Tips Berjualan di Facebook Ads Untuk Pemula.

Tips Berjualan di Facebook

Saat ini Facebook nggak hanya digunakan sebagai platform media sosial aja, tetapi fitur Facebook Ads juga digunakan sebagai Alat untuk Berbisnis.

Berbisnis di Facebook sudah menjadi andalan para online seller sejak bebrapa tahun belakangan. Hal ini dikarenakan ramainya jumlah pemakai platform jejaring sosial ini.  

Bagi Anda yang ingin mengembangkan jangkauan pasar yang lebih luas, atau ingin menjual produk offline Anda, maka media sosial merupakan langkah yang tepat untuk menunjang strategi pemasaran anda.

Tips Berjualan di Facebook
Source: Unsplash.com

Salah satunya dengan memanfaatkan Facebook Ads. 

Facebook Ads merupakan fitur berbayar oleh Facebook yang digunakan untuk mengiklankan produk / jasa, dimana kamu dapat menyasar target market kamu berdasarkan umur, wilayah, minat dan behaviour pasar.

Dengan kemampuan fitur ini dalam menganalisa taget market, Facebook Ads sangat bermanfaat dalam mentargetkan target market secara luas dan efektif, serta meningkatkan brand awareness serta meningkatkan CTR (Click Through Rate).

Facebook Ads merupakan fitur berbayar oleh Facebook yang digunakan untuk mengiklankan produk/jasa, dimana Kamu dapat menyasar target market kamu berdasarkan umur, wilayah, minat dan behaviour pasar.

Dengan kemampuan fitur ini dalam menganalisa target market, Facebook Ads sangat bermantaat dalam menargetkan target market secara luas dan efektif, meningkatkan brand awareness, serta meningkatkan CTR (Click Through Rate).

Tidak hanya sebatas mengandalkan Facebook Page saja, Anda juga perlu meningkatkan penjualan anda dengan Facebook Ads ini.

Lalu Bagaimana caranya? Apakah sangat sulit dan rumit?

Jangan khawatir, Anda hanya perlu membaca Tips ini dengan sesama dan memahami alurnya secara perlahan.

Jika Anda berpengalaman dalam menggunakan Facebook Ads akan lebih mudah mengelola izin halaman, apps, event dan iklan, serta batas akun yang dapat diubah.

Buat Account Facebook Ads Anda

Jika Anda akan menggunakan Facebook Ads untuk memulai keperluan bisnis Anda, maka hal yang dilakukan pertama kali adalah mengetahui informasi pembayaran terlebih dahulu untuk memasang iklan terlebih dahulu di Facebook.

Pertama, masuk ke ‘pengaturan akun’. Tentunya Anda sudah terlebih dahulu login ke Facebook menggunakan akun Anda.

Tips Berjualan di Facebook

Selanjutnya isi form mulai dari atas hingga bawah. Untuk yang pertama, Anda harus mengisi nama akun terlebih dahulu.

Pilihlah nama akun yang sederhana, misalnya seperti nama bisnis Anda atau page yang sebelumnya telah Anda buat.

Tips Berjualan di Facebook

Selanjutnya, Anda dapat mengisi informasi-informasi lainnya. Hal ini akan digunakan agar tujuan tagihan pembayaran memastikan data yang Anda isi sudah benar. Tetapi alangkah baiknya untuk memeriksanya dengan lebih seksama.

Pada tips ini Anda juga akan dijelaskan mengenai  pemberitahuan email iklan, pemberitahuan iklan Facebook, dan masih banyak lagi lainnya.

Pelajari terlebih dulu sebelum Anda benar-benar akan menyimpan perubahan.

Setelah beranjak dari pengaturan akun, maka selanjutnya masuk ke menu ‘Tagihan’. Jika sebelumnya Anda pernah menambahkan kartu kredit sebagai metode pembayaran ke rekening Anda, maka Anda tak akan asing lagi untuk melihat tampilan di bawah ini:

Tips Berjualan di Facebook

Oke, mari sekarang kita tambahkan kartu kredit ke akun Facebook Ads Anda. Saat Anda benar-benar tertarik untuk menggunakan Facebook Ads, maka disarankan lebih baik untuk menambahkan metode pembayaran sekunder.

Hal ini untuk berjaga-jaga apabila kartu kredit Anda mencapai batas limit atau diblokir dengan alasan apapun itu, maka iklan yang Anda pasang di Facebook tidak akan berhenti tayang.

Jika pembayaran utama Anda gagal, maka iklan Anda akan dihentikan oleh pihak Facebook, hingga Anda mampu membayarnya kembali.

Untuk menambahkan metode pembayaran, makan klik ‘Metode pembayaran’ pada menu opsi yang di sebelah kiri atas.

Pada halaman tersebut, Anda akan melihat bahwa Anda dapat memilih beberapa metode pembayaran. Mari kita menambahkan salah satunya. Klik untuk pilihan kartu kredit, dan selanjutnya lanjutkan dengan klik ‘lanjutkan’.

Tips Berjualan di Facebook

Jika Anda memutuskan untuk memilih kartu kredit untuk metode pembayaran, maka Anda diharuskan untuk memasukan nomor kartu kredit, jenis kartu, dan informasi-informasi lain terkait dengan hal tersebut.

Tips Berjualan di Facebook

Selanjutnya, jika Anda menginginkan untuk mengubah metode pembayaran, maka Anda dapat mengeditnya. Satu yang perlu Anda ingat, jika Anda terlanjur untuk menambah sumber tagihan Anda, maka Anda tidak dapat menghapusnya.

Anda hanya dapat menambahkan sumber pendanaan yang lainnya sebagai metode untuk pembayaran nantinya.

Kapan Anda Akan Ditagih untuk Membayar Facebook Ads?

Pada Facebook Ads, cara perhitungan biaya iklan dibagi menjadi dua model, yakni Cost Per Click (CPC) dan CPM. Apa saja itu?

CPC

CPC merupakan iklan di mana Anda akan dikenakan biaya setiap kali iklan yang telah Anda pasang di klik oleh customer. Artinya, apabila iklan Anda tidak di klik, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

Lalu, berapa yang harus kita bayar jika menggunakan iklan model ini?

Dalam hal penentuan biaya iklan, Facebook akan melihat beberapa hal sebagai pertimbangan. Hal-hal tersebut di antaranya seperti apa bidang pemasaran Anda, dan kemana Anda akan mengarahkan (fanpage atau website), dan juga tingkat persaingan kompetitor.

Umumnya untuk market Indonesia, biaya berkisar antara 0,05-0,12 $ atau setara dengan 650- 1.550 rupiah.

CPM

CPM merupakan iklan tayang di mana Anda harus membayar iklan yang ditayangkan setiap kali iklan Anda muncul. Artinya, sebagai pemasang iklan, Anda hanya membayar jika iklan Anda dilihat sebanyak 1000 impresi atau tampilan.

Meskipun iklan Anda tidak di klik oleh pengunjung, maka Anda tetap berkewajiban membayarnya.

Facebook juga mempertimbangkan biaya iklan terkait dengan bidang bisnis, target, dan pertimbangan lain yang sama halnya dengan iklan CPC. 

Besaran nilai yang harus Anda bayar juga hampir sama dengan CPC, yakni jika iklan Anda ditampilkan sebanyak 1000 kali, maka Anda juga harus membayar antara jumlah rentang 0,05-0,12 dollar.

Bagaimana apakah Tips ini sangat membantu Anda?

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *