pexels pixabay 39284 1

6 Strategi Meningkatkan Seo Ranking Website dan Blog

Maksimalkan strategi promosi melalui website brand dengan strategi peningkatan seo ranking yang optimal.

Meskipun saat ini penggunaan marketplace sering kali digunakan sebagai media transaksi di internet, namun penggunaan website masih digunakan oleh banyak brand terkenal atau sedang berkembang.

Hal ini dikarenakan website brand memiliki fasilitas yang lebih banyak dibandingkan dengan marketplace, seperti layanan katalog produk yang lebih lengkap sehingga memudahkan konsumen menentukan pilihan barang yang diinginkan.

Selain itu, memiliki website brand pribadi juga membantu brand anda terlihat profesional dengan tampilan yang menarik.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan promosi produk dengan mengunggah artikel yang relevan dengan produk dan industri yang dijalani.

Akan tetapi untuk melakukan promosi melalui website brand, maka anda perlu meningkatkan seo ranking agar konten anda mudah ditemukan oleh konsumen yang diinginkan.

Karenanya berikut beberapa strategi meningkatkan seo ranking secara optimal dan efektif di website brand yang anda miliki.

unggah konten artikel yang berkualitas

Unggah Konten Artikel yang Berkualitas

Salah satu alasan mengapa sebuah website brand mudah ditemukan di halaman pencarian Google adalah website tersebut menyajikan artikel yang berkualitas.

Sehinggga pengguna internet mudah menemukan website tersebut melalui kata kunci yang sesuai.

Selain itu, mesin pencari dan pengunjung juga menyukai website yang rutin mengunggah konten artikel dan menyajikan konten artikel yang berkualitas.

Sehingga apabila anda menyajikan artikel yang berkaitan dengan industri yang anda jalani, produk, serta layanan yang dimiliki maka memungkinkan anda meningkatkan seo ranking di halaman pencarian dengan kata kunci yang sesuai.

Penggunaan kata kunci yang sesuai juga akan membantu meningkatkan seo ranking yang lebih tinggi karena kemungkinan bagi seseorang untuk menemukan artikel anda menggunakan kata kunci yang digunakan pada konten tersebut.

Penyesuaian kata kunci dengan konten yang diunggah juga akan membantu anda menjelaskan produk dan layanan yang dimiliki sehingga membuat pembaca tertarik untuk membeli barang yang anda tawarkan.

Akan tetapi, untuk menemukan kata kunci yang sesuai dan topik yang relevan, maka anda perlu mengetahui cara analisa yang tepat.

Pertama, anda bisa menggunakan bantuan dari website analisa kata kunci yang khusus yang akan memberikan rekomendasi kata kunci dengan hasil pencarian tertinggi.

Cara penggunaan website analisa kata kunci tersebut juga cukup mudah, anda hanya perlu mengetikkan kata kunci utama pada halaman pencarian tersebut, kemudian anda akan diberikan rekomendasi keyword lain yang memiliki jumlah pencarian tertinggi dengan topik yang relevan.

Sehingga anda bisa menggunakannya sebagai ide konten artikel lain yang dapat menarik minat pengguna internet untuk mengunjungi website brand yang anda miliki.

Pada penggunaan website analisa kata kunci ini, anda bisa menggunakannya secara berbayar dan gratis tergantung platform yang digunakan untuk pencarian kata kunci.

Pastikan juga untuk mencari kata kunci dengan topik yang relevan dengan industri yang anda jalani, agar anda pengguna internet tertarik menjelajani berbagai artikel yang anda berikan.

Kedua, anda bisa merangkum berbagai pertanyaan dan pendapat konsumen di akun social media brand, sebagai ide konten artikel yang menarik.

Hal ini dikarenakan biasanya mereka juga mencari jawaban dari pertanyaan tersebut di internet.

Sehingga semakin banyak orang yang menanyakan mengenai topik tertentu maka bisa anda pertimbangkan menjadi ide konten artikel yang menarik.

Kemudian anda bisa menggunakan website analisa kata kunci untuk memastikan bahwa topik tersebut memiliki hasil pencarian tertinggi, sehingga bisa digunakan sebagai konten artikel yang mampu meningkatkan seo ranking website.

Biasanya pertanyaan di social media tersebut berupa tips-tips tertentu yang bisa anda bahas secara mendalam di artikel karena jumlah kata yang lebih banyak.

Bandingkan dengan konten social media yang memiliki jumlah kata yang sedikit karena harus menyesuaikan kebiasaan pengguna social media yang lebih menyukai konten yang mudah dibaca dengan cepat.

0ODCaPeyQrK5OplTjyBR

Masukkan dengan Backink yang Relevan 

Pada pengembangan website brand dengan seo ranking yang tinggi, anda tidak hanya mengunggah artikel dengan kualitas konten terbaik serta topik yang relevan.

Namun, anda juga perlu melakukan beberapa optimasi konten agar artikel anda masuk ke dalam halaman pencarian utama.

Salah satunya adalah menggunakan backlink yang relevan dengan industri dan topik yang anda jalani.

Penggunaan link website yang kredibel dengan jumlah yang banyak akan memberikan pengaruh pada jumlah hasil seo ranking di halaman pencarian Google.

Sehingga apabila anda menginginkan meningkatkan seo ranking dengan efektif maka anda bisa menyematkan link website lain yang relevan dan memiliki otoritas tinggi.

Hal ini akan memberikan sinyal positif kepada Google saat anda memasukkan link dari website terkenal dan relevan dengan industri anda yang tentunya akan meningkatkan ranking di halaman pencarian.

Di sisi lain, website lain juga bisa mencantumkan halaman website anda apabila topik yang dibahas relevan satu sama lain, sehingga dapat membantu menaikkan seo ranking website secara optimal.

Meskipun begitu, anda sebaiknya tidak membuka tarif tertentu apabila sebuah artikel ingin mengambil sumber dari website anda.

Hal ini dikarenakan akan melanggar peraturan dari Google yang tentunya akan membuat halaman website brand sulit ditemukan oleh orang lain.

Sehingga anda hanya perlu membuat dan mengunggah konten artikel dengan kualitas terbaik yang akan membuat pengguna internet lain tertarik pada topik yang anda bahas sehingga membuat mereka secara sukarela mencantumkan link website anda di artikel yang tengah dibuat.

Akan tetapi, dalam memilih website dan blog yang kredibel dan relevan, maka anda juga perlu melakukan analisa yang mendalam.

Pertama, anda bisa menuliskan beberapa daftar website dan blog yang memiiki sumber yang kredibel, sehingga bisa anda tautkan pada artikel yang tengah anda buat.

List website dan blog tersebut bisa anda temukan saat anda mencari sumber informasi untuk artikel anda, dimana anda akan melihat berbagai website dan blog yang berada di pencarian teratas.

Apabila anda terus menerus menemukan website dan blog tersebut di halaman utama, maka menjadi tolak ukur bahwa halaman tersebut kredibel dan banyak dikunjungi oleh pengguna internet.

Biasanya website dan blog yang kredibel juga melakukan survey tertentu yang bisa digunakan sebagai sumber informasi yang bermanfaat.

Kedua, anda bisa menggunakan sumber dari portal berita tertentu, dimana setiap informasi yang diberikan berasal dari investigasi mengenai topik tertentu.

Anda juga perlu memastikan bahwa portal berita tersebut sudah memiliki kredibilitas yang tinggi dan sering digunakan oleh orang lain sebagai rujukan informasi.

Ketiga, anda bisa memanfaatkan website yang dikembangkan oleh organisasi tertentu yang menjadi rujukan oleh banyak orang.

Hal ini dikarenakan informasi yang berikan juga menjadi jujukan informasi untuk orang lain yang relevan dengan industri tertentu.

Penggunaan Wikipedia bisa menjadi sumber informasi yang tepat karena mencantumkan informasi yang lengkap dari sumber terpercaya.

tingkatkan kecepatan halaman website

Tingkatkan Kecepatan Halaman Website 

Keberadaan handphone yang semakin canggih semakin mengubah kebiasaan banyak orang. Salah satunya adalah kebiasaan untuk membuka halaman website tertentu di handphone.

Berbeda dengan aplikasi social media yang biasanya membutuhkan waktu sebentar untuk membuka layanan tersebut, halaman website biasanya memiliki kecepatan yang berbeda-beda.

Hal ini dikarenakan dengan berbagai faktor internal yang membuat halaman website sulit dibuka oleh pengguna internet.

Durasi membuka halaman website yang lama nantinya akan membuat pengguna internet kehilangan kesabaran dan akhirnya beralih ke website brand lain.

Hal ini tentunya akan merugikan anda karena berkurangnya jumlah pengunjung yang mengakibatkan turunnya seo ranking apabila dilakukan secara terus menerus.

Karenanya penting bagi anda untuk memperbaiki website brand yang dimiliki agar semakin mudah diakses.

google pagespeed

Caranya adalah mengecek kecepatan dalam mengakses halaman website brand melalui platform Google Pagespeed akan membantu mengecek kecepatan halaman website anda.

Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mengakses halaman website tersebut maka menjadi indikator bahwa akun website brand anda mudah diakses oleh pengguna internet lain.

Tidak hanya itu, anda juga akan diberikan berbagai informasi mengenai performa halaman website saat diakses melalui handphone atau komputer.

Informasi tersebut tentunya akan memudahkan anda untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh website anda, sehingga bisa diperbaiki guna meningkatkan performa seo ranking dengan baik.

Selain itu, beberapa website lain juga menyediakan layanan untuk mengecek kecepatan halaman website yang tentunya menyajikan informasi yang berbeda-beda.

Akan tetapi, apabila halaman website anda ternyata memiliki kecepatan yang cukup lambat, maka beberapa tips berikut bisa anda gunakan untuk memperbaiki performa website anda.

Pertama adalah memilih gambar dengan ukuran paling keci namun memiliki kualitas yang mumpuni.

Hal ini dilakukan agar pengguna internet yang mengakses halaman website anda dapat melihat gambar dengan baik sehingga tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Namun, apabila anda mencari gambar melalui halaman website gambar dengan lisensi gratis, maka anda biasanya akan diberikan rekomendasi ukuran dengan resolusi terkecil, sehingga tidak memberatkan halaman website.

Akan tetapi, apabila anda menambahkan gambar dari konten lain yang telah anda buat sebelumnya, maka anda bisa mengecilkan ukuran gambar menggunakan website khusus untuk mengecilkan ukuran gambar.

Berbagai website tersebut bisa anda akses secara gratis, sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya berlangganan yang tiba-tiba muncul atau kesulitan untuk mengurangi resolusi gambar lain.

Kedua adalah memilih host website yang terpercaya dan memiliki performa terbaik di kalangan pengguna website.

Dengan memilih host website yang tepat tentunya akan meningkatkan kecepatan halaman website yang memudahkan pengunjung dalam mengakses berbagai artikel yang anda miliki.

Ketiga adalah mengecilkan ukuran file yang anda masukkan ke dalam halaman website tersebut

File tersebut bisa berupa gambar pendukung yang dapat membuat tampilan website menjadi lebih apik.

Sehingga anda perlu merubah ukuran konten pendukung menjadi lebih kecil namun tetap memiliki resolusi gambar yang bagus agar menarik untuk dilihat.

Keempat adalah menghapus beberapa tools pendukung yang tidak lagi digunakan di website brand.

Penambahan tools tersebut biasanya dipasang agar membuat tampilan website menjadi lebih menarik dan mudah diakses oleh pengunjung website.

Di sisi lain, kreator terkadang membutuhkan beebrapa tools pendukung yang membantu mengakses website menjadi lebih baik.

Sayangnya beberapa tools tersebut terkadang membuat halaman website anda menjadi lebih berat sehingga sulit diakses oleh pengguna internet.

Karenanya apabila tools pendukung tersebut tidak lagi digunakan maka anda bisa menghapusnya dan hanya menggunakan tools lain yang lebih berguna.

gunakan kata kunci untuk seo ranking

Gunakan Kata Kunci dengan Efektif

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, memilih topik menggunakan kata kunci yang sesuai akan membantu meningkatkan seo ranking dengan efektif.

Meskipun begitu, anda juga perlu menempatkan kata kunci tersebut di tempat yang mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Salah satunya adalah di bagian judul, heading, serta URL artikel saat anda akan mengunggah artikel tertentu.

Hal ini dikarenakan beberapa komponen tersebut akan dimunculkan saat anda pengguna internet melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut.

Meskipun begitu, anda juga perlu memasukkan kata kunci secara natural dan tidak terlihat dipaksakan, sehingga Google akan mendeteksi bahwa judul dan heading terlihat apik untuk dibaca.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memasukkan berbagai kata kunci di tulisan artikel yang akan anda buat.

Penyematan ini dilakukan karena biasanya Google akan memberikan rekomendasi jawaban yang sesuai dengan pertanyaan dari pengguna internet di halaman pencarian.

Sehingga apabila anda bisa mengkolaborasikan kata kunci dengan penulisan artikel, maka akan membantu meningkatkan rekomendasi Google, sehingga meningkatkan kinerja seo ranking dengan optimal.

Sama seperti dengan penambahan kata kunci di judul dan artikel, penyematan keyword juga sebaiknya ditambahkan dengan natural, sehingga membuat tulisan anda menjadi lebih menarik untuk dibaca oleh pengguna internet.

optimasi halaman website untuk handphone

Optimasi Halaman Website Untuk Pengguna Handphone

Kebiasaan mengakses internet melalui handphone menjadikan banyak developer berbenah untuk menjadikan tampilan halaman website atau aplikasi menjadi lebih mudah diakses melalui handphone.

Perilaku pengguna internet ini juga perlu diperhatikan oleh kreator website untuk membuat tampilan halaman lebih mudah diakses melalui handphone.

Di sisi lain, Google telah merubah algoritmanya menjadi mobile first index yang akan memastikan halaman website anda cocok untuk pencarian melalui handphone.

Hal ini berbeda dengan algoritma Google beberapa tahun lalu yang lebih memerhatikan akses melalui komputer, mengingat kebiasaan membaca dan menulis artikel melalui komputer yang lebih banyak dibandingkan handphone.

Pada indeks terbaru ini, Google akan memberikan evaluasi bagi halaman yang cocok bagi pengguna internet yang mengakses melalui handphone yang akan memudahkan mereka melakukan pencarian melalui handphone.

Perubahan ini berarti akan adanya penurunan seo ranking apabila anda tidak melakukan optimasi untuk pengguna internet di handphone.

Algoritma Google yang berubah ini di dukung dengan kebiasaan 60%pengguna internet yang lebih sering mengakses halaman website dan aplikasi melalui handphone dibandingkan komputer karena kemudahan untuk mengakses berbagai fitur tambahan lainnya.

Sehingga untuk memastikan kunjungan dari pengguna internet di handphone lebih banyak, maka anda bisa menggunakan desain yang menarik dan cepat diakses melalui handphone.

Dengan tampilan yang apik tersebut tentunya akan membantu untuk meningkatkan seo ranking, menarik minat konsumen baru, serta meningkatkan penjualan secara online.

Karenanya untuk membuat tampilan menjadi lebih menarik dan mudah diakses di handphone, maka anda perlu melakukan beberapa perubahan yang lebih baik.

Pertama anda bisa membuat tampilan website untuk dua tempat sekaligus, yakni handphone dan personal computer, hal ini dikarenakan kemungkinan konsumen bisa muncul dari tempat yang berbeda.

Kedua adalah memilih fitur tambahan yang sekiranya digunakan oleh target audience dengan tepat.

Hal ini dikarenakan handphone memiliki memori yang tebatas untuk mengakses halaman website tertentu, sehingga anda perlu menghilangan beberapa fitur tambahan yang sekiranya tidak perlu dimasukkan dan jarang digunakan oleh konsumen.

Selain itu, anda juga perlu memastikan bahwa ukuran konten berupa tulisan, gambar, dan video memiliki ukuran yang kecil, sehingga tidak menyulitkan untuk mengakses halaman tersebut dengan berbagai konten yang diberikan. 

Setelah melakukan pembenahan tampilan website menjadi lebih mudah diakses oleh pengguna internet di handphone, maka saatnya melakukan pengecekan tampilan website.

google mobile friendly test

Caranya adalah mengecek halaman website anda menggunakan platform Google Mobile Friendly Test, dimana anda dapat mengecek apakah tampilan website anda sudah sesuai di mata pengguna internet di handphone.

Anda hanya perlu mengakses website tersebut kemudian memasukkan URL website yang anda kembangkan, kemudian Google akan memberikan informasi apakah website anda mudah diakses melalui handphone atau perlu melakukan pembenahan ulang.

google search console

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan platform Google Search Console yang dapat membantu menginformasikan apakah kecepatan halaman website anda dapat diakses dengan mudah oleh pengguna internet di hanpdhone.

Namun, apabila halaman website anda masih kurang sesuai untuk pengguna internet di handphone, maka anda perlu melakukan pembenahan sepeti yang telah disinggung di poin sebelumnya.

Penggunaan platform Google Search Console juga cukup mudah dan cepat, anda bisa memulai mengakses halaman tersebut di Google, kemudian menghubungkannya dengan alamat email yang biasa anda gunakan untuk mengakses halaman website tersebut.

Kemudian, platform Google Search Console akan secara rutin memberikan informasi mengenai performa website anda pada jangka waktu tertentu, sehingga bisa digunakan sebagai evaluasi platform website dari waktu ke waktu.

Selain itu, penggunaan Google Search Console juga menguntungkan untuk mengetahui apakah terdapat masalah di website anda, seperti bug yang mengganggu serta masalah lain yang bisa anda atasi dengan cepat.

google analytics

Analisa Performa Website Melalui Google Analytics 

Setelah melakukan berbagai perubahan tampilan website yang sesuai untuk pengguna handphone dan personal computer, maka inilah saatnya untuk mengukur performa halaman website anda dalam jangka waktu tertentu.

Beberapa host website biasanya menyediakan berbagai informasi mengenai kinerja halaman website yang anda miliki.

Namun, guna mendapatkan informasi lebih detail mengenai performa halaman website maka anda bisa menggunakan layanan dari website lain.

Salah satunya adalah layanan dari Google yang dapat membantu anda untuk menganalisa kinerja website dengan informasi yang lebih lengkap.

Google juga menyediakan platform Google Analytics yang memudahkan anda untuk mendapatkan analisa kinerja website secara menyeluruh.

Jumlah Kunjungan

Pertama adalah informasi mengenai jumlah kunjungan yang masuk ke halaman website anda secara organik.

Kunjungan organik tersebut bisa berupa pencarian yang dilakukan melalui kata kunci tertentu yang kemudian memunculkan artikel anda di halaman pencarian.

Semakin banyak jumlah kunjungan yang datang secara organik menjadi indikator bahwa penggunaan kata kunci yang anda gunakan sudah efektif sehingga dapat menjangkau target audience yang diinginkan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai jumlah kunjungan yang di dapatkan melalui promosi secara berbayar.

Sehingga anda dapat mengetahui apakah promsi yang anda lakukan sudah berhasil dengan baik atau diperlukan beberapa perubahan lain.

User Experience Metrics

Kedua adalah informasi mengenai aktivitas yang dilakukan oleh pengguna internet di halaman anda dalam jangka waktu tertentu.

Apakah pengunjung hanya melihat artikel anda secara sekilas lalu keluar atau melanjutkan dengan melihat berbagai macam fitur tambahan yang diberikan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menghitung waktu yang digunakan selama mengakses website tersebut serta halaman lain yang mungkin diakses selama di website tersebut.

Semakin lama waktu yang dihabiskan di website tertentu maka kemungkinan pengguna internet menyukai website yang anda kembangkan, sehingga betah untuk mengakses berbagai fasilitas yang disediakan di website brand.

Sumber :

https://www.semrush.com/blog/improve-seo/

https://backlinko.com/improve-your-seo

https://blog.hubspot.com/marketing/seo

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *