen Perencanaan Bisnis

Visi dan Misi Perusahaan

Visi dan misi penting karena dan identitas adalah hal penting bagi suatu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Contoh identitas perusahaan antara lain nomor akta pendirian, nama owner, surat izin usaha, dll.

Identitas diperlukan agar calon investor dan calon pegawai tertarik dengan perusahaan Anda, singkatnya bisa sebagai employer branding.

Gambaran Umum

Setelah visi, misi dan identitas perusahaan. Gambaran umum bisnis Anda adalah yang selanjutnya.

Gambaran umum dari bisnis antara lain industri yang dilakoni bisnis, jenis produk/barang, orientasi dan value yang dimiliki bisnis Anda. Dengan gambaran umum, masyarakat bisa memahami profil perusahaan Anda dengan jelas.

target market

Target Pasar

Target pasar jelas harus diketahui sebelum memulai bisnis karena mereka adalah yang memiliki peluang terbesar untuk membeli produk Anda.

Selain itu hal ini bisa meyakinkan investor tentang potensi keuntungan dari target pasar yang ditentukan.

Rincian Produk

Rincian produk diperlukan sebagai bukti bahwa Anda berbisnis dan menjual produk Anda. Rinciannya berupa harga, deskripsi, fitur, cara pakai dan keunggulannya.

Rencana Pemasaran

Jika produk sudah siap dipasarkan, selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan pendapatan? Salah satu cara di era digital sekarang adalah dengan digital marketing.

biaya operasional

Biaya Operasional

Ini harus diketahui agar tahu butuh berapa banyak modal untuk menjalankan usaha Anda.

Komponen ini adalah salah satu yang terpenting agar perusahaan Anda tidak kolaps karena gagal membayar biaya operasional.

BEP

BEP atau break even point maksudnya adalah titik impas atau saat Anda sudah balik modal dari kerugian.

Jika Anda bisa memprediksi kapan BEP terjadi, bisa dipastikan Anda juga akan tahu kapan bisnis Anda akan menghasilkan laba.

Profitabilitas

Karena tujuan usaha adalah meraih keuntungan, maka Anda perlu mengestimasi profit usaha Anda. Tujuannya adalah untuk memacu semangat Anda, karyawan, manajemen, dan investor.

Analisa Persaingan

Dalam berbisnis tentu ada namanya kompetitor. Analisa dengan baik pesaing Anda dan Anda bisa jadi pemenang.

Jenis-jenis Perencanaan Bisnis

Start-up

Business plan jenis start-up akan mengandung produk atau jasa yang akan ditawarkan ke khalayak ramai, analisa dan evaluasi pesaing/rival, analisa dan evaluasi pasar, pemasaran, resiko yang akan dihadapi, dan sistem manajemen yang akan dijalankan (contohnya hierarki, matriks, dll.).

Selain hal yang berkaitan dengan operasional yang baru saja dijelaskan, di dalam dokumen itu juga terkandung proyeksi laba, pemasukan, pengeluaran, serta cash flow perusahaan.

Jika rencananya lengkap bisa jadi senjata andalan untuk menarik minat investor untuk menyuntikkan modal di startup meski resikonya terbilang sangat tinggi.

Strategic

Strategic business plan adalah jenis rencana yang lebih rumit ketimbang rencana lainnya.

Di dalam dokumen ini, dimuat hal-hal yang spesifik dalam menjelaskan tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan.

Struktur plan ini berbeda di tiap perusahaan karena tiap perusahaan mempunyai tujuan yang berbeda. Tetapi, yang paling penting adalah harus ada visi perusahaan yang dicantumkan.

Rencana ini penting agar pemangku kebijakan bisa membuat keputusan sesuai dengan visi perusahaan.

Operations

Operations business plan hanya untuk internal perusahaan saja. Dokumennya berisi tentang aturan, SOP, dan tanggung jawab untuk orang-orang yang berkepentingan di dalam perusahaan.

Development

Development business plan menjelaskan bisnis yang akan dibuat. Di dalam dokumen ini dimuat seluruh kelengkapan organisasi perusahaan, administrasi, dan tanggung jawab tiap karyawan.

Karena hal itu, dokumen ini bisa dipakai oleh pihak internal dan eksternal.

Growth

Growth business plan menjelaskan kandungan perencanaan pengembangan perusahaan di masa depan.

Tujuan inti dari dokumen ini adalah untuk meraih investor sebanyak-banyaknya atau mendapatkan dana lebih banyak dari investor.

Jika dokumen ini dipakai oleh eksternal, dokumennya harus memuat penjelasan detail tentang perusahaan, struktur organisasi/manajemen perusahaan dan pihak-pihak yang menduduki posisi penting seperti direktur utama dan C level.

cara membuat perencanaan

Bagaimana Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Baik?

Karena tidak mudah, tentunya diperlukan cara untuk membuat rencana bisnis yang baik.

Berikut kami jelaskan cara membuatnya.

Perbanyak Riset

Anda harus memperbanyak riset sebelum membuat rencana bisnis.

Anda bisa memulainya dengan mempertanyakan apa-apa saja yang bisa dijawab dengan bisnis Anda. Selalu pakai rumus 5W + 1H dalam hal ini karena sangat simpel tapi sangat kuat metodenya.

Anda bisa memulai dari apa solusi bisnis yang akan Anda berikan kepada masalah pelanggan? Apa core value bisnis Anda? Apa yang menjadi keunikan produk atau jasa Anda?

Setelah bertanya pada diri sendiri, lakukan analisa pasar seperti lingkungan, masyarakat, kompetitor, dll. untuk membuat kebijakan yang baik dan menentukan tujuan perusahaan.

Buat Profil Perusahaan

Rencana bisnis yang baik harus memuat detail yang baik tentang perusahaan Anda. Anda bisa menuangkan itu dalam profil perusahaan Anda. Profil perusahaan Anda memuat nama, alamat, lambang, visi dan misi, serta target pasar.

Profil perusahaan yang baik akan membuat brand Anda dikenal masyarakat dan bisa menarik minat investor untuk menyuntikkan dana ke usaha Anda.

Tentukan Tujuan Bisnis Anda

Adanya tujuan bisnis dalam dokumen rencana bisnisbisa digunakan untuk meyakinkan investor untuk menanam modal dan membantu stakeholder untuk menahkodai perusahaan Anda ke arah yang benar.

Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen ini diperlukan untuk kredibilitas perusahaan. Contoh dokumennya adalah arus kas, lisensi, dll.

Jelaskan dengan Detail Produk Anda

Yang harus dijelaskan antara lain cara kerja, model, dan lain lain, yang Anda jawab dari riset pasar Anda.

Buat Rencana Pemasaran

Pemasaran yang baik bisa membangun bisnis Anda lebih baik lagi. Di jaman sekarang bisa dilakukan pemasaran digital dalam mengembangkan bisnis Anda dengan praktis.

Sesuaikan dengan Target Pembaca

Sama seperti copywriting, rencana bisnis juga harus disesuaikan dengan target pembaca.

Ada yang tujuannya untuk investor, internal, eksternal, stakeholder, dll. yang tentunya harus diberikan rencana yang berbeda-beda.

Pro tip: Buat analisis keuangan dan proyeksi keuangan

Salah satu tips agar usaha survive yang bisa dilakukan adalah melakukan analisa dalam keuangan perusahaan dan memproyeksikannya.

Beberapa hal yang wajib disampaikan dari hasil analisa adalah pemasukan, pengeluaran, neraca aset, serta utang dan piutang perusahaan.

Tujuan dari hal tersebut adalah memastikan keuangan perusahaan sehat, sehingga bisa naik level ke yang lebih tinggi.

Proyeksi keuangan juga penting dalam menggaet investor. Seorang investor tentunya ingin meraih keuntungan sebesar-besarnya dari modal yang ditanam. Anda wajib meyakinkan mereka bahwa Anda bisa memaksimalkan profit dari usaha Anda.

Hasil periode penjualan tertentu juga wajib dicantumkan, prediksi pengeluaran dan pemasukan pada beberapa tahun berikutnya sebagai forecast. Jangan lupa untuk membuat modelnya secara realistis dan akurat.

contoh kofisyop

Contoh Perencanaan Bisnis Toko Kopi (Coffee Shop)

Agar Anda semakin paham cara membuat rencana bisnis, berikut kami berikan contoh perencanaan bisnis toko kopi.

Nama bisnis: Super Coffee Shop

Bidang usaha: kuliner/makanan/minuman/FnB

Visi:

Kedai kopi yang menjadi pikiran pertama pada anak-anak muda dan orang tua untuk singgah dengan kenyamanan level atas dan menikmati kopi dengan rasa luar biasa.

Misi:

Membuat kopi yang lezat dan tren untuk anak-anak muda dan orang tua

Menyediakan kenyamanan dan estetika tempat untuk menikmati kopi

Deskripsi bisnis:

Super Coffee Shop adalah bisnis kuliner yang menyediakan kopi level top untuk anak-anak muda dan orang tua. Dilengkapi dengan tempat yang nyaman sehingga pelanggan bisa lama dan menikmati kopi lebih banyak.

Keunikan produk:

Kualitas kopi dibuat dari biji kopi pilihan dari barista terbaik di negeri ini.

Rincian produk:

  1. Kopi espresso
  2. Kopi arabika
  3. Kopi robusta
  4. Kopi hitam
  5. Kopi susu
  6. Cappuccino
  7. Moccacino
  8. Kopi Arabika Toraja
  9. Kopi Flores Bajawa

Target pasar :

Anak-anak muda pecinta kopi dengan penghasilan menengah ke atas dan juga orang-orang tua yang biasa bekerja di malam hari, serta pegawai shift malam.

Rencana pemasaran:

Membuka coffee shop di berbagai kota

Mengoptimalkan sosial media dan menggunakan digital marketing

Menggunakan jasa food vlogger, food blogger, youtuber, influencer, tim marketing untuk promosi dan endorse

Membuat event grand opening yang mengundang anak muda serta bintang tamu untuk branding di awal.

Sumber daya manusia:

  1. Ariq (pemilik bisnis)
  2. Beda (Business Development)
  3. Cokro (Product Manager)
  4. Dodi (Barista)
  5. Edi (Social Media Officer)

Biaya operasional yang diperlukan:

  1. Peralatan untuk membuat kopi
  2. Bahan-bahan untuk membuat kopi
  3. Sewa ruko
  4. Gaji pegawai seperti barista, waiter, dll.
  5. Biaya tidak terduga

Total :

Jenis pengeluaranBiaya (rupiah)
Peralatan untuk membuat kopi10 juta
Bahan-bahan untuk membuat kopi7 juta
Sewa ruko16 juta per tahun
Gaji pegawai30 juta
Biaya tidak terduga10 juta
Total73 juta

Target dan Timeline Bisnis

Jangka waktuTarget
1 tahunMendapatkan 10-30 pelanggan per hari dan ada yang jadi pelanggan tetap
2 tahunMembuka cabang di kota lain yang dekat dengan toko
3 tahunMendapatkan >50 pelanggan per hari di masing-masing cabang
4 tahunBekerja sama dengan perusahaan lain untuk endorse, investasi, dll.
5 tahunMembuka franchise dan memperbanyak cabang usaha lewat metode tersebut
pentingnya bisnis

Pentingnya Rencana Bisnis

Dalam melakukan apapun tentu perlu rencana, termasuk juga dalam berbisnis. Anda memerlukan rencana bisnis agar bisnis Anda bisa sukses.

Tujuan rencana bisnis adalah memastikan usaha Anda tidak salah jalan, perhitungan biaya agar perusahaan tidak kolaps, memprediksi kapan bisnis Anda akan balik modal dan menjadi alat evaluasi.

Dengan mengetahui komponen pada rencana bisnis, Anda bisa membuat jenis-jenis rencana yang terukur dan akurat untuk bisnis Anda.

Cara untuk membuat rencana bisnis yang baik meliputi riset, profil perusahaan, menentukan tujuan, penyiapan dokumen, penjelasan fitur dan benefit produk, rencana pemasaran, dan sesuai target pembaca Anda.

Salah satu rencana pemasaran yang baik pada rencana bisnis adalah digital marketing.

Anda ingin rencana bisnis Anda sukses dengan digital marketing? Terus kunjungi website kami ini untuk mencari informasi selanjutnya, ya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.