3 langkah mudah membuat power point

5 Langkah Mudah Membuat Power Point

Presentasi sering gagal karena power point yang menarik? Inilah saatnya merombak isi power point agar lebih menarik dan juga memukau banyak orang.

Dalam proses mempromosikan sebuah produk di depan konsumen tentunya dibutuhkan sebuah teknik presentasi yang memikat. Power point membantu presentasi menjadi lebih menarik dan juga lebih jelas.

Presentasi menggunakan power point tidak hanya digunakan untuk menjelaskan produk, namun juga menjelaskan kinerja keuangan dan penjualan perusahaan serta beberapa kebutuhan lainnya.

Saat ini banyak kalangan anak sekolah dan kuliah pun menggunakan power point dalam pembelajaran sehari-hari.

Karenanya penting bagi kita untuk mengetahui cara mudah untuk menggunakan power point agar hasil dari presentasi menjadi lebih keren dan menuri perhatian banyak orang.

apa-itu-power-point

Apa Itu Power Point?

Power point merupakan salah satu rilisan dari Microsoft yang berguna untuk mempresentasikan hasil pekerjaan dalam bentuk slide presentasi.

Tidak hanya itu, power point juga memiliki berbagai fitur tambahan yang memudahkan dalam membuat presentasi sehingga audience pun menjadi lebih tertarik dan fokus.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Power point adalah mudahnya dipelajari oleh pemula yang baru belajar power point. Selain itu, hasil dari powerpoint juga bisa dibagikan melalui internet sehingga menghemat kertas dan bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Meskipun begitu, hasil dari power point juga bisa dicetak dalam bentuk hardcopy untuk kebutuhan yang lebih formal.

Powerpoint juga menyajikan berbagai template yang bisa dimasukkan ke dalam slide presentasi. Pengguna pun dapat memasukkan file gambar ataupun video yang dimiliki ke dalam presentasi sehingga dapat mendukung data dan juga menarik minat audience.

Tulisan dan juga ukuran dalam presentasi juga bisa diubah dalam berbagai ukuran dan juga format. Fitur pergerakan yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain menjadikan powerpoint diminati banyak orang.

Powerpoint saat ini juga bisa dikerjakan bersama-sama dengan banyak orang dalam waktu bersamaan dengan fitur GoogleDocs. Fitur ini sangat berguna bagi para pelajar ataupun mahasiswa sehingga bisa tetap mengerjakan tugas dalam waktu cepat dan bersamaan.

Meskipun power point termasuk memiliki berbagai fitur berbayar namun pengguna masih tetap bisa menggunakan fitur gratis untuk presentasi dan tidak mengurangi keindahan dari presentasi yang akan dibuat.

Tidak hanya itu, saat ini banyak tenaga pendidik lebih memilih mengajarkan materi melalui power point. Hal ini bertujuan agar pelajar lebih fokus dalam materi yang diberikan berupa tulisan, gambar, video, ataupun angka dengan tulisan yang menarik.

Sedangkan bagi para pekerja, berbagai fitur dari power point dapat membantu dalam menyajikan hasil kerja berupa jumlah penjualan ataupun keuangan bulanan dan juga tahunan lebih mudah dan jelas.

Memiliki kemampuan dalam menyusun power point juga menjadi nilai tambah bagi seorang pekerja. Tidak jarang banyak pekerja yang naik jabatan lebih cepat karena memiliki kemampuan dalam presentasi dan juga membuat power point yang baik.

Karenanya sebelum menghasilkan karya yang apik dan power point, ketahui dulu beberapa fitur penting dalam power point.

fitur-penting-di-power-point

Fitur Penting di PowerPoint

Banyaknya pengguna power point membuat Microsoft terus memperbarui berbagai fitur di Microsot Powerpoint. Akan tetapi ada beberapa fitur penting yang sebaiknya pengguna dari powerpoint gunakan agar presentasi semakin jelas dan menarik.

Slide PowerPoint

Salah satu perbedaan antara power point dengan yang lain adalah tersedianya slide presentasi bukan halaman seperti aplikasi lainnya. Tersedianya fitur slide ini memudahkan untuk mempresentasikan hasil karya dengan mudah serta singkat.

Ukuran slide di power point sendiri dapat diukur sesuai kebutuhan pengunaannya, apakah dalam bentuk vertikal ataupun horizontal sesuai dengan isi dan juga audience yang akan dituju.

Jumlah slide sendiri juga bisa ditambah ataupun dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Power point sendiri menyediakan berbagai template dalam format yang berbeda sehingga bisa dipilih oleh pengguna dengan warna dan juga desain yang menarik.

Pengguna juga bisa mengunduh tema slide diluar template yang diberikan untuk dissuguhkan sebagai latar belakang presentasi.

Layout PowerPoint

Disaat memulai membuka aplikasi power point, pengguna akan disajikan dengan layout yang kosong. Isi dari layout power point sendiri biasaya berupa title slide, title and content, picture with caption, dan masih banyak lagi.

Agar sesuai dengan isi presentasi yang akan ditampilkan, layout bisa diubah sesuai dengan selera. Template layout sendiri juga bisa ditambah ataupun dikurangi tergantung dari kebutuhan presentasi.

Layout juga bisa ditambahkan gambar ataupun video sehingga bisa mendukung data dari presentasi dan juga membuat audience tidak bosan pada isi presentasi yang disajikan.

Template Warna

Audience bisa saja merasa bosan ketika tulisan yang ditampilkan memiliki warna yang sama saja di setiap slide. Karenanya, power point juga menyediakan berbagai template warna yang bisa dipilih oleh pengguna.

Pastikan memilih warna yang tenang dan tidak mencolok serta berbeda dengan layout sehingga memudahkan audience untuk membaca tulisan di power point. Dalam satu slide sebaiknya memilih satu warna sehingga bisa lebih fokus dan terlihat profesional.

Column

Salah satu data yang ditampilkan dalam presentasi di power point adalah angka dalam bentuk tabel dan column. Sayangnya format tersebut bisa saja berubah ketika dimasukkan ke dalam power point.

Karenanya power point menyediakan fitur berupa column dan row sehingga pengguna dapat mengubah isi dari presentasid dengan mudah sesuai dengan ukuran slide yang ditampilkan.

Tabel dan Row di power point sendiri bisa dirubah warnanya sehingga isi dari presentasi akan lebih cantik ketika di tampilkan ke audience.

Perubahan column dan row yang rapih tentu saja membuat audience lebih mudah dalam membaca dan memahami isi dari presentasi sehingga pengguna hanya akan perlu mempresentasikan kesimpulan dari setiap tabel yang disajikan.

Kolaborasi

Salah satu fungsi rahasia dari power point adalah fitur kolaborasi. Di fitur ini pengguna lain dapat memberikan komentar pada isi dari slide power point yang ditampilkan. Fitur ini juga bisa dihapus ataupun diubah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Fitur ini berguna bagi pendidik untuk memberikan penilaian dari isi presentasi muridnya ataupun mentor yang memberikan komentar pada anak didiknya sehingga isi dari power point lebih sempurna dan juga layak untuk disajikan.

Gambar dan Video

Dalam sebuah presentasi tentu saja dibutuhkan gambar ataupun video yang mendukung sebuah data. Fitur ini disediakan oleh power point sehingga ini presentasi lebih menarik dan tidak selalu berupa tulisan ataupun angka.

Ukuran gambar di slide power point juga bisa diubah sesuai dengan keinginan. Sebelum menyisipkan gambar di dalam slide presentasi, ada baiknya mengetahui apakah gambar tersebut tidak pecah serta tersedia tempat untuk isi dari presentasi.

Pengguna juga bisa menyisipkan gambar lucu dan menarik di awal dan akhir presentasi untuk menarik perhatian dan juga membuat audience tidak suntuk ketika memahami isi dari presentasi yang disajikan.

Tidak hanya gambar, pengguna juga bisa menyisipkan video pendek di dalam powerpoint. Video ini bisa berupa hasil karya yang berhubungan dengan isi dari presentasi ataupun video hiburan di akhir presentasi guna menghibur audience.

Penggunaan video berupa rangkuman dari materi juga bisa memudahkan audience dalam presentasi sehingga tidak perlu menjelaskan hal detail dan langsung ke inti dari materi power point.  Isi dari video bisa di dapatkan dari file yang telah diunduh ataupun link dari Youtube.

Format Teks

Ukuran tulisan yang rapih dan juga sesuai dengan jarak baca audience juga dapat membantu mensukseskan presentasi yang baik. Besar kecilnya teks di power point sendiri juga bisa diubah sesuai keinginan pengguna dan juga kebutuhan dalam presentasi.

Font di slide presentasi juga bisa dipilih oleh pengguna. Pilihlah font dengan format yang formal dan konsisten dalam satu presentasi sehingga audience bisa membaca lebih jelas dan juga presentasi akan lebih menarik untuk diperhatikan.

Format teks sendiri juga memiliki fitur hyperlink dimana pengguna bisa menyisipkan kata kunci yang bisa mengarah ke link slide presentasi yang lain. Pengguna juga bisa menggunakan fitur kotak teks apabila ingin menambahkan kata ke dalam sebuah gambar di slide presentasi.

Transitions dan Animations

Salah satu kelebihan presentasi di power point adalah adanya fitur transitions dan animasi. Tidak hanya itu, fitur animations di presentasi juga bisa ditambahkan sendiri oleh pengguna sehingga tidak bergantung pada template dari power point.

Slide presentasi dapat berpindah seusai dengan transisi yang diminta dengan durasi yang bisa dipilih sesuai keinginan pengguna. Dalam menentukan timing pastikan untuk tidak terlalu cepat dan terlalu lambat sehingga tidak mengurangi durasi saat presentasi.

Setelah menentukan transisi yang dipilih serta durasi munculnya slide presentasi, pengguna juga bisa melihat terlebih dahulu hasilnya melalui fitur preview yang tersedia di powerpoint sehinga bisa diubah kembali apabila animasi yang dipilih kurang cocok.

Pengguna juga bisa menambahkan fitur suara di setiap transisi yang dipilih sehingga dapat menghibur audience. Pilihlah suara yang sesuai agar audience bisa tetap dan kembalifokus pada presentasi.

Powerpoint juga memudahkan pengguna dalam menerapkan animasi di presentasi dengan fitur apply to all sehingga pengguna tidak perlu mengedit satu persatu presentasi sehingga lebih hemat waktu.

Pengguna juga terkadang merasa ribet untuk mengklik mouse agar slide presentasi bisa berpindah, power point juga menyediakan fitur Advance Slide, sehingga pengguna bisa memilih slide berpindah dengan sendirinya sesuai durasi atau memindahkan slide melalui click mouse.

Theme

Memilih tema yang cocok juga dapat membantu menarik perhatian audience dibandingkan slide presentasi yang hanya berwarna putih polos. Power point pun menyediakan fitur theme dimana pengguna dapat memilih template yang disediakan.

Berbagai pilihan template yang beragam juga tidak akan membuat pengguna bosan namun pengguna juga bisa menambahkan sendiri tema yang diinginkan.

Warna dan font dari template theme juga bisa diubah sesuai dengan keinginan pengguna dan juga kebutuhan dalam presentasi. Warna yang cerah cocok untuk setiap tema presentasi untuk menarik atensi dari audience.

Review dan View

Setelah selesai memasukkan tulisan dan juga melakukan editing pada slide presentasi, pengguna dapat melihat hasil akhir dari presentasi sebelum disimpan dengan menggunakan fitur Review and View.

Di fitur review sendiri pengguna juga dapat mengetahui ejaan yang salah. Sedangkan fitur View berguna untuk mengetahui tampilan presentasi yang sudah selesai sebelum ditampilkan kepada audience.

Audience juga dapat memberikan komentar pada presentasi di tempat yang diinginkan sehingga bisa diubah oleh pengguna setelah presentasi selesai dan menghapusnya ketika komentar sudah selesai dibaca ataupun diperbaiki oleh pengguna.

Pengguna juga bisa mengunci presentasi yang telah dibuah dengan fitur Block Author dan Restrict Editing sehingga tidak ada orang lain selain pengguna yang dapat merubah isi dari power point.

apa-saja-isi-dari-presentasi-power-point

Apa Saja Isi Presentasi di Power Point

Setelah menguasai berbagai fitur penting di power point, kini saatnya membuat isi dari presentasi yang menarik perhatian. Presentasi juga sebaiknya singkat, padat, dan tidak bertele-tele sehingga memudahkan pembaca untuk mengerti isi dari materi yang disampaika n.

Presentasi yang baik terdiri dari 3 bagian penting, yaitu : Judul, Isi, dan juga kesimpulan yang mendukung presentasi. Durasi dalam penyampaian materi juga harus diperhatikan agar audiens tidak bosan dan kehilangan fokus dalam memperhatikan power point.

Judul Presentasi

Judul yang menarik dan langsung ke intinya akan membantu audience fokus pada materi presentasi yang akan disampaikan oleh pengguna di power point.

Judul di powerpoint juga haruslah berisi tema singkat dari presentasi yang akan disampaikan atau menggunakan rumus 5W+1H pada audience dalam jumlah yang banyak.

Pemberian video di pembukaan presentasi juga dapat memancing perhatian audience sehingga lebih fokus pada slide selanjutnya. Pilihlah video yang relevan dengan materi dengan durasi yang pendek agar waktu presentasi tidak terpotong.

Isi Presentasi

Isi dalam presentasi sebaiknya hanya menampilkan poin-poin dari setiap materi yang akan disajikan. Hindari menulis dalam kalimat panjang di dalam slide presentasi dan fokus pada tujuan presentasi.

Pemberian fakta berdasarkan data berupa grafik dan tabel juga akan membuat audience yakin pada isi presentasi yang anda sampaikan.

Menyisipkan gambar dalam presentasi juga akan membantu penjelasan materi serta menarik minat audience. Penyisipan gambar juga akan membuat pembaca percaya pada data yang dicantukan di dalam slide power point.

Sesuaikan juga isi dari powerpoint dengan durasi  yang diberikan sehingga poin dari presentasi tetap fokus dan tidak melebar ke topik lain.

Kesimpulan

Kesimpulan atau penutup saat presentasi sangat penting untuk diperhatikan oleh pengguna. Hal ini dilakukan agar audience paham pada materi power point.

Penutupan yang tepat setelah presentasi juga membantu audience melaksankan kegaiatan yang diminta di presentasi sehingga tujuan akan tersampaikan dengan baik.

Memberikan poin-pon penting dari presentasi di akhir dan juga memberikan pertanyaan yang memancing akan membantu audience untuk mengingat kembali isi dari presentasi yang telah diberikan oleh pengguna. Hal ini juga akan meningkatkan pemahaman audience pada presentasi yang telah disampaikan.

Presentasi dengan kesimpulan yang baik akan memancing audience untuk berfikir kritis dan berlanjut pada penawaran kerja sama atau diskusi yang lebih lanjut.

langkah-mudah-membuat-powe-point

Langkah Mudah Membuat Power Point

Isi dari power point yang bagus juga sebaiknya di dukung dengan mengetahui materi yang akan disampaikan dalam presentasi. Pemberian desain yang menarik mata serta jumlah slide yang cukup juga akan membantu audience fokus pada materi presentasi yang diberikan.

Ketahui Audience

Sebelum membuat isi dari presentasi yang akan disampaikan maka ketahui dulu audience yang akan dituju. Hal ini dimulai dengan mengetahui usia, latar belakang, dan umur.

Sesuaikan juga bahasa dan penyampain yang akan diberikan sehingga audience akan paham dengan materi yang diampaikan.

Setelah itu pengguna bisa mengetahui topik presentasi apa yang akan disampaikan serta tema desain power point yang akan digunakan. Pemilihan warna yang tepat akan membantu audience untuk fokus pada presentasi yang ditampilkan.

Pilih Topik Presentasi

Topik presentasi yang akan ditampilkan juga penting dalam pembuatan power point yang baik. Jangan sampai topik presentasi berbeda dengan tema yang telah diberikan sebelumnya.

Lakukan analisa dan riset terlebih dahulu lalu catat apa saja tema besar dan point yang akan disampaikan kepada audience. Penggunaan kata yang tepat dan tidak berbelit akan membantu audience mengerti mengenai topik yang akan disampaikan.

Tentukan Kata Kunci

Kekuatan utama dari presentasi yang baik adalah poin-poin dari setiap materi yang disampaikan. Gunakan kata kunci di setiap slide yang akan disajikan sehingga audience mengetahui materi yang diberikan.

Penggunaan kalimat yang panjang justru tidak efektif di dalam power point bahkan akan membingungkan audience dalam memahami slide yang diberikan.

Menentukan Desain Presentasi

Desain presentasi yang menarik juga akan memanjakan mata audience selama memperhatikan slide power point. Gunakan warna yang netral dan tidak mencolok sehingga saling melengkapi satu sama lain.

Penggunaan gambar yang menarik serta unik dan enak dilihat mata agar audience tertariik dan memperhatikan slide power point yang selanjutnya. Pastikan juga gambar tidak blur sehingga dapat terlihat jelas oleh audience serta pengguna di saat presentasi.

Power point sendiri sudah menyiapkan berbagai macam tema secara gratis dan bisa digunakan di berbagat slide presentasi. Pengguna sendiri juga dapat memilih tema di luar template presentasi apabila tidak cocok dengan tema yang diberikan.

Perhatikan juga tata letak penulisan dan peletakan gambar di slide presentasi agar tidak berdempetan satu sama lain. Penyusunan yang baik akan membuat isi dan gambar terlihat serasi.

Tentukan Batas Slide Presentasi

Banyaknya point dari materi yang disampaikan akhirnya membuat banyak orang membuat presentasi dengan slide yang banyak. Hal ini justru akan menimbulkan rasa bosan dari audience sehingga tidak fokus pada isi slide power point yang ditampilkan.

Tentukan durasi serta batas slide power point dalam presentasi. Penggunaan gambar juga akan membantu poin presentasi lebih jelas tanpa perlu slide tambahan.

kesimpulan

Kesimpulan

Keahlian dalam presentasi dan membuat power point tentulah sangat penting saat ini. Hal ini dapat membantu seorang penjual meyakinkan pelanggan terhadap produk yang dijual melalui data yang diberikan.

Kemampuan dalam membuat presentasi juga harus di dukung dengan kemampuan berbicara yang baik dan luwes. Tetap percaya diri serta bersikap tenang dan menguasai materi yang disampaikan akan membuat presentasi lancar dan membuat banyak orang tertarik.

Latihan terus menerus secara konsisten akan membantu pemula untuk mempresentasikan produknya melalui power point secara baik. Melakukan presentasi secara mandiri juga akan membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi isi dari presentasi yang telah dilakukan serta meminta pendapat dari audience atau seseorang yang lebih senior agar mengetahui kesalahan yang telah dilakukan sehingga tidak mengulanginya di presentasi yang selanjutnya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.