Google Trend : Pengertian dan Cara Penggunaannya
Manfaatkan layanan Google Trend sebagai media untuk mencari topik dan trend terbaru yang disukai oleh pengguna internet.
Sebagai seorang penulis blog atau kreator social media, tentunya anda harus mengetahui trend terbaru yang sedang naik daun akhir-akhir ini.
Informasi mengenai topik viral tentunya akan membantu untuk memberikan topik terhangat bagi pengikut yang dimiliki atau pengguna social media lainnya.
Namun, salah satu kendala yang dihadapi oleh kreator adalah kesulitan untuk menemukan trend viral yang tepat.
Mengingat munculnya berita yang datang silih berganti menjadikan anda harus mengetahui berita terbaru yang menarik untuk dibahas di kalangan komunitas.
Untungnya masalah ini dapat dihadapi dengan memaksimalkan layanan Google trend yang akan membantu anda memberikan informasi terbaru mengenai trend di wilayah tertentu serta rentang usia yang sesuai.
Namun, sebelum menggunakan layanan Google trend maka kenali lebih dalam mengenai fitur ini dan cara penggunaannya.
Apa Itu Google Trend
Sebagai seorang penulis blog atau kreator social media, dimana anda biasanya mencari trend terbaru? portal berita terpercaya atau melakukan pencarian di social media?
Kedua platform tersebut memang cocok untuk mencari trend terbaru mengingat anda bisa mencari topik terbaru yang muncul setiap saat.
Di sisi lain, untuk mendapatkan data pengguna yang lebih akurat, maka anda perlu menggunakan platform khusus yang memberikan informasi terbaru berdasarkan frekuensi pencarian di Google.
Salah satunya adalah menggunakan layanan Google trend yang membantu untuk mengidentifikasi topik yang sedang naik di berbagai industri, dimana biasanya layanan ini digunakan oleh jurnalis atau marketer social media.
Dengan mengunggah konten mengenai topik yang sedang hangat hari ini tentunya akan membuat mata pengguna social media akan tertuju pada tulisan di blog atau social media, sehingga anda dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan pengikut secara cepat.
Google trend tidak hanya memberikan informasi mengenai topik yang sedang naik daun, namun memungkinkan anda untuk memilih topik berdasarkan kategori tertentu, sehingga hasil yang didapatkan semakin relevan.
Tidak hanya itu, apabila anda menemukan topik menarik namun kurang yakin akan kepopulerannya maka anda bisa mengecek Google trend untuk mengetahui jumlah kunjungan di kata kunci tersebut dalam jangka waktu tertentu.
Hal ini tentunya akan menjadi pertimbangan untuk menggunakan kata kunci tersebut atau memilih topik lain yang lebih disukai oleh komunitas yang dimiliki.
Mengapa Harus Menggunakan Google Trend?
Proses analisa kata kunci biasanya menggunakan dua platform yakni Google Trend dan website SEO tools berbayar yang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Pada hasil pencarian kata kunci melalui Google trend, maka anda tidak akan menemukan jumlah traffic yang sebenarnya, namun akan diberikan presentase dari skala 0 – 100.
Sedangkan website SEO tools berbayar akan memberikan informasi dalam bentuk angka volume pencarian mengenai kata kunci tersebut.
Di sisi lain, hasil tersebut biasanya berupa perkiraan dari hasil pencarian di website pencarian atau saluran lainnya.
Sehingga bisa saja hasil tersebut merupakan pencarian secara anonim serta software anti virus gratis, kemudian SEO tools akan melakukan penghitungan kata kunci yang berhubungan dengan pencarian di google dan volume traffic.
Karenanya meskipun SEO tools berbayar memberikan estimasi hasil pencarian kata kunci, namun Google trend menghimpun data berdasarkan hasil pencarian sebenarnya.
Akan tetapi penggunaan dua platform tersebut akan memberikan data akurat mengenai volume pencarian kata kunci dalam jangka waktu tertentu.
Tidak hanya itu, penggunaa google trend juga berguna bagi kreator social media untuk berbagai kebutuhan.
Mendapatkan Ide Kreatif Terbaru
Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh kreator social media atau penulis blog adalah kehilangan ide untuk menulis konten terbaru, padahal anda harus membuat konten secara rutin ke pengikut yang dimiliki.
Jika sudah begini maka anda harus mencari ide terbaru dari berbagai saluran pencarian, seperti portal berita, rekomendasi topik social media, atau pertanyaan dan pendapat dari pengikut yang dimiliki.
Selain itu, anda juga bisa menggunaka layanan Google trend yang akan memberikan informasi terbaru mengenai topik yang sesuai dengan industri yang digeluti.
Sehingga anda tidak akan pernah kehabisan ide konten terbaru setiap saat dan bahkan mendapatkan ide kreatif yang menarik.
Di sisi lain, dengan membuat topik yang relevan dan menarik, maka anda tidak hanya menarik perhatian baru ke akun social media dan blog yang dimiliki, namun juga menunjukkan ke audience bahwa anda memiliki wawasan lebih mengenai industri tertentu, sehingga membuka peluang untuk menjadi key opinion leader di masa yang akan datang.
Identifikasi Trend Musiman
Meskipun topik terbaru akan muncul setiap hari namun ada juga berbagai trend yang muncul di waktu khusus.
Misalnya topik liburan yang selalu muncul di akhir tahun atau pembahasan mengenai perayaan keagamaan tertentu yang disambut oleh banyak orang.
Sebagai seorang penulis blog, maka anda juga perlu mewaspadai trend tersebut agar bisa menyajikan tulisan yang sesuai dengan topik yang selalu muncul setiap tahunnya.
Anda tidak hanya bisa menemukan topik yang berkaitan di social media atau portal berita, namun juga melalui Google trend, dimana anda akan mendapatkan informasi mengenai kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet pada musim tertentu.
Informasi ini juga menguntungkan bagi kreator social media yang bergerak di industri pariwisata atau marketplace untuk melihat trend musiman yang biasanya dihadapi oleh konsumen pada waktu-waktu tertentu.
Contohnya anda ingin mengecek barang yang dibeli oleh destinasi wisata sebelum liburan, maka anda bisa menggunakan layanan Google trend untuk mencari tahu tempat yang banyak dicari oleh konsumen untuk mempersiapkan diri menuju waktu liburan.
Menemukan Topik Menarik
Sebagai seorang penulis blog atau kreator social media, maka anda perlu menemukan berbagai macam topik terbaru yang sedang naik daun dan banyak dibicarakan oleh komunitas.
Penemuan topik terbaru ini dilakukan agar pengguna internet mencari konten anda sebagai referensi serta membantu artikel anda berada di hasil pencarian teratas saat mereka mengetikkan kata kunci tertentu.
Namun untuk mewujudkan harapan tersebut maka anda perlu mengetahui topik yang sedang trending saat ini sehingga menjadi topik konten yang menarik.
Salah satu cara untuk menemukan topik yang sedang naik daun akhir-akhir ini, maka anda bisa menggunakan layanan Google trend untuk menemukan topik menarik yang bisa ditampilkan ke pengikut yang dimiliki.
Dengan menemukan topik yang menarik dan relevan dengan komunitas yang dimiliki, maka akan membantu anda untuk menjadi pusat perhatian karena membahas topik yang belum pernah dilakukan oleh kreator lainnya.
Cara ini juga akan membuka peluang menjadi key opinion leader yang menjadi panutan bagi banyak orang.
Bagaimana Cara Menggunakan Google Trend Untuk Analisa SEO
Berbagai keuntungan dan kelebihan yang diberikan oleh Google trends menjadikan banyak orang tertarik untuk menggunakan layanan tersebut.
Meskipun begitu, bagi pengguna baru pemakaian google trend diperlukan beberapa penyesuaian untuk mendapatkan hasil kata kunci yang sesuai keinginan dan kebutuhan.
Karenanya berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk menggunakan google trend bagi kebutuhan promosi social media atau pencarian topik terbaik untuk blog.
Ide Konten Untuk Blog
Seorang penulis blog biasanya sudah memiliki rancangan tertentu mengenai ide konten untuk jangka waktu tertentu yang biasanya disusun ke dalam cluster content.
Meskipun begitu, penting juga bagi penulis blog untuk mengetahui ide konten terbaru untuk ditulis di halaman yang dimiliki untuk mendapatkan pembaca yang lebih banyak.
Hal ini dikarenakan pengguna internet biasanya melakukan pencarian mengenai topik tertentu yang sedang naik daun di kalangan komunitas menggunakan kata kunci tertentu,
Sehingga melakukan pencarian mengenai topik yang sedang naik daun untuk dijadikan artikel bisa menjadi solusi bagus untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang semakin banyak setiap saat.
Penggunaan google trend merupakan jalan terbaik untuk menemukan topik terbaru dan menarik yang akan ditulis di halaman blog yang dimiliki untuk mendapatkan ranking Google yang lebih baik dan disukai oleh pembaca.
Karenanya penggunaan google trend bisa menjadi metode untuk menemukan topik terbaik karena mereka akan memberi tahu anda mengenai pembahasan yang sedang naik daun.
Bagian terbaik dari Google trend adalah mereka menyediakan topik dan kategori yang spesifik seputar penelurusan yang sedang tren.
Contohnya saja anda adalah seorang penulis blog yang berkutat pada topik arsitektur, maka anda bisa menggunakan fitur Google trend untuk mengetahui pembahasan desain rumah yang banyak dicari oleh konsumen di internet.
Agar mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik maka anda bisa memilih kategori yang sesuai.
Apabila anda ingin menulis konten artikel berdasarkan topik yang sedang naik daun saat ini, maka anda perlu memerhatikan pemilihan waktu yang bisa dipilih sesuai keinginan.
Akan tetapi anda juga sebaiknya memperhatikan topik jangka panjang agar artikel anda selalu relevan dari waktu ke waktu dan mendapatkan ranking google untuk jangka waktu lama.
Ide Campaign Social Media
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, layanan Google trend tidak hanya berguna bagi penulis blog namun juga kreator socal media.
Mengingat pengguna social media juga melakukan pencarian di internet untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan relevan.
Tidak hanya itu, Google trend juga memiliki berbagai kategori industri yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan penggunanya, sehingga mengurangi rasa kekhawatiran bahwa hasil yang di dapatkan tidak relevan.
Di tambah lagi, kreator social media memiliki tugas berat untuk membangun pengikut yang lebih banyak secara konstan yang bisa di dapatkan dari konten-konten yang menarik dan untungnya Google trend bisa membantu masalah tersebut.
Contohnya adalah anda kreator social media yang bergerak di bidang kecantikan, maka anda bisa menggunakan Google trend untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh konsumen dan berusaha mencarinya di Google.
Dengan mengetahui hasil pencarian yang banyak dicari oleh konsumen di internet, maka akan memudahkan kreator untuk merancang social media campaign secara berkala yang sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh konsumen.
Kesesuaian social media campaign dengan masalah konsumen tentunya akan menghasilkan promosi yang lebih baik dan disukai oleh target audience.
Selain itu, anda dapat menggunakan kategori yang berbeda untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik.
Meningkatkan Kinerja Blog atau Website
Salah satu tantangan yang dihadapi oleh penulis blog adalah menyusun strategi agar artikel yang dimiliki mendapatkan kunjungan yang lebih banyak sehingga dapat meningkatkan ranking website di halaman pencarian.
Namun untuk mendapatkan hasil yang diinginkan tentunya diperlukan strategi search engine optimization yang tepat untuk diterapkan di artikel yang dimiliki serta menggunakan tambahan tools yang sesuai.
Salah satunya adalah menggunakan layanan Google trend untuk mengetahui kata kunci serta topik yang sedang naik daun saat ini dan digunakan untuk ide konten artikel terbaru.
Dengan memberikan konten artikel berdasarkan kata kunci tertentu maka akan membantu menaikkan ranking website karena membahas topik yang banyak dicari di internet.
Hasil pencarian organik di Google trend juga bisa dianalisa kembali di website SEO tools untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih lengkap.
Bagian terbaik dari menggunakan Google trend adalah anda bisa mengubah waktu pencarian, sehingga anda bisa menemukan topik yang sama di setiap waktunya sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk menjadi pilar content untuk jangka panjang atau konten artikel yang berisi informasi terbaru.
Kenaikan dan penurunan trend juga bisa menjadi indikator apakah topik tersebut masih akan dicari di waktu yang akan datang atau mulai ditinggalkan oleh penggunanya.
Setiap tahunnya hasil pencarian akan naik dan turun tiap bulannya, sehingga bisa membantu untuk merancang strategi marketing yang optimal.
Menemukan Kata Kunci Untuk Iklan
Salah satu cara promosi efektif yang sering digunakan oleh marketer adalah menggunakan iklan berbayar kemudian diunggah di internet di social media.
Penggunaan iklan di social media akan membantu menjangkau target audience yang lebih luas, sehingga akun anda mendapatkan jumlah kunjungan serta pengikut yang lebih banyak.
Sementara apabila anda menggunakan media iklan untuk promosi website dan blog, maka akan membantu mengamankan halaman anda di pencarian teratas sehingga pengguna internet tertarik pada website tersebut.
Namun, sebelum melakukan promosi menggunakan iklan berbayar maka anda juga perlu menggunakan kata kunci yang tepat.
Hal ini dikarenakan konsumen akan melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu dan membawa ke iklan berbayar yang dimiliki, sedangkan apabila anda menggunakan keyword yang tidak tepat maka usaha promosi yang dilakukan akan sia-sia.
Karenanya untuk menemukan kata kunci yang tepat dan banyak digunakan oleh pengguna internet, maka anda bisa melakukan analisa menggunakan Google trend.
Dimana anda bisa menemukan informasi mengenai jumlah pencarian kata kunci tertentu dalam jangka waktu yang ditentukan, sehingga anda dapat mengubah materi iklan berdasarkan keyword yang sedang naik daun.
Di sisi lain, anda juga bisa menentukan kata kunci yang bisa digunakan untuk jangka waktu lama, sehingga promosi yang dilakukan bisa abadi dan tidak memakan banyak waktu untuk mengubah materi iklan yang dibutuhkan.
Dalam pembuatan iklan promosi maka anda sebaiknya menggunakan kata kunci yang panjang dibandingkan pendek, mengingat kebiasaan pengguna internet yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci yang panjang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Tidak hanya itu, penggunaan kata kunci yang panjang juga bisa digunakan untuk promosi di marketplace, dimana anda melakukan promosi menggunakan gambar yang relevan, sehingga membuat pengguna tertarik untuk mengunjungi akun anda untuk mendapatkan barang yang diinginkan.
Temukan Topik Viral Untuk Event Tertentu
Cara lainnya yang bisa digunakan untuk menjangkau target audience yang lebih luas adalah mengadakan acara di luar ruangan untuk bertemu dengan konsumen kesayangan atau menemui calon konsumen yang selanjutnya.
Anda bisa melakukan promosi dengan mengikuti event bazaar tentutentu dimana anda bisa menjual produk dan layanan yang dimiliki ke konsumen sambil menjelaskan barang yang dimiliki secara langsung.
Tidak hanya itu, anda juga bisa mengadakan seminar secara langsung melalui daring dan di luar ruangan untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas.
Namun, agar seminar yang diadakan diikuti oleh banyak orang yang tertarik pada topik acara, maka penting bagi anda untuk mengetahui trending yang sedang naik daun saat ini.
Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah melakukan pencarian menggunakan Google trend, dimana anda bisa mendapatkan informasi mengenai topik yang banyak dicari oleh pengguna internet dalam jangka waktu tertentu.
Semakin tinggi hasil pencarian maka menandakan bahwa konsumen tertarik pada topik tersebut dan bisa dimanfaatkan sebagai topik seminar yang menarik perhatian kalangan luas.
Informasi ini juga akan memudahkan anda menemukan pengisi acara yang tepat untuk berbagi pandagan mengenai topik tersebut dengan melihat siapa saja key opinion leader yang sering membahas topik tersebut di social media.
Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat jangkauan topik tersebut di daerah tertentu, sehingga anda bisa memahami bahwa daerah tujuan menyukai topik yang disuguhkan dan membuka peluang untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih banyak.
Mendapatkan Data Akurat dari Dua Kata Kunci
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Google trend adalah anda bisa membandingkan dua kata kunci yang relevan untuk mengetahui kinerja keduanya.
Fitur ini tentunya akan membantu menghemat waktu kreator untuk melakukan analisa kata kunci yang sesuai untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Cara melakukan pembandingan dua kata kunci juga cukup mudah, anda bisa membandingkan kata kunci yang memiliki volume pencarian tertinggi dengan keyword yang memiliki angka traffic yang sudah diketahui sebelumnya.
Perbandingan kata kunci ini tidak harus memiliki keterkaitan satu sama lain, namun bisa membandingka dua keyword yang berbeda, misalnya nama artis tertentu.
Tidak hanya itu, Google juga merilis Google Daily Trends yang memberikan informasi mengenai trending saat ini, sehingga anda tidak perlu melakukan pencarian secara terus menerus.
Penggunaan fitur perbandingan juga bisa digunakan untuk menganalisa kompetitor yang dimiliki yang memiliki topik di bidang yang sama.
Contohnya anda melakukan perbandinga dua layanan streaming film terbesar di internet yakni Netflix dan Disney+ untuk mengetahui seberapa banyak hasil pencarian pengguna di internet.
Setelah melakukan pembandingan menggunakan dua kata kunci, maka anda akan disuguhkan grafik mengenai hasil pencarian topik yang berkaitan dengan kedua keyword tersebut.
Tidak lupa juga terdapat daerah persebaran pengguna yang memberikan informasi mengenai tempat yang paling banyak melakukan pencarian kata kunci yang berkaitan serta topik yang dicari.
Informasi tersebut akan membantu anda untuk menentukan brand yang diajak kerjasama untuk kolaborasi promosi terbaru berdasarkan wilayah konsumen yang dimiliki.
Pastikan juga untuk memilih kategori yang relevan mengenai topik tertentu sehingga anda mendapatkan hasil yang pencarian yang lebih baik dibandingkan tidak menggunakannya sama sekali.
Selain itu, lakukan juga analisa secara rutin untuk mengetahui ketahanan topik tersebut dalam jangka waktu tertentu.
Sumber :
https://neilpatel.com/blog/google-trends-marketing/
https://www.searchenginejournal.com/google-trends/266721/#close
https://www.semrush.com/blog/google-trends/#4–monitor-your-competitors
Responses