4 Tips dan Trik Edit Foto Untuk Social Media dan Bisnis

4 Tips dan Trik Edit Foto Untuk Social Media dan Bisnis

Eksis di social media kini menjadi kesenangan yang dicari banyak orang.

Kemudahan dalam membuat akun di berbagai platform dan juga ketenaran yang akan di dapatkan setelah terkenal di social media menjadikan banyak orang berusaha untuk membuat akun yang dimiliki semakin apik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat konten di social media menjadi estetik dengan ciri khas sendiri. Hal ini tentunya dibutuhkan kemampuan yang mumpuni agar bisa mendapatkan hasil edit foto yang unik.

Konten gambar berupa foto diri dan pemandangan yang apik juga bisa membuat seseorang menjadi tenar dengan cara mudah. Bahkan tidak mungkin untuk membuka jalan sebagai influencer.

Tidak hanya itu, sebuah konten gambar yang diedit dengan baik juga berguna untuk bisnis ke depannya. Hal ini karena banyak bisnis yang selalu mempromosikan produknya melalui social media. Sehingga dibutuhkan konten gambar yang bagus agar makin banyak pelanggan tertarik.

Selain itu, dengan menghias konten feed Instagram dengan tema tertentu akan membuat konsumen betah dan ingin membeli produk yang ditawarkan.

Karenanya agar hasil edit foto semakin apik, ketahui dulu manfaat dan juga tips edit foto agar makin estettik.

manfaat edit foto untuk social media

Manfaat Edit Foto Untuk Social Media

Terkenalnya seorang influencer di social media biasanya berawal dari banyaknya orang yang menyukai foto yang di posting di akunnya.

Hal ini karena seorang konten kreator biasanya memiliki konsep foto yang berbeda dengan orang lain sehingga disukai dan dijadikan referensi untuk gaya berfoto bagi banyak orang.

Selain itu dengan memiliki kemampuan dalam mengedit foto yang baik maka seseorang akan lebih percaya diri untuk mengunggah fotonya di social media sehingga menjadi kenang-kenangan apabila sudah lama tidak berkunjung ke tempat tersebut.

Tidak hanya itu, kebiasaan sebagian besar orang yang selalu mengadakan sesi foto bersama saat menghadiri berbagai kegiatan tertentu membuat edit foto dibutuhkan agar hasilnya lebih bagus dan juga cocok untuk dijadikan bahan dokumentasi.

Selain itu, berikut beberapa alasan melakukan edit foto yang apik bagi social media.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sebelum mengunggah sebuah foto di social media biasanya seseorang melihat dulu apakah foto yang dimasukkan sudah cocok atau memerlukan berbagai polesan agar hasilnya semakin menawan.

Dalam hal ini, biasanya banyak orang melakukan edit foto dengan menambahkan stiker, filter, atau juga pencahayaan dalam foto agar hasilnya menjadi lebih baik dan juga lebih estetik.

Akan tetapi, seseorang juga bisa melakukan berbagai gaya foto dengan angle yang tepat agar hasil foto bisa lebih bagus. Salah satu tips yang dilakukan adalah memanjangkan kaki ke depan dan juga memotret obyek dari bawah agar hasilnya terlibat bagus.

Hasil dari edit foto yang bagus juga bisa meningkatkan rasa percaya diri apalagi saat foto yang diunggah di social media mendapatkan banyak respin tentu akan membuat hati senang dan semakin semangat untuk melakukan kegiatan dokumentasi melalui foto.

Sebagai Kenang-kenangan

Setelah melakukan kegiatan seperti piknik atau tamasya, banyak orang biasanya melakukan sesi foto bersama. Hal ini dilakukan untuk dokumentasi dan juga kenang-kenangan yang dapat dicetak dan dipajang.

Dengan melihat foto lama, seseorang biasanya merasakan memori saat foto diambil dan juga berbagai kenangan pun bisa timbul sehingga muncul perasaan nostalgia yang menyenangkan.

Apalagi jika foto yang diambil merupakan dokumentasi dari kegiatan penting seperti perayaan kelulusan atau ulang tahun yang mungkin saja tidak akan terulang lagi.

Karenanya edit foto pun diperlukan agar kegiatan yang dipotret pun hasilnya lebih bagus dengan bantuan kamera dan cahaya yang memadai. Anda pun bisa menggunakan berbagai konsep dan tema yang menarik agar hasil dari gambar pun lebih unik dan memiliki kesan yang mendalam.

kegunaan edit foto untuk social media

Kegunaan Edit Foto Untuk Bisnis

Memiliki dokumen foto dengan hasil yang bagus tentunya juga mempermudah dan melancarkan bisnis yang dilakukan. Dengan adanya foto produk yang bagus maka pembeli lebih tertarik pada barang yang ditawarkan sehingga akan meningkatkan omzet penjual.

Saat ini, banyak juga brand yang mempercantik akun social media yang dimiliki agar disukai oleh konsumen dan memberikan nilai tambah pada brand awareness.

Berikut kegunaan lainnya melakukan edit foto pada social media untuk promosi bisnis.

Mempercantik Akun Social Media

Penggunaan social media yang semakin luas saat ini juga dimanfaatkan berbagai perusahaan untuk mempromosikan produknya agar bisa bersaing dengan kompetitor lain.

Tidak hanya itu, penggunaan social media pun bisa dimanfaatkan secara maksimal agar bisa menarik minat pelanggan. Salah satunya adalag dengan membuat berbagai konten yang menarik agar dikunjungi terus menerus oleh konsumen.

Melakukan edit foto pada setiap konten yang di upload akan membuat postingan gambar menjadi lebih cantik. Dengan memiliki foto produk yang profesional maka akan membuat produk terlihat profesional dan elegan sehingga pembeli akan lebih percaya.

Memiliki gambar produk yang jelas juga akan meningkatkan social media marketing yang cocok untuk digunakan di berbagai platform khususnya Instagram yang berfokus pada konten foto dan video.

Salah satu tips yang bisa digunakan agar hasil foto produk bisa dilirik konsumen adalah dengan menentukan ciri khas warna pada setiap konten yang dibuat agar hasilnya pun lebih seragam.

Selain itu pengguna juga bisa memberikan gambar produk yang jelas dan dipadupadankan dengan background yang lucu serta tulisan yang menarik agar disukai oleh konsumen.

Pastikan juga hasil dari edit foto yang akan di upload tidak blur serta tidak terpotong saat di upload di social media.

Membuat Konsumen Lebih Tertarik

Dengan adanya social media dengan konten yang menarik tentunya akan membuat konsumen lebih tertarik dan menimbulkan rasa kepo pada setiap konten yang ada.

Tak hanya itu, social media kini menjadi halaman utama yang dikenal oleh konsumen sebelum mengetahui produk yang dipromosikan.

Ditambah lagi jika menggunakan jasa influencer untuk melakukan endorse pada produk anda maka memiliki akun Instagram dengan feed yang rapih dan bagus akan membuat konsumen lebih tertarik pada aproduk yang dipromosikan.

Memiliki konten di Instagram yang menarik juga akan meningkatkan keberhasilan sebuah brand perusahaan. Hal ini terbuki dengan banyaknya konsumen baru yang lebih dulu tertarik pada konten Instagram daripada produknya dulu.

Apabila dikembangkan maka pengikut tersebut akan tertarik pada produk yang dijual berkat adanya konten gambar yang memikat.

Salah satu cara untuk memotret gambar produk yang bagus adalah dengan menonjolkan produk yang dipromosikan dan memilih angle yang tepat disertai juga properti tambahan yang mendukung keindahan produk.

Karenanya jangan lupa rapihkan feed Instagram untuk menarik lebih banyak konsumen.

Bisa Digunakan Untuk Kebutuhan Promosi

Foto produk yang bagus tidak hanya bisa digunakan untuk kebutuhan social media, melainkan juga bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan promosi produk.

Beberapa kegunaan dari foto produk adalah sebagai deskripsi produk yang digunakan di jasa pesan antar makanan. Penggunaan foto yang apik dan detail juga akan membuat pembeli lebih yakin pada makanan yang dipesan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Selain itu, apabila penjual membuka offline store maka berbagi foto tersebut bisa digunakan untuk dicetak di banner atau buku menu sehingga konsumen bisa melihat pada deskripsi barang dna tertarik untuk membeli.

Akan tetapi, sebelum mencetak gambar di banner, flyer, atau buku menu sebaiknnya penjual memberikan resolusi yang berbeda di tiap fotonya agar gambar yang di cetak tidak di blur sehingga hasilnya pun akan lebih bagus.

jenis foto produk yang bisa digunakan

Jenis Foto Produk yang Bisa Digunakan

Agar hasil dari foto produk semakin bagus dan menarik perhatian pembeli maka penjual sebaiknya menggunakan berbagai jenis foto yang berbeda. Teknik memotret ini bisa dilakukan sendiri atau memakai jasa foto produk profesional agar hasilnya semakin apik.

Menggunakan Metode Ghost Mannequin

Jenis foto pertama yang bisa digunakan agar hasil dari foto produk semakin bagus adalah dengan menggunakan teknik ghost mannequin, Dengan menggunakan teknik ini, penjual hanya memerlukan sebuah manekin dan juga produk baju yang akan difoto.

Teknik ini dinilai lebih mudah kerena pengguna tidak memerlukan biaya lebih untuk menyewa jasa model dan juga manekin yang dipakai pun bisa digunakan kembali untuk pajangan di toko.

Hasil dari foto ini sendiri bisa diunggah di berbagai market place sebagai deskripsi barang agar pembeli bisa melihat kondisi barang secara detail.

Apabila pengguna memiliki banyak variasi mannequin full body yang berbeda maka anda bisa memaduapadankan dengan berbagai bawahan agar pembeli bisa memiliki bayangan saat memakai setelan tersebut.

Namun ketika hasil pengambilan foto dirasa masih kurang bagus maka pengguna bisa melakukan edit foto yang sesuai dengan keinginan menggunakan berbagai aplikasi edit foto yang ada.

Dalam proses pengambilan gambar, pastikan pengaturan cahaya dan juga posisi agar hasilnya lebih fokus dan bisa menarik pembeli. Pemberikan background yang apik jug akan membuat gambar terlihat rapih dan enak dipandang mata.

Jangan lupa juga untuk mengubah foto ke berbagai ukuran agar bisa diunggah di berbagai market place dan juga social media yang dimiliki.

Pakai Background Polos

Teknik foto kedua yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan background polos. Metode pengambilan gambar ini biasanya digunakan untuk memotret makanan atau berbagai produk rumah tangga sehingga hasilnya terlihat lebih detail.

Pengguna juga bisa memasangkan background polos dengan aksesoris tambahan agar hasilnya terlihat lebih cantik dan menawan.

Beberapa jenis warna yang biasanya digunakan untuk background adalah warna putih atau warna-warna terang lainnya tergantung produk yang akan dipoto.

Apabila penjual belum memiliki modal yang lebih untuk membeli berbagai macam kain, penggunaan kertas berwarna atau tembok bisa menjadi alternatif agar hasil foto terlihat lebih bagus.

Bikin Makin Keren dengan Lifestyle Photography

Teknik selanjutnya yang biasanya digunakan dalam pengambilan gambar makanan adalah lifestyle photography. Dengan menggunakan teknik ini, pembeli bisa melihat hasil makanan sesuai dengan bentuk aslinya baik dari segi ukuran dan juga warna makanan.

Dalam pengambilan gambarnya, penjual bisa mengkombinasikan dengan berbagai aksesoris tambahan seperti alat makan dan juga teko beraneka warna agar hasilnya lebih menarik. Penjual juga bisa melakukan edit foto agar hasilnya sesuai dangan tema brand yang diusung.

Ajak Model untuk Foto Fashion

Penggunaan model untuk berbagai foto fashion tentu saja bisa dilakukan agar hasilnya bisa dijadikan referensi oleh konsumen. Penggunaan teknik ini biasnaya digunakan oleh brand fashion terkenal menggunakan berbagai tema tertentu tergantung pada produk yang akan dirilis.

Agar hasil dari foto produk fashion lebih menarik, pengguna bisa menggunakan foto diluar ruangan yang memiliki banyak eksterior yang mendukung hasil dari foto tersebut.

Akan tetapi bila menggunakan tema outdoor, pengguna sebaiknya mengetahui cuaca yang tepat agar proses pemotretan lebih lancar dan tidak ada hambatan.

Gunakan Juga Berbagai Perangkat Pendukung

Banyaknya jenis foto produk yang bisa digunakan sebagai referensi untuk mengambil gambar yang menarik konsumen tentunya harus di dukung oleh berbagai perangkat pendukung yang memadai.

Penjual bisa menggunakan kamera agar hasil dari foto yang dihasilkan menjadi lebih bagus dan memiliki resolusi yang tinggi. Akan tetapi pengguna juga bisa menggunakan handphone untuk memoto produk dan tetap mendapatkan hasil foto yang bagus.

Selain itu, pengguna juga memerlukan perlengkapan tambahan seperti tripod agar hasil foto lebih konsisten dan bisa mengambil gambar lebih banyak dalam waktu yang cepat. Penggunaan tripod juga membantu agar konsumen tidak lelah dalam mengambil gambar.

Jadi teknik foto apa yang akan anda gunakan?

peluang bisnis dan usaha edit foto

Peluang Bisnis dan Usaha Edit Foto

Banyaknya pengusaha yang mulai memaksimalkan penggunaan social media tentunya memerlukan konten foto produk yang bagus agar menarik perhatian konsumen,

Sayangnya masih banyak penjual yang belum mengetahui jenis konten foto yang bagus sehingga memilih foto secara asal dan hasilnya akan membuat social media yang dimiliki menjadi kurang peminat.

Hal ini bisa jadi peluang bagus bagi seseorang yang memiliki kemampuan lebih dalam bidang fotografi untuk membuka jasa edit foto atau memotret produk yang diinginkan penjual.

Jasa Foto Produk

Sebuah produk yang bagus sebaiknya di dukung juga dengan konten foto yang bagus. Hal ini untuk membuat menarik pelanggan yang melihatnya di social media atau market place tertentu.

Dalam menghasilkan foto produk yang bagus tentu harus di dukung dengan teknik yang tepat dengan berbagai gadget dan aplikasi yang mendukung. Sayangnya, tidak banyak penjual yang mempersiapkan hal ini atau malah kebingungan dalam memotret produk yang tepat.

Karenanya jasa foto produk ini bisa dikembangkan mengingat banyaknya usaha yang terus buka setiap harinya sehingga memerlukan foto produk yang apik agar barang yang dijual semakin bagus.

Apabila anda ingin membuka jasa foto produk maka bisa dimulai dengan membuat portofolio dan memasarkan jasa anda di berbagai social media seperti Facebook atau Instagram agar hasil foto bisa dilihat oleh banyak konsumen.

Berbagai produk yang sedang berkembang tentunya memerlukan branding yang tepat agar mudah diingat oleh konsumen. Salah satu teknik marketing yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki logo yang dipasang di kemasan.

Logo produk sendiri bisa berupa gambar atau tulisan yang menggambarkan produk yang dipasarkan. Untuk memilih logo yang sesuai, penjual bisa mencari di internet atau menyewa jasa pembuatan logo.

Dalam proses pembuatan logo, pengguna bisa berkonsultasi mengenai logo yang diinginkan agar sesuai dengan permintaan dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Selain itu, tentukan logo yang unik dan lucu agar mudah diingat oleh pembeli.

Jasa Reparasi Foto Jadul

Sebuah foto yang dicetak dalam waktu lama biasanya akan memudar dan berubah warna menjadi hitam putih. Hal ini akan membuat kualitas foto menjadi menurun, namun masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan jasa reparasi foto jadul.

Dengan menggunakan jasa ini hasil dari foto yang awalnya memburuk bisa berubah seperti baru lagi. Sebelum membuka jasa ini, anda sebaiknya memastikan konsumen yang dituju serta memiliki kemampuan yang di dukung dengan aplikasi yang sesuai.

Bisnis Cetak Foto

Meskipun saat ini banyak orang yang melakukan foto dengan handphone namun jasa cetak foto saat ini masih laris manis. Hal ini karena beberapa foto biasanya cocok untuk dipajang dan bisa dijadikan hiasan di rumah atau kantor.

Selain itu, saat ini masih banyak berkas yang mengharuskan untuk mencetak foto seperti yang digunakan di kartu tanda penduduk dan paspor. Tak hanya itu, pelamar kerja pun biasanya diwajibkan untuk melampirkan pas foto di berkas lamaran yang dikirim.

Pengguna juga bisa mencetak foto dengan menggunakan polaroid agar hasilnya bisa lebih estetik dan bisa dibawa kemana saja. Anda juga bisa mengedit foto tersebut agar hasilnya lebih sesuai dnegan keinginan konsumen.

4 tips agar edit foto makin menarik

4 Tips Agar Edit Foto Makin Menarik

Sebelum membuat konten di social media atau mengunggah foto produk agar lebih menarik, pengguna sebaiknya mengetahui beberapa strategi agar edit foto memiliki daya tarik bagi yang melihat.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar edit foto semakin menarik.

Tentukan Konsep

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konsep foto yang akan dimasukkan ke social media. Apakah menggunakan konsep vintage atau colorfull? Hal ini dilakukan untuk menentukan kecerahan foto yang cocok.

Selain itu, dengan menentukan konsep yang cocok terlebih dahulu, pengguna bisa merancang tempat yang tepat, outfit yang mendukung, serta berbagai aksesoris tambahan yang dibutuhkan agar hasil foto semakin sesuai.

Pilih Foto yang Sesuai

Langkah kedua yang dilakukan dalam melakukan edit foto adalah memilih foto yang seuai, apakah foto yang dipilih dengan ukuran full body atau dalam ukuran landscape dan potrait? Pemilihan foto dilakukan agar hasil edit foto sesuai konsep yang diinginkan.

Terkadang juga dala sebuat foto yang diambil, resolusi foto kurang bagus atau pose tidak sesuai dengan keinginan sehingga pengguna bisa melakukan pemotretan ulang atau menghapus foto tersebut apabila sudah tidak bisa diselamatkan dengan edit foto.

Ketahui Ukuran yang Tepat

Berbagai platform social media saat ini memiliki ukurannya sendiri dalam unggahan foto. Karenanya pengguna sebaiknya mengetahui ukuran foto yang tepat agar hasilnya tidak terpotong dan sesuai dengan frame yang diminta.

Tidak hanya itu, saat mencerak berbagai brosur atau flyer biasanya percetakan menentukan ukuran yang diminta, sehingga pengguna juga harus menyiapkan ukuran dari foto yang diminta agar hasilnya lebih bagus.

Gunakan Filter untuk Mempercantik

Bagi pengguna social media, aktivitas edit foto makin mudah dengan hadirnya berbagai filter yang bisa digunakan secara gratis. Salah satunya adalah platfrom Instagram yang menyediakan berbagai filter yang bisa dipilih saat menggunakan fitur upload foto atau Instagram Story.

Selain itu berbagai aplikasi juga menggunakan filter yang dapat mempercantik foto atau membuat foto semakin lucu. Salah satunya aplikasi Snow dimana pengguna bisa memilih berbagai filter foto dan video yang dapat diunggah ke berbagai social media.

aplikasi dan gadget yang digunakan

Aplikasi dan Gadget yang Digunakan

Guna menghasilkan hasil edit foto yang bagus tentunya dibutuhkan berbagai gadget dan juga aplikasi yang mendukung.  Beberapa gadget dan aplikasi ini sering direkomendasikan banyak orang agar hasil dari edit foto semakin bagus.

Handphone dan Laptop

Gadget pertama yang harus dimiliki adalah Handphone atau Laptop. Memiliki gadget dengan kualitas yang mumpuni tentu saja akan membantu dalam menghasilkan edit foto yang bagus.

Pastikan juga gadget tersebut memiliki memori yang cukup agar dapat menyimpan berbagai hasil gambar yang telah diedit serta bisa mengunduh berbagai aplikasi yang dapat mendukung dalam edit foto.

Photoshop

Tidak hanya di dukung dengan gadget yang mumpuni, sebuah hasil foto yang bagus tentunya harus di dukung dengan berbagai aplikasi edit foto. Salah satunya adalah Photoshop.

Platform yang sering digunakan oleh banyak profesional ini terbukti menghasilkan edit foto yang bagus dan cocok untuk di unggah di social media atau digunakan dalam promosi produk.

Sayangnya, platform ini harus digunakan dengan cara berlangganan agar bisa menggunakan berbagai fiturnya dengan maksimal.

Agar hasil dari edit poto menggunakan photoshop semakin bagus, Pengguna bisa terus belajar agar hasil dari edit foto menggunakan aplikasi ini semakin apik.

Berbagai tutorial dalam menggunakannya pun bisa ditemukan di Youtube secara mudah sehingga pengguna bisa belajar secara mandiri.

Canva

Aplikasi kedua yang sering digunakan oleh para pemula dan bisa diakses di berbagai macam gadget adalah Canva. Platform ini banyak direkomendasikan banyak orang karena kemudahan dalam menggunakannya serta berbagai fitur yang lengkap.

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengedit foto, Canva sendiri juga berguna untuk membuat berbagai media promosi seperti undangan, flyer, banner, atau konten di Instagram.

Meskipun aplikasi ini berbayar, namun pengguna masih bisa menggunakan berbagai fitur gratisnya sehingga hasil edit foto semakin maksimal.

PicsArt

Tidak hanya Canva, salah satu platform yang bisa digunakan dengan mudah oleh pemula adalah PicsArt. Aplikasi ini berguna untuk mengedit foto agar lebih estetik sehingga cocok untuk pengguna social media.

Selain itu, platform ini juga berguna untuk membuat hasil foto yang akan diunggah semakin bagus sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Filter Instagram

Pengguna Instagram tentunya mengetahui fitur yang dapat mempercantik gambar dan Instagram story. Fasilitas filter yang ada di Instagram ini biasanya tersedia di Instagram Story dengan berbagai pilihan filteryang ada.

Selain itu, pengguna dapat memakai filter lain yang digunakan oleh orang lain dan menyimpannya di akun anda sehingga bisa digunakan berulang-ulang. Penggunaan filter sendiri bisa dibuat secara mudah dengan aplikasi.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.