panduan social media marketing untuk Anda

Panduan Social Media Marketing untuk Anda, Lengkap!

Seiring dengan berkembangnya dunia digital khususnya media sosial. Anda tidak lagi bisa hanya mengandalkan posting di media sosial sebanyak beberapa kali dalam sehari tanpa strategi.

Terlebih jika Anda sedang membangun branding perusahaan, meningkatkan engagement, dan penjualan, dibutuhkan waktu dan strategi yang harus diperhitungkan dengan matang.

Perkembangan dunia digital tidak hanya terjadi pada Anda saja. Ada banyak pebisnis dan kompetitor lainnya yang juga memanfaatkan era digital saat ini untuk mengembangkan bisnis mereka.

Anda tentu harus tampil berbeda dan unggul dari para kompetitor lainnya. Ditambah, kompetitor Anda tidak hanya dari pebisnis dengan sektor yang sama, tetapi juga selebriti, influencer, dan brand besar lainnya.

Untuk mencapai hal itu, Anda butuh strategi yang matang. Anda juga harus terus berinovasi dengan mengikuti perkembangan media sosial yang terus berganti dari waktu ke waktu.

Dengan mengikuti perkembangan media sosial ini, Anda akan memperoleh kesempatan menjangkau target konsumen Anda dengan maksimal. Anda membutuhkan social media marketing atau disingkat SMM untuk melakukan hal ini.

Meningkatnya popularitas media sosial belakangan ini merupakan kesempatan yang baik bagi Anda memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis. Social media marketing akan membantu Anda mempelajari langkah-langkah yang harus dilakukan.

Lalu, sebenarnya apa itu social media marketing? Apa saja yang perlu diketahui dalam mempelajari social media marketing? Bagaimana strateginya? Media sosial apa saja yang bisa dimanfaatkan?

Kami akan membahasnya secara lengkap untuk Anda!

apa itu social media marketing

Apa Itu Social Media Marketing?

Sebelum melangkah jauh dalam pembahasan mengenai social media marketing, kita perlu mengetahui terlebih dahulu definisi atau pengertian mengenai SMM.

Social media marketing atau sering disingkat SMM, adalah bentuk pemasaran digital yang memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk mempromosikan suatu produk barang atau jasa.

Bentuk promosi yang dilakukan biasanya berupa postingan teks, gambar, video, maupun bentuk konten lainnya yang berisi materi promosi produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Konten ini nantinya akan menarik perhatian target konsumen yang dilihat dalam bentuk interaksi pada konten atau akun terkait, yang biasa kita sebut engagement. Strategi pemasaran ini dapat dilakukan secara gratis atau berbayar menggunakan iklan.

Social media marketing tidak hanya dimanfaatkan sebagai media promosi, tapi juga menjadi ajang bagi brand untuk menjangkau konsumen dan calon konsumen.

Melalui media sosial, sebuah brand dapat berinterksi langsung dengan konsumen, mengetahui keluhan, mempelajari selera pasar, hingga membangun kepercayaan konsumen.

Di Indonesia sendiri, potensi media sosial sangat tinggi. Terdapat sekitar 160 juta pengguna media sosial yang aktif dalam rentang usia terbanyak 24-25 tahun berdasarkan data yang dilansir oleh WeAreSocial.

Pengguna media sosial terpopuler saat ini masih dipegang Facebook, dan Whatsapp sebagai aplikasi messenger yang banyak digunakan di Indonesia. Data-data tersebut nantinya akan berguna dalam menerapkan social media marketing.

Riset seperti itu perlu Anda lakukan sebelum memutuskan strategi dan platform media sosial mana yang dimanfaatkan untuk bisnis Anda. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan pengguna media sosial yang mayoritas mengakses melalu ponsel.

dasar dasar

Dasar-dasar Social Media Marketing

Setelah mengetahui tentang definisi social media marketing, kini Anda juga perlu mengetahui dasar-dasar dalam metode pemasaran ini.

Terdapat 5 hal yang akan menjadi guideline atau panduan Anda dalam memulai social media marketing sebagai strategi pemasaran bisnis Anda.

Strategi

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah strategi. Social media marketing yang matang adalah kunci dari keberhasilan kehadiran media sosial Anda.

Tanpa adanya persiapan strategi yang matang, maka publikasi media sosial Anda hanyalah sia-sia dan membuang waktu. Akan sulit mencapai goals atau tujuan jika tidak menggunakan strategi.

Selain itu, untuk menjangkau target audiens juga butuh usaha lebih apabila Anda tidak mempertimbangkan strategi dengan matang. Strategi akan membantu Anda memperhitungkan konten dengan target audiens dan waktu yang tepat.

Cara kerja strategi konten dalam mencapai tujuan Anda adalah dengan membuat konten yang berkualitas, maka engagement akan naik karena adanya interaksi dengan audiens.

Naiknya engagement ini akan berkaitan dengan meningkatnya konversi terhadap penjualan produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Social media marketing yang baik adalah strategi yang memiliki tujuan jelas, perencanaan yang matang untuk mencapai tujuan tersebut, dan harus terukur secara pasti.

Kemudian, Anda perlu menetapkan tolak ukur atau standart dalam strategi yang telah dilakukan untuk melihat apakah diperlukan perbaikan atau tidak.

Perencanaan dan Publikasi

Media sosial adalah alat yang sangat kuat sekaligus riskan untuk mengembangkan bisnis Anda. Perlu perencanaan terlebih dahulu sebelum memulai, Anda tidak bisa langsung memposting konten tanpa memikirkannya lebih jauh.

Dalam merencanakan social media marketing, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Anda harus mengenali terlebih dahulu target konsumen atau audiens Anda.

Pelajari demografi audiens Anda seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan lain lain agar konten yang dibuat tepat sasaran. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah terhubung dengan audiens Anda.

Selanjutnya, konten yang berkualitas juga sangatlah vital. Konten akan memuat informasi tentang produk barang atau jasa, sehingga tidak hanya berfokus pada jumlah konten, tetapi fokuslah juga pada kualitas konten.

Konten yang berkualitas juga akan menunjukkan profesionalitas sebuah brand dalam memasarkan produknya.

Selain itu, Anda juga harus konsisten dalam membuat konten promosi. Pastikan materi yang dibawakan dalam promosi sejalan dan sesuai dengan value perusahaan.

Pada aspek publikasi, terdapat satu golden rule atau aturan yang dianggap mendasar dan penting. Publikasi secara konsisten, berkala, dan terus menerus akan menjaga kehadiran brand anda di masyarakat.

Publikasi yang terus menerus juga akan menimbulkan ketertarikan pada audiens, sehingga mereka merasa familiar dan akan terus kembali.

Terlibat dengan Audiens

Rencanakan konten Anda dengan matang dan yang terpenting, pastikan Anda benar-benar terlibat dengan audiens. Keterlibatan audiens dengan brand akan membuat mereka merasa punya bagian dalam komunitas.

Selain itu, Anda juga dapat memperoleh umpan balik lewat interaksi dengan audiens. Umpan balik tersebut memang tidak selalu baik, ada kalanya Anda akan menerima umpan balik berupa komplain, protes, atau hal sejenis.

Namun hal tersebut juga sama berharganya karena Anda akan melihat ruang untuk berkembang lewat kekurangan yang dilihat audiens. Anda akan mengerti apa yang benar-benar diinginkan oleh mereka.

Mendengarkan umpan balik dan terlibat dengan audiens adalah bagian dari social media marketing yang sukses. Terutama jika Anda ingin meningkatkan pengalaman konsumen secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, mendengarkan pendapat konsumen juga berpotensi bagi bisnis Anda karena Anda akan bisa mengetahui trend apa yang sedang populer di kalangan konsumen.

Dengan begitu, Anda juga bisa mengidentifikasi peluang baru terhadap bisnis Anda. Anda juga akan mempelajari lebih jauh mengenai industri bisnis Anda, dan berpeluang menemukan influencer pada bidang bisnis Anda.

Analytics

Keberhasilan dalam strategi social media marketing adalah kemampuan analisis dalam melacak dan memperoleh data. Data-data ini nantinya akan bermanfaat untuk mengetahui kebiasaan atau kecenderungan konsumen.

Selanjutnya, Anda dapat memperbaiki atau menyesuaikan strategi Anda berdasarkan perilaku konsumen. Selain itu, analisis ini juga berguna untuk mengetahui platform media sosial mana yang paling ideal untuk bisnis Anda.

Pada beberapa media sosial, waktu publikasi merupakan salah satu faktor penting agar konten tepat sasaran pada audiens yang ditargetkan, contohnya Instagram.

Dengan analisis ini Anda akan mengetahui waktu terbaik untuk mempublikasikan konten tersebut. Tidak hanya itu, kemampuan analisis yang baik dapat dimanfaatkan untuk mempelajari kompetitor Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui strategi mana yang ideal, dan mana yang kurang bekerja pada bisnis Anda. Sehingga Anda dapat lebih berfokus pada strategi yang ideal ini.

Anda juga dapat menentukan langkah selanjutnya dalam social media marketing perusahaan Anda yang sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan di masa depan.

Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menguji konten seperti apa yang cocok dengan audiens Anda. Jika Anda menemukan jenis konten tertentu memperoleh engagement dua kali lipat dari konten lain, pakailah konten serupa.

Contohnya, jika Anda adalah seorang pebisnis pemula, maka audiens Anda mayoritas berasal dari keluarga ataupun lingkup pribadi Anda. Audiens ini akan lebih tertarik dengan konten yang memiliki nilai pribadi atau terasa dekat.

Karena audiens ini memiliki keterikatan emosional dengan Anda, sehingga hal-hal personal akan lebih menarik bagi mereka. Sebaliknya, membuat konten berkualitas tinggi namun tidak menarik audiens akan kurang menguntungkan.

Apabila tidak ada ketertarikan, maka engagement yang didapat pun akan rendah. Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa postingan Anda muncul pada beranda audiens dan menarik perhatian mereka sebelum mulai beranjak pada konten yang lebih berat.

Periklanan

Jika Anda ingin memperluas dan menjangkau audiens baru, social media advertising patut dicoba. Social media adveritising adah strategi periklanan melalu media sosial.

Bayangkan saja, pengguna aktif Facebook mencapai sekitar 2,89 miliar per bulannya. Jumlah tersebut sangat potensial untuk memperluas jangkauan audiens Anda.

Terdapat tiga jenis periklanan media sosial yaitu organic atau konten yang memperoleh sorotan secara natural, tanpa berbayar. Yang kedua yaitu paid atau konten yang ditampilkan oleh pihak lain, sehingga Anda harus membayar agar produk Anda diiklankan.

Jenis yang terakhir yaitu earned atau konten yang diberikan secara gratis dalam bentuk shares, like, dan comment.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengiklankan produk di media sosial dalam social media marketing. Pertama adalah dengan memposting konten. Konten dapat berupa gambar, teks, ataupun video.

Kedua, dengan membuat konten yang dipromosikan atau diiklankan secara berbayar. Ketiga, yaitu dengan melibatkan dengan komunitas atau influencer pada bidang yang sama.

Cara keempat yaitu dengan memperluas pengikut dengan cara membuat orang-orang yang tertarik pada industri tersebut dengan membagikan konten yang menarik bagi mereka.

Cara yang terakhir yaitu dengan menawarkan berbagai jenis media promosi seperti podcast, PDF, video, dan sebagainya pada platform Anda.

Selain itu, apabila Anda bertujuan untuk meningkatkan brand recognition, membangun loyalitas, dan meningkatkan tingkat konversi, maka iklan adalah salah satu cara yang bisa dipakai dalam social media marketing bisnis Anda.

manfaat

Manfaat Sosial Media Marketing

Berdasarkan poin-poin yang sudah kami sampaikan, Anda tentu kini menyadari bahwa social media marketing sangat potensial untuk strategi pemasaran bisnis Anda.

Berikut manfaat yang akan Anda peroleh apabila menerapkan social media marketing dalam bisnis Anda.

Menjadi Top of Mind

Jika Anda telah mempelajari dasar-dasar dalam social media marketing, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah publikasi secara konsisten. Cepatnya arus perkembangan tren membuat orang-orang selalu update terhadap topik terbaru.

Brand yang hadir secara konsisten dengan publikasi yang mengikuti perkembangan tren akan berpotensi menjadi top of mind di audiens. Artinya brand Anda akan selalu diingat dan mudah dikenali oleh mereka.

Mendapatkan Ide Konten Baru

Menerapkan social media marketing akan membuat Anda terpapar dengan informasi dan tren terbaru di masyarakat. Anda akan mengetahui apa yang sedang populer dan ramai diperbincangkan.

Hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai ide konten baru agar konten Anda selalu relevan dan update dengan masa kini. Sehingga audiens akan tertarik dan berpengaruh terhadap engagement konten.

Manajemen Reputasi Online

Kehadiran brand di media sosial juga berpengaruh terhadap reputasi perusahaan Anda. Karena konsumen dapat berkomunikasi langsung dengan perusahan seperti memberikan saran, bertanya, atau memberikan keluhan.

Umpan balik konsumen seperti itu jangan sampai diabaikan dan tidak direspon. Konsumen akan merasa didengarkan dan dilibatkan apabila perusahaan merespon tanggapan tersebut.

Dengan begitu, konsumen akan memperoleh user experience yang baik dan membangun reputasi perusahaan yang baik pula. Media sosial adalah platform yang efektif dan efisien dalam menangani hal seperti itu.

Kemampuan Iklan Berbayar yang Diperluas

Pada social media marketing, target audiens yang ditetapkan bisa sangat khusus dan presisi. Hal tersebut juga akan memudahkan dalam menargetkan iklan pada audiens.

Dengan fitur retargeting atau penargetan ulang, Anda dapat terhubung kembali dengan pengunjung webiste sebelumnya. Fitur audiens yang serupa akan memungkinkan Anda menemukan target konsumen baru dengan kriteria yang mirip.

Media Penghasil Pendapatan yang Efektif

Jumlah pengguna media sosial yang tinggi sangat berpotensial untuk menarik calon konsumen baru. Dengan strategi yang tepat, social media marketing akan efektif meningkatkan penjualan Anda.

Selain itu, bentuk periklanan pada media sosial juga terbukti efektif mencari calon konsumen yang potensial.

Media Sosial yang Bisa Anda Manfaatkan

Apakah Anda tertarik menggunakan strategi social media marketing untuk mengembangkan bisnis Anda? Sebelumnya, Anda perlu menentukan platform media sosial mana yang cocok dengan produk atau jasa yang ditawarkan dan target audiens Anda.

Kami merangkum beberapa media sosial yang dapat Anda manfaatkan untuk social media marketing bisnis Anda.

facebook

Facebook

Facebook menempati tempat pertama sebagai media sosial dengan pengguna aktif 2,89 setiap bulannya di seluruh dunia. Rata-rata usia pengguna Facebook berkisar antara 24-25 tahun.

Persentase pengguna laki-laki sebesar 56% dan perempuan sebesar 44%. Selain itu, terdapat 65 juta bisnis yang memanfaatkan Facebook sebagai media promosi online.

YouTube

Pengguna aktif Youtube per bulannya mencapai angka 2 miliar pengguna dengan rentang usia 15-25 tahun paling banyak. Persentase pengguna laki-laki sebesar 72% sedangkan perempuan sebesar 28%.

Youtube merupakan platform terbaik untuk menerapkan social media marketing dalam bentuk video. Hal tersebut didukung dengan fakta bahwa satu miliar jam video ditonton setiap harinya di Youtube.

instagram

Instagram

Instagram menempati posisi ketiga dengan jumlah pengguna sebanyak 1 miliar per bulan dengan demografi terbesar antara 25-34 tahun. Persentase gender pengguna Instagram terbagi menjadi 43% laki-laki dan 57% perempuan.

Fitur yang ada pada Instagram sangat beragam dan menarik, sehingga kemungkinan konten yang dapat diproduksi juga variatif. Anda dapat membuat konten berupa foto, video, maupun carousel untuk bisnis Anda.

Selain itu, Instagram memiliki fitur tersendiri untuk akun Instagram Bisnis yang menyajikan data analisis lengkap performa akun atau konten Anda.

Twitter

Baru-baru ini platform media sosial Twitter kembali digandrungi oleh masyarakat. Pengguna aktif Twitter per bulannya mencapai angka 330 juta dengan demografi terbesar antara 30-49 tahun.

Twitter berfokus pada konten informasi secara real time sehingga menjadi tempat bagi orang-orang berbagi berita dan hiburan dari seluruh penjuru dunia. Arus pergerakan Twitter juga terhitung cepat dan terus berganti.

tiktok

TikTok

TikTok akhir-akhir ini juga menarik banyak pengguna dan memberi beberapa tambahan fitur. Pengguna aktif TikTok perbulannya mencapai 689 juta dengan rentang usia 18-24 tahun.

TikTok adalah media sosial berbasis video dengan target pengguna anak-anak muda. Platform ini digunakan sebagai media untuk berbagi video pendek dengan berbagai topik mulai dari hiburan sampai edukasi.

LinkedIn

Bagi Anda pekerja profesional, mungkin sudah familiar dengan LinkedIn. Platform media sosial ini memiliki jumlah pengguna aktif per bulan mencapai 738 juta dengan demografi 46-55 tahun.

LinkedIn akan sangat cocok apabila target audiens anda para pekerja dan profesional di bidangnya. Selain itu jika Anda bergerak di bidang B2B, LinkedIn mungkin akan cocok sebagai media social media marketing Anda.

pinterest

Pinterest

Pinterest memiliki jumlah pengguna aktif sebanyak 400 juta per bulannya dengan rentang usia 30-40 tahun. Media sosial ini berfokus pada foto atau video.

Pinterest dapat disebut sebagai papan digital dimana Anda dapat berkreasi dengan foto, video, atau gif. Platform ini akan cocok apabila salah satu strategi marketing Anda menggunakan foto yang mencolok.

snapchat

Snapchat

Platform media sosial yang terakhir adalah Snapchat. Media sosial ini memiliki jumlah pengguna aktif mencapai 287 juta per bulan dengan demografi 13-34 tahun.

Snapchat adalah salah satu media sosial yang tergolong unik, karena menggunakan video pendek sebagai media interaksinya. Platform ini dapat digunakan untuk membangun brand awareness pada social media marketing Anda.

Ada berbagai macam cara dan dan media yang dapat Anda manfaatkan dalam menerapkan social media marketing bagi bisnis Anda. Sebelum memulai, pastikan Anda telah melakukan riset terhadap target audiens dan tujuan yang ingin dicapai.

Selain itu, lakukan pula riset terhadap platform media sosial yang dianggap potensial untuk mempromosikan produk barang atau jasa Anda. Sesuaikan kebutuhan Anda dengan kelebihan dan fitur-fitur yang ditawarkan media sosial tersebut.

Social media marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang berpotensi dengan manfaat yang banyak, namun Anda tetap harus merencanakannya dengan seksama.

Kami menyediakan artikel lainnya yang berkaitan dengan strategi marketing di era digital untuk mengembangkan bisnis Anda.

Semoga bermanfaat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *