pengertian email marketing

Pengertian Email Marketing: Strategi Pemasaran Bisnis Anda!

Email marketing adalah salah satu komponen yang sangat diperlukan oleh pihak pemasaran perusahaan. Berikut informasinya!

Dalam dunia marketing, email marketing sangat penting peranannya bagi perusahaan. Email jenis ini bisa menjadi solusi terbaik buat Anda dalam strategi periklanan.

Prinsip sederhana dari marketing ini adalah Anda mengirimkan email kepada calon pelanggan baik dari detail produk ataupun manfaat.

Marketing ini bisa dibilang efektif dan efisien serta bisa menghemat biaya. Efektif dan efisien karena periklanan langsung ditujukan dan dikirim kepada calon pelanggan sehingga peluang tepat sasaran bisa lebih besar.

Apakah Anda sudah memahami bagaimana cara kerja dari email untuk marketing? Apa saja keunggulan dari menggunakan email untuk marketing? Bagaimana tips dan trik dalam menggunakan marketing ini untuk bisnis Anda?

Tidak perlu khawatir, karena artikel kali ini akan membahas lengkap tentang email marketing.

email marketing

Mengenal Email Marketing

Email marketing dapat didefinisikan sebagai salah satu metode dan teknik promosi yang menggunakan media digital berupa email yang dilakukan dengan cara mengirimkan email kepada calon pelanggan maupun grup untuk memperkenalkan produk dan membangun kepercayaan serta loyalitas.

Email yang dikirimkan tersebut bisa berupa iklan, proposal maupun detail dari produk serta tentang prospek dan penawaran produk.

Dalam email marketing ini didukung dengan software yang dikenal dengan CRM. CRM ini nantinya yang akan menyimpan dan mencatat detail informasi pelanggan, mencatat dan menangkap interaksi antara pelanggan dan produk yang dikirim melalui email.

Email yang dikirimkan kepada calon pelanggan tersebut akan menuai berbagai reaksi dari calon pelanggan tersebut. Setiap berapa banyak orang yang membuka email akan terdeteksi secara otomatis. Hal ini dilakukan agar bisa mengetahui peluang terjadinya transaksi.

Marketing ini dapat menjangkau target pasar secara luas karena menggunakan system digital. Mengingat di era modern banyak orang yang telah menggunakan media digital sebagai alat komunikasi sehari-hari.

Dengan email marketing ini, Anda bisa menawarkan berbagai harga promo dan diskon untuk membuat calon pelanggan tertarik dengan produk Anda. Selain itu Anda bisa juga mengirimkan testimoni atau review dari penggunaan produk yang Anda jual.

Sehingga dengan adanya review yang baik maka akan mendorong calon pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Dasarnya dan pada umumnya memang calon pelanggan mencari dan membutuhkan sebuah review produk untuk meyakinkan dalam melakukan transaksi beli dengan Anda.

Strategi email marketing bisa diawali dengan mengumpulkan email calon pelanggan, kemudian Anda melakukan pengiriman massal berisikan penawaran produk kemudian bertahap memberikan informasi tentang produk yang Anda ingin tawarkan.

Anda juga belajar ilmu email marketing ini dari para ahli seperti Ben Settle, Ryan Deis, dan Noah Kagan. Anda bisa mempelajari lebih detail strategi dalam email untuk marketing dari tokoh-tokoh terkenal tersebut.

Tentunya setelah Anda memahami, Anda bisa mempraktekkannya dan jika sudah berjalan secara stabil

Email pemasaran ini lebih bersifat personal karena pesan email ditujukan secara door to door. Memang benar efektif suatu periklanan yang dilakukan secara door to door.

Namun tetap ada strategi yang tepat dan jitu di dalamnya agar berjalan optimal dan hasil nya pun juga maksimal. Marketing ini jika Anda jalani dengan serius maka efeknya bisa membuat bisnis Anda berkembang.

Cara Kerja Email Marketing

Setelah membahas lebih dalam tentang email pemasaran, maka Anda juga perlu memahami jug acara kerja dari marketing ini. Berikut cara kerja email pemasaran. Diantaranya :

Menulis Email kemudian Dikirim Kepada Customer atau  Calon Pembeli

Cara kerja email marketing yang pertama ini adalah Anda harus menulis pesan terlebih dahulu melalui email. Yang selanjutnya email ini akan dikirimkan kepada para customer Anda.

Pesan yang dikirimkan terdiri dari banyak konteks meliputi penawaran produk, details produk, harga promo maupun kegiatan seminar yang ada kaitannya dengan produk Anda.

dikim ke pembeli

Email Server

Cara kerja email pemasaran yang kedua ini adalah email server. Artinya email penerima. Jadi dalam marketing ini ada yang namanya email server yang mana fitur ini dapat memudahkan pada customer dalam menjangkau pesan email Anda.

Selain server email, pesan tidak akan bisa dibuka, oleh sebab itulah pesan akan lebih bersifat personal.

Email Dikirimkan ke Customer Akan Tersimpan pada Email Server

Cara kerja email pemasaran yang terakhir adalah tentang pesan email yang Anda kirimkan kepada customer tetap akan tersimpan secara otomatis pada email server. Tentunya hal ini akan memudahkan customer Anda menemukan pesan yang Anda kirimkan.

Selain itu hal ini juga membantu customer jika lupa apakah sudah membaca atau belum.

Dalam cara kerja marketing ini, terdapat fitur yang sangat membantu Anda juga. Fitur ini berupa tools yang disebut ESP. Tools ini nantinya akan membantu Anda dalam optimasi marketing dan mempermudah prosesnya.

Tools ini hanyalah sebuah alat yang membantu dan mendukung proses berlangsungnya cara kerja marketing dasarnya. Ini artinya sebelum Anda berfokus pada tools ini, Anda perlu mengoptimalkan pada cara kerja yang berbasis dasar yaitu ketiga poin di atas.

Ketika dasar cara kerja marketing ini sudah Anda kuasai dengan baik maka dengan adanya penambahan tools ini akan lebih optimal dan maksimal. Tentunya dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda harus tekun, ulet dan tidak mudah putus asa.

Dengan bantuan dari tools ini, Anda bisa lebih percaya diri dalam melakukan periklanan produk yang akan Anda tawarkan.

Mengingat tidak akan ada hasil yang mengkhianati usaha yang maksimal. Artinya Anda perlu mensinergikan keduanya akan berjalan seiringan dan kerjasama sehingga hasil dan tingkat keberhasilan promosi yang Anda lakukan bisa berhasil banyak.

Apabila berhasil banyak maka banyak pula customer yang membeli produk Anda.

Dari pemaparan diatas, jika Anda bisa memahami dengan baik dan benar sistem kerja dari marketing ini maka tentu Anda bisa memaksimalkannya. Untuk memaksimalkan cara kerja dari marketing ini diperlukan metode dan strategi yang tepat dan akurat.

Keunggulan Penggunaan Email Marketing

Ada beberapa keunggulan penggunaan email pemasaran yang perlu Anda ketahui diantaranya :

Biaya Relatif Murah

Tidak bisa dipungkiri bahwa email marketing dapat memangkas biaya periklanan yang biasa dilakukan secara offline. Artinya biaya untuk pembuatan iklan offline seperti brosur, pamflet, banner dan bentuk iklan offline lainnya bisa dipangkas.

Dapat dibilang bisa menghemat budget Anda yang sedang berbisnis atau membuka usaha. Tentunya budget yang hemat ini bisa digunakan untuk kebutuhan yang lain.

murah

Dapat Menjaga Hubungan Baik dengan Customer atau Calon Pelanggan

Email marketing bersifat personal atau privasi sehingga ketika Anda menggunakan bahasa yang baik maka akan menjalin hubungan yang baik antara customer atau calon pelanggan dengan Anda.

Hal ini tentunya akan memberikan dampak positif yaitu customer menjadi tertarik dengan produk yang Anda jual dan ada transaksi disitu.

Promosi Sesuai Target

Keunggulan lain dari email pemasaran ini adalah Anda dapat melakukan promosi sesuai dengan target pasar. Hal ini dikarenakan Anda dapat mengkategorikan customer sesuai dengan ketertarikannya. Dengan begitu, Anda bisa mengirim pesan email kepada customer tersebut dengan produk Anda yang mendukung.

Ketika target pasar sudah tepat maka Anda hanya perlu marketing di harga seperti memberikan harga promo dan diskon.

promosi target

Dapat Menjangkau Pelanggan Lebih Luas

Tidak bisa dipungkiri bahwa media online salah satunya email pemasaran dapat menjangkau orang lebih banyak dan tentunya ini cocok dan bisa dijadikan sebagai solusi terbaik Anda dalam promosi usaha Anda.

Apabila jangkauan pasar luas, maka peluang tepat sasaran untuk membeli produk Anda semakin besar.

Mudah dalam Berbagi Informasi Terkait Produk

Hal ini berkaitan dengan meneruskan pesan email. Tentunya dalam marketing ini dapat memudahkan Anda dalam berbagi informasi terkait produk Anda dengan sangat mudah.

Anda hanya mengklik tanda teruskan email ke calon pelanggan atau customer yang ingin Anda jadikan target.

Dapat Mendorong Pendapatan Anda dalam Usaha

Keunggulan dari email marketing keenam ini bisa Anda dapatkan jika Anda sudah mengenal dan memahami strategi dalam penggunaan email marketing dengan benar dan tepat. Karena dengan strategi yang tepat maka hasilnya juga akan optimal.

Apalagi jika sudah berjalan stabil maka email pemasaran ini bisa Anda gunakan sebagai metode periklanan utama yang dampaknya dapat mendongkrak pendapatan Anda.

mendorong pendapatan

Promosi Dapat Diukur dengan Teliti

Keunggulan dari marketing yang satu ini adalah promosi yang Anda lakukan dapat diukur dan dievaluasi. Artinya berapa orang yang Anda kirimi email yang sudah membuka dan klik link pesan akan terekam secara otomatis.

Tentunya hal ini sangat memudahkan Anda dalam evaluasi usaha Anda. Ketika hasilnya baik maka Anda evaluasi bagaimana cara mempertahankan. Namun ketika hasilnya kurang optimal, maka Anda perlu evaluasi hal apa yang kurang tepat dan memperbaiki hal tersebut.

Tentunya evaluasi dan pengukuran ini membantu Anda dalam mengembangkan usaha Anda. Begitu hebatnya email marketing ini, selain Anda bisa menjual produk dengan jangkauan yang luas, Anda bisa melihat statistic promosi Anda.

Anda Dapat Merespon Customer Secara Cepat dan Otomatis

Salah satu fitur unggul email marketing ini adalah Anda dapat dengan mudah merespon customer secara otomatis. Tentunya hal ini sangat menguntungkan dan memudahkan bagi Anda menjadi lebih santai dan tenang dalam menjalani usaha Anda

Tips dan Trik Penggunaan Email Marketing untuk Bisnis

Email marketing memang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis terutama dalam bidang periklanan. Namun yang perlu Anda pahami dan perhatikan adalah tips dan trik yang tepat dalam menggunakan marketing ini.

Berikut tips dan trik dalam menggunakan email jenis marketing ini diantaranya :

Mencantumkan Profil Media Sosial Anda

Tips dan trik pertama ini adalah Anda perlu mencantumkan profil media sosial Anda ketika mengirimkan pesan email kepada customer. Hal ini bertujuan agar customer bisa menjangkau bisnis Anda lebih luas.

Artinya, setiap orang lebih cenderung sering membuka akun sosial media yang apa. Ketika akun sosial media yang sering digunakan customer adalah media sosial yang Anda share maka tentu hal ini akan menguntungkan.

Oleh sebab itulah, profil media sosial bisnis Anda bisa Anda cantumkan secara lengkap pada saat pengiriman email kepada customer.

Rutin Memantau dan Melakukan Optimasi

Keberhasilan pemasaran Anda bisa Anda lacak dan ukur. Pengukuran ini bisa berupa rasio klik, konversi, maupun rasio terbuka. Pengukuran ini dilakukan apakah promosi anda berhasil atau tidak.

Namun ada acara yang lebih jitu dalam pengukuran keberhasilan promosi. Yaitu dengan cara menghubungkan email Anda dengan Google Analytics.

Hal ini tentunya dapat memudahkan Anda dalam evaluasi statistik keberhasilan promosi Anda. Dengan adanya google analytics maka pengukuran keberhasilan promosi bisa lebih akurat.

memantau dan optimasi

Memahami dengan Benar Tiap Jenis Marketing Ini dan Penggunaanya

Pada umumnya ada 3 jenis email marketing yang bisa Anda gunakan diantaranya invitation email, digest email, dan newsletter. Tiap jenis email marketing ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Invitation email marketing bisa Anda gunakan untuk mengajak customer atau pelanggan dan mengikuti pelatihan seminar gratis. Artinya, dengan invitation email, Anda bisa menjaga customer Anda untuk selalu update dengan informasi terbaru atau acara acara terbaru. Jenis yang kedua adalah digest email.

Digest email ini dihasilkan oleh mailing list elektronik. Kelebihan jenis email ini adalah Anda bisa memberikan batas pada penerima email dan periode email. Jenis ketiga adalah newsletter.

Newsletter ini salah satu jenis email marketing yang bertujuan untuk menjaga loyalitas customer Anda melalui informasi atau harga promo setiap bulannya atau hari tertentu.

Tampilan Email yang Menarik

Tidak bisa dipungkiri banyak orang tertarik membuka pesan email atas dasar tampilan email yang menarik dan persuasif. Dalam hal ini tentunya Anda perlu memperhatikan subjek pesan Anda kepada customer.

Anda bisa membuat tampilan semenarik mungkin agar orang suka dan membuka email dan berkunjung ke web atau situs Anda untuk melakukan transaksi dan membeli produk Anda. Dengan adanya ketertarikan dari customer maka customer akan menekan tanda button untuk mendapatkan promosi.

Testimonial Pelanggan Produk

Berbicara tentang sebuah testimoni produk memang sangat ampuh untuk mempersuasif customer agar membeli produk yang Anda tawarkan. Artinya disini, Anda bisa mengirimkan video atau foto yang konteksnya testimoni dari pelanggan yang telah menggunakan produk tersebut.

Dengan adanya testimonial yang bagus maka tentu hal ini juga akan membuat customer untuk yakin membeli produk yang Anda tawarkan.

Sehingga bisa dibilang, dalam email marketing, testimoni sebuah produk sangatlah mendukung suksesnya dalam penggunaan marketing ini. Dengan strategi yang tepat maka akan membantu Anda mengembangkan bisnis Anda dari segi periklanan atau promosi melalui media digital.

testimonial

Email Marketing Penting untuk Perusahaan

Dari ulasan di atas, bisa diambil sebuah ringkasan singkat dan bermanfaat bahwa sebegitu pentingnya ilmu email marketing. Marketing ini bisa menjadi solusi Anda dalam berbisnis dan tentunya dapat membuat bisnis Anda jauh lebih berkembang dan jauh kedepan melebarkan sayapnya.

Anda juga sudah dipaparkan keunggulan dari email marketing ini. Dari itu Anda sudah mempunyai gambaran bahwa Anda harus menggunakan marketing ini untuk menarik customer.

Dengan banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan maka tidak dipungkiri bahwa tidak ada kata ragu untuk menggunakan marketing berbasis email ini.

Nah, selain membahas berkaitan dengan email marketing, Social Media Marketer juga menyediakan beragam informasi menarik lainnya yang dapat Anda cek langsung melalui halaman utama kami.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.