jenis headline

13 Jenis Headline Lengkap beserta Contoh dan Cara Menggunakannya

Semakin ke sini kita semakin paham, perkembangan dunia digital itu begitu pesat. Jadi, akan sangat disayangkan jika Kamu tidak mengikuti arus dan mengambil kesempatan ini.

Namun, saat Kamu sudah mencoba memasarkan dagangan Kamu lewat media sosial/internet, mungkin Kamu bertanya-tanya, “Kenapa tidak laku juga, ya? Apa yang salah?”

13 jenis headline

Nah, salah satu yang wajib Kamu optimalkan adalah Headline-nya. Tanpa Headline/judul yang menarik, Kamu tidak akan bisa mendapatkan perhatian orang lain.

Umumnya, dalam Copywriting, ada 13 jenis Headline yang dianggap kuat pengaruhnya terhadap pembaca. Walaupun, ada juga versi lain yang menyebutkan 8 jenis Headline dalam copywriting.

Sebelum mulai mengenali ke-13 jenis Headline ini, ada baiknya Kamu memahami 3 hal berikut:

  1. Target pasarnya siapa?
  2. Keunikan produk/jasa Kamu apa?
  3. Headline ini untuk media apa?

Karena, ketajaman sebuah Headline ditentukan oleh 3 hal utama ini. Nah, terkait 3 hal ini, Kamu bisa baca di artikel yang ini, ya.

Kita ambil contoh, seperti ini:

  • Target pasarnya: Wanita milenial yang berusia 20-35 tahun, tinggal di Surabaya dan memiliki masalah obesitas.
  • Produknya: Suplemen diet yang diimpor langsung dari Korea dan dibuat dari 40 sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Media menulisnya: Instagram.

Nah, sekarang baru kita masuk ke 13 jenis Headline-nya, ya.

Benefit Headline

jenis headline
Sumber: Freepilk.com

Sesuai namanya, Headline tipe ini menekankan keuntungan yang didapat pembaca.

Contoh Benefit Headline:

  • Gratis meteran perut khusus Kamu yang beli suplemen diet hari ini!
  • Diskon 50% khusus hari ini.
  • Beli 1 dapat 2

Curiosity Headline

curiosity headline

Kamu pernah melihat Headline lalu penasaran dengan isinya? Nah, itulah Curiosity headline. Menariknya, judul yang membuat penasaran ini sering disamakan dengan clickbait.

Padahal, clickbait dan curiosity headline ini berbeda lho. Clickbait itu memang membuat penasaran, tapi isi Copywriting-nya tidak relevan.

Contoh, Kamu melihat sebuah Headline seperti: “Cara cepat VIRAL di dunia maya tanpa perlu RIYA!”, menarik, bukan?

Namun saat Kamu membaca isinya, mereka menganjurkan beli Follower. Apa respon Kamu? Kecewa? Itulah clickbait.

Contoh Curiosity Headline:

  • Ini rahasia saya bisa turun 5-10 kg walaupun jarang olahraga.
  • Oalah, jadi ini to suplemen diet yang nggak menyebabkan ketergantungan.
  • Wanita ini turun 5-10 kg dalam waktu 1 minggu, simak rahasianya.

Selective Headline

jenis headline

Ini adalah jenis Headline yang digunakan untuk menyasar target pasar tertentu.

Contoh Selective Headline:

  • Khusus Milenial yang ingin turun BB dan malas olahraga.
  • Untuk wanita yang tinggal di Surabaya.
  • Spesial buat Kamu yang punya masalah obesitas.

Fear Headline

jenis headline

Sesuai namanya, ini adalah jenis Headline yang bertujuan untuk menakut-nakuti pembaca. Namun, sebelum Kamu menakut-nakuti mereka, Kamu harus tahu apa yang menjadi masalah mereka.

Maka dari itu, penting untuk mengidentifikasi siapa target pasar Kamu sebenarnya.

Contoh Fear Headline:

  • Hati-hati, obesitas dapat mengakibatkan sulit bernapas!
  • Waspada, lemak yang berlebihan bisa memicu berbagai macam penyakit!
  • Awas! Milenial yang tidak punya BB yang ideal lebih mudah meninggal.

Question Headline

jenis headline

Headline dalam bentuk pertanyaan ini adalah salah satu headline/judul yang paling populer dan sering digunakan banyak orang saat ingin menulis Copy.

Biasanya, mereka menanyakan apa yang menjadi masalah/apa harapan target pasarnya.

Contoh Question Headline:

  • Sudah olahraga tapi BB nggak turun-turun?
  • Sering merasa insecure karena BB nggak ideal?
  • Apakah Kamu sudah tahu cara efektif menurunkan BB?

Command Headline

jenis headline

Command headline adalah jenis headline/judul yang satu ini berfungsi untuk membuat pembaca melakukan tindakan tertentu.

Contoh Comand Headline:

  • Yuk turunkan Berat badan dan jaga kesehatan dari sekarang!
  • Ayo kurangi makan-makanan manis.
  • Mari jaga kesehatan bersama suplemen diet X.

Gimmick Headline

gimmick

Menurut KBBI, Gimmick adalah sesuatu berupa alat atau trik yang berguna untuk perhatian dengan mengelabui lawan. Selain berupa trik/tipuan, Gimmick headline biasanya juga menggunakan rima kata.

Namun, berhati-hatilah jika Kamu menggunakan Gimmick headline, karena ini akan memengaruhi reputasi dari brand Kamu.

Contoh Gimmick Headline:

  • Nulis Copywriting anti Pusing!
  • Menikah dengan Copywriting.
  • Halo, mau nanya.. (biasanya digunakan untuk subject line email)

Quotation Headline

jenis headline

Jenis Headline yang mencatumkan quote/kutipan dari orang lain untuk dijadikan sebuah headline. Jadi, saat Kamu ingin menggunakan jenis Headline ini, Kamu bisa mencari beberapa quote/kutipan yang relevan dengan apa yang Kamu ingin tawarkan.

Contoh Quotation Headline:

  • Beauty is pain itu mitos kalau Kamu tahu cara ini.
  • Dasar dari semua kebahagiaan adalah kesehatan.
  • Jaga tubuhmu, karena itulah satu-satunya tempat tinggalmu.

Claim Headline

jenis headline

Ini adalah jenis Headline yang seolah-olah mengaku/mengklaim dan menyatakan sesuatu secara sepihak.

Biasanya, Headline ini ditandai dengan menggunakan kata-kata superlatif. Sebelum Kamu menggunakan Headline ini, pastikan Kamu punya data/fakta yang bisa memperkuat headline Kamu, ya.

Contoh Claim Headline:

  • Minum suplemen ini selama 30 hari, pasti turun 5 KG.
  • Skincare terbaik di Indonesia.
  • Tas termurah di Surabaya.

You and I Headline

jenis headline

Sesuai namanya, Kamu dan Saya, Headline yang satu ini digunakan agar seakan-akan Kamu berbicara langsung dengan pembaca.

Contoh You and I Headline:

  • Kamu mau tahu cara saya turun berat badan 5 KG dalam waktu 2 minggu?
  • Saya punya strategi agar Kamu bisa turun BB lho
  • Akhirnya saya berhasil menurunkan BB dan punya tubuh yang ideal. Kini giliran Anda!

Teaser Headline

jenis headline

Headline ini bertujuan untuk menggoda/menantang pembaca.

Contoh Teaser Headline:

  • Yakin Kamu bisa turun berat badan kalau hanya jaga makan?
  • Yuk, buktikan kepiawaian Kamu dalam menulis Copy di sini.
  • Anda pasti tak sanggup menurunkan BB.

News Headline

jenis headline

Seperti namanya, Headline ini bertujuan untuk menginformasikan sesuatu kepada pembaca.

Contoh News Headline:

  • Penemuan dari Korea ini efektif untuk menurunkan BB dengan cepat!
  • Pengumuman, Kelas Copywriting sudah dibuka.
  • Terobosan terbaru di dunia medis!

Merk Headline

jenis headline

Headline ini khusus digunakan untuk Kamu yang sudah memiiki merk terkenal. Biasanya, dengan Kamu mencantumkan merk/logo dari perusahaan di dalam Headline Kamu.

Iya, Headline ini memang tidak bisa digunakan untuk Kamu yang memiliki merk yang belum dikenal banyak orang.

Itu dia 13 jenis Headline yang bisa Kamu gunakan dan variasikan dalam Copywriting Kamu. Jika Kamu mau belajar Copywriting lebih dalam, Kamu bisa bergabung di Kelas Copywriting juga kok! Klik di sini, ya.

13 Jenis Headline Lengkap beserta Contoh dan Cara Menggunakannya

Leave a Reply

25 views
Copy link